• 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Obat pereda nyeri sering digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri haid, nyeri pinggang, dan sebagainya. Belakangan, banyak obat-obatan pereda nyeri yang dapat Anda beli sendiri tanpa perlu ke rumah sakit. Bagaimana cara mengetahui manfaat sekaligus efek samping dari obat pereda nyeri agar Anda tidak salah memilih?

Berikut akan kami berikan informasi mengenai cara memilih obat pereda nyeri. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online seperti Bodrex, Poldan Mig, Proris, dan sebagainya. Dalam artikel ini kami juga akan memberikan tips untuk menyembuhkan nyeri. Simak dan pilihlah produk sesuai kebutuhan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2020
  • 14.838 Views
Daftar isi

Cara memilih obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri memiliki bermacam kandungan yang efektif meredakan sumber nyeri. Sebelum membeli, simaklah beberapa poin berikut yang harus diperhatikan ketika memilih obat pereda nyeri. Pastikan untuk memilih kandungan bahan yang tepat untuk meredakan keluhan nyeri yang Anda rasakan.

Pilih bahan aktif sesuai jenis rasa nyeri yang dirasakan

Setiap produk memiliki bahan aktif yang berbeda meski sama-sama berfungsi sebagai pereda nyeri. Bahan aktif yang dimaksud adalah kandungan obat yang dapat meredakan nyeri secara efektif. Jadi, pastikan Anda memilih obat dengan kandungan bahan aktif yang sesuai untuk meredakan keluhan nyeri Anda.

Kandungan loxoprofen dan ibuprofen efektif menghilangkan sakit kepala

Kandungan loxoprofen dan ibuprofen efektif menghilangkan sakit kepala
Pilihlah obat yang mengandung loxoprofen atau ibuprofen apabila Anda ingin meredakan sakit kepala. Loxoprofen sendiri adalan komponen utama dari loxonin. Anda bisa memilih obat dengan kedua kandungan ini jika sedang sakit kepala. Namun, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan apoteker atau dokter terlebih dahulu. Terlebih, obat yang mengandung loxoprofen tidak dijual bebas di Indonesia.
Anda harus menyadari bahwa baik loxoprofen maupun ibuprofen memiliki efek yang kuat dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Jika Anda memiliki pencernaan yang lemah, bisa saja Anda malah jadi sakit perut. Untuk itu, sebaiknya pilihlah produk yang mengandung antacid atau menyertakan keterangan aman bagi lambung.

Kandungan ibuprofen efektif meredakan nyeri haid

Kandungan ibuprofen efektif meredakan nyeri haid
Selain dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid. Hal ini disebabkan bahan aktifnya yang mudah mencapai rahim. Obat pereda nyeri yang efektif untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri haid biasanya mengandung loxoprofen atau ibuprofen.
Tentu saja, loxoprofen efektif untuk meredakan nyeri, tetapi ibuprofen lebih efektif untuk meredakan nyeri haid. Namun, ibuprofen berisiko tinggi mengganggu pencernaan. Jadi, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bila memiliki pencernaan sensitif dan hendak memilih ibuprofen.

Kandungan bahan penenang efektif mengatasi sakit gigi

Kandungan bahan penenang efektif mengatasi sakit gigi
Jika gigi terasa sakit saat berlubang atau sehabis dicabut, pilihlah produk yang mengandung bahan penenang juga selain berefek analgesik tinggi. Kandungan yang cocok untuk meredakan nyeri gigi adalah loxoprofen dan ibuprofen karena memiliki efek kuat.
Adanya bahan penenang berfungsi untuk menekan rasa tidak nyaman yang mungkin muncul akibat nyeri berkelanjutan. Tanpa kandungan bahan penenang, Anda cenderung akan merasakan nyeri dalam waktu lebih lama. Selain itu, bahan penenang juga dapat menekan iritasi. Bahan seperti allyl-isopropyl-acetyl urea adalah contoh yang paling umum digunakan sebagai bahan penenang. Cobalah untuk memeriksa kandungan obat penenang ini sebelum membeli obat pereda nyeri.

Kandungan aspirin untuk meredakan nyeri yang menyertai demam

Kandungan aspirin untuk meredakan nyeri yang menyertai demam
Aspirin telah lama dikenal sebagai salah satu obat pereda nyeri. Obat ini digunakan untuk mengurangi berbagai keluhan nyeri, seperti nyeri haid, sakit kepala, hingga nyeri otot. Memang, efeknya hanya berada di level menengah, tetapi kandungan ini efektif pada hampir semua jenis nyeri. Jadi, Anda bisa menyiapkan cadangan di rumah untuk dikonsumsi sewaktu-waktu saat sakit kepala atau sakit gigi.
Adanya efek antiinflamasi dan antipiretik pada aspirin juga membuat obat ini efektif meredakan radang tenggorokan. Anda yang mengalami pembengkakan gusi setelah cabut gigi pun dapat menggunakannya. Namun, efek aspirin bekerja cukup kuat pada lambung. Bila Anda memiliki lambung sensitif, penggunaan aspirin dapat mengganggu pencernaan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika mengonsumsi aspirin.

Kandungan asetaminofen untuk meredakan nyeri pada anak

Kandungan asetaminofen untuk meredakan nyeri pada anak
Sebagian besar obat pereda nyeri yang beredar di pasaran tidak cocok untuk dikonsumsi anak di bawah usia 15 tahun. Akan tetapi, tentu anak berusia di bawah 15 tahun juga bisa mengalami sakit atau nyeri dalam tumbuh kembangnya. Untuk kondisi seperti itu, pilihlah obat pereda nyeri dengan kandungan asetaminofen yang bisa dikonsumsi oleh anak kecil.
Bahan asetaminofen dianggap sebagai bahan yang cenderung aman karena memiliki efek paling ringan dan tidak terlalu mengiritasi lambung. Jadi, banyak obat antipiretik, analgesik, maupun obat flu menggunakan asetaminofen sebagai bahan aktif. Namun, Anda juga harus jeli karena beberapa produk juga mencampurkan ibuprofen atau loxoprofen sebagai tambahan bahan aktifnya.

Periksa kandungan obat yang memiliki efek kantuk

Periksa kandungan obat yang memiliki efek kantuk
Beberapa obat pereda nyeri mengandung bahan yang menyebabkan kantuk setelah diminum. Anda akan lebih cepat sembuh jika tidur, tetapi tentu akan berbahaya bila Anda sedang menyetir. Apabila Anda sedang bepergian dengan menyetir sendiri atau memiliki pekerjaan penting, hindarilah obat yang dapat menyebabkan kantuk.
Bahan penyebab kantuk biasanya ada dalam obat yang mengandung bahan penenang. Terutama jika Anda memilih obat pereda nyeri gigi, berhati-hatilah dan periksa labelnya lebih teliti.

Periksa seberapa cepat efek obat dapat dirasakan

Periksa seberapa cepat efek obat dapat dirasakan
Saat memilih obat pereda nyeri, periksalah lama waktu yang dibutuhkan sampai efek obat tersebut terasa. Beberapa produk mungkin langsung terasa efeknya dalam 30 menit dan informasi tersebut tertera pada kemasannya. Jika Anda membutuhkan efek cepat karena sedang bekerja dan tidak bisa meninggalkan pekerjaan, produk seperti ini pas dipilih.
Selain terdapat obat yang memiliki efek seketika, terdapat obat yang bekerja lebih lambat. Obat yang bekerja lebih lambat memerlukan waktu 1-2 jam hingga terasa efeknya. Apabila Anda masih merasakan nyeri setelah dua jam minum obat, bisa jadi penyebabnya berasal dari penyakit lain. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda merasakan kondisi ini.

10 Rekomendasi obat pereda nyeri terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk pereda nyeri terbaik untuk mengatasi keluhan Anda. Pastikan untuk memilih obat yang sesuai dengan kondisi Anda serta periksalah kandungannya sebelum membeli.
10
Komposisi utamaParacetamol 500 mg, phenylpropanolamine HCl 15 mg
Isi4 kaplet
9
Komposisi utamaIbuprofen 200 mg, paracetamol 400 mg
Isi10 tablet per strip
8
Komposisi utamaIbuprofen 200 mg, vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, vitamin B12 1000 mcg
Isi10 kaplet salut selaput
7
Komposisi utamaAcetylsalicylic acid (aspirin) 80 mg/tablet
Isi3 alustrip @6 tablet kunyah
6
Komposisi utamaIbuprofen lysine 342 mg
Isi8 tablet
5
Komposisi utamaAcetaminophen 500 mg
Isi325 kaplet
4
Komposisi utamaAcetyl salicylic acid 100 mg
Isi3 blisters @10 tablet
3
Komposisi utamaParacetamol 400 mg, acetosal 250 mg, caffeine 65 mg
Isi4 kaplet
2
Komposisi utamaIbuprofen 100 mg per 5 ml
Isi60 ml
1
Komposisi utamaWillow bark, feverfew, guarana
Isi1 strip @4 tablet salut selaput

Tabel perbandingan produk obat pereda nyeri terbaik

Gambar produk
1
Tempo Scan Pasific Bodrex Herbal Sakit Kepala 1

Tempo Scan Pasific

2
Pharos Indonesia Proris Ibuprofen 1

Pharos Indonesia

3
Sanbe Farma Poldan Mig 1

Sanbe Farma

4
Bayer Cardio Aspirin 1

Bayer

5
TYLENOL Extra Strength 1

TYLENOL

6
Bayer Feminax Express 1

Bayer

7
Bodrexin Tablet 1

Bodrexin

8
Tempo Scan Pasific  NEO Rheumacyl Neuro 1

Tempo Scan Pasific

9
Guardian Pharmatama Iremax 1

Guardian Pharmatama

10
Sanbe Farma Sanaflu 1

Sanbe Farma

Nama produk

Bodrex Herbal Sakit Kepala

Proris Ibuprofen

Poldan Mig

Cardio Aspirin

Extra Strength

Feminax Express

Tablet

NEO Rheumacyl Neuro

Iremax

Sanaflu

KeunggulanKandungan herbalnya mampu m...Praktis redakan demam anak ...Efektif menghilangkan sakit...Pereda nyeri yang juga dapa...Cepat meredakan nyeri dan a...Sahabat terbaik wanita untu...Ampuh meredakan nyeri dan d...Kombinasi lengkap menghilan...Efektif meredakan nyeri gig...Atasi sakit kepala tanpa me...
HargaRp 8.750,00Rp 21.000,00Rp 2.500,00Rp 55.000,00Rp 489.000,00Rp 95.000,00Rp 4.000,00Rp 8.600,00Rp 10.000,00Rp 2.000,00
Komposisi utamaWillow bark, feverfew, guaranaIbuprofen 100 mg per 5 mlParacetamol 400 mg, acetosal 250 mg, caffeine 65 mgAcetyl salicylic acid 100 mgAcetaminophen 500 mgIbuprofen lysine 342 mgAcetylsalicylic acid (aspirin) 80 mg/tabletIbuprofen 200 mg, vitamin B1 100 mg, vitamin B6 200 mg, vitamin B12 1000 mcgIbuprofen 200 mg, paracetamol 400 mgParacetamol 500 mg, phenylpropanolamine HCl 15 mg
Isi1 strip @4 tablet salut selaput60 ml4 kaplet3 blisters @10 tablet325 kaplet8 tablet3 alustrip @6 tablet kunyah10 kaplet salut selaput10 tablet per strip4 kaplet
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat pereda nyeri

Simaklah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi obat pereda nyeri. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah mengonsumsi dan dapat merasakan khasiat obat secara maksimal.

Perhatikan waktu dan cara mengonsumsinya

Perhatikan waktu dan cara mengonsumsinya
Jangan menunggu hingga Anda tersiksa oleh rasa nyeri yang Anda rasakan. Ada baiknya Anda mengonsumsi obat pereda nyeri ketika nyeri baru mulai Anda terasa. Rasa nyeri dapat teratasi dengan lebih efektif apabila Anda menanggapinya dengan segera. Sebagai contoh, ketika Anda mulai merasakan nyeri haid, segeralah mengonsumsi obat pereda nyeri.
Kemudian, konsumsilah obat pereda nyeri secepat mungkin ketika merasakan nyeri tiba-tiba. Namun, tetap perhatikan aturan minum yang tertera pada kemasan. Biasanya, sudah tertulis secara jelas jumlah dosis per sekali konsumsi dan jeda waktu sampai Anda boleh mengonsumsinya lagi. Pastikan Anda mengikuti aturan pakai tersebut, ya!
Jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri dalam jangka waktu lama, organ internal Anda bisa terbebani. Sebaiknya dalam mengonsumsi obat, Anda tidak melebihi 10 hari setiap bulannya. Oleh karena itu, jika nyeri tidak segera reda, kunjungilah dokter.

Cara mengatasi nyeri yang tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat

Cara mengatasi nyeri yang tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat
Untuk meredakan nyeri secara efektif, pastikan dosisnya telah sesuai. Tentunya, Anda tidak boleh mengonsumsi obat pereda nyeri bersama alkohol, susu, atau minuman lain selain air putih. Pastikan Anda juga meminumnya dengan air hangat agar membuat kandungan obat lebih berfungsi maksimal.
Umumnya, efek obat akan terlihat dalam 1-2 jam. Akan tetapi, bila Anda tidak merasakan efek apapun, jangan langsung menambah konsumsi obat. Anda bisa beristirahat atau melakukan pemijatan (akupresur) untuk meredakan nyeri.
Sebagai tambahan, obat pereda nyeri tidak bekerja pada penyakit organ dalam. Jika Anda tidak merasakan efek setelah mengonsumsi obat, bisa jadi rasa nyeri tersebut diakibatkan oleh organ dalam. Jangan ambil keputusan sendiri dan segera hubungi dokter untuk mengetahui lebih jelasnya.

Baca juga rekomendasi berbagai obat lainnya di sini!

Rasa sakit dapat datang secara tiba-tiba. Kami telah merekomendasikan berbagai jenis obat pereda nyeri terbaik. Nah, kami juga telah merangkum beberapa produk obat terbaik lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai pertolongan pertama. Simaklah tautan artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Kesimpulan

Obat pereda nyeri saat ini telah tersedia dalam berbagai jenis dan bisa Anda dapatkan di toko terdekat. Meskipun demikian, hal terpenting adalah Anda memilih produk yang sesuai dengan gejala yang dirasakan.
Kami berharap Anda dapat memilih obat pereda nyeri yang tepat setelah membaca penjelasan kami. Dengan bahan aktif yang tepat, nyeri Anda hilang dan Anda dapat beraktivitas kembali dengan lancar, bukan?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    68.253 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    79.854 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    45.613 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    64.522 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    65.203 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    53.678 Views
  • 10 Rekomendasi Oil Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oil Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda familier dengan penggunaan oil tint pada bibir? Kosmetik yang satu ini memiliki keunggulan mampu menjaga kesehatan bibir seperti halnya lip balm dan menawarkan efek pewarnaan yang indah seperti lipstik. Merek kosmetik terkemuka, seperti YSL, Innisfree, Skinfood, hingga Clio, juga telah memproduksi oil tint andalan yang bisa menjadi pilihan.Namun, tahukah Anda cara memilih produk yang tepat? Kondisi dan warna bibir setiap orang yang cenderung berbeda, memiliki kebutuhan oil tint yang tidak sama. Untuk itu, kami akan menjabarkan beberapa poin dalam memilih oil tint yang tepat dan sesuai, serta yang bagus untuk Anda pilih. Mari hindari pembelian produk yang salah dengan membaca artikel ini dengan saksama!
    Kosmetik & kesehatan
    331 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori