10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2018)

Bila Anda memelihara kucing, bak pasir atau litter box yang berfungsi sebagai toilet kucing adalah hal esensial. Anda akan menemukan berbagai jenis bak pasir untuk kucing atau litter box yang berbeda model dan bahan dengan keunggulan masing-masing sehingga bisa membuat Anda bingung untuk memilih.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi bak pasir terbaik untuk kucing. Bak pasir yang mudah digunakan dan sesuai dengan si kucing akan membuatnya cepat beradaptasi. Dia pun tak akan buang kotoran sembarang lagi. Nah, temukanlah produk yang untuk kucing kesayangan Anda di sini!

Daftar isi

Cara memilih bak pasir untuk kucing

Kucing akan menggunakan bak pasir sebagai toilet apabila bak pasir tersebut dirasa cukup nyaman. Tidak hanya itu, bak pasir juga sebaiknya mudah untuk Anda bersihkan. Karena itu, kami jelaskan hal-hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam memilih “toilet” untuk kucing Anda.

Pilihlah bak pasir model terbuka yang nyaman digunakan

Pilihlah bak pasir model terbuka yang nyaman digunakan

Banyaknya model dan bentuk bak pasir bisa saja membuat Anda kebingungan ketika hendak membelinya. Secara umum, terdapat 2 model bak pasir, model terbuka dan model hooded/dome dengan penutup yang dapat menutupi bagian dalam bak pasir. Di antara kedua model tersebut, kami lebih merekomendasikan bak pasir model terbuka.

Penting untuk diingat, sesungguhnya kucing memiliki insting alami sebagai hewan yang cinta kebersihan. Sama halnya seperti manusia, Anda pun tidak suka menggunakan toilet yang berbau, bukan? Bak pasir model tertutup akan membuat bau kotoran kucing tetap terkumpul di area tersebut dan akan membuat kucing merasa tidak nyaman, lain halnya dengan bak pasir terbuka.

Pilihlah yang mudah dibersihkan agar lebih praktis

Untuk menjaga agar kucing kesayangan Anda tetap dalam kondisi bersih dan sehat, Anda harus rutin membersihkan bak pasirnya. Agar lebih praktis, sebaiknya pilihlah bak pasir yang mudah dibersihkan. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap.

Pilihlah bak pasir dengan sedikit komponen dan tidak banyak lekukan

Pilihlah bak pasir dengan sedikit komponen dan tidak banyak lekukan

Semakin banyak komponen dan lekukan pada bak pasir pilihan Anda, semakin banyak energi dan waktu yang terbuang untuk membersihkan bak pasir tersebut. Karena itu, pilihlah bak pasir dengan komponen seminim mungkin. Bak pasir pada gambar di atas adalah contoh yang ideal. Dengan begitu, Anda bisa membersihkan atau mencucinya tanpa perlu melepas komponennya.

Saat ini, ada pula bak pasir untuk kucing yang dilengkapi dengan cover untuk mencegah pasirnya berhamburan keluar. Bila Anda salah satu penggunanya, Anda bisa melepas cover-nya agar bak pasir lebih mudah dibersihkan. Dengan begitu, tidak akan ada pasir atau kotoran tertinggal di celah antara cover dengan bak pasir. Kebersihan bak pasir pun dapat terjaga dengan optimal.

Pilihlah bak pasir tanpa sistem yang rumit untuk kemudahan pembersihan

Pilihlah bak pasir tanpa sistem yang rumit untuk kemudahan pembersihan

Saat ini, bak pasir dengan sistem tertentu yang membuat Anda tak perlu sering-sering membersihkan pasirnya sangatlah populer. Banyak konsumen yang merekomendasikan penggunaan bak pasir bersistem, tetapi kami tidak akan menyarankannya.

Alasannya, bak pasir dengan sistem toilet biasanya terdiri dari 2 tingkat dan memiliki banyak komponen. Banyaknya komponen bisa membuat kotoran tetap tertinggal dan semakin sulit dibersihkan. Bak pasir yang tidak dilengkapi dengan sistem khusus memang lebih sederhana, tetapi jauh lebih mudah untuk dijaga kebersihannya.

Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan kucing Anda

Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan kucing Anda

Tidak ada ukuran ideal yang mutlak untuk bak pasir kucing karena masing-masing jenis kucing memiliki ukuran berbeda. Meski begitu, bak pasir dengan panjang 1,5 kali panjang badan kucing dapat dijadikan patokan. Dengan ukuran sebesar itu, kucing Anda masih bisa bergerak dengan leluasa saat membuang kotoran. Apalagi, kucing terbiasa untuk menggali pasir sebelum membuang kotoran dan menimbunnya dengan pasir setelah selesai membuang kotoran. Dengan ukuran tersebut kucing Anda dapat melakukan panggilan alam sesuai dengan insting alaminya.

Perlu diingat bahwa Anda tetap perlu memperhitungkan ketinggian pasir yang dimasukkan. Bak pasir dengan tinggi 15-20 cm cukup ideal untuk digunakan. Meski begitu, ada kucing yang lebih suka dengan pasir dangkal. Selain itu, ada juga kucing yang suka menggali dalam-dalam. Karena itu, Anda harus menyesuaikan ketinggiannya dengan kebiasaan kucing Anda.

Pilihlah yang warnanya Anda sukai

Pilihlah yang warnanya Anda sukai

Belakangan ini, bak pasir untuk kucing memiliki berbagai warna yang sangat variatif sehingga tidak terasa salah tempat ketika diletakkan di ruangan Anda. Tidak hanya warna coklat tua atau putih, Anda akan menemukan bak pasir dengan warna terang yang terlihat segar, seperti hijau, pink, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa memilih bak pasir dengan warna sesuai interior ruangan atau warna favorit Anda.

10 Rekomendasi bak pasir terbaik untuk kucing

Kini, kami akan memberikan daftar 10 rekomendasi bak pasir terbaik untuk kucing. Pilihlah yang paling sesuai dengan ukuran dan kebiasaan kucing, serta kemudahan Anda dalam membersihkannya!

10. Litter Box Large

10. Litter Box Large

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Produk berukuran besar dengan harga bersahabat

Bila Anda tidak ingin mengeluarkan banyak dana, tetapi membutuhkan bak pasir untuk kucing dengan ukuran yang cukup besar, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Memiliki ukuran sebesar 48 x 35 x 15 cm, bak pasir berkualitas ini tentu cukup nyaman untuk digunakan oleh kucing ras yang berbadan besar sekalipun.

Bila Anda tak ingin kotak pasir kucing menjadi salah satu pemandangan di ruangan Anda, produk berwarna abu-abu yang tak mencolok ini adalah pilihan tepat. Dibuat dari material plastik yang tebal, kotak pasir ini awet untuk gunakan dalam jangka panjang. Selain itu, modelnya yang simpel membuat produk ini sangat mudah untuk Anda bersihkan.

9. Litter Box Size L Package

9. Litter Box Size L Package

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Semakin ekonomis dengan bonus serok dan pasir wangi

Dengan ukurannya yang besar, bak pasir ini cocok Anda gunakan baik untuk kucing berukuran kecil maupun besar. Lalu, terdapat lekukan tambahan di kedua sisi bak pasir ini sehingga akan memudahkan Anda untuk mengangkatnya. Produk ini juga memiliki warna abu-abu dan cocok untuk Anda yang tidak menyukai warna cerah.

Lalu, bila Anda menginginkan bak pasir untuk kucing dengan bonus yang menguntungkan, tidak perlu ragu membeli produk ini. Ketika Anda membeli bak pasir ini, Anda juga akan memperoleh 1 unit serok plus 2 kg pasir wangi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli kedua barang yang tak kalah esensialnya tersebut.

8. Bak Pasir Slim Size

8. Bak Pasir Slim Size

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Bentuk ramping memanjang bikin produk ini makin hemat tempat

Bak pasir ini memiliki ukuran panjang 51 cm sehingga masih cukup ideal Anda gunakan untuk kucing berbadan besar. Meski begitu, produk ini sangat ramping karena lebarnya hanya 18 cm saja! Bila Anda mencari bak pasir berukuran besar yang tidak membutuhkan banyak space, produk ini adalah salah satu pilihan tepat.

Meski ramping, tinggi dinding pinggirannya 16 cm sehingga bila kucing Anda termasuk tipe yang suka menggali pasir dalam-dalam, Anda masih bisa menuangkan banyak pasir ke dalam produk ini. Selain itu, desain produk ini juga sangat sederhana dan tidak banyak lekukan sehingga dapat Anda bersihkan secara sempurna dengan mudah.

7. Cosmo Cat Litter Box Orange 017265

7. Cosmo Cat Litter Box Orange 017265

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.500

Makin hemat pasir dengan desain trapesium

Dibuat dengan bentuk trapesium, bagian bawah produk ini lebih kecil dibandingkan dengan bagian atasnya. Desain tersebut memungkinkan Anda menggunakan sedikit pasir saja untuk menciptakan area toilet dengan pasir yang cukup dalam, tetapi terkesan luas untuk si kucing. Bila Anda ingin menghemat biaya untuk membeli pasir, produk ini solusinya.

Selain itu, desain mulut yang lebar juga dapat mencegah pasir terhambur keluar. Salah satu bagian pinggirannya dibuat rendah sehingga kucing Anda dapat keluar masuk dengan mudah. Kemudian, produk dengan dimensi 41 x 30 x 17 cm ini juga sudah dilengkapi dengan sekop yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan pasir di dalamnya.

6. Savic Cat Litter Tray Iriz

6. Savic Cat Litter Tray Iriz

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 109.000

Desainnya simpel dan cocok ditempatkan di ruang mana pun

Bila Anda mencari bak pasir untuk kucing berdesain sederhana dan cocok dengan interior berbagai ruangan, produk ini adalah salah satu pilihannya. Desain minimalisnya membuat produk ini cocok untuk Anda tempatkan di ruang mana pun. Toh, produk ini tidak membutuhkan banyak tempat karena dimensinya hanya 50 x 37 x 14 cm.

Selain itu, produk ini juga cukup fungsional untuk Anda gunakan karena sudah dilengkapi dengan cover tambahan di bagian atasnya untuk mencegah pasir galian kucing Anda terlempar berantakan keluar. Selain itu, terdapat lekukan pada cover tersebut sehingga Anda bisa semakin mudah mengangkat atau memindahkan bak pasir ini.

5. Cat Litter Box C020

5. Cat Litter Box C020

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Segarkan ruangan Anda dengan warna pastel yang soft

Bak pasir untuk kucing yang dijual set bersama seroknya sekaligus ini dibuat dari material yang kuat sehingga cukup awet untuk Anda gunakan dalam jangka panjang. Cover-nya mudah dilepas untuk dibersihkan, kucing berbadan besar pun akan tetap nyaman berada di dalamnya karena bak pasir untuk kucing ini memiliki ukuran 50 x 38 x 16 cm.

Lalu, bak pasir ini juga diproduksi dalam 2 varian warna pastel, biru muda-putih dan pink-putih yang terlihat sangat cantik sekaligus membuat ruangan Anda lebih cerah dan hidup. Bila Anda ingin mencari bak pasir untuk kucing dengan warna bernuansa lembut dan segar, produk ini wajib Anda dimasukkan ke dalam daftar belanja Anda.

4. Luxurious Cat Litter Box

4. Luxurious Cat Litter Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Tampil mewah sekaligus imut dengan warna hitam dan cat paws pattern

Bila Anda menginginkan bak pasir untuk kucing dengan tampilan yang ekslusif, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Bak pasir untuk kucing ini dibuat dengan menggunakan warna hitam dan abu-abu, desain garis diagonal, serta ornamen car paws pattern. Kesan mewah sekaligus imut dapat Anda rasakan dari bak pasir ini.

Tidak hanya itu, bak pasir untuk kucing ini juga tidak mudah terkesan kotor sekalipun Anda gunakan dalam jangka panjang karena bagian dalamnya juga warna hitam. Dengan salah satu sisi pinggiran yang dibuat pendek dan tinggi di sisi lainnya, kucing akan mengetahui jalan masuk ke toiletnya, serta pasir pun tak akan berhamburan.

3. Savic Cat Litter Tray Figaro

3. Savic Cat Litter Tray Figaro

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 158.000

Timbulkan nuansa hangat yang futuristik di ruangan Anda

Memiliki dimensi yang cukup bongsor, yaitu sebesar 55 x 48,5 x 15,5 cm membuat produk ini dapat menampung banyak pasir. Cocok bagi Anda yang memelihara lebih dari 1 ekor kucing. Lalu, desain low entrance pada produk ini akan membuat kucing bahkan yang sudah tua atau sedang sakit sekalipun dapat keluar atau masuk dengan sangat mudah.

Selain itu, bentuk oval serta paduan warna coklat muda-putih tidak hanya membuat produk ini terlihat modern dan futuristik, tetapi juga menimbulkan kesan warm dan cozy. Bila Anda menginginkan bak pasir untuk kucing yang dapat membuat suasana di dalam ruangan Anda terasa semakin nyaman, produk ini adalah salah satu pilihan tepat.

2. Savic Cat Litter Tray Aseo

2. Savic Cat Litter Tray Aseo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 165.000

Desain stylish yang tak sekadar unik, tetapi juga fungsional

Dengan desain area pinggirnya yang meninggi, pasir hasil galian kucing Anda tidak akan tercecer dan membuat area di sekitarnya jadi kotor. Namun, tempat masuk bak pasir ini tetap memiliki tinggi yang wajar demi kemudahan si kucing. Bila Anda menginginkan bak pasir untuk kucing dengan desain unik yang fungsional, produk inilah jawabannya.

Selain itu, dengan desainnya yang unik produk ini juga tetap stylish untuk Anda letakkan di dalam ruangan Anda. Toh, Anda bisa memilih varian warna lemon green atau grey agar sesuai interior ruangan Anda. Memiliki ukuran sebesar 56 x 39 x 27,5 cm, bak pasir ini pun masih cukup lapang untuk digunakan oleh kucing Anda yang berukuran besar.

1. Cat Litter Box C014

1. Cat Litter Box C014

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 179.000

Lebih fleksibel digunakan dengan cover khusus

Cover besar pada produk ini sangatlah praktis dan mudah Anda lepas pasang sesuai kebutuhan. Bila kucing Anda senang menggali dengan dalam, pasang cover-nya agar tinggi produk ini menjadi 42 cm dan bila tidak, Anda bisa melepas cover tersebut. Bila Anda mencari bak pasir untuk kucing yang mekanisme penggunaannya fleksibel, produk inilah pilihannya.

Tidak hanya itu, produk ini dibuat menggunakan material plastik tebal dan kuat yang pas untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu, produk ini juga sudah satu paket dengan serok, Anda tidak perlu membelinya lagi secara terpisah. Lalu, Anda juga bisa memilih varian warna lain, seperti ungu, biru, atau hijau sesuai dengan preferensi Anda.

Kesimpulan

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan, kehadiran bak pasir untuk kucing adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. Kami pun menyarankan agar Anda memilih bak pasir model terbuka supaya kucing Anda bisa merasa nyaman dan rutin menggunakannya.

Tidak hanya menyesuaikan ukurannya dengan kucing Anda, Anda juga harus memilih produk yang sederhana agar lebih mudah dibersihkan. Kucing Anda merasa nyaman, Anda pun lebih hemat waktu dan tenaga untuk menjaga kebersihannya. Tak kalah penting, pilihlah produk dengan warna favorit atau yang matching dengan interior ruangan Anda, ya!