10 Rekomendasi Bantal Bayi / Bantal Peang Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Karena itu, mereka memerlukan bantal yang mampu melindungi kepala mereka. Bantal yang direkomendasikan untuk bayi adalah bantal khusus yang dikenal dengan istilah bantal peang atau bantal donat. Ada berbagai jenis bantal bayi yang mampu melindungi kepala dengan baik sekaligus didesain supaya bayi bisa tidur dengan nyaman.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan cara-cara memilih bantal bayi dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan bantal bayi terbaik dengan desain lucu dan bahan berkualitas untuk buah hati tercinta. Produk Babymoov, Babybee, LustyBunny, dan sebagainya akan kami hadirkan disini. Selamat membaca!

Daftar isi

Ideal untuk bayi! Apakah yang dimaksud dengan bantal donat atau bantal bayi?

Pada umumnya, bantal memiliki bentuk yang menggembung dan bulky akibat isian kapas atau dakron yang padat. Sementara itu, bantal donat atau bantal bayi memiliki bentuk yang berbeda. Bantal ini memiliki cekungan atau rongga di bagian tengahnya sehingga menyerupai kue donat.

Apakah tujuan pemakaian bantal bayi?

Apakah tujuan pemakaian bantal bayi?

Nyaris sepanjang hari bayi menghabiskan waktunya dengan tidur. Seperti yang diketahui, kepala bayi yang baru lahir masih lembek dan belum terlalu kuat. Bentuk kepala mereka bisa berubah sesuai dengan bantal yang digunakan. Jika posisi tidur bayi tidak benar, kepala mereka bisa menjadi peang dan bentuknya tidak bulat simetris.

Supaya hal itu tidak terjadi pada kepala bayi Anda, orang tua perlu mencari bantal yang mampu melindungi bentuk kepala dengan benar. Bantal donat yang memiliki lubang di tengahnya mampu menjaga bentuk kepala bayi tetap baik dan tidak membuatnya peang. Karena alasan tersebut, bantal ini sangat digemari oleh para ibu.

Kapankah waktu yang tepat untuk memakai bantal bayi?

Kapankah waktu yang tepat untuk memakai bantal bayi?

Bantal bayi bisa digunakan sejak bayi baru saja lahir. Dikatakan bahwa bentuk kepala bayi tidak akan berubah-ubah lagi setelah berusia 4 bulan. Jadi, banyak orang tua yang memakaikan bantal bayi untuk anaknya hingga usia tersebut.

Tipe bantal bayi sendiri bervariasi, ada yang dikhususkan untuk usia 0 – 3 bulan atau 4 – 12 bulan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih bantal bayi yang sesuai dengan perkembangan usia bayi.

Cara memilih bantal bayi

Tidak semua bantal dengan rongga di tengah atau bantal donat cocok untuk bayi. Sebagai orang tua, Anda harus paham bantal seperti apa yang tepat untuk buah hati. Pada poin ini kami akan menjelaskan cara-cara memilih bantal donat yang tepat untuk bayi Anda.

Pilihlah bantal berdasarkan usia bayi

Pilihlah bantal berdasarkan usia bayi

Pertama-tama, Anda harus memilih bantal yang sesuai dengan usia bayi Anda.

Meski sama-sama disebut bayi, bayi yang baru saja lahir dan bayi yang sudah berusia 3 bulan jelas berbeda secara fisik. Ukuran tubuh dan kepala mereka tidak akan sama. Jika Anda sedang hamil dan bersiap menyambut kelahiran buah hati, pilihlah bantal yang ditujukan bagi bayi yang baru saja lahir. Sedangkan jika bayi Anda sudah lahir, pilihlah bantal yang sesuai dengan usianya saat ini.

Pilihlah bantal berdasarkan karakteristik materialnya

Karena bantal bayi akan digunakan setiap hari, pilihlah bantal yang mudah dicuci dan mudah dibersihkan.

Sistem metabolisme tubuh bayi membuatnya mengeluarkan banyak keringat meski sedang tidur. Oleh karena itu, bantal yang mudah dicuci, terlebih dicuci menggunakan tangan sangat direkomendasikan. Berhubung bantal adalah benda yang akan bersentuhan dengan kepala bayi dalam waktu yang lama, pastikan kondisi bantal selalu bersih. Sebaiknya Anda memiliki dua buah bantal supaya bisa diselang-seling pemakaiannya jika yang satu sedang dicuci.

Mudah atau tidaknya bantal dibersihkan tergantung dari material bantal tersebut. Selanjutnya, kami akan menjelaskan karakteristik material bantal bayi.

Kain pile: tebal dan lembut

Kain pile: tebal dan lembut

Kain pile adalah kain tenun atau kain tumpuk yang terdiri dari tiga lapisan sehingga kainnya tebal dan kuat.

Jenis kain pile sendiri bermacam-macam, ada loop pile dan juga cut pile. Kain ini biasanya dijadikan bahan handuk, beledu, velour, bahkan bulu imitasi. Kain pile juga kerap digunakan sebagai bantal maupun cover bantal. Bahannya yang lembut dan halus akan membungkus kepala bayi dengan baik. Kain ini bisa dicuci menggunakan tangan maupun mesin.

Kapas: cocok untuk kulit bayi yang sensitif dan mudah alergi

Kapas: cocok untuk kulit bayi yang sensitif dan mudah alergi

Serat kapas biasa digunakan untuk bantal. Dibandingkan serat yang lain, kapas memiliki tingkat elastisitas sekaligus kelembutan yang paling baik sehingga material ini cocok untuk bayi. Material ini bisa digunakan untuk bayi yang memiliki alergi atau kulit yang sensitif. Bahan ini sebaiknya dicuci secara tradisional menggunakan tangan. Untuk kapas organik, cobalah untuk tidak menggunakan bahan pemutih klorin.

Low repulsion material: nyaman dan mudah menyesuaikan bentuk kepala

Low repulsion material: nyaman dan mudah menyesuaikan bentuk kepala

Low repulsion material adalah material yang biasa digunakan untuk bantal, kasur, kursi, dan lain-lain. Bahannya ringan, empuk, dan mampu menopang tubuh dengan baik. Banyak orang menyebut material jenis ini dengan istilah busa.

Material jenis ini akan membuat tidur Anda lebih nyenyak sebab bentuknya mampu berubah-ubah menyesuaikan bentuk tubuh. Tak ada lagi bagian tubuh atau kepala yang mendapatkan tekanan berlebih. Low repulsion material terbuat dari bahan seperti polyols, foaming agent, foam stabilizer, coloring agent, polyisocyanate, dan campuran-campuran lain. Cara terbaik untuk membersihkan bantal yang terbuat dari bahan ini adalah dengan cara mencuci menggunakan tangan.

10 Rekomendasi bantal bayi terbaik

Kami telah menjelaskan mengenai bantal bayi, tujuan pemakaian, waktu yang tepat untuk memakainya, serta cara memilih bantal yang baik. Kini kami akan memberikan rekomendasi bantal bayi terbaik yang bisa Anda pilih sesuai selera.

10. Baby Travel Pillow

10. Baby Travel Pillow

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Teman traveling si buah hati

Apakah Anda orang tua dengan mobilitas tinggi dan kerap melakukan perjalanan berkendara bersama buah hati? Jika iya, bantal yang satu ini sebaiknya Anda miliki. Berbeda dengan bantal bayi lainnya, bantal bayi yang satu ini didesain khusus untuk diletakkan di dalam car seat atau stroller. Dilengkapi dengan pengaman di bagian leher, bayi Anda bisa tidur dengan posisi kepala yang nyaman selama perjalanan.

Bantal bayi ini terbuat dari kain plush yang lembut sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Bentuk bantal ini cukup unik, yaitu menyerupai kepala singa. Bantal ini bisa digunakan oleh bayi mulai usia 0 – 12 bulan dengan berat badan maksimal 13 kg. Dengan memakai bantal ini, bayi Anda tetap bisa tidur nyenyak kala diajak traveling.

9. Babybee Mini Pillow

9. Babybee Mini Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 202.300

Spesialis bantal menyusui

Kerapkali bayi tertidur saat sedang menyusu ibunya, ada juga bayi yang menyusu dalam jangka waktu yang sangat lama. Supaya kepala bayi tidak peang akibat posisi miring saat menyusu, Anda memerlukan bantal yang bisa digunakan sembari menyusui. Sebenarnya bentuk bantal ini sama dengan bantal lainnya, hanya saja ukurannya lebih kecil dan memiliki strap di bagian belakang tempat ibu memasukkan tangan. Jadi bantal tidak akan terlepas atau bergeser dari tangan ibu.

Berhubung saat menyusu bayi akan mengeluarkan banyak keringat, bantal ini dibuat dari bahan yang adem. Bayi pun bisa menyusu dan tidur dengan lelap. Tak hanya itu, Babybee Mini Pillow ini juga memiliki keunggulan seperti mudah dibersihkan serta hypoallergenic. Bantal ini cocok untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 1 tahun dan minum ASI.

8. 2 Tone Crown Pillow Baby

8. 2 Tone Crown Pillow Baby

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.500

Satu bantal dua motif, bisa dipakai bolak-balik!

Berbentuk crown dengan pilihan motif yang sangat beragam, bantal ini bisa dijadikan alas kepala buah hati. Berbeda dengan bantal lainnya yang hanya bisa digunakan satu sisi, bantal ini bisa dipakai bolak-balik. Saat sisi pertama lembap akibat keringat bayi, Anda bisa menggunakan sisi sebaliknya yang masih kering dan bersih. Praktis, bukan?

Hal menarik lainnya dari bantal ini adalah motif di kedua sisinya juga tidak sama sehingga Anda serasa memiliki dua bantal yang berbeda. Bantal bayi ini akan membuat tidur buah hati Anda makin nyaman. Bagi ibu-ibu yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci, bantal ini bisa menjadi solusi.

7. Dialogue Bantal Peang Polka DLB 3335

7. Dialogue Bantal Peang Polka DLB 3335

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk di Tokopedia 

Harga : Rp 40.000

Dengan material kain katun yang adem membuat kepala bayi tidak mudah gerah

Sebagai salah satu produsen produk-produk bayi yang ternama di Indonesia, Dialogue juga menciptakan bantal peang untuk para bayi. Untuk menjaga bentuk kepala bayi tetap baik, bantal ini memiliki lubang di bagian tengah yang dilapisi dengan kain. Keberadaan kain pelapis di tengah ini akan menjaga kepala bayi tetap bersih dan menopangnya supaya tidak melesak ke dalam.

Ukuran bantal ini cukup compact sehingga mudah ditenteng kemana-mana. Isian dakron menjadikan bantal ini sangat ringan. Kain katun yang digunakan sebagai cover juga membuat kepala tidak mudah gerah. Anda bisa menyelipkan bantal ini di lengan saat sedang menggendong buah hati. Bantal Dialogue ini lebih cocok untuk bayi yang sudah berusia agak besar dan bukan newborn.

6. LustyBunny BP 9637

6. Lusty Bunny Baby Peanut Pillow Pinguin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 43.200

Bantal berpori yang menjaga sirkulasi udara di kepala

Terlalu lama tidur beralaskan bantal membuat kepala bayi mengeluarkan banyak keringat sehingga permukaan bantal menjadi basah. Untuk itu, bayi memerlukan bantal berpori keluaran LustyBunny yang mampu menjaga sirkulasi udara di kepala bagian belakang dengan baik. Terbuat dari bahan blister yang halus, bantal ini akan tetap nyaman digunakan meski bayi berkeringat banyak.

Bantal dengan desain ergomonis ini mudah dicuci dan dibersihkan. Jahitannya pun kuat sehingga awet meski dipakai setiap hari. Bantal Lusty Bunny ini bisa dipakai untuk bayi yang baru saja lahir hingga berusia 12 bulan. Jika Anda tinggal di daerah yang panas, bantal ini cocok untuk buah hati Anda.

5. Bantal Peang Koala

5. Bantal Peang Koala

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 49.000

Kado lucu untuk para ibu baru

Teman Anda baru saja melahirkan dan bingung hendak memberi kado apa? Berikan saja bantal peang ini. Berbentuk kepala koala mungil yang lucu, bantal ini akan menjadi kado kelahiran yang manis bagi ibu baru dan buah hatinya. Soal fungsi jangan ditanya, bantal ini jelas akan berguna untuk penyangga kepala si bayi.

Terbuat dari bahan fleece yang lembut dan halus, kulit bayi yang baru lahir pun akan aman dan nyaman saat menempel dengan bantal abu-abu ini. Isian dakron menjadikan bantal ini sangat empuk. Bantal ini bisa dijadikan kado untuk bayi yang baru saja lahir hingga berusia 6 bulan. Sesudah bayi besar, bantal ini bisa difungsikan sebagai boneka. Asyik, kan?

4. Baby Anti-roll Set Pillow

4. Baby Anti-roll Set Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 213.000

Menjaga bentuk dan posisi kepala bayi dengan baik

Selain memiliki lubang di bagian tengah sebagai tempat meletakkan kepala, di sisi kanan dan kiri juga terdapat tonjolan yang menjaga kepala bayi tetap pada tempatnya. Bayi pun akan tidur dengan posisi telentang yang nyaman sehingga bentuk kepalanya akan terjaga. Bahkan jika terlahir peang, bantal ini bisa membantu membenarkan postur kepala.

Dengan bahan kapas, bantal ini aman digunakan oleh bayi dengan tingkat sensivitas kulit yang tinggi atau mudah alergi. Bahannya yang fleksibel mampu membuat bantal ini nyaman dipakai di segala musim. Bahkan jika Anda pergi ke daerah bersalju atau daerah yang sangat panas, bantal ini tetap nyaman digunakan. Bagi bayi yang terlahir peang, bantal ini akan sangat membantu.

3. Babymoov Lovenest +

3. Babymoov Lovenest +

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 330.000

Ergonomis! Bisa dicuci menggunakan mesin

Inilah bantal bayi yang tidak hanya mengutamakan kenyamanan namun juga berteknologi tinggi. Didesain dan dipatenkan oleh dokter anak, bantal bayi yang dalamannya terbuat dari foam filling ini akan menghindarkan kepala bayi dari plagiocephaly (kepala rata di bagian bawah). Bagian luarnya sendiri terbuat dari katun, poliester, dan elastane yang nyaman. Bantal Babymoov seri Lovenest plus ini sangat ergonomis.

Fitur lainnya yang ada pada bantal ini adalah thermo-regulating serta antibacterial cool max fabrics. Meski dipakai dalam jangka yang lama, bantal ini akan terjaga kelembapannya sehingga tidak menjadi sarang bakteri. Saat kotor, bantal ini bisa dicuci menggunakan mesin. Bagi Anda yang mencari bantal bayi dengan kualitas terbaik dan teknologi mumpuni, Babymoov ini layak dibeli.

2. Babybee Newborn Pillow

2. Babybee Newborn Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 202.000

Dirancang eksklusif untuk newborn baby

Sesuai dengan namanya, newborn pillow, bantal ini spesial dirancang dan ditujukan untuk bayi merah yang baru saja lahir hingga berusia 6 bulan. Bentuk bantal ini seperti bantal biasa, hanya saja di bagian tengah bawah terdapat lubang sebagai tempat kepala bayi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya plagiocephaly (kepala rata di bagian bawah).

Terbuat dari bahan latex berkualitas bantal ini memiliki keunggulan seperti mudah dibersihkan, antijamur, antibakteri, serta hypoallergenic. Meski digunakan dalam jangka waktu yang lama, bayi tidak akan merasa gerah sebab bantal Babybee ini adem dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Keuntungan lainnya, saat membeli bantal ini Anda juga akan mendapatkan satu cover bantal lucu.

1. Babymoov Lovenest

1. Babymoov Lovenest

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 225.000

Bantal hati berkualitas yang direkomendasikan oleh WHO

Didesain dan dipatenkan oleh dokter anak asal Prancis menjadikan kualitas bantal bayi ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, badan kesehatan dunia WHO juga merekomendasikan bantal ini untuk dipakai bayi berusia 0 – 12 bulan dengan posisi terlentang. Dengan modelnya yang ergonomis, bayi bisa tidur dengan nyaman tanpa takut kepalanya menjadi rata sebelah alias peang.

Terbuat dari katun spandex, bantal ini bisa dibersihkan dan dicuci menggunakan tangan. Bantal berbentuk hati ini tidak hanya bisa dipakai saat bayi tidur di kamar, melainkan bisa digunakan di bouncer, kereta dorong, hingga carrycots. Bantal ini cocok untuk bayi yang kerap diajak bepergian oleh orang tuanya.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, bagaimanakah tanggapan Anda? Apakah Anda sudah mendapatkan bantal bayi yang selama ini dicari?

Tak hanya untuk melindungi kepala bayi, tujuan utama dari penggunaan bantal bayi adalah untuk menjaga bentuk kepala bayi supaya tidak peang. Ada banyak jenis bantal bayi, masing-masing material memiliki karakteristik yang khas. Pastikan Anda tidak salah membeli bantal untuk putra-putri terkasih!