• 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tempat penyimpanan file sangat berguna untuk menata dan menyimpan file atau dokumen lebih rapi. Anda akan menemukan berbagai tempat penyimpanan file berkualitas keluaran Bantex, IKEA, Maspion, dan sebagainya. Namun, perbedaan bahan dan spesifikasi antar produk bisa saja membuat Anda bingung memilih.

Oleh karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Anda akan mendapati tempat penyimpanan file awet dalam artikel ini. Tempat penyimpanan file bagus dan keren pun ada, pilih saja yang paling Anda butuhkan.
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 7.757 Views
Daftar isi

Cara memilih tempat penyimpanan file

Bentuk dan lokasi penempatan tempat penyimpanan file akan memengaruhi cara penggunaannya. Maka dari itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih produk dengan bentuk sesuai kebutuhan penggunaan

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua tipe tempat penyimpanan file, yaitu tipe horizontal dan vertikal. Berikut akan kami jelaskan mengenai keduanya.

Produk tipe horizontal, cocok digunakan di dalam laci

Produk tipe horizontal, cocok digunakan di dalam laci
Saat menggunakan produk tipe horizontal, Anda bisa dengan mudah memasukkan file dari atas secara vertikal. Toh, judul file umumnya terletak di bagian atas, bukan? Dengan memakai produk tipe ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan file yang dibutuhkan atau menyusunnya dengan rapi. 

Saat dibutuhkan, Anda bisa langsung mengambil file-nya dari dalam laci. Tipe ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan file yang sering atau rutin digunakan. Meski begitu, bisa saja tinggi laci Anda tidak cukup memadai untuk meletakkan tempat penyimpanan file. Pastikan Anda mengecek ukuran laci Anda terlebih dahulu.

Produk tipe vertikal, sangat cocok digunakan di rak atau meja

Produk tipe vertikal, sangat cocok digunakan di rak atau meja
Bila Anda ingin menyimpan file dalam keadaan tegak, tipe ini adalah opsi yang pas. Bagian depan produk ini lebih rendah dibanding bagian belakangnya sehingga Anda bisa mengambil file dengan cepat. Anda juga dapat menyusun beberapa tempat file secara berdampingan dan membaginya berdasarkan kriteria tertentu. Hal ini akan memudahkan Anda mengatur file yang sering Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk tipe vertikal untuk menyimpan buku atau file tebal yang Anda miliki. Meja dan ruangan kerja pun jadi terkesan lebih rapi.

Pilih material berdasarkan hal yang ingin diutamakan, ketahanan atau harga

Pilih material berdasarkan hal yang ingin diutamakan, ketahanan atau harga
Terdapat berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membuat tempat penyimpanan file. Masing-masing bahan memiliki keunggulan tersendiri.

Produk berbahan kertas (umumnya dibuat dari sejenis karton) memiliki harga murah, berbobot ringan, dan mudah dibawa. Namun, daya tahannya biasanya kurang baik. Jadi, produk berbahan kertas cocok digunakan untuk menyimpan file yang ringan atau sebagai tempat penyimpanan temporer saja. 


Sementara itu, produk dari kayu atau metal harganya cukup mahal, tetapi daya tahannya sangat baik. Anda pun tidak perlu sering membeli yang baru. Di sisi lain, produk berbahan plastik memiliki daya tahan dan harga menengah. Jadi, bila Anda masih kebingungan untuk memilih, Anda bisa mempertimbangkan produk yang dibuat dari plastik.

Pilih produk sesuai area penempatan dan ukuran file

Pilih produk sesuai area penempatan dan ukuran file
Tempat penyimpanan file yang beredar di pasaran berbeda ukuran satu sama lain tergantung merek dan jenisnya. Pastikan Anda selalu mengecek ukuran panjang, lebar, dan tinggi produk yang hendak Anda beli. Dengan begitu, Anda bisa memilih produk yang ukurannya sesuai dengan ukuran laci, rak, atau meja Anda. Selain itu, sesuaikan juga ukurannya dengan ukuran file yang hendak Anda simpan di dalamnya.

Pilih produk yang stabil untuk menyimpan file berbobot berat

Pilih produk yang stabil untuk menyimpan file berbobot berat
File berbobot berat yang berisi banyak dokumen sangat mudah membuat tempat penyimpanan file terjatuh. Bayangkan saat Anda menggunakan produk tipe vertikal untuk menyimpan file berukuran besar seperti A4. Tentu produk tersebut menjadi tidak stabil dan rentan jatuh. Solusinya, Anda bisa memilih produk yang stabil dan memiliki alas cukup lebar.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, Anda bisa memilih tempat penyimpanan file berbahan metal atau kayu. Produk yang dibuat dari dua bahan tersebut cenderung lebih stabil dibanding produk berbahan kertas.

Pilih produk sesuai interior dan suasana ruangan

Pilih produk sesuai interior dan suasana ruangan
Jika Anda berencana untuk meletakkan tempat penyimpanan file di meja atau rak, perhatikanlah juga desainnya. Anda bisa memilih produk yang unik, misalnya produk berdesain imut atau dilapisi bahan kulit. Pilihlah produk yang desainnya sesuai dengan lokasi dan atmosfer ruangan Anda.

Jika hendak diletakkan di rumah, Anda bisa memilih produk yang desainnya cocok dengan interior ruangan secara keseluruhan. Ingin meletakkan tempat penyimpanan file-nya secara berderet? Milikilah produk berwarna sama agar timbul impresi yang tegas dan kuat. Bagaimana jika tidak ada produk berwarna sama? Anda bisa menyusunnya berdasarkan tinggi produk, variasi warna, atau kriteria lainnya agar tetap menarik.

Pilih produk dengan keunggulan tambahan agar makin fungsional digunakan

Pilih produk dengan keunggulan tambahan agar makin fungsional digunakan
Anda akan menemukan produk yang dilengkapi fungsi tertentu agar makin praktis untuk digunakan. Sebagai contoh, ada produk dengan handle untuk memudahkan Anda menarik file, partisi untuk memisahkan file, dan sebagainya. Produk tipe horizontal tentu terasa makin fungsional jika dilengkapi partisi tambahan untuk menyimpan file secara terpisah. Selain itu, ada juga produk tipe vertikal yang dilengkapi rak-rak kecil untuk menyimpan alat tulis atau buku catatan.

Pada intinya, cek terlebih dahulu adanya fungsi tambahan seperti ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Dengan begitu, tempat penyimpanan file akan menjadi makin fungsional untuk Anda gunakan.

10 Rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Pilihlah yang paling Anda sukai!
10
TipeVertikal
MaterialKarton dilapisi plastik
UkuranTidak disebutkan
9
TipeHorizontal
MaterialTidak disebutkan
Ukuran21,5 cm × 20,8 cm × 16,8 cm
8
TipeVertikal
MaterialKertas
Ukuran10 cm × 19 cm × 27 cm
7
TipeVertikal
MaterialKarton
Ukuran24 cm × 14 cm × 25 cm
6
TipeKombinasi vertikal dan horizontal
MaterialMetal
Ukuran17,5 cm × 8,3 cm × 13 cm
5
TipeVertikal
MaterialBaja
Ukuran10 cm × 26 cm × 32 cm
4

Tempat Penyimpanan File 4 Tingkat

Rp 425.220,00

TipeHorizontal
MaterialKayu
Ukuran28 cm × 28 cm × 33 cm
3

Bantex Adjustable (FC/A4) Suspension Filing Tray

8845 05

Rp 291.940,00

TipeHorizontal
MaterialPlastik
UkuranTidak disebutkan
2
TipeHorizontal
MaterialPlastik
Ukuran33 cm × 23,5 cm
1
TipeVertikal
MaterialKayu
Ukuran25,5 cm × 26 cm × 20 cm

Tabel perbandingan produk tempat penyimpanan file terbaik

Gambar produk
1
DIY File Rack 1

2
Expanding File Folder 1

3
Bantex  Adjustable (FC/A4) Suspension Filing Tray  1

Bantex

4
Tempat Penyimpanan File 4 Tingkat 1

5
IKEA DOKUMENT Magazine File Set of 2 1

IKEA

6
Metal Mesh File Storage 1

7
Tempat Penyimpanan File dengan Laci 1

8
IKEA  HEJSAN Magazine File 1

IKEA

9
Maspion Plastic  New Sys Rack 1

Maspion Plastic

10
Bantex  Magazine Files 4011 1

Bantex

Nama produk

DIY File Rack

Expanding File Folder

Adjustable (FC/A4) Suspension Filing Tray

Tempat Penyimpanan File 4 Tingkat

DOKUMENT Magazine File Set of 2

Metal Mesh File Storage

Tempat Penyimpanan File dengan Laci

HEJSAN Magazine File

New Sys Rack

Magazine Files 4011

Keunggulan

Ada lima area penyimpanan tambahan, lho!

Ada 24 label nama, makin mudah mengenali file

Bisa digantung di dinding, makin hemat tempat, deh!

Guratan kayunya hadirkan nuansa natural

Dua unit produk dalam satu paket, lebih ekonomis!

Lebih rapi menyimpan file dengan ukuran bervariasi

Desainnya imut, lengkap dengan laci serbaguna pula

Kuatkan kesan elegan dalam ruangan

Ukuran compact untuk laci yang tidak terlalu besar

Hiasi ruangan sesuka hati dengan dua puluh variasi warna!

HargaRp 102.000,00Rp 91.075,00Rp 291.940,00Rp 425.220,00Rp 104.900,00Rp 48.450,00Rp 41.000,00Rp 59.900,00Rp 48.600,00Rp 40.150,00
TipeVertikalHorizontalHorizontalHorizontalVertikalKombinasi vertikal dan horizontalVertikalVertikalHorizontalVertikal
MaterialKayuPlastikPlastikKayuBajaMetalKartonKertasTidak disebutkanKarton dilapisi plastik
Ukuran25,5 cm × 26 cm × 20 cm33 cm × 23,5 cmTidak disebutkan28 cm × 28 cm × 33 cm10 cm × 26 cm × 32 cm17,5 cm × 8,3 cm × 13 cm24 cm × 14 cm × 25 cm10 cm × 19 cm × 27 cm21,5 cm × 20,8 cm × 16,8 cmTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi rak lainnya di sini

Selain menaruh tempat file di atas meja, Anda juga dapat menaruhnya di rak dinding, rak kayu, dan rak penyimpanan barang. Jika tertarik, Anda bisa membaca lebih jauh mengenai beragam rak tersebut pada tautan berikut.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tempat penyimpanan file, seluruh file akan tersimpan rapi. Pilihlah produk dengan tipe dan material sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda berencana menyimpan file berbobot berat, cek juga kestabilannya.

Selain itu, ketahui juga ukuran file yang biasa Anda simpan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi fitur tambahan sehingga lebih fungsional untuk digunakan. Saatnya menyimpan file penting dalam tempat penyimpanan file favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Document organizer
    28.057 Views
  • 10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stapler banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan, sekolah, dan kuliah. Merek seperti Kokuyo, Max, dan Deli adalah produsen yang terkenal di Indonesia. Mereka mengeluarkan beberapa model stapler dengan berbagai bentuk dan keunikannya masing-masing. Untuk menemukan stapler yang cocok dan sesuai kebutuhan, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu karakteristik stapler tersebut. Sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips cara memilih stapler, serta memberikan rekomendasi produk stapler untuk Anda. Simak artikel kami dan temukan stapler yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Document organizer
    12.369 Views
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Anda dapat menggunakannya sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, untuk menyampaikan pesan, dan sebagainya. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.Agar bisa memilih sticky notes yang sesuai kebutuhan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di artikel ini, kami akan menjelaskannya bagi Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi sticky notes terbaik pilihan kami, antara lain merek Post-it, Joyko, BIG, dan lainnya. Tetap disimak, ya!
    Document organizer
    12.048 Views
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Scanner dokumen merupakan alat yang dapat memudahkan kita dalam mendigitalkan dokumen-dokumen seperti buku bacaan sehari-hari maupun dokumen kerja. Ada banyak variasi dan tipe yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda, mulai dari yang cocok diletakan di atas meja, mudah dibawa, dapat memproses dokumen dengan kecepatan tinggi, serta berbagai variasi lainnya.Lalu, apa yang sebenarnya harus diperhatikan saat memilih scanner? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih scanner dokumen yang tepat dengan membandingkan dari segi harga, kemampuan, review dari pengguna, dan sebagainya. Tidak lupa, kami juga akan memperkenalkan rekomendasi scanner dokumen terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya!
    Document organizer
    15.495 Views
  • 10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Paper Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Paper clip dapat membuat kertas dokumen Anda lebih rapi dan teratur. Saat ini paper clip juga dipakai sebagai peralatan tulis untuk keperluan kantor atau perkuliahan. Ada berbagai paper clip dengan bentuk dan warna menarik yang dapat memperindah dokumen dan menghiasi meja kerja Anda.Dalam artikel ini kami akan mengulas cara memilih paper clip. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh paper clip terbaik dari Kokuyo, Joyko, IKEA, dan sebagainya. Silakan bookmark artikel ini apabila Anda masih bingung atau membutuhkan inspirasi saat memilih paper clip. Nah, selamat membaca!
    Document organizer
    5.762 Views
  • 10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laminating Film Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ingin menjaga dokumen penting tetap awet? Laminating film bisa menjadi solusinya. Tersedia dalam bentuk lembaran dan roll, Anda bisa melindungi dokumen dengan ukuran A3, A4, dan sebagainya. Ada pula laminating film dengan ketebalan di atas 250 mikron untuk penggunaan di luar ruangan.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih laminating film. Kami juga akan mengulas beberapa produk laminating film yang dapat digunakan dengan dan tanpa bantuan mesin. Ada produk dari Joyko, Blueprint, dan TOHO, lho. Yuk, disimak sampai selesai!
    Document organizer
    79 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori