10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Glue gun atau kadang disebut juga sebagai lem tembak sangat bermanfaat untuk Anda gunakan ketika mengerjakan baik kegiatan pertukangan maupun kerajinan tangan. Tangan yang tak perlu berlepotan lem membuat glue gun yang praktis ini semakin populer dari hari ke hari.

Namun, Anda akan menemukan berbagai merek glue gun, seperti Stanley, Bosch, Mollar, dan sebagainya sehingga Anda bisa bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi glue gun terbaik. Anda akan menemukan berbagai glue gun berkualitas dalam daftar rekomendasi ini. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih glue gun

Glue gun mampu menghasilkan lem dengan cara melelehkan glue stick di dalamnya. Glue gun sangat praktis dan fungsional sehingga semakin banyak orang yang menyediakannya di rumah untuk berbagai keperluan.

Meski begitu, terdapat begitu banyak produk glue gun beredar di pasaran. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketahui temperaturnya agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan

Ketahui temperaturnya agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan
Untuk menghasilkan lem siap pakai, glue gun akan melelehkan glue stick di dalamnya pada suhu tertentu. Masing-masing glue gun memiliki kisaran suhu yang berbeda satu sama lain. Anda akan menemukan adanya tipe low temperature yang melelehkan glue stick pada suhu sekitar 120° dan tipe high temperature dengan kemampuan melelehkan pada suhu di kisaran 170°. Selain itu, Anda juga bisa membeli glue gun yang dapat Anda set menjadi low temperature atau high temperature. 

Karena itu, Anda harus mengetahui temperatur glue gun sebelum memutuskan untuk membelinya. Bila Anda membeli glue gun yang tipenya tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda, tentu uang Anda menjadi terbuang sia-sia, bukan?

Apakah sudah dilengkapi dengan switch?

Apakah sudah dilengkapi dengan switch?

Glue gun berbentuk seperti pistol dan umumnya baru akan mengeluarkan lem setelah Anda tekan pelatuknya. Selain itu, ada juga produk yang sudah dilengkapi dengan switch untuk memanaskan glue stick.

Meski begitu, tidak semua produk dilengkapi dengan switch tersebut. Produk seperti ini akan secara otomatis memanaskan glue stick ketika Anda hubungkan ke stop kontak. Hal tersebut akan membuat Anda harus berkali-kali memasang dan mencabut glue gun tersebut dari stop kontak agar glue stick-nya tidak dilelehkan terus-menerus.

Bila Anda merasa tidak masalah untuk berkali-kali memasang dan mencabut glue gun dari stop kontak, Anda bisa memilih produk tanpa switch. Akan tetapi, bila Anda tidak ingin direpotkan, Anda bisa memilih produk yang sudah dilengkapi dengan switch.

Cek juga jenis power supply-nya

Cek juga jenis power supply-nya

Power supply glue gun bisa berasal dari stop kontak, bisa juga dari baterai kering. Hanya produk dengan power supply dari stop kontaklah yang dilengkapi dengan kabel.

Glue gun berkabel tidak perlu menggunakan baterai, tetapi adanya kabel bisa saja membuat area kerja Anda menjadi terkesan lebih sempit dan semrawut. Anda bisa saja tersandung kabel tersebut sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika menggunakannya.

Sementara itu, bila Anda memilih glue gun yang power supply berasal dari baterai, Anda harus mempersiapkan banyak cadangan baterai. Hal tersebut dikarenakan penggunaan glue gun membutuhkan energi cukup besar sehingga cenderung boros daya baterai. Karena itu, pilihlah produk dengan power supply sesuai dengan intensitas pemakaian Anda.

10 Rekomendasi glue gun terbaik

Sudahkan Anda mantap menentukan karakteristik glue gun untuk membantu pekerjaan Anda? Sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi glue gun terbaik. Selamat membaca dan memilih produk!

10. Mollar Professional MLR-GG20

10. Mollar Professional MLR-GG20

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 34.800

Tampil modern dengan warna pastel yang kekinian

Perpaduan warna putih dengan hijau tosca muda membuat produk ini terlihat sangat menarik. Enak dilihat dan ringan bobotnya, cocok bila Anda mencari glue gun untuk sekadar memenuhi keperluan rumah tangga. Apalagi, ukurannya juga tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil, nyaman digenggam oleh tangan orang dewasa.

Lalu, dengan warna cerah seperti itu produk ini juga bisa menjadi favorit para remaja putri untuk teman membuat hasta karya. Tidak hanya itu, produk ini juga semakin ekonomis karena sudah termasuk dengan 2 glue stick sepanjang 10 cm. Selain itu, produk ini pun tak bikin boros tagihan listrik karena hanya membutuhkan daya listrik sebesar 20 watt saja.

9. Happy E20W

9. Happy E20W

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 35.900

Harga sangat terjangkau dan sudah dilengkapi switch

Dengan daya listrik hanya 20 watt saja, glue gun ini tidak akan membuat Anda harus mengeluarkan banyak dana untuk membayar biaya listrik. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan sistem pengaturan temperatur otomatis sehingga menjadi tidak mudah overheat dan cukup kuat untuk Anda gunakan dalam jangka waktu cukup lama.

Kemudian, dengan adanya switch on/off Anda tidak perlu lagi melepas dan memasang produk ini ke stop kontak berulang kali untuk mencegah lemnya luber. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi tidak ingin direpotkan karena harus mencabut dan memasang glue gun terus-menerus ke stop kontak, tentu produk ini adalah solusi yang tepat.

8. Dekko Korea DG-11

8. Dekko Korea DG-11

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 103.000

Modelnya yang unik memudahkan Anda mengecek sisa glue stick

Bila Anda tidak suka direpotkan karena harus berulang kali melepas glue stick dari glue gun untuk mengecek kondisi glue stick tersebut, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Bagian belakangnya didesain terbuka tanpa ada casing sehingga memungkinkan Anda untuk mengecek sisa panjang glue stick tanpa perlu repot melepaskannya dari glue gun.

Kemudian, lekukan di bagian gagangnya membuat produk ini semakin mudah Anda genggam. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan besi penyangga sehingga Anda bisa meletakkannya secara berdiri tanpa perlu takut lemnya mengotori meja. Lalu, ketika Anda membeli produk ini, Anda juga akan langsung memperoleh 2 batang glue stick, lho!

7. Jie La Hua LL-203

7. Jie La Hua LL-203

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Atur daya listriknya sesuai kebutuhan Anda

Adanya pelatuk berukuran besar pada produk ini akan memudahkan Anda  untuk mengontrol jumlah lem yang dikeluarkan. Selain itu, gagangnya pun cukup ramping sehingga Anda bisa mengontrol pergerakannya dengan mudah. Lalu, dengan daya listrik sebesar 60 watt produk ini akan menghasilkan lem kental yang cukup cepat kering.

Namun, bila Anda rela untuk membayar biaya listrik lebih banyak demi bisa memperoleh lem yang lebih panas sesuai kebutuhan, Anda bisa mengeset daya listriknya menjadi 100 watt. Bila Anda butuh glue gun yang daya listriknya dapat Anda ubah sesuka hati sesuai keperluan Anda, tentu produk ini adalah salah satu pilihan tterbaik.

6. Joer Portable Battery Glue Gun S-608

6. Joer Portable Battery Glue Gun S-608

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Ukurannya mini dan tetap nyaman digenggam

Produk dengan power supply dari baterai ini dapat Anda gunakan di mana pun tanpa harus memikirkan adanya stop kontak. Toh, produk ini dilengkapi lampu LED (light emitting diode) sehingga Anda tetap bisa bekerja di area yang gelap. Apalagi, dengan ukuran hanya 15 x 13,5 cm produk ini pun sangat mudah untuk Anda simpan di tempat pensil.

Tidak hanya itu, bobotnya juga hanya 158,6 gram saja sehingga terasa sangat ringan di tangan dan tidak akan membuat tangan Anda lelah sekalipun Anda sering-sering menggunakannya. Bila Anda mencari glue gun berukuran sangat compact yang dapat Anda gunakan kapan pun dan di mana pun Anda mau, produk ini adalah pilihannya.

5. Joer S-801

5. Joer S-801

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.500

Atur suhunya sesuai dengan keinginan Anda!

Memiliki range suhu 140-220° C, produk ini adalah solusi terbaik bila Anda mencari glue gun yang suhunya dapat diatur sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Ketika Anda hendak mengelem bahan-bahan yang tidak terlalu keras, contohnya kayu atau plastik, Anda bisa mengeset suhu glue gun tipe high temperatur ini di range 140-180° C.

Lalu, bila Anda ingin membutuhkan lem yang sangat panas agar tidak cepat kering, Anda bisa mengeset suhunya menjadi 200 atau 220° C, sangat praktis! Mengingat produk ini harganya cukup terjangkau, sudah dilengkapi lampu LED, dan memiliki desain yang terlihat futuristis, produk ini terlihat semakin menarik, bukan?

4. Goot HB-80

4. Goot HB-80

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Tipe high temperature yang sangat hemat listrik

Bila Anda mencari glue gun bertemperatur tinggi, tetapi tidak mau pengeluaran listrik Anda membengkak, produk ini wajib Anda miliki. Ketika dioperasikan, produk ini mampu mencapai suhu 160° C sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengelem kayu, keramik, atau metal bila Anda memasukkan glue stick khusus untuk material tersebut ke dalamnya. 

Meski begitu, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit dana tambahan untuk membayar listrik karena daya listrik produk ini hanya 14 watt saja, hemat energi, bukan? Lalu, dengan dimensi 18,5 x 15,5 cm serta bobot hanya 220 gram saja, tangan Anda pun tidak akan cepat pegal sekalipun menggunakan produk ini dalam jangka waktu cukup lama.

3. Pro’sKit Battery Operated Glue Gun GK – 368

3. Pro'sKit Battery Operated Glue Gun GK - 368

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

Grip karetnya yang antiselip sangat nyaman digenggam!

Bila Anda mencari glue gun yang mantap dan nyaman digenggam, produk ini adalah jawabannya. Dilengkapi dengan grip berbahan karet, produk ini menjadi tidak licin sekaligus terasa empuk di telapak tangan Anda. Dipadukan dengan bobotnya yang hanya 294 gram saja, produk ini menjadi semakin nyaman untuk Anda gunakan sepanjang hari.

Toh, dengan ukuran sebesar 17,5 x 15,5 cm, glue gun yang sumber energinya dari baterai ini terasa pas dalam genggaman Anda. Lalu, dalam waktu 3 menit setelah Anda aktifkan, produk ini akan mencapai suhu ideal dan siap digunakan. Dilengkapi dengan lampu LED, Anda bisa lebih mudah menggunakan produk ini bahkan di tempat yang pencahayaannya kurang.

2. Stanley 8-1/2 in Trigger-Feed Standard Dual-Melt Glue Gun

2. Stanley 8-1/2 in Trigger-Feed Standard Dual-Melt Glue Gun

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 209.600

Semakin fleksibel dengan fitur dual-temperature

Dirancang secara khusus, glue gun ini dapat Anda gunakan baik sebagai tipe high temperature maupun low temperature. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal, mulai dari mengerjakan prakarya sederhana hingga pekerjaan pertukangan. Bila Anda butuh glue gun yang sangat versatile, produk inilah solusinya.

Tidak hanya itu, cukup dengan menunggu selama 60 detik saja produk ini sudah mencapai titik panas optimal dan siap untuk Anda gunakan, cepat dan luar biasa! Lalu, glue gun dengan daya listrik sebesar 80 watt ini pun memiliki ukuran cukup compact dan stand yang bisa dilipat sehingga semakin memudahkan penyimpanannya.

1. Bosch Glue Gun PKP 18 E

1. Bosch Glue Gun PKP 18 E

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 520.000

Semakin fungsional dengan drip lock

Pipa semprotnya yang berukuran panjang, memudahkan Anda untuk mengelem celah kecil. Lalu, glue gun ini akan standby pada suhu 200° C sehingga mampu memberi Anda lem bertekstur cair yang memudahkan pekerjaan Anda. Casing produk ini pun berbahan poliamida sehingga sangat awet untuk Anda gunakan dalam jangka waktu panjang.

Lalu, produk berdaya listrik 200 watt ini juga memiliki wire stand sehingga mudah diletakkan saat beristirahat sejenak di sela pekerjaan. Tak perlu khawatir, Anda tidak akan mendapati adanya lem yang menetes karena produk ini sudah dilengkapi dengan drip lock. Bila Anda butuh glue gun praktis yang bebas kebocoran lem, produk ini adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

Saat ini, glue gun semakin populer karena sangat praktis untuk digunakan. Anda bisa memilih tipe low temperature atau high temperature sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan adanya switch pada produk pilihan Anda karena produk yang sudah dilengkapi dengan switch lebih praktis untuk digunakan.

Lalu, Anda juga harus mengecek power supply-nya. Untuk penggunaan dengan intensitas jarang dan tidak lama, Anda bisa memilih glue gun yang power supply-nya dari baterai. Bila Anda cukup sering menggunakannya, power supply dari stop kontak tentu akan lebih menguntungkan. Nah, sudahkah Anda menemukan produk pilihan Anda?