10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman yang dibawa ketika piknik, berkemah, maupun kegiatan outdoor lainnya, sebuah cooler box akan sangat membantu. Namun, sebelum membeli produk yang dibutuhkan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal, seperti ukuran, bahan dasar dan ketahanan suhunya, serta desain yang memungkinkan kenyamanan ketika digunakan.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih cooler box yang tepat serta memperkenalkan rekomendasi produk yang bagus, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Di bagian akhir, kami juga akan menunjukkan bagaimana menjaga agar efek isolasi dinginnya bisa bertahan lama. Untuk lebih lengkapnya, baca terus artikel ini, ya!

Daftar isi

Cara memilih cooler box

Pemilihan cooler box bisa berbeda tergantung pada kondisi pemakaiannya. Berikut ini kami akan menjelaskan dengan lebih detail mengenai cara memilih cooler box sebagai referensi bagi Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah jenis yang sesuai kebutuhan dan tujuan pemakaian

Secara garis beras, cooler box dibagi menjadi tiga jenis. Perhatikan fitur dari masing-masing jenis cooler box tersebut dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Hard type: bisa memuat banyak makanan dan minuman, cocok untuk kegiatan outdoor

Hard type: bisa memuat banyak makanan dan minuman, cocok untuk kegiatan outdoor

Jika berbicara tentang cooler box, mungkin yang langsung terbayang adalah jenis hard type. Material insulatornya tergolong tebal dan mampu mempertahankan suhu dengan baik karena bagian tutupnya lebih rapat sehingga udara dingin yang terdapat di dalam tidak mudah terlepas keluar. Cooler box jenis ini sangat ideal untuk digunakan terutama saat berkemah atau untuk aktivitas outdoor. Gunakanlah cooler box tipe ini ketika Anda ingin mendinginkan makanan dan minuman untuk jangka waktu yang lama.

Soft type: mudah dibawa-bawa, bisa juga dijadikan cooler bag saat berbelanja

Soft type: mudah dibawa-bawa, bisa juga dijadikan cooler bag saat berbelanja

Tipe ini biasanya lebih ringan sehingga nyaman digunakan dan mudah dibawa-bawa. Selain itu, sebagian besar cooler box tipe ini bisa dilipat untuk memudahkan Anda menyimpannya tanpa memerlukan banyak ruang. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengganti cooler bag untuk makanan beku pada saat berbelanja.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bagian tutup pada cooler box tipe ini tidak begitu rapat sehingga udara dingin mudah terlepas ke luar. Jadi, tipe ini kurang mampu mempertahankan suhu dengan baik. Perhatikanlah poin ini dengan cermat sebelum Anda memilih cooler box yang dibutuhkan.

Trolley type: nyaman untuk bawaan yang berat, seperti minuman atau bongkahan es

Trolley type: nyaman untuk bawaan yang berat, seperti minuman atau bongkahan es

Cooler box tipe trolley merupakan gabungan dari hard type yang dilengkapi roda serta gagang untuk memudahkan Anda mengangkut barang yang berat, misalnya botol PET (polyethylene therepthalate) atau bongkahan es dalam jumlah besar. Namun, perlu diperhatikan bahwa roda pada cooler box tipe ini biasanya mudah digeret di jalan yang beraspal dan sulit digunakan di permukaan yang tidak rata. Jika Anda tetap ingin menggunakannya di tempat yang tidak beraspal, pilihlah produk dengan roda yang kuat dan berukuran cukup besar.

Pilih berdasarkan kemampuan bahan insulator untuk mempertahankan suhu

Cooler box memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mempertahankan suhu di dalamnya, tergantung pada jenis insulator yang digunakan. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Polystyrene, direkomendasikan untuk penggunaan sederhana dan jangka pendek

Polystyrene, direkomendasikan untuk penggunaan sederhana dan jangka pendek

Polystyrene adalah bahan insulator dengan bobot yang paling ringan, harga yang murah, dan mudah didapatkan di pasaran. Semakin tebal lapisan dindingnya, semakin tinggi kemampuannya mempertahankan suhu. Akan tetapi, pada dasarnya cooler box jenis ini tidak bisa ditutup terlalu rapat sehingga tidak cocok digunakan untuk waktu yang lama.

Material styrene foam juga memiliki daya tahan yang rendah dan lebih mudah rusak sehingga lebih tepat digunakan untuk pemakaian sederhana jangka pendek. Cooler box dengan bahan seperti ini cocok untuk piknik, festival olahraga, dan jenis kegiatan lain ketika Anda perlu menjaga suhu dingin dalam waktu tidak terlalu lama.

Urethane foam, kuat dan kokoh dengan harga yang sebanding

Urethane foam, kuat dan kokoh dengan harga yang sebanding

Urethane foam merupakan bahan yang banyak digunakan pada produk cooler box yang ditujukan untuk kegiatan outdoor. Biasanya cooler box tipe ini dilapisi bahan insulator hingga ke seluruh sudutnya sehingga dapat mempertahankan suhu dengan sangat baik.

Kemampuannya untuk mempertahankan suhu akan semakin tinggi jika lapisannya semakin tebal. Dengan ketebalan sekitar 6 cm, material ini dikatakan memiliki efek isolasi termal yang sama dengan panel isolasi vakum. Oleh karena itu, cooler box yang dilapisi dengan urethane foam tergolong sangat baik dalam keseimbangan antara harga dan kualitas. Jika Anda ragu-ragu ketika mencari cooler box yang tepat, tipe yang menggunakan bahan dasar urethane foam semacam ini merupakan pilihan yang tepat.

Vacuum insulation panel, cocok untuk kegiatan outdoor dan memancing

Vacuum insulation panel, cocok untuk kegiatan outdoor dan memancing

Vacuum insulation panel adalah jenis material yang memiliki kemampuan insulator terbaik di antara cooler box yang lain. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan memancing. Struktur bagian dalamnya mampu menciptakan ruang vakum sehingga suhu dari luar tidak mudah masuk ke dalam cooler box. Meskipun tampilannya tergolong ramping, cooler box tipe ini sangat fungsional sehingga direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan cooler box dengan daya penyimpanan suhu yang tinggi.

Namun, cooler box dengan bahan dasar ini umumnya harganya tergolong paling mahal dan memerlukan penanganan yang cermat. Jika ada bagian dari komponennya yang rusak, fungsi isolasi vakumnya akan hilang. Jika Anda bukan orang yang hobi memancing dan tidak terlalu sering menggunakan cooler box, sebaiknya pilihlah cooler box jenis urethane foam.

Untuk pemakaian beberapa hari berturut-turut, perhatikan kemampuan cooler box dalam mempertahankan suhu

Untuk pemakaian beberapa hari berturut-turut, perhatikan kemampuan cooler box dalam mempertahankan suhu

Untuk kegiatan yang menghabiskan waktu beberapa hari, seperti berkemah atau lainnya, perhatikanlah keterangan yang menyatakan berapa hari suatu produk mampu mempertahankan suhu di dalamnya. Jumlah hari yang tercantum ini adalah perkiraan waktu yang diperlukan hingga es dalam kotak pendingin mencair pada suhu kamar 20 °C.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa angka ini hanya perkiraan secara umum. Biasanya cooler box hanya memiliki kemampuan sekitar 60% dari jumlah hari yang tertulis pada keterangan produk. Oleh karena itu, jika daya penyimpanan dingin yang tercantum adalah hingga lima hari, bisa jadi cooler box tersebut hanya mampu bertahan sekitar tiga hari. Jadi, ada baiknya untuk menyesuaikan lama hari yang dibutuhkan dengan cooler box yang akan Anda pilih.

Pilih kapasitas yang sesuai dengan penggunaan dan jumlah orang

Cooler box juga tersedia dalam berbagai kapasitas yang pemakaiannya bisa Anda sesuaikan dengan yang akan menggunakannya. Silakan merujuk pada penjelasan berikut ini dan pilihlah kapasitas yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Untuk keperluan satu malam, acuannya sekitar 15 liter per satu orang dewasa

Untuk keperluan satu malam, acuannya sekitar 15 liter per satu orang dewasa

Cooler box dengan kapasitas sekitar 15 liter bisa dijadikan acuan untuk mendinginkan makanan dan minuman yang diperlukan bagi satu orang dewasa dengan lama inap satu malam. Untuk dua orang, pilihlah yang memiliki kapasitas sekitar 30 liter sebagai standar. Sedangkan untuk anak-anak, kapasitas yang diperlukan bisa berbeda tergantung usia anak. Akan tetapi, cooler box dengan ukuran kurang lebih 10 liter bisa dikatakan cukup memadai untuk membawa keperluan anak-anak.

Kapasitas 4 liter untuk makan siang, 15 liter untuk berbelanja, lebih dari 50 liter untuk menginap beberapa hari

Kapasitas 4 liter untuk makan siang, 15 liter untuk berbelanja, lebih dari 50 liter untuk menginap beberapa hari

Ketika Anda ingin mendinginkan bekal makan siang pada saat piknik maupun kegiatan outdoor lainnya, pilihlah produk dengan kapasitas sekitar 4 liter. Namun, jika Anda ingin menggunakannya sebagai tas pendingin pada saat berbelanja, akan lebih cocok dengan kapasitas sekitar 15 liter. Sedangkan untuk BBQ keluarga atau berkemah, sebaiknya Anda memilih cooler box berukuran besar dengan kapasitas lebih dari 50 liter.

10 Rekomendasi cooler box terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan cooler box yang direkomedasikan berdasarkan pertimbangan harga dan keunggulannya. Jika Anda memilih cooler box yang sesuai dengan tujuan pemakaian, berbagai kegiatan outdoor seperti berkemah atau BBQ Anda akan jadi lebih menyenangkan!

10. Bleu Du Vin Styrofoam Box 35

10. Bleu Du Vin Styrofoam Box 35

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 32.002

Harga terjangkau untuk berbagai kebutuhan

Cooler box berbahan insulator polystyrene ini cocok untuk kegiatan di luar rumah yang hanya berlangsung singkat, misalnya setengah hari saja. Materialnya sangat ringan sehingga memudahkan ketika diangkat dan dibawa-bawa. Meski demikian, cooler box jenis ini tergolong kuat dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga maupun piknik.

Anda juga bisa menggunakannya untuk pengiriman berbagai produk yang harus dijaga dalam suhu tertentu. Dengan harganya yang murah, Anda akan bisa menghemat biaya yang diperlukan. Untuk menjaga agar suhu dingin bertahan lebih lama, Anda bisa meletakkan ice gel atau ice pack di dalam cooler box ini.

9. FakeFace Insulated Lunch Bag Box

9. FakeFace Insulated Lunch Bag Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 158.000

Lebih praktis dengan tali yang bisa diatur

Cooler box merek Fakeface yang satu ini didesain ringan dan tahan lama serta dibekali bahan Oxford 420D yang terkenal tahan air, menjadikannya aman digunakan bahkan saat musim hujan. Produk ini juga bisa digunakan untuk menjaga makanan atau minuman tetap dalam suhu panas sehingga cocok untuk berbagai cuaca sesuai kebutuhan pemakaian.

Dengan ukuran 27 x 17 x 24 cm, cooler box ini bisa memuat berbagai keperluan piknik Anda seperti minuman, buah-buahan, atau makanan ringan. Cooler box ini juga cocok untuk tas belanja karena praktis dan mudah dibawa-bawa dengan dilengkapi tali yang bisa diatur sehingga memungkinkan untuk dijinjing maupun diselempangkan di bahu.

8. E&D Lunch Box

8. E&D Lunch Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Tali pegangan yang lebar untuk kenyamanan Anda saat menjinjingnya

Dengan model yang fleksibel dan ukuran yang cukup besar, cooler box ini cocok untuk memuat beragam makanan dan minuman yang akan Anda bawa ketika piknik atau berbelanja. Produk ini dibekali dengan tali pegangan yang cukup lebar sehingga nyaman dan mudah untuk dijinjing. Ketika tidak digunakan, cooler box ini bisa dilipat agar menghemat ruang penyimpanannya.

Materialnya sendiri terbuat dari kain Oxford yang dilapisi aluminium berkualitas sehingga dipastikan mampu menjaga suhu dingin maupun panas di dalam box secara maksimal. Selain itu, bentuknya yang didesain cukup ramping akan memudahkan Anda meletakkan cooler box ini di mana saja tanpa menghabiskan banyak tempat.

7. LION STAR Marina Cooler Box 18 S

7. LION STAR Marina Cooler Box 18 S

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 265.000

Kapasitas yang memadai untuk yang hobi memancing

Untuk Anda yang memiliki rencana melakukan kegiatan di luar ruangan, cooler box dengan kapasitas 16 liter ini akan sangat fleksibel untuk kegiatan outdoor apa pun. Dengan kapasitas tersebut, produk ini bisa dijadikan sebagai wadah penyimpanan yang mampu menjaga kesegaran makanan dan minuman dengan baik serta tahan lebih lama.

Cooler box ini juga bisa digunakan untuk kegiatan memancing karena bodinya yang kokoh dan ukurannya yang cukup besar untuk menyimpan ikan hasil tangkapan Anda. Desainnya yang ramping dan praktis dengan dilengkapi satu tali panjang juga akan memudahkan ketika dibawa-bawa. Selain itu, produk ini menggunakan material plastik yang berkualitas sehingga aman dan tidak mudah pecah.

6. Rubbermaid 10 Qt Cooler

6. Rubbermaid 10 Qt Cooler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 595.000

Material yang tidak menyerap bau untuk mempertahankan kesegaran makanan

Cooler box merek Rubbermaid ini didesain praktis dengan pegangan yang kokoh berupa gagang ayun yang dapat menyesuaikan pergerakan tangan Anda untuk kenyamanan ketika dijinjing. Produk ini juga dibekali material yang tidak menyerap bau sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi karena kesegaran makanan yang ada di dalam box lebih terjamin dan bisa bertahan lebih lama!

Dengan kapasitas penyimpanan sebesar 9,4 liter, cooler box ini dapat memuat makanan dan minuman dalam jumlah cukup banyak untuk berbagai kegiatan luar ruangan. Jika ingin menggunakannya khusus untuk membawa minuman, Anda bisa memasukkan sekitar 12 kaleng minuman beserta es atau refrigeran ke dalam cooler box. Sangat cocok untuk menemani kegiatan berolahraga Anda bersama teman atau keluarga, bukan?

5. COLEMAN 16QT Wheeled Cooler

5. COLEMAN 16QT Wheeled Cooler

Lihat produk ini Tokopedia

Harga : Rp 940.700

Fitur ozone insulation agar makanan dan minuman tetap dingin lebih lama

Produk dari Coleman ini terbuat dari material yang tahan lama sehingga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menggunakan cooler box dalam jangka panjang. Kenyamanan saat membawanya pun tidak perlu diragukan karena produk ini dilengkapi pegangan yang ergonomis serta roda dengan ukuran cukup besar yang memudahkannya untuk digeret pada permukaan apa saja.

Selain itu, cooler box ini juga tergolong ramah lingkungan dan memiliki fitur ozone insulation yang berfungsi untuk membantu dan menjaga suhu makanan atau minuman Anda secara maksimal. Bagian badannya terisolasi dengan baik sehingga dapat mempertahankan suhu dingin agar es di dalamnya tidak mencair selama hingga satu hari pada suhu lingkungan 32 °C.

4. GIANT Cooler Box ST4500

4. GIANT Cooler Box ST4500

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.300.000

Kapasitas besar untuk menampung kebutuhan seluruh anggota keluarga!

Cooler box GIANT yang satu ini memiliki kapasitas 45 liter yang sangat cukup untuk menampung kebutuhan seluruh anggota keluarga saat melakukan kegiatan di luar rumah, seperti piknik, BBQ, atau lainnya. Produk ini juga dilengkapi sistem penahan panas dari luar sehingga mampu mempertahankan suhu di dalam box dengan lebih baik dan lebih lama.

Pegangannya sendiri dirancang agar nyaman digenggam dan bisa dilipat agar lebih ringkas. Rodanya cukup besar dan kokoh sehingga mudah ditarik pada permukaan apa saja. Di samping itu, produk ini juga dilengkapi lubang khusus untuk pembuangan air. Jadi, Anda tidak perlu repot mengangkat cooler box untuk membuang sisa-sisa es yang mencair atau tumpahan minuman di dalamnya. Sangat praktis, bukan?

3. Igloo Legend 12

3. Igloo Legend 12

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.126.573

Desain minimalis yang hemat tempat penyimpanan

Cooler box yang satu ini didesain dengan keunggulan material yang tidak menyerap bau sehingga makanan atau minuman yang disimpan di dalam box akan tetap terjaga kesegarannya. Dengan ukurannya yang minimalis, cooler box merek Igloo ini bisa menghemat ruang penyimpanan untuk diletakkan di belakang kursi kendaraan atau di bawah kursi stadion ketika Anda menonton pertandingan olahraga.

Bagian tutupnya yang bisa dibalik dan diubah menjadi nampan sebagai alas minuman akan sangat berguna karena dapat mengurangi barang keperluan yang harus dibawa. Tutupnya juga dapat mengisolasi dengan sempurna sehingga es di dalam box bisa bertahan 2 sampai 3 hari meskipun pada cuaca panas. Sangat cocok digunakan untuk liburan di akhir pekan maupun kegiatan olahraga!

2. Coleman 54Qt Steel Belted Limited Edition Retro 60th Anniversary Series Cooler Box

2. Coleman 54Qt Steel Belted Limited Edition Retro 60th Anniversary Series Cooler Box

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.080.000

Mampu mempertahankan suhu dingin selama tiga hari!

Salah satu produk cooler box keluaran Coleman ini hadir dengan tampilan yang elegan serta memiliki desain yang retro sehingga akan memberikan nuansa tersendiri ketika digunakan. Bodinya yang terdiri dari kombinasi baja dan pada pegangannya dibekali dengan material stainless steel menjadikan produk ini kuat dan memungkinkan untuk penggunaan waktu yang lama.

Cooler box ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 51 liter dan mampu mempertahankan suhu dingin selama tiga hari sehingga sangat tepat untuk menemani kegiatan berkemah Anda sekeluarga. Lubang pembuangan airnya juga dibuat antikarat untuk memastikan bagian dalam cooler box kering sepenuhnya setelah selesai digunakan.

1. Igloo Marine Ultra Quantum 28 Roller

1. Igloo Marine Ultra Quantum 28 Roller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.177.000

Dilengkapi cool riser technology agar makanan dan minuman tetap dingin lebih lama

Produk cooler box dari Igloo yang satu ini dilengkapi dengan teknologi inframerah dan fitur yang memungkinkan untuk menghambat sinar UV agar cooler box terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari. Dengan perlindungan tersebut, produk ini akan lebih tahan lama sehingga sangat tepat bagi Anda yang mencari produk untuk pemakaian jangka panjang.

Untuk kenyamanan ketika dibawa, cooler box ini didesain dengan roda yang lembut agar memudahkan untuk digeret. Selain itu, produk ini juga dibekali dengan teknologi cool riser technology. Dengan teknologi ini, bodi cooler box sedikit terangkat dari permukaan yang lebih panas di bawahnya sehingga mampu meningkatkan kinerja pendinginan agar makanan dan minuman tetap dingin lebih lama.

Poin penting untuk penggunaan cooler box yang efektif

Untuk memaksimalkan penggunaan cooler box, berikut ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan. Mari kita gunakan cooler box sebaik mungkin agar kegiatan outdoor menjadi lebih menyenangkan!

Tingkatkan efektivitas fungsinya dengan mendinginkan cooler box terlebih dahulu menggunakan refrigeran

Tingkatkan efektivitas fungsinya dengan mendinginkan cooler box terlebih dahulu menggunakan refrigeran

Untuk meningkatkan efektivitas pendinginan cooler box, disarankan untuk mendinginkan cooler box terlebih dahulu dengan meletakkan refrigeran di dalamnya. Anda juga bisa membekukan minuman botol PET yang akan dibawa dan menggunakannya sebagai pengganti refrigeran. Karena bahan makanan akan mudah rusak pada cuaca panas, ada baiknya untuk mendinginkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dapat dibekukan.

Letakkan refrigeran dan bahan makanan yang mudah rusak di bagian paling bawah

Letakkan refrigeran dan bahan makanan yang mudah rusak di bagian paling bawah

Karena udara dingin cenderung mudah berkumpul di bagian bawah, letakkanlah refrigeran atau bongkahan es pada bagian bawah cooler box. Selain itu, sebisa mungkin simpanlah bahan makanan yang mudah rusak seperti daging dan sayuran di bagian bawah cooler box agar tidak mudah tersentuh udara luar ketika Anda membuka dan menutup cooler box.

Penting juga untuk menyusun bahan-bahan makanan dengan posisi sedemikian rupa sehingga tidak ada celah ruang yang tersisa di dalam cooler box. Namun, tentu saja bahan makanan atau minuman yang disimpan di dalam cooler box akan Anda konsumsi sehingga akan ada celah ruang kosong di dalamnya. Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda bisa mengisi celah tersebut dengan lembaran aluminium.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa memaksakan mengisi cooler box hingga terlalu padat bisa jadi akan menyebabkan kerusakan pada bahan-bahan makanan. Jika sudah tidak memungkinkan lagi untuk memasukkan bahan makanan atau minuman ke dalam cooler box, sebaiknya pisahkan dan masukkan ke tempat penyimpanan terpisah.

Letakkan di tempat teduh dan lapisi dengan lembaran aluminium untuk meningkatkan efeknya

Letakkan di tempat teduh dan lapisi dengan lembaran aluminium untuk meningkatkan efeknya

Daya pendinginan cooler box dapat dipertahankan lebih lama dengan menyiasati pemakaiannya di lokasi. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tempat meletakkan cooler box. Pilihlah tempat yang teduh agar suhu dingin di dalam box bisa bertahan lebih lama. Anda bisa meletakkannya di bawah meja atau di pintu masuk tenda. Namun, sebisa mungkin hindari kontak langsung antara cooler box dengan permukaan tanah yang panas untuk mempertahankan daya pendinginannya.

Jika Anda tidak menemukan tempat yang teduh, Anda bisa melapisi cooler box dengan menggunakan lembaran aluminium. Selain itu, perhatikan juga bahwa membuka dan menutup cooler box berkali-kali akan menghilangkan efek dingin di dalamnya. Jadi, usahakan untuk tidak membuka dan menutup cooler box terlalu sering.

Kesimpulan

Cooler box tentu akan sangat praktis untuk menemani piknik maupun berbagai kegiatan outdoor lainnya. Kali ini kami telah memperkenalkan produk cooler box yang direkomendasikan berdasarkan keunggulannya serta membahas bagaimana cara memilih produk yang tepat.

Apakah Anda menemukan cooler box yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Selamat menikmati kegiatan outdoor dengan makanan dan minuman yang tetap dingin dan segar!