10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Negative film scanner merupakan alat yang dapat mengubah data foto dari film menjadi bentuk digital. Bagi Anda yang ingin merapikan foto-foto lama atau memuatnya di media sosial, film scanner akan sangat membantu. Namun, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli film scanner, mulai dari harganya, fitur yang tersedia, jenis film apa saja yang bisa dipindai, dan sebagainya.

Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih film scanner yang tepat dan memperkenalkan produk yang direkomendasikan. Di antaranya termasuk produk keluaran produsen ternama, seperti Kodak, Canon, Epson, atau lainnya. Jadi, silakan merujuk ke artikel ini dan pilihlah film scanner sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Daftar isi

Cara memilih negative film scanner

Sebelum memperkenalkan produk yang direkomendasikan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan cara memilih film scanner.

Pilih berdasarkan kebutuhan pemakaian

Secara garis besar, film scanner dibagi menjadi tiga jenis. Dengan mempertimbangkan harga dan fungsinya, pilihlah scanner yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Tipe yang khusus untuk memindai negative film

Tipe yang khusus untuk memindai negative film

Tipe scanner yang diproduksi khusus untuk memindai negative film ini mampu menawarkan hasil dengan kualitas tinggi, baik dalam kualitas gambar maupun efisiensi pemindaian film. Meskipun scanner tipe seperti ini umumnya tidak memiliki fungsi yang beragam, seperti memindai foto cetak, harganya biasanya cukup terjangkau sehingga layak untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang hanya ingin memindai negative film.

Tipe flatbed yang bisa juga memindai foto cetak

Tipe flatbed yang bisa juga memindai foto cetak

Tipe flatbed unggul dalam hal akurasi sensor dan kualitas gambar yang tinggi. Selain mampu memindai foto yang telah dicetak, ada juga scanner tipe flatbed yang kompatibel untuk berbagai jenis film sehingga pemakaiannya sangat fleksibel.

Efisiensi scanner tipe flatbed untuk developed film tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan tipe sheet feed atau scanner khusus untuk negative film. Akan tetapi, jika Anda lebih mengutamakan kualitas gambar maupun keragaman fungsi, tipe ini layak dijadikan pilihan.

Tipe sheet feed disarankan untuk efisiensi kerja yang maksimal

Tipe sheet feed disarankan untuk efisiensi kerja yang maksimal

Negative film scanner tipe sheet feed adalah jenis yang direkomendasikan untuk efisiensi kerja yang maksimal karena lebih praktis dan menghemat waktu dalam proses pengaturan dan pemindaian. Scanner tipe ini umumnya tidak hanya bisa memindai negative film, tetapi banyak juga yang bisa digunakan untuk developed film. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa tidak banyak produk tipe ini yang bisa memindai negative film. Kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus, sehingga lebih direkomendasikan untuk Anda yang ingin memindai foto dalam jumlah banyak sekaligus.

Periksa apakah ada fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus

Periksa apakah ada fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus

Fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus adalah fitur yang diperlukan jika Anda ingin memindai foto secara efisien dengan hasil yang bagus. Bagi Anda yang tidak terlalu mahir menggunakan peralatan elektronik, periksalah fitur semacam ini pada film scanner yang ingin Anda beli.

Selain itu, ketika Anda mengoperasikannya sendiri, disarankan untuk memilih produk yang sudah menyertakan langsung perangkat lunak untuk mengedit gambar. Hal tersebut akan memudahkan dalam menyesuaikan warna, pencahayaan, dan fokus. Pemula sekalipun tidak perlu khawatir menggunakannya.

Perhatikan juga jenis negative film yang kompatibel

Perhatikan juga jenis negative film yang kompatibel

Ketika memilih film scanner, Anda perlu memeriksa apakah suatu produk sesuai dengan jenis negative film yang Anda gunakan. Kamera film pada umumnya menggunakan negative film berukuran 35 mm, dan kebanyakan pemindai film kompatibel dengan itu. Namun, jika Anda menggunakan negative film yang tidak banyak dipakai orang, seperti Brownie, atau film 4 × 5, Anda harus lebih memperhatikan jenis scanner yang sesuai.

Akan lebih praktis jika dapat tersambung langsung ke SD Card

Akan lebih praktis jika dapat tersambung langsung ke SD Card

Negative film scanner dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe yang harus disambungkan ke komputer untuk menyimpan data hasil pemindaian, dan jenis yang memungkinkan Anda menyambungkannya langsung ke SD Card. Jenis scanner yang dapat menyimpan data langsung ke SD Card sangat mudah penggunaannya dan tidak memerlukan banyak persiapan sebelum proses scanning dilakukan. Sementara scanner yang tidak bisa langsung menyimpan data ke SD Card mungkin akan sedikit merepotkan karena harus disambungkan terlebih dahulu dengan komputer.

10 Rekomendasi negative film scanner terbaik

Berikut ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi negative film scanner terbaik yang dipilih berdasarkan pertimbangan harga dan performanya. Temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Vupoint FS-C1-VP Film and Slide Digital Converter

10. Vupoint FS-C1-VP Film and Slide Digital Converter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 988.000

Tampilan stylish untuk kesan profesional

Film scanner dari Vupoint ini didesain dengan tampilan bodi yang stylish sehingga memberikan kesan performa yang profesional. Hal tersebut juga didukung oleh kemampuannya memindai negative film maupun slide dengan ketajaman gambar yang memadai dengan kualitas 5 megapiksel. Sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas dan ketajaman gambar yang di-scan.

Produk ini dilengkapi fitur untuk menyeimbangkan warna gambar secara otomatis sehingga menampilkan hasil dengan warna yang lebih baik. Scanner ini juga memiliki kontrol exposure agar hasil pemindaian film 35 mm Anda tampak semakin memukau. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini harus disambungkan dengan komputer untuk pemakaiannya.

9. Relliance Film Scanner

9. Relliance Film Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.909.800

Bobot ringan dan mudah dalam pengoperasian

Dengan scanner merek Relliance ini, Anda dapat memindai negative film maupun slide (positive film), serta bisa mengedit foto hasil pindaian tersebut untuk mendapatkan hasil yang tajam dengan menggunakan software yang bawaannya. Bobotnya juga ringan dan ukurannya cukup mini sehingga tidak memakan tempat untuk diletakkan, memudahkan pengoperasian, dan mudah dipindahkan.

Agar lebih praktis, scanner ini juga telah dibekali dengan slot yang memungkinkan Anda memasukkan SD Card untuk mentransfer langsung data hasil pindaian. Desainnya tergolong kuat dan terbuat dari material plastik berkualitas sehingga awet digunakan untuk jangka waktu yang lama.

8. Epson Perfection V370 Photo Scanner

8. Epson Perfection V370 Photo Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.595.000

Scanner multifungsi untuk negative film, foto cetak, bahkan dokumen!

Scanner merek Epson ini tergolong multifungsi karena selain bisa memindai poto dan negative film, produk ini juga bisa memindai dokumen berukuran besar. File hasil scan-nya bisa Anda pindahkan langsung ke berbagai layanan cloud, seperti Google Docs, MS SharePoint, Evernote, dan lainnya sehingga sangat membantu untuk pilihan penyimpanan dan memudahkan Anda berbagi data.

Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan koleksi foto-foto lama yang warnanya sudah pudar, scanner ini bisa menjadi pilihan karena dilengkapi fitur untuk merestorasi warna foto agar kembali cerah seperti baru. Untuk menghemat waktu, scanner Epson ini juga memiliki teknologi ReadyScan yang memungkinkan Anda memindai dalam waktu singkat.

7. DIGITNOW M125 High Resolution Film Scanner

7. DIGITNOW M125 High Resolution Film Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.020.000

Kepuasan menikmati gambar dengan resolusi tinggi

Scanner yang satu ini cocok untuk memindai negative film ukuran 35 atau 135 mm dan juga kompatibel untuk slide. Anda tidak memerlukan koneksi komputer untuk melakukan proses pemindaian karena alat ini sudah dilengkapi layar LCD warna dengan lebar 2,4 inci sehingga memungkinkan untuk melihat langsung gambar hasil scanning.

Resolusi pindaiannya yang mencapai 10 megapiksel akan memberikan kepuasan menikmati gambar dengan kualitas sangat baik. Scanner ini juga kompatibel dengan SD Card berkapasitas hingga 32 GB, sangat cocok untuk Anda yang ingin mentransfer foto hasil pindaian dalam jumlah banyak sekaligus.

6. CanoScan 9000F Mark II

6. CanoScan 9000F Mark II

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.450.000

Mode Auto Scan yang bisa menyesuaikan pengaturan pemindaian secara otomatis

CanoScan 9000F Mark II adalah scanner berkecepatan tinggi dengan kualitas pemindaian film tergolong profesional yang memungkinkan Anda memindai foto, dokumen, hingga film 35 mm. Scanner ini juga dibekali lensa khusus dari Canon yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tajam dan cerah, noise yang rendah, dan detail yang luar biasa!

Terlebih lagi, mode Auto Scan pada produk ini bisa secara otomatis menyesuaikan pengaturan proses pemindaian dengan mendeteksi apa yang Anda pindai sehingga memudahkan pengoperasiannya. Sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengutak-atik setting pada scanner, tetapi tetap mengutamakan hasil dengan detail dan kualitas yang tinggi.

5. Olympia Photomaker 35 mm Film Scanner

5. Olympia Photomaker 35 mm Film Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.713.000

Fitur pengedit foto lebih lengkap untuk hasil lebih memukau

Film scanner yang satu ini didesain dengan bodi yang super mini, yaitu 9 x 9 x 11 cm sehingga memudahkan untuk dibawa dan digunakan di mana saja. Cukup dengan satu sentuhan tombol saja, scanner ini bisa memindai film 35 mm dengan cepat sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat waktu. Produk ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang memungkinkan Anda memeriksa langsung hasil pemindaian film.

Dengan resolusi gambar yang mencapai 10 megapiksel, dipastikan foto yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang lebih baik. Fitur pengeditan foto juga tersedia pada scanner ini, di antaranya pengaturan exposure, pilihan resolusi, pilihan warna atau hitam-putih, serta keseimbangan pencerahan otomatis sehingga tampilan foto Anda akan lebih memukau.

4. Apotop Film Scanner iPhone 4/4s/5

4. Apotop Film Scanner iPhone 4/4s/5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 999.000

Scanner praktis untuk pemindaian langsung ke ponsel pintar Anda!

Scanner merek Apotop ini cocok untuk Anda yang menginginkan kepraktisan dalam memindai agar negative film yang Anda miliki bisa dinikmati langsung di iPhone dalam bentuk data digital. Produk ini juga hanya membutuhkan daya dari baterai AA sehingga Anda tidak perlu repot dengan berbagai kabel power maupun kabel koneksi ke komputer atau lainnya.

Dengan ukuran dan bobot yang tergolong kecil dan ringan, Anda bisa memindai negative film dengan mudah di mana saja. Selain untuk memindai negative film, scanner ini juga tergolong multifungsi karena bisa digunakan untuk memindai slide atau foto cetak. Namun, yang perlu diperhatikan bahwa scanner ini hanya kompatibel untuk iPhone model lama, yaitu iPhone 4/4S/5.

3. KODAK SCANZA Digital Film Scanner

3. KODAK SCANZA Digital Film Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.093.000

Fitur pengaturan kecerahan untuk hasil pemindaian dengan kualitas ideal

KODAK SCANZA menggunakan sensor dengan resolusi 14 megapiksel untuk pemindaiannya yang juga memungkinkan pengaturan interpolasi pencerahan hingga 22 megapiksel. Sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas foto yang ideal! Produk ini juga dilengkapi fitur one-touch button untuk memudahkan Anda melakukan pemindaian dalam satu sentuhan.

Pada scanner ini juga terpasang layar LCD berukuran 3,5 inci yang cukup lebar dan bisa dimiringkan untuk memudahkan Anda memeriksa hasil pemindaian dengan leluasa. Dengan scanner yang bisa dihubungkan ke SD Card ini, Anda bisa dengan mudah menyimpan foto hasil pindaian dan memindahkannya ke komputer maupun device lainnya.

2. ION Pics 2 SD Photo, Slide, and Film Scanner with SD Card

2. ION Pics 2 SD Photo, Slide, and Film Scanner with SD Card

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.202.000

Layar LCD full color yang bisa dimasukkan ke dalam bodi scanner

Film scanner yang kompatibel dengan negative film, slide, maupun foto cetak ini memiliki ukuran cukup kecil untuk kemudahan pengoperasian pada ruang yang sempit. Layar LCD full color-nya juga dirancang agar bisa dimasukkan ke dalam bodi scanner agar tidak menghabiskan tempat ketika sedang tidak digunakan. Gambar yang dihasilkan pun sangat berkualitas karena ditunjang oleh resolusi yang tinggi.

Anda bisa melakukan pemindaian dalam waktu singkat dengan hanya menekan satu tombol saja! Di samping itu, alat ini juga sudah dilengkapi dengan slot yang berguna untuk kartu SD maupun kabel USB yang bisa terhubung langsung ke ponsel sehingga Anda bisa melihat langsung foto yang telah dipindai. Sangat cocok untuk Anda yang ingin langsung memuat hasil jepretan ke media sosial.

1. ClearClick QuickConvert 2.0 Scan Photos, Slides, & Negatives

1. ClearClick QuickConvert 2.0 Scan Photos, Slides, & Negatives

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.559.000

Bebas ribet tanpa kabel dan mudah digunakan di mana saja

Scanner yang satu ini dirancang untuk bisa digunakan tanpa memerlukan koneksi komputer sehingga akan terasa lebih praktis dan mudah pemakaiannya. Produk ini dapat dioperasikan dengan daya dari baterai yang bisa diisi ulang, menjadikannya sangat portabel, bebas ribet tanpa kabel, dan memungkinkan pemindaian dalam berbagai situasi.

Alat ini memiliki resolusi 14 megapiksel dan dapat memindai film, slide 35, maupun foto cetak dengan ukuran hingga 4″x6″. Tidak seperti kebanyakan scanner lainnya, QuickConvert 2.0 memindai dari sisi atas sehingga Anda bisa memindai foto cetak secara langsung tanpa perlu memindahkannya dari album foto. Sangat praktis, bukan?

Kesimpulan

Saat ini semakin sulit menemukan toko yang menyediakan jasa mencetak foto dari negative film. Bagi Anda yang masih menyimpan negative film atau slide, baik dari foto lama atau karena mulai kembali menggunakan kamera film, film scanner bisa menjadi solusi yang tepat!

Kali ini kami telah membahas cara memilih negative film scanner yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Semoga Anda menemukan produk yang Anda inginkan di antara rekomendasi kami kali ini.