10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tempat penyimpanan file sangat berguna untuk menata dan menyimpan file atau dokumen. Anda akan menemukan berbagai tempat penyimpanan file berkualitas keluaran Bantex, IKEA, Maspion, dan sebagainya yang berbeda bahan satu sama lain sehingga bisa saja membuat Anda kesulitan untuk memilih produk terbaik.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Pergunakanlah tempat penyimpanan file tersebut agar meja Anda semakin rapi dan semua file Anda tersimpan dengan baik, ya!

Daftar isi

Cara memilih tempat penyimpanan file

Bentuk dan lokasi penempatan tempat penyimpanan file akan mempengaruhi cara penggunaannya. Karena itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan bentuknya dengan kebutuhan Anda

Berdasarkan bentuknya, terdapat 2 tipe tempat penyimpanan file yaitu tipe horizontal dan vertikal. Berikut akan kami jelaskan mengenai keduanya.

Tipe horizontal, cocok digunakan di dalam laci

Tipe horizontal, cocok digunakan dalam laci

Dengan menggunakan produk tipe horizontal, Anda bisa dengan mudah memasukkan file Anda dari atas dalam posisi vertikal. Judul file umumnya terletak di bagian atas sehingga ketika Anda harus mencari kembali file Anda, Anda akan menemukannya dengan mudah. Dengan begitu, tipe ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan file yang sering atau rutin digunakan.

Meski begitu, bisa saja tinggi laci Anda tidak cukup memadai untuk meletakkan tempat penyimpanan file. Pastikan Anda mengecek ukuran laci Anda terlebih dahulu.

Tipe vertikal, sangat cocok digunakan di rak atau meja

Tipe vertikal, sangat cocok digunakan di rak atau meja

Bila Anda ingin menyimpan file dalam keadaan tegak, tipe ini adalah opsi yang pas. Apalagi, bagian depan produk ini berdinding lebih rendah dibanding dengan bagian belakangnya sehingga Anda akan semakin mudah mengambil file yang Anda butuhkan. Lalu, ketika Anda menyusun beberapa tempat file secara berdampingan, Anda bisa membaginya berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, untuk mengurutkannya berdasarkan  file yang sering Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk tipe vertikal untuk menyimpan buku atau file tebal yang Anda miliki. Meja dan ruangan kerja pun jadi terkesan lebih rapi.

Pilihlah berdasarkan material pembuatnya

Pilihlah berdasarkan material pembuatnya

Terdapat berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membuat tempat penyimpanan file. Masing-masing bahan memiliki keunggulan tersendiri.

Produk berbahan kertas (umumnya dibuat dari sejenis karton) memiliki harga murah, berbobot ringan, dan mudah dibawa, tetapi memiliki daya tahan yang kurang baik. Karena itu, produk berbahan kertas cocok Anda gunakan untuk menyimpan file yang ringan atau untuk tempat penyimpanan temporer saja. Sementara itu, produk yang dibuat dari kayu atau metal harganya cukup mahal, tetapi memiliki daya tahan sangat baik sehingga Anda tidak perlu cepat-cepat membeli yang baru.

Di sisi lain, produk berbahan plastik memiliki daya tahan dan harga menengah. Dengan begitu, bila Anda bingung untuk memilih, Anda bisa mempertimbangkan produk yang dibuat dari plastik.

Ketahui luas area penempatan dan ukuran file-nya

Ketahui luas area penempatan dan ukuran file-nya

Tempat penyimpanan file yang beredar di pasaran berbeda ukuran satu sama lain tergantung pada merek dan jenisnya. Karena itu, pastikan Anda mengetahui ukuran panjang, lebar, dan tinggi produk yang hendak Anda beli, ya! Dengan begitu, Anda bisa memilih produk yang ukurannya sesuai dengan ukuran laci, rak, atau meja Anda. Selain itu, sesuaikan juga ukurannya dengan ukuran file yang hendak Anda simpan di dalamnya.

Simpan file berbobot berat menggunakan produk yang stabil

Simpan file berbobot berat menggunakan produk yang stabil

File berbobot berat yang berisi begitu banyak dokumen sangat mudah membuat tempat penyimpanan file terjatuh. Apalagi, bila Anda menggunakan tempat peyimpanan file tipe vertikal untuk menyimpan file berukuran besar contohnya A4, tentu produk tersebut menjadi tidak stabil dan rentan jatuh. Solusinya, Anda bisa memilih produk yang stabil dan memiliki alas cukup luas.

Anda bisa memilih tempat penyimpanan file berbahan metal atau kayu karena produk berbahan tersebut lebih stabil dibandingkan dengan produk berbahan kertas.

Selaraskan desainnya dengan interior dan suasana ruangan

Selaraskan desainnya dengan interior dan suasana ruangan

Bila Anda berencana meletakkan tempat penyimpanan file di meja atau rak, tidak ada salahnya bila Anda juga memperhatikan desainnya. Anda bisa memilih produk yang unik, misalnya produk berdesain imut atau dilapis bahan kulit. Anda bisa memilih produk yang desainnya sesuai dengan lokasi dan atmosfer ruangan Anda.

Bila Anda menggunakannya di rumah, Anda bisa memilih produk yang desainnya cocok dengan interior ruangan Anda. Bila Anda berencana menyusun beberapa tempat penyimpanan file secara berderet, Anda bisa memilih produk berwarna sama agar timbul impresi yang tegas dan kuat. Bila Anda menginginkan agar suasananya terasa lebih hidup dan segar, Anda bisa menyusunnya sesuai kreasi Anda, misalnya menyusun berdasarkan tinggi produk atau berdasarkan urutan warna.

Apakah dilengkapi dengan fitur tertentu?

Apakah dilengkapi dengan fitur tertentu?

Ada saja tempat penyimpanan file yang dilengkapi dengan fitur tertentu agar menjadi semakin praktis untuk Anda gunakan, misalnya handle untuk memudahkan Anda menarik file, partisi untuk memisahkan file Anda, dan sebagainya. Produk tipe horizontal tentu akan terasa semakin fungsional ketika dilengkapi partisi yang memungkinkan Anda untuk menyimpan file secara terpisah, bukan? Lalu, ada juga produk tipe vertikal yang dilengkapi dengan rak-rak kecil untuk menyimpan alat tulis atau buku catatan Anda.

Pada intinya, ceklah terlebih dahulu adanya fitur-fitur seperti ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Toh, dengan adanya tambahan berbagai fitur tersebut, tempat penyimpanan file akan menjadi semakin fungsional untuk Anda gunakan.

10 Rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Anda akan menemukan produk dengan berbagai desain, bahan, dan fitur dalam daftar rekomendasi kami ini. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!

10. Bantex Magazine Files 4011

10. Bantex Magazine Files 4011

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 28.000

Hiasi ruangan Anda sesuka hati dengan 20 variasi warna!

Untuk Anda yang menyukai warna-warna cerah dan senang bermain dengan warna, produk keluaran Bantex ini sangat pas untuk Anda miliki. Bantex menyediakan sebanyak 20 varian warna untuk tempat penyimpanan file seri ini! Dengan begitu, Anda semakin bebas memilih warna favorit dan menyamakannya dengan suasana ruangan Anda.

Tidak hanya itu, produk tipe vertikal ini juga cocok Anda gunakan untuk menampung dokumen dengan ukuran sebesar kertas folio, lho! Meski dibuat menggunakan bahan karton, tempat penyimpanan file ini nyatanya tidak mudah rusak oleh air karena sudah dilapisi dengan plastik. Dengan begitu, dokumen Anda akan semakin aman.

9. Maspion New Sys Rack B T314

9. Maspion New Sys Rack B T314

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.088

Cari produk untuk laci dokumen kecil? Ini jawabannya!

Tempat penyimpanan file tipe horizontal ini memiliki ukuran sebesar 21,5 x 20,8 x 16,8 cm sehingga sangatlah compact dan mudah untuk Anda masukkan ke dalam laci dokumen. Hal tersebut membuatnya menjadi pilihan paling tepat bila Anda mencari tempat penyimpanan file untuk laci dokumen yang ukurannya tidak terlalu besar.

Lalu, dengan 3 area penyimpanan yang dimiliki, produk ini semakin memudahkan Anda untuk mengelompokkan dokumen. Toh, produk ini juga tidak berdinding pembatas terlalu tinggi sehingga Anda tak akan kesulitan mengambil file. Tenang saja, produk ini dibuat secara khusus menggunakan bahan plastik berkualitas sehingga menjadi tidak mudah patah.

8. IKEA HEJSAN Magazine File

8. IKEA HEJSAN Magazine File

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 59.900

Desain colorful-nya cerahkan ruangan Anda!

Dibuat menggunakan 80% bahan kertas daur ulang, tempat penyimpanan file keluaran IKEA ini tetap trendi sekaligus berbobot ringan. Tenang saja, bahan kertasnya cukup kuat dan tebal sehingga Anda pun bisa menyimpan majalah di dalamnya. Dengan ukuran 27 x 19 x 10 cm, Anda dapat meletakkan file A4 pada produk tipe vertikal ini.

Selain itu, bila Anda mencari tempat penyimpanan file dengan desain yang segar dan menyenangkan untuk dilihat, tidak perlu ragu membeli produk ini. Tampil dengan kombinasi beragam warna yang cerah sekaligus lembut, produk ini terlihat artistik dan colorful sehingga akan membuat suasana ruangan Anda terasa semakin ceria.

7. Tempat Penyimpanan File Dengan Laci

7. Tempat Penyimpanan File Dengan Laci

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.600

Desainnya imut, lengkap dengan laci serbaguna

Dengan ukuran sebesar 24 x 14 x 25 cm, produk tipe vertikal ini cocok Anda gunakan untuk menyimpan file yang dicetak dengan kertas A4. Dibuat menggunakan karton tebal, produk ini tidak mudah robek dan berbobot cukup ringan. Selain itu, produk ini tersedia dalam 3 jenis desain bertampilan fresh yang bebas untuk Anda pilih.

Yang menarik adalah dengan harga sangat bersahabat Anda sudah memperoleh tempat penyimpanan file yang sudah dilengkapi dengan laci. Untuk Anda yang ingin menyimpan tidak hanya dokumen, tetapi barang-barang kecil, seperti alat tulis atau aksesoris dalam satu tempat, tentu produk ini sangatlah tepat untuk Anda miliki.

6. IKEA DOKUMENT Magazine File

6. IKEA DOKUMENT Magazine File

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 93.500

2 unit produk dalam 1 paket, lebih praktis dan ekonomis!

Bila Anda mencari tempat penyimpanan file dengan nilai ekonomis lebih, produk ini tidak boleh Anda lewatkan. Dengan harga cukup terjangkau, ketika membeli produk ini Anda tidak hanya memperoleh 1 unit, tetapi 2 unit tempat penyimpanan file tipe vertikal yang dibuat dari bahan metal berkualitas dan tak mudah rusak saat Anda gunakan.

Selain itu, satu unit produk ini memiliki ukuran sebesar 26 x 10 x 32 cm sehingga mampu menampung cukup banyak dokumen. Kemudian, tempat penyimpanan file ini memiliki model jaring-jaring dan warna hitam sehingga tidak akan terlihat norak, dan cocok untuk Anda tempatkan di ruangan dengan desain interior seperti apa pun.

5. Metal Mesh File Storage

5. Metal Mesh File Storage

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 81.000

Lebih rapi untuk menyimpan file dengan ukuran bervariasi

Produk ini dibuat menggunakan bahan metal sehingga sangat durable dan tahan lama untuk Anda gunakan. Meski begitu, produk ini tetap berbobot ringan karena dibuat dengan model jaring-jaring. Tenang saja, produk ini tidak mudah bergeser saat sedang Anda letakkan di meja karena alasnya sudah dilapisi dengan bahan antiselip.

Lalu, produk ini memiliki 3 area penyimpanan dengan ukuran yang berbeda satu sama lain sehingga sangat cocok dimiliki bila Anda butuh tempat penyimpanan file untuk menata dokumen dengan ukuran beragam. Selain itu, produk ini juga menjadi semakin fungsional karena memiliki area penyimpanan khusus untuk meletakkan alat tulis Anda.

4. Tempat Penyimpanan File Kayu  Jati

4. Tempat Penyimpanan File Kayu Jati

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Ciptakan nuansa suasana natural yang hangat di ruangan Anda

Dibuat menggunakan kayu jati, produk tipe vertikal ini memiliki daya tahan tinggi dan dapat Anda gunakan untuk jangka panjang. Tidak hanya itu, desainnya sangat khas dan akan menimbulkan suasana warm di meja Anda. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa hangat dan natural di meja kerja Anda.

Selain itu, alas produk ini cukup tebal sehingga akan terasa sangat stabil dan cocok untuk Anda gunakan menyimpan file yang tebal atau berbobot berat. Kemudian, dengan adanya partisi tambahan, produk ini memiliki 3 ruang penyimpanan file yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan sekaligus memisahkan berbagai file penting Anda.

3. A4 File Organizer

3. A4 File Organizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 159.000

Tak bingung lagi saat mengambil file dengan adanya 24 label nama

Dibuat menggunakan bahan plastik, produk ini cukup kuat, ringan, dan tahan air saat Anda gunakan. Selain itu, ketika dibuka lebar-lebar produk dengan panjang 33 cm dan lebar 23 cm ini memiliki 24 kantung penyimpanan sehingga Anda bisa menyimpan sangat banyak file menggunakan tempat penyimpanan file yang satu ini.

Lalu, Anda juga akan memperoleh 24 label nama agar Anda semakin mudah mengenali kelompok file yang telah Anda simpan. Bila Anda mencari tempat penyimpanan file yang dilengkapi dengan sistem pengelompokan dokumen agar saat dibutuhkan Anda bisa mengambil file dengan tepat, produk ini adalah salah satu solusinya.

2. Four Section Desktop Document Organizer

2. Four Section Desktop Document Organizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 284.000

Semakin mudah memilah file dengan 4 area penyimpanan

Bila Anda mencari tempat penyimpanan file dengan banyak partisi agar Anda semakin mudah memilah file, produk tipe vertikal ini adalah salah satu pilihan terbaik. Produk berukuran 32,5 x 32 x 27,5 cm ini memiliki 3 partisi dan 4 ruang penyimpanan file sehingga Anda bisa meletakkan file sesuai dengan kategori yang telah Anda rencanakan.

Selain itu, produk yang dibuat dari plastik ini juga sudah dilengkapi dengan tempat meletakkan alat tulis, serta 3 kotak tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan klip, penghapus, memo, buku catatan kecil, dan sebagainya. Bila Anda kurang menyukai warna hitam, Anda bisa memilih varian warna biru atau putih sesuai selera Anda.

1. Office File Storage Shelf

1. Office File Storage Shelf

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 537.300

Lebih multifungsi dengan tambahan laci dan rak

Dilengkapi dengan laci dan rak 3 tingkat, Anda bisa menggunakan produk tipe vertikal ini untuk menyimpan baik file berukuran besar misalnya A4, maupun alat tulis, pajangan kecil, serta dokumen kecil, surat, atau memo. Untuk Anda yang mencari tempat penyimpanan file dengan banyak ruang penyimpanan tambahan, produk inilah jawabannya.

Apalagi, desainnya pun menarik dan akan membuat meja Anda terlihat semakin segar. Lalu, produk ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga mudah untuk Anda bongkar dan simpan ketika tidak digunakan. Toh, Anda bisa menggunakan produk ini untuk jangka panjang karena tempat penyimpanan file ini dibuat dari bahan kayu lapis.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tempat penyimpanan file, seluruh file Anda akan tersimpan dengan rapi. Anda bisa memilih produk tipe vertikal atau horizontal sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa memilih produk berbahan kayu, metal, plastik, atau kertas yang ukuran, desain, dan kestabilannya sesuai dengan pertimbangan Anda.

Selain memperhatikan ukuran produk, ada baiknya bila Anda juga mengecek ukuran file yang biasa Anda simpan agar fungsi tempat penyimpanan file lebih optimal. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi fitur tambahan sehingga semakin fungsional untuk digunakan. Nah, selamat memilih!