• 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Keriting (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Keriting (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Keriting (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Keriting (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Keriting (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Perawatan Rambut Keriting (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan sampo khusus untuk rambut yang dikeriting akan mampu mempertahankan gelombang rambut lebih lama ketimbang bila Anda memakai sampo biasa. Meski telah dijual secara luas di pasaran, masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih produk yang tepat untuk kondisi rambut keriting mereka.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara pemilihan sampo khusus untuk merawat dan mempertahankan gelombang ikal rambut Anda. Tidak lupa, kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk dari merek ternama, seperti Sensatia Botanicals, Makarizo, hingga Kerastase. Mari dapatkan rambut keriting yang indah, sehat, dan tahan lama!
  • Pembaharuan terakhir: 22 Juni 2020
  • 12.693 Views
Daftar isi

Cara memilih sampo untuk perawatan rambut keriting

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih sampo untuk perawatan rambut keriting. Perhatikan poin-poin berikut agar Anda dapat mempertahankan gelombang rambut keriting Anda lebih lama.

Pilih berdasarkan bahan pembersihnya, disarankan yang mengandung asam amino

Pilih berdasarkan bahan pembersihnya, disarankan yang mengandung asam amino
Untuk mempertahankan gelombang rambut keriting Anda, penting untuk memperhatikan kandungan zat pembersih pada suatu produk sampo. Pilihlah sampo berbahan dasar asam amino atau memiliki kandungan sabun yang bersifat asam sebagai bahan pembersihnya.
Pada umumnya, ada tiga jenis komponen pembersih pada sampo, yaitu asam amino, sabun asam, dan sabun alkali. Di antara ketiga komponen tersebut, sampo berbahan asam amino dan sabun asam mampu menjaga tingkat keasaman yang rendah pada kulit kepala sebagaimana mestinya. Dengan begitu, rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat dan lebih mudah menyerap nutrisi.
Sebaliknya, sampo berbahan pembersih sabun alkali bisa menyebabkan hilangnya efek bergelombang pada rambut yang dikeriting. Jadi, untuk Anda yang mencari sampo bagi perawatan rambut keriting, hindarilah penggunaan bahan semacam ini.

Pilih yang mengandung hematin untuk mempertahankan gelombang rambut

Pilih yang mengandung hematin untuk mempertahankan gelombang rambut
Apakah Anda pernah mencium aroma khas dari rambut setelah melakukan proses pengeritingan? Aroma tersebut menunjukkan bahwa sisa obat pengeriting masih menempel pada rambut. Jika sisa obat dibiarkan, akan menimbulkan kerusakan pada rambut dan tentu berpengaruh buruk pada gelombang rambut.
Hematin tidak hanya memiliki kemampuan untuk menghilangkan aroma obat pengeriting rambut, tetapi juga dapat menghilangkan alkali yang merupakan bahan utama dari obat pengeriting. Dengan memakai sampo yang mengandung hematin, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda, yaitu melembapkan dan memperbaiki kerusakan rambut. Namun, sayangnya produk dengan kandungan hematin seperti ini masih cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Pilih yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid dan ceramide

Pilih yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid dan ceramide
Jika rambut Anda kering, kutikula yang merupakan jaringan terluar rambut akan terganggu. Ketika jaringan ini terganggu, kemampuannya untuk menjaga kilau dan nutrisi pada rambut juga ikut terhambat. Akhirnya, kondisi ini akan mempersulit untuk mempertahankan gelombang keriting rambut.
Sementara jika kulit kepala kering, ketombe dapat muncul dan nutrisi pun bisa jadi tidak sampai ke rambut secara maksimal. Hal ini akan membuat akar rambut tidak dapat menyokong rambut dengan baik.
Karena itu, pilihlah sampo untuk perawatan rambut keriting yang memiliki efek pelembap tinggi dan mampu menjaga kelembapan dengan baik. Produk-produk yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, kolagen, dan lainnya dapat Anda jadikan pilihan.

Pilih sampo nonsilikon agar keriting lebih tahan lama, tetapi pertimbangkan juga efek rambut kasar

Pilih sampo nonsilikon agar keriting lebih tahan lama, tetapi pertimbangkan juga efek rambut kasar
Sebagian besar produk di pasaran merupakan sampo silikon. Silikon memiliki manfaat melapisi rambut dan membuatnya terasa lembut. Akan tetapi, lapisan tersebut akan mengakibatkan rambut menjadi tidak dapat mempertahankan keritingnya.
Sampo nonsilikon merupakan produk yang baik untuk mempertahankan gelombang keriting rambut Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini bisa mengakibatkan rambut menjadi kasar dan tidak memberikan sensasi rambut telah dikeramas. Sampo silikon sebenarnya tidak akan mengakibatkan efek buruk terlalu besar terhadap rambut keriting Anda jika kemampuan membersihkannya cukup lemah. Jadi, anggaplah poin ini sebagai pertimbangan tambahan.

Periksa juga busa sampo dan hasil akhir setelah keramas

Periksa juga busa sampo dan hasil akhir setelah keramas
Untuk sampo nonsilikon atau sampo dengan kemampuan membersihkan yang rendah, biasanya produk semacam ini tidak berbusa sama sekali. Jadi, mungkin Anda akan merasa kurang puas karena rambut tidak terasa seperti telah dicuci, kecuali jika Anda mencuci rambut hingga dua kali.
Jika Anda memilih sampo dengan kemampuan berbusa yang baik, Anda akan menghemat biaya dan mendapatkan sensasi rambut yang telah dicuci. Jadi, silakan perhatikan poin ini dengan baik. Namun, berhubung kemampuan berbusa seperti ini sering kali tidak dituliskan secara jelas pada produk, Anda bisa mendapatkan informasi ini dari review pengguna lainnya.
Sebagai tambahan, sampo nonsilikon atau sampo dengan kandungan asam amino terkadang mengakibatkan rambut menjadi kasar. Bagi Anda yang mengkhawatirkan hal semacam ini, periksalah hasil akhir yang diberikan dari sampo pilihan Anda. Untuk pemilik rambut kering, pilihlah sampo yang melembapkan.
Bagi Anda yang menggunakan produk styling rambut, disarankan untuk memilih sampo yang menyegarkan. Sementara, jika Anda ingin memperkuat gelombang keriting rambut, gunakanlah sampo yang lembut untuk membuat rambut terlihat mengembang.

10 Rekomendasi sampo terbaik untuk perawatan rambut keriting

Sekarang kami akan memperkenalkan sepuluh produk yang direkomendasikan untuk perawatan rambut keriting berdasarkan pertimbangan cost & performance-nya. Silakan pilih sampo yang paling cocok untuk Anda!
10
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapWild cherry fruit extract
NonsilikonTidak
Hasil akhirMelembutkan
Isi300 ml
9

MakarizoMK3 Revitalizing Perm Treatment Shampoo

Rp 80.000,00

Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapTidak disebutkan
NonsilikonTidak
Hasil akhirMelembutkan
Isi300 ml
8
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapGlycerin
NonsilikonTidak
Hasil akhirMelembutkan
Isi300 ml
7
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapGlycerin, keratin
NonsilikonTidak
Hasil akhirMelembutkan
Isi250 ml
6
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapAloe vera
NonsilikonTidak disebutkan
Hasil akhirMelembapkan
Isi200 ml, 400 ml, 1000 ml
5
Jenis komponen pembersihTidak disebutkan
Bahan pelembapHyaluronic acid, ceramide
NonsilikonYa
Hasil akhirMelembapkan
Isi490 ml
4
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapVegetable glycerin, betaine, panthenol
NonsilikonYa
Hasil akhirMenyegarkan
Isi300 ml, 500 ml
3
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembap Hydrolyzed wheat protein
NonsilikonYa
Hasil akhirMelembutkan
Isi75 ml, 250 ml, 500 ml
2
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapEkstrak kedelai
NonsilikonTidak
Hasil akhirMenyegarkan
Isi330 ml
1
Jenis komponen pembersihAsam amino
Bahan pelembapEkstrak mawar, Aloe vera
NonsilikonYa
Hasil akhirMelembutkan
Isi400 ml, 800 ml

Tabel perbandingan produk sampo terbaik untuk perawatan rambut keriting

Gambar produk
1
Dancoly Angel En Provence Rose Elastic Curl Shampoo 1

Dancoly

2
Innisfree My Hair Recipe Curl Up Shampoo 1

Innisfree

3
Kiehl’s Amino Acid Shampoo 1

Kiehl’s

4
Sensatia Botanicals  Calming Shampoo 1

Sensatia Botanicals

5
Botanist Botanical Shampoo (Moist) Apricot & Jasmine 1

Botanist

6
Matrix Biolage Ultra Hydrasource Shampoo 1

Matrix

7
Kérastase Discipline Bain Fluidealiste 1

Kérastase

8
L’Oréal Professionel Curl Contour Shampoo 1

L’Oréal Professionel

9
Makarizo MK3 Revitalizing Perm Treatment Shampoo 1

Makarizo

10
P&G Herbal Essences Totally Twisted Curly Hair Shampoo 1

P&G

Nama produk

Angel En Provence Rose Elastic Curl Shampoo

My Hair Recipe Curl Up Shampoo

Amino Acid Shampoo

Calming Shampoo

Botanical Shampoo (Moist) Apricot & Jasmine

Biolage Ultra Hydrasource Shampoo

Discipline Bain Fluidealiste

Curl Contour Shampoo

MK3 Revitalizing Perm Treatment Shampoo

Herbal Essences Totally Twisted Curly Hair Shampoo

KeunggulanKekuatan ekstrak mawar untu...Hindari masalah pada kulit ...Meningkatkan kelembapan ram...Cegah kerusakan rambut akib...Dapatkan sensasi relaksasi ...Kandungan Aloe vera untuk k...Rambut tetap bersih berkila...Sensasi ringan pada rambut,...Pertahankan gelombang kerit...Rambut antilepek hingga 20 ...
HargaRp 180.000,00Rp 155.000,00Rp 280.000,00Rp 174.900,00Rp 411.075,00Rp 127.900,00Rp 284.999,00Rp 103.500,00Rp 80.000,00Rp 108.000,00
Jenis komponen pembersihAsam aminoAsam aminoAsam aminoAsam aminoTidak disebutkanAsam aminoAsam aminoAsam aminoAsam aminoAsam amino
Bahan pelembapEkstrak mawar, Aloe veraEkstrak kedelai Hydrolyzed wheat proteinVegetable glycerin, betaine, panthenolHyaluronic acid, ceramideAloe veraGlycerin, keratinGlycerinTidak disebutkanWild cherry fruit extract
NonsilikonYaTidakYaYaYaTidak disebutkanTidakTidakTidakTidak
Hasil akhirMelembutkanMenyegarkanMelembutkanMenyegarkanMelembapkanMelembapkanMelembutkanMelembutkanMelembutkanMelembutkan
Isi400 ml, 800 ml330 ml75 ml, 250 ml, 500 ml300 ml, 500 ml490 ml200 ml, 400 ml, 1000 ml250 ml300 ml300 ml300 ml
Tautan produk

Tiga tips untuk mempertahankan rambut yang dikeriting

Penggunaan sampo untuk perawatan rambut keriting bisa mempertahankan gelombang keriting rambut Anda lebih lama. Namun, dengan menambah sedikit saja perawatan lebih lanjut, Anda dapat mempertahankan gelombang rambut lebih lama lagi dengan efek lebih baik! Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat dengan mudah dilakukan terkait waktu dan cara menggunakan sampo yang tepat.

Jangan gunakan sampo di hari pertama Anda mengeriting rambut

Jangan gunakan sampo di hari pertama Anda mengeriting rambut
Sebisa mungkin tahanlah diri Anda untuk tidak mencuci rambut menggunakan sampo di hari Anda mengeriting rambut di salon. Obat yang digunakan untuk mengeriting biasanya membutuhkan waktu 24 jam untuk menempel dan memberikan bentuk maksimal pada rambut.Jika Anda menggunakan sampo sebelum obat pengeriting bekerja dengan sempurna, obat tersebut akan ikut tercuci. Jika memungkinkan, disarankan juga untuk tidak menggunakan sampo hingga pada hari kedua setelah proses pengeritingan rambut.

Setelah keramas, keringkan rambut secara menyeluruh

Setelah keramas, keringkan rambut secara menyeluruh
Untuk mempertahankan gelombang keriting rambut, keringkanlah rambut Anda secara menyeluruh setelah keramas. Saat rambut dalam keadaan basah, kutikula pada rambut berada dalam keadaan terbuka dan mudah kering. Rambut yang kering bisa berakibat pada kerusakan rambut. Jika hal ini dibiarkan, rambut akan semakin rusak dan sulit untuk memunculkan kembali gelombang keritingnya.
Selain itu, rambut yang mengandung uap air juga lebih berat bobotnya sehingga akan meregang akibat tarikan gravitasi. Ketika Anda mengeringkan rambut, pilinlah rambut Anda dengan jari tangan sesuai arah lekukan keritingnya. Dengan begitu, efek keriting pada rambut bisa bertahan lebih lama.

Jangan disisir!

Jangan disisir!
Menyisir rambut adalah hal yang paling tidak boleh dilakukan jika Anda ingin mempertahankan gelombang keriting rambut Anda. Jika rambut ditarik, gelombang ikalnya akan merenggang. Menarik rambut secara paksa dengan jari juga dapat menyebabkan hilangnya efek keriting pada rambut. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari mem-blow rambut sambil menggunakan sisir. Anda dapat mencegah terjadinya rambut kusut atau kasar dengan menggunakan sampo perawatan rambut keriting yang mengandung efek pelembap tinggi.

Baca juga rekomendasi sampo untuk melembapkan rambut dan sampo nonsilikon di sini

Selain sampo untuk menjaga bentuk rambut keriting, kami juga sudah merangkum produk sampo yang dapat menjaga kelembapan rambut Anda. Tidak hanya itu, kami pun telah memilih produk sampo terbaik yang tidak mengandung silikon khusus untuk Anda. Ingin tahu lebih jelas? Simak artikel berikut selengkapnya!

Baca juga rekomendasi hair mousse untuk rambut keriting di sini

Jika Anda merasa rambut keriting Anda susah diatur atau mulai berkurang gelombangnya, mungkin ini saatnya mengganti produk styling yang biasa Anda gunakan. Pada artikel di bawah ini, kami menjelaskan tentang hair mousse yang khusus ditujukan untuk rambut keriting. Silakan dicek, ya!

Baca juga rekomendasi produk pengering rambut di sini

Pemilihan produk pengering rambut yang sembarangan justru dapat merusak rambut. Selain keramas, proses pengeringan rambut juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk itu, silakan cek artikel kami di bawah ini tentang hair dryer dan handuk terbaik yang dapat memaksimalkan kesehatan rambut Anda!

Kesimpulan

Rambut yang dikeriting maupun keriting alami memerlukan perawatan mendalam karena bentuk rambut yang bergelombang memiliki tantangan tersendiri saat dikeramas. Agar rambut keriting Anda memiliki gelombang yang indah, sehat, dan tahan lama, penting untuk memilih sampo dengan mempertimbangkan kondisi dan masalah pada rambut.
Dengan mengacu pada tulisan kami, Anda bisa lebih mudah mengidentifikasi kondisi dan kebutuhan rambut keriting Anda. Mari gunakan produk yang paling sesuai untuk hasil lebih maksimal!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    255.988 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    409.708 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    319.751 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    326.819 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Paparan sinar matahari dapat menyebabkan flek-flek hitam pada kulit wajah Anda. Kulit juga menjadi rentan iritasi, terbakar, atau kemerahan. Oleh karenanya, Anda disarankan menggunakan suncreen setiap kali berkegiatan di luar ruangan. Namun, mahalnya harga suncreen sering kali membuat orang memilih mengesampingkannya.Untuk itu, kali ini kami akan membahas suncreen terbaik dengan harga terjangkau. Beberapa produk, seperti keluaran Skin Aqua, Nivea, dan Parasol dapat Anda temukan pada poin rekomendasi produk di bawah ini. Kalau begitu, langsung saja kita simak tips cara memilih suncreen dengan harga terjangkau.
    Kosmetik & kesehatan
    112.262 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    283.078 Views
  • 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Plester berfungsi untuk menjaga luka dari bakteri serta membuat luka tetap lembap. Kelembapan akan membuat luka cepat sembuh. Plester hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan. Namun, seperti apa plester yang Anda butuhkan untuk menutupi luka?Kami akan mengulas tentang cara memilih plester untuk luka pada artikel kali ini. Berbagai merek, seperti Hansaplast, Nexcare, dan Ultrafix ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan membahas tentang merawat luka agar cepat sembuh. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    12.802 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori