10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pada saat seorang ibu hamil memasuki periode stabil dari kehamilannya, umumnya mereka mulai kembali beraktivitas dengan perut yang membuncit. Dalam menjalani aktivitasnya, banyak ibu hamil yang menggunakan korset hamil untuk membantu menopang perut yang mulai membesar. Korset hamil akan menjaga perut agar tetap hangat.

Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih korset hamil terbaik dan memberi rekomendasi produk terbaik. Terdapat beberapa merek antara lain Mooimom dan Belly Bandit. Beberapa korset hamil bahkan dapat digunakan untuk merawat bentuk tubuh usai melahirkan. Gunakanlah artikel ini sebagai bahan acuan dalam memilih korset hamil yang bagus dan paling sesuai!

Daftar isi

Apakah Anda membutuhkan korset hamil? Apa manfaatnya?

Apakah Anda membutuhkan korset hamil? Apa manfaatnya?

Pada saat perut mulai membuncit, ibu hamil akan membungkus tubuh bagian atas untuk membantu menopang perut. Dengan perut yang besar, ibu hamil umumnya sulit menjaga postur bahu dan punggung agar tetap tepat. Postur yang tidak tepat tersebut dapat mengakibatkan sakit punggung dan menimbulkan beban di pinggang. Korset hamil dapat menopang perut yang mulai besar, serta membantu ibu hamil memiliki postur tubuh yang tepat sehingga terhindar dari sakit punggung.

Masa-masa awal kehamilan biasanya banyak diisi dengan fenomena morning sickness. Namun, memasuki trimester kedua, fenomena tersebut mulai berkurang. Periode ini harus dimanfaatkan ibu hamil untuk banyak beristirahat karena kesempatan tersebut akan berkurang nantinya. Hanya saja, beberapa orang malah terganggu sistem peredaran darahnya dan menjadi flu akibat tidak bekerja. Apabila terus berlanjut, ibu hamil juga bisa mengalami sembelit dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Hal tersebut dapat terus dialami ibu hamil hingga melahirkan dan menyusui. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya menggunakan korset agar terhindar dari kedinginan yang dapat mengakibatkan flu.

Cara memilih korset hamil

Tipe korset hamil seperti apa yang hendak Anda beli? Hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli korset hamil? Sebelum memberi rekomendasi korset hamil terbaik, kami akan membahas mengenai cara memilih korset hamil terbaik bagi Anda. Mari kita mulai.

Pilihlah tipe korset hamil yang paling cocok untuk Anda

Terdapat beragam tipe korset hamil dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Akan lebih baik jika Anda memahami karakteristik dari setiap tipe korset sebelum memilih. Untuk itu, kami akan mengulas masing-masing tipe dan karakteristiknya di bawah ini.

Tipe kain panjang: dapat Anda lilit sesuai dengan bentuk tubuh

Tipe kain panjang: dapat Anda lilit sesuai dengan bentuk tubuh

Tipe ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan bentuk korset dengan lekukan tubuh tanpa dipengaruhi oleh ukuran perut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat terlebih dahulu melipat korset ini menjadi dua bagian sebelum digunakan. Namun, artinya Anda harus melilitnya sedikit demi sedikit hingga semua lekuk perut dapat terlindung. Bagi beberapa orang, hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena lapisan kain dirasakan terlalu tebal.

Untuk kenyamanan dan kemudahan, Anda sebaiknya memakai korset hamil di bawah pakaian dalam. Apabila dikenakan di atas pakaian dalam, Anda harus melepaskannya dahulu setiap kali hendak buang air besar atau air kecil. Setelah melahirkan, Anda dapat memotong-motong korset ini untuk dijadikan selimut bayi dan berbagai perlengkapan lain. Korset ini menggunakan material yang adem dan dapat menyerap keringat, serta mudah kering setelah dicuci. Hanya saja, korset tipe ini sulit dirapikan dan dilipat karena sangat panjang.

Tipe berbentuk tabung: nyaman dan mudah dipakai

Tipe berbentuk tabung: nyaman dan mudah dipakai

Korset tipe tabung jauh lebih mudah dipakai dan dilepaskan dibandingkan tipe kain panjang. Apabila posisi korset mulai bergeser, Anda dapat memperbaikinya dengan mudah tanpa perlu membongkar dan memasang ulang. Dapat dikatakan bahwa korset tipe tabung adalah tipe korset hamil yang paling mudah digunakan. Korset ini melindungi seluruh permukaan perut dengan bahan yang kukuh dan dapat membuat perut terasa lebih sejuk.

Dibandingkan tipe ikat pinggang, tipe ini terasa tidak terlalu ketat karena tidak membentuk garis tubuh. Dengan demikian, akan tetap terasa nyaman untuk digunakan saat tidur. Akan tetapi, beberapa orang merasa kurang cocok dengan tipe ini karena tidak dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh. Terkadang ukurannya terlalu besar untuk perut yang kecil, tetapi dapat juga ukurannya justru terlalu kecil sehingga tidak nyaman karena bahan yang digunakan cenderung kaku.

Beberapa korset dengan tipe ini telah tersedia dengan perlengkapan tambahan berbentuk ikat pinggang yang berfungsi untuk menopang bagian bawah perut. Hal tersebut tentu dapat menambah rasa nyaman. Jika ingin menggunakan tipe ini hingga melahirkan, Anda dapat memakai perlengkapan tambahan tersebut.

Tipe celana: untuk mendapatkan penampilan yang stylish

Tipe celana: untuk mendapatkan penampilan yang stylish

Korset tipe celana dapat membungkus seluruh area perut sebagaimana tipe kain panjang. Namun, cara memakai korset ini adalah dengan dimasukkan melalui kaki, seperti menggunakan celana dalam. Dengan demikian, mungkin terasa agak sulit mengingat keadaan perut Anda yang mulai membesar. Beberapa produk juga mengintegrasikan korset dengan celana dalam supaya produk tersebut dapat membuat Anda lebih stylish. Tidak akan ada lilitan kain tebal dan terlihat kurang menarik. Selain itu, tipe ini terasa lebih nyaman dibandingkan tipe kain panjang yang masih harus ditutupi dengan celana dalam.

Di samping itu, korset tipe ini tidak hanya menopang perut, tetapi juga bokong Anda sehingga cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan di luar rumah yang mengharuskan Anda berdiri. Tambahan lagi, beberapa produk dari tipe ini juga dilengkapi dengan alat pengencang di bagian samping yang dapat diatur sesuai dengan ukuran perut. Fitur tersebut tentu sangat berguna. Akan tetapi, perlu diingat bahwa korset ini juga menekan bagian pangkal paha. Artinya, ada kemungkinan bahwa aliran darah Anda dapat terganggu. Demi keamanan, Anda sebaiknya menggunakan korset tipe ini hanya ketika beraktivitas di luar rumah. Pada malam hari ketika hendak tidur, Anda dapat menggunakan korset yang hanya menutupi area perut.

Tipe ikat pinggang: menopang perut dari bagian bawah. Kukuh!

Tipe ikat pinggang: menopang perut dari bagian bawah. Kukuh!

Korset tipe ikat pinggang dapat mencegah sekaligus meringankan sakit punggung karena mampu menopang perut dari bagian bawah. Sama seperti pada tipe kain panjang, Anda dapat menggunakan korset ini sambil berdiri. Keunggulannya dibandingkan dengan tipe kain panjang adalah tipe ini memiliki perekat yang mudah ditempelkan. Tipe ini mudah digunakan dan cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menggunakan korset.

Karena mudah digunakan, Anda akan merasa nyaman dan senang saat memakainya. Untuk menghindari iritasi kulit, beberapa produk dengan tipe ini dirancang dengan desain yang dapat membungkus perut dari bagian atas, maka bukan hanya bagian bawah. Beberapa produk juga menjual tipe ini dengan sistem paket yang terdiri dari pembungkus perut dan ikat pinggang. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan korset tipe ini di bawah celana dalam agar tidak perlu dilepaskan setiap kali hendak buang air besar dan air kecil.

Karena dapat dililit sesuai dengan bentuk dan ukuran perut, beberapa korset tipe ini sekaligus dirancang agar dapat memperbaiki bentuk panggul yang berubah setelah melahirkan. Apabila Anda membeli produk yang dapat digunakan sebelum dan sesudah melahirkan, Anda dapat tetap menggunakannya walaupun sudah tidak hamil.

Pilihlah berdasarkan cuaca

Pilihlah berdasarkan cuaca

Korset hamil yang mudah digunakan tentu akan sangat membantu aktivitas harian Anda. Namun, jangan lupa untuk turut mempertimbangkan cuaca.

Pada saat cuaca sedang panas, Anda berisiko mengalami ruam panas. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan korset yang sepenuhnya terbuat dari bahan katun sehingga dapat menyerap keringat, terutama jika hendak beraktivitas di luar ruangan. Di samping itu, bahan katun memiliki pori-pori yang menjadikannya mudah kering setelah dicuci. Jadi, Anda dapat menggunakannya setiap hari.

Sebaliknya, ketika cuaca sedang dingin, Anda sebaiknya memilih produk yang dapat membuat tubuh Anda terasa lebih hangat. Produk berbahan tebal akan lebih cocok ketika cuaca dingin, terlebih jika produk tersebut mudah digunakan. Anda juga dapat memilih produk yang digunakan di atas pakaian dalam karena dapat membantu menghangatkan tubuh. Namun, negara kita lebih sering mengalami cuaca panas sehingga cukup sulit untuk menemukan korset hamil yang dirancang untuk cuaca dingin.

10 Rekomendasi korset hamil terbaik

Selanjutnya, kami akan memberi rekomendasi korset hamil terbaik bagi Anda. Ingatlah untuk selalu memilih korset hamil yang mudah digunakan, serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah produk yang dapat membuat Anda nyaman. Mari kita mulai.

10. Bengkung/Stagen Lilit

10. Bengkung/Stagen Lilit

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.500

Anda tidak perlu khawatir mengenai ukuran

Stagen lilit adalah korset hamil dengan tipe kain panjang. Dengan ukuran panjang sekitar 10 meter, kain ini akan cukup untuk melilit area perut ibu hamil. Selain itu, korset ini dapat menjaga perut Anda tetap aman dan nyaman karena terbuat dari kain tenun yang lentur dan lembut.

Perut dan pinggang Anda akan dapat ditopang dengan baik oleh korset ini sehingga kehamilan Anda juga terjaga. Apabila Anda membeli produk ini, Anda dapat memilih di antara beberapa varian warna yang tersedia. Pilihlah warna sesuai dengan selera yang akan membuat Anda semakin bersemangat dalam menjalani hari.

9. Tally St. 589 Korset Hamil

9. Tally St. 589 Korset Hamil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.000

Semakin nyaman dengan bahan yang kuat dan ringan

Korset ini merupakan tipe ikat pinggang, tetapi memiliki bagian depan yang cukup lebar sehingga dapat turut menutupi sebagian area perut. Hal tersebut tentu memberi manfaat lebih. Bagian bawah perut Anda akan ditopang dengan kuat, sedangkan bagian perut Anda terasa hangat karena ditutup oleh korset ini.

Anda akan semakin nyaman menggunakan produk ini karena terbuat dari material yang kuat, tetapi ringan. Tidak hanya itu, produk ini juga tidak terasa gatal saat dipakai. Anda akan betah menggunakannya selama beberapa jam. Jadi, kesibukan Anda sepanjang hari dapat tetap berjalan lancar meskipun sedang hamil.

8. Amon Maternity Be Hold Pregnancy Belly Band

8. Amon Maternity Be Hold Pregnancy Belly Band

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 399.900

Tipis sehingga Anda tidak terlihat sedang berpakaian dua lapis

Pakaian Anda tidak akan terlihat tebal jika menggunakan produk ini. Korset tipe tabung ini terbuat dari material yang tipis dan halus sehingga terlihat seperti hanya menggunakan satu lapis pakaian. Meskipun tipis, korset ini cukup kuat dan dapat dipercaya untuk menopang beban pada perut ibu hamil.

Daya regang korset ini juga cukup baik yang dapat bergerak dengan lentur mengikuti gerakan tubuh Anda. Rasa pegal di perut dan pinggang bagian bawah Anda akan berkurang berkat produk ini. Selain itu, Anda dapat mengatur ukuran korset ini agar sesuai dengan ukuran perut. Praktis, bukan?

7. Mooimom Seamless Hight Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil

7. Mooimom Seamless Hight Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 124.500

Terasa adem saat digunakan pada cuaca panas

Produk ini menggabungkan korset hamil dengan celana dalam. Bagi Anda yang merasa enggan dan repot jika harus menggunakan korset plus celana dalam, kami menyarankan produk ini. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan perut Anda. Bagian perut dari korset ini dibuat lebih lebar agar lebih aman bagi ibu hamil. Cukup dengan menggunakan produk ini, perut Anda telah terlindungi tanpa harus merasa repot.

Tambahan lagi, korset produksi Mooimom ini terbuat dari bahan katun yang lembut dan berpori-pori sehingga terasa lebih adem dan nyaman. Korset ini cocok digunakan ketika cuaca sedang panas. Meskipun hanya memiliki satu ukuran, produk ini terbuat dari bahan yang sangat elastis sehingga dapat digunakan oleh ibu hamil dengan beragam ukuran. Anda tidak perlu bingung lagi dalam menentukan ukuran yang pas.

6. Celana Dalam Hamil Penyangga Perut

6. Celana Dalam Hamil Penyangga Perut

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Pemakaian lebih mudah berkat kancing di bagian samping

Tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan perut yang membesar membuat ruang gerak ibu hamil menjadi lebih terbatas. Untuk itu, akan sangat membantu jika Anda memilih produk yang mudah dipakai. Korset hamil yang digabungkan dengan celana dalam ini dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan adanya kancing di bagian samping. Kancing tersebut dapat Anda atur dan sesuaikan dengan ukuran perut Anda.

Untuk menambah keamanan dan kenyamanan ibu hamil, terdapat kain penyangga di bagian bawah perut. Kain tersebut akan membantu menopang perut Anda. Material yang digunakan dalam membuat produk ini adalah kombinasi antara spandeks dengan katun. Kombinasi keduanya menjadikan produk ini lentur dan elastis, tetapi tetap sejuk dan dapat menyerap keringat.

5. Carriwell Maternity Support Band

5. Carriwell Maternity Support Band

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 249.000

Dengan detail jahitan yang akan membuat punggung dan perut Anda terasa lebih nyaman

Rasa pegal di punggung pada saat hamil dapat mengganggu aktivitas harian ibu hamil. Namun, jika Anda menggunakan produk ini, hal tersebut dapat teratasi. Korset produksi Carriwell ini memiliki detail jahitan yang dapat membantu mengurangi rasa pegal di punggung dan panggul. Terdapat lipatan-lipatan kecil yang akan turut membantu menopang perut sehingga tidak terlalu membebani panggul dan punggung Anda.

Penampilan Anda juga akan terlihat lebih menarik karena korset ini terbuat dari material yang halus dan tipis. Dengan demikian, pakaian Anda tidak akan terlihat tebal berlapis-lapis. Meskipun tipis, produk ini tetap memiliki daya regang yang baik sehingga dapat digunakan untuk berbagai ukuran perut. Perut Anda akan ditopang dengan aman tanpa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas.

4. Belly Bandit® Flawless Belly™

4. Belly Bandit® Flawless Belly™

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 629.300

Membantu penyerapan krim pencegah stretch mark di perut

Banyak ibu hamil yang menggunakan krim pencegah stretch mark demi menjaga kehalusan dan keindahan kulit perut. Oleh karena itulah produk ini dilengkapi dengan teknologi WonderWeavematerial. Teknologi tersebut bermanfaat untuk menjaga krim yang Anda oleskan di perut agar dapat terserap baik. Selain itu, punggung korset ini dijahit berlipat agar dapat menopang beban dari perut sehingga Anda tidak merasa pegal.

Desain korset yang panjang dapat Anda manfaatkan sebagai kain tambahan jika baju Anda mulai terasa pendek akibat perut yang membesar. Flawless Belly juga memiliki daya lentur yang baik sehingga tidak akan terasa sesak saat digunakan. Pascamelahirkan, korset ini dapat tetap digunakan untuk menutupi perut bawah Anda saat menyusui di tempat umum. Produk ini dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

3. Mooimom Maternity Belt/Sabuk Penyangga Perut Hamil

3. Mooimom Maternity Belt/Sabuk Penyangga Perut Hamil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 290.000

Kehamilan membuat Anda bolak-balik buang air kecil? Atasi dengan korset ini

Salah satu hal yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal tersebut tentu dapat menghambat aktivitas sehari-hari, terlebih jika Anda bekerja di kantor. Produk ini dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut. Korset hamil ini dapat membantu mengurangi rasa ingin buang air kecil pada ibu hamil sehingga dapat beraktivitas dengan lancar.

Risiko kemunculan stretch mark pun dapat ditekan oleh korset ini. Jadi, Anda dapat tetap memiliki perut yang mulus usai melahirkan. Keunggulan lain dari produk ini adalah adanya dua perekat tambahan yang berfungsi untuk mengunci korset supaya posisinya akan selalu tepat dan sesuai. Dengan demikian, korset berbahan poliester dan spandeks ini akan selalu nyaman dipakai dan tidak mudah tergulung ke atas.

2. Belly Bandit® 2-in-1 Bandit™

2. Belly Bandit® 2-in-1 Bandit™

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 629.300

Mampu menjaga postur tubuh yang tepat ketika hamil dan pascamelahirkan

Produk ini disarankan bagi Anda yang mencari korset untuk pemakaian jangka panjang. Korset ini akan membantu membatasi gerak sendi panggul dan mengurangi tekanan di area punggung. Hal tersebut akan mengurangi rasa tidak nyaman juga kesalahan postur tubuh yang kerap terjadi saat hamil. Bukan hanya itu, korset ini juga mampu mengurangi tekanan pada kandung kemih agar Anda tidak sering merasa ingin buang air kecil.

Sesudah melahirkan, korset yang dapat dipakai dengan tiga cara ini akan sangat membantu mengembalikan posisi sendi panggul sehingga dapat kembali seperti sebelum hamil. Anda dapat kembali memiliki lekuk tubuh yang indah pascamelahirkan. Didukung dengan material yang tipis, korset ini semakin terasa nyaman untuk dipakai, bahkan untuk mendukung kegiatan berolahraga ringan.

1. Belly Bandit® Upsie Belly®

1. Belly Bandit® Upsie Belly®

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 874.300

Hot/cold therapy gel di dalamnya akan mengurangi rasa pegal di punggung

Korset hamil ini memiliki berbagai aspek yang menjaga tubuh Anda senantiasa nyaman. Bagian belakangnya dilengkapi dengan hot/cold therapy gel yang sangat memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa pegal di punggung. Selain itu, produknya dirancang agar dapat secara merata mendistribusikan beban yang harus ditopang perut. Hal tersebut akan mengurangi rasa pegal dan membantu tubuh memiliki postur yang ideal ketika hamil.

Sementara itu, teknologi Secure Stretch™ membuat korset cukup lentur sehingga dapat berlekuk sesuai dengan gerakan tubuh. Dengan demikian, korset akan selalu menempel dengan pas di tubuh Anda. Bahan baku pembuat korset ini juga aman bagi tubuh karena mengandung serat bambu yang lembut, tetapi kuat. Rasa tidak nyaman yang diakibatkan karena kehamilan akan sangat berkurang jika Anda menggunakan produk ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi korset hamil, bahkan termasuk korset yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembalikan bentuk panggul setelah melahirkan. Sebenarnya, Anda tidak harus menggunakan korset hamil setiap hari, tergantung pada kebutuhan Anda. Anda dapat memakainya pada saat membutuhkan bantuan penyangga perut atau sedang merasa kedinginan di bagian perut.

Oleh karena beragamnya kebutuhan setiap orang, Anda sebaiknya terlebih dahulu mengetahui jenis korset yang nyaman bagi diri sendiri. Setelah itu, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!