mybest
Alat pemotong

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024)

Memotong roti menggunakan pisau biasa adalah bentuk kesalahan yang cukup sering dilakukan. Bukan tidak boleh, tetapi mata pisau biasa menjadikan hasil potongan roti kurang rapi. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan pisau roti agar potongannya lebih rapi.

Di pasaran Anda akan menemukan pisau pemotong roti dengan bentuk dan fungsi berbeda. Agar tidak bingung, simaklah penjelasan terkait cara memilih pisau roti di artikel ini. Kami pun akan memberikan rekomendasi merek pisau roti yang bagus, seperti Tramontina, Victorinox, dan Oxone. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Silakan disimak!

Diperbaharui 14/07/2023
Inov Pelawi
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pisau roti

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih pisau roti. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan pisau roti yang mudah digunakan sekaligus awet. Perhatikan cara memilih yang kami bahas di bawah ini untuk menentukan pisau roti terbaik.

1

Kenali jenis mata pisau roti

Penting untuk Anda mengenali mata pisau roti. Hal ini karena mata pisau pemotong roti berkaitan dengan tingkat kelembutan roti. Dengan mengenali jenis mata pisau, Anda bisa memotong roti dengan tingkat kelembutan tertentu sehingga hasilnya lebih bagus dan rapi.

Bergerigi dan memanjang: Serbaguna untuk semua jenis roti

Bergerigi dan memanjang: Serbaguna untuk semua jenis roti

Pisau roti bergerigi dan memanjang pada dasarnya dapat digunakan untuk memotong semua jenis roti. Jenis pisau roti ini masih bisa dibedakan berdasarkan karakteristiknya, yaitu gerigi tajam dan halus. Namun, kini di pasaran ditemukan pisau roti bergerigi yang memiliki fungsi ganda. 


  • Gerigi tajam: Pisau roti bergerigi tajam cocok digunakan untuk memotong roti bertekstur keras.

  • Gerigi halus: Jenis pisau ini lebih sesuai untuk memotong roti yang bertekstur empuk.

Pipih: Bisa diasah dan ideal untuk roti bertekstur empuk

Pipih: Bisa diasah dan ideal untuk roti bertekstur empuk

Pisau roti berbentuk pipih ideal untuk memotong roti bertekstur empuk. Pisau jenis ini dapat digunakan untuk memotong roti dengan lebih cepat. Selain itu, memotong roti menggunakan pisau pipih tidak akan menghasilkan banyak remah-remah. 


Pisau roti berbentuk pipih juga mudah dibersihkan, bahkan dapat diasah kembali supaya kembali tajam. Cara paling mudah untuk mengasah pisau roti adalah menggesekkannya dengan pisau lain.

Kombinasi: Mudah memotong berbagai jenis roti, tetapi harga cenderung mahal

Kombinasi: Mudah memotong berbagai jenis roti, tetapi harga cenderung mahal

Sesuai namanya, pisau roti kombinasi memiliki beberapa mata pisau berbeda pada bilahnya. Di area tertentu mata pisau bergerigi tajam, sedangkan di area lain tidak terlalu tajam dan sedikit bergelombang. Anda pun lebih mudah memotong jenis roti apa pun. Namun, Anda perlu mengetahui trik tertentu agar lebih terbiasa. Meski lebih berguna, pisau roti kombinasi umumnya memiliki harga yang cenderung mahal. 


Jenis pisau roti ini juga sulit ditajamkan kembali. Karena jenis pisau ini sulit ditajamkan kembali, sebaiknya Anda menggunakan talenan yang terbuat dari kayu atau plastik sebagai alas potong. Penggunaan talenan tersebut membuat ketajaman pisau lebih terjaga. Selain itu, pisau pemotong roti jenis ini juga masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia. 

2

Ketahui jenis bahan bilah pisau

Ketahui jenis bahan bilah pisau

Mengetahui jenis bahan bilah pisau juga hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memilih pisau roti. Anda bisa memilih bilah pisau berbahan stainless steel atau keramik. Ketahuilah terlebih dahulu karakter setiap bahan bilah pisau berikut.


  • Stainless steel: Stainless steel dikenal sebagai logam antikarat. Meskipun begitu, pisau dari bahan stainless steel sebaiknya segera dikeringkan setelah dicuci untuk memastikan tak terjadi korosi. Bilah pisau yang terbuat dari bahan ini juga kuat sehingga awet. Namun, Anda perlu mengeluarkan uang lebih karena harganya cukup mahal. 

  • Keramik: Pisau berbahan keramik ringan digunakan dan juga antikarat. Akan tetapi, pisau ini mudah rusak jika terbentur atau terjatuh. Selain itu, jenis pisau ini masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia.
3

Pertimbangkan panjang bilah 20–25 cm agar mudah digunakan dan disimpan

Pertimbangkan panjang bilah 20–25 cm agar mudah digunakan dan disimpan

Panjang pisau roti yang ideal untuk keperluan rumah tangga hampir sama dengan pisau dapur. Anda sebaiknya memilih pisau roti dengan panjang 20–25 cm. Panjang tersebut akan memudahkan Anda dalam memotong roti. Setelah memilih, pastikan Anda hati-hati dalam menyimpannya. Anda bisa menyediakan tempat khusus untuk menyimpan pisau roti. 


Sebaiknya simpan pisau yang sudah kering di tempat atau laci terpisah. Tujuannya untuk menghindari benturan dan gesekan dengan alat dapur lainnya. Di samping itu, alangkah lebih baik jika tempat penyimpanan pisau jauh dari jangkauan anak–anak.

4

Cobalah pisau elektrik untuk kemudahan mengiris tipis

Cobalah pisau elektrik untuk kemudahan mengiris tipis

Pisau elektrik biasanya digunakan untuk keperluan industri. Namun, kini tersedia juga pisau roti elektrik untuk kebutuhan rumah tangga. Memotong roti dengan pisau elektrik akan menghasilkan potongan roti yang tipis. Sandwich dan gulungan sushi yang dipotong dengan pisau elektrik juga tidak akan hancur.


Jika Anda memilih pisau roti elektrik, Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang memadai. Anda tentu membutuhkan tenaga listrik ketika akan memakainya. Anda juga perlu mempertimbangkan harga pisau karena umumnya akan lebih mahal daripada pisau biasa. Karena pisau elektrik digerakkan oleh mesin, Anda juga membutuhkan kewaspadaan lebih agar tangan Anda tidak terluka.

5

Utamakan pisau dengan desain yang terintegrasi dengan gagang

Utamakan pisau dengan desain yang terintegrasi dengan gagang

Desain pisau roti yang terintegrasi dengan gagang patut Anda utamakan. Model ini lebih disarankan karena tidak ada celah di antara mata pisau dengan gagangnya. Desain tersebut mencegah adanya remah-remah roti terselip di sela-sela gagang dan mata pisau. 


Dengan kata lain, pisau roti dengan desain terintegrasi lebih mudah dibersihkanUntuk membersihkannya, pisau tidak perlu direndam. Anda bisa menggunakan air hangat dan sabun cuci piring seperti biasanya, lalu segera keringkan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi pisau roti terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pisau roti terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini adalah murni rekomendasi mybest dan bukan dari Inov Pelawi.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Queen Royalware

Electric Knife

Queen Royalware Electric Knife 1

Rp350.000

Agak Mahal

Pisau roti elektrik dengan dua bilah yang berbeda fungsi

2

CaTalina

Bread Knife

CaTalina Bread Knife 1

Rp94.213

Agak Murah

Desain compact dan modern, mudah digunakan untuk memotong roti dan mengoles selai

3

Tramontina

8" Bread Knife 23422108

Tramontina  8" Bread Knife  1

Rp37.100

Lebih Murah

Pisau roti yang aman dibersihkan di mesin pencuci piring

4

Fackelmann

Nirosta Bread Knife Style

Fackelmann  Nirosta Bread Knife Style 1

Rp71.000

Agak Murah

Bilah berbahan food grade stainless steel, makanan tetap terjaga kualitasnya

5

Greenpan

Chop & Grill Stainless Steel Serrated Bread Knife

Greenpan  Chop & Grill Stainless Steel Serrated Bread Knife 1

Rp294.900

Agak Mahal

Pisau roti bergerigi yang bisa diasah kembali

6

Victorinox

Swiss Classic Bread Knife

Victorinox  Swiss Classic Bread Knife 1

Rp509.000

Agak Mahal

Pisau buatan Swiss dengan pegangan yang ergonomis

7

Neoflam

Titanium Bread Knife Rose Gold

Neoflam  Titanium Bread Knife Rose Gold 1

Rp119.000

Menengah

Berlapis titanium, bilah pisau lebih mewah dan tajam

8

CasaRoyale

Bread Knife CR-788-3

CasaRoyale  Bread Knife  1

Rp77.500

Agak Murah

Dibuat dengan high tech injection mold, pisau berkualitas tinggi

9

Oxone

Steak and Bread Knife OX61D

Oxone  Steak and Bread Knife  1

Rp159.000

Menengah

Pisau roti pipih yang bisa digunakan untuk memotong steak

10

Joseph Joseph

Elevate 8" Bread Knife 10533

Joseph Joseph  Elevate 8" Bread Knife  1

Rp462.000

Agak Mahal

Dilengkapi dengan selubung pelindung, penyimpanan lebih aman

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Queen RoyalwareElectric Knife

Electric Knife 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal

Pisau roti elektrik dengan dua bilah yang berbeda fungsi

Kelebihan:

  • Satu set terdiri dua bilah pisau
  • Bilah pisau mudah dirawat dan dibersihkan
  • Pisau ringan sehingga mudah digunakan

Kekurangan:

  • Agak sulit digunakan untuk memotong roti yang berkulit tebal, seperti sourdough 
  • Suara mesin lumayan kencang saat digunakan

Anda ingin mencoba menggunakan pisau elektrik? Pilihlah pisau dari Queen Royalware. Produk ini dilengkapi dengan dua bilah pisau yang memiliki fungsi berbeda. Satu bilah digunakan untuk memotong roti. Sementara itu, bilah lainnya bisa digunakan untuk memotong buah dan daging.


Meskipun menggunakan mesin, pisau elektrik ini ringan sehingga mudah digunakan. Anda pun bisa membersihkannya dengan mudah. Cukup lap bilah pisau dengan kain basah setelah digunakan untuk memotong roti.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CaTalinaBread Knife

Harga referensi
Rp94.213
Agak Murah

Desain compact dan modern, mudah digunakan untuk memotong roti dan mengoles selai

Kelebihan:

  • Mudah digunakan untuk memotong roti dengan berbagai ukuran
  • Dapat digunakan untuk mengoles selai dan mentega di roti
  • Bilah pisau tebal seperti pisau dapur

Kekurangan:

  • Pisau tidak bisa diasah untuk mempertajam kembali

Produk pisau roti keluaran CaTalina memiliki desain compact yang modern. Alhasil, pisau roti ini mudah digunakan untuk memotong roti dengan berbagai ukuran. Anda juga bisa memanfaatkan pisau ini untuk mengoles selai atau mentega ke roti, lho! Selain itu, pisau roti ini memiliki gagang dengan pilihan warna pastel yang dapat menambah kesan kekinian di dapur Anda.

No.3

Tramontina 8" Bread Knife 23422108

Harga referensi
Rp37.100
Lebih Murah

Pisau roti yang aman dibersihkan di mesin pencuci piring

Kelebihan:

  • Aman dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring

Kekurangan:

  • Pisau tidak bisa diasah untuk mempertajam kembali

Setelah memakai pisau untuk memotong roti, tentu Anda perlu membersihkannya. Jika malas, Anda bisa menggunakan mesin pencuci piring. Untuk itu, pilihlah bread knife dari Tramontina. Pisau roti bergerigi buatan Brazil ini aman dibersihkan di mesin pencuci piring. Namun, setelah dicuci, Anda perlu mengelapnya hingga kering supaya bilah pisau tidak mudah berkarat, ya.

No.4

Fackelmann Nirosta Bread Knife Style

Harga referensi
Rp71.000
Agak Murah

Bilah berbahan food grade stainless steel, makanan tetap terjaga kualitasnya

Kelebihan:

  • Bilah terbuat dari bahan food grade stainless steel yang mampu menjaga kualitas roti
  • Terdapat lubang pada gagang pisau untuk menggantung

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang menyatakan bahwa pisau kurang tajam untuk memotong baguette

Anda tentu ingin menyajikan roti dengan kualitas terbaik, bukan? Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memotong roti dengan pisau Fackelmann ini. 


Bilah pisau roti ini terbuat dari bahan food grade stainless steel sehingga kualitas roti tetap terjaga. Gagang pisaunya juga memiliki lubang yang bisa Anda manfaatkan untuk menggantung pisau. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menyediakan tempat penyimpanan pisau.

No.5

Greenpan Chop & Grill Stainless Steel Serrated Bread Knife

Harga referensi
Rp294.900
Agak Mahal

Pisau roti bergerigi yang bisa diasah kembali

Kelebihan:

  • Pisau bisa diasah sehingga ketajamannya terjaga

Kekurangan:

  • Tidak direkomendasikan untuk digunakan memotong dengan alas keras, seperti yang terbuat dari bahan logam dan batu

Anda enggan membeli pisau roti karena ketajamannya tidak tahan lama? Rasanya Anda perlu mencoba pisau roti dari Greenpan. Pisau roti ini dapat diasah sehingga bisa tajam kembali dan awet. Pisau berbahan stainless steel ini juga berwarna full hitam sehingga terlihat kokoh. Anda akan terlihat seperti baker profesional saat memotong roti dengan pisau elegan ini.

No.6

Victorinox Swiss Classic Bread Knife

Harga referensi
Rp509.000
Agak Mahal

Pisau buatan Swiss dengan pegangan yang ergonomis

Kelebihan:

  • Pegangan ergonomis sehingga mudah digunakan untuk memotong roti

Kekurangan:

  • Jika dibandingkan produk lain, pisau ini memiliki harga paling mahal

Salah satu kendala dalam memotong roti adalah tidak menggunakan pisau yang tepat. Hal ini kemungkinan terjadi karena Anda tidak menemukan pisau dengan pegangan yang pas. Ada baiknya Anda menggunakan pisau dari Victorinox. Pisau roti buatan Swiss ini memiliki pegangan ergonomis yang cocok untuk Anda genggam. Dengan demikian, aktivitas memotong roti akan lebih mudah Anda lakukan.

No.7

Neoflam Titanium Bread Knife Rose Gold

Harga referensi
Rp119.000
Menengah

Berlapis titanium, bilah pisau lebih mewah dan tajam

Kelebihan:

  • Bilah berlapis titanium sehingga lebih tajam
  • Bilah berwarna rose gold sehingga terlihat mewah
  • Pisau mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Pisau tidak bisa diasah karena lapisan titanium bisa terkelupas

Bilah pisau roti dari Neoflam terbuat dari bahan stainless steel yang berlapis titanium. Berkat lapisan titanium tersebut, bilah menjadi lebih tajam. Selain itu, tampilan pisau juga terlihat lebih mewah dengan desain warna rose gold. Pisau roti ini pun tampak menarik saat dipajang di rak pisau dapur. Dijadikan properti untuk foto hidangan roti juga tampak estetik! 

No.8

CasaRoyale Bread Knife CR-788-3

Harga referensi
Rp77.500
Agak Murah

Dibuat dengan high tech injection mold, pisau berkualitas tinggi

Kelebihan:

  • Gagang dibuat dari polyoxymethylene sehingga kuat dan keras

Kekurangan:

  • Pisau tidak bisa diasah sehingga ketika tumpul akan sulit digunakan untuk memotong roti

Anda tentu ingin mempunyai pisau roti berkualitas tinggi, bukan? Cobalah untuk memilih produk pisau roti dari CasaRoyale. Produk ini dibuat dengan high tech injection mold. Selain itu, handle pisau terbuat dari bahan polyoxymethylene yang kuat dan keras sehingga awet. Kombinasi bahan dan teknologi membuat pisau ini memiliki kualitas tinggi.

No.9

Oxone Steak and Bread Knife OX61D

Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Pisau roti pipih yang bisa digunakan untuk memotong steak

Kelebihan:

  • Memiliki manfaat ganda, dapat memotong roti dan steak

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, ketajaman bilah pisau tidak merata, bagian bawah tidak terlalu tajam sebelum diasah

Pisau roti umumnya hanya ideal untuk memotong roti. Namun, pisau roti Oxone ini bisa juga digunakan untuk memotong steak. Anda tentu tertarik, bukan, untuk memiliki pisau dengan manfaat ganda? Pisau yang terbuat dari stainless steel ini juga tidak mudah berkarat sehingga Anda bisa memakainya dalam waktu lama. Desain pisau pipih berwarna hitamnya pun tampak modis.

No.10

Joseph Joseph Elevate 8" Bread Knife 10533

Harga referensi
Rp462.000
Agak Mahal

Dilengkapi dengan selubung pelindung, penyimpanan lebih aman

Kelebihan:

  • Dilengkapi selubung pelindung sehingga penyimpanan lebih aman

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan bahwa ketajaman pisau akan berkurang setelah penggunaan selama seminggu

Pisau roti dari Joseph Joseph dilengkapi dengan selubung pelindung. Hal ini akan memudahkan Anda dalam penyimpanan. Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk pisau roti. Adanya selubung pelindung menjadikan penyimpanan pisau lebih aman. Pilihlah produk pisau ini jika Anda tidak mau mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli tempat penyimpanan pisau.

Tips dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Tips dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Untuk menjaga ketajaman dan kinerja pisau roti, sebaiknya Anda menggunakan alas atau cutting board yang berbahan kayu atau plastik.

Baca juga rekomendasi pisau lainnya di sini

Sesuai dengan namanya, pisau roti memang diperuntukkan untuk memotong roti. Selain pisau roti, tentunya ada jenis pisau lainnya yang patut Anda ketahui. Anda bisa mengetahui informasi selengkapnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan produk pisau roti terbaik. Pastikan Anda memilih produk pisau roti yang tepat supaya bisa menyajikan potongan roti yang lebih rapi. Jadi, Anda bisa menjadikan roti buatan Anda sebagai kudapan istimewa dalam momen penting. Ada baiknya Anda juga mempelajari trik memotong roti agar lebih estetik. Selamat menyajikan roti dengan potongan yang rapi!

5 Rekomendasi Pisau Roti terbaik

No. 1: Queen RoyalwareElectric Knife

No. 2: CaTalinaBread Knife

No. 3: Tramontina 8" Bread Knife 23422108

No. 4: Fackelmann Nirosta Bread Knife Style

No. 5: Greenpan Chop & Grill Stainless Steel Serrated Bread Knife

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Pisau Roti Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.