10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda seorang pencinta teh? Sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein Anda karena kelebihan kafein dapat berbahaya, terlebih untuk ibu hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih teh tanpa kafein yang banyak beredar di pasaran seperti teh dari biji-bijian atau akar tanaman.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan produk teh tanpa kafein dari berbagai bahan, seperti teh gandum, teh jagung, teh kedelai, teh rooibos, dan berbagai jenis teh lainnya. Tidak hanya itu, kami pun akan memberikan rekomendasi teh terbaik yang dapat dijadikan referensi Anda dalam memilih teh. Langsung saja simak ulasan kami berikut!

Daftar isi

Cara memilih teh yang tidak mengandung kafein

Saat memilih teh tanpa kafein, Anda harus mempertimbangkan rasa, aroma, karakteristik, dan manfaatnya. Sebelum memberikan rekomendasi, kami akan memperkenalkan beberapa poin dalam memilih teh tanpa kafein.

Pilih berdasarkan tipe dan manfaatnya

Pertama, ketahui dahulu berbagai tipe teh tanpa kafein dan manfaatnya. Berikut beberapa teh tanpa kafein yang cukup populer karena mudah dikonsumsi bahkan oleh orang yang tidak terbiasa meminumnya.

Teh gandum, mencegah bengkak dan menurunkan tekanan darah

Teh gandum, mencegah bengkak dan menurunkan tekanan darah

Teh gandum atau barley tea merupakan jenis teh yang banyak diminum saat musim panas di Korea dan Jepang. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat teh ini. Teh gandum bermanfaat untuk mengeluarkan sodium. Dengan demikian, teh ini dapat menyembuhkan bengkak serta memiliki efek menurunkan tekanan darah. Di dalamnya juga terdapat nutrisi seperti vitamin B kompleks, GABA (gamma-aminobutyric acid), dan asam folat yang mengandung asam P-kumarat (suatu zat antioksidan) dan bermanfaat untuk mencegah kanker.

Teh ini juga berfungsi untuk melepas sodium. Hal tersebut membuatnya cocok Anda minum dalam jumlah banyak di saat kondisi sedang panas terik demi memenuhi kadar salinitas tubuh dan mencegah heat stroke.

Teh jagung, tinggi zat besi dan baik untuk penderita anemia

Teh jagung, tinggi zat besi dan baik untuk penderita anemia

Awalnya teh jagung banyak dikonsumsi di Korea, tetapi belakangan teh tersebut banyak juga ditemui di negara lain termasuk Indonesia. Teh ini berasal dari biji jagung yang dipanggang dan kaya akan zat besi, mineral, potasium, vitamin E, vitamin B, dan sebagainya sehingga teh ini sangat direkomendasikan khususnya untuk wanita yang mengalami anemia.

Teh ini memiliki rasa manis dari jagung dan dapat dinikmati baik selagi panas maupun dingin. Ada juga teh yang diolah dari rambut jagung, tetapi teh dari biji jagung lebih mudah diminum dan memiliki rasa yang unik. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap biji-bijian harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi minuman ini.

Teh kedelai hitam, mengatasi mata lelah dan osteoporosis

Teh kedelai hitam, mengatasi mata lelah dan osteoporosis

Teh kedelai hitam kaya akan nutrisi seperti antosianin dan isoflavonoid. Antosianin berfungsi untuk mencegah mata lelah dan membantu penyerapan vitamin E. Selain itu, ada juga saponin yang baik untuk meningkatkan imunitas dan mencegah obesitas. Di samping itu, kandungan isoflavonoid berguna untuk mencegah osteoporosis dan mempercantik kulit.

Teh ini memiliki rasa manis khas kacang yang sangat nikmat. Teh ini juga cocok diminum oleh wanita karena tidak memberi efek dingin pada tubuh. Di sisi lain, Anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan harus berhati-hati dalam mengonsumsi teh ini. Teh ini juga mengandung hormon seperti hormon pada tubuh wanita sehingga konsumsi teh yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon. Konsumsilah teh ini sekitar 2-3 cangkir perhari sebagai panduan.

Teh buckwheat, membantu mencegah dan mengobati penyakit yang timbul akibat lifestyle

Teh buckwheat, membantu mencegah dan mengobati penyakit yang timbul akibat lifestyle

Suatu zat yang disebut ‘rutin’ terkandung di dalam buckwheat dan berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, serta sangat efektif untuk mencegah arterosklerosis dan hipertensi. Rutin juga membantu penyerapan vitamin C sehingga akan sangat efektif jika Anda mengonsumsi teh ini bersama dengan makanan lain yang mengandung banyak vitamin.

Selain itu, teh ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi pankreas sehingga direkomendasikan untuk penderita diabetes. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya bila Anda memiliki alergi terhadap buckwheat.

Teh rooibos, baik untuk ibu hamil

Teh rooibos, baik untuk ibu hamil

Teh rooibos tidak mengandung kafein serta mengandung antioksidan yang disebut superoxide dismutase (SOD) yang memberikan efek antipenuaan, memperbaiki imunitas, dan menangkal oksigen aktif. Teh ini juga mengandung banyak mineral seperti vitamin, kalsium, dan zat besi yang sangat direkomendasikan untuk wanita, terlebih wanita hamil.

Teh rooibos dianjurkan untuk orang yang memiliki alergi. Saat reaksi alergi seperti alergi di kulit terjadi, oksigen aktif akan diproduksi oleh tubuh. Namun, oksigen aktif ini akan dihilangkan dengan teh rooibos. Selain itu, kandungan seng di dalam teh rooibos akan meningkatkan metabolisme dan meregenerasi kulit.

Teh artemisia (wormwood), menghangatkan tubuh serta efek detoksifikasi

Teh artemisia (wormwood), menghangatkan tubuh serta efek detoksifikasi

Artemisia sudah digunakan sebagai salah satu bahan teh sejak zaman dahulu. Selain mineral seperti vitamin dan zat besi, teh ini juga mengandung klorofil dan tanin. Klorofil mampu membersihkan darah serta memiliki efek bakterisida. Lalu, tanin memberikan efek detoksifikasi dengan menekan kehadiran zat asing yang dapat menimbulkan gejala alergi atau biasa disebut histamin, kemudian membuang zat membahayakan tersebut dari tubuh.

Jika Anda memiliki alergi terhadap artemisia, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman ini. Kemudian bila Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter, sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter Anda mengenai konsumsi obat dan teh ini secara bersamaan.

Teh akar burdock (gobo), baik untuk konstipasi dan menyembuhkan pilek

Teh akar burdock (gobo), baik untuk konstipasi dan menyembuhkan pilek

Teh akar burdock atau biasa disebut gobo oleh orang Indonesia, kaya serat makanan yang disebut inulin. Inulin ini berfungsi untuk melancarkan sembelit dan memperbaiki pencernaan Anda. Selain inulin, teh gobo juga kaya akan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki efek antipenuaan yang sangat populer belakangan ini. Saat Anda merasa lapar, teh ini juga akan membantu membuat Anda merasa kenyang. Lalu, teh ini juga direkomendasikan untuk Anda yang sedang pilek atau merasa kedinginan karena efeknya yang menghangatkan tubuh.

Pilih yang organik atau bebas pestisida

Pilih yang organik atau bebas pestisida

Bagi Anda yang menyediakan teh untuk keluarga setiap hari, pastinya menginginkan minuman yang aman dikonsumsi. Pilihlah produk yang bebas pestisida atau produk organik dan pastikan apakah produk tersebut diproduksi dengan pemrosesan yang baik.

10 Rekomendasi teh terbaik yang tidak mengandung kafein

Selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi teh tanpa kafein untuk Anda yang pastinya aman untuk dikonsumsi. Mari simak selengkapnya dan pilihlah teh favorit Anda!

10. Mian Yin Chen Hao (Artemisia)

10. Mian Yin Chen Hao (Artemisia)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Manfaat melimpah dalam harga yang sangat ekonomis

Dengan berat hanya sebesar 100 gram, tentunya produk ini pas bagi Anda yang baru mau mulai mengonsumsi teh tanpa kafein. Kapasitasnya tidak terlalu banyak sehingga dapat Anda habiskan dalam waktu singkat dan tidak terlalu banyak bagi Anda yang baru mencobanya pertama kali.

Teh ini juga memiliki harga yang tergolong sangat ekonomis. Ditambah khasiatnya yang melimpah, termasuk untuk menyembuhkan penyakit malaria dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tentu akan sangat disayangkan bila Anda melewatkan produk pilihan kami satu ini.

9. Burdock Tea Canned

9. Burdock Tea Canned

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 161.000

Tetap berkhasiat saat diminum atau disantap bersama makanan

Produk asli dari negeri tirai bambu ini memang memiliki banyak khasiat. Tidak hanya untuk diminum sebagai teh, burdock juga dapat dijadikan sebagai rempah saat memasak sup. Namun, teh akar gobo ini memiliki cita rasa herbal yang mungkin akan kurang disukai oleh anak-anak.

Kemasan berbahan kaleng ini juga sangat menarik karena bentuknya yang ramping sehingga dapat menghemat tempat. Dibawa saat perjalanan pun mudah karena bentuk kemasannya itu. Selain untuk Anda, teh dengan kemasan menarik ini juga cocok untuk Anda hadiahkan kepada rekan atau kerabat Anda.

8. OSK Beppin Black Bean Tea

8. OSK Beppin Black Bean Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 97.500

Kemasan yang pas untuk Anda yang rutin minum teh setiap hari

Dalam 1 bungkus Anda akan mendapatkan 30 kantong teh berisi 5 gram kedelai hitam panggang. Dengan jumlah sebanyak itu, bila Anda meminumnya 1 hari sekali produk ini akan habis setelah 1 bulan Anda konsumsi sehingga cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu sering berbelanja keluar.

Anda cukup menyeduh teh dengan 0,5–1 liter air mendidih dan tunggu sampai Anda mendapatkan rasa dan tingkat kekentalan yang diinginkan. Untuk penyajian dingin, cukup masukkan kantong teh ke dalam 0,5–1 liter air biasa dan simpan di kulkas selama 2 jam atau sesuai selera.

7. Khoisan Tea – Green Rooibos Tea

7. Khoisan Tea - Green Rooibos Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.000

Aman untuk lingkungan, aman juga untuk keluarga Anda

Produk ini memiliki cita rasa yang unik karena terasa sedikit spicy jika dibandingkan dengan teh sejenis, yakni red rooibos. Hal ini tentunya akan memberikan sensasi rasa yang unik untuk Anda nikmati. Ciri khas rasa tersebut dapat Anda nikmati setiap hari dengan aman karena tidak ada kandungan kafein di dalamnya.

Produk ini telah tersertifikasi KRAV yang berarti ramah lingkungan, bebas dari pupuk buatan, serta bebas dari pestisida kimia yang tidak aman untuk lingkungan. Tentu Anda yang mengutamakan produk-produk organik bagi keluarga Anda akan cocok memilih produk ini.

6. Dongsuh Food Corn Tea

6. Dongsuh Food Corn Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Teh jagung yang hadir dalam kemasan praktis

Inilah salah satu teh jagung organik asal Korea yang kami rekomendasikan untuk Anda. Teh ini bermanfaat untuk mengurangi gejala pilek, seperti batuk dan bersin, termasuk pada anak-anak. Karenanya, bila anak Anda sedang flu, teh ini pas untuk dijadikan suplemen tambahan agar si kecil sembuh lebih cepat.

Untuk menyajikannya juga tidak repot karena Anda cukup menyeduh 1 kantong teh dengan 2 liter air mendidih selama 10 menit. Setelah selesai, teh ini tidak perlu disaring lagi karena kemasannya sudah berbentuk kantong teh. Tentunya lebih praktis disajikan dan hemat waktu, bukan?

5. Luojishan Tartary Buckwheat Tea

5. Luojishan Tartary Buckwheat Tea

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 227.000

Bebas gula dan pengawet, makin sehat dikonsumsi

Tidak mengandung gula, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko terjadinya diabetes bila meminum teh ini setiap hari. Tidak hanya itu, teh ini juga bebas bahan pengawet sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati kemurnian teh secara rutin tanpa merisikokan kesehatan Anda sedikit pun.

Meski saat diminum terasa pahit, teh ini mampu memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Tidak hanya menyehatkan ginjal Anda, dengan mengonsumsi tartary buckwheat tea setiap hari sirkulasi aliran darah Anda akan tetap terjaga. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga bekerja aktif membuang racun dalam usus.

4. Yogi Chai Rooibos Tea

4. Yogi Chai Rooibos Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.000

Racikan rempahnya akan menghangatkan tubuh Anda

Berasal dari Yogi Bahjan, seorang guru yoga yang memperkenalkan yoga dan rempah-rempah di daerah barat, hadirlah Yogi Tea. Teh ini sudah tersertifikasi organik oleh USDA sehingga Anda akan merasa lebih aman mengonsumsinya. Selain itu, teh ini juga bukan merupakan produk GMO (Genetically Modified Organism).

Selain kandungan rooibos, teh ini juga mengandung berbagai rempah lainnya seperti akar jahe, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh untuk memberikan efek menghangatkan dan menenangkan. Maka dari itu, teh ini sangat pas untuk Anda nikmati pada musim hujan atau saat cuaca sedang dingin.

3. Sempio Barley Tea

3. Sempio Barley Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Barley organik yang aman untuk keluarga

Teh ini terbuat dari biji barley organik dari tanah yang subur di Korea dan pastinya sangat aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Teh ini memiliki cita rasa kacang yang cukup unik dan pastinya tetap disukai oleh anak-anak. Dengan kemasan 1 kg, pastinya cukup untuk kebutuhan Anda dan keluarga.

Untuk menyajikannya, Anda hanya perlu menyeduh 10 gram teh ini di dalam 2 liter air mendidih dan tunggu selama 10 menit. Jika ingin disajikan dingin, Anda hanya perlu menyimpannya di dalam kulkas atau menambahkan es batu. Pastinya teh ini akan sangat nikmat diminum saat cuaca terik.

2. Sempio Corn Tea

2. Sempio Corn Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 93.500

Cita rasa mild dan manis alami dari jagung berkualitas

Terbuat dari biji jagung organik yang dipanggang dalam kondisi tekanan tinggi, Sempio menghasilkan teh jagung berkualitas. Khasiatnya pun banyak, selain baik untuk penderita anemia, teh jagung juga baik untuk penderita infeksi saluran kemih atau inflamasi pada sistem urin. Sangat cocok bagi Anda yang sedang mengalami masalah pada saluran kemih.

Kemudian, ukuran besarnya juga membuat produk ini cocok untuk Anda konsumsi sekeluarga atau Anda sajikan kepada tamu Anda. Cita rasa teh jagung yang mild dan sedikit manis pasti akan disukai oleh semua orang. Meski demikian, pastikan Anda menyimpan teh ini dalam wadah tertutup agar kualitas produk tidak menurun.

1. House Foods Barley Tea

1. House Foods Barley Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Hadirkan teknologi mutakhir menyeduh tanpa air panas

Hal yang menarik dari teh ini adalah Anda dapat menyeduhnya menggunakan air dingin. Anda yang sering kali merasa repot menyeduh air panas terlebih dahulu sebelum dapat menikmati teh pasti akan menyukai produk ini. Tentunya teh ini akan memberikan kesegaran instan di hari panas terik Anda!

Teh ini juga ekonomis karena Anda dapat menyajikan 1 liter teh hanya dengan 1 kantong teh ini. Dalam 1 kotak terdapat 16 kantong teh yang pastinya sangat cukup untuk Anda beserta keluarga dan tamu Anda. Dapatkan berbagai manfaat kesehatan dari teh ini, lalu nikmati aroma dan rasa teh gandum yang unik ini.

Apa yang terjadi bila terlalu banyak kafein?

Kafein memang bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan bersifat diuretik. Jika Anda mengonsumsinya secara tepat, kafein tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun, di saat yang sama konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Penyebab kelainan tidur yang tidak disadari

Penyebab kelainan tidur yang tidak disadari

Bagi Anda yang sibuk bekerja, meminum kopi dapat menjadi kebiasaan. Namun, konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan insomnia. Insomnia selanjutnya akan membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Ketika Anda merasa ngilu dan kram otot, Anda mungkin berpikir itu terjadi akibat kelelahan, padahal mungkin penyebab utamanya adalah kafein yang berlebih di dalam tubuh.

Dikatakan bahwa jumlah kafein yang dapat diurai tubuh adalah sebanyak 500 ml per hari, tetapi tetap saja efek kafein akan mempengaruhi pencernaan Anda. Di sisi lain, batasan konsumsi kafein untuk ibu hamil adalah 300 ml. Karena itu, perhatikanlah konsumsi kopi, teh hijau, serta minuman berkafein lainnya agar tidak melebihi batasan tersebut.

Berbagai efek negatif yang bisa terjadi pada wanita

Berbagai efek negatif yang bisa terjadi pada wanita

Efek samping kafein lainnya adalah kemampuan tubuh menyerap zat besi dan kalsium akan berkurang sehingga bisa dibilang kafein merupakan musuh penderita anemia. Untuk ibu hamil, kafein juga akan berdampak pada janin sehingga sebaiknya Anda menghindari konsumsi kafein sebisa mungkin. Meski ada teori yang mengatakan bahwa kafein aman dikonsumsi sampai batas 30 ml, tetapi angka konsumsi zat besi dan kalsium setiap orang berbeda sehingga hal tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan. Akan lebih aman jika Anda mengurangi sebanyak mungkin karena setiap individu memiliki ketahanan yang berbeda terhadap kafein.

Kesimpulan

Apakah Anda cukup terbantu dengan artikel ini? Dengan banyaknya bahan teh berkualitas, tentunya akan memudahkan Anda untuk menentukan produk yang Anda butuhkan. Sesuaikan juga teh yang Anda konsumsi dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda. Selain itu, cita rasa teh juga perlu Anda perhatikan agar Anda bisa mengonsumsinya dengan rutin.

Selamat beralih ke teh tanpa kafein! Stay healthy!