1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Photo Scanner Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Photo scanner merupakan alat yang dapat mengubah format foto dari negative film ataupun cetak menjadi bentuk digital. Jika Anda ingin merapikan foto lama atau ingin mengunggahnya ke media sosial, photo scanner akan sangat membantu. Banyak tipe yang bisa ditemukan, seperti scanner yang bisa men-scan negative film, foto cetak, dan sebagainya. 

Kami akan membagikan cara memilih photo scanner beserta rekomendasi produknya. Beberapa merek photo scanner yang bagus, seperti Epson, Canon, hingga Plustek, juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Diperbaharui 09-12-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih photo scanner

Sebelum memperkenalkan produk yang direkomendasikan, kami akan menjelaskan cara memilih photo scanner terlebih dahulu. Yuk, disimak!

① Pilih berdasarkan kebutuhan pemakaian

Secara garis besar, photo scanner dibagi menjadi tiga jenis seperti di bawah ini. Selain mempertimbangkan fungsi dan harga, pilihlah photo scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Negative film scanner, tepat untuk memindai film negatif

Negative film scanner, tepat untuk memindai film negatif
Scanner khusus film negatif biasanya menawarkan hasil yang berkualitas tinggi, baik dari kualitas gambar maupun efisiensi pemindaian film. Scanner tipe ini biasanya tidak memiliki fungsi lain, misalnya kemampuan memindai foto cetak. Meskipun begitu, harganya jauh lebih terjangkau. Oleh karena itu, apabila Anda ingin memindai film negatif saja, tipe scanner ini adalah pilihan tepat.

Flatbed scanner, dapat diandalkan untuk memindai foto cetak

Flatbed scanner, dapat diandalkan untuk memindai foto cetak
Tipe flatbed memiliki keunggulan pada akurasi sensor dan kualitas gambar yang tinggi. Selain memindai foto cetak, ada juga tipe flatbed yang kompatibel untuk memindai berbagai jenis film. Karena itu, produk ini terbilang cukup serbaguna.

 

Anda dapat mempertimbangkan tipe ini jika mengutamakan kualitas gambar dan produk yang multifungsi. Terlebih lagi, produk ini memiliki berbagai model yang dapat diatur dalam satu waktu sehingga Anda dapat bekerja lebih efisien.

Sheetfed scanner, praktis dan efisien untuk pemindaian dalam jumlah banyak

Sheetfed scanner, praktis dan efisien untuk pemindaian dalam jumlah banyak
Sheetfed scanner direkomendasikan untuk membuat pekerjaan Anda lebih efisien. Bagaimana tidak? Cara penggunaannya lebih praktis. Proses pengaturan dan pemindaiannya pun lebih hemat waktu. Scanner tipe ini pada dasarnya tidak hanya untuk memindai film negatif, tetapi juga untuk mengembangkan film.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa tidak banyak produknya yang dapat digunakan untuk memindai film negatif. Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan tipe ini juga tidak terlalu bagus. Hal tersebut karena tipe ini cenderung mengedepankan kecepatan daripada kualitas gambar. Produk ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin memindai foto dengan jumlah banyak dalam satu waktu.

② Periksa ada tidaknya fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus

Periksa ada tidaknya fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus
Koreksi warna dan penyesuaian fokus adalah fitur yang diperlukan jika Anda ingin memindai foto dengan hasil yang bagus. Bagi Anda yang tidak mahir menggunakan alat elektronik, periksalah fitur ini pada film scanner yang ingin Anda beli.

Selain itu, saat Anda mengoperasikannya sendiri, kami sarankan untuk memilih produk yang menyertakan perangkat lunak untuk mengedit gambar. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan warna, pencahayaan, dan fokus. Bahkan, jika Anda pemula, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

③ Perhatikan juga jenis negative film yang kompatibel

Perhatikan juga jenis negative film yang kompatibel
Saat memilih photo scanner, Anda perlu memastikan produk tersebut sesuai dengan jenis film yang Anda gunakan. Kamera film umumnya menggunakan film berukuran 35 mm dan sebagian besar photo scanner kompatibel dengan ukuran tersebut. Anda harus memperhatikan jenis scanner yang sesuai saat Anda menggunakan film negatif, misalnya Brownie atau film 4×5.

④ Pertimbangkan photo scanner yang memiliki slot SD card

Pertimbangkan photo scanner yang memiliki slot SD card
Photo scanner memiliki dua tipe penyimpanan, yaitu tipe yang harus disambungkan ke komputer dan tipe yang menggunakan SD card. Scanner yang bisa menyimpan data langsung ke SD card dapat digunakan dengan lebih mudah. 

Saat melakukan pemindaian, Anda juga tidak perlu mempersiapkan banyak hal. Nah, scanner yang harus disambungkan ke komputer akan lebih merepotkan karena harus dihubungkan terlebih dahulu. 

10 Rekomendasi photo scanner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk photo scanner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Epson

Perfection Scanner

Epson Perfection Scanner 1枚目

Photo scanner Epson terbaik dengan harga terjangkau

2

Canon

LiDE 400

Canon LiDE 400 1枚目

Bisa memindai dalam posisi tegak lurus!

3

Epson

Perfection Photo Scanner

Epson Perfection Photo Scanner 1枚目

Scanner multifungsi yang dilengkapi teknologi Digital ICE untuk pemindaian yang lebih bersih

4

Plustek

OpticPro

Plustek OpticPro 1枚目

Pemindai grafis dengan format besar

5

iScan

Portable Full Color Scanner 1050 DPI

iScan Portable Full Color Scanner 1050 DPI 1枚目

Hadir dengan desain portabel, cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi

6

Kodak

SCANZA Digital Film Scanner

Kodak SCANZA Digital Film Scanner 1枚目

Compact dan kompatibel dengan beragam ukuran film

7

Plustek

ePhoto

Plustek ePhoto  1枚目

Konversikan foto Anda dengan cepat dan mudah!

8

Epson

Perfection Pro Flatbed Photo Scanner

Epson  Perfection Pro Flatbed Photo Scanner 1枚目

Warna fotonya begitu detail, cocok untuk fotografi profesional

9

Plustek

OpticFilm

Plustek OpticFilm 1枚目

Dapat menghilangkan goresan dan debu pada film lama

10

Portable Negative Film Scanner

 Portable Negative Film Scanner 1枚目

Negative film scanner yang praktis dan cukup ramah di kantong

Perincian produk
Close
No.1

EpsonPerfection ScannerV39

Mulai dari Rp940.500,00

Photo scanner Epson terbaik dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Pemindaian foto resolusi tinggi.
  • Dilengkapi penyangga sehingga bisa menghemat tempat untuk peletakan. 
  • Harganya terjangkau.

Kekurangan:

  • Tidak bisa memindai film.
  • Beberapa pengulas mengatakan bahwa software pengeditan foto bawaannya kurang ramah pengguna.

Flatbed scanner Epson yang satu ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan photo scanner dengan harga terjangkau. Produk ini memiliki resolusi optik 4.800 DPI yang sudah bisa memberikan pindaian dengan kualitas bagus. 


Scanner ini juga dibekali Easy Photo Fix Technology yang dapat menjadikan foto lama Anda lebih hidup. Saat selesai memindai, Anda bisa memilih untuk menyimpan berkas pindaian ke PC atau Cloud. 

No.2

Bisa memindai dalam posisi tegak lurus!

Kelebihan:

  • Menghasilkan pindaian yang jelas dan bagus.
  • Dapat memindai dalam posisi tegak lurus.
  • Harga cukup terjangkau dan produk mudah digunakan .

Kekurangan:

  • Tidak bisa memindai film.
  • Kurang cocok untuk keperluan profesional.
  • Ukuran produk besar sehingga tidak cocok dibawa bepergian.

Produk ini tepat bagi Anda yang memiliki beragam foto, gambar, dan dokumen maksimal ukuran A4 yang harus dipindai. Selain mendukung pemindaian PDF multihalaman, scanner Canon ini juga bisa digunakan untuk memindai dalam posisi tegak lurus, lho. 


Sebagai pengguna MacOS, Anda pun tidak perlu khawatir karena produk ini kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Tak ada salahnya Anda memiliki produk ini apabila Anda mencari scanner berkualitas dengan rentang harga satu jutaan.

No.3

EpsonPerfection Photo Scanner V600

Mulai dari Rp4.199.000,00

Scanner multifungsi yang dilengkapi teknologi Digital ICE untuk pemindaian yang lebih bersih

Kelebihan:

  • Bagus untuk memindai film dan foto cetak.
  • Mampu menghapus debu dan goresan.
  • Bisa juga digunakan untuk memindai dokumen, buku, dan objek 3D.

Kekurangan:

  • Proses memindai gambar dan foto agak lambat.
  • Tidak kompatibel dengan sistem operasi tertentu.
  • Ukurannya besar dan berat.

Scanner Epson ini multifungsi karena dapat memindai foto dan film negatif. Anda juga bisa memakainya untuk memindai dokumen berukuran besar. Produk ini memiliki resolusi optik 6.400 DPI, yang sudah cukup tinggi untuk pemindaian film dan foto cetak. 


Bagi Anda yang ingin memperbaiki tampilan pada koleksi foto lama yang warnanya sudah pudar, scanner ini bisa Anda pilih. Fitur restorasi warna yang dibawanya bisa membuat foto Anda tampak lebih bagus dan cerah. Scanner ini pun dilengkapi teknologi Digital ICE yang mampu menghilangkan debu dan goresan untuk pemindaian yang lebih bersih.

No.4

PlustekOpticProA320L

Mulai dari Rp11.600.000,00

Pemindai grafis dengan format besar

Kelebihan:

  • Bisa memindai foto dengan bidang maksimal berukuran 12" × 17".
  • Cocok untuk memindai album foto, scrapbook, dan karya desain grafis. 
  • Menghasilkan pindaian yang tajam dan jelas.

Kekurangan:

  • Tidak bisa memindai film.
  • Harganya mahal sehingga lebih cocok untuk keperluan bisnis atau profesional. 

Anda mencari scanner yang tidak merusak berkas lama atau koleksi foto lama yang Anda simpan? OpticPro A320L keluaran Plustek ini layak Anda pilih. Produk ini aman digunakan untuk memindai kertas tebal ataupun berkas penting yang Anda miliki. Tidak hanya itu, produk ini menghasilkan warna akurat dan rentang dinamis yang tinggi. 


Scanner ini dilengkapi dengan teknologi CCD yang membuat kualitas gambarnya lebih tajam dan ideal untuk pengaturan foto. Namun, sayang jika scanner ini Anda gunakan beberapa kali saja karena harganya mahal. Produk ini akan lebih cocok jika Anda gunakan secara rutin, apalagi untuk keperluan bisnis atau profesional.

No.5

iScanPortable Full Color Scanner 1050 DPI02

Mulai dari Rp998.550,00

Hadir dengan desain portabel, cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi

Kelebihan:
  • Desainnya simpel sehingga cocok dibawa bepergian. 
  • Dapat dicas dan tersedia dalam varian yang dilengkapi teknologi WiFi.
  • Penggunaan dan pengaturannya mudah. 

Kekurangan:

  • Tidak bisa memindai film.
  • Pindaian rentan terlihat miring dan tidak rapi jika tangan tidak stabil saat pemindaian.
  • Tidak cocok untuk pemindaian profesional.


Scanner ini memiliki desain portabel dan stylish sehingga pas dibawa ke mana-mana. Produk ini akan cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas kerja tinggi. Kemampuan memindainya pun cukup memadai dengan resolusi sampai 1.050 DPI. 


Selain foto, produk ini juga dapat Anda manfaatkan untuk memindai dokumen dan halaman buku yang Anda baca selama perjalanan. Sangat efisien, bukan?

No.6

KodakSCANZA Digital Film Scanner

Mulai dari Rp6.116.000,00

Compact dan kompatibel dengan beragam ukuran film

Kelebihan:

  • Dapat memindai film negatif dan slides dengan beragam ukuran.
  • Proses pemindaian cepat serta ada pengaturan resolusi dan RGB.
  • Dibekali layar LCD 3,4 inci untuk mempermudah pengecekan dan pengaturan foto.

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk Anda yang mengutamakan ketajaman warna pada foto.
  • Bahan film holders hanya terbuat dari plastik biasa dan kurang kuat sehingga harus berhati-hati saat menggunakannya.

Jika Anda mencari alat scan rol film yang praktis dan compact dari merek ternama, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Kelebihan utama produk ini adalah bisa memindai film dalam ukuran yang beragam. 


Baik berupa film negatif maupun slide, Anda dapat memindainya dengan produk Kodak ini. Perihal proses penyimpanan, Anda bisa langsung menyimpannya atau mengatur resolusi dan RGB-nya terlebih dahulu untuk hasil yang lebih bagus.

No.7

Konversikan foto Anda dengan cepat dan mudah!

Kelebihan:

  • Dapat memindai foto dengan cepat, hanya dalam hitungan detik.
  • Cara menggunakannya sangat sederhana. 
  • Disertai software pengeditan foto yang mudah digunakan.


Kekurangan:

  • Kualitas pindaian hanya 600 DPI sehingga tidak cocok untuk Anda yang menginginkan pindaian yang detail dan kaya.
  • Tidak bisa memindai film.

Scanner Plustek ePhoto Z300 ini mudah untuk digunakan oleh pemula. Bagi Anda yang ingin mendigitalkan foto-foto lama Anda, produk ini sudah cukup bagus. Namun, karena hanya memiliki resolusi 600 DPI, Anda tak bisa mengharapkan pindaian yang berkualitas tinggi.


Sebagai gantinya, Anda bisa memindai foto-foto cetak Anda dengan cepat. Produk ini otomatis akan memindai foto dengan segera setelah foto dimasukkan ke scanner. Plustek mengeklaim scanner ini bisa memindai foto ukuran 4" × 6" dalam waktu dua detik saja. Dengan begitu, Anda tak perlu membuang banyak waktu.

No.8

Epson Perfection Pro Flatbed Photo ScannerV850

Mulai dari Rp16.515.000,00

Warna fotonya begitu detail, cocok untuk fotografi profesional

Kelebihan:

  • Kualitas fotonya level profesional.
  • Lengkap dengan holder film ukuran 35 mm, film format medium, dan film format luas.
  • Software yang disertakan sangat menunjang untuk menghasilkan pindaian yang berkualitas tinggi.

Kekurangan:

  • Harganya mahal sehingga lebih cocok untuk keperluan profesional.
  • Ukurannya besar dan berat.

Banyaknya fitur untuk scanning film dan foto menjadikan Epson V850 ini recommended bagi Anda yang menggeluti dunia fotografi profesional. Produk Epson ini memberikan warna detail yang baik untuk mengarsipkan foto dan dokumen. 


Scanner ini juga memiliki resolusi hingga 6.400 DPI, 4.0 Dmax, dan sistem pemindaian lensa ganda yang sangat inovatif. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pindaian luar biasa saat men-scan slide dan film negatif berformat biasa ataupun medium. 

No.9

PlustekOpticFilm8200i Ai

Mulai dari Rp9.880.000,00

Dapat menghilangkan goresan dan debu pada film lama

Kelebihan:

  • Menghasilkan kualitas foto pindaian yang sangat bagus.
  • Dibekali software pengaturan foto yang mumpuni.
  • Konstruksi bahan scanner dan film holders kokoh.

Kekurangan:

  • Hanya mendukung film 35 mm.

Film scanner ini dilengkapi iSDR yang dapat mendeteksi dan menghilangkan goresan dan debu pada permukaan film negatif dan slide. Meskipun harganya tinggi, produk ini menawarkan resolusi tinggi hingga 7.200 DPI sehingga sepadan dengan hasil yang akan Anda peroleh. Produk ini juga sudah disertai dengan perangkat lunak bawaan yaitu SilverFast Ai Studio 8. 


Dengan begitu, Anda dapat melihat pratinjau, menyesuaikan pengaturan, dan menyimpan data pindaian tanpa perlu lagi aplikasi tambahan. Karena memiliki pengoperasian yang lebih rumit, scanner ini lebih cocok untuk pengguna tingkat lanjut. OpticFilm 8200i Ai ini juga pas untuk Anda yang menginginkan foto pindaian dengan hasil akhir yang bagus.

No.10

Portable Negative Film ScannerEC718

Mulai dari Rp748.800,00

Negative film scanner yang praktis dan cukup ramah di kantong

Kelebihan:
  • Dapat digunakan untuk men-scan film negatif 35 mm, monokrom, dan slide.
  • Dapat disambungkan dengan PC, TV, dan SD card/MMC.
  • Harga lebih terjangkau dibandingkan scanner film negatif lainnya.

Kekurangan:

  • Beberapa pengulas mengatakan bahwa scanner ini lebih optimal dan bagus untuk memindai film dengan potret hitam putih.
  • Foto berwarna memerlukan pengeditan lebih lanjut untuk hasil yang lebih memuaskan.


Dengan film scanner EC718 ini, Anda bisa mengedit foto pindaian dengan pengaturan bawaannya. Bobot produk ini pun ringan dan berukuran mini sehingga tidak memakan banyak tempat. Jika Anda menyukai film scanner praktis dengan bujet terbatas, produk ini bisa Anda coba.


Tak masalah jika Anda sedang tidak berada di dekat laptop atau komputer Anda. Alat scan film negatif ini dibekali dengan slot SD card yang memungkinkan Anda menyimpan langsung foto-foto pindaian. Untuk hasil yang lebih bagus lagi, Anda dapat mengeditnya kembali di software pengeditan foto favorit Anda.

Pertanyaan umum seputar photo scanner

Pertanyaan umum seputar photo scanner

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar photo scanner. Yuk, simak untuk mengetahui jawabannya. 

Bagaimana cara scan film negatif menggunakan handphone?

Anda bisa memindai film negatif dengan cara memotretnya di bawah cahaya yang terang dan stabil untuk hasil lebih maksimal. Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan efek warna, tingkat kecerahan, kontras, dan temperatur senatural yang Anda inginkan melalui aplikasi pengeditan gambar. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Photo Negative Scanner yang bisa Anda temukan di Play Store ataupun App Store.

Baca juga rekomendasi produk scanner lainnya di sini

Photo scanner adalah alat yang tidak hanya dibutuhkan oleh fotografer profesional. Produk ini pun dibutuhkan jika Anda ingin mengarsipkan foto-foto lama Anda. Di pasaran banyak juga produk scanner lain yang beredar. Untuk informasi lebih lanjut, kami sudah menyiapkan link di bawah ini untuk Anda simak lebih lanjut. 

Kesimpulan

Saat ini makin sulit menemukan tempat yang menyediakan jasa cetak foto film negatif. Photo scanner dapat menjadi solusi yang tepat jika Anda masih menyimpan foto lama, film negatif, dan slide.

Dengan photo scanner, Anda dapat mengubah format foto Anda menjadi digital dengan lebih ringkas. Nah, setelah membaca artikel ini, kami harap Anda dapat menemukan photo scanner yang Anda inginkan. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer