mybest
Obat-obatan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Obat-obatan
  4. 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum]
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 1
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 2
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 3
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 4
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum] 5

10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum]

Saat rasa sakit menghampiri, obat pereda nyeri (painkiller) bisa dikonsumsi. Obat pereda nyeri dapat meringankan berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri haid, serta sakit gigi. Berbagai merek obat pereda nyeri di pasaran, seperti Panadol, Paramex, hingga Sumagesic, bisa dengan mudah ditemukan.

Bagaimana cara menemukan obat pereda nyeri yang sesuai dengan keluhan Anda? Tenang saja. Bersama ahlinya, yakni dr. Floriyani Indra Putri, kami akan membahas cara memilih obat pereda nyeri. Sepuluh rekomendasi obat pereda nyeri yang bagus juga akan review di sini. Mari simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 10/01/2024
dr. Floriyani Indra
Pakar
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Dokter umum lulusan universitas negeri di Bandung tahun 2015 ini mengabdi selama setahun di Kabupaten Bintan untuk mempraktikkan keahliannya. Saat ini dr. Flori sedang mengambil pendidikan spesialis Ilmu Penyakit Dalam di Bandung. dr. Flori telah menangani banyak kasus medis di rumah sakit rujukan Jawa Barat. Salah satunya adalah penyalahgunaan produk yang beredar di pasaran tanpa indikasi medis. Hal tersebut membuat dr. Flori ingin memberi edukasi melalui tulisannya.

Profil dr. Floriyani Indra
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat pereda nyeri

Bersama dengan dr. Flori, kami akan memaparkan cara memilih obat pereda nyeri. Dengan memilih obat yang tepat, penurunan rasa nyeri diharapkan lebih optimal. Apa saja hal yang perlu diperhatikan?

1

Pilih berdasarkan bahan aktif sesuai nyeri yang dirasakan

Ada banyak bahan aktif pereda nyeri dalam berbagai produk. Dengan memilih produk dengan bahan antinyeri yang pas, keluhan Anda pun bisa diatasi dengan baik. Apa saja bahan aktif dalam obat pereda nyeri?

Loxoprofen dan ibuprofen, untuk menghilangkan sakit kepala berat

Loxoprofen dan ibuprofen, untuk menghilangkan sakit kepala berat
Produk berbahan loxoprofen atau ibuprofen bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala berat. Namun, obat yang mengandung loxoprofen tidak dijual bebas di Indonesia. Anda bisa mengonsumsinya berdasarkan resep dari dokter.

Baik loxoprofen maupun ibuprofen memiliki efek yang kuat. Keduanya juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan. Jika memiliki pencernaan yang lemah, bisa saja Anda malah mengalami sakit perut. Sebagai solusinya, pilihlah produk yang mengandung antasida atau menyertakan keterangan aman bagi lambung.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Loxoprofen dan ibuprofen merupakan golongan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS). Menurut WHO, golongan obat ini digunakan sebagai obat pereda nyeri tambahan apabila parasetamol atau aspirin tidak meredakan nyeri.


Sakit kepala merupakan gejala dengan berbagai penyebab mulai dari yang ringan seperti kelelahan, minum kafein, stres, dan yang serius seperti tumor. Oleh karena itu, penggunaan obat antinyeri dapat diberikan untuk meredakan gejala. Selain itu, konsultasi ke dokter perlu dilakukan untuk mengetahui dan ditatalaksanakan penyebabnya.

Ibuprofen, juga membantu meredakan nyeri haid

Ibuprofen, juga membantu meredakan nyeri haid
Selain meredakan sakit kepala, ibuprofen juga efektif untuk meringankan nyeri haid. Menurut Cleveland Clinic, ibuprofen membantu mengurangi prostaglandin. Prostaglandin merupakan senyawa dalam tubuh yang dapat memicu nyeri dan kontraksi rahim.

Seperti yang diungkapkan di atas, ibuprofen berisiko memicu gangguan pencernaan. Sebelum memilih ibuprofen, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila memiliki pencernaan sensitif.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Nyeri haid, atau dalam bahasa medisnya dismenore, banyak dialami oleh wanita muda yang biasanya akan berkurang sesuai bertambahnya usia. Tata laksana utama nyeri haid adalah mengatur pola hidup


Contohnya adalah istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan kaya kalsium (susu, sayuran hijau, brokoli, ikan sarden), dan pemasangan kompres hangat pada area perut. Pemilihan obat utama yang digunakan adalah obat anti-inflamasi nonsteroid yang salah satunya dapat dipilih adalah ibuprofen.

Parasetamol dan ibuprofen, untuk mengatasi sakit gigi dan nyeri lain

Parasetamol dan ibuprofen, untuk mengatasi sakit gigi dan nyeri lain
Saat Anda mengalami gigi berlubang atau gigi terpendam (impaksi), rasa sakitnya tentu sungguh menyiksa. Produk pereda nyeri berbahan OAINS, termasuk ibuprofen, bisa diminum untuk mengatasi keluhan ini. Sebagai obat anti-inflamasi, ibuprofen membantu mengurangi pembengkakan.

Obat sakit gigi tertentu mungkin menawarkan kandungan penenang. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat berbahan penenang. Hal ini penting diperhatikan untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.


Alternatif bahan pereda nyeri lain untuk sakit gigi adalah parasetamol (asetaminofen). Kandungan ini juga tak kalah populer daripada ibuprofen. Parasetamol dan ibuprofen bahkan bisa dikonsumsi untuk nyeri otot, punggung, hingga tulang.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Masalah utama yang menyebabkan gigi menjadi sakit adalah gigi berlubang dan impaksi gigi. Obat nyeri yang direkomendasikan untuk mengatasinya adalah obat anti-inflamasi nonsteroid. Kandungan penenang dapat digunakan sesuai dengan saran dokter apabila nyeri tidak teratasi dengan obat sebelumnya.

Aspirin, untuk meringankan nyeri yang menyertai demam

Aspirin, untuk meringankan nyeri yang menyertai demam
Aspirin atau acetylsalicylic acid (acetosal) berasal dari kelompok obat yang sama dengan ibuprofen. Kandungan ini bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam dan nyeri yang menyertainya. Seperti ibuprofen, aspirin juga membantu mengurangi peradangan.

Aspirin tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh anak-anak dan remaja. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan aspirin pada anak yang demam.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Aspirin merupakan salah satu obat dari golongan anti-inflamasi nonsteroid untuk menghilangkan nyeri. Aspirin juga digunakan pada serangan jantung dan stroke. Penggunaan aspirin pada anak perlu pengawasan ketat karena dapat menyebabkan sindrom Reye. Aspirin tidak dapat dikonsumsi apabila Anda mempunyai alergi, riwayat perdarahan lambung, dan terdapat kelainan perdarahan seperti hemofilia.

Paresetamol, untuk meredakan nyeri pada anak

Paresetamol, untuk meredakan nyeri pada anak
Parasetamol (asetaminofen) merupakan pereda nyeri yang populer dan aman untuk anak. Menurut National Health Service, parasetamol dalam bentuk sirop bisa diberikan pada anak di atas usia 2 bulan. Untuk menyesuaikan dosisnya, tentu lebih baik jika parasetamol diberikan atas izin dokter.

Meskipun aman, penggunaan parasetamol yang berlebihan pada anak tetap berbahaya. Berikanlah parasetamol pada anak sesuai anjuran pakai atau dosis yang diberikan dokter.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Asetaminofen atau lebih dikenal dengan parasetamol merupakan obat yang paling aman untuk meredakan nyeri. Obat ini dapat digunakan oleh anak-anak hingga dewasa dan usia lanjut secara aman. 


Walaupun aman, kita perlu waspada terhadap efek samping setiap obat yang kita konsumsi. Efek samping yang perlu diperhatikan adalah fungsi hati. Periksa apakah terdapat nyeri perut kanan atas, mual, atau mata berwarna kuning (hepatitis karena obat).

2

Perhatikan obat yang memiliki efek kantuk

Perhatikan obat yang memiliki efek kantuk
Beberapa obat pereda nyeri mungkin dapat menyebabkan kantuk. Tidur setelah minum obat memang mempercepat pemulihan. Namun, mengantuk setelah minum obat sangat berbahaya bila Anda akan menyetir. Apabila Anda hendak bepergian, pastikan obat yang dikonsumsi tidak memicu rasa kantuk.

Bahan penyebab kantuk biasanya ada dalam obat yang mengandung bahan penenang. Jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri untuk sakit gigi, periksalah labelnya lebih teliti.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Sebagai pengguna obat, kita perlu waspada akan apa yang akan kita konsumsi. Ada kandungan kafein yang dapat membuat sulit tidur, ada juga yang dicampurkan dengan obat yang memiliki efek kantuk.

3

Periksa seberapa cepat efek obat dapat dirasakan

Periksa seberapa cepat efek obat dapat dirasakan
Bahan dalam obat pereda nyeri membutuhkan waktu yang berbeda-beda agar khasiatnya bisa dirasakan. Parasetamol, misalnya, memerlukan hampir satu jam setelah dikonsumsi agar efeknya terasa. Parasetamol kemudian bisa terus bekerja hingga lima jam.

Anda bisa menghentikan penggunaan obat jika nyeri sudah hilang. Bila rasa sakit masih muncul meski telah mengikuti anjuran cara pakai obat, Anda sebaiknya segera menemui dokter. Dokter dapat memeriksa kondisi Anda untuk mendiagnosis penyebab nyeri yang dirasakan.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Setiap obat memiliki waktu untuk dapat memberikan efek yang diinginkan. Tentunya Anda mengharapkan efek tersebut segera bekerja ketika nyeri sedang dirasakan. Asetaminofen memiliki efek hampir satu jam setelah diminum. Ibuprofen memiliki efek 30–60 menit setelah diminum untuk meredakan nyeri. 


Obat nyeri bersifat sementara dan bukan teratur. Apabila nyeri telah teratasi, baiknya penggunaan obat segera dihentikan. Hal yang paling utama adalah cari penyebab utama nyeri yang dirasakan untuk menghilangkan nyeri secara permanen.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi obat pereda nyeri terbaik

Berikut ini adalah daftar Obat Pereda Nyeri rekomendasi Tim Editorial mybest (pada 10 Januari 2024).
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Bahan aktif
Indikasi
Kontraindikasi
Kemasan
Jenis produk
Durasi penggunaan
Dosis
Cara kerja obat
Bentuk obat
Cara penggunaan
Bentuk obat pereda nyeri otot
Material
Ukuran

Sumagesic 600 Mg

null Sumagesic 600 Mg 1

Rp2.500

Agak Murah

Kandungan paracetamol mampu mengurangi rasa sakit yang ringan hingga sedang

4 tablet

Paracetamol 600 mg

Obat ini dipakai untuk meredakan nyeri pada kepala dan gigi serta menurunkan panas

Orang dengan gangguan fungsi hati yang serius, serta yang sangat sensitif atau alergi terhadap paracetamol

Strip

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Dewasa: 1 tablet 3-4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter

Sebagai analgesik: Meningkatkan ambang rangsang rasa sakit・Sebagai antipiretik: Diduga bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus

Tablet

Diminum sebelum atau setelah makan

Tablet

Aluminium foil

Tidak diketahui

Sido Muncul

Tolak Linu Mint Cair

Sido Muncul Tolak Linu Mint Cair  1

Rp21.083

Agak Mahal

Mengandalkan warisan alami, hadir dengan beragam pilihan bahan untuk kenyamanan Anda

5 x 15 ml

Languas galanga rhizoma (laos), Zingiberis aromaticae rhizoma (lempuyang), Piper retrofracti fructus (cabe jawa), Curcumae xantorrhiza rhizoma (temulawak), Cyperus rotundus rhizoma (teki), Phyllanthus niruri herba (meniran), Blumea balsamifera folium (daun sembung), Zingiberis officinalis rhizoma (jahe), Kaempferia galanga rhizoma (kencur), Alyxiae reindwardtii cortex (pulasari), Toeniculum vulgare fructus (adas), Panax ginseng radix (ginseng)

Meredakan pegal linu dan nyeri sendi

Tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan ibu menyusui

Saset

Obat pereda nyeri herbal

Tidak diketahui

Untuk pemeliharaan, mengatasi keletihan: 1-2 sachet sebelum tidur・Untuk mengurangi sakit pegal linu: 1-2 sachet setelah aktivitas atau olahraga

Tidak diketahui

Sirop

Diminum langsung/sesuai petunjuk pada kemasan

Obat herbal

Plastik saset

15 ml

Konimex

Feminax

Konimex Feminax 1

Rp3.300

Agak Murah

Sahabat terbaik wanita saat nyeri haid mendera

4 tablet

Paracetamol 500 mg, hyoscyamine 19 mg

Untuk mengurangi rasa sakit pada waktu haid (dismenorea) dan pada kolik

Gangguan fungsi hati atau ginjal

Strip

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Dewasa: 3x sehari 1-2 tablet・Anak-anak 10-16 tahun: 3x sehari 1 tablet

Tidak diketahui

Tablet

Diminum sesudah makan

Tablet

Aluminium foil

Tidak diketahui

Ibuprofen

 Ibuprofen 1

Rp2.600

Agak Murah

Satu obat untuk meredakan bermacam-macam jenis nyeri

10 tablet

Ibuprofen 200 mg atau ibuprofen 400 mg

Meredakan nyeri ringan sampai sedang dan digunakan untuk kalangan medis

Penderita dengan ulkus peptikum yang berat dan aktif, riwayat hipersensitif terhadap ibuprofen dan obat anti-inflamasi non-steroid lain, penderita sindorma polip hidung, angioederma, penderita yang timbul gejala asma, rinitis, uritkaria saat menggunakan aspirin atau obat anti-inflamasi non-steroid, ibu hamil pada kehamilan tiga bulan terakhir

Strip

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Dewasa: 200-250 mg 3-4 kali sehari・Penderita osteoartritis, artritis reumatoid: 1200-1800 mg: 3 kali sehari・Anak-anak 1-2 tahun: 50 mg, 3-4 kali sehari・Anak-anak 3-7 tahun: 100-125 mg, 3-4 kali sehari・Anak-anak 8-12 tahun: 200-250 mg, 3-4 kali sehari・Tidak boleh digunakan pada anak dengan berat kurang dari 7 kg

Tidak diketahui

Tablet

Diminum sesudah makan

Tablet

Aluminium foil

Tidak diketahui

Novell Pharmaceutical Labs

Cooling 5 PLUS

Novell Pharmaceutical Labs Cooling 5 PLUS 1

Rp32.500

Agak Mahal

Cocok disimpan sebagai pertolongan pertama saat sakit gigi menyerang

15 ml

Phenol 5 mg, benzocaine 3 mg

Menghilangkan sariawan, sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi

Hipersensitivitas, riwayat methemoglobinemia.

Semprot

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Bila diperlukan dapat diulang setiap 3-4 jam

Tidak diketahui

Cair

Semprotkan pada area sakit

Cair

Plastik

15 ml

Haleon Company

Panadol Ekstra

Haleon Company Panadol Ekstra 1

Rp13.194

Agak Mahal

Dosisnya ekstra agar nyeri segera reda!

10 kaplet

Parasetamol 500 mg, caffeine 65 mg

Obat ini digunakan untuk meringankan sakit kepala dan sakit gigi

Wanita hamil dan menyusui. Tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak dibawah usia 12 tahun

Blister

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Usia 12 tahun ke atas: 1 kaplet, 3-4 kali sehari, maksimal 8 tablet dalam 24 jam

Tidak diketahui

Tablet

Dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Dapat diminum dengan air putih dan jus buah

Tablet

Plastik blister

Tidak diketahui

Darya Varia

Biogesic Paracetamol

Darya Varia Biogesic Paracetamol  1

Rp2.000

Agak Murah

Pereda nyeri yang juga dapat digunakan oleh anak berusia enam tahun

4 tablet

Paracetamol 500 mg

Meringankan rasa sakit pada sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam

Jangan diberikan kepada penderita hipersensitif/alergi terhadap Paracetamol, pPenderita gangguan fungsi hati berat

Blister

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Anak (6-12 tahun): 0.5-1 kaplet, 3-4 kali per hari.・Dewasa: 1-3 kaplet, 3-4 kali per hari・Atau sesuai petunjuk dokter

Bekerja sebagai analgesik dan antipiretik

Tablet

Obat dapat diminum sebelum atau sesudah makan

Tablet

Blister

Tidak diketahui

Konimex

Paramex Nyeri Otot

Konimex Paramex Nyeri Otot 1

Rp2.244

Agak Murah

Pereda nyeri yang bagus dengan parasetamol dan ibuprofen sekaligus!

4 tablet

Paracetamol 350 mg, ibuprofen 200 mg

Meringankan rasa nyeri pada nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam

Penderita dengan riwayat hipersensitif terhadap paracetamol dan ibuprofen, penderita ulkus peptiku berat dan aktif, pengguna obat-obatan antiinflamasi non-steroid yang timbul gejala asma, rinitis, atau urtikaria, ibu hamil di 3 bulan terakhir

Aluminium foil

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

1 tablet, 3-4 kali per hari

Tidak diketahui

Tablet

Diminum sesudah makan

Tablet

Aluminium foil

Tidak diketahui

Tempo Scan Pasific

NEO Rheumacyl Neuro

Tempo Scan Pasific  NEO Rheumacyl Neuro 1

Rp10.992

Menengah

Dilengkapi dengan tiga vitamin B untuk jaga kesehatan saraf

10 kaplet

Ibuprofen 200 mg, vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, vitamin B12 1000 mg

Meringankan rasa nyeri atau ngilu yang disertai kebas, kesemutan dan kram

Hindari penggunaan pada pasien dengan kondisi: Hipersensitif terhadap parasetamol, ibuprofen, atau AINS lainnya; ulkus peptikum akut; pasien yang asetosal atau NSAID lainnya menginduksi gejala asma, rinitis, atau urtikaria; trimester ketiga kehamilan

Blister

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

1 kaplet 3 kali sehari

Tidak diketahui

Tablet

Diminum sesudah makan

Tablet

Plastik blister

Tidak diketahui

Pharos

Proris Suspensi

Pharos Proris Suspensi  1

Rp28.200

Agak Mahal

Dengan rasa jeruk yang enak untuk redakan demam anak

60 ml

Ibuprofen 200 mg

Meredakan demam pada anak dan mengurangi nyeri ringan hingga sedang, termasuk dismenore primer, sakit gigi, serta sakit kepala

Ibuprofen tidak boleh digunakan pada penderita dengan tukak lambung, riwayat hipersensitif, asma, rinitis dan kehamilan trimester ketiga, kehamilan pada trimester ketiga

Botol

Obat pereda nyeri

Tidak diketahui

Anak 3-7 tahun: 2,5 ml, 3-4 kali sehari・Anak 8-12 tahun: 5 ml, 3-4 kali sehari・Anak > 12 tahun & dewasa: 5 ml, 3-4 kali sehari

Tidak diketahui

Sirop

Diminum setelah makan

Sirop

Botol

60 ml

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Sumagesic 600 Mg

Sumagesic 600 Mg 1
Sumber: shopee.co.id
Sumagesic 600 Mg 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp2.500
Agak Murah

Kandungan paracetamol mampu mengurangi rasa sakit yang ringan hingga sedang

Dengan kandungan paracetamol 600 mg, Sumagesic bisa Anda andalkan saat kepala atau gigi Anda terasa sakit. Tak hanya efektif meredakan rasa nyeri, obat minum yang satu ini juga dipercaya dapat menurunkan demam. Namun, perlu diperhatikan bahwa obat ini hanya bisa digunakan oleh dewasa atau sesuai petunjuk dokter. 

Isi4 tablet
Bahan aktifParacetamol 600 mg
Indikasi Obat ini dipakai untuk meredakan nyeri pada kepala dan gigi serta menurunkan panas
KontraindikasiOrang dengan gangguan fungsi hati yang serius, serta yang sangat sensitif atau alergi terhadap paracetamol
KemasanStrip
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisDewasa: 1 tablet 3-4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter
Cara kerja obatSebagai analgesik: Meningkatkan ambang rangsang rasa sakit・Sebagai antipiretik: Diduga bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanDiminum sebelum atau setelah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialAluminium foil
UkuranTidak diketahui
View all
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Sido MunculTolak Linu Mint Cair

Harga referensi
Rp21.083
Agak Mahal

Mengandalkan warisan alami, hadir dengan beragam pilihan bahan untuk kenyamanan Anda

Produk kali ini kami rekomendasikan untuk Anda yang lebih nyaman menggunakan bahan-bahan herbal sebagai pereda nyeri. Alasannya, produk ini diklaim menggunakan bahan-bahan herbal alami yang sudah berstandar Good Manufacturing Practice. 


Beberapa bahan dalam daftar komposisinya, antara lain lengkuas, lempuyang, cabai Jawa, temulawak, jahe, hingga ginseng. Cukup beragam untuk produk dengan resep warisan tradisional, bukan? Jadi, bila Anda merasakan keletihan, pegal linu setelah beraktivitas berat, hingga nyeri sendi, gunakan pereda nyeri sirup ini! 

Isi5 x 15 ml
Bahan aktifLanguas galanga rhizoma (laos), Zingiberis aromaticae rhizoma (lempuyang), Piper retrofracti fructus (cabe jawa), Curcumae xantorrhiza rhizoma (temulawak), Cyperus rotundus rhizoma (teki), Phyllanthus niruri herba (meniran), Blumea balsamifera folium (daun sembung), Zingiberis officinalis rhizoma (jahe), Kaempferia galanga rhizoma (kencur), Alyxiae reindwardtii cortex (pulasari), Toeniculum vulgare fructus (adas), Panax ginseng radix (ginseng)
IndikasiMeredakan pegal linu dan nyeri sendi
KontraindikasiTidak dianjurkan untuk wanita hamil dan ibu menyusui
KemasanSaset
Jenis produkObat pereda nyeri herbal
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisUntuk pemeliharaan, mengatasi keletihan: 1-2 sachet sebelum tidur・Untuk mengurangi sakit pegal linu: 1-2 sachet setelah aktivitas atau olahraga
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatSirop
Cara penggunaanDiminum langsung/sesuai petunjuk pada kemasan
Bentuk obat pereda nyeri ototObat herbal
MaterialPlastik saset
Ukuran15 ml
View all

KonimexFeminax

Harga referensi
Rp3.300
Agak Murah

Sahabat terbaik wanita saat nyeri haid mendera

Jika ada kondisi pada wanita yang sungguh menyiksa, nyeri haid adalah salah satunya. Pertimbangkanlah produk ini yang dikemas khusus untuk kaum hawa. Zat aktif yang terkandung di dalamnya adalah parasetamol. Meski disebutkan kalah efektif daripada ibuprofen, parasetamol juga bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid.

Menariknya, produk ini juga menawarkan ekstrak tumbuhan yang disebut Hyoscyamus albus. Ekstrak tumbuhan ini dikatakan dapat merilekskan otot saluran pencernaan. Kombinasi parasetamol dan ekstrak tumbuhan ini dapat dicoba saat haid begitu mengganggu Anda.

Isi4 tablet
Bahan aktifParacetamol 500 mg, hyoscyamine 19 mg
IndikasiUntuk mengurangi rasa sakit pada waktu haid (dismenorea) dan pada kolik
KontraindikasiGangguan fungsi hati atau ginjal
KemasanStrip
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisDewasa: 3x sehari 1-2 tablet・Anak-anak 10-16 tahun: 3x sehari 1 tablet
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanDiminum sesudah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialAluminium foil
UkuranTidak diketahui
View all
Harga referensi
Rp2.600
Agak Murah

Satu obat untuk meredakan bermacam-macam jenis nyeri

Kami merekomendasikan ibuprofen, yaitu obat generik yang dapat digunakan sebagai analgesik untuk meredakan nyeri dan inflamasi. Dengan menyimpan satu obat ini, Anda bisa menggunakannya pada saat merasakan sakit kepala, nyeri haid, dan sakit gigi. 


Pereda nyeri ini juga dapat meredakan nyeri pada luka operasi, lho. Menariknya, ibuprofen juga dipercaya untuk meredakan gejala rematik tulang, sendi, trauma otot, tulang, atau sendi. Jadi, bila Anda sering bepergian, Anda cukup membawa obat pereda nyeri ini sebagai pertolongan pertama. 

Isi10 tablet
Bahan aktifIbuprofen 200 mg atau ibuprofen 400 mg
IndikasiMeredakan nyeri ringan sampai sedang dan digunakan untuk kalangan medis
KontraindikasiPenderita dengan ulkus peptikum yang berat dan aktif, riwayat hipersensitif terhadap ibuprofen dan obat anti-inflamasi non-steroid lain, penderita sindorma polip hidung, angioederma, penderita yang timbul gejala asma, rinitis, uritkaria saat menggunakan aspirin atau obat anti-inflamasi non-steroid, ibu hamil pada kehamilan tiga bulan terakhir
KemasanStrip
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisDewasa: 200-250 mg 3-4 kali sehari・Penderita osteoartritis, artritis reumatoid: 1200-1800 mg: 3 kali sehari・Anak-anak 1-2 tahun: 50 mg, 3-4 kali sehari・Anak-anak 3-7 tahun: 100-125 mg, 3-4 kali sehari・Anak-anak 8-12 tahun: 200-250 mg, 3-4 kali sehari・Tidak boleh digunakan pada anak dengan berat kurang dari 7 kg
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanDiminum sesudah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialAluminium foil
UkuranTidak diketahui
View all

Novell Pharmaceutical LabsCooling 5 PLUS

Harga referensi
Rp32.500
Agak Mahal

Cocok disimpan sebagai pertolongan pertama saat sakit gigi menyerang

Apakah Anda selama ini merasa kesulitan meminum obat secara oral? Jika iya, kami merekomendasikan Cooling 5 Plus Orange untuk Anda yang sedang merasa sakit gigi dan radang gusi. Obat semprot ini mengandung bahan aktif benzocaine, jenis zat anestesi lokal yang dapat mengurangi sakit gigi. 


Menariknya, produk ini bisa digunakan oleh anak-anak di atas enam tahun. Artinya, Anda hanya perlu menyimpan satu produk dengan rasa jeruk yang segar ini untuk satu keluarga Anda.

Isi15 ml
Bahan aktifPhenol 5 mg, benzocaine 3 mg
IndikasiMenghilangkan sariawan, sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi
KontraindikasiHipersensitivitas, riwayat methemoglobinemia.
KemasanSemprot
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisBila diperlukan dapat diulang setiap 3-4 jam
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatCair
Cara penggunaanSemprotkan pada area sakit
Bentuk obat pereda nyeri ototCair
MaterialPlastik
Ukuran15 ml
View all

Haleon CompanyPanadol Ekstra

Harga referensi
Rp13.194
Agak Mahal

Dosisnya ekstra agar nyeri segera reda!

Sesuai namanya, produk ini menawarkan formula yang ekstra. Parasetamol di dalamnya memiliki kadar 500 miligram per kapletnya. Jika Anda perhatikan, kadar ini cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa produk lain. Kafeina dalam obat ini juga membantu mengusir rasa nyeri lebih cepat.


Produk ini juga diklaim aman dikonsumsi bagi orang dengan penyakit lambung. Namun, penggunaannya tentu harus sesuai dengan anjuran pakai. Agar lebih aman, penderita gangguan lambung bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pereda nyeri apa pun.

Isi10 kaplet
Bahan aktifParasetamol 500 mg, caffeine 65 mg
IndikasiObat ini digunakan untuk meringankan sakit kepala dan sakit gigi
KontraindikasiWanita hamil dan menyusui. Tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak dibawah usia 12 tahun
KemasanBlister
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisUsia 12 tahun ke atas: 1 kaplet, 3-4 kali sehari, maksimal 8 tablet dalam 24 jam
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanDapat diminum sebelum atau sesudah makan. Dapat diminum dengan air putih dan jus buah
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialPlastik blister
UkuranTidak diketahui
View all

Darya VariaBiogesic Paracetamol

Harga referensi
Rp2.000
Agak Murah

Pereda nyeri yang juga dapat digunakan oleh anak berusia enam tahun

Satu lagi alternatif untuk Anda yang mencari obat pereda nyeri dengan kandungan paracetamol 500 mg. Seperti fungsi paracetamol lainnya, produk ini juga diformulasikan untuk meringankan sakit kepala, sakit gigi, dan mampu menurunkan demam. Menariknya, produk ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak berusia 6-12 tahun dengan dosis setengah hingga satu tablet sekali minum. 

Isi4 tablet
Bahan aktifParacetamol 500 mg
IndikasiMeringankan rasa sakit pada sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam
KontraindikasiJangan diberikan kepada penderita hipersensitif/alergi terhadap Paracetamol, pPenderita gangguan fungsi hati berat
KemasanBlister
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisAnak (6-12 tahun): 0.5-1 kaplet, 3-4 kali per hari.・Dewasa: 1-3 kaplet, 3-4 kali per hari・Atau sesuai petunjuk dokter
Cara kerja obatBekerja sebagai analgesik dan antipiretik
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanObat dapat diminum sebelum atau sesudah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialBlister
UkuranTidak diketahui
View all

KonimexParamex Nyeri Otot

Harga referensi
Rp2.244
Agak Murah

Pereda nyeri yang bagus dengan parasetamol dan ibuprofen sekaligus!

Bicara soal obat pereda nyeri, Paramex tentu tak luput dari rekomendasi. Produk ini memang memiliki formula yang oke, yakni mengandung parasetamol dan ibuprofen dalam satu tablet. Kombinasi painkiller populer ini tentu ampuh dalam mengatasi berbagai nyeri. 


Anda bisa meminumnya untuk meredakan nyeri otot. Selain itu, obat ini juga efektif untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, dan demam. Jika Anda mencari obat yang mengandung ibuprofen dan parasetamol, produk ini merupakan pilihan yang afdal.

Isi4 tablet
Bahan aktifParacetamol 350 mg, ibuprofen 200 mg
IndikasiMeringankan rasa nyeri pada nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam
KontraindikasiPenderita dengan riwayat hipersensitif terhadap paracetamol dan ibuprofen, penderita ulkus peptiku berat dan aktif, pengguna obat-obatan antiinflamasi non-steroid yang timbul gejala asma, rinitis, atau urtikaria, ibu hamil di 3 bulan terakhir
KemasanAluminium foil
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
Dosis1 tablet, 3-4 kali per hari
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanDiminum sesudah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialAluminium foil
UkuranTidak diketahui
View all

Tempo Scan Pasific NEO Rheumacyl Neuro

Harga referensi
Rp10.992
Menengah

Dilengkapi dengan tiga vitamin B untuk jaga kesehatan saraf

Seiring bertambahnya usia, nyeri saraf otot pun rentan terasa. NEO Rheumacyl Neuro dapat diminum untuk mengatasi keluhan tersebut. Selain mengandung ibuprofen untuk menghalau nyeri, obat ini juga mengandung tiga jenis vitamin B.


Tiga vitamin B dalam produk ini yakni vitamin B1, B6, dan B12. Menurut kajian baru dalam CNS Neuroscience & Therapeutics, tiga vitamin tersebut memang esensial dalam memelihara kesehatan saraf. Jika Anda sering merasakan ngilu dan kebas, produk ini adalah pilihan pas!

Isi10 kaplet
Bahan aktifIbuprofen 200 mg, vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, vitamin B12 1000 mg
IndikasiMeringankan rasa nyeri atau ngilu yang disertai kebas, kesemutan dan kram
KontraindikasiHindari penggunaan pada pasien dengan kondisi: Hipersensitif terhadap parasetamol, ibuprofen, atau AINS lainnya; ulkus peptikum akut; pasien yang asetosal atau NSAID lainnya menginduksi gejala asma, rinitis, atau urtikaria; trimester ketiga kehamilan
KemasanBlister
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
Dosis1 kaplet 3 kali sehari
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatTablet
Cara penggunaanDiminum sesudah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototTablet
MaterialPlastik blister
UkuranTidak diketahui
View all

PharosProris Suspensi

Harga referensi
Rp28.200
Agak Mahal

Dengan rasa jeruk yang enak untuk redakan demam anak

Proris juga menjadi obat demam anak yang dapat diandalkan. Produk ini tersedia dalam rasa buah favorit semua anak, yakni jeruk. Rasa jeruknya membuat kegiatan memberikan obat pada anak tak lagi memusingkan.


Meskipun harga produk ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan obat untuk anak lain, ibuprofen di dalamnya memiliki kadar yang mumpuni. Dengan begitu, formulanya dapat bekerja lebih maksimal.

Isi60 ml
Bahan aktifIbuprofen 200 mg
IndikasiMeredakan demam pada anak dan mengurangi nyeri ringan hingga sedang, termasuk dismenore primer, sakit gigi, serta sakit kepala
KontraindikasiIbuprofen tidak boleh digunakan pada penderita dengan tukak lambung, riwayat hipersensitif, asma, rinitis dan kehamilan trimester ketiga, kehamilan pada trimester ketiga
KemasanBotol
Jenis produkObat pereda nyeri
Durasi penggunaanTidak diketahui
DosisAnak 3-7 tahun: 2,5 ml, 3-4 kali sehari・Anak 8-12 tahun: 5 ml, 3-4 kali sehari・Anak > 12 tahun & dewasa: 5 ml, 3-4 kali sehari
Cara kerja obatTidak diketahui
Bentuk obatSirop
Cara penggunaanDiminum setelah makan
Bentuk obat pereda nyeri ototSirop
MaterialBotol
Ukuran60 ml
View all

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat pereda nyeri

Beberapa hal berikut perlu diperhatikan dalam mengonsumsi obat pereda nyeri. Hal ini bertujuan agar efek samping bisa diminimalisasi. Selain itu, khasiat dari obat diharapkan dapat maksimal.

Perhatikan waktu, dosis, dan cara mengonsumsinya

Perhatikan waktu, dosis, dan cara mengonsumsinya
Jangan menunggu hingga Anda tersiksa oleh rasa nyeri. Bila sakit mulai terasa, segeralah minum obat pereda nyeri yang tersedia. Perhatikan aturan penggunaan obat dan jangan melebihi dosis yang tertera pada kemasan.

Tiap bahan aktif pereda nyeri memiliki dosis harian maksimal. Berikut dosis harian untuk parasetamol dan ibuprofen sebagai kandungan yang paling populer:


  • Dosis untuk parasetamol: Untuk orang dewasa, 500–1.000 miligram per konsumsi atau sekitar 1–2 butir obat. Penggunaan maksimal per hari adalah 4.000 miligram.
  • Dosis untuk ibuprofen: Untuk orang dewasa, 200–400 miligram per konsumsi atau sekitar 1–2 butir obat. Penggunaan maksimal per hari untuk obat bebas adalah 1.200 miligram.

Selain dosis, berhati-hatilah dalam mencampur obat. Beberapa kandungan memang aman untuk dikombinasikan. Namun, sebagian obat lain tidak demikian. Parasetamol dan ibuprofen (OAINS), misalnya, bisa diminum secara bersamaan. Bahkan, ada obat yang mengombinasikan kedua kandungan ini. 


Sementara itu, sesama OAINS tidak disarankan dikonsumsi bersamaan. Artinya, hindari penggunaan bersama OAINS, seperti ibuprofen, loxoprofen, aspirin, serta naproxen.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Setiap obat tentunya memiliki petunjuk penggunaan. Selalu ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan agar efek yang diinginkan dapat tercapai.

Cara mengatasi nyeri yang tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat

Cara mengatasi nyeri yang tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat

Umumnya, efek obat pereda nyeri akan terlihat dalam 1–2 jam. Akan tetapi, bila Anda tidak merasakan efek apa pun, jangan langsung menambah konsumsi obat. Anda bisa beristirahat untuk meredakan nyeri.


Jika tidak ada efek setelah mengonsumsi obat, bisa jadi rasa nyeri diakibatkan oleh gangguan medis tertentu. Jangan ambil keputusan sendiri dan segera hubungi dokter untuk mengetahui lebih jelasnya.

dr. Floriyani Indra
Dokter umum
dr. Floriyani Indra

Menurut WHO, tata laksana nyeri dilakukan bertahap sesuai dengan intensitas nyeri yang dirasakan. Parasetamol dan aspirin dapat diberikan untuk nyeri ringan. Apabila nyeri tidak membaik atau nyeri memberat, dapat ditambah obat anti-inflamasi nonsteroid.


Apabila sudah mengonsumsi obat tapi nyeri masih dirasakan, segera periksa ke dokter. Dengan demikian, Anda akan diberikan penanganan yang tepat untuk keluhan yang Anda rasakan.

Tips dari dokter umum, dr. Floriyani Indra Putri

Tips dari dokter umum, dr. Floriyani Indra Putri

Satu hal yang harus diingat, nyeri adalah suatu gejala, bukan penyebab. Obat dapat dikonsumsi untuk menghilangkan nyeri sementara. Agar dapat bebas nyeri secara permanen, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui kondisi apa yang menyebabkan nyeri tersebut.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Obat-obatan
  4. 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Umum]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.