mybest
Play gym

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan & aktivitas bayi
  4. 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Baby play gym merupakan seperangkat mainan bayi yang tergantung di tiang penyangganya. Jenis mainannya pun beragam, mulai dari yang dapat bergerak sampai yang mengeluarkan musik menarik. Selain menghibur, baby play gym bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi.


Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih baby play gym beserta rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai merek baby play gym yang bagus, seperti Sugar Baby, Pumpee, dan Playgro juga ada dalam ulasan kami. Silakan simak review lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih baby play gym

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih baby play gym. Pahami baik-baik tiap poinnya agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai untuk si kecil.
1

Periksa karakteristik dari masing-masing bahannya

Terdapat tiga jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat baby play gym, yaitu kain, plastik, dan kayu. Berhubung setiap bahan memiliki karakteristiknya masing-masing, sebaiknya Anda pahami semuanya terlebih dahulu sebelum membeli.

Kain: Dilengkapi matras dan mudah disimpan

Kain: Dilengkapi matras dan mudah disimpan
Baby play gym yang terbuat dari kain memiliki bahan yang lembut dan bisa dilipat. Hal ini membuatnya mudah disimpan dan menjadi lebih rapi setelah digunakan. Kebanyakan produknya dijual satu set dengan matras. Saat bayi sudah besar, matrasnya bisa Anda manfaatkan sebagai alas bermain atau play mat.

Selain itu, baby play gym yang terbuat dari kain juga dapat dicuci dengan air. Jadi, ketika mainan baby play gym-nya kotor, Anda tinggal melepas tiap bagian dan mencucinya kapan pun diperlukan.

Plastik: Kuat dan ringan

Plastik: Kuat dan ringan
Baby play gym berbahan plastik sangat mudah dibawa ke mana-mana. Hal tersebut karena produk berbahan plastik biasanya berupa tipe rakitan yang mudah dibongkar pasang dan berbobot ringan. Meski begitu, tak perlu khawatir play gym roboh saat bayi Anda menarik-narik mainannya. Sebab, tiap bagian dari play gym telah terpasang dengan kuat.

Selain itu, terdapat pula baby play gym berbahan plastik yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan usia bayi. Hasilnya, produk pun dapat digunakan sejak bayi baru lahir hingga bayi sudah cukup umur untuk duduk atau belajar berjalan.

Kayu: Tampilannya modis dan mudah dibersihkan

Kayu: Tampilannya modis dan mudah dibersihkan
Jika Anda mencari produk berdesain sederhana dan modis, cobalah baby play gym berbahan kayu. Makin lama digunakan, tekstur kayu akan terlihat makin bagus dan cantik. Produk ini juga lebih mudah dibersihkan karena Anda hanya perlu mengelapnya menggunakan kain basah dan kering.

Bukan itu saja, play gym kayu cenderung lebih awet dan dapat digunakan oleh anak Anda berikutnya. Bahan ini pun direkomendasikan bagi Anda yang menyukai desain bergaya alami dan cocok untuk berbagai suasana ruangan. Sayangnya, produk ini lebih jarang ditemukan dibanding produk berbahan kain atau plastik.

2

Perhatikan kualitas matrasnya

Perhatikan kualitas matrasnya
Baby play gym berbahan kain umumnya telah dilengkapi matras sehingga dapat digunakan oleh bayi yang baru lahir. Jika ingin membeli produk bermatras, pastikan Anda memeriksa kualitasnya agar si kecil dapat bermain dengan nyaman. Sebagai acuan, pilihlah matras yang bahannya lembut, tebal, dan tidak menyebabkan alergi pada kulit bayi.

Namun, harap diperhatikan bahwa matras pada baby gym mudah kotor akibat berbagai hal, misalnya terkena ompol dan liur bayi. Karena itu, disarankan untuk mencuci matras secara rutin supaya awet digunakan dalam waktu lama. Selain dicuci menggunakan tangan, beberapa matras pada baby play gym juga bisa dicuci memakai mesin cuci.


Selanjutnya, Anda juga bisa membeli matras secara terpisah untuk dipasangkan dengan baby gym plastik dan kayu. Namun, pastikan matras yang Anda beli permukaannya rata dan tidak licin. Permukaan matras yang tidak rata akan membuat baby play gym berdiri dengan tidak stabil. Hal ini tentu lebih berpotensi membahayakan si kecil.

3

Ketahui play gym yang pas dengan usia bayi

Baby play gym dapat diberikan kepada bayi sejak ia lahir. Meski begitu, Anda perlu memilih produk yang sesuai dengan usia dan kemampuan bayi. Supaya lebih jelas, simak contoh yang kami berikan di bawah ini!

0ー6 bulan: Gunakan yang mainannya bisa digapai saat terlentang dan colorful

0ー6 bulan: Gunakan yang mainannya bisa digapai saat terlentang dan colorful

Bayi baru lahir sampai usia 3 bulan umumnya baru bisa mendorong, belajar tengkurap, dan mengangkat kepala. Selanjutnya, pada usia 4ー6 bulan, bayi mulai bisa menopang tubuhnya untuk duduk sendiri. Ia juga sudah bisa berguling dan merangkak perlahan. Oleh karena itu, untuk bayi berusia 0ー6 bulan gunakanlah play gym dengan mainan yang bisa digapai saat terlentang.


Selain itu, newborn baby belum memiliki penglihatan sempurna. Mereka hanya mampu mendeteksi warna-warna monokrom yang kontras, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Setelah itu, bayi mulai dapat mengenali warna merah, lalu berbagai warna lainnya. Karenanya, disarankan agar Anda memilih produk dengan banyak variasi warna (colorful) untuk menstimulasi indra penglihatan bayi.

6 bulan ke atas: Pilih yang mainannya bisa dilepas dan bergambar karakter favorit

6 bulan ke atas: Pilih yang mainannya bisa dilepas dan bergambar karakter favorit

Setelah 6 bulan, bayi sudah bisa duduk tegak tanpa penopang dan mengambil mainan tanpa terjatuh. Bayi dalam usia ini juga mulai bisa menirukan bunyi dan mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya. Jika Anda memiliki bayi dalam rentang usia ini, belilah play gym yang dilengkapi musik dan karakter favorit. Sebagai contoh, Anda bisa memilih gym bayi bergambar hewan, tumbuhan, atau benda lainnya.


Memasuki usia 10 bulan, bayi akan mulai belajar berdiri sambil bertumpu pada benda atau orang di dekatnya. Jika memungkinkan, pilihlah baby play gym dengan bodi yang kuat dan dilengkapi pegangan untuk membantu mereka berdiri.


Disarankan pula untuk memilih produk yang mainannya bisa dilepas sehingga bayi Anda bisa memainkannya secara terpisah. Dengan begitu, play gym bisa lebih awet dan tetap bisa dimainkan meski bayi sudah besar. Hal tersebut juga memungkinkan Anda untuk menggantung mainannya pada stroller dan tempat tidur bayi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi baby play gym terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baby play gym terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Sugar Baby

Day & Nite Piano Playmat

Sugar Baby Day & Nite Piano Playmat 1

Mulai dari Rp271.800,00

Agak Murah

Dapat diatur sesuai 4 tahap perkembangan bayi

2

Little Friends

Baby Play Gym Bulat

Little Friends Baby Play Gym Bulat  1

Mulai dari Rp350.800,00

Agak Murah

Lebih aman dengan pembatas di semua sisinya

3

Imundex

360 All Day Activity Gym

Imundex 360 All Day Activity Gym 1

Mulai dari Rp280.000,00

Agak Murah

Dengan tambahan bantal dan kelambu, bayi pun dapat tidur pulas setelah bermain

4

Playgro

5 In 1 Safari Super Gym

Playgro 5 In 1 Safari Super Gym 1

Mulai dari Rp729.000,00

Agak Mahal

Baby play gym untuk mengenalkan macam-macam hewan sejak dini

5

Mattel

Fisher-Price Kick 'n Crawl Musical Seahorse Play Gym

Mattel  Fisher-Price Kick 'n Crawl Musical Seahorse Play Gym 1

Mulai dari Rp946.900,00

Agak Mahal

Unik, bisa diubah menjadi terowongan untuk bermain

6

Honey Boo

Baby Fitness Piano

Honey Boo Baby Fitness Piano 1

Mulai dari Rp350.000,00

Agak Murah

Ringkas, mudah dibongkar pasang untuk dibawa bepergian

7

IKEA

LEKA

IKEA LEKA 1

Mulai dari Rp499.000,00

Menengah

Bahan kayu yang klasik dengan kesan natural

8

Winfat Industrial

Winfun Drive 'N Play Gym Walker000846

Winfat Industrial Winfun Drive 'N Play Gym Walker 1

Mulai dari Rp1.099.000,00

Agak Mahal

Dilengkapi pegangan untuk membantu anak belajar berdiri dan berjalan

9

Carter’s

Skip Hop Camping Cub Activity Gym

Carter’s Skip Hop Camping Cub Activity Gym 1

Mulai dari Rp1.699.000,00

Lebih Mahal

Hadirkan suasana ala outdoor dengan play gym berbentuk tenda

10

Pumpee

Sun Musical Play Gym

Pumpee Sun Musical Play Gym 1

Mulai dari Rp400.000,00

Menengah

Hasilkan suara musik menarik untuk menghibur bayi

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Sugar BabyDay & Nite Piano Playmat

Day & Nite Piano Playmat 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp271.800,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp271.800,00
Agak Murah

Dapat diatur sesuai 4 tahap perkembangan bayi

Sugar Baby Day & Nite Piano Playmat dirancang dengan fitur baru, yaitu Fun Projector. Alat ini mampu memancarkan cahaya dan gambar yang akan merangsang imajinasi anak Anda. Baby play gym ini juga lebih aman karena telah tersertifikasi EN71 yang merupakan standar keamanan di Eropa.


Bayi Anda dapat menggunakan produk ini dalam empat tahan perkembangan sejak lahir sampai bisa berjalan dan bermain sendiri. Karena bisa digunakan untuk jangka panjang, produk ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berhemat. Sebab, Anda tak perlu membeli mainan bayi setidaknya sampai dua tahun ke depan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Little FriendsBaby Play Gym Bulat

Baby Play Gym Bulat  1
Sumber: shopee.co.id
Baby Play Gym Bulat  2
Sumber: shopee.co.id
Baby Play Gym Bulat  3
Sumber: shopee.co.id
Baby Play Gym Bulat  4
Sumber: shopee.co.id
Baby Play Gym Bulat  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp350.800,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp350.800,00
Agak Murah

Lebih aman dengan pembatas di semua sisinya

Bayi yang baru lahir atau belum bisa merangkak banyak menghabiskan waktu di tempat tidur. Untuk itu, sebaiknya Anda memberikan baby play mat yang tebal dan empuk supaya bayi nyaman berbaring. Produk satu ini menjawab kebutuhan Anda.


Baby play game ini dilengkapi matras empuk dengan berbagai pilihan karakter hewan, seperti lebah, kepiting, singa, dan kuda nil. Keseluruhan mainannya terbuat dari bahan kain yang halus sehingga tidak akan melukai bayi Anda. Bagian sisi produk ini juga dilengkapi jaring pembatas untuk menjaga bayi tetap aman selama bermain. Bayi aman, Anda pun tenang!

No.3

Imundex360 All Day Activity Gym

360 All Day Activity Gym 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp280.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp280.000,00
Agak Murah

Dengan tambahan bantal dan kelambu, bayi pun dapat tidur pulas setelah bermain

Segera masukkan produk ini ke dalam daftar belanja jika Anda menginginkan play gym yang bisa dijadikan tempat istirahat. Pasalnya, produk ini hadir dengan tambahan bantal kecil yang empuk dan pas di kepala bayi. Setelah lelah bermain, bayi Anda bisa langsung beristirahat dengan nyaman di alas mainannya. Produk ini juga dibekali tambahan kelambu antinyamuk supaya anak Anda dapat tidur lebih pulas.

No.4

Playgro5 In 1 Safari Super Gym

5 In 1 Safari Super Gym 1
Sumber: playgro.com
5 In 1 Safari Super Gym 2
Sumber: playgro.com
5 In 1 Safari Super Gym 3
Sumber: playgro.com
5 In 1 Safari Super Gym 4
Sumber: playgro.com
Harga referensi
Mulai dari Rp729.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp729.000,00
Agak Mahal

Baby play gym untuk mengenalkan macam-macam hewan sejak dini

Produk dari Playgro ini mengusung tema safari dengan gambar bermacam-macam hewan di tiap bagiannya. Baby play gym ini layak dimiliki oleh Anda yang ingin mengenalkan hewan pada si kecil sejak dini.


Mainannya terdiri dari teether dan rattle yang berfungsi merangsang pertumbuhan gigi bayi, serta kemampuan motorik dan kognitifnya. Baiknya lagi, gantungan mainannya bisa Anda lepas dan dipasangkan ke tempat tidur bayi.

No.5

Mattel Fisher-Price Kick 'n Crawl Musical Seahorse Play Gym

Fisher-Price Kick 'n Crawl Musical Seahorse Play Gym 1
Sumber: shopee.co.id
Fisher-Price Kick 'n Crawl Musical Seahorse Play Gym 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp946.900,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp946.900,00
Agak Mahal

Unik, bisa diubah menjadi terowongan untuk bermain

Jika bayi Anda mulai memasuki usia belajar merangkak, baby play gym yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Matrasnya bisa Anda bentangkan sebagai alas untuk merangkak. Supaya bayi lebih bersemangat, Anda bisa menyusun posisi matrasnya menjadi terowongan. 


Saat bayi merangkak memasukinya, mainan gantungnya dapat berbunyi dan menyala. Bayi pun akan lebih bersemangat untuk belajar merangkak. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bermain petak umpat bersama buah hati.

No.6

Honey BooBaby Fitness Piano

Baby Fitness Piano 1
Sumber: shopee.co.id
Baby Fitness Piano 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp350.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp350.000,00
Agak Murah

Ringkas, mudah dibongkar pasang untuk dibawa bepergian

Membawa baby play gym saat bepergian mungkin terdengar merepotkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut apabila membeli produk ini. Honey Boo Baby Fitness Piano didesain dengan bagian-bagian yang mudah dilepas dan dipasang kembali.


Anda pun dapat membawanya ke mana saja, termasuk saat berlibur atau pulang ke kampung halaman. Kardus penyimpanannya juga sangat ringkas dan dilengkapi jinjingan untuk memudahkan Anda saat membawanya.

No.7

IKEALEKA

LEKA 1
Sumber: ikea.co.id
LEKA 2
Sumber: ikea.co.id
LEKA 3
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp499.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp499.000,00
Menengah

Bahan kayu yang klasik dengan kesan natural

Menggunakan produk berbahan kayu memang kerap memberi nuansa alami, begitu juga dengan produk ini. IKEA LEKA ideal untuk Anda yang memiliki rumah bertema minimalis dan mampu memberi kesan natural di ruangan bayi. 


Mainan pada baby play gym ini dibuat dengan kontras warna yang tajam untuk merangsang kemampuan penglihatan bayi. Sepasang kakinya yang bisa berdiri stabil pun memudahkan Anda mencari matras yang tepat untuk produk ini.

No.8

Winfat IndustrialWinfun Drive 'N Play Gym Walker000846

Winfun Drive 'N Play Gym Walker 1
Sumber: winfun.com
Winfun Drive 'N Play Gym Walker 2
Sumber: winfun.com
Winfun Drive 'N Play Gym Walker 3
Sumber: winfun.com
Winfun Drive 'N Play Gym Walker 4
Sumber: winfun.com
Winfun Drive 'N Play Gym Walker 5
Sumber: winfun.com
Harga referensi
Mulai dari Rp1.099.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.099.000,00
Agak Mahal

Dilengkapi pegangan untuk membantu anak belajar berdiri dan berjalan

Baby gym berikut ini memiliki desain yang mirip dengan kendaraan. Produk ini dilengkapi mainan berupa klakson, gear stick, kunci kontak, setir atau kemudi, hingga kaca spion. Tak hanya sebagai baby play gym, produk ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai walker untuk bayi.


Pada panel mainannya terdapat pegangan yang bisa Anda atur untuk membantu anak belajar berdiri. Selain itu, bagian bawahnya telah dibekali roda sehingga dapat didorong dan dipakai untuk belajar berjalan. Anda juga tak perlu khawatir bayi mudah tergelincir karena bagian rodanya sudah dilengkapi kunci pengaman.

No.9

Carter’sSkip Hop Camping Cub Activity Gym

Skip Hop Camping Cub Activity Gym 1
Sumber: skiphop.com
Skip Hop Camping Cub Activity Gym 2
Sumber: skiphop.com
Skip Hop Camping Cub Activity Gym 3
Sumber: skiphop.com
Skip Hop Camping Cub Activity Gym 4
Sumber: skiphop.com
Skip Hop Camping Cub Activity Gym 5
Sumber: skiphop.com
Harga referensi
Mulai dari Rp1.699.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.699.000,00
Lebih Mahal

Hadirkan suasana ala outdoor dengan play gym berbentuk tenda

Play gym Skip Hop ini didesain berbentuk menyerupai tenda model teepee tent. Produk ini ideal untuk Anda yang menginginkan baby gym yang bisa menghadirkan suasana outdoor di rumah. Bahkan, bagian belakangnya juga dilengkapi penutup (backdrop) bergambar pepohonan sehingga makin terasa suasana camping sungguhan.


Mainan pada produk ini pun mengusung tema binatang-binatang yang ada di hutan. Anda akan mendapatkan bantal tummy time dan rattle bergambar beruang, boneka musik rakun, dan cermin kura-kura. Tersedia pula boneka berbentuk kunang-kunang yang akan mengeluarkan cahaya saat ditekan. Sangat lengkap, bukan?

No.10

PumpeeSun Musical Play Gym

Harga referensi
Mulai dari Rp400.000,00
Menengah

Hasilkan suara musik menarik untuk menghibur bayi

Pumpee Sun Musical Play Gym memiliki bodi yang kukuh sehingga dapat dijadikan pegangan saat bayi berdiri. Warna-warni yang dimiliki produk ini pun mampu menarik perhatian bayi Anda untuk memainkannya.

Selain itu, baby play gym ini dapat mengeluarkan efek musik menarik yang akan menghibur bayi Anda. Cukup pasangkan baterai tambahan dan bayi Anda pun bisa bermain dengan riang. Produk ini juga terbuat dari bahan bebas BPA sehingga ideal untuk Anda yang menginginkan baby gym berkualitas terjamin.

Baca juga rekomendasi produk untuk bayi lainnya di sini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai? Baby play gym berguna untuk melatih, merangsang, dan meningkatkan gerak motorik kasar dan halus bayi Anda. Koordinasi mata, tangan, serta kaki bayi Anda pun bisa lebih terlatih dengan memanfaatkan mainan ini.

Saat memilih, jangan lupa untuk memperhatikan desain, bahan, dan fitur yang dimilikinya. Jadikan artikel kami sebagai acuan dalam memilih produk yang paling tepat dan sesuai. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Baby Play Gym terbaik

No. 1: Sugar BabyDay & Nite Piano Playmat

No. 2: Little FriendsBaby Play Gym Bulat

No. 3: Imundex360 All Day Activity Gym

No. 4: Playgro5 In 1 Safari Super Gym

No. 5: Mattel Fisher-Price Kick 'n Crawl Musical Seahorse Play Gym

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan & aktivitas bayi
  4. 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.