10 Rekomendasi GPS Navigasi Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi GPS Car Navigator Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

GPS navigasi mobil atau biasa disebut car navi adalah perangkat yang tidak bisa lepas dari kegiatan berkendara. Car navi akan membantu Anda untuk mengetahui arah tercepat menuju tujuan dan juga memberikan informasi kemacetan di sekitar. Bermacam-macam produk car navi yang dibuat oleh Clarion, EinCar, dan Bosion, dijual dengan beragam variasi harga, fungsi, dan tipe. Mulai dari tipe portabel hingga tipe yang harus dipasang di mobil. Hal ini mungkin akan membuat pembeli merasa bingung saat akan memilihnya.

Kali ini kami akan mengulas peringkat car navi terfavorit dengan membandingan produk-produk terkini. Temukan car navi favorit Anda dan nikmatilah petualangan berkendara!

Daftar isi

Cara memilih GPS navigasi mobil

Saat ini car navi merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan pokok saat bepergian. Apakah mobil Anda sudah dipasang car navi? Di sini kami akan mengulas secara sederhana mengenai cara memilih car navi untuk Anda yang ingin mengganti maupun yang baru ingin membeli!

HDD atau SSD?

Ada 2 jenis tempat penyimpanan data peta maupun file lagu pada perangkat car navi, yaitu tipe  Hard Disk Driver (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Pahami masing-masing karakteristiknya sebelum memilih.

Hard Disk Driver (HDD); produk multifungsi yang tepat untuk interior mobil

Hard Disc Driver (HDD); produk multifungsi yang tepat untuk interior mobil

Car navi tipe HDD bukan hanya bisa menyimpan data peta berukuran besar, namun juga bisa menyimpan file lagu maupun film dari CD yang ingin Anda putar di mobil. Tipe ini cocok untuk Anda yang sangat memperhatikan audio-video mobil. Kapasitas HDD juga besar sehingga mampu mencakup peta dengan resolusi tinggi dan informasi dalam jumlah banyak. Namun demikian, sebanding dengan banyaknya fungsi yang dimiliki, harga produk tipe ini tergolong mahal.

Solid State Drive (SSD); harga terjangkau dengan mengedepankan fungsi dasar 

Solid State Drive (SSD); harga terjangkau dengan mengedepankan fungsi dasar 

Akhir-akhir ini, SSD menjadi model car navi yang semakin menguasai pasar. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya mendapatkan model SSD dengan memori besar dan harga yang murah. Bila Anda hanya membutuhkan fungsi dasar dari car navi, kami menyarankan Anda untuk memilih tipe SSD.

Tipe 2 DIN, tipe portabel, dan tipe in-dash

Dilihat dari dimensinya, car navi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu tipe 2 DIN, tipe portable, dan tipe in-dash. Standar internasional untuk ukuran car navi maupun car stereo adalah DIN. Satu DIN berukuran lebar 180 mm dan tinggi 50 mm. Dua DIN berarti sama dengan ukuran 1 DIN yang ditumpuk. Namun begitu, hal itu juga tergantung dari cara pemasangannya. Sementara itu, model in-dash yang layarnya terpasang pada dashboard kini semakin sulit ditemukan.

Tipe 2 DIN yang stylish dengan layar lebar

Tipe 2 DIN yang stylish dengan layar lebar

Tipe 2 DIN memiliki ciri khas pada layarnya yang lebar hingga memenuhi ukuran car navi itu sendiri. Tipe ini adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Sangat pas ketika dipasang pada kendaraan dan terlihat lebih fresh! Akan tetapi, untuk beberapa jenis kendaraan, tipe ini jadi harus dipasang lebih rendah dari pandangan mata guna menyesuaikan dengan car audio mobil tersebut. Jadi, sebelum membeli tipe ini, bayangkanlah unit car navi yang Anda minati akan tampak seperti apa saat dipasang.

Tipe portabel; harga terjangkau dengan memaksimalkan fungsi dasar car navi

 Tipe portabel; harga terjangkau dengan memaksimalkan fungsi dasar car navi

Car navi jenis portabel adalah produk car navi yang bisa dibongkar pasang. Unit tipe ini bisa dilepas saat tidak digunakan sehingga akan aman dari pencurian. Banyak produk car navi jenis  portabel bisa ditemukan dengan harga bersahabat. Akan tetapi, dengan harga yang murah tersebut, car navi jenis ini hanya dibekali fungsi-fungsi dasar. Model ini cocok untuk Anda yang hanya sesekali melewati jalan yang kurang begitu Anda pahami.

 Tipe in-dash; mempercantik interior mobil

 Tipe in-dash; mempercantik interior mobil

Car navi tipe in-dash memiliki layar sebesar 1 DIN dan akan tampak sedikit menonjol saat digunakan. Perangkat penyimpan data didesain terpisah dan juga berukuran 1 DIN. Dulunya model in-dash pernah sangat digemari meskipun kini keberadaannya semakin sedikit. Karena layarnya menonjol, kita perlu berhati-hati karena car navi ini bisa mengganggu lubang semburan AC maupun panel switch-nya.

Cek fungsi update peta dan frekuensi update-nya

Cek fungsi update peta dan frekuensi update-nya

Pada saat car navi masih menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM, data awal yang tersimpan di dalamnya akan terus digunakan dalam beberapa tahun. Hal ini menyebabkan data peta yang ada menjadi tidak update. Bisa jadi saat Anda melewati suatu jalan baru mungkin dalam peta akan masih tampak gambar pegunungan.

Kini, data yang dibutuhkan car navi akan disimpan dalam HDD atau SSD sehingga update peta menjadi lebih mudah. Ada juga produk yang menawarkan fungsi update gratis selama 3 tahun.

Bila sebuah car navi hanya akan dipakai dalam jangka waktu pendek, mungkin Anda tidak perlu terlalu fokus pada fitur “map update”. Namun bila Anda bermaksud menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya Anda memeriksa fungsi update, biaya update, serta frekuensi update-nya.

Peringkat GPS navigasi mobil terfavorit

Kalau begitu, mari kita mulai membahas 10 peringkat car navi dengan melihat harga dan fungsinya. Temukan car navi yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. GARMIN nüvi 57LM

10. GARMIN nüvi 57LM

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.080.000

Langkah cost down pilihan pengendara pintar

Garmin nüvi 57LM adalah perangkat car navi jenis portabel yang dapat diandalkan untuk mengakses fitur-fitur dasar GPS. Meskipun harganya cukup terjangkau, perangkat ini mampu memantau kondisi jalan di depan hingga sekitar 30 kilometer! Hal yang paling menarik dari produk ini adalah layanan update peta gratis selama pemakaian, sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati cost down untuk jangka panjang.

Namun, kelemahannya adalah kurangnya konektivitas Bluetooth. Ini artinya Garmin nüvi 57LM tidak bisa dikoneksikan untuk pemanfaatan handsfree pada telepon atau untuk memainkan musik kegemaran Anda di playlist smartphone.

9. RBO In-Dash Double Car GPS Navigator

9. RBO In-Dash Double Car GPS Navigator

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.663.000

Teman setia di saat macet 

Car navi RBO 2 DIN tipe in-dash ini dilengkapi dengan Quad Core prosesor untuk kecepatan performanya. Anda bisa memaksimalkan beragam kemampuan dasar Android 5.1.1 maupun bermain game favorit dengan perangkat ini. Dengan adanya DVD dan radio Bluetooth yang sudah support 3G, Anda bisa dengan nyaman menonton film maupun mendengarkan musik kesayangan, cocok untuk Anda yang merasa jenuh saat sering terjebak kemacetan.

Meskipun car navi ini tidak dibekali peta saat pertama kali dioperasikan, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa meng-install peta tersebut dari fungsi Android yang tersedia. Satu hal yang menjadi nilai minusnya adalah kapasitas internalnya masih terbilang minim (1G+16GB ).

8. Pyle PLDNB78i

8. Pyle PLDNB78i

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.823.000

Petunjuk suara dan teks untuk kemudahan berkendara 

Pyle PLDNB78i merupakan perangkat car navi tipe in-dash berlayar 7 inci yang memadukan fitur navigasi, wireless music streaming, dan fitur komunikasi dengan Bluetooth, sangat tepat bagi Anda yang menginginkan car navi murah yang lengkap! Paket car navi ini sudah dilengkapi dengan preload map sehingga Anda bisa langsung menikmati penunjuk jalan paling cepat dan aman dengan petunjuk suara dan teks.

Kekurangannya ada pada konektivitas interface bagi pengguna perangkat Apple, karena dibutuhkan konektor tambahan. Apabila suara dari aplikasi GPS sedang aktif, musik yang Anda mainkan juga akan terhenti. Mungkin ini bisa menjadi poin pertimbangan Anda sebelum memilih car navi Pyle PLDNB78i.

7. EinCar BV9986BI

7. EinCar BV9986BI

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.570.000

Car navi teman iPhone Anda 

EinCar BV9986BI adalah car navi tipe HDD yang dibekali kemampuan unik yaitu detektor anti pencurian. Ini akan membuat Anda merasa aman saat meninggalkan mobil. Meskipun terlihat sederhana dengan desain 1 DIN, Anda tetap bisa menikmati fitur Bluetooth, radio, maupun rear view camera untuk memastikan objek di belakang kendaraan yang tidak tertangkap kaca spion.

Kami merekomendasikan car navi ini untuk Anda pengguna produk Apple (iPod/iPad/iPhone) karena Anda bisa langsung mengaktifkan playlist music Anda tanpa harus menggunakan konektor khusus. Semua fitur yang tersimpan bisa dengan mudah dioperasikan menggunakan wireless remote control!

6. Clarion NX404A

6. Clarion NX 404A

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 6.499.000

Suara sempurna kombinasi audio BEAT dan Clarion

Nama Clarion tidak bisa dipisahkan dari perangkat audio mobil, apa pun jenis mobilnya. Clarion NX404 ini dibekali fitur audio BEAT EQ Plus yang akan memanjakan Anda dengan kualitas suara perpaduan teknologi BEAT dan Clarion yang sudah memiliki nama besar untuk perangkat car audio.

Fitur unggulan yang lain adalah Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan. Fitur ini akan membuat Anda nyaman dalam menggunakan dan mengoperasikan Clarion NX404. Kami merekomendasikan unit ini untuk Anda yang pertama kali mencari car navi dan menginginkan keunggulan audionya.

5. EinCar 6.2-Inch 2 DIN In-Dash

5. EINCAR 6.2-Inch 2 DIN in dash

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.721.000

Gambar 3D agar tidak mudah tersesat 

EinCar 6.2-Inch memiliki ukuran 2 DIN dengan lebar 6.2 inci dan bertipe SSD. Ukurannya agak kecil namun Anda bisa tetap dengan leluasa melihat dan memeriksa penunjuk arah maupun informasi kemacetan. Meskipun harganya relatif murah, fitur yang tersedia sudah sangat lengkap! Dengan OS Android 6.0.1 Marshmallow, Anda tidak akan mudah jenuh berkendara saat kondisi macet karena bisa memainkan aplikasi android terbaru dengan perangkat ini.

Selain mampu terkoneksi cepat dengan jaringan 4G, fungsi penampilan rute dan gedung dalam format 2D dan 3D pada perangkat ini akan membuat Anda lebih mudah mengenali dan memahami wilayah yang Anda lewati. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering berkendara di wilayah baru.

4. VAKIND 7″ 2 DIN

4. VAKIND 7" 2 DIN

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.067.300

Update pertandingan olahraga favorit meskipun saat dalam perjalanan             

Car navi ini memiliki keunggulan pada kemampuan menangkap sinyal televisi, baik yang berfrekuensi PAL-I/PAL-DK/PAL-BG/NTSC/maupun SECAM, cocok untuk Anda yang tidak ingin ketinggalan acara TV favorit seperti pertandingan olahraga, acara memasak maupun kartun anak.

Di samping fungsi touch screen untuk pengoperasian utamanya, perangkat ini juga terlihat klasik dengan adanya steering wheel control untuk mengoperasikan fungsi tertentu secara manual. Meskipun pada dasarnya perangkat ini didesain dengan peta Amerika, Anda bisa mengganti dan menyesuaikannya dengan peta yang ada di Indonesia. Dengan harga yang relatif murah, produk ini mampu menawarkan fungsi navigasi yang optimal!

3. EinCar 6.95” 2 DIN Head Unit

3. EINCAR 6.95 '' 2 DIN HEAD UNIT

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp  3.043.000

Tetap produktif dalam kemacetan

Perangkat EinCar 6.95 Inch adalah car navi tipe in-dash jenis 2 DIN yang dilengkapi fungsi mirror-link. Fitur ini memungkinkan Anda menikmati seluruh fungsi ponsel karena layar monitor gawai Anda akan serentak berpindah ke unit car navi. Prosessornya sendiri memakai OS Quad core CPU yang merupakan OS tercepat saat ini! Didukung oleh kemampuannya untuk bisa menerima sinyal 3G/4G/ maupun Wi-Fi hotspot, Anda bisa memanfaatkan waktu macet untuk berselancar di dunia maya, jual beli online maupun bermain game online tanpa hambatan.

Hal lain yang menjadikan produk ini semakin lengkap adalah informasi mengenai lokasi parkir umum, cuaca di luar, perpindahan akselerasi kendaraan dan konsumsi bahan bakar secara digital. Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan adalah musik yang Anda dengarkan bisa dimainkan bersamaan saat fungsi GPS diaktifkan.

2. Clarion NX702A

2. Clarion NX702A

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 10.150.000

Responsif, aman dan berkelas!

Clarion NX702A merupakan car navi berukuran 7 inci dengan tampilan Graphical User Interface (GUI) yang sangat responsif, cocok bagi Anda yang menginginkan GPS dengan loading yang cepat, tidak gampang error atau tersendat. Dengan 12 juta tempat tujuan yang telah dimuat sebelumnya, database NX702A mencakup taman nasional, restoran, SPBU, dan banyak lagi lokasi lainnya di Indonesia dan Singapura.

Clarion NX702A sudah memiliki koneksi built-in Bluetooth Parrot Interface yang dilengkapi mikrofon. Hal ini tentunya sangat membantu Anda yang tidak ingin terputus komunikasi saat dalam kondisi berkendara. Head unit navigator ini umumnya dijual satu paket dengan perangkat audio sehingga memudahkan Anda yang baru pertama kali ingin memasang GPS karena paketnya telah disesuaikan dengan spesifikasi unit yang menjadi pasangannya.

1 . Bosion Universal 1 DIN

1. Bosion Universal 1 DIN

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 5.190.000

Car navi yang dilengkapi fitur bahasa Indonesia

Car navi Bosion Universal ini sudah mampu menangkap jaringan 4G, sangat tepat untuk Anda yang menunggu-nunggu hadirnya car navi yang mampu terkoneksi dengan cepat! Perangkat ini juga telah terkoneksi dengan Wi-Fi dan dapat digunakan untuk menonton televisi maupun relay telepon. Anda bisa tetap aman berkendara dengan mengalihkan pengoperasian fungsi handsfree dan lainnya saat menerima telepon dengan fitur Bluetooth.

Satu hal yang menjadi kelebihan utamanya adalah fitur bahasa Indonesia yang sudah dimasukkan ke dalam menu sehingga GPS ini bisa dengan mudah dipahami oleh pengguna di Indonesia. Meskipun tegolong dalam tipe in-dash, perangkat ini disebut-sebut dapat digunakan untuk beragam jenis kendaraan seperti Hyundai, Nissan, Toyota, Volkswagen, dan Volvo.

Aplikasi GPS navigasi mobil pada smartphone untuk perjalanan jarak dekat

Aplikasi car navi pada smartphone untuk perjalanan jarak dekat

Akhir-akhir ini banyak bermunculan fitur navigasi seperti dari Google maupun Navitime. Namun, sebaiknya fitur tersebut hanya Anda gunakan untuk perjalanan jarak pendek atau saat darurat.

Ada kemungkinan sinyal seluler akan hilang dan fungsi navigasi akan terhenti saat Anda memasuki terowongan. Selain itu, terkadang muncul selisih waktu saat berbelok di tikungan atau persimpangan. Ada juga kemungkinan sinyal yang tidak stabil saat berada di wilayah dataran tinggi. Dengan semua pertimbangan ini, jelas bahwa fungsi car navi masih lebih unggul dibandingkan aplikasi navigasi pada smartphone.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai ulasan car navi terfavorit yang terbaru kali ini? Teknologi car navi terus mengalami perkembangan. Tidak hanya mengantar Anda untuk sampai ke tempat tujuan, car navi juga sangat praktis karena bisa digunakan untuk memutar video, mendengarkan musik, menonton film, atau memberitahu kondisi kemacetan di sekitar. Kami harap artikel ini bisa menjadi referensi untuk menemukan unit car navi yang akan menemani aktivitas berkendara Anda agar lebih menyenangkan.