• 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)

Sencha adalah salah satu varian teh hijau. Teh ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu sedikit rasa pahit akibat proses pemanggangan saat diproduksi. Dengan kandungan antioksidan tinggi, teh ini memiliki manfaat bagi tubuh, terutama kulit. Tidak heran, minuman green tea ini juga mulai digemari di Indonesia.

Kini merek teh, seperti Lipton, Teh 63, dan sebagainya, menelurkan produk sencha yang semuanya nikmat. Agar Anda tak bingung memilihnya, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh sencha terbaik. Tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan informasi tambahan di artikel ini. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Neysa Valeria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Tea specialist, Neysa Valeria

Profil pakar: Tea specialist, Neysa Valeria

Neysa Valeria adalah seorang tea specialist dan teapreneur. Berawal dari kecintaannya terhadap teh, ia mulai mempelajari teh secara autodidak dan menulis sebuah blog tentang teh pada 2011. Berbekal pendidikan sebagai seorang certified tea master, tea blender, dan tea taster, Neysa mendirikan perusahaan teh, Havilla Tea, pada 2014.


Selain sebagai pengusaha, wanita yang sedang membuat buku tentang teh ini juga kerap mengadakan workshop dan memberikan edukasi seputar teh. Untuk mengintip kumpulan foto-foto teh dan kesehariannya, Neysa bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Apa perbedaan sencha dan matcha?

Apa perbedaan sencha dan matcha?

Banyak orang yang masih sering bingung saat membedakan sencha dengan matcha. Kedua jenis teh dari Jepang ini sebenarnya memiliki bahan dasar yang sama, yaitu teh hijau. Namun, perbedaan antara keduanya terletak pada proses pembuatan mereka.


Sencha merupakan teh hijau yang diproses dengan cara membiarkan daun teh kering secara natural tanpa dipanggang. Rasa sencha biasanya lebih pahhit dan memiliki warna yang lebih muda. Di satu sisi, matcha dibuat melalui proses pemanggangan dan penggilingan. Oleh karena itu, warna teh matcha biasanya lebih pekat dan umunya berbentuk bubuk.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teh hijau Jepang (sencha)

Sencha dapat Anda beli dengan mudah di supermarket atau online shop. Banyaknya produsen yang memproduksi minuman nikmat ini kadang membuat Anda bingung dalam memilih, bukan? Sebelum membeli, mari kita simak dasar-dasar dalam memilih sencha berikut ini!

Pilih tipe sencha sesuai dengan selera

Sencha dijual dalam berbagai tipe yang dibedakan berdasarkan wujudnya. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kenikmatan masing-masing. Simak ulasan selengkapnya agar Anda lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan selera!

Daun teh kering yang menyuguhkan keaslian rasa teh

Daun teh kering yang menyuguhkan keaslian rasa teh
Cara menikmati teh paling umum adalah dari seduhan daun teh kering. Dengan teh tipe ini, Anda dapat langsung merasakan kenikmatan dan aroma alami teh. Jika Anda pencinta teh, kami sarankan untuk memilih jenis teh yang diseduh dari daun teh kering seperti ini.

Teh tipe ini umumnya dikemas dalam ukuran 50 hingga 100 gram. Agar tidak repot menakar, sebagian produsen mengemas tehnya dalam sachet satuan agar langsung habis digunakan dalam satu kali penyajian. Untuk teh tipe ini, Anda bisa mengatur kuantitas dalam tiap penyeduhan dengan memasukkannya langsung ke dalam cawan teh atau teapot saat diseduh.


Teh dalam bentuk daun teh kering ini praktis karena Anda dapat membuat minuman teh dalam jumlah banyak sekaligus. Anda bisa mengatur jumlah daun teh yang digunakan untuk mengontrol rasa teh dan kuantitas yang diinginkan. Cocok untuk dinikmati bersama teman, keluarga, atau kolega.


Meski terlihat mudah, dibutuhkan sedikit cara khusus untuk bisa menyeduh teh semacam ini agar menghasilkan minuman teh yang lezat. Selain itu, Anda juga harus menyediakan teapot dan wadah khusus untuk menikmatinya. Meski sedikit merepotkan, menyeduh daun teh di teapot akan memberikan kenikmatan teh yang berbeda.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Teh hijau adalah daun teh yang tidak mengalami proses oksidasi. Hal ini karena setelah dipetik, daun sesegera mungkin dipanaskan untuk mengunci warna hijau atau warna asli daunnya. Proses yang disebut juga sebagai kill green ini membuat rasa dan aroma teh hijau menjadi segar.


Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang juga baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas. Karena itu, selain dikonsumsi, teh hijau banyak digunakan sebagai bahan baku di industri kecantikan. 

Teh celup yang praktis diseduh dan dinikmati

Teh celup yang praktis diseduh dan dinikmati
Selanjutnya adalah jenis teh celup yang juga umum dijual di pasaran. Beberapa gram daun teh dikemas dalam non-woven fabric atau mesh tea bag. Umumnya, tea bag pada jenis teh celup telah ditakar untuk menyajikan secangkir teh dan hanya digunakan untuk sekali pakai

Anda hanya perlu menuangkan air panas ke dalam cangkir, memasukkan teh celup ke dalamnya, tunggu sekitar satu menit, angkat tea bag-nya, lalu teh siap dinikmati. Sekarang bahkan ada juga teh celup dengan tea bag berukuran besar untuk penyajian beberapa cangkir teh dalam sekali seduh.


Jenis ini memang sangat praktis. Cocok untuk orang yang suka menikmati sencha, tetapi tidak memiliki teapot dan tidak terlalu mempermasalahkan rasa teh. Kebanyakan orang lebih suka menyimpan jenis teh ini untuk persediaan di kantor atau di rumah karena kemudahan penyajiannya. Anda yang tinggal sendiri pun tentu akan diuntungkan dengan kepraktisan teh tipe ini.


Hanya saja pada teh celup, terdapat sedikit penurunan kualitas dan kenaikan harga akibat biaya produksi. Karena itu, teh ini lebih ideal untuk Anda yang hanya sesekali minum teh di rumah atau di kantor. Jika Anda sering mengonsumsi teh, kami sarankan Anda untuk tidak memilih teh tipe ini.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Terdapat banyak opsi untuk menikmati teh, salah satunya dengan teh celup atau teh dalam kantong. Namun, apabila Anda memiliki waktu lebih, usahakan untuk mencoba sensasi menyeduh teh daun atau loose-leaf tea.


Kini sudah banyak teh celup berkualitas premium yang kantong tehnya tidak lagi terbuat dari kertas dan berbentuk pipih. Anda akan menemukan kantong teh yang berbentuk piramida dan terbuat dari aneka bahan biodegradable


Teh celup dengan kantong piramida umumnya berisikan daun teh yang berkualitas. Bentuk kantong ini juga akan memberi ruang yang cukup untuk daun teh mengembang dan terekstraksi secara lebih menyeluruh.

Teh bubuk yang mengoptimalkan manfaat teh untuk kesehatan

Teh bubuk yang mengoptimalkan manfaat teh untuk kesehatan
Tipe yang terakhir adalah teh bubuk. Teh bubuk merupakan hasil gilingan dari daun teh asli. Produk semacam ini ada yang dijual dalam kemasan one serving dan ada juga yang dikemas dalam kuantitas cukup banyak layaknya kopi hitam instan.

Teh ini bisa langsung disajikan sebagai minuman hanya dengan melarutkannya dalam air panas atau air dingin. Ada juga teh bubuk yang memang dibuat mudah larut dalam air sehingga lebih praktis daripada teh celup. Banyak orang yang juga membuat teh ini sekaligus untuk dinikmati beramai-ramai atau menjadikannya bekal minuman di perjalanan.


Selain itu, teh bubuk juga lebih menyehatkan karena Anda dapat mengonsumsi keseluruhan bagian dari daun teh. Ini karena catechins yang terkandung dalam sencha memiliki manfaat antioksidan serta melengkapi kebutuhan serat makanan untuk pencernaan. Dengan membuatnya dalam bentuk bubuk, kandungan pada sencha dapat diserap tubuh dengan lebih efisien.


Namun, teh berbentuk bubuk mudah lembap dan hal tersebut bisa mengurangi kenikmatan rasanya. Untuk itu, penyimpanannya pun harus sangat diperhatikan. Tipe ini juga cenderung menghasilkan minuman teh yang lebih pekat dan keruh daripada teh berwujud lainnya. Meski begitu, tak sedikit orang yang jatuh hati pada teh dalam bentuk bubuk ini.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Semua teh memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda-beda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah membantu membakar lemak dan menurunkan kolesterol. Selain itu, teh hijau juga dipercaya bisa menstabilkan kadar gula darah dan baik untuk kesehatan gigi, mulut, serta fungsi otak.

Nikmati juga sencha dengan variasi rasa tambahan

Nikmati juga sencha dengan variasi rasa tambahan
Ada pula produk sencha yang memiliki variasi rasa tertentu. Rasa tersebut umumnya berasal dari kulit buah, buah kering, bunga, dan lain sebagainya. Rasanya seperti sencha pada umumnya, hanya saja karakteristik rasa dan aromanya dapat berbeda tergantung pada tehnya.

Di Indonesia, sencha dengan varian rasa tambahan seperti ini masih sangat jarang ditemukan. Beberapa produk sencha dengan rasa bervariasi yang bisa dijumpai adalah rasa blackcurrant dan osmanthus flowers. Ada kemungkinan Anda tidak akan merasa cocok dengan sencha dengan rasa tambahan. Untuk itu, saat mencoba varian rasa baru, belilah dalam kemasan kecil terlebih dahulu.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Sencha merupakan salah satu teh Jepang yang paling umum ditemui dan sifatnya sangat versatile. Teh ini memiliki ciri khas rasa yang manis dan gurih dengan aroma laut. Sencha juga dapat digunakan untuk membuat aneka kreasi tea blending


Anda dapat mencampurkannya dengan kelopak bunga mawar, bunga sakura, campuran buah-buahan, atau herb lainnya. Selain itu, teh hijau ini juga dapat digunakan untuk masakan. Salah satu masakan tersebut adalah ochazuke, yaitu hidangan yang menggunakan kuah teh sebagai bahan dasarnya.

10 Rekomendasi teh hijau Jepang (sencha) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teh hijau Jepang (sencha) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Neysa Valeria.

10

HavillaSencha Green Tea

Mulai dari Rp 75.000,00

TipeTeh celup・Daun teh kering
RasaOriginal
Isi10 kantong・50 gram
9

DilmahSencha Green Tea Extra Special

Mulai dari Rp 137.000,00

TipeDaun teh kering
RasaOriginal
Isi95 gram
8
TipeTeh bubuk
RasaOriginal
Isi100 gram
7
TipeTeh celup
RasaPear flavour & rose petals
Isi30 kantung
6
TipeTeh celup
RasaOriginal
Isi16 kantung
5

IndofoodSingabera Jasmine Green Sencha

Mulai dari Rp 35.000,00

TipeTeh celup
RasaMelati dan green tea
Isi12 kantong
4
TipeDaun teh kering
RasaOriginal
Isi200 gram
3
TipeDaun teh kering
RasaOriginal
Isi20 kantung
2

Gryphon Tea CompanyOsmanthus Sencha

Mulai dari Rp 11.200,00

TipeTeh celup
RasaOsmanthus flower
Isi1 kantung
1
TipeDaun teh kering
RasaOriginal
Isi60 gram

Tabel perbandingan produk teh hijau Jepang (sencha) terbaik

Gambar produk
1
HEIZL Sencha 1

HEIZL

2
Gryphon Tea Company Osmanthus Sencha 1

Gryphon Tea Company

3
To A Tea Kazu Sencha 1

To A Tea

4
Jaw Sencha 1

Jaw

6
Yamamotoyama Sencha Green Tea  1

Yamamotoyama

7
Lipton  Green Tea Sencha 1

Lipton

8
Marufuji Sencha 1

Marufuji

10
Havilla Sencha Green Tea 1

Havilla

Nama produk

Sencha

Osmanthus Sencha

Kazu Sencha

Sencha

Sencha Green Tea

Green Tea Sencha

Sencha

Sencha Green Tea

Keunggulan

Dapatkan segala manfaat daun teh utuh dalam kualitas premium!

Creamy flavour sencha yang bikin ketagihan

Sumber antioksidan dan vitamin C yang tinggi

Nikmatnya sencha dengan cita rasa daun teh yang kental!

Racikan sencha terbaik dalam kemasan sachet yang aman

Lepas penat dan lelah dengan secangkir sencha beraroma fresh

Sensasi rasa original yang menyegarkan dari daun teh asli Jepang

Teh lokal dengan rasa khas Jepang

Harga mulai dariRp 61.200,00Rp 11.200,00Rp 59.900,00Rp 47.500,00Rp 55.500,00Rp 119.500,00Rp 69.900,00Rp 75.000,00
TipeDaun teh keringTeh celupDaun teh keringDaun teh keringTeh celupTeh celupTeh bubukTeh celup・Daun teh kering
RasaOriginalOsmanthus flowerOriginalOriginalOriginalPear flavour & rose petalsOriginalOriginal
Isi60 gram1 kantung20 kantung200 gram16 kantung30 kantung100 gram10 kantong・50 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Bila Anda membaca artikel ini, kemungkinan Anda adalah penikmat teh. Tidak hanya teh sencha, masih banyak jenis teh lainnya yang wajib Anda coba! Simak cara memilih dan produk-produk terbaiknya dalam artikel di bawah ini. Temukan teh yang tepat untuk teman relaksasi Anda!

Kesimpulan

Setelah Anda menyimak informasi di atas, apakah cara memilih sencha dan rekomendasi produk yang kami berikan cukup membantu? Sebagian orang beranggapan semua sencha terlihat sama saja, padahal rasa sencha ditentukan oleh wujud teh dan produsennya.

Dalam jajaran produk yang kami perkenalkan, tersedia sencha dalam berbagai tipe. Mulai dari tipe daun teh kering, teh celup, hingga teh bubuk. Semuanya lezat dan memiliki keistimewaan masing-masing. Jadi, jangan sampai salah pilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas.Kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merek kopi yang bagus, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai minuman teh dalam kemasan. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, Fruit Tea, dan banyak lainnya. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh yang menarik!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai solusi agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam merek yang bagus, seperti Nestle, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyak produk di pasaran, manakah krimer yang paling enak sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Twinings Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Twinings Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berbicara soal merk teh terbaik, salah satu yang terpikirkan oleh Anda mungkin adalah Twinings Tea. Produsen teh kenamaan asal Britania Raya ini memang tidak bisa dimungkiri kiprahnya dalam menghasilkan produk-produk teh berkualitas. Varian Twinings Tea juga sangat bervariasi. Beberapa varian yang terkenal, misalnya Twinings Green Tea, Twinings Earl Grey Tea, dan Twinings Chamomile Tea.  Untuk mengenal produk-produk Twinings Tea, kami akan memberikan cara memilih produk Twinings Tea terbaik, lengkap dengan sepuluh rekomendasi produknya. Kami juga akan memberikan tips menyeduh Twinings Tea yang enak untuk Anda. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori