• 10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bak Pasir Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)

Bila Anda memelihara kucing, bak pasir atau litter box yang berfungsi sebagai toilet kucing adalah hal esensial. Anda akan menemukan berbagai jenis bak pasir yang berbeda model dan bahan dengan keunggulan masing-masing. Mungkin saja hal tersebut membuat Anda bingung saat memilih, bukan?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi bak pasir terbaik untuk kucing. Bak pasir yang mudah digunakan dan sesuai dengan kucing akan membuatnya cepat beradaptasi. Dia pun tak akan buang kotoran sembarangan lagi. Temukanlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda di sini!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Suria Riza (Echa)
  • Pembaharuan terakhir: 06 September 2020
  • 10.009 Views
Daftar isi

Cara memilih bak pasir untuk kucing

Kucing akan menggunakan bak pasir sebagai toilet bila bak pasir tersebut dirasa cukup nyaman. Sekarang, kami akan jelaskan cara memilih bak pasir untuk kucing.

Pilih bak pasir model terbuka yang nyaman digunakan

Pilih bak pasir model terbuka yang nyaman digunakan
Banyaknya model dan bentuk bak pasir bisa saja membuat Anda kebingungan ketika hendak membelinya. Secara umum, terdapat dua model bak pasir. Pertama adalah model terbuka dan kedua adalah model hooded atau dome berpenutup yang dapat menutupi bagian dalam bak pasir. Di antara kedua model tersebut, kami lebih menyarankan bak pasir model terbuka.

Penting untuk diingat, sesungguhnya kucing memiliki insting alami sebagai hewan yang cinta kebersihan. Sama halnya seperti manusia, Anda pun tidak suka menggunakan toilet yang berbau, bukan? Bak pasir model tertutup akan membuat bau kotoran kucing terkumpul di area tersebut. Tentu hal itu akan membuat kucing merasa tidak nyaman, lain halnya dengan bak pasir terbuka.


Dari sisi manusia, tentu bak pasir model tertutup terlihat lebih baik karena tidak membuat ruangan menjadi bau. Namun, dari sisi kucing, menggunakan model tertutup seperti ini tentu lebih sulit. Selain itu, bak pasir model terbuka membuat kotoran lebih mudah terlihat. Memonitor kesehatan kucing kesayangan dengan mengecek perubahan pada kotoran pun makin mudah dilakukan.

Periksa kemudahan dalam membersihkannya

Untuk menjaga kucing kesayangan Anda tetap bersih dan sehat, Anda harus rutin membersihkan bak pasirnya, misalnya sebulan sekali. Agar lebih praktis, sebaiknya pilihlah bak pasir yang mudah dibersihkan. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap.

Pilihlah bak pasir dengan sedikit komponen dan tidak banyak lekukan

Pilihlah bak pasir dengan sedikit komponen dan tidak banyak lekukan

Makin banyak komponen dan lekukan pada bak pasir, makin banyak energi dan waktu yang terbuang untuk membersihkan bak pasirnya. Oleh karena itu, pilihlah bak pasir dengan komponen seminim mungkin. Bak pasir pada gambar di atas adalah contoh yang ideal. Dengan begitu, Anda bisa membersihkan atau mencucinya tanpa perlu melepas komponen apa pun.


Saat ini, ada pula bak pasir untuk kucing yang dilengkapi dengan cover untuk mencegah pasirnya berhamburan keluar. Bila Anda ingin membelinya, pilihlah produk dengan cover tanpa banyak lekukan atau tonjolan. Dengan begitu, Anda bisa melepas dan membersihkan cover-nya dengan lebih mudah. Tidak akan ada juga pasir atau kotoran tertinggal di celah antara cover dengan bak pasir. Kebersihan bak pasir pun dapat terjaga dengan optimal.

Pilihlah bak pasir tanpa sistem yang rumit untuk kemudahan pembersihan

Pilihlah bak pasir tanpa sistem yang rumit untuk kemudahan pembersihan
Saat ini, bak pasir dengan sistem tertentu yang membuat Anda tak perlu sering-sering membersihkan pasirnya sangatlah populer. Banyak konsumen yang merekomendasikan penggunaan bak pasir bersistem seperti ini karena membuat penggunaannya terlihat lebih mudah. Akan tetapi, kami tidak akan menyarankan Anda untuk membeli bak pasir demikian.

Hal ini disebabkan bak pasir dengan sistem toilet biasanya terdiri dari dua tingkat dan memiliki banyak komponen. Banyaknya komponen bisa membuat kotoran tetap tertinggal dan tambah sulit dibersihkan. Bak pasir yang tidak dilengkapi dengan sistem khusus memang lebih sederhana, tetapi jauh lebih mudah untuk dijaga kebersihannya.


Pada bak pasir dengan sistem toilet, bisanya pipis kucing masih dapat tertinggal pada pasir dan komponen tertentu di dalamnya. Hal tersebut dapat membuatnya kurang higienis. Tidak hanya itu, alas kertas pada toilet tersebut juga langsung diganti saat kotor. Hal itu akan menyulitkan Anda untuk mengecek kesehatan kucing melalui kotorannya.

Pastikan ukurannya sesuai dengan kucing Anda

Pastikan ukurannya sesuai dengan kucing Anda

Agar kucing bisa membuang kotoran dengan nyaman dan leluasa, penting untuk memilih bak pasir yang tidak terlalu sempit. Kucing terbiasa untuk menggali pasir sebelum membuang kotoran dan menimbunnya kembali dengan pasir setelah selesai membuang kotoran. Jadi, bila bak pasirnya terlalu sempit, tentu kucing Anda tidak bisa melakukan hal tersebut.


Perlu diingat bahwa Anda tetap perlu memperhitungkan ketinggian pasir yang dimasukkan. Bak pasir dengan tinggi 15-20 cm cukup ideal untuk digunakan. Meski begitu, ada kucing yang lebih suka dengan pasir dangkal atau malah suka menggali dalam-dalam. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan ketinggiannya dengan kebiasaan kucing. Ada juga anak kucing atau kucing tua yang kesulitan masuk ke bak pasir. Jika demikian, pilih saja produk yang salah satu sisinya sengaja didesain lebih pendek daripada sisi lainnya.

Pilih produk yang warnanya Anda sukai

Pilih produk yang warnanya Anda sukai
Belakangan ini, bak pasir untuk kucing memiliki berbagai warna yang sangat variatif sehingga dapat mendukung interior ruangan Anda. Tidak hanya warna cokelat tua atau putih, Anda akan menemukan bak pasir dengan warna terang, seperti hijau, pink, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa memilih bak pasir dengan warna sesuai interior ruangan atau warna favorit Anda. Tenang saja, untuk kucing sendiri warna tidak menjadi masalah sehingga Anda bebas memilih warna yang disukai.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Double Layer Sifting Litter Tray Toilet Box with Scoop Set

Rp 293.000,00

10 Rekomendasi bak pasir terbaik untuk kucing

Kini, kami akan memberikan daftar sepuluh rekomendasi bak pasir terbaik untuk kucing. Pilihlah yang paling sesuai untuk kucing Anda!

10
Ukuran30 cm x 25 cm x 10 cm
9
Ukuran51 cm x 18 cm x 16 cm
8
Ukuran41 cm x 30 cm x 17 cm
7
Ukuran40 cm x 30 cm x 13 cm
6
Ukuran62 cm x 42 cm x 42 cm
5
Ukuran50 cm x 37 cm x 13 cm
4
Ukuran38 cm x 28 cm x 14 cm
3
Ukuran51 cm x 51 cm x 15,5 cm
2
Ukuran55 cm x 48,5 cm x 15,5 cm
1
Ukuran56 cm x 39 cm x 27,5 cm

Tabel perbandingan produk bak pasir terbaik untuk kucing

Gambar produk
1
Savic  Aseo Litter Tray 1

Savic

2
Savic  Figaro Litter Tray 1

Savic

3
Imac Cat Litter Box Fred 1

Imac

4
Cat Litter Box Cute 1

5
Savic  Iriz + Rim Litter Tray 1

Savic

6
Cat Litter Box 1

7
Litter Box Size L Package 1

8
Cosmo  Cat Litter Box Orange 1

Cosmo

9
Bak Pasir Slim Size 1

10
Multicolor Medium Cat Litter Box 1

Nama produk

Aseo Litter Tray

Figaro Litter Tray

Cat Litter Box Fred

Cat Litter Box Cute

Iriz + Rim Litter Tray

Cat Litter Box

Litter Box Size L Package

Cat Litter Box Orange

Bak Pasir Slim Size

Multicolor Medium Cat Litter Box

Keunggulan

Berdesain stylish, unik sekaligus fungsional

Timbulkan kesan hangat yang futuristik di ruangan

Optimalkan penggunaan sudut ruangan Anda

Segarkan ruangan Anda dengan warna pastel yang soft

Desain simpel yang cocok dengan beragam gaya interior

Lebih fleksibel digunakan dengan cover khusus

Sudah dapat bonus pasir wangi dan serokan!

Jadi lebih hemat pasir berkat bentuk trapesium

Dimensinya ramping memanjang, makin hemat tempat

Warna beragam plus harganya sangat bersahabat di kantong

HargaRp 180.000,00Rp 168.000,00Rp 200.000,00Rp 154.200,00Rp 108.000,00Rp 179.000,00Rp 65.000,00Rp 108.500,00Rp 54.000,00Rp 16.000,00
Ukuran56 cm x 39 cm x 27,5 cm55 cm x 48,5 cm x 15,5 cm51 cm x 51 cm x 15,5 cm38 cm x 28 cm x 14 cm50 cm x 37 cm x 13 cm62 cm x 42 cm x 42 cm40 cm x 30 cm x 13 cm41 cm x 30 cm x 17 cm51 cm x 18 cm x 16 cm30 cm x 25 cm x 10 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan kucing lainnya di sini

Dengan menggunakan pasir kucing atau kadang disebut juga cat litter, kucing Anda akan makin wangi dan bersih. Kandang atau rumah kucing pun wajib dimiliki agar kucing nyaman beristirahat. Kenali beragam perlengkapan untuk kucing di sini.

Kesimpulan

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan, kehadiran bak pasir untuk kucing adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. Anda bisa memilih bak pasir model terbuka supaya kucing Anda bisa merasa nyaman dan rutin menggunakannya.

Selain itu, pilihlah yang sederhana agar lebih mudah dibersihkan. Kucing Anda merasa nyaman, Anda pun lebih hemat waktu dan tenaga untuk menjaga kebersihannya. Tak kalah penting, sesuaikan juga warnanya dengan interior ruangan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    208.720 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    33.772 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang diberikan dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    127.990 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    103.705 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    83.511 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    87.403 Views
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)
    Kalung anjing merupakan aksesori yang bisa memudahkan saat mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Ada berbagai desain kalung anjing yang dijual di pet shop ataupun online shop. Namun, banyaknya kalung anjing yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan hewan
    2.501 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori