• 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan File Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tempat penyimpanan file sangat berguna untuk menata dan menyimpan file atau dokumen lebih rapi. Anda akan menemukan berbagai tempat penyimpanan file berkualitas keluaran Bantex, IKEA, Maspion, dan sebagainya. Namun, perbedaan bahan dan spesifikasi antar produk bisa saja membuat Anda bingung memilih.

Oleh karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Anda akan mendapati tempat penyimpanan file awet dalam artikel ini. Tempat penyimpanan file bagus dan keren pun ada, pilih saja yang paling Anda butuhkan.
  • Pembaharuan terakhir: 11 Oktober 2020
  • 6.513 Views
Daftar isi

Cara memilih tempat penyimpanan file

Bentuk dan lokasi penempatan tempat penyimpanan file akan memengaruhi cara penggunaannya. Maka dari itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih produk dengan bentuk sesuai kebutuhan penggunaan

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua tipe tempat penyimpanan file, yaitu tipe horizontal dan vertikal. Berikut akan kami jelaskan mengenai keduanya.

Produk tipe horizontal, cocok digunakan di dalam laci

Produk tipe horizontal, cocok digunakan di dalam laci
Saat menggunakan produk tipe horizontal, Anda bisa dengan mudah memasukkan file dari atas secara vertikal. Toh, judul file umumnya terletak di bagian atas, bukan? Dengan memakai produk tipe ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan file yang dibutuhkan atau menyusunnya dengan rapi. 

Saat dibutuhkan, Anda bisa langsung mengambil file-nya dari dalam laci. Tipe ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan file yang sering atau rutin digunakan. Meski begitu, bisa saja tinggi laci Anda tidak cukup memadai untuk meletakkan tempat penyimpanan file. Pastikan Anda mengecek ukuran laci Anda terlebih dahulu.

Produk tipe vertikal, sangat cocok digunakan di rak atau meja

Produk tipe vertikal, sangat cocok digunakan di rak atau meja
Bila Anda ingin menyimpan file dalam keadaan tegak, tipe ini adalah opsi yang pas. Bagian depan produk ini lebih rendah dibanding bagian belakangnya sehingga Anda bisa mengambil file dengan cepat. Anda juga dapat menyusun beberapa tempat file secara berdampingan dan membaginya berdasarkan kriteria tertentu. Hal ini akan memudahkan Anda mengatur file yang sering Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk tipe vertikal untuk menyimpan buku atau file tebal yang Anda miliki. Meja dan ruangan kerja pun jadi terkesan lebih rapi.

Pilih material berdasarkan hal yang ingin diutamakan, ketahanan atau harga

Pilih material berdasarkan hal yang ingin diutamakan, ketahanan atau harga
Terdapat berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membuat tempat penyimpanan file. Masing-masing bahan memiliki keunggulan tersendiri.

Produk berbahan kertas (umumnya dibuat dari sejenis karton) memiliki harga murah, berbobot ringan, dan mudah dibawa. Namun, daya tahannya biasanya kurang baik. Jadi, produk berbahan kertas cocok digunakan untuk menyimpan file yang ringan atau sebagai tempat penyimpanan temporer saja. 


Sementara itu, produk dari kayu atau metal harganya cukup mahal, tetapi daya tahannya sangat baik. Anda pun tidak perlu sering membeli yang baru. Di sisi lain, produk berbahan plastik memiliki daya tahan dan harga menengah. Jadi, bila Anda masih kebingungan untuk memilih, Anda bisa mempertimbangkan produk yang dibuat dari plastik.

Pilih produk sesuai area penempatan dan ukuran file

Pilih produk sesuai area penempatan dan ukuran file
Tempat penyimpanan file yang beredar di pasaran berbeda ukuran satu sama lain tergantung merek dan jenisnya. Pastikan Anda selalu mengecek ukuran panjang, lebar, dan tinggi produk yang hendak Anda beli. Dengan begitu, Anda bisa memilih produk yang ukurannya sesuai dengan ukuran laci, rak, atau meja Anda. Selain itu, sesuaikan juga ukurannya dengan ukuran file yang hendak Anda simpan di dalamnya.

Pilih produk yang stabil untuk menyimpan file berbobot berat

Pilih produk yang stabil untuk menyimpan file berbobot berat
File berbobot berat yang berisi banyak dokumen sangat mudah membuat tempat penyimpanan file terjatuh. Bayangkan saat Anda menggunakan produk tipe vertikal untuk menyimpan file berukuran besar seperti A4. Tentu produk tersebut menjadi tidak stabil dan rentan jatuh. Solusinya, Anda bisa memilih produk yang stabil dan memiliki alas cukup lebar.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, Anda bisa memilih tempat penyimpanan file berbahan metal atau kayu. Produk yang dibuat dari dua bahan tersebut cenderung lebih stabil dibanding produk berbahan kertas.

Pilih produk sesuai interior dan suasana ruangan

Pilih produk sesuai interior dan suasana ruangan
Jika Anda berencana untuk meletakkan tempat penyimpanan file di meja atau rak, perhatikanlah juga desainnya. Anda bisa memilih produk yang unik, misalnya produk berdesain imut atau dilapisi bahan kulit. Pilihlah produk yang desainnya sesuai dengan lokasi dan atmosfer ruangan Anda.

Jika hendak diletakkan di rumah, Anda bisa memilih produk yang desainnya cocok dengan interior ruangan secara keseluruhan. Ingin meletakkan tempat penyimpanan file-nya secara berderet? Milikilah produk berwarna sama agar timbul impresi yang tegas dan kuat. Bagaimana jika tidak ada produk berwarna sama? Anda bisa menyusunnya berdasarkan tinggi produk, variasi warna, atau kriteria lainnya agar tetap menarik.

Pilih produk dengan keunggulan tambahan agar makin fungsional digunakan

Pilih produk dengan keunggulan tambahan agar makin fungsional digunakan
Anda akan menemukan produk yang dilengkapi fungsi tertentu agar makin praktis untuk digunakan. Sebagai contoh, ada produk dengan handle untuk memudahkan Anda menarik file, partisi untuk memisahkan file, dan sebagainya. Produk tipe horizontal tentu terasa makin fungsional jika dilengkapi partisi tambahan untuk menyimpan file secara terpisah. Selain itu, ada juga produk tipe vertikal yang dilengkapi rak-rak kecil untuk menyimpan alat tulis atau buku catatan.

Pada intinya, cek terlebih dahulu adanya fungsi tambahan seperti ini sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Dengan begitu, tempat penyimpanan file akan menjadi makin fungsional untuk Anda gunakan.

10 Rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi tempat penyimpanan file terbaik. Pilihlah yang paling Anda sukai!
10
TipeVertikal
MaterialKarton dilapisi plastik
UkuranTidak disebutkan
9
TipeHorizontal
MaterialTidak disebutkan
Ukuran21,5 cm × 20,8 cm × 16,8 cm
8
TipeVertikal
MaterialKertas
Ukuran10 cm × 19 cm × 27 cm
7
TipeVertikal
MaterialKarton
Ukuran24 cm × 14 cm × 25 cm
6
TipeKombinasi vertikal dan horizontal
MaterialMetal
Ukuran17,5 cm × 8,3 cm × 13 cm
5
TipeVertikal
MaterialBaja
Ukuran10 cm × 26 cm × 32 cm
4

Tempat Penyimpanan File 4 Tingkat

Rp 425.220,00

TipeHorizontal
MaterialKayu
Ukuran28 cm × 28 cm × 33 cm
3

Bantex Adjustable (FC/A4) Suspension Filing Tray

8845 05

Rp 291.940,00

TipeHorizontal
MaterialPlastik
UkuranTidak disebutkan
2
TipeHorizontal
MaterialPlastik
Ukuran33 cm × 23,5 cm
1
TipeVertikal
MaterialKayu
Ukuran25,5 cm × 26 cm × 20 cm

Tabel perbandingan produk tempat penyimpanan file terbaik

Gambar produk
1
DIY File Rack 1

2
Expanding File Folder 1

3
Bantex  Adjustable (FC/A4) Suspension Filing Tray  1

Bantex

4
Tempat Penyimpanan File 4 Tingkat 1

5
IKEA DOKUMENT Magazine File Set of 2 1

IKEA

6
Metal Mesh File Storage 1

7
Tempat Penyimpanan File dengan Laci 1

8
IKEA  HEJSAN Magazine File 1

IKEA

9
Maspion Plastic  New Sys Rack 1

Maspion Plastic

10
Bantex  Magazine Files 4011 1

Bantex

Nama produk

DIY File Rack

Expanding File Folder

Adjustable (FC/A4) Suspension Filing Tray

Tempat Penyimpanan File 4 Tingkat

DOKUMENT Magazine File Set of 2

Metal Mesh File Storage

Tempat Penyimpanan File dengan Laci

HEJSAN Magazine File

New Sys Rack

Magazine Files 4011

Keunggulan

Ada lima area penyimpanan tambahan, lho!

Ada 24 label nama, makin mudah mengenali file

Bisa digantung di dinding, makin hemat tempat, deh!

Guratan kayunya hadirkan nuansa natural

Dua unit produk dalam satu paket, lebih ekonomis!

Lebih rapi menyimpan file dengan ukuran bervariasi

Desainnya imut, lengkap dengan laci serbaguna pula

Kuatkan kesan elegan dalam ruangan

Ukuran compact untuk laci yang tidak terlalu besar

Hiasi ruangan sesuka hati dengan dua puluh variasi warna!

HargaRp 102.000,00Rp 91.075,00Rp 291.940,00Rp 425.220,00Rp 104.900,00Rp 48.450,00Rp 41.000,00Rp 59.900,00Rp 48.600,00Rp 40.150,00
TipeVertikalHorizontalHorizontalHorizontalVertikalKombinasi vertikal dan horizontalVertikalVertikalHorizontalVertikal
MaterialKayuPlastikPlastikKayuBajaMetalKartonKertasTidak disebutkanKarton dilapisi plastik
Ukuran25,5 cm × 26 cm × 20 cm33 cm × 23,5 cmTidak disebutkan28 cm × 28 cm × 33 cm10 cm × 26 cm × 32 cm17,5 cm × 8,3 cm × 13 cm24 cm × 14 cm × 25 cm10 cm × 19 cm × 27 cm21,5 cm × 20,8 cm × 16,8 cmTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi rak lainnya di sini

Selain menaruh tempat file di atas meja, Anda juga dapat menaruhnya di rak dinding, rak kayu, dan rak penyimpanan barang. Jika tertarik, Anda bisa membaca lebih jauh mengenai beragam rak tersebut pada tautan berikut.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tempat penyimpanan file, seluruh file akan tersimpan rapi. Pilihlah produk dengan tipe dan material sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda berencana menyimpan file berbobot berat, cek juga kestabilannya.

Selain itu, ketahui juga ukuran file yang biasa Anda simpan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi fitur tambahan sehingga lebih fungsional untuk digunakan. Saatnya menyimpan file penting dalam tempat penyimpanan file favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    184.311 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    2.603 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Sejumlah produsen buku catatan ternama, seperti Kenko, Kiky, dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, ukuran garis, dan motif sampul yang beragam.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    36.902 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Buku & alat tulis
    43.857 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jika dilihat, hampir semua produk pensil warna memang terlihat sama. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang tepat. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Buku & alat tulis
    57.607 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves dan Canson pun memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam pula.Pilihlah produk sketchbook yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menjalankan hobi maupun pekekerjaan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pada artikel berikut ini. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    42.403 Views
  • 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020)
    Anda sedang mencari bolpoin untuk melengkapi buku catatan yang Anda miliki? Ada banyak sekali bolpoin yang bisa dipilih, mulai dari yang menggunakan bermacam tinta seperti minyak dan frixion, serta yang ukuran dan cara penggunaannya berbeda. Salah satu poin penting untuk dipertimbangkan adalah kenyamanan saat menggunakannya. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih bolpoin yang cocok untuk buku catatan Anda. Beberapa merek terkenal, seperti Faber-Castell, Pilot, dan Zebra juga akan kami rekomendasikan, lho! Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis dan dapatkan bolpoin yang paling pas untuk Anda.
    Buku & alat tulis
    6.960 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori