mybest
Kotak makan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan bekal
  4. 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Rantang rasanya sangat erat dengan kesan jadul. Meski begitu, rantang susun sebetulnya memudahkan Anda untuk membawa bekal dengan beragam lauk pauk. Selain rantang stainless steel, kini tersedia juga beragam model rantang plastik modern sampai rantang antitumpah dan rantang jumbo.

Temukan beragam merek rantang yang bagus, seperti dari Tupperware, Calista, Suborn, dan Zebra. Sebelumnya, simak dahulu tips dari kami untuk memilih rantang susun yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih rantang piknik ataupun rantang untuk membawa bekal. Yuk, langsung baca artikel ini sampai habis!

Diperbaharui 11/09/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu rantang?

Apa itu rantang?
Sumber: zebra-head.com
Berdasarkan KBBI, pengertian rantang adalah panci bersusun dan bertutup untuk tempat makanan yang dilengkapi tangkai sebagai pengait dan pegangan. Anda bisa memilih rantang untuk membawa bekal sehari-hari sampai untuk acara piknik keluarga atau orang terkasih. Fungsi rantang adalah untuk membawa beragam makanan tanpa tercampur.

Ada beragam model rantang yang ada di pasaran. Anda bisa memilih rantang berbahan besi dengan lapisan enamel yang tampak jadul ataupun rantang stainless steel. Namun, kini Anda juga bisa menemukan rantang plastik dengan warna-warni yang lebih modern.


Desain rantang pun beragam. Jika dahulu rantang perlu digabungkan sesuai dengan susunannya, kini ada rantang yang bisa disesuaikan susunannya. Ada juga rantang yang tidak memiliki jinjingan. Agar tidak salah pilih rantang untuk membawa bekal, simaklah tips dari kami selanjutnya, ya!

Cara memilih rantang

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih rantang, baik untuk bekal sehari-hari maupun rantang piknik. Mari simak baik-baik pembahasan kami agar Anda bisa menemukan rantang yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

1

Periksa kapasitas rantang sebelum Anda membeli

Poin yang satu ini terbilang cukup penting. Anda perlu memastikan ukuran dan kapasitas rantang yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.


  • Rantang jumbo dengan kapasitas total 2–3 L sangat pas untuk dibawa piknik. Kapasitasnya tergolong besar dan dapat digunakan untuk membawa lebih banyak porsi makanan. Untuk membawa banyak varian makanan, pilih rantang berkapasitas 2–3 L dengan tiga susun sampai empat susun.

  • Rantang dengan kapasitas kurang dari 2 L lebih pas dibawa sebagai lunch box. Anda bisa membawa lebih dari satu jenis lauk dengan kapasitas rantang ini.
2

Pertimbangkan pemilihan bahan rantang

Berikutnya, pastikan juga bahan rantang yang Anda pilih. Ada tiga jenis bahan rantang pada umumnya di pasaran. Kami akan menjelaskan kelebihan tiap-tiap bahan tersebut. Meski begitu, mungkin saja Anda menemukan rantang dengan bahan lainnya di luar bahan yang kami sebutkan ini.

Rantang plastik: Menawarkan beragam warna yang menarik

Rantang plastik: Menawarkan beragam warna yang menarik

Rantang plastik adalah rantang yang paling banyak ditemui di pasaran. Rantang plastik menawarkan beragam warna yang menarik. Ada juga rantang plastik berbentuk persegi, bulat, ataupun oval.


Jenis plastik yang digunakan adalah plastik polypropylene. Plastik tersebut sebetulnya tergolong cukup aman untuk menyimpan makanan panas. Namun, kami sarankan agar tidak menuang makanan yang terlalu panas ke dalam rantang berbahan plastik demi kesehatan Anda.

Rantang stainless steel: Kokoh dan tidak mudah berkarat

Rantang stainless steel tergolong kokoh dan tidak mudah berkarat. Rantang stainless steel sangat tepat digunakan untuk membawa makanan yang panas. Di sisi lain, Anda perlu berhati-hati saat memegang rantang yang berisi makanan panas karena bahan stainless steel adalah konduktor panas. Lalu, jagalah rantang Anda agar tidak jatuh sebab benturan dapat membuat rantang ini penyok.

Rantang enamel: Memberikan kesan jadul yang kental

Rantang enamel: Memberikan kesan jadul yang kental

Rantang enamel adalah rantang berbahan besi yang dilapisi dengan enamel. Rantang enamel memang memberikan kesan jadul yang kental. Motif burik hijau, biru, bunga, sayur, buah, sampai ayam jago merupakan motif rantang enamel yang bisa ditemui. Kelebihan rantang enamel adalah Anda bisa langsung memanaskannya di atas kompor.


Jika Anda memilih rantang enamel, pastikan Anda merawat rantang tersebut dengan baik. Pastikan lapisan enamel tidak mengelupas karena bagian besinya dapat berkarat dan tidak baik untuk kesehatan Anda.

3

Cek juga kelebihan lainnya dari desain rantang

Poin terakhir adalah memperhatikan keunggulan desain rantang. Berikut beberapa kelebihan rantang yang bisa Anda pertimbangkan.

Rantang dengan insulasi vakum, menjaga suhu makanan tetap hangat

Tidak banyak rantang yang menawarkan kelebihan ini. Jika Anda ingin makanan tetap hangat, pertimbangkan untuk memilih rantang modern dengan insulasi vakum, seperti dari merek Thermos. Insulasi vakum pada bagian cover membuat makanan Anda tetap terjaga kehangatannya.

Rantang antitumpah, menjaga makanan berkuah tetap aman

Biasanya rantang tidak memiliki tutup untuk tiap kompartemennya. Alhasil, makanan berkuah Anda rentan untuk tumpah saat dibawa dalam perjalanan. Untuk itu, Anda bisa memilih rantang yang tiap bagiannya dilengkapi dengan tutup. Tak hanya itu, pastikan juga tutup rantang dilengkapi dengan karet silikon ataupun kedap udara (airtight). Jadi, makanan berkuah tidak akan tumpah.

Rantang dengan sekat, mampu memuat lebih banyak jenis lauk

Rantang dengan sekat, mampu memuat lebih banyak jenis lauk

Anda pun bisa menemukan rantang yang dilengkapi dengan sekat. Rantang dengan sekat akan membantu Anda membawa lebih banyak varian lauk. Tak hanya lauk saja, Anda bisa memilih rantang dengan sekat untuk membawa tambahan camilan. Meski begitu, tak banyak rantang yang dilengkapi dengan sekat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rantang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rantang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Ecentio

Kotak Makan 3 Lapis

Ecentio Kotak Makan 3 Lapis 1

Rp350.000

Agak Mahal

Tampilan rantang modern, desain tutupnya pun kedap udara

2

Calista

Rantang Gunma Bulat 4 Susun

Calista Rantang Gunma Bulat 4 Susun 1

Rp49.000

Agak Murah

Kapasitasnya besar, harganya lebih terjangkau

3

Golden Sunkist

Rantang Susun 3 Oval RPLK 9028

Golden Sunkist Rantang Susun 3 Oval  1

Rp27.900

Lebih Murah

Bawa makanan lebih banyak dengan rantang plastik bersekat

4

Kedaung

Kukuruyuk Rantang Makan 4 Susun

Kedaung Kukuruyuk Rantang Makan 4 Susun 1

Rp155.700

Menengah

Rantang enamel jadul dengan motif ayam jago, antik!

5

Tupperware

Click To Go Rectangle

Tupperware Click To Go Rectangle 1

Rp390.000

Agak Mahal

Rantang plastik Tupperware yang bisa dibawa sendiri per kotaknya

6

Thermos

Vacuum Insulated Lunch ToteJBC-801

Thermos Vacuum Insulated Lunch Tote 1

Rp889.350

Lebih Mahal

Menjaga makanan tetap hangat sampai waktu makan tiba

7

Maspion

Rantang Chubby Single

Maspion Rantang Chubby Single 1

Rp111.700

Agak Murah

Ukurannya mungil, pas untuk membeli satu porsi makanan berkuah

8

Suborn

Rantang Stainless 3 Susun

Suborn Rantang Stainless 3 Susun 1

Rp75.600

Agak Murah

Rantang stainless steel polos, klasik dan awet tahan lama

9

Sango

Rantang Adelaide Blue

Sango Rantang Adelaide Blue 1

Rp310.000

Menengah

Meja makan lebih elegan berkat rantang keramik

10

Zebra

Pinto Smart Lock Jumbo

Zebra Pinto Smart Lock Jumbo 1

Rp599.000

Agak Mahal

Rantang stainless steel jumbo yang antitumpah

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

EcentioKotak Makan 3 Lapis

Kotak Makan 3 Lapis 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal

Tampilan rantang modern, desain tutupnya pun kedap udara

Kelebihan:

  • Setiap bagiannya memiliki tutup sendiri yang bersifat airtight


Kekurangan:

  • Pegangannya tampak kurang kokoh jika Anda membawa bekal yang berat

Rantang plastik tiga susun ini punya tampilan yang lebih modern. Anda bisa memilih rantang plastik Ecentio sebagai tempat makan yang keren untuk ke kantor. Tiap bagian rantangnya dilengkapi lagi dengan tutup yang memiliki lubang udara agar makanan lebih terjaga.


Anda juga akan mendapatkan sendok kecil yang bisa Anda tempatkan di bawah bagian tutup rantang. Lalu, Ecentio juga menyediakan tas khusus untuk rantang susun ini, lho. Lengkapi rantang ini dengan tasnya agar Anda lebih mudah membawanya ke kantor.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CalistaRantang Gunma Bulat 4 Susun

Harga referensi
Rp49.000
Agak Murah

Kapasitasnya besar, harganya lebih terjangkau

Kelebihan:

  • Warnanya yang sangat cerah membuat Anda tidak kelupaan membawanya

Kekurangan:

  • Bahan plastik kemungkinan kurang kokoh karena beberapa konsumen mendapatkan produk dengan kaitan yang patah

Apabila Anda mencari rantang plastik dengan kapasitas besar dan harga terjangkau, pertimbangkan produk Calista. Rantang Gunma berbentuk bulat ini memiliki harga yang lebih terjangkau dengan kapasitas yang ditawarkan. 


Selain itu, rantang plastik Calista memiliki warna neon yang cerah. Anda juga dapat membekali si kecil dengan rantang ini agar si kecil tidak lupa membawanya kembali ke rumah.

No.3

Golden SunkistRantang Susun 3 Oval RPLK 9028

Harga referensi
Rp27.900
Lebih Murah

Bawa makanan lebih banyak dengan rantang plastik bersekat

Kelebihan:

  • Ada sekat sehingga Anda bisa memisahkan makanan dan membawa lebih banyak makanan

Kekurangan:

  • Anda sebaiknya tidak memasukkan makanan dengan suhu tinggi ke dalamnya karena terbuat dari plastik

Jangan sampai Anda kelaparan saat bekerja seharian, ya. Anda bisa memilih tempat makan ini untuk mencukupi kebutuhan asupan makanan Anda selama bekerja. Rantang plastik dari Golden Sunkist dilengkapi dengan sekat pada dua kompartemennya. Jadi, Anda bisa membawa nasi, lauk, sampai camilan dengan rantai plastik ini.

No.4

KedaungKukuruyuk Rantang Makan 4 Susun

Harga referensi
Rp155.700
Menengah

Rantang enamel jadul dengan motif ayam jago, antik!

Kelebihan:
  • Modelnya yang unik seperti rantang susun jadul


Kekurangan:

  • Tidak dapat menahan panas dalam waktu lama

Alat makan dengan gambar ayam jago memang membawa kenangan masa lalu. Apabila Anda suka mengoleksi barang antik, jangan lewatkan rantang ayam jago ini, ya. Rantang ini juga dilapisi dengan enamel sehingga menambah kesan jadul. Anda bisa menggunakannya sebagai rantang untuk piknik dan jangan lupa mengambil foto yang bagus, ya.

No.5

TupperwareClick To Go Rectangle

Harga referensi
Rp390.000
Agak Mahal

Rantang plastik Tupperware yang bisa dibawa sendiri per kotaknya

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan connected locked system untuk menyatukan kotak
  • Tiap kotaknya dapat digunakan secara terpisah
  • Warna rantang yang colorful dan modern


Kekurangan:

  • Anda harus memastikan secara teliti sambungannya agar tidak jatuh saat dibawa

Berbicara soal rantang plastik modern, rasanya Anda tak boleh melewatkan rantang Tupperware. Rantang seri Click To Go ini terdiri dari empat susun. Rantang plastik ini memiliki fitur connected locked system yang dapat menyatukan wadahnya agar lebih stabil.


Menariknya lagi, rantang plastik Tupperware ini dapat Anda gunakan secara terpisah. Bagian removeable handle-nya dapat dipasangkan ke seluruh kotak. Jadi, Anda bisa membawa satu kotak atau dua kotak saja. Pilihan warnanya pun sangat cerah dan trendi.

No.6

ThermosVacuum Insulated Lunch ToteJBC-801

Harga referensi
Rp889.350
Lebih Mahal

Menjaga makanan tetap hangat sampai waktu makan tiba

Kelebihan:

  • Memiliki insulasi vakum yang tahan sampai enam jam

Kekurangan:

  • Kapasitas produk tidak terlalu besar

Menyantap makanan hangat saat jam makan pasti sangat menyenangkan. Namun, tidak semua rantang memiliki insulasi yang baik. Apabila Anda ingin tetap menyantap makanan yang hangat, pertimbangkan produk dari Thermos ini.


Thermos menawarkan rantang dengan teknologi vakum untuk memberikan insulasi yang baik. Makanan dengan suhu 61 °C dapat bertahan selama enam jam. Dengan begitu, Anda tetap dapat menikmati santapan yang hangat saat jam makan.

No.7

MaspionRantang Chubby Single

Harga referensi
Rp111.700
Agak Murah

Ukurannya mungil, pas untuk membeli satu porsi makanan berkuah

Kelebihan:

  • Ukurannya yang mungil memudahkan Anda membawanya
  • Modelnya menggemaskan dengan gambar kartun

Kekurangan:

  • Rantang terbuat dari bahan aluminium sehingga mudah penyok

Rantang dari Maspion ini memang tidak berukuran terlalu besar. Modelnya dibuat kecil dengan tampilan chubby menggemaskan. Rantang aluminium ini paling cocok digunakan untuk sup dan bubur. Anda juga bisa menjadikannya sebagai wadah untuk menampung makanan berkuah yang dibeli dari restoran langganan. Dengan begitu, Anda sudah menjalankan gerakan ramah lingkungan.

No.8

SubornRantang Stainless 3 Susun

Harga referensi
Rp75.600
Agak Murah

Rantang stainless steel polos, klasik dan awet tahan lama

Kelebihan:

  • Bahannya cukup tebal dan kokoh

Kekurangan:

  • Anda mungkin kesulitan memegang rantang saat membawa makanan panas

Jika Anda lebih menyukai rantang susun berbahan stainless steel polos, rantang Suborn ini patut Anda pertimbangkan. Rantang tiga susun ini menggunakan bahan stainless steel yang cukup tebal dan kokoh. Bahannya awet dan tidak berkarat digunakan dalam jangka waktu lama. Pegangannya pun sangat erat untuk mencegah makanan Anda tumpah.

No.9

SangoRantang Adelaide Blue

Harga referensi
Rp310.000
Menengah

Meja makan lebih elegan berkat rantang keramik

Kelebihan:

  • Motifnya klasik dan sangat elegan
  • Cocok digunakan sebagai wadah sajian di rumah

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk membawa makanan saat bepergian

Rantang dari Sango ini merupakan rantang yang berbeda dari rantang biasanya. Rantang Adelaide terbuat dari bahan keramik dengan motif yang elegan. Anda bisa memilih rantang keramik ini sebagai wadah sajian makanan di rumah. Tambahan lagi, tutupnya dapat Anda gunakan juga sebagai wadah makanan. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin mencari rantang unik.

No.10

ZebraPinto Smart Lock Jumbo

Harga referensi
Rp599.000
Agak Mahal

Rantang stainless steel jumbo yang antitumpah

Kelebihan:

  • Tutup airtight untuk mencegah isinya tumpah
  • Bagian bawahnya lebih besar sehingga dapat memuat makanan berkuah yang banyak
  • Aman digunakan sebagai wadah kukus sampai di atas kompor

Kekurangan:

  • Anda perlu berhati-hati saat membawa makanan panas karena terbuat dari stainless steel


Memang tidak banyak rantang stainless steel yang antitumpah. Namun, jika Anda menginginkan rantang stainless steel dengan kelebihan antitumpah, pertimbangkanlah produk Zebra. Tiap kompartemen rantang dilengkapi dengan tutup yang airtight untuk mencegah isinya tumpah.


Rantang stainless steel Zebra juga memiliki kapasitas yang besar dengan total hampir mencapai 3 L. Anda bisa menggunakannya untuk membawa makanan berkuah dalam kapasitas lebih banyak. 

Baca juga rekomendasi produk tempat makan lainnya di sini

Selain rantang, Anda bisa menggunakan lunch box sebagai tempat bekal. Anda bisa memilih lunch box berdasarkan kapasitas ataupun daya insulasinya. Untuk mengetahui beragam lunch box yang bagus untuk orang dewasa dan anak-anak, langsung saja klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Rantang memang memudahkan Anda membawa beragam jenis makanan dalam sekali jinjing. Kapasitas rantang juga tergolong besar dibandingkan lunch box. Selain untuk piknik dan membawa bekal, rantang juga dapat menjadi tempat hantaran makanan yang baik.


Pastikan Anda memilih kapasitas dan bahan rantang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk memilih model rantang yang bagus untuk dibawa dan antitumpah. Terakhir, isilah rantang dengan makanan-makanan bergizi untuk memenuhi nutrisi Anda.

5 Rekomendasi Rantang terbaik

No. 1: EcentioKotak Makan 3 Lapis

No. 2: CalistaRantang Gunma Bulat 4 Susun

No. 3: Golden SunkistRantang Susun 3 Oval RPLK 9028

No. 4: KedaungKukuruyuk Rantang Makan 4 Susun

No. 5: TupperwareClick To Go Rectangle

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan bekal
  4. 10 Rekomendasi Rantang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.