• 10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Pereda Nyeri - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Saat rasa sakit menghampiri, obat pereda nyeri (painkiller) bisa dikonsumsi. Obat pereda nyeri dapat meringankan berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri haid, serta sakit gigi. Berbagai merek obat pereda nyeri di pasaran, seperti Panadol, Bodrex, hingga Bintang Toedjoe, bisa dengan mudah ditemukan.

Bagaimana cara menemukan obat pereda nyeri yang sesuai dengan keluhan Anda? Tenang saja. Bersama ahlinya, yakni dr. Floriyani Indra Putri, kami akan membahas cara memilih obat pereda nyeri. Sepuluh rekomendasi obat pereda nyeri yang bagus juga akan review di sini. Mari simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Floriyani Indra
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Floriyani Indra Putri

Profil pakar: Dokter umum, dr. Floriyani Indra Putri

Dokter umum lulusan universitas negeri di Bandung tahun 2015 ini mengabdi selama setahun di Kabupaten Bintan untuk mempraktikkan keahliannya. Saat ini dr. Flori sedang mengambil pendidikan spesialis Ilmu Penyakit Dalam di Bandung.


dr. Flori telah menangani banyak kasus medis di rumah sakit rujukan Jawa Barat. Salah satunya adalah penyalahgunaan produk yang beredar di pasaran tanpa indikasi medis. Hal tersebut membuat dr. Flori ingin memberi edukasi melalui tulisannya. dr. Flori dapat disapa melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat pereda nyeri

Bersama dengan dr. Flori, kami akan memaparkan cara memilih obat pereda nyeri. Dengan memilih obat yang tepat, penurunan rasa nyeri diharapkan lebih optimal. Apa saja hal yang perlu diperhatikan?

Pilih berdasarkan bahan aktif sesuai nyeri yang dirasakan

Ada banyak bahan aktif pereda nyeri dalam berbagai produk. Dengan memilih produk dengan bahan antinyeri yang pas, keluhan Anda pun bisa diatasi dengan baik. Apa saja bahan aktif dalam obat pereda nyeri?

Loxoprofen dan ibuprofen, untuk menghilangkan sakit kepala berat

Loxoprofen dan ibuprofen, untuk menghilangkan sakit kepala berat
Produk berbahan loxoprofen atau ibuprofen bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala berat. Namun, obat yang mengandung loxoprofen tidak dijual bebas di Indonesia. Anda bisa mengonsumsinya berdasarkan resep dari dokter.

Baik loxoprofen maupun ibuprofen memiliki efek yang kuat. Keduanya juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan. Jika memiliki pencernaan yang lemah, bisa saja Anda malah mengalami sakit perut. Sebagai solusinya, pilihlah produk yang mengandung antasida atau menyertakan keterangan aman bagi lambung.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Loxoprofen dan ibuprofen merupakan golongan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS). Menurut WHO, golongan obat ini digunakan sebagai obat pereda nyeri tambahan apabila parasetamol atau aspirin tidak meredakan nyeri.


Sakit kepala merupakan gejala dengan berbagai penyebab mulai dari yang ringan seperti kelelahan, minum kafein, stres, dan yang serius seperti tumor. Oleh karena itu, penggunaan obat antinyeri dapat diberikan untuk meredakan gejala. Selain itu, konsultasi ke dokter perlu dilakukan untuk mengetahui dan ditatalaksanakan penyebabnya.

Ibuprofen, juga membantu meredakan nyeri haid

Ibuprofen, juga membantu meredakan nyeri haid
Selain meredakan sakit kepala, ibuprofen juga efektif untuk meringankan nyeri haid. Menurut Cleveland Clinic, ibuprofen membantu mengurangi prostaglandin. Prostaglandin merupakan senyawa dalam tubuh yang dapat memicu nyeri dan kontraksi rahim.

Seperti yang diungkapkan di atas, ibuprofen berisiko memicu gangguan pencernaan. Sebelum memilih ibuprofen, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila memiliki pencernaan sensitif.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Nyeri haid, atau dalam bahasa medisnya dismenore, banyak dialami oleh wanita muda yang biasanya akan berkurang sesuai bertambahnya usia. Tata laksana utama nyeri haid adalah mengatur pola hidup


Contohnya adalah istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan kaya kalsium (susu, sayuran hijau, brokoli, ikan sarden), dan pemasangan kompres hangat pada area perut. Pemilihan obat utama yang digunakan adalah obat anti-inflamasi nonsteroid yang salah satunya dapat dipilih adalah ibuprofen.

Parasetamol dan ibuprofen, untuk mengatasi sakit gigi dan nyeri lain

Parasetamol dan ibuprofen, untuk mengatasi sakit gigi dan nyeri lain
Saat Anda mengalami gigi berlubang atau gigi terpendam (impaksi), rasa sakitnya tentu sungguh menyiksa. Produk pereda nyeri berbahan OAINS, termasuk ibuprofen, bisa diminum untuk mengatasi keluhan ini. Sebagai obat anti-inflamasi, ibuprofen membantu mengurangi pembengkakan.

Obat sakit gigi tertentu mungkin menawarkan kandungan penenang. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat berbahan penenang. Hal ini penting diperhatikan untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.


Alternatif bahan pereda nyeri lain untuk sakit gigi adalah parasetamol (asetaminofen). Kandungan ini juga tak kalah populer daripada ibuprofen. Parasetamol dan ibuprofen bahkan bisa dikonsumsi untuk nyeri otot, punggung, hingga tulang.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Masalah utama yang menyebabkan gigi menjadi sakit adalah gigi berlubang dan impaksi gigi. Obat nyeri yang direkomendasikan untuk mengatasinya adalah obat anti-inflamasi nonsteroid. Kandungan penenang dapat digunakan sesuai dengan saran dokter apabila nyeri tidak teratasi dengan obat sebelumnya.

Aspirin, untuk meringankan nyeri yang menyertai demam

Aspirin, untuk meringankan nyeri yang menyertai demam
Aspirin atau acetylsalicylic acid (acetosal) berasal dari kelompok obat yang sama dengan ibuprofen. Kandungan ini bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam dan nyeri yang menyertainya. Seperti ibuprofen, aspirin juga membantu mengurangi peradangan.

Aspirin tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh anak-anak dan remaja. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan aspirin pada anak yang demam.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Aspirin merupakan salah satu obat dari golongan anti-inflamasi nonsteroid untuk menghilangkan nyeri. Aspirin juga digunakan pada serangan jantung dan stroke. Penggunaan aspirin pada anak perlu pengawasan ketat karena dapat menyebabkan sindrom Reye. Aspirin tidak dapat dikonsumsi apabila Anda mempunyai alergi, riwayat perdarahan lambung, dan terdapat kelainan perdarahan seperti hemofilia.

Paresetamol, untuk meredakan nyeri pada anak

Paresetamol, untuk meredakan nyeri pada anak
Parasetamol (asetaminofen) merupakan pereda nyeri yang populer dan aman untuk anak. Menurut National Health Service, parasetamol dalam bentuk sirop bisa diberikan pada anak di atas usia 2 bulan. Untuk menyesuaikan dosisnya, tentu lebih baik jika parasetamol diberikan atas izin dokter.

Meskipun aman, penggunaan parasetamol yang berlebihan pada anak tetap berbahaya. Berikanlah parasetamol pada anak sesuai anjuran pakai atau dosis yang diberikan dokter.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Asetaminofen atau lebih dikenal dengan parasetamol merupakan obat yang paling aman untuk meredakan nyeri. Obat ini dapat digunakan oleh anak-anak hingga dewasa dan usia lanjut secara aman. 


Walaupun aman, kita perlu waspada terhadap efek samping setiap obat yang kita konsumsi. Efek samping yang perlu diperhatikan adalah fungsi hati. Periksa apakah terdapat nyeri perut kanan atas, mual, atau mata berwarna kuning (hepatitis karena obat).

Perhatikan obat yang memiliki efek kantuk

Perhatikan obat yang memiliki efek kantuk
Beberapa obat pereda nyeri mungkin dapat menyebabkan kantuk. Tidur setelah minum obat memang mempercepat pemulihan. Namun, mengantuk setelah minum obat sangat berbahaya bila Anda akan menyetir. Apabila Anda hendak bepergian, pastikan obat yang dikonsumsi tidak memicu rasa kantuk.

Bahan penyebab kantuk biasanya ada dalam obat yang mengandung bahan penenang. Jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri untuk sakit gigi, periksalah labelnya lebih teliti.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Sebagai pengguna obat, kita perlu waspada akan apa yang akan kita konsumsi. Ada kandungan kafein yang dapat membuat sulit tidur, ada juga yang dicampurkan dengan obat yang memiliki efek kantuk.

Periksa seberapa cepat efek obat dapat dirasakan

Periksa seberapa cepat efek obat dapat dirasakan
Bahan dalam obat pereda nyeri membutuhkan waktu yang berbeda-beda agar khasiatnya bisa dirasakan. Parasetamol, misalnya, memerlukan hampir satu jam setelah dikonsumsi agar efeknya terasa. Parasetamol kemudian bisa terus bekerja hingga lima jam.

Anda bisa menghentikan penggunaan obat jika nyeri sudah hilang. Bila rasa sakit masih muncul meski telah mengikuti anjuran cara pakai obat, Anda sebaiknya segera menemui dokter. Dokter dapat memeriksa kondisi Anda untuk mendiagnosis penyebab nyeri yang dirasakan.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Setiap obat memiliki waktu untuk dapat memberikan efek yang diinginkan. Tentunya Anda mengharapkan efek tersebut segera bekerja ketika nyeri sedang dirasakan. Asetaminofen memiliki efek hampir satu jam setelah diminum. Ibuprofen memiliki efek 30–60 menit setelah diminum untuk meredakan nyeri. 


Obat nyeri bersifat sementara dan bukan teratur. Apabila nyeri telah teratasi, baiknya penggunaan obat segera dihentikan. Hal yang paling utama adalah cari penyebab utama nyeri yang dirasakan untuk menghilangkan nyeri secara permanen.

10 Rekomendasi obat pereda nyeri

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat pereda nyeri yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Floriyani Indra. 

Sediaan obatCair (untuk dioleskan)
Isi10 ml
IndikasiMeredakan sakit gigi, radang gusi, sariawan, dan sakit saat pertumbuhan gigi
Bahan aktifBenzocaine 63 mg, cetylpyridinium chloride 0,2 mg, camphor 0,85 mg, dan fenol 5% per 1 ml
Kandungan lainMenthol
Kategori obatObat bebas terbatas
Peruntukan usiaDewasa dan anak-anak di atas 6 tahun
Sediaan obatKaplet salut selaput
Isi10 butir per setrip
IndikasiMeringankan rasa nyeri atau ngilu yang disertai kebas, kesemutan, dan kram
Bahan aktifIbuprofen 200 mg per kaplet
Kandungan lainVitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12
Kategori obatObat bebas terbatas
Peruntukan usiaDewasa
Sediaan obatCair (sirop)
Isi60 ml per botol
IndikasiMenurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi, serta meredakan sakit kepala dan sakit gigi
Bahan aktifParasetamol 120 mg per sendok takar
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas
Peruntukan usiaBayi 0 bulan sampai anak-anak 12 tahun
Sediaan obatBubuk
Isi1.000 mg per sachet
IndikasiMeringankan sakit kepala, demam, sakit gigi, sakit telinga, nyeri haid, dan nyeri ringan lainnya
Bahan aktifParasetamol 400 mg, aspirin (acetosal) 250 mg, dan kafeina 50 mg per sachet
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas
Peruntukan usiaDewasa
Sediaan obatKaplet
Isi10 butir per setrip
IndikasiMeredakan demam, sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri lain
Bahan aktifParasetamol 500 mg dan kafeina 65 mg per kaplet
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas
Peruntukan usiaDewasa dan anak-anak di atas 12 tahun
Sediaan obatTablet
Isi4 tablet per setrip
IndikasiMengurangi rasa sakit saat haid dan saat kolik (kejang pada perut)
Bahan aktifParacetamol 500 mg per tablet
Kandungan lainEkstrak hyoscynami
Kategori obatObat bebas terbatas
Peruntukan usiaDewasa dan anak-anak di atas 10 tahun
Sediaan obatKaplet
Isi4 butir per setrip
IndikasiMeredakan sakit kepala biasa dan migrain
Bahan aktifParasetamol 400 mg, aspirin (acetosal) 250 mg, dan kafeina 65 mg per kaplet
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas
Peruntukan usiaDewasa dan anak-anak, namun anak-anak di bawah 12 tahun harus atas izin dokter
Sediaan obatSuspensi
Isi50 ml
IndikasiMeredakan demam, nyeri haid, sakit gigi hingga sakit kepala
Bahan aktifIbuprofen 200 mg per 5 ml
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas terbatas
Peruntukan usiaDewasa dan anak-anak di atas 3 tahun
Sediaan obatKaplet
Isi4 butir per 1 setrip
IndikasiMeredakan migrain
Bahan aktifParacetamol 350 mg, propyphenazone 150 mg, dan kafeina 50 mg per kaplet
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas terbatas
Peruntukan usiaDewasa
Sediaan obatTablet
Isi4 butir
IndikasiMeringankan nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, dan demam
Bahan aktifParasetamol 350 mg dan ibuprofen 200 mg per tablet
Kandungan lain-
Kategori obatObat bebas terbatas
Peruntukan usiaDewasa, tidak disarankan untuk bumil dan menyusui

Tabel perbandingan produk obat pereda nyeri

Gambar produk
Bodrex Migra 1

Bodrex

Pharos Proris Forte 1

Pharos

Sanbe Poldan Mig 1

Sanbe

Konimex Feminax 1

Konimex

Bodrexin Demam Sirup 1

Bodrexin

NEO Rheumacyl Neuro 1

NEO Rheumacyl

Erela Dentasol 1

Erela

GSK Panadol Extra 1

GSK

Konimex Paramex Nyeri Otot 1

Konimex

Bintang Toedjoe Puyer No. 16 1

Bintang Toedjoe

Nama produk

Migra

Proris Forte

Poldan Mig

Feminax

Demam Sirup

Neuro

Dentasol

Panadol Extra

Paramex Nyeri Otot

Puyer No. 16

Keunggulan

Kombo analgesik dengan kafeina untuk usir migrain

Dengan rasa stroberi yang enak untuk redakan demam anak

Bantu meredakan migrain dan sakit kepala biasa

Sahabat terbaik wanita saat nyeri haid mendera

Obat demam anak tepercaya dari masa ke masa

Dilengkapi dengan tiga vitamin B untuk jaga kesehatan saraf

Kandungannya bantu usir sakit gigi yang mengganggu

Dosisnya ekstra agar nyeri segera reda!

Pereda nyeri yang bagus dengan parasetamol dan ibuprofen sekaligus!

Obat legendaris dengan tiga bahan aktif di dalamnya

Harga mulai dariRp 2.000,00Rp 31.800,00Rp 2.590,00Rp 2.500,00Rp 9.500,00Rp 10.000,00Rp 7.000,00Rp 12.320,00Rp 1.799,00Rp 26.400,00
Sediaan obatKapletSuspensiKapletTabletCair (sirop)Kaplet salut selaputCair (untuk dioleskan)KapletTabletBubuk
Isi4 butir per 1 setrip50 ml4 butir per setrip4 tablet per setrip60 ml per botol10 butir per setrip10 ml10 butir per setrip4 butir1.000 mg per sachet
IndikasiMeredakan migrainMeredakan demam, nyeri haid, sakit gigi hingga sakit kepalaMeredakan sakit kepala biasa dan migrainMengurangi rasa sakit saat haid dan saat kolik (kejang pada perut)Menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi, serta meredakan sakit kepala dan sakit gigiMeringankan rasa nyeri atau ngilu yang disertai kebas, kesemutan, dan kramMeredakan sakit gigi, radang gusi, sariawan, dan sakit saat pertumbuhan gigiMeredakan demam, sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri lainMeringankan nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, dan demamMeringankan sakit kepala, demam, sakit gigi, sakit telinga, nyeri haid, dan nyeri ringan lainnya
Bahan aktifParacetamol 350 mg, propyphenazone 150 mg, dan kafeina 50 mg per kapletIbuprofen 200 mg per 5 mlParasetamol 400 mg, aspirin (acetosal) 250 mg, dan kafeina 65 mg per kapletParacetamol 500 mg per tabletParasetamol 120 mg per sendok takarIbuprofen 200 mg per kapletBenzocaine 63 mg, cetylpyridinium chloride 0,2 mg, camphor 0,85 mg, dan fenol 5% per 1 mlParasetamol 500 mg dan kafeina 65 mg per kapletParasetamol 350 mg dan ibuprofen 200 mg per tabletParasetamol 400 mg, aspirin (acetosal) 250 mg, dan kafeina 50 mg per sachet
Kandungan lain---Ekstrak hyoscynami-Vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12Menthol---
Kategori obatObat bebas terbatasObat bebas terbatasObat bebasObat bebas terbatasObat bebasObat bebas terbatasObat bebas terbatasObat bebasObat bebas terbatasObat bebas
Peruntukan usiaDewasaDewasa dan anak-anak di atas 3 tahunDewasa dan anak-anak, namun anak-anak di bawah 12 tahun harus atas izin dokterDewasa dan anak-anak di atas 10 tahunBayi 0 bulan sampai anak-anak 12 tahunDewasaDewasa dan anak-anak di atas 6 tahunDewasa dan anak-anak di atas 12 tahunDewasa, tidak disarankan untuk bumil dan menyusuiDewasa
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat pereda nyeri

Beberapa hal berikut perlu diperhatikan dalam mengonsumsi obat pereda nyeri. Hal ini bertujuan agar efek samping bisa diminimalisasi. Selain itu, khasiat dari obat diharapkan dapat maksimal.

Perhatikan waktu, dosis, dan cara mengonsumsinya

Perhatikan waktu, dosis, dan cara mengonsumsinya
Jangan menunggu hingga Anda tersiksa oleh rasa nyeri. Bila sakit mulai terasa, segeralah minum obat pereda nyeri yang tersedia. Perhatikan aturan penggunaan obat dan jangan melebihi dosis yang tertera pada kemasan.

Tiap bahan aktif pereda nyeri memiliki dosis harian maksimal. Berikut dosis harian untuk parasetamol dan ibuprofen sebagai kandungan yang paling populer:


  • Dosis untuk parasetamol: Untuk orang dewasa, 500–1.000 miligram per konsumsi atau sekitar 1–2 butir obat. Penggunaan maksimal per hari adalah 4.000 miligram.
  • Dosis untuk ibuprofen: Untuk orang dewasa, 200–400 miligram per konsumsi atau sekitar 1–2 butir obat. Penggunaan maksimal per hari untuk obat bebas adalah 1.200 miligram.

Selain dosis, berhati-hatilah dalam mencampur obat. Beberapa kandungan memang aman untuk dikombinasikan. Namun, sebagian obat lain tidak demikian. Parasetamol dan ibuprofen (OAINS), misalnya, bisa diminum secara bersamaan. Bahkan, ada obat yang mengombinasikan kedua kandungan ini. 


Sementara itu, sesama OAINS tidak disarankan dikonsumsi bersamaan. Artinya, hindari penggunaan bersama OAINS, seperti ibuprofen, loxoprofen, aspirin, serta naproxen.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Setiap obat tentunya memiliki petunjuk penggunaan. Selalu ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan agar efek yang diinginkan dapat tercapai.

Cara mengatasi nyeri yang tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat

Cara mengatasi nyeri yang tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat

Umumnya, efek obat pereda nyeri akan terlihat dalam 1–2 jam. Akan tetapi, bila Anda tidak merasakan efek apa pun, jangan langsung menambah konsumsi obat. Anda bisa beristirahat untuk meredakan nyeri.


Jika tidak ada efek setelah mengonsumsi obat, bisa jadi rasa nyeri diakibatkan oleh gangguan medis tertentu. Jangan ambil keputusan sendiri dan segera hubungi dokter untuk mengetahui lebih jelasnya.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Menurut WHO, tata laksana nyeri dilakukan bertahap sesuai dengan intensitas nyeri yang dirasakan. Parasetamol dan aspirin dapat diberikan untuk nyeri ringan. Apabila nyeri tidak membaik atau nyeri memberat, dapat ditambah obat anti-inflamasi nonsteroid.


Apabila sudah mengonsumsi obat tapi nyeri masih dirasakan, segera periksa ke dokter. Dengan demikian, Anda akan diberikan penanganan yang tepat untuk keluhan yang Anda rasakan.

Tips dari dokter umum, dr. Floriyani Indra Putri

Tips dari dokter umum, dr. Floriyani Indra Putri

Satu hal yang harus diingat, nyeri adalah suatu gejala, bukan penyebab. Obat dapat dikonsumsi untuk menghilangkan nyeri sementara. Agar dapat bebas nyeri secara permanen, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui kondisi apa yang menyebabkan nyeri tersebut.

Baca juga rekomendasi obat lainnya di sini

Keluhan di berbagai tubuh dapat datang secara tiba-tiba. Untuk itu, pastikan Anda selalu menyetok obat bebas sebagai pertolongan pertama. Kami telah merangkum beberapa rekomendasi produk obat lainnya yang sekiranya berguna. Silakan klik tautan artikel di bawah ini untuk yang bisa Anda baca!

Kesimpulan

Obat pereda nyeri telah tersedia berbagai jenis. Anda pun bisa membelinya secara online atau di warung dan apotek terdekat. Dalam mengonsumsi obat pereda nyeri, perhatikan bahan aktifnya dengan saksama dan konsumsilah sesuai anjuran pemakaian.

Jika nyeri tak kunjung hilang, segeralah menemui dokter. Nyeri yang tak mempan dengan obat bebas mungkin disebabkan oleh masalah medis tertentu. Semoga pembahasan kami dengan dr. Flori dapat bermanfaat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Namun, tentu tak sembarang lotion calamine bisa digunakan, ya. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Delapan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Kimia Farma (Terbaru Tahun 2022)
    Obat-obatan dan suplemen merupakan produk penting untuk menunjang kesehatan sehari-hari. Di antara banyaknya produsen obat-obatan yang ada, Kimia Farma merajai pasar di Indonesia. Produk-produk dari Kimia Farma dapat Anda temukan di apotek Kimia Farma terdekat sampai e-commerce.Kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih produk Kimia Farma. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah rekomendasi produk yang kami sajikan. Marcks, Venus, Asifit, Magasida, sampai Fituno ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya.
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori