• 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda seorang pencinta teh? Sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein Anda karena kelebihan kafein dapat berbahaya, terlebih untuk ibu hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih teh tanpa kafein yang banyak beredar di pasaran seperti teh dari biji-bijian atau akar tanaman.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan produk teh tanpa kafein dari berbagai bahan, seperti teh gandum, teh jagung, teh kedelai, teh rooibos, dan berbagai jenis teh lainnya. Tidak hanya itu, kami pun akan memberikan rekomendasi teh terbaik yang dapat dijadikan referensi Anda dalam memilih teh. Langsung saja simak ulasan kami berikut!
  • Pembaharuan terakhir: 22 Juni 2020
  • 6.129 Views
Daftar isi

Cara memilih teh yang tidak mengandung kafein

Saat memilih teh tanpa kafein, Anda harus mempertimbangkan rasa, aroma, karakteristik, dan manfaatnya. Sebelum memberikan rekomendasi, kami akan memperkenalkan beberapa poin dalam memilih teh tanpa kafein.

Pilih berdasarkan tipe dan manfaatnya

Pertama, ketahui dahulu berbagai tipe teh tanpa kafein dan manfaatnya. Berikut beberapa teh tanpa kafein yang cukup populer karena mudah dikonsumsi bahkan oleh orang yang tidak terbiasa meminumnya.

Teh gandum, mencegah bengkak dan menurunkan tekanan darah

Teh gandum, mencegah bengkak dan menurunkan tekanan darah
Teh gandum atau barley tea merupakan jenis teh yang banyak diminum saat musim panas di Korea dan Jepang. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat teh ini. Teh gandum bermanfaat untuk mengeluarkan sodium. Dengan demikian, teh ini dapat menyembuhkan bengkak serta memiliki efek menurunkan tekanan darah. Di dalamnya juga terdapat nutrisi seperti vitamin B kompleks, GABA (gamma-aminobutyric acid), dan asam folat yang mengandung asam P-kumarat (suatu zat antioksidan) dan bermanfaat untuk mencegah kanker.
Teh ini juga berfungsi untuk melepas sodium. Hal tersebut membuatnya cocok Anda minum dalam jumlah banyak di saat kondisi sedang panas terik demi memenuhi kadar salinitas tubuh dan mencegah heat stroke.

Teh jagung, tinggi zat besi dan baik untuk penderita anemia

Teh jagung, tinggi zat besi dan baik untuk penderita anemia
Awalnya teh jagung banyak dikonsumsi di Korea, tetapi belakangan teh tersebut banyak juga ditemui di negara lain termasuk Indonesia. Teh ini berasal dari biji jagung yang dipanggang dan kaya akan zat besi, mineral, potasium, vitamin E, vitamin B, dan sebagainya sehingga teh ini sangat direkomendasikan khususnya untuk wanita yang mengalami anemia.
Teh ini memiliki rasa manis dari jagung dan dapat dinikmati baik selagi panas maupun dingin. Ada juga teh yang diolah dari rambut jagung, tetapi teh dari biji jagung lebih mudah diminum dan memiliki rasa yang unik. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap biji-bijian harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi minuman ini.

Teh kedelai hitam, mengatasi mata lelah dan osteoporosis

Teh kedelai hitam, mengatasi mata lelah dan osteoporosis
Teh kedelai hitam kaya akan nutrisi seperti antosianin dan isoflavonoid. Antosianin berfungsi untuk mencegah mata lelah dan membantu penyerapan vitamin E. Selain itu, ada juga saponin yang baik untuk meningkatkan imunitas dan mencegah obesitas. Di samping itu, kandungan isoflavonoid berguna untuk mencegah osteoporosis dan mempercantik kulit.
Teh ini memiliki rasa manis khas kacang yang sangat nikmat. Teh ini juga cocok diminum oleh wanita karena tidak memberi efek dingin pada tubuh. Di sisi lain, Anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan harus berhati-hati dalam mengonsumsi teh ini. Teh ini juga mengandung hormon seperti hormon pada tubuh wanita sehingga konsumsi teh yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon. Konsumsilah teh ini sekitar 2-3 cangkir perhari sebagai panduan.

Teh buckwheat, membantu mencegah dan mengobati penyakit yang timbul akibat lifestyle

Teh buckwheat, membantu mencegah dan mengobati penyakit yang timbul akibat lifestyle
Suatu zat yang disebut ‘rutin’ terkandung di dalam buckwheat dan berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, serta sangat efektif untuk mencegah arterosklerosis dan hipertensi. Rutin juga membantu penyerapan vitamin C sehingga akan sangat efektif jika Anda mengonsumsi teh ini bersama dengan makanan lain yang mengandung banyak vitamin.
Selain itu, teh ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi pankreas sehingga direkomendasikan untuk penderita diabetes. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya bila Anda memiliki alergi terhadap buckwheat.

Teh rooibos, baik untuk ibu hamil

Teh rooibos, baik untuk ibu hamil
Teh rooibos tidak mengandung kafein serta mengandung antioksidan yang disebut superoxide dismutase (SOD) yang memberikan efek antipenuaan, memperbaiki imunitas, dan menangkal oksigen aktif. Teh ini juga mengandung banyak mineral seperti vitamin, kalsium, dan zat besi yang sangat direkomendasikan untuk wanita, terlebih wanita hamil.
Teh rooibos dianjurkan untuk orang yang memiliki alergi. Saat reaksi alergi seperti alergi di kulit terjadi, oksigen aktif akan diproduksi oleh tubuh. Namun, oksigen aktif ini akan dihilangkan dengan teh rooibos. Selain itu, kandungan seng di dalam teh rooibos akan meningkatkan metabolisme dan meregenerasi kulit.

Teh artemisia (wormwood), menghangatkan tubuh serta efek detoksifikasi

Teh artemisia (wormwood), menghangatkan tubuh serta efek detoksifikasi
Artemisia sudah digunakan sebagai salah satu bahan teh sejak zaman dahulu. Selain mineral seperti vitamin dan zat besi, teh ini juga mengandung klorofil dan tanin. Klorofil mampu membersihkan darah serta memiliki efek bakterisida. Lalu, tanin memberikan efek detoksifikasi dengan menekan kehadiran zat asing yang dapat menimbulkan gejala alergi atau biasa disebut histamin, kemudian membuang zat membahayakan tersebut dari tubuh.
Jika Anda memiliki alergi terhadap artemisia, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman ini. Kemudian bila Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter, sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter Anda mengenai konsumsi obat dan teh ini secara bersamaan.

Teh akar burdock (gobo), baik untuk konstipasi dan menyembuhkan pilek

Teh akar burdock (gobo), baik untuk konstipasi dan menyembuhkan pilek
Teh akar burdock atau biasa disebut gobo oleh orang Indonesia, kaya serat makanan yang disebut inulin. Inulin ini berfungsi untuk melancarkan sembelit dan memperbaiki pencernaan Anda. Selain inulin, teh gobo juga kaya akan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki efek antipenuaan yang sangat populer belakangan ini. Saat Anda merasa lapar, teh ini juga akan membantu membuat Anda merasa kenyang. Lalu, teh ini juga direkomendasikan untuk Anda yang sedang pilek atau merasa kedinginan karena efeknya yang menghangatkan tubuh.

Pilih yang organik atau bebas pestisida

Pilih yang organik atau bebas pestisida
Bagi Anda yang menyediakan teh untuk keluarga setiap hari, pastinya menginginkan minuman yang aman dikonsumsi. Pilihlah produk yang bebas pestisida atau produk organik dan pastikan apakah produk tersebut diproduksi dengan pemrosesan yang baik.

10 Rekomendasi teh terbaik yang tidak mengandung kafein

Selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi teh tanpa kafein untuk Anda yang pastinya aman untuk dikonsumsi. Mari simak selengkapnya dan pilihlah teh favorit Anda!
10
9
8

OSKBeppin Black Bean Tea

Rp 0,00

7

Khoisan TeaGreen Rooibos Tea

Rp 7.000,00

6
5

LuojishanTartary Buckwheat Tea

Rp 0,00

4
3
2
1

Tabel perbandingan produk teh terbaik yang tidak mengandung kafein

Gambar produk
1
House Foods Barley Tea 1

House Foods

2
Sempio Corn Tea 1

Sempio

3
Sempio Barley Tea 1

Sempio

4
Yogi Chai Rooibos Tea 1

Yogi

5
Luojishan Tartary Buckwheat Tea 1

Luojishan

6
Dongsuh Food Corn Tea 1

Dongsuh Food

7
Khoisan Tea Green Rooibos Tea 1

Khoisan Tea

8
OSK Beppin Black Bean Tea 1

OSK

9
Burdock Tea Canned 1

10
Mian Yin Chen Hao (Artemisia) 1

Nama produk

Barley Tea

Corn Tea

Barley Tea

Chai Rooibos Tea

Tartary Buckwheat Tea

Corn Tea

Green Rooibos Tea

Beppin Black Bean Tea

Burdock Tea Canned

Mian Yin Chen Hao (Artemisia)

KeunggulanHadirkan teknologi mutakhir...Cita rasa mild dan manis al...Barley organik yang aman un...Racikan rempahnya akan meng...Bebas gula dan pengawet, ma...Teh jagung yang hadir dalam...Aman untuk lingkungan, aman...Kemasan yang pas untuk Anda...Tetap berkhasiat saat dimin...Manfaat melimpah dalam harg...
HargaRp 11.400,00Rp 89.000,00Rp 97.500,00Rp 114.000,00Rp 0,00Rp 120.000,00Rp 7.000,00Rp 0,00Rp 0,00Rp 15.000,00
Tautan produk

Apa yang terjadi bila terlalu banyak kafein?

Kafein memang bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan bersifat diuretik. Jika Anda mengonsumsinya secara tepat, kafein tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun, di saat yang sama konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Penyebab kelainan tidur yang tidak disadari

Penyebab kelainan tidur yang tidak disadari
Bagi Anda yang sibuk bekerja, meminum kopi dapat menjadi kebiasaan. Namun, konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan insomnia. Insomnia selanjutnya akan membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Ketika Anda merasa ngilu dan kram otot, Anda mungkin berpikir itu terjadi akibat kelelahan, padahal mungkin penyebab utamanya adalah kafein yang berlebih di dalam tubuh.
Dikatakan bahwa jumlah kafein yang dapat diurai tubuh adalah sebanyak 500 ml per hari, tetapi tetap saja efek kafein akan mempengaruhi pencernaan Anda. Di sisi lain, batasan konsumsi kafein untuk ibu hamil adalah 300 ml. Karena itu, perhatikanlah konsumsi kopi, teh hijau, serta minuman berkafein lainnya agar tidak melebihi batasan tersebut.

Berbagai efek negatif yang bisa terjadi pada wanita

Berbagai efek negatif yang bisa terjadi pada wanita
Efek samping kafein lainnya adalah kemampuan tubuh menyerap zat besi dan kalsium akan berkurang sehingga bisa dibilang kafein merupakan musuh penderita anemia. Untuk ibu hamil, kafein juga akan berdampak pada janin sehingga sebaiknya Anda menghindari konsumsi kafein sebisa mungkin. Meski ada teori yang mengatakan bahwa kafein aman dikonsumsi sampai batas 30 ml, tetapi angka konsumsi zat besi dan kalsium setiap orang berbeda sehingga hal tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan. Akan lebih aman jika Anda mengurangi sebanyak mungkin karena setiap individu memiliki ketahanan yang berbeda terhadap kafein.

Kesimpulan

Apakah Anda cukup terbantu dengan artikel ini? Dengan banyaknya bahan teh berkualitas, tentunya akan memudahkan Anda untuk menentukan produk yang Anda butuhkan. Sesuaikan juga teh yang Anda konsumsi dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda. Selain itu, cita rasa teh juga perlu Anda perhatikan agar Anda bisa mengonsumsinya dengan rutin.
Selamat beralih ke teh tanpa kafein! Stay healthy!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang tepat. Merek mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak selengkapnya dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Makanan & minuman
    90.644 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    39.092 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    23.542 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    62.297 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    63.054 Views
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang cukup populer dan mudah dijumpai, baik di toko online maupun offline. Kemasannya yang praktis mudah untuk dibawa ke mana-mana dan diminum kapan saja. Susu jenis ini juga tersedia dalam beragam rasa sehingga banyak disukai anak-anak.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran kerap membuat bingung, produk mana yang paling baik? Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik seperti Ultra Milk, Frisian Flag, hingga Greenfield. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang sesuai. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    33.974 Views
  • 10 Rekomendasi Selai Stroberi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Selai Stroberi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selai stroberi adalah pasangan yang tepat untuk menyantap roti pada pagi hari. Karena rasanya yang manis dengan sedikit rasa asam, selai stroberi disukai oleh berbagai kalangan usia. Di pasaran, terdapat berbagai jenis selai stroberi, seperti dari brand Morin, Darbo, dan Tropicana Slim.Namun, apa saja poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih selai stroberi? Tenang! Kali ini kami akan membahasnya secara mendetail serta memberikan rekomendasi produk selai stroberi terbaik untuk Anda. Yuk, langsung ke ulasannya!
    Makanan & minuman
    7.032 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori