• 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang ada di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Di artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas cooler box terbaik dari berbagai merek, seperti Rubbermaid, LION STAR, Coleman, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, mari baca artikel ini sekarang juga!
  • Pembaharuan terakhir: 19 Januari 2021
  • 26.311 Views
Daftar isi

Cara memilih cooler box

Pemilihan cooler box bisa berbeda tergantung pada selera dan kebutuhan penggunanya. Silakan cek poin-poin cara memilih di bawah ini untuk mengetahuinya lebih detail!

Pilihlah tipe cooler box sesuai kebutuhan dan tujuan pemakaian

Secara garis beras, cooler box dibagi menjadi dua macam, yaitu hard type dan soft type. Perhatikan fitur dari setiap tipe berikut ini dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hard type, memuat banyak makanan dan minuman sehingga cocok untuk kegiatan outdoor

Hard type, memuat banyak makanan dan minuman sehingga cocok untuk kegiatan outdoor
Jika berbicara tentang cooler box, tipe yang paling populer dan ketahanannya bagus adalah jenis hard type. Cooler box ini memiliki material kedap udara dan insulator dingin yang optimal. Dengan demikian, suhu dan kesegaran makanan serta minuman Anda akan terjaga dengan lebih lama. 


Cooler box jenis ini biasanya memiliki durabilitas tinggi dan sangat ideal untuk berbagai aktivitas outdoor. Anda bahkan dapat memfungsikannya sebagai meja atau kursi saat berkemah atau memancing. Namun, cooler box hard type cenderung berat dan makan banyak tempat. Oleh karena itu, pertimbangkanlah ruang penyimpanan dan transportasi yang hendak Anda gunakan. 

Soft type, mudah dibawa-bawa dan cocok dijadikan cooler bag saat berbelanja

Soft type, mudah dibawa-bawa dan cocok dijadikan cooler bag saat berbelanja
Jika Anda ingin cooler box yang ringan dan mudah dibawa-bawa, silakan pilih tipe ini. Karena ringan dan mudah dijinjing, cooler box ini cocok untuk piknik atau keperluan sehari-hari. Siapa pun, termasuk para manula, tidak akan kesulitan untuk membawanya!

Selain itu, cooler box tipe ini rata-rata bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanan. Selain tidak memerlukan banyak ruang, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tas darurat untuk penyimpanan makanan jika terjadi bencana. Perlu diingat, karena kemampuan menahan dinginnya yang rendah, tipe ini hanya cocok untuk penggunaan jangka pendek. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengganti cooler bag untuk menyimpan makanan beku saat berbelanja. 

Pilih berdasarkan kemampuan bahan insulator untuk mempertahankan suhu

Pilih berdasarkan kemampuan bahan insulator untuk mempertahankan suhu
Cooler box memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mempertahankan suhu. Hal tersebut sangat bergantung pada jenis insulator yang digunakan. Berikut ini, kami akan menjabarkan beberapa bahan insulator pada cooler box. 

Pertama, insulator dari styrofoam. Bahan ini memiliki karakter yang ringan dan cukup terjangkau. Tipe ini cocok untuk keperluan rumahan dan outing kecil-kecilan karena kemampuan menahan dinginnya rendah. Terlebih jika Anda jarang menggunakan cooler box, insulator berbahan styrofoam sudah cukup ideal.


Kedua, insulator dari urethane foam. Urethane foam mampu menyimpan dingin dengan lebih baik daripada tipe sebelumnya. Cooler box ini mampu mempertahankan dingin dengan durasi satu malam sehingga cocok Anda bawa kamping. Sebaiknya, pilih produk dengan tutup yang sangat kedap udara atau bahan dengan ketebalan 3 cm ke atas.


Ketiga, produk dengan insulator kelas atas, yaitu vacuum insulation panel. Meski tampak ramping, material ini memiliki kemampuan menjaga suhu paling baik. Anda bahkan bisa mengurangi jumlah ice pack yang biasa digunakan untuk mendinginkan cooler box. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan memancing di bawah terik matahari atau berkemah selama berhari-hari. Meski harganya cukup tinggi, tipe ini layak dibeli, terutama oleh Anda yang sering melakukan kegiatan outdoor.

Perhatikan kemampuan cooler box mempertahankan suhu

Perhatikan kemampuan cooler box mempertahankan suhu

Kualitas insulator pada sebuah cooler box bisa dilihat dari berapa hari cooler box tersebut mampu mempertahankan suhu dingin. Jumlah hari tersebut adalah perkiraan waktu yang diperlukan hingga es di dalam cooler box mencair pada suhu 20°C. Makin lama kemampuan cooler box mempertahankan suhu dingin, biasanya makin tinggi pula harganya.


Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa angka ini hanya perkiraan secara umum. Biasanya, cooler box hanya memiliki kemampuan sekitar 50%–60% dari jumlah hari yang tertulis pada keterangan produk. Jika daya penyimpanan dingin yang tercantum adalah lima hari, bisa jadi cooler box hanya mampu bertahan sekitar tiga hari. Jadi, sesuaikanlah kemampuan cooler box dalam mempertahankan suhu dengan tipe kegiatan Anda.

Pilih kapasitas yang sesuai dengan penggunaan dan jumlah orang

Pilih kapasitas yang sesuai dengan penggunaan dan jumlah orang

Perbekalan yang dibutuhkan satu orang dewasa adalah sekitar 4 liter untuk perjalanan sehari dan 15 liter untuk sehari semalam. Sementara untuk anak-anak, kapasitasnya kira-kira sekitar setengah dari orang dewasa. Namun, sesuaikan juga kapasitas perbekalan dengan kebutuhan dan jumlah orang dalam trip Anda, ya. 


Jika Anda ingin menggunakan cooler box sebagai tas pendingin saat berbelanja, produk dengan kapasitas 15 liter sudah sangat ideal. Biasanya, cooler box yang cocok dijadikan tas pendingin saat belanja adalah yang soft type. Sebaiknya, jangan membawa cooler box yang terlalu besar. Cooler box yang terlalu besar dan penuh barang justru akan berat dan sulit dijinjing. Lagipula, jika isinya terlalu penuh, kemampuan produk untuk mempertahankan dingin akan menurun. 


Cooler box dengan kualitas insulator yang baik dan ukuran yang besar tentu harganya akan lebih mahal. Untuk itu, kami punya tips untuk Anda! Jika barang bawaan Anda ada banyak, Anda dapat membeli dua cooler box ukuran kecil. Dua cooler box ukuran kecil akan lebih terjangkau daripada membeli satu cooler box ukuran besar. Jika bujet Anda terbatas, tetapi barang bawaan ada banyak, trik ini mungkin bisa membantu Anda.

Temukan cooler box yang dilengkapi handel dan roda agar mudah dibawa-bawa

Temukan cooler box yang dilengkapi handel dan roda agar mudah dibawa-bawa

Praktis dan mudah dibawa-bawa tentu menjadi poin penting dalam memilih cooler box. Untuk itu, pastikan Anda memilih produk yang dilengkapi handel dan roda, ya. Secara umum, ada tiga tipe handel pada cooler box. Pertama, handel dengan gagang kecil berbentuk U. Kedua, tipe bail handle atau handel ayun yang menyambung dari sisi kiri dan kanan seperti pegangan ember. Ketiga, handel yang terletak di samping kanan dan kiri boks. 


Produk dengan handel ayun lebih praktis untuk dijinjing atau dibawa-bawa, baik dengan satu tangan maupun dua tangan. Pada beberapa produk, handel semacam ini bisa dibawa oleh dua orang. Jika Anda kamping bersama rombongan dengan cooler box besar, produk dengan handel yang nyaman penting untuk Anda pertimbangkan. Cooler box besar dengan fitur handel samping dapat diangkat dengan lebih nyaman, lho. Selain dapat diangkat oleh dua orang dengan lebih mudah, tipe handel ini tidak membuat punggung Anda sakit.

Selain handel, perhatikan juga produk dengan fitur roda. Produk yang dilengkapi roda dan handel extended akan memudahkan Anda menarik cooler box. Tak heran, cooler box dengan desain layaknya koper ini cukup populer. Namun, fitur roda dan handel tersebut kurang cocok untuk medan yang terjal. Jadi, sesuaikan juga model cooler box dengan lokasi trip Anda!

10 Rekomendasi cooler box terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan cooler box yang direkomedasikan berdasarkan pertimbangan harga dan keunggulannya. Cek ulasannya dengan saksama dan pilihlah yang paling pas untuk Anda!
10

EskyMini Foam Cooler Box

Mulai dari Rp 33.000,00

Tipe Hard type
InsulatorStyrofoam
Daya tahan-
Kapasitas-
Dimensi32cm x 23 cm x 30.5 cm
Handel×
Roda×
Berat0,6 kg
9
Tipe Soft type
Insulator-
Daya tahan-
Kapasitas8 liter
Dimensi-
Handel
Roda×
Berat0,43 kg
8
Tipe Hard type
InsulatorEPS foam dan PU foam (polyurethane)
Daya tahan12 jam
Kapasitas13 liter
Dimensi37,5 cm x 21,5 cm x 37 cm
Handel
Roda×
Berat1,8 kg
7
Tipe Hard type
Insulator-
Daya tahan-
Kapasitas16 liter
Dimensi37 cm x 25 cm x 34,5 cm
Handel
Roda×
Berat2,7 kg
6

RubbermaidVictory Cooler Modern Box

Mulai dari Rp 628.300,00

Tipe Hard type
Insulator-
Daya tahan-
Kapasitas9,5 liter
Dimensi34 cm x 23cm x 27 cm
Handel
Roda×
Berat4,2 kg
5

Coleman45 Quart Performance Wheeled Cooler

3000002456

Mulai dari Rp 826.500,00

Tipe Hard type
Insulator-
Daya tahan3 hari
Kapasitas43 liter
Dimensi43 cm x 42 cm x 44 cm
Handel
Roda
Berat15 kg
4
Tipe Hard type
Insulator-
Daya tahan-
Kapasitas45 liter
Dimensi55 cm x 29 cm x 29 cm
Handel
Roda
Berat12 kg
3

Harmony Pilar SentosaCooler Box Tanaga 60 Liter

TNG 60

Mulai dari Rp 500.000,00

Tipe Hard type
InsulatorPolyurethane
Daya tahan-
Kapasitas60 liter
Dimensi56,5 cm x 40 cm x 40 cm
Handel×
Roda×
Berat7 kg
2

MobicoolTas Pendingin Mobil 32 Ltr

Mulai dari Rp 1.024.000,00

Tipe Soft type
Insulator-
Daya tahan-
Kapasitas32 liter
DimensiAbu-abu: 43 cm x 23 cm x 40 cm, merah: 39 cm x 19 cm x 45 cm
Handel
Roda×
Berat2,3 kg
1

RubbermaidCooler Marine 141 Ltr

Mulai dari Rp 4.100.000,00

Tipe Hard type
Insulator-
Daya tahan7 hari
Kapasitas141 liter
Dimensi-
Handel
Roda×
Berat18 kg

Tabel perbandingan produk cooler box terbaik

Gambar produk
1
Rubbermaid Cooler Marine 141 Ltr  1

Rubbermaid

2
Mobicool Tas Pendingin Mobil 32 Ltr 1

Mobicool

3
Harmony Pilar Sentosa Cooler Box Tanaga 60 Liter 3

Harmony Pilar Sentosa

4
GIANT Cooler Box Giant 1

GIANT

5
Coleman 45 Quart Performance Wheeled Cooler 1

Coleman

6
Rubbermaid Victory Cooler Modern Box 1

Rubbermaid

7
LION STAR I-17 Marina Cooler Box 18 S 1

LION STAR

8
Naturehike   Cooler Box 1

Naturehike

9
Soleil Tas Pendingin 8 Ltr 1

Soleil

10
Esky Mini Foam Cooler Box  1

Esky

Nama produk

Cooler Marine 141 Ltr

Tas Pendingin Mobil 32 Ltr

Cooler Box Tanaga 60 Liter

Cooler Box Giant

45 Quart Performance Wheeled Cooler

Victory Cooler Modern Box

I-17 Marina Cooler Box 18 S

Cooler Box

Tas Pendingin 8 Ltr

Mini Foam Cooler Box

Keunggulan

Mampu menjaga suhu dingin selama tujuh hari di cuaca ekstrem

Cooler box elektrik untuk menikmati minuman dingin saat road trip

Cooler Box jumbo dengan engsel kukuh yang mudah dibuka tutup

Kapasitas besar untuk menampung kebutuhan seluruh anggota keluarga!

Dilengkapi fitur Have-A-Seat™, duduk di atas cooler box pun tak jadi masalah!

Material antibau untuk mempertahankan kesegaran makanan

Dilengkapi sumbat yang mudah dibuka tutup untuk memudahkan menguras air

Tutup cooler box bisa dijadikan cup holder, praktis dibawa piknik

Bisa difungsikan sebagai cooler bag saat berbelanja

Harga terjangkau untuk berbagai kebutuhan

Harga mulai dariRp 4.100.000,00Rp 1.024.000,00Rp 500.000,00Rp 1.300.000,00Rp 826.500,00Rp 628.300,00Rp 260.000,00Rp 550.000,00Rp 219.900,00Rp 33.000,00
Tipe Hard typeSoft typeHard typeHard typeHard typeHard typeHard typeHard typeSoft typeHard type
Insulator--Polyurethane ----EPS foam dan PU foam (polyurethane) -Styrofoam
Daya tahan7 hari---3 hari--12 jam--
Kapasitas141 liter32 liter60 liter45 liter43 liter9,5 liter16 liter13 liter8 liter-
Dimensi-Abu-abu: 43 cm x 23 cm x 40 cm, merah: 39 cm x 19 cm x 45 cm56,5 cm x 40 cm x 40 cm55 cm x 29 cm x 29 cm43 cm x 42 cm x 44 cm34 cm x 23cm x 27 cm37 cm x 25 cm x 34,5 cm37,5 cm x 21,5 cm x 37 cm-32cm x 23 cm x 30.5 cm
Handel××
Roda××××××××
Berat18 kg2,3 kg7 kg12 kg15 kg4,2 kg2,7 kg1,8 kg0,43 kg0,6 kg
Tautan produk

Tips agar cooler box lebih efektif menyimpan dingin

Tips agar cooler box lebih efektif menyimpan dingin
Seperti halnya lemari pendingin sederhana, cooler box bisa Anda andalkan untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman. Terlebih saat Anda sedang piknik di tengah cuaca yang terik, benda ini bisa menjadi penyelamat. Dengan cooler box, minuman Anda akan tetap dingin dan makanan pun tidak cepat basi. Untuk memaksimalkan penggunaan cooler box, berikut ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan. 

Pertama, tambahkan ice pack. Setelah memilih cooler box dengan kemampuan menahan dingin yang baik, tambahkan ice pack, lalu dinginkan beberapa saat sebelum digunakan. Anda juga bisa menambahkan makanan beku dan memfungsikannya layaknya ice pack.


Udara dingin akan berkumpul pada bagian bawah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meletakkan ice pack atau makanan beku pada dasar cooler box. Penting juga untuk menyusun bahan-bahan makanan dengan posisi agar tidak ada celah di dalam cooler box. Namun, jika terdapat celah di dalam cooler box, Anda bisa mengisi celah tersebut dengan lembaran aluminium. Dengan demikian, suhu dingin di dalam cooler box pun akan tetap terjaga. Kemudian, jangan terlalu sering membuka dan menutup cooler box karena dapat mengurangi efek dingin di dalamnya.


Tips berikutnya agar suhu cooler box tetap optimal adalah dengan meletakkannya di tempat teduh. Jika Anda tidak menemukan tempat teduh, gunakan lembaran aluminium yang memiliki efek penangkal cahaya untuk melapisi cooler box.

Baca juga rekomendasi perlengkapan piknik lainnya di sini

Selain cooler box, ada perlengkapan lainnya yang wajib ada agar momen piknik Anda lebih menyenangkan. Silakan simak ulasan mengenai perlengkapan piknik, mulai dari keranjang piknik, bento box, hingga tenda berikut ini!

Kesimpulan

Cooler box tentu akan sangat praktis untuk menemani kegiatan outdoor, seperti piknik maupun kamping. Kali ini, kami telah memperkenalkan produk cooler box terbaik berdasarkan fitur dan berbagai macam keunggulan lainnya. 

Apakah Anda telah menemukan cooler box yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Untuk memudahkan Anda memilih produk, silakan mengacu pada poin-poin tips memilih di atas, ya. Selamat menikmati kegiatan outdoor dengan makanan dan minuman yang tetap dingin dan segar!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara melindungi mata dan area di sekitarnya saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Namun, banyak orang yang bingung dalam mencari kacamata yang paling efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti-UV agar Anda dapat menemukan produk yang ideal sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai brand yang sudah tidak asing lagi, seperti Ray-Ban, dan Oakley. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi kulit Anda dari radiasi UV penyebab bintik hitam!
    Perlengkapan outdoor
    54.348 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Baik mantel atau ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Jangan dilewatkan, ya!
    Perlengkapan outdoor
    122.334 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang banyak merk outdoor gear memproduksi carrier yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan Arei. Mereka juga memproduksi tas carrier wanita. Tidak hanya itu, harga tas carrier sangat bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal.Sesuaikanlah kapasitas carrier dengan lama perjalanan Anda. Untuk perjalanan 1–2 hari, gunakanlah tas carrier 35 liter hingga 50 liter. Tas carrier 60 liter dan 70 liter untuk perjalanan 3–5 hari. Sementara, carrier 80 liter ke atas untuk perjalanan yang lebih lama. Agar dapat memilih carrier yang tepat, bacalah artikel ini hingga akhir!
    Perlengkapan outdoor
    67.917 Views
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, Rubbermaid, Coleman, dan lainnya yang beredar di pasaran. Hal ini tentunya akan membuat Anda bingung dalam memilih, bukan?Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
    29.025 Views
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Walkie-talkie adalah alat komunikasi yang dapat menghubungkan dua penerima atau lebih dalam waktu bersamaan melalui gelombang radio. Alat ini sangat berguna sebagai pengganti ponsel. Pada sejumlah kegiatan ketika sinyal ponsel tidak bisa menjangkau medan, walkie-talkie menjadi penyelamat.Walkie-talkie biasanya dipakai untuk berkoordinasi bersama tim saat melakukan pengawasan kerja lapangan, touring, berkemah, dan lain sebagainya. Beberapa merk ternama seperti Motorola dan Xiaomi juga membuat produk walkie-talkie terbaik versi mereka. Jika Anda penasaran mengenai tips memilih produk walkie-talkie yang bagus, silakan simak artikel berikut!
    Perlengkapan outdoor
    14.269 Views
  • 10 Rekomendasi Kompas Penunjuk Arah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompas Penunjuk Arah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat Anda sedang hiking atau pergi ke daerah yang belum banyak terjamah oleh manusia, terkadang Anda membutuhkan kompas. Anda bisa mengetahui arah mata angin dan membaca peta dengan baik menggunakan kompas. Ada juga orang yang memanfaatkan kompas untuk mencari tahu feng shui atau menentukan arah kiblat.Akan tetapi, banyaknya pilihan kompas sering kali membuat kita bingung dalam memilihnya. Apalagi dengan banyaknya merek yang populer, seperti Eiger, Silva, dan Suunto. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih kompas dan merekomendasikan sepuluh kompas terbaik untuk Anda. Simak dengan baik, ya!
    Perlengkapan outdoor
    14.008 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori