10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Baby play gym merupakan seperangkat mainan bayi dengan berbagai mainan tergantung pada tiang penyangganya. Terdapat banyak rupa mainan pada baby play gym, mulai dari yang dapat bergerak-gerak bahkan yang mengeluarkan musik atau bunyi menarik. Selain menghibur, bayi pun jadi terangsang untuk bergerak secara aktif.

Berbagai produsen, seperti IKEA dan sebagainya mengeluarkan berbagai baby play gym dengan desain menarik. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih baby play gym, serta memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk bayi Anda. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan karakter bayi Anda karena semua produk punya nilai plus tersendiri.

Daftar isi

Cara memilih baby play gym

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin penting saat hendak memilih baby play gym. Pastikan Anda memahami poin-poin berikut agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai untuk si kecil.

Pilih jenis bahan yang sesuai dengan karakteristik yang diinginkan

Terdapat 3 jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat baby play gym, yaitu kain, plastik, dan kayu. Karena setiap bahan memiliki karakteristiknya masing-masing, sebaiknya Anda pahami semuanya terlebih dahulu sebelum membeli.

Bahan kain yang mudah disimpan dengan rapi

Bahan kain yang mudah disimpan dengan rapi

Baby play gym yang terbuat dari kain memiliki karakteristik yang bisa dilipat sehingga dapat disimpan dengan mudah dan rapi setelah digunakan. Kebanyakan produknya dijual 1 set dengan matras sehingga meskipun usia bayi sudah terlalu besar untuk bermain dengan baby play gym, bayi Anda masih bisa menggunakan matrasnya sebagai alas bermain. Selain itu, karena dapat dicuci dengan air, mainan yang terdapat pada baby play gym ini juga dapat dibersihkan dengan mudah ketika sudah kotor.

Bahan plastik yang kuat dan ringan

Bahan plastik yang kuat dan ringan

Baby play gym dengan bahan yang terbuat dari plastik sangat mudah dibawa ke mana-mana. Hal tersebut karena kebanyakan produk berbahan plastik merupakan tipe rakitan yang mudah dibongkar-pasang. Anda bahkan tidak perlu khawatir baby play gym akan roboh saat bayi Anda mulai menarik-narik mainannya.

Ada pula baby play gym berbahan plastik yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan umur bayi. Hasilnya, produk pun dapat digunakan mulai sejak bayi baru lahir hingga bayi sudah cukup umur untuk dapat duduk atau mulai belajar berjalan.

Bahan kayu yang modis tampilannya

Bahan kayu yang modis tampilannya

Jika Anda mencari baby play gym dengan desain yang simpel, bagaimana kalau Anda mencoba baby play gym yang terbuat dari bahan kayu? Bahan seperti ini membuatnya sangat mudah untuk dibongkar-pasang, penggunaannya pun termasuk mudah. Jadi, Anda juga dapat mengembangkan kreativitas alami bayi Anda melalui baby play gym ini.

Semakin sering digunakan, kenyamanan tekstur kayunya akan semakin terasa. Bahan kayunya juga membuat baby play gym ini akan awet hingga dapat digunakan oleh generasi berikutnya. Bahan ini juga direkomendasikan bagi Anda yang menyukai desain dengan kesan natural. Namun, baby play gym berbahan ini lebih jarang ditemui dibandingkan dengan produk berbahan kain atau plastik. 

Periksa juga kualitas matrasnya

Periksa juga kualitas matrasnya

Jika Anda ingin membeli baby play gym yang dilengkapi dengan matras, pastikan Anda memeriksa kualitas matrasnya sehingga bayi Anda dapat bermain dengan nyaman sambil berbaring. Karena matras sangat mudah kotor oleh berbagai hal, sangat disarankan untuk mencuci matras secara rutin agar matras tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, sebelum itu, pastikan matrasnya cukup tebal, kuat, dan dapat dicuci dengan mudah.

Selain itu, jika Anda membeli baby play gym tanpa matras sehingga harus membeli matrasnya secara terpisah, pastikan matras tersebut berpermukaan cukup rata untuk meletakkan baby play gym. Permukaan yang tidak rata akan membuat baby play gym berdiri dengan tidak stabil. Hal ini tentu lebih berpotensi membahayakan si kecil.

Pilih produk yang menarik bagi bayi Anda

Baby play gym memiliki berbagai warna dan bentuk yang disukai oleh bayi. Karena semuanya terlihat menarik, pilihlah salah satu yang sekiranya paling membuat bayi Anda tertarik.

Warna yang colorful untuk menstimulasi indera penglihatan bayi

Warna yang colorful untuk menstimulasi indera penglihatan bayi

Bayi yang baru lahir belum memiliki penglihatan yang sempurna. Mereka hanya mampu mendeteksi warna-warna monokrom secara kontras, seperti warna putih, hitam, dan abu-abu. Setelah itu, bayi mulai dapat mengenali warna merah, kemudian barulah mereka akan dapat mengenali berbagai warna lainnya. Karena itu, kami menyarankan agar Anda memilih baby play gym dengan banyak variasi warna agar dapat menstimulasi indera penglihatan bayi.

Mari ketahui karakter favorit bayi Anda!

Mari ketahui karakter favorit bayi Anda

Baby play gym memiliki berbagai varian mainan bergambar karakter kartun yang lucu dan mungkin saja membuat Anda kebingungan memilihnya. Tentu saja tidak masalah untuk memilih berdasarkan preferensi Anda sendiri. Alternatif lainnya, Anda dapat menunjukkan beberapa karakter kartun pada bayi Anda untuk mengetahui mana karakter yang paling bayi Anda sukai.

Pilihlah yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama serta dilengkapi dengan mainan

Pilihlah yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama serta dilengkapi dengan mainan

Baby play gym biasanya digunakan terutama saat bayi belum bisa duduk, tetapi ada beberapa tipe yang dapat digunakan bahkan saat bayi sudah bisa duduk dan merangkak. Anda bisa melepas lengkungan pada baby play gym tipe ini agar dapat digunakan hanya sebagai matras bermain serta memasangkan mainan gantungnya pada stroller.

Agar dapat digunakan untuk waktu yang lama, disarankan untuk memilih produk dengan beberapa fungsi dan mainan. Bila anak sudah terlalu besar untuk baby play gym, Anda dapat memanfaatkan ulang mainannya sebagai penghias ranjang anak atau tetap menggunakannya sebagai tambahan mainan anak.

10 Rekomendasi baby play gym terbaik

Sekarang saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi baby play gym terbaik yang telah kami rangkumkan untuk Anda. Silakan mengacu pada cara memilih di atas dan temukanlah produk favorit untuk bayi Anda!

10. Baby Soft Play Mat Bear Folding Gym Blanket with Frame

10. Baby Soft Play Mat Bear Folding Gym Blanket with Frame

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 600.999

Kenyamanan bayi tetap terjaga tanpa perlu sering digendong

Untuk Anda yang kerap merasa lelah jika terlalu lama menggendong bayi Anda, produk ini dapat menjadi solusinya. Dengan produk berbahan kain serta pinggiran yang lebih tinggi, bayi Anda tentu akan merasa aman dan nyaman di dalam baby play gym yang sudah 1 set dengan matras ini. Apalagi, mainan gantungnya pun serba empuk dan imut.

Bahannya yang lembut juga menjaga kulit bayi Anda agar terhindar dari iritasi dan membuatnya betah berlama-lama tiduran di atas baby play gym ini. Selain itu, produk yang memiliki varian warna merah muda dan biru muda yang cantik ini juga bisa digunakan bagi bayi Anda yang berusia 0-12 bulan. Bayi riang, ibu pun senang!

9. IKEA Leka Baby Gym

9. IKEA Leka Baby Gym

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 429.900

Bahan kayu yang klasik dengan kesan natural

Menggunakan produk berbahan kayu memang kerap memberi nuansa alami pada ruangan, begitu juga dengan baby play gym yang satu ini. Selain untuk melatih koordinasi tangan dan mata bayi Anda, produk ini juga dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan natural pada ruangan atau rumah Anda.

Desain dan warnanya yang simpel serta tidak terlalu mencolok juga terasa pas dipadupadankan dengan interior ruangan yang berdesain minimalis. Sepasang kakinya yang dapat berdiri stabil pun memudahkan Anda mencari matras yang tepat untuk produk ini. Dilengkapi 3 mainan gantung, produk ini ideal untuk bayi usia 0-18 bulan.

8. Good Friend Baby’s Ocean Gym

8. Good Friend Baby's Ocean Gym

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 269.000

Unik, bisa dijadikan sebagai terowongan untuk bermain

Apakah Anda menginginkan produk dengan fungsi ganda? Jika iya, produk berikut tentunya layak Anda pilih. Matrasnya dapat Anda bentangkan untuk tempat tiduran sambil bermain mainan gantung bagi bayi Anda yang belum bisa merangkak. Bila sudah bisa merangkak, Anda dapat mengubah posisi matrasnya menjadi bentuk terowongan.

Matras berdimensi 104 x 42 cm ini juga terbuat dari bahan kain yang halus sehingga akan membuat bayi Anda betah berlama-lama bermain dengan produk ini. Tidak hanya itu saja, produk yang bisa digunakan oleh bayi berusia 3-12 bulan ini juga memiliki desain berupa gambar alam bawah laut dengan dipenuhi binatang laut yang menggemaskan.

7. BB Activity Rattle Playgym 209 AB

7. BB Activity Rattle Playgym 209 AB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 84.000

Harga ekonomis dengan kualitas yang sudah terjamin!

Membelikan mainan berkualitas untuk bayi Anda tidak harus memilih produk yang mahal, seperti produk berikut ini. Dengan harga yang tidak mencapai 6 digit rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang sebuah mainan yang bisa meningkatkan dan melatih gerak motorik bayi Anda yang berusia di atas 12 bulan. Cukup ekonomis, bukan?

Selain itu, produk berbahan plastik ini juga sudah memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga Anda dapat lebih yakin akan jaminan kualitas serta keamanannya. Dijual tanpa matras, Anda juga tidak perlu memikirkan tempat penyimpanannya karena produk ini dapat dengan mudah dilepas-pasang ketika sudah selesai digunakan.

6. Baby Soft Play Mat Gym Tiger Pattern

6. Baby Soft Play Mat Gym Tiger Pattern

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 296.022

Bahan kain empuk yang menjaga bayi dari keras dan dinginnya lantai

Bayi yang baru lahir atau yang belum bisa merangkak biasanya lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur yang empuk. Baby play gym dengan matras lucu berikut ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuat bayi Anda nyaman saat berbaring. Selain itu, si kecil pun dapat sekaligus memainkan boneka gantung yang empuk.

Bagian kepala dari matras bergambar macan ini dirancang lebih menonjol sehingga dapat Anda jadikan bantal untuk kepala bayi Anda. Produk ini juga aman untuk bayi Anda meski diletakkan di lantai karena bahan kainnya memiliki ketebalan 4 cm, tentunya akan mampu melindungi bayi Anda yang berusia 0-12 bulan dari keras dan dinginnya permukaan lantai.

5. Good Friend Baby’s Forest Play Gym

5. Good Friend Rain Forest Play Gym

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 315.000

Nuansa hutan yang memberi kesan asri dan tenang

Bagi Anda yang ingin memperkenalkan pemandangan alam ala hutan pada bayi Anda, produk berbahan kain berikut tentunya dapat menjadi pilihan yang tepat. Gambar sungai, matahari, monyet, kupu-kupu, burung, dan lain-lain siap menghiasi matras tempat bayi Anda berbaring santai sembari memandang boneka jerapah dan pohon pisang.

Selain itu, mainan gantungnya yang mengeluarkan bunyi lucu juga semakin membuat produk ini mencolok dan tentu saja pasti menarik perhatian si kecil. Anda pun tidak perlu khawatir bila bayi Anda yang berusia 3-12 bulan menumpahkan makanan atau minuman karena matras berdimensi 80 x 40 x 13 cm ini dapat dicuci dengan mudah.

4. Kick & Play Piano Gym

4. Kick & Play Piano Gym

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 475.000

Kemudahan mengontrol musik dari jarak jauh dengan remote

Sesuatu yang dapat dikontrol dengan menggunakan remote memang terasa lebih praktis, begitu pula dengan produk berikut ini. Dilengkapi remote, produk berbahan kain ini tentunya cocok bagi Anda yang terbiasa multitasking dan tak ingin repot bolak-balik berjongkok untuk sekadar menekan tombol musik baby play gym ini secara langsung.

Semua mainan gantung pada produk ini juga terbuat dari bahan kain berisikan busa yang empuk sehingga aman dimainkan oleh bayi Anda yang berusia di atas 3 bulan. Tiang melengkungnya juga dapat Anda lepas sehingga bisa dijadikan sebagai matras saja bagi bayi Anda yang sudah terlalu besar untuk menggunakan keseluruhan baby play gym set-nya.

3. Baby Colorful Deluxe Play Gym

3. Baby Colorful Deluxe Play Gym

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 287.850

Belajar berdiri dengan ditemani berbagai hiasan mainan yang menarik

Produk berbahan plastik berikut bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan baby play gym dengan fungsi lain daripada yang lain. Selain sebagai sarana untuk menstimulasi koordinasi indera penglihatan bayi Anda, produk ini juga bisa digunakan saat bayi Anda belajar berdiri nantinya, dengan cara berpegangan pada produk ini.

Produk tanpa matras ini memiliki 2 gantungan berbentuk beruang, hiasan berbentuk planet yang dapat berputar pada orbitnya, serta berbagai hiasan mainan lainnya dengan warna-warna yang akan menarik perhatian bayi Anda. Selain itu, produk yang bisa mengeluarkan alunan musik ini pun cocok digunakan oleh bayi yang berusia di bawah 3 tahun.

2. Baby Musical Play Gym

Dilengkapi tuts piano dengan musik agar acara bermain lebih menyenangkan

Produk berikut dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menjaga bayi Anda agar tidak cepat bosan ketika bermain. Bila kaki bayi Anda menendang atau menekan pianonya, maka akan terdengar suara musik yang bisa menghibur dan membuat bayi Anda lebih bergembira. Semakin menyenangkan ditambah dengan mainan gantungnya yang lucu.

Produk dengan gabungan bahan kain dan plastik ini juga memiliki pilihan warna biru, merah muda, dan hijau yang dapat Anda sesuaikan dengan suasana kamar atau ruangan tempat bayi Anda bermain. Matrasnya yang dapat dicuci, tentu memudahkan Anda menjaga kebersihan baby play gym untuk bayi berusia 0-12 bulan ini.

1. Little Tikes 5-in-1 Adjustable Gym

5 fungsi yang dapat diatur sesuai dengan perkembangan bayi Anda

Bila Anda menginginkan produk yang tetap dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, produk tanpa matras ini bakal memenuhi keinginan Anda. Bayi Anda dapat menggunakan produk ini dengan 5 cara penggunaan, yakni sebagai baby play gymactivity center, stand up center, play table, dan easel yang dapat diset sesuai dengan pertumbuhannya.

Produk berbahan plastik ini juga menggunakan baterai dengan sleep mode yang berguna untuk menghemat daya baterai yang digunakannya. Dengan produk ini, Anda pun tidak perlu sering mengganti baterai serta produk mainan yang pas untuk mengikuti tumbuh kembang bayi Anda hingga usianya 3 tahun. Lebih praktis, bukan?

Kesimpulan

Apakah Anda sudah berhasil menemukan produk yang tepat untuk bayi Anda? Baby play gym berguna untuk melatih, merangsang, dan meningkatkan gerak motorik kasar dan halus bayi Anda. Koordinasi mata, tangan, serta kaki bayi Anda pun bisa lebih aktif terlatih dengan memanfaatkan mainan ini.

Desain, bahan, dan fitur yang dimilikinya juga cukup beragam dan dapat dipilih sesuai dengan preferensi Anda atau anak Anda. Beragam produk telah ditampilkan di atas karena itu silakan jadikan artikel kami sebagai acuan dalam memilih produk yang paling sesuai untuk bayi Anda. Selamat berbelanja!