10 Rekomendasi Pisau Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pisau Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang ketika memotong roti adalah menggunakan pisau dapur biasa. Padahal, pisau dapur biasa akan menghasilkan potongan roti yang kurang bagus. Oleh karena itu, diciptakanlah pisau khusus roti agar hasil potongan roti menjadi bagus.

Bentuk gerigi pada pisau roti berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Bagi Anda yang masih awam, jangan khawatir karena kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih pisau roti. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi pisau roti dari merek-merek populer, seperti IKEA, Maxim, Kenwood, dan sebagainya, dari model manual hingga model elektrik.

Daftar isi

Cara memilih pisau roti

Sebaiknya Anda tidak membeli pisau roti sembarangan karena gerigi pada pisau roti berbeda-beda tergantung pada fungsinya. Oleh karena itu, perhatikanlah cara memilih pisau roti berikut agar Anda dapat menentukan pisau roti terbaik untuk Anda.

Pilih pisau roti berdasarkan tingkat kelembutan roti

Pertama-tama, pikirkan jenis roti yang biasa Anda hidangkan di rumah. Sebab, tingkat kelembutan roti menjadi acuan dalam memilih pisau roti.

Pisau roti bergerigi, pisau yang universal dan serbaguna

Pisau roti bergerigi, pisau yang universal dan serbaguna

Bentuk dan jumlah gerigi pada pisau roti akan memengaruhi hasil potongan roti sehingga Anda perlu melihat tingkat kelembutan roti untuk menemukan pisau roti yang tepat. Pisau roti dengan gerigi yang tajam biasanya digunakan untuk roti yang agak keras, sedangkan pisau bergerigi halus untuk roti yang lebih lembut.

Akan tetapi, kini banyak pisau roti yang memiliki fungsi ganda. Tentunya hal itu memengaruhi bentuk gerigi pada pisau roti. Oleh karena itu, periksa kembali pisau yang akan Anda beli agar mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pisau roti datar, bisa diasah serta cocok untuk roti yang lembut

Pisau roti datar, bisa diasah serta cocok untuk roti yang lembut

Umumnya pisau roti yang dijual adalah yang bergerigi, tetapi ada pula pisau roti yang datar. Pisau roti jenis ini sangat cocok untuk roti yang lembut. Saat roti dipotong, tidak begitu banyak remahan roti yang keluar.

Selain itu, keuntungan dari pisau roti yang datar adalah mudah dibersihkan dan diasah. Namun, karena penggunaannya terbatas pada jenis roti yang lembut, bagi Anda yang menginginkan pisau serbaguna sebaiknya tetap memilih jenis pisau roti bergerigi saja.

Pisau roti kombinasi, nyaman digunakan, tetapi harganya cukup mahal

Pisau roti kombinasi, nyaman digunakan, tetapi harganya cukup mahal

Pisau roti dengan gelombang kombinasi juga dijual di pasaran. Dalam satu pisau, terdapat beberapa gelombang yang berbeda, seperti gelombang dengan gerigi tajam, bergelombang halus, serta lurus sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan mudah pada jenis roti apa pun yang hendak Anda potong. Akan tetapi, diperlukan keahlian untuk menggunakannya. Jika tidak terbiasa menggunakannya, sebaiknya Anda menggunakan pisau roti yang biasa saja.

Di sisi lain, pisau kombinasi juga berharga cukup mahal dibanding pisau roti biasa. Berhubung pisau roti termasuk jenis pisau dapur yang sulit ditajamkan kembali bila sudah tumpul, pertimbangkanlah dari segi harga, frekuensi pemakaian, dan tipe roti yang sesuai sebelum memutuskan untuk membeli pisau roti ini. Namun sayangnya pisau roti jenis ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Pisau roti elektrik, sangat mudah digunakan, tetapi butuh tempat penyimpanan khusus

Pisau roti elektrik, sangat mudah digunakan, tetapi butuh tempat penyimpanan khusus

Sebenarnya pisau roti elektrik biasa digunakan untuk industri bisnis, tetapi kini ada juga yang dijual untuk keperluan rumah tangga dengan harga yang lebih terjangkau. Dari segi harga, pisau roti elektrik memang lebih mahal daripada pisau roti biasa, tetapi Anda bisa mendapatkan hasil potongan tipis dan rapi, yang sulit dilakukan dengan pisau roti manual. Selain itu, pisau roti elektrik sangat serbaguna karena Anda bisa memotong sandwich, daging, atau makanan lainnya dengan rapi dan tidak hancur.

Meski memiliki berbagai kelebihan tadi, pisau roti elektrik membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup dan juga daya listrik. Karena itu, saat hendak memilih pisau roti jenis ini, perhatikanlah juga segi harga, ruang penyimpanan, dan frekuensi penggunaan agar sesuai dengan penggunaan Anda.

Pilih panjang antara 20-25 cm agar mudah digunakan dan disimpan

Pilih panjang antara 20-25 cm agar mudah digunakan dan disimpan

Pisau roti berukuran 20-25 cm cukup ideal untuk penggunaan di rumah karena mudah digunakan. Ukuran tersebut juga mirip dengan pisau dapur yang biasa digunakan di rumah sehingga Anda memiliki patokan ukuran saat akan membeli pisau roti. Selain itu, perhatikan tempat penyimpanannya sehingga pisau tetap terawat. Tentunya akan sangat membantu bila Anda memiliki tempat penyimpanan pisau tersendiri.

Pilih berdasarkan bahan: stainless steel yang kuat atau keramik yang tajam

Pilih berdasarkan bahan: stainless steel yang kuat atau keramik yang tajam

Sebagian besar pisau roti terbuat dari bahan stainless steel. Stainless steel adalah logam berbahan dasar molibdenum atau paladium yang dicampur logam lain untuk membuatnya semakin kuat, antikarat, awet, dan tahan lama. Biasanya, kualitas pisau ini berbanding lurus dengan harga sehingga disarankan agar Anda tidak memilih pisau yang terlampau murah. Sebaiknya Anda juga memeriksa bahan pembuat pisau sebelum memilihnya.

Selain itu, pisau roti yang terbuat dari keramik juga cukup populer. Pisau roti dari keramik lebih ringan jika dibandingkan dengan pisau roti stainless steel sehingga para wanita akan mudah menggunakannya. Akan tetapi, karena kekuatan pisau ini berada di bawah pisau stainless steel, berhati-hatilah saat menggunakannya karena pisau keramik rentan pecah bila sampai terjatuh. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan membelinya. Namun, pisau roti berbahan keramik memang masih cukup jarang dijual satuan di Indonesia. Anda akan lebih mudah menemukannya pada set pisau berbahan keramik.

Pilih yang desainnya terintegrasi agar mudah dibersihkan

Pilih yang desainnya terintegrasi agar mudah dibersihkan

Pisau roti memiliki gagang yang bervariasi, seperti gagang kayu atau plastik. Akan tetapi, jika Anda memikirkan segi perawatan, disarankan agar Anda memilih pisau roti yang menyatu dengan gagangnya. Sering kali remah roti terselip di sela antara sambungan pisau dengan gagang sehingga pisau menjadi lebih sulit dibersihkan. Karenanya, pisau tanpa sambungan akan membuat Anda lebih mudah menjaga kebersihan pisau.

10 Rekomendasi pisau roti terbaik

Kini saatnya kami memberikan 10 produk pisau roti terbaik dari berbagai merek. Pilihlah pisau roti yang paling nyaman dan sesuai kebutuhan Anda.

10. Pisau Roti Dua Sisi

10. Pisau Roti Dua Sisi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 15.500

Makin praktis dengan dua sisi mata pisau berbeda

Di urutan 10 kami merekomendasikan pisau roti yang memiliki dua sisi mata pisau. Sisi yang bergerigi tajam sangat pas untuk memotong roti yang agak keras, sedangkan sisi datar untuk memotong roti yang lembut. Pisau ini pas untuk Anda yang memperhitungkan keekonomisan karena dengan dua fungsi ini, harganya tergolong sangat terjangkau.

Keunggulan lain dari pisau ini adalah gagangnya nyaman digenggam serta bahannya terbuat dari stainless steel yang antikarat. Selain itu, pisau ini pun mudah dibersihkan karena terbuat dari bahan yang antilengket. Tidak perlu khawatir akan tempat penyimpanan karena dengan ukuran 20 cm, pisau ini mudah disimpan.

9. Electric Carving Knife

9. Electric Carving Knife

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 532.000

Adanya knife blade cadangan akan semakin memudahkan Anda menggunakannya

Bila Anda sering mengadakan acara di rumah dan mengundang banyak tamu, tentunya pisau ini pas sekali untuk Anda miliki. Hasil potongan roti atau kue yang rapi akan tersaji dengan menarik dan cepat bagi para tamu Anda. Tentunya Anda sebagai tuan rumah tidak akan menghabiskan banyak waktu lagi saat menyiapkan hidangan bagi para tamu.

Untuk memudahkan penyimpanan dan pencucian, mata pisau ini dapat dilepas dari mesinnya. Perhatikan pula tempat penyimpanan yang Anda miliki karena mata pisaunya berukuran 24,5 cm. Kemudian, pisau roti ini memiliki dua knife blade pada paket pembeliannya untuk memudahkan Anda mengganti saat salah satu pisau sudah tumpul.

8. Kenwood Electric Knife KN450

8. Kenwood Electric Knife KN450

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 544.800

Tombol switch lebih mudah dikontrol karena letaknya mudah dijangkau

Jika Anda suka menggunakan pisau elektrik yang mengutamakan keamanan, pisau ini direkomendasikan untuk Anda karena tombol on/off nya mudah dijangkau. Mata pisaunya terbuat dari stainless steel yang tajam dan antikarat, serta aman dicuci di mesin pencuci piring.

Dengan pisau ini, Anda dapat memotong roti serta makanan beku lainnya dengan sangat mudah sehingga Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Daya listrik yang dibutuhkan pisau ini pun hanya sebesar 100 watt. Tentunya dengan kebutuhan listrik seperti itu, kantong Anda tidak akan jebol membayar tagihan listrik.

7. Fackelmann Nirosta Bread Knife Style

7. Fackelmann Nirosta Bread Knife Style

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Makin mudah disimpan berkat lubang gantungan pada pisau ini

Mata pisau produk ini terbuat dari bahan stainless steel yang telah teruji kekuatannya serta antikarat. Selain itu, adanya lubang gantungan juga akan semakin memudahkan Anda untuk menyimpan pisau ini. Sangat pas untuk Anda yang tidak mau repot memikirkan masalah tempat penyimpanan pisau.

Gelombangnya yang cukup halus juga membuat pisau ini cocok untuk digunakan memotong kue bolu atau roti lembut lainnya. Dengan panjang 20 cm, pisau ini pastinya mudah disimpan di dapur Anda. Untuk pemakaian lebih awet, jangan lupa untuk segera mengeringkan pisau sehabis Anda mencucinya.

6. IKEA Vorda Pisau Roti

6. IKEA Vorda Pisau Roti

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Tidak hanya untuk roti, memotong buah dan sayur pun bisa!

Apakah Anda sering membuat sandwich sebagai hidangan sarapan? Jika ya, pisau ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Selain dapat digunakan untuk memotong roti, bisa juga digunakan untuk memotong sayuran yang berkulit licin seperti tomat. Gagangnya didesain khusus agar mudah digenggam dan nyaman digunakan.

Selain itu, dengan ukuran pisau standar, yakni sepanjang 23 cm, Anda tidak perlu khawatir akan tempat penyimpanannya karena pisau ini bisa disimpan di mana pun. Akan tetapi, pisau ini tidak dapat dicuci dengan mesin pencuci piring. Jadi, pastikan Anda mencucinya secara manual, ya!

5. Ideal Stainless Steel Bread Knife

5. Ideal Stainless Steel Bread Knife

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 35.000

Mau potong kue yang lengket? Kini Anda tak perlu khawatir lagi!

Keunggulan dari pisau ini adalah mata pisaunya yang antilengket sehingga selain untuk memotong roti, bisa juga digunakan untuk mengoleskan selai. Jangan khawatir akan gula pada selai yang lengket karena pisau ini mudah dibersihkan. Pisau ini juga direkomendasikan untuk memotong roti dan kue yang agak lengket seperti kue bika ambon.

Untuk tempat penyimpanannya, Anda bisa menyimpan pisau ini di rak pisau biasa karena ukurannya hanya 20 cm. Pisau yang terbuat dari stainless steel ini memiliki desain yang nyaman digenggam dan membuatnya semakin mudah digunakan. Agar pisau semakin awet, cucilah pisau setelah digunakan dan keringkan.

4. Maxim Tools Bread Knife

4. Maxim Tools Bread Knife

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.000

Nyaman digenggam dengan gagang antilicin

Jika Anda memiliki tangan yang sering berkeringat, pisau ini pastinya akan cocok untuk Anda. Sebab, gagang pisau dari Maxim ini terbuat dari karet sintetis yang akan mencegah pisau selip dari tangan Anda. Mata pisaunya tajam berkat material pisau yang berkualitas tinggi.

Warna gagangnya juga cukup berbeda dengan pisau di pasaran dan membuatnya jadi terlihat lebih menarik. Selain itu, pisau berbahan stainless steel yang tajam dan antikarat ini juga akan awet untuk digunakan dalam waktu lama. Dengan ukuran 20 cm, tentunya produk ini mudah dicuci dan disimpan.

3. Scanpan Spectrum Bread Knife

3. Scanpan Spectrum Bread Knife

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.700

Lebih bersih karena dilengkapi tutup pisau

Untuk memiliki pisau yang awet, kehigienisan juga menjadi faktor penting. Pisau ini dilengkapi dengan tutup yang menjaganya tetap bersih saat tidak digunakan sehingga cocok untuk Anda yang mengutamakan kebersihan. Pisau ini juga aman digunakan karena material pembuatnya berbahan stainless steel bersertifikat food grade. 

Selain itu, mata pisaunya dilapis non-stick coating sehingga antilengket dan mudah dibersihkan. Desainnya juga sangat menarik karena tersedia dengan berbagai pilihan warna, yaitu oranye, merah, biru, hitam, hijau, dan merah muda. Pisau ini sangat pas untuk Anda yang menyukai peralatan dapur colourful dan ceria.

2. Princess House Culinario Series Bread Knife

2. Princess House Culinario Series Bread Knife

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 209.000

Kombinasi desain terintegrasi dengan stainless steel berkualitas mumpuni

Sering kali saat memotong roti dengan pisau bergerigi, muncul banyak remahan roti yang membuat dapur menjadi kotor. Namun, jika Anda menggunakan pisau ini, hal itu tak akan terjadi karena mata pisaunya yang tajam mampu meminimalisir remahan roti. Sangat pas untuk digunakan memotong roti yang sangat lembut sekalipun.

Tidak sampai di situ saja, pisau ini juga memiliki desain terintegrasi yang akan memudahkan Anda membersihkan pisau sehabis digunakan. Selain itu, pisau ini dijamin awet dan tahan untuk digunakan dalam jangka panjang karena terbuat dari bahan stainless steel berkualitas dari Jerman.

1. IKEA 365+ Pisau Roti

1. IKEA 365+ Pisau Roti

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Desain gagang ergonomis akan membuat Anda nyaman menggenggamnya

Satu lagi pisau berkualitas buatan IKEA yang kami merekomendasikan untuk Anda. Pisau roti ini memiliki desain full stainless steel yang menyatu dengan gagangnya. Gagangnya memiliki desain garis dan berbentuk ramping sehingga akan terasa kokoh saat Anda genggam. Karena itu, pisau ini cocok bila Anda mencari pisau ergonomis yang terasa lekat di tangan Anda.

Pisau ini memberikan Anda jaminan 15 tahun karena kualitas material stainless steel molibdenumnya sangat baik. Selain untuk memotong roti, Anda bisa menggunakan pisau ini untuk memotong sayuran berkulit licin seperti tomat. Gagang pisau didesain dengan garis-garis halus untuk memudahkan Anda menggenggamnya dan tidak licin.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan berbagai jenis pisau roti yang dapat dipilih untuk melengkapi peralatan dapur Anda. Anda bisa memilih desain, jenis, serta harga yang paling sesuai untuk Anda. Meski roti bukan makanan pokok orang Indonesia, keberadaan pisau roti akan membantu Anda untuk memotong roti dan kue lainnya dengan lebih mudah.

Kami harap Anda dapat menemukan pisau roti yang tepat untuk Anda. Kemudian, nikmatilah kemudahan memotong roti tanpa berantakan menggunakan produk tersebut!