10 Rekomendasi Foundation Terbaik Untuk Usia 20-an (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Foundation Terbaik Untuk Usia 20-an (Terbaru Tahun 2018)

Dasar makeup sangat mempengaruhi hasil akhir dari riasan Anda. Salah satu dasar makeup yang penting adalah foundation. Terutama pada usia 20-an, dimana masalah yang muncul akan berbeda di paruh pertama dan paruh kedua usia, dan karakteristik kulit Anda lebih mudah terlihat. Penting untuk mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu, apakah kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, atau lainnya.

Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan beberapa produk foundation yang direkomendasikan untuk usia 20-an berdasarkan popularitas, karakteristik, dan harganya. Sebelum itu, kami juga akan memberikan informasi tentang cara memilih foundation untuk wanita di usia 20-an. Pilihlah foundation yang cocok untuk kulit Anda, dan dapatkan hasil makeup yang sempurna!

Daftar isi

Karakteristik kulit pada usia 20-an

Karakteristik kulit pada usia 20-an

Pada usia 20-an, pembelahan sel berkembang pesat dan siklus regenerasi sel-sel kulit (turn over) masih dalam kondisi normal. Kulit juga terlihat kencang dan memiliki warna yang sehat, tidak tampak ada masalah yang terlihat. Namun, kulit mudah terpengaruh oleh rangsangan dari luar dan juga ketidakseimbangan hormon. Mengingat bagaimana kebiasaan anak muda, pergi tidur tanpa membersihkan makeup, sudah pasti akan merusak kondisi kulit.

Sebagai tambahan, usia ini juga merupakan usia dimana karakteristik kulit akan muncul secara mencolok. Terutama pada paruh pertama, akan sangat terlihat pada Anda yang mempunyai produksi sebum berlebih dan juga hormonal acne. Sedangkan pada paruh kedua, berhati-hatilah karena kulit Anda akan mulai terlihat kusam! Komponen yang diperlukan kulit agar tetap indah, kolagen dan ceramide, produksinya akan menurun di penghujung usia 20-an.

Saat kondisi kulit Anda masih bagus, memilih perawatan kulit dan makeup yang tepat merupakan langkah pertama Anda menuju kondisi kulit yang sehat di masa mendatang. Pastikan Anda memilih foundation dengan memikirkan kondisi kulit Anda tanpa terpengaruh oleh tren masyarakat.

Cara memilih foundation untuk usia 20-an

Kali ini, kami akan memberi informasi tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk foundation yang cocok dengan karakteristik dan masalah kulit Anda. Mari kita simak artikel lengkapnya sebagai bahan referensi Anda saat ingin memilih foundation.

Pilihlah foundation berdasarkan karakteristik dan hasil akhir dari masing-masing tipe

Ada berbagai tipe foundation yang berbeda pada saat ini. Saat usia 20-an, banyak wanita yang baru pertama kalinya menggunakan makeup. Oleh karena itu, untuk membantu Anda memilih foundation yang tepat, mari kita mulai dengan mencari tahu tipe-tipe foundation dan hasil akhirnya pada kulit Anda.

Untuk hasil akhir yang natural, matte, dan mudah digunakan, pilihlah tipe powder foundation

Untuk hasil akhir yang natural, matte, dan mudah digunakan, pilihlah tipe powder foundation

Secara umum, powder foundation merupakan foundation jenis bubuk yang dipadatkan (pressed). Spons dibuat secara khusus sehingga mudah digunakan saat merias wajah dan mudah untuk dibawa-bawa.

Teksturnya yang ringan sangat mudah digunakan, karena tidak mudah rusak atau gagal saat pengaplikasiannya, direkomendasikan untuk Anda yang masih pemula dalam hal makeup. Foundation tipe ini sempurna bagi Anda yang menginginkan sentuhan akhir bernuansa natural dan matte. Kandungan pengawet dan surfaktan cukup kecil sehingga lembut pada kulit.

Selain tipe yang dipadatkan, ada juga loose foundation yang tetap berbentuk bubuk tanpa pemadatan. Memiliki kelebihan tekstur yang ringan dan lembut, cocok untuk Anda yang tidak biasa menggunakan foundation yang berat.

Pada foundation tipe powder, partikel dari foundation hanya berada di permukaan dan sulit meresap ke dalam kulit. Hal ini tidak akan memberi beban yang berlebihan pada kulit sehingga untuk orang yang kulitnya sering bermasalah pun dapat menggunakannya dengan aman.

Namun, kekurangan dari powder foundation adalah sulit untuk meratakan warna kulit, bahkan setelah dilapisi berulang-ulang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan concealer terlebih dahulu untuk menutupi bagian yang ingin Anda samarkan. Setelah itu, Anda juga bisa membubuhkan control color untuk menghilangkan tekstur kulit yang tidak rata. Dengan begini, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang cantik dengan warna yang merata.

Untuk mendapatkan kelembapan dan daya coverage yang baik, pilihlah foundation berbentuk krim

Untuk mendapatkan kelembapan dan daya coverage yang baik, pilihlah foundation berbentuk krim

Foundation berbentuk krim cocok dipakai untuk Anda yang berusia akhir 20-an dan 30-an, ketika muncul jerawat yang sulit untuk disembuhkan, atau ketika mulai muncul beberapa bintik noda pada kulit akibat pengaruh sinar ultraviolet.

Tipe ini mengandung lebih banyak kandungan minyak dibandingkan tipe powder foundation maupun foundation cair, dan teksturnya yang kaya dapat menyembunyikan dengan baik masalah-masalah yang terlihat jelas pada kulit Anda. Memiliki efek melembapkan yang cukup baik sehingga dapat mencegah kekeringan pada kulit, serta kulit Anda akan terlihat cantik.

Karena foundation krim memiliki daya tutup yang paling tebal, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Bubuhkan foundation tipis-tipis saja, lalu Anda bisa menambahkan concealer yang juga berfungsi sebagai highlighter, atau bisa juga menggunakan concealer warna biru di area segitiga wajah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang tampak transparan.

Untuk kelembapan dan daya tutup yang seimbang, pilihlah foundation cair

Untuk kelembapan dan daya tutup yang seimbang, pilihlah foundation cair

Meskipun foundation cair tidak sebaik tipe krim dalam hal kelembapan dan daya tutup, tetapi tipe ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil akhir terlihat alami. Tipe ini memiliki kelembapan yang baik dan daya tutup yang natural, dan keseimbangannya pun bagus untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering.

Teksturnya bervariasi tergantung masing-masing produk, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Keduanya tidak terlalu ringan jika dibandingkan dengan tipe powder foundation, tetapi juga tidak seberat tekstur foundation tipe krim. Foundation tipe ini dapat digunakan dalam berbagai macam pengaplikasian, mulai dari makeup acara besar hingga untuk penggunaan sehari-hari.

Foundation cair memiliki kandungan minyak dan air yang lebih banyak sehingga lebih mudah diratakan daripada foundation krim. Karena karakter foundation seperti tekstur yang ringan dan daya tutup yang tinggi berbeda-beda tergantung produknya, maka pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Saat ini memang sudah banyak tersedia produk yang memberikan hasil akhir yang ringan pada kulit. Namun, jika Anda ingin membuat makeup Anda lebih awet dan tidak mudah luntur, kami sarankan Anda menambahkan bedak tabur dengan kandungan anti-UV.

Untuk hasil yang bercahaya dan mudah digunakan kapan saja, pilihlah tipe cushion foundation

Untuk mendapatkan hasil akhir yang bercahaya dan kemudahan dalam genggaman, pilihlah tipe cushion foundation

Foundation tipe ini merupakan jenis foundation yang mengandung bahan kecantikan. Tanpa perlu menggunakan dasar makeup pun, Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang cantik dengan efek bercahaya. Foundation ini juga banyak dipilih karena sangat mudah dan praktis digunakan. Selain itu, foundation ini sangat bagus digunakan untuk retouch atau memperbaiki makeup.

Terdapat tipe all-in one yang membutuhkan waktu singkat dalam pengaplikasiannya, dan tidak perlu memakai makeup lainnya lagi, sangat cocok untuk Anda yang sibuk. Namun, karena kadar kelembapannya cukup tinggi sehingga akan terlihat mengkilap di wajah Anda. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah jenis matte yang mengandung bedak penyerap sebum, serta yang bisa memberikan hasil akhir natural.

Cushion foundation adalah tipe yang mudah untuk digunakan, serta dapat membuat kulit Anda tampak bersinar seperti kulit orang Korea. Tipe ini memiliki tekstur yang mirip dengan foundation cair sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif pengganti foundation cair.

Namun, banyak yang mengatakan tipe ini lebih mudah luntur dibanding tipe lainnya. Untuk itu, setelah mengaplikasikan foundation dengan spons pada kulit, tekan-tekan dengan tangan hingga kulit tertutup foundation dengan rapat. Anda akan mendapatkan hasil akhir yang terlihat cantik.

Pilihlah foundation sesuai dengan jenis kulit Anda

Poin yang harus Anda perhatikan juga saat memilih foundation bervariasi tergantung pada jenis kulit Anda. Mari kita simak cara memilih foundation sesuai jenis kulit, termasuk dengan perubahan karakter kulit yang sering dijumpai pada usia 20-an.

Untuk kulit kering, pilih foundation krim yang memiliki kadar pelembap yang tinggi

Untuk kulit kering, pilih foundation krim yang memiliki kadar pelembap yang tinggi

Jika Anda memiliki kulit kering dengan kelembapan kulit minim, lebih baik Anda memilih foundation jenis krim. Kadar kelembapan jenis ini lebih tinggi daripada jenis powder dan jenis cair sehingga dapat menanggulangi masalah kulit kering. Bila kulit terlalu kering, dapat terjadi retakan pada makeup Anda dan menciptakan garis-garis yang terlihat jelas pada kulit Anda.

Tipe ini juga ideal untuk Anda yang berusia di akhir 20-an karena biasanya pada usia ini kulit mulai memproduksi lebih sedikit minyak. Foundation krim akan memberikan minyak dalam kadar yang cukup, dan memberikan kilau pada wajah Anda.

Selain itu, BB cream juga disarankan untuk Anda. BB cream adalah produk yang memiliki fungsi all-in-one karena dapat digunakan sebagai essence, primer, foundation, dan sebagainya. Karena tekstur dan hasil akhir yang diberikan tidak begitu berbeda dengan foundation krim, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakannya.

Untuk kulit berminyak, pilih powder foundation yang memiliki kadar minyak lebih sedikit

Untuk kulit berminyak, pilih powder foundation yang memiliki kadar minyak lebih sedikit

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, lebih baik Anda memilih powder foundation yang dapat mengurangi kadar minyak pada kulit Anda sehingga dasar makeup Anda terlihat lebih mulus. Terutama pada usia 20-an dimana banyak wanita yang mengalami sekresi sebum berlebih dan hormonal acne.

Jika foundation kurang menyatu akibat terlalu banyak minyak pada wajah Anda, makeup Anda dapat dengan mudah rusak maupun luntur. Apabila Anda khawatir dengan kilap di wajah, Anda dapat mengendalikannya dengan menggunakan powder foundation.

Selain itu, sebaiknya hindarilah menggunakan foundation jenis krim karena hal tersebut dapat membuat foundation mudah luntur akibat kandungan minyak yang ada di wajah Anda. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Namun, jika Anda ingin menggunakannya, akan lebih baik jika Anda mengaplikasikannya tipis-tipis, dan membiarkan kilau alami minyak di wajah Anda.

Untuk kulit yang sensitif, pilih mineral foundation dengan bahan-bahan yang tidak mengiritasi kulit

Untuk kulit yang sensitif, pilih mineral foundation dengan bahan-bahan yang tidak mengiritasi kulit

Jika kulit Anda sedang mengalami pecah-pecah atau meradang, Anda lebih baik memilih tipe powder foundation dengan tekstur seringan mungkin. Dianjurkan juga untuk menggunakan powder foundation dengan kandungan mineral. Karena mengandung bahan yang bekerja untuk mencegah oksidasi, untuk Anda yang memiliki masalah permukaan kulit tidak merata, tidak perlu khawatir karena kemungkinan terjadinya iritasi sedikit.

Hal yang perlu diingat adalah meskipun mineral foundation tampak bagus untuk kulit, bukan berarti Anda bisa memilih untuk menggunakannya begitu saja. Faktanya, banyak bahan-bahan yang mungkin saja tidak cocok dengan kulit Anda, bahkan bisa menyebabkan alergi. Kami sarankan agar Anda berhati-hati dengan produk yang berlabel organik ataupun formulasi alami. Terutama untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan memiliki riwayat alergi, pastikan untuk memeriksa kembali bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sebelum membeli.

Selain itu, meskipun mineral foundation ini mudah dibersihkan dengan sabun serta lebih ramah di kulit, foundation ini juga memiliki kekurangan. Akan ada kemungkinan Anda tidak puas dengan makeup Anda karena foundation yang Anda pakai tidak bisa memberikan hasil akhir yang cantik. Maka dari itu, berhati-hatilah sebelum memutuskan untuk menggunakan mineral foundation. 

Untuk kulit kombinasi, pilih powder foundation yang jumlahnya dapat disesuaikan dengan area wajah

Untuk kulit kombinasi, pilih powder foundation yang jumlahnya dapat disesuaikan dengan area wajah

Bila Anda memiliki jenis kulit kombinasi, pilihlah foundation yang dapat menjadi dasar makeup sekaligus dapat melembapkan kulit Anda dengan baik. Kulit kombinasi memiliki masalah berbeda pada beberapa area wajah, seperti kulit kering pada area pipi, dan berminyak di area T-zone. Kontrollah seberapa banyak powder foundation yang akan Anda aplikasikan pada wajah Anda.

Pilihlah foundation dengan kandungan pelembap sekaligus anti-UV untuk melindungi kulit Anda

Pilihlah foundation dengan kandungan pelembap sekaligus anti-UV untuk melindungi kulit Anda

Kekeringan adalah musuh bagi kulit yang indah. Tidak hanya terbatas untuk jenis kulit kering saja, akan lebih baik jika Anda memilih foundation dengan kandungan pelembap sebanyak mungkin untuk melindungi kulit Anda di masa mendatang. Pertimbangkan foundation sebagai bagian dari perawatan kulit, dan pilihlah kombinasi pelembap seperti ceramide, hyaluronic acid, kolagen, royal jelly, dan sebagainya.

Manfaat tabir surya sama pentingnya dengan pelembap. Dikatakan bahwa 80% penyebab penuaan kulit disebabkan oleh sinar UV. Pilihlah produk yang memiliki fitur anti-UV, dan memiliki kadar SPF/PA. Hal ini penting untuk Anda perhatikan mulai dari usia 20-an ketika masih memiliki kulit yang indah, agar Anda bisa mencegah kerusakan kulit di masa mendatang mulai dari sekarang.

Selain itu, ada baiknya Anda membeli produk setelah Anda mencoba produk tersebut. Saat Anda pergi ke toko kecantikan, biasanya mereka akan memberikan sampel yang bisa Anda coba. Akan lebih baik lagi jika Anda mencobanya langsung di toko tersebut dengan meminta staf toko untuk membubuhkannya langsung pada wajah Anda. Dengan mendengarkan langsung penjelasan dan cara penggunaan foundation, resiko salah pilih produk pun akan berkurang.

Pada saat mencoba kosmetik, sebenarnya cukup aman memilih sampel untuk dicoba. Namun, ada beberapa orang yang mengkhawatirkan masalah kebersihannya karena ada berbagai orang yang menggunakan satu sampel tersebut. Jika Anda termasuk yang khawatir dengan hal tersebut, Anda dapat mencobanya pada tangan agar lebih aman.

Aplikasikan foundation yang Anda miliki bersebelahan dengan foundation yang hendak Anda beli sehingga Anda akan lebih mudah untuk membandingkan dan memilihnya. Pilihlah produk yang memiliki daya tutup serta kenyamanan di kulit yang lebih baik dari foundation yang Anda miliki sekarang.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk usia 20-an

Berikut ini adalah rekomendasi foundation sesuai dengan tipe dan kelebihannya masing-masing. Temukan foundation yang dapat membantu Anda mencapai kulit ideal Anda!

10. Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation

10. Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 139.000

Mengandung micro-powder untuk menyerap minyak berlebih serta menyamarkan pori-pori

Foundation ini memiliki formula yang sangat ringan serta mengandung micro-powder yang dapat menyerap minyak berlebih serta menyamarkan pori-pori Anda. Foundation ini memiliki hasil akhir matte yang tahan lama dan memiliki hasil yang natural pada kulit Anda. Cocok digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit normal hingga berminyak.

Untuk varian warnanya, foundation ini memiliki 40 pilihan warna sehingga mudah bagi Anda untuk memilih yang sesuai dengan warna kulit Anda. Meskipun dapat menyamarkan pori-pori, tetapi foundation ini non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

9. NYX Professional Total Control Drop Foundation

9. NYX Professional Total Control Drop Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 251.000

Daya coverage yang bisa Anda atur sesuka hati, mulai dari sheer hingga full coverage!

Foundation ini memiliki formulasi yang ringan dan buildable yang akan membuat Anda nyaman menggunakannya. Selain itu, Anda juga bebas untuk mengatur pemakaiannya sesuka hati. Anda dapat menggunakannya tipis-tipis untuk daya tutup minimal atau sheer, kemudian bisa Anda lapisi lagi untuk daya tutup sedang, dan bisa Anda pakai lebih banyak untuk daya tutup maksimal atau full coverage dengan hasil akhir matte.

Tersedia dalam 30 pilihan warna, Anda dapat dengan mudah menemukan warna yang tepat untuk kulit Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang sibuk dan sering hadir di berbagai macam acara. Anda bisa menggunakannya tipis-tipis untuk hasil akhir natural untuk ke kantor, atau tampil dengan foundation full coverage untuk acara-acara penting.

8. Etude House Real Powder Cushion SPF50+PA+++

8. Etude House Real Powder Cushion SPF50+PA+++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 205.000

Tetap nyaman meski cuaca panas dan lembap

Foundation ini memiliki formula unik dari bentuk cair yang dapat berubah menjadi tekstur powder segera setelah dipakaikan pada wajah Anda. Langsung kering setelah pengaplikasian, dan memberikan hasil akhir yang matte dengan tekstur yang nyaman seperti memakai bedak. Memiliki daya tutup yang hampir sempurna dengan konsistensi yang ringan, produk ini bisa dipakai untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.
Selain itu, foundation ini memiliki daya tahan yang kuat pada suhu dan kelembapan yang tinggi sehingga cocok untuk Anda yang tinggal di daerah beriklim tropis. Namun, kami tidak menyarankan untuk memakai lebih dari 1 lapisan saat pengaplikasiannya karena foundation ini dapat terlihat cakey bila ditimpa berkali-kali.

7. The Ordinary Serum Foundation

7. The Ordinary Serum Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 184.000

Foundation dengan tekstur yang ringan dan melembapkan seperti serum

Brand yang terkenal dengan produk skincare-nya ini mengeluarkan varian foundation yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Foundation ini memiliki konsistensi yang cair seperti serum, dengan formula yang lightweight dan daya tutup ringan hingga medium untuk menghasilkan makeup yang lebih natural. Memiliki hasil akhir semi-matte sehingga cocok digunakan baik untuk pemilik kulit kering, normal, maupun berminyak.

Kandungannya membuat kulit terasa lembap sepanjang hari sehingga sangat nyaman digunakan. Hasil akhirnya juga terasa halus dan lembut, tidak cakey. Sangat mudah untuk diratakan dan dilapis kembali setelahnya. Namun, bila Anda menginginkan foundation dengan daya tutup maksimal, serum foundation ini bukan untuk Anda.

6. Maybelline Super BB Fresh Matte Cream

6. Maybelline Super BB Fresh Matte Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

BB cream dengan 80% kandungan pelembap, tetapi dengan hasil matte? Bisa!

Anda tak punya waktu di pagi hari untuk memakai skincare kemudian melakukan makeup? BB cream ini akan menghemat banyak waktu Anda. Diformulasi dari 80% water essence dan aloe vera,  produk ini akan memberi kelembapan pada kulit Anda. Anda pun tak perlu khawatir kulit terasa kering saat memakai foundation ini meski tanpa memakai skincare sebelumnya.

Khawatir kulit Anda akan terlihat mengkilap atau berminyak karena banyak kandungan pelembapnya? Anda tak perlu khawatir! BB cream ini mengandung mineral yang akan memberi hasil matte pada riasan Anda. Dilengkapi dengan SPF, kulit Anda akan tetap lembap dan terlindungi dari sinar matahari sepanjang hari. Kini, Anda tak perlu lagi bangun terlalu pagi untuk mengaplikasikan berbagai langkah skincare.

5. Moonshot Microfit Cushion

5. Moonshot Microfit Cushion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 440.000

Tidak akan terlihat cakey meskipun Anda retouch berkali-kali

Foundation ini memberikan hasil akhir semi-matte dengan kemilau sehat yang indah. Konsistensinya lightweight dan memberikan kelembapan pada kulit Anda. Foundation ini juga membuat kulit anda terlihat lembut secara natural. Mampu mengecilkan pori-pori agar terlihat flawless, sekaligus mengurangi kerutan pada wajah Anda dengan kandungan bahan aktif di dalamnya.

Foundation ini terbilang cukup tahan lama sehingga tidak perlu sering-sering Anda retouch. Namun, bila Anda perlu menambahkan foundation kembali agar daya tutupnya lebih maksimal, foundation ini tidak akan terlihat cakey pada wajah meskipun Anda berkali-kali mengaplikasikannya. Produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin tetap cantik tanpa perlu retouch berkali-kali.

4. MAC Studio Fix Plus Foundation Powder

4. MAC Studio Fix Plus Foundation Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 470.000

Powder foundation dengan ketahanan luar biasa, tidak mudah luntur!

Foundation sekaligus bedak yang akan membuat kulit Anda terasa halus dan flawless dengan hasil akhir matte. Memiliki daya tutup medium hingga full-coverage, cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Meskipun begitu, teksturnya yang nyaman memungkinkan kulit untuk bernafas.

Sangat mudah diaplikasikan dan tidak mudah luntur, produk ini mampu bertahan selama 12 jam setelah diaplikasikan. Anda tidak perlu memakai produk dalam jumlah banyak, cukup sedikit saja, foundation ini dapat menutup seluruh area wajah, memberikan hasil akhir yang merata dan cantik. Dengan tekstur powder yang akan mengangkat minyak pada kulit, Anda akan bebas kilap seharian.

3. Diorskin Forever Extreme Control Compact Powder

3. Diorskin Forever Extreme Control Compact Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 869.900

Foundation lembut dengan hasil matte yang natural, terasa ringan seperti tidak memakai makeup

Jika Anda termasuk orang yang jarang menggunakan makeup tebal, tentu Anda kurang menyukai tampilan full coverage dari foundation dengan tekstur yang berat dan hasil akhir seperti mengenakan topeng. Namun, tidak dengan powder foundation dari Dior ini. Meskipun memiliki daya coverage tinggi, produk ini terasa sangat ringan dan halus ketika dipakai, seperti tidak mengenakan foundation.

Foundation ini dirancang seperti bedak padat, sangat ideal bagi Anda yang tinggal di iklim lembap, suhu tinggi, atau memiliki perbedaan suhu yang signifikan. Kandungan blotting powder dengan partikel ultrafine-nya membuat kulit Anda terlihat sempurna, tidak berminyak, lembut, dan bercahaya secara alami selama 12 jam.

2. Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening

2. Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 499.900

Cushion foundation sekaligus skincare, dapatkan kulit sehat yang bercahaya

Jika Anda berusia di akhir 20-an atau di atasnya, cushion foundation ini cocok untuk Anda. Mengandung berbagai macam bahan alami seperti ekstrak magnolia, ginseng, bubuk mutiara, dan bahan lainnya yang akan memberi perawatan ekstra pada kulit Anda, terutama saat kulit Anda sedang bermasalah. Foundation ini akan memberi Anda kulit yang bersinar sehat dan flawless. 

Seperti kebanyakan cushion foundation Korea, foundation ini memberikan hasil akhir dewy pada kulit. Namun, teksturnya tidak terasa lengket dan tidak membuat wajah Anda tampak berminyak. Tampilan akhirnya bercahaya, tetapi tidak terlalu lembap. Oleh karena itu, foundation ini bagus juga untuk digunakan sehari-hari pada cuaca yang panas.

1. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

1. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 515.000

Foundation yang melekat dengan sangat baik, tidak transfer ke baju dan bebas minyak!

Foundation yang populer di seluruh dunia ini sangat tahan terhadap transfer secara konsisten. Selama Anda menggunakannya, foundation ini tidak berpindah ke kain atau tisu saat Anda mengusap wajah Anda. Bahkan pada hari yang panjang dan lembap, kulit Anda akan tetap terasa ringan, dengan daya tutup yang sama sekali tak berubah. Hasil akhirnya pun terlihat natural, makeup Anda tidak akan terlihat terlalu tebal dan mencolok.

Memiliki hasil akhir matte dengan daya tutup medium, produk ini diformulasikan dengan baik agar tidak mudah luntur dan bebas minyak. Meskipun teksturnya ringan, namun tidak seringan powder foundation sehingga Anda tetap bisa mendapatkan hasil akhir yang mulus dan cantik. Produk ini dapat Anda andalkan saat memakainya ke acara-acara formal.

Cara memakai foundation yang baik

Hasil akhir dari pengaplikasian foundation merupakan titik penting yang mempengaruhi kesan keseluruhan pada wajah. Di bawah ini akan kami jelaskan tips untuk membuat riasan pagi yang rapih, serta untuk menyempurnakan makeup Anda.

Pemilihan alat juga penting untuk hasil akhir yang flawless

Pemilihan alat juga penting untuk hasil akhir yang flawless

Sama seperti foundation, Anda dapat menggunakan alat yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih bervariasi. Untuk Anda yang selama ini melakukan make up dengan menggunakan puff dan jari saja, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan makeup sponge dan makeup brush.

Ada banyak jenis spons makeup yang dijual dalam berbagai bentuk dan harga yang terjangkau. Selain itu, foundation brush juga populer akhir-akhir ini karena dapat membuat hasil akhir riasan Anda terlihat alami dan merata, tidak tumpang tindih seperti dengan menggunakan jari dan puff. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi, dan cobalah untuk menemukan alat rias yang cocok untuk Anda.

Tips untuk make up ulang

Tips untuk make up ulang

Pertama-tama, Anda harus mengetahui seberapa banyak makeup Anda yang telah luntur, dan lakukan perbaikan seminimal mungkin untuk menyesuaikan dengan makeup Anda yang telah luntur. Kilap dan sebum berlebih di sekitar T-zone dapat dikurangi menggunakan tisu atau dengan kertas minyak.

Kemudian, ratakan dengan menggunakan foundation dan bedak tipis-tipis. Jika makeup Anda banyak yang luntur karena keringat, bersihkan dengan lembut bagian yang luntur menggunakan spons hingga wajah bersih. Daripada menindih ulang bagian yang luntur sebagian, lebih baik mengulang kembali pengaplikasian foundation pada kulit yang telah dibersihkan, dan makeup Anda akan kembali mulus. Dengan cara ini maka makeup Anda tidak mudah untuk luntur kembali. Untuk Anda yang sering luntur riasannya, silakan coba cara ini!

Kesimpulan

Anda telah membaca beberapa rekomendasi foundation untuk usia 20-an, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda telah menemukan foundation yang cocok untuk Anda? Memilih foundation harus disesuaikan dengan kondisi kulit agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Temukan foundation favorit Anda, dan dapatkan hasil makeup yang flawless!