• 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang bagus di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas berbagai merek cooler box terbaik, seperti Rubbermaid, LION STAR, IGLOO, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini terus, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 Juni 2022
Daftar isi

Apa itu cooler box dan fungsinya?

Apa itu cooler box dan fungsinya?

Cooler box adalah alat untuk menjaga suhu agar makanan dan minuman yang disimpan bisa tetap dingin dalam waktu lama. Jadi, fungsi cooler box adalah untuk menjaga dan mempertahankan kualitas produk yang disimpan di dalamnya agar tetap freshCooler box terkadang disebut juga sebagai ice box atau box pendingin.


Anda bisa menggunakan produk ini ketika memancing untuk menyimpan ikan hasil tangkapan. Anda juga bisa menyimpan minuman agar selalu tersedia minuman dingin ketika dalam perjalanan. Pengiriman frozen food yang berlangsung selama beberapa jam hingga seharian juga akan lebih baik jika menggunakan cooler box. Karena fungsinya yang beragam, tidak akan rugi jika Anda memilikinya!

Cara memilih cooler box

Pemilihan cooler box bisa berbeda tergantung pada selera dan kebutuhan penggunanya. Silakan cek poin-poin cara memilih di bawah ini untuk mengetahuinya lebih detail!

Pilihlah tipe cooler box sesuai kebutuhan dan tujuan pemakaian

Secara garis beras, cooler box dibagi menjadi dua macam, yaitu cool box dan cool bag. Perhatikan fitur dari setiap tipe berikut ini dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cool box, memuat banyak makanan dan minuman sehingga cocok untuk kegiatan outdoor

Cool box, memuat banyak makanan dan minuman sehingga cocok untuk kegiatan outdoor
Jika berbicara tentang cooler box, tipe yang paling populer dan ketahanannya bagus adalah jenis cool box. Cooler box ini memiliki material kedap udara dan insulator dingin yang optimal. Dengan demikian, suhu dan kesegaran makanan serta minuman akan terjaga lebih lama. 


Cooler box jenis ini biasanya memiliki durabilitas tinggi dan sangat ideal untuk berbagai aktivitas outdoor. Anda bahkan dapat memfungsikannya sebagai meja atau kursi saat berkemah atau memancing. Namun, jenis ini cenderung berat dan memakan banyak tempat. Jadi, pertimbangkanlah ruang penyimpanan dan transportasi yang hendak Anda gunakan.


Jika Anda suka memancing dan secara khusus mencari cooler box untuk kegiatan memancing, silakan baca tautan berikut. Kami memiliki berbagai rekomendasi produk yang pas untuk Anda gunakan.

Cool bag, mudah dibawa-bawa dan cocok dijadikan cooler bag saat berbelanja

Cool bag, mudah dibawa-bawa dan cocok dijadikan cooler bag saat berbelanja
Jika Anda ingin cooler box yang ringan dan mudah dibawa-bawa, silakan pilih tipe ini. Karena ringan dan mudah dijinjing, cooler box ini cocok untuk piknik atau keperluan sehari-hari. Siapa pun, termasuk para manula, tidak akan kesulitan untuk membawanya!

Cooler box tipe ini rata-rata bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanan. Selain tidak memerlukan banyak ruang, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tas darurat untuk penyimpanan makanan jika terjadi bencana. Perlu diingat, karena kemampuan menahan dinginnya rendah, tipe ini hanya cocok untuk penggunaan jangka pendek. Anda juga dapat memakainya sebagai pengganti cooler bag untuk menyimpan makanan beku saat berbelanja. 

Pilih berdasarkan kemampuan bahan insulator untuk mempertahankan suhu

Pilih berdasarkan kemampuan bahan insulator untuk mempertahankan suhu
Cooler box memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mempertahankan suhu. Hal tersebut sangat bergantung pada jenis insulator yang digunakan. Berikut ini, kami akan menjabarkan beberapa bahan insulator pada cooler box. 

  • Styrofoam: Bahan ini memiliki karakteristik ringan dan memiliki harga murah. Tipe ini cocok untuk keperluan rumahan dan outing kecil-kecilan karena kemampuan menahan dinginnya rendah. Dikatakan bahwa ketahanannya menjaga suhu dingin hanya beberapa jam saja.

  • Urethane foam: Terbuat dari resin sintetis yang disebut polyurethane. Oleh karena itu, bahan ini sering juga disebut polyurethane foam. Kemampuannya menyimpan dingin lebih baik daripada tipe sebelumnya karena udara panas lebih sulit menembus. Banyak cooler box tipe cool box juga menggunakan material ini. Jenis ini cocok untuk dipakai camping semalaman.

  • Vacuum insulation panel: Meski tampak ramping, material ini memiliki kemampuan menjaga suhu paling baik. Bahkan, kemampuannya dalam menjaga suhu bisa mencapai 10–25 kali lebih baik ketimbang bahan styrofoam dan urethane foam. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan memancing di bawah terik matahari atau berkemah selama berhari-hari.

Perhatikan kemampuan cooler box mempertahankan suhu

Perhatikan kemampuan cooler box mempertahankan suhu

Kualitas insulator pada sebuah cooler box bisa dilihat dari berapa hari cooler box tersebut mampu mempertahankan suhu dingin. Jumlah hari tersebut adalah perkiraan waktu yang diperlukan hingga es di dalam cooler box mencair pada suhu 20°C. Makin lama kemampuan cooler box mempertahankan suhu dingin, biasanya makin tinggi pula harganya.


Perlu diperhatikan bahwa angka ini hanya perkiraan secara umum. Biasanya, cooler box hanya memiliki kemampuan sekitar 50–60% dari jumlah hari yang tertulis pada keterangan produk. Jika daya penyimpanan dingin yang tercantum adalah lima hari, bisa jadi cooler box hanya mampu bertahan sekitar tiga hari.


Jika Anda ingin menyimpan es batu di dalam cooler box styrofoam, biasanya es batu akan bertahan sekitar 12–24 jam. Es batu yang ukurannya besar akan bertahan lebih lama ketimbang es batu berukuran kecil. Selain itu, pastikan Anda tidak sering membuka tutup cooler box. Jika ingin dinginnya tahan lebih lama, gunakan ice pack ketimbang es batu.

Sesuaikan kapasitas dengan penggunaan dan jumlah orang

Sesuaikan kapasitas dengan penggunaan dan jumlah orang

Perbekalan yang dibutuhkan satu orang dewasa adalah sekitar 4 liter untuk perjalanan sehari dan 15 liter untuk sehari semalam. Sementara untuk anak-anak, kapasitasnya kira-kira sekitar setengah dari orang dewasa. Namun, sesuaikan juga kapasitas perbekalan dengan kebutuhan dan jumlah orang dalam trip Anda, ya. 


Jika Anda ingin menggunakan cooler box sebagai tas pendingin saat berbelanja, produk berkapasitas 15 liter sudah sangat ideal. Biasanya, cooler box yang cocok dijadikan tas pendingin saat belanja adalah tipe cool bag. Hindari membawa cooler box yang terlalu besar karena akan berat dan sulit dijinjing. Lagipula, jika isinya terlalu penuh, kemampuan produk untuk mempertahankan dingin akan menurun. 


Cooler box dengan kualitas insulator yang baik dan berukuran besar tentu harganya akan lebih mahal. Untuk itu, jika barang bawaan Anda banyak, Anda dapat membeli dua cooler box ukuran kecil. Dua cooler box ukuran kecil akan lebih terjangkau daripada membeli satu cooler box ukuran besar. Jika bujet Anda terbatas, tetapi barang bawaan ada banyak, trik ini mungkin bisa membantu Anda.

Ketahui fitur-fitur yang ada pada cooler box

Ketahui fitur-fitur yang ada pada cooler box

Agar cooler box makin fungsional dan nyaman digunakan, sebaiknya Anda memeriksa fitur-fitur tambahan yang dimiliki cooler box. Simak penjelasan singkatnya berikut ini.


  • Handel

Secara umum, ada tiga tipe handel pada cooler box. Pertama, handel dengan gagang kecil berbentuk U. Kedua, tipe bail handle atau handel ayun yang menyambung dari sisi kiri dan kanan seperti pegangan ember. Ketiga, handel yang terletak di samping kanan dan kiri boks. 


  • Roda

Produk yang dilengkapi roda dan handel extended akan memudahkan Anda menarik cooler box. Tak heran, cooler box dengan desain layaknya koper ini cukup populer. Adanya roda juga akan memudahkan Anda saat memindahkan cooler box yang berat.


  • Lubang pembuangan

Anda akan mudah membuang air es yang mencair jika terdapat lubang pembuangan. Umumnya lubang pembuangan ini terletak di dasar atau sisi bawah cooler box. Proses pembersihan cooler box juga akan lebih mudah dengan adanya fitur ini.


  • Cup holder

Sebagian cooler box yang ditujukan untuk penggunaan rekreasi memiliki fitur tambahan berupa cup holder. Biasanya, cup holder ini terletak di penutup cooler box. Ada yang terletak di atas, ada juga yang terletak di balik penutup. Pastikan Anda mengeceknya terlebih dahulu bila menginginkan fitur ini.

10 Rekomendasi cooler box terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cooler box terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Tipe Cool box
InsulatorTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Kapasitas45 liter
Dimensi55 cm x 29 cm x 29 cm
Berat12 kg
Fitur lainnyaHandel, roda, lubang pembuangan
9

RubbermaidCooler Marine 141 Ltr

Mulai dari Rp 4.490.000,00

Tipe Cool box
InsulatorTidak diketahui
Daya tahan7 hari
Kapasitas141 liter
DimensiTidak diketahui
Berat18 kg
Fitur lainnyaHandel, lubang pembuangan
8

MobicoolTas Pendingin Mobil 32 Ltr

MB32

Mulai dari Rp 1.250.000,00

Tipe Cool bag
InsulatorTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Kapasitas32 liter
DimensiAbu-abu: 43 cm x 23 cm x 40 cm ・Merah: 39 cm x 19 cm x 45 cm
Berat2,3 kg
Fitur lainnyaHandel, kompartemen tambahan
7

Harmony Pilar SentosaTanaga Cooler Box 60 Liter

TNG 60

Mulai dari Rp 540.000,00

Tipe Cool box
InsulatorPolyurethane
Daya tahanTidak diketahui
Kapasitas60 liter
Dimensi56,5 cm x 40 cm x 40 cm
Berat7 kg
Fitur lainnyaHandel, lubang pembuangan
6
Tipe Cool box
InsulatorTidak diketahui
Daya tahan5 hari
Kapasitas47 liter
Dimensi38 cm x 38 cm x 48 cm
BeratTidak diketahui
Fitur lainnyaHandel retractable, roda, cup holder, lubang pembuangan, penutup terpisah
5
Tipe Cool bag
InsulatorTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Kapasitas8 liter
Dimensi25 cm x 20 cm x 12 cm
Berat0,43 kg
Fitur lainnyaHandel, kompartemen tambahan
4
Tipe Cool bag
InsulatorPolyurethane
Daya tahan8–12 jam
Kapasitas20 liter
Dimensi38 cm x 28 cm x 24 cm
Berat0,8 kg
Fitur lainnyaHandel
3
Tipe Cool box
InsulatorUltratherm
Daya tahan7 hari
Kapasitas8,3 liter
Dimensi33 cm x 22,5 cm x 24 cm
BeratTidak diketahui
Fitur lainnyaCup holder
2
Tipe Cool box
InsulatorPolyurethane
Daya tahanTidak diketahui
Kapasitas16 liter
Dimensi37 cm x 25 cm x 34,5 cm
Berat2,7 kg
Fitur lainnyaHandel
1
Tipe Cool box
InsulatorPolyurethane
Daya tahanTidak diketahui
Kapasitas6 liter
Dimensi25 cm x 20 cm x 20 cm
BeratTidak diketahui
Fitur lainnyaHandel, cup holder

Tabel perbandingan produk cooler box terbaik

Gambar produk
1
Claris i-cool Cooler Box 1

Claris

2
LION STAR I-17 Marina Cooler Box 18 S 1

LION STAR

3
IGLOO Essential 8.3L 1

IGLOO

4
Naturehike   Cooler Bag 1

Naturehike

5
Soleil Tas Pendingin 8 Ltr 1

Soleil

6
Rubbermaid Cooler Box 47 Liter 1

Rubbermaid

7
Harmony Pilar Sentosa Tanaga Cooler Box 60 Liter 1

Harmony Pilar Sentosa

8
Mobicool Tas Pendingin Mobil 32 Ltr 1

Mobicool

9
Rubbermaid Cooler Marine 141 Ltr  1

Rubbermaid

10
GIANT Cooler Box Giant 1

GIANT

Nama produk

i-cool Cooler Box

I-17 Marina Cooler Box 18 S

Essential 8.3L

Cooler Bag

Tas Pendingin 8 Ltr

Cooler Box 47 Liter

Tanaga Cooler Box 60 Liter

Tas Pendingin Mobil 32 Ltr

Cooler Marine 141 Ltr

Cooler Box Giant

Keunggulan

Cooler box mini, jaga minuman tetap fresh untuk kegiatan outdoor singkat

Dilengkapi sumbat yang mudah dibuka tutup untuk memudahkan menguras air

Meski kapasitasnya mini, kemampuannya menahan suhu jempolan!

Praktis dibawa piknik, pas untuk membawa makanan dan minuman

Ringkas dan mudah dibawa, bisa difungsikan sebagai cooler bag saat berbelanja

Material antibau untuk mempertahankan kesegaran makanan

Cooler box jumbo dengan engsel kokoh yang mudah dibuka tutup

Tetap bisa menikmati minuman dingin saat road trip dengan cooler box mobil

Pas untuk memancing, ukurannya besar dan bisa menahan suhu hingga tujuh hari

Kapasitas besar untuk menampung kebutuhan seluruh anggota keluarga!

Harga mulai dariRp 119.500,00Rp 287.500,00Rp 579.000,00Rp 581.680,00Rp 178.000,00Rp 1.699.000,00Rp 540.000,00Rp 1.250.000,00Rp 4.490.000,00Rp 1.560.000,00
Tipe Cool boxCool boxCool boxCool bagCool bagCool boxCool boxCool bagCool boxCool box
InsulatorPolyurethanePolyurethaneUltrathermPolyurethaneTidak diketahuiTidak diketahuiPolyurethane Tidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahuiTidak diketahui7 hari8–12 jamTidak diketahui5 hariTidak diketahuiTidak diketahui7 hariTidak diketahui
Kapasitas6 liter16 liter8,3 liter20 liter8 liter47 liter60 liter32 liter141 liter45 liter
Dimensi25 cm x 20 cm x 20 cm37 cm x 25 cm x 34,5 cm33 cm x 22,5 cm x 24 cm38 cm x 28 cm x 24 cm25 cm x 20 cm x 12 cm38 cm x 38 cm x 48 cm56,5 cm x 40 cm x 40 cmAbu-abu: 43 cm x 23 cm x 40 cm ・Merah: 39 cm x 19 cm x 45 cmTidak diketahui55 cm x 29 cm x 29 cm
BeratTidak diketahui2,7 kgTidak diketahui0,8 kg0,43 kgTidak diketahui7 kg2,3 kg18 kg12 kg
Fitur lainnyaHandel, cup holderHandelCup holderHandelHandel, kompartemen tambahanHandel retractable, roda, cup holder, lubang pembuangan, penutup terpisahHandel, lubang pembuanganHandel, kompartemen tambahanHandel, lubang pembuanganHandel, roda, lubang pembuangan
Tautan produk

Tips agar cooler box lebih efektif menyimpan dingin

Tips agar cooler box lebih efektif menyimpan dingin
Cooler box bisa Anda andalkan untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman. Terlebih saat Anda sedang piknik di tengah cuaca yang terik, benda ini bisa menjadi penyelamat. Dengan cooler box, minuman akan tetap dingin dan makanan pun tidak cepat basi. Untuk memaksimalkan penggunaan cooler box, berikut ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan. 

  • Tambahkan ice pack. Setelah memilih cooler box dengan kemampuan menahan dingin yang baik, tambahkan ice pack, lalu dinginkan beberapa saat sebelum digunakan. Anda juga bisa menambahkan makanan beku dan memfungsikannya layaknya ice pack.

  • Letakkan ice pack atau makanan beku pada dasar cooler box. Pasalnya, udara dingin akan berkumpul pada bagian bawah. Dengan menaruhnya di dasar cooler box, suhu dingin akan lebih terjaga.

  • Usahakan menyusun bahan-bahan makanan dengan posisi agar tidak ada celah di dalam cooler box. Namun, jika masih terdapat celah, Anda bisa mengisi celah tersebut dengan lembaran aluminium. Dengan demikian, suhu dingin di dalam cooler box akan tetap terjaga.

  • Jangan terlalu sering membuka dan menutup cooler box karena dapat mengurangi efek dingin di dalamnya. Udara panas juga akan merangsek masuk jika Anda sering membuka tutup cooler box.


  • Letakkan cooler box di tempat teduh. Dengan begitu, suhu cooler box bisa tetap optimal. Jika Anda tidak menemukan tempat teduh, gunakan lembaran aluminium yang memiliki efek penangkal cahaya untuk melapisi cooler box.

Baca juga rekomendasi perlengkapan piknik lainnya di sini

Selain cooler box, ada perlengkapan lainnya yang wajib Anda bawa agar momen piknik menjadi lebih menyenangkan. Silakan simak ulasan mengenai perlengkapan piknik, mulai dari rantang untuk piknik, water jug, hingga lunch box. Jika tertarik, klik tautan di bawah ini dan temukan produk yang pas untuk Anda!

Kesimpulan

Cooler box tentu akan sangat praktis untuk menemani kegiatan outdoor, seperti piknik ataupun camping. Kali ini, kami telah memperkenalkan produk cooler box terbaik berdasarkan fitur dan berbagai macam keunggulan lainnya. 

Apakah Anda telah menemukan cooler box yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Untuk memudahkan Anda memilih, silakan mengacu pada poin-poin tips memilih di atas, ya. Selamat menikmati kegiatan outdoor dengan makanan dan minuman yang tetap dingin dan segar!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Teleskop Bintang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teleskop Bintang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom ataupun orang awam. Sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop atau teropong bintang agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Celestron, Xiaomi, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda. Kali ini kami akan mengulas cara memilih teleskop bintang yang bagus untuk pemula dan profesional. Bacalah dengan saksama dan temukan rekomendasi teleskop bintang terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Antidebu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masker antidebu biasa digunakan dalam kondisi gempa, bencana alam, atau untuk menghalau polusi udara. Selain itu, para pekerja bangunan atau orang yang bekerja di laboratorium juga banyak yang menggunakan masker untuk bekerja.Masker antidebu yang sesuai tidak hanya mencegah masuknya debu, tetapi juga menjaga agar Anda tidak tertular virus. Dengan demikian, Anda dapat lebih menjaga kesehatan. Kami akan mengulas tentang masker antidebu yang bagus dari merek 3M, Krisbow, dan Sensi di bawah ini. Pastikan Anda membaca cara memilihnya terlebih dahulu, ya. Selamat menyimak!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori