• 10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Negative Film Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Negative film scanner merupakan alat yang dapat mengubah data foto dari film menjadi bentuk digital. Bagi Anda yang ingin merapikan foto-foto lama atau memuatnya di media sosial, film scanner akan sangat membantu. Namun, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli film scanner, mulai dari harganya, fitur yang tersedia, jenis film apa saja yang bisa dipindai, dan sebagainya.

Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih film scanner yang tepat dan memperkenalkan produk yang direkomendasikan. Di antaranya termasuk produk keluaran produsen ternama, seperti Kodak, Canon, Epson, atau lainnya. Jadi, silakan merujuk ke artikel ini dan pilihlah film scanner sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.357 Views
Daftar isi

Cara memilih negative film scanner

Sebelum memperkenalkan produk yang direkomendasikan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan cara memilih film scanner.

Pilih berdasarkan kebutuhan pemakaian

Secara garis besar, film scanner dibagi menjadi tiga jenis. Dengan mempertimbangkan harga dan fungsinya, pilihlah scanner yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Tipe yang khusus untuk memindai negative film

Tipe yang khusus untuk memindai negative film
Tipe scanner yang diproduksi khusus untuk memindai negative film ini mampu menawarkan hasil dengan kualitas tinggi, baik dalam kualitas gambar maupun efisiensi pemindaian film. Meskipun scanner tipe seperti ini umumnya tidak memiliki fungsi yang beragam, seperti memindai foto cetak, harganya biasanya cukup terjangkau sehingga layak untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang hanya ingin memindai negative film.

Tipe flatbed yang bisa juga memindai foto cetak

Tipe flatbed yang bisa juga memindai foto cetak
Tipe flatbed unggul dalam hal akurasi sensor dan kualitas gambar yang tinggi. Selain mampu memindai foto yang telah dicetak, ada juga scanner tipe flatbed yang kompatibel untuk berbagai jenis film sehingga pemakaiannya sangat fleksibel.
Efisiensi scanner tipe flatbed untuk developed film tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan tipe sheet feed atau scanner khusus untuk negative film. Akan tetapi, jika Anda lebih mengutamakan kualitas gambar maupun keragaman fungsi, tipe ini layak dijadikan pilihan.

Tipe sheet feed disarankan untuk efisiensi kerja yang maksimal

Tipe sheet feed disarankan untuk efisiensi kerja yang maksimal
Negative film scanner tipe sheet feed adalah jenis yang direkomendasikan untuk efisiensi kerja yang maksimal karena lebih praktis dan menghemat waktu dalam proses pengaturan dan pemindaian. Scanner tipe ini umumnya tidak hanya bisa memindai negative film, tetapi banyak juga yang bisa digunakan untuk developed film. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa tidak banyak produk tipe ini yang bisa memindai negative film. Kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus, sehingga lebih direkomendasikan untuk Anda yang ingin memindai foto dalam jumlah banyak sekaligus.

Periksa apakah ada fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus

Periksa apakah ada fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus
Fungsi koreksi warna dan penyesuaian fokus adalah fitur yang diperlukan jika Anda ingin memindai foto secara efisien dengan hasil yang bagus. Bagi Anda yang tidak terlalu mahir menggunakan peralatan elektronik, periksalah fitur semacam ini pada film scanner yang ingin Anda beli.
Selain itu, ketika Anda mengoperasikannya sendiri, disarankan untuk memilih produk yang sudah menyertakan langsung perangkat lunak untuk mengedit gambar. Hal tersebut akan memudahkan dalam menyesuaikan warna, pencahayaan, dan fokus. Pemula sekalipun tidak perlu khawatir menggunakannya.

Perhatikan juga jenis negative film yang kompatibel

Perhatikan juga jenis negative film yang kompatibel
Ketika memilih film scanner, Anda perlu memeriksa apakah suatu produk sesuai dengan jenis negative film yang Anda gunakan. Kamera film pada umumnya menggunakan negative film berukuran 35 mm, dan kebanyakan pemindai film kompatibel dengan itu. Namun, jika Anda menggunakan negative film yang tidak banyak dipakai orang, seperti Brownie, atau film 4 × 5, Anda harus lebih memperhatikan jenis scanner yang sesuai.

Akan lebih praktis jika dapat tersambung langsung ke SD Card

Akan lebih praktis jika dapat tersambung langsung ke SD Card
Negative film scanner dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe yang harus disambungkan ke komputer untuk menyimpan data hasil pemindaian, dan jenis yang memungkinkan Anda menyambungkannya langsung ke SD Card. Jenis scanner yang dapat menyimpan data langsung ke SD Card sangat mudah penggunaannya dan tidak memerlukan banyak persiapan sebelum proses scanning dilakukan. Sementara scanner yang tidak bisa langsung menyimpan data ke SD Card mungkin akan sedikit merepotkan karena harus disambungkan terlebih dahulu dengan komputer.

10 Rekomendasi negative film scanner terbaik

Berikut ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi negative film scanner terbaik yang dipilih berdasarkan pertimbangan harga dan performanya. Temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Vupoint FS-C1-VP Film and Slide Digital Converter

Rp 988.000,00

9. Relliance Film Scanner

Rp 1.909.800,00

7. DIGITNOW M125 High Resolution Film Scanner

Rp 3.020.000,00

5. Olympia Photomaker 35 mm Film Scanner

Rp 3.713.000,00

4. Apotop Film Scanner iPhone 4/4s/5

Rp 999.000,00

3. KODAK SCANZA Digital Film Scanner

Rp 6.093.000,00

2. ION Pics 2 SD Photo, Slide, and Film Scanner with SD Card

Rp 7.202.000,00

1. ClearClick QuickConvert 2.0 Scan Photos, Slides, & Negatives

Rp 3.559.000,00

Kesimpulan

Saat ini semakin sulit menemukan toko yang menyediakan jasa mencetak foto dari negative film. Bagi Anda yang masih menyimpan negative film atau slide, baik dari foto lama atau karena mulai kembali menggunakan kamera film, film scanner bisa menjadi solusi yang tepat!
Kali ini kami telah membahas cara memilih negative film scanner yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Semoga Anda menemukan produk yang Anda inginkan di antara rekomendasi kami kali ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    186.003 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    122.586 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    100.418 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    98.983 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    86.325 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    76.679 Views
  • 10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Monitor Speakers Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Monitor speakers menampilkan suara sebagaimana aslinya dan sangat diperlukan dalam pekerjaan Desktop Music (DTM). Beberapa pabrikan seperti Yamaha, JBL, dan Mackie menjual banyak tipe mulai dari yang standar sampai yang berspesifikasi tinggi. Beragamnya spesifikasi monitor speakers mungkin bisa membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan mengenalkan cara memilih monitor speakers dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Mulai dari produk yang standar hingga produk berkualitas yang diakui para profesional akan diulas. Silakan dibaca sampai selesai dan semoga Anda terbantu dalam memilih monitor speakers. 
    Elektronik rumah tangga
    1.518 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori