1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Pakaian ibu hamil
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Korset hamil berguna untuk menopang perut yang mulai membesar dan menjaganya tetap hangat. Setelah melewati masa morning sickness pada trimester pertama, aktivitas ibu hamil akan kembali seperti sediakala. Penggunaan sabuk hamil ini akan sangat membantu ibu hamil dalam beraktivitas. 

Beragamnya jenis korset yang ada di pasaran mungkin membuat Anda sulita menentukan pilihan. Kali ini, kami akan memberitahukan cara memilih korset hamil terbaik untuk Anda. Kami juga menyediakan rekomendasi merek maternity belt yang bagus dari Mooimom, Belly Bandit, Sorex, dan sebagainya. Silakan baca ulasannya sampai habis.
Diperbaharui 04-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat korset hamil

Manfaat korset hamil

Makin tua masa kehamilan, perut Anda akan makin membesar. Akibatnya, Anda mungkin merasakan sakit dan pegal di area tertentu, seperti bahu, pinggang, serta punggung. Selain itu, postur tubuh ibu hamil juga bisa jadi memburuk. Korset hamil memiliki manfaat untuk mengurangi beban pada perut ibu hamil dan menjaga postur tubuh


Korset ini juga berfungsi menjaga perut tetap hangat sehingga Anda tidak mudah masuk angin. Korset hamil sebaiknya mulai digunakan saat memasuki trimester ke-2 atau bulan ke-5 kehamilan. Meski begitu, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Bila perut Anda sudah makin besar dan merasakan gejala pegal-pegal, seperti contoh di atas, mulailah gunakan korset ini.

Cara memilih korset hamil

Sebelum memberikan rekomendasi produknya, kami akan membahas tentang cara memilih korset hamil terbaik bagi Anda. Simak poin-poin di bawah ini dengan baik, ya!

① Pilih korset hamil berdasarkan tipenya

Terdapat beragam tipe korset hamil dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Akan lebih baik jika Anda memahami karakteristik dari tiap tipe korset sebelum memilih. Untuk itu, kami akan mengulas masing-masing tipe dan karakteristiknya di bawah ini.

Tipe stagen: Dapat dililit sesuai dengan bentuk tubuh

Tipe stagen: Dapat dililit sesuai dengan bentuk tubuh
Sumber: shopee.co.id

Stagen atau bengkung adalah tipe korset tradisional berbentuk kain panjang yang dipakai dengan cara dililitkan ke perut. Korset ini memang lebih sering digunakan saat akan memakai kebaya. Namun, Anda juga bisa menggunakannya saat sedang hamil. Korset ini juga bisa digunakan setelah melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda.


Pemakaian dengan cara dililit memudahkan Anda untuk menyesuaikan bentuk korset dengan lekukan tubuh tanpa dipengaruhi oleh ukuran perut. Bagi beberapa orang, pemakaian stagen dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena lapisan kain dirasakan terlalu tebal. Meski begitu, Anda dapat mengatasinya dengan memilih stagen yang relatif pendek sehingga tak perlu banyak lilitan.

Tipe ikat pinggang: Menopang perut dari bagian bawah

Tipe ikat pinggang: Menopang perut dari bagian bawah

Korset ikat pinggang atau maternity belt bekerja menopang perut dari bagian bawah. Tipe korset ini dapat mencegah sekaligus meringankan sakit punggung. Keunggulan dari korset ini ialah adanya perekat yang memudahkannya untuk dipakai serta dilepaskan. Tipe ini ideal untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memakai korset atau tidak bisa memakai stagen.


Karena tidak menutupi semua bagian perut, korset ini nyaman digunakan dan membuat Anda mudah bergerak. Untuk menghindari iritasi kulit, Anda dapat memakainya bersama korset tabung. Beberapa korset tipe ini bahkan dirancang agar dapat memperbaiki bentuk panggul yang berubah setelah melahirkan.

Tipe tabung: Nyaman dan mudah dipakai

Korset tabung (tube) jauh lebih mudah dipakai dan dilepaskan dibandingkan tipe stagen. Apabila posisi korset mulai bergeser, Anda dapat memperbaikinya secara mudah dengan menariknya. Korset ini melindungi seluruh permukaan perut dengan bahan yang kukuh dan cocok dipakai untuk menangkal dingin


Korset hamil tipe tabung juga tidak terlalu ketat sehingga nyaman dipakai bahkan saat Anda tidur. Kelemahannya, ukuran korset ini tidak dapat disesuaikan sehingga Anda harus memilih produk dengan ukuran yang tepat. Anda juga mungkin merasa tidak nyaman karena bahan yang digunakan cenderung kaku.

Tipe celana: Tidak mudah melorot

Tipe celana: Tidak mudah melorot
Sesuai namanya, korset ini digunakan layaknya Anda memakai celana. Dengan begitu korset celana dapat membungkus seluruh area perut sebagaimana tipe tabung. Korset ini juga tidak mudah melorot dan Anda bisa bebas bergerak saat memakainya. Selain menopang perut, korset celana dapat mengurangi lelah pada area bokong.

Beberapa produk dari tipe ini juga dilengkapi dengan alat pengencang di bagian samping yang dapat diatur sesuai ukuran perut. Namun, harap diperhatikan bahwa korset ini juga menekan bagian pangkal paha yang bisa menyebabkan aliran darah terganggu. Demi keamanan, sebaiknya gunakan korset celana hamil ketika Anda beraktivitas di luar rumah saja.

② Periksa ukuran korsetnya

Periksa ukuran korsetnya

Hal selanjutnya yang dapat menentukan kenyamanan serta keefektifan dari korset hamil adalah ukurannya. Terkait hal ini, direkomendasikan untuk memilih ukuran korset yang sama dengan lingkar perut Anda. Meski begitu, Anda dapat memilih korset yang ukurannya sedikit lebih besar jika berada di masa awal kehamilan. Korset dengan ukuran yang tepat juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri punggung.


Sebagai catatan, cara mengukur panjang korset yang tepat dapat berbeda tergantung tipe korsetnya. Agar Anda tidak bingung, simak penjelasan singkat berikut ini.


  • Korset tabung: Ukuran lingkar perut yang ada di area pinggul.
  • Korset ikat pinggang: Ukuran lingkar perut yang ada di antara pinggul dan pinggang, yakni di bagian bawah perut.
  • Korset celana: Jenis korset ini bersifat sangat elastis sehingga Anda bisa memilih sesuai ukuran pakaian yang biasa dipakai.
  • Stagen atau bengkung: Bebas pilih ukuran sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda.

③ Ketahui keunggulan lainnya

Ketahui keunggulan lainnya

Selain menopang perut yang membesar, beberapa produk korset hamil berkualitas juga dilengkapi keunggulan lain. Jika Anda memiliki masalah tertentu, carilah korset yang dapat mengatasi atau mengurangi gejalanya. Sebagai contoh, ada korset yang dilengkapi gel yang dapat meredakan nyeri di bagian punggung.


Lalu, ada juga produk 2-in-1 yang bisa Anda gunakan selama hamil hingga setelah melahirkan. Di samping itu, terdapat pula berbagai keunggulan lainnya, seperti untuk melancarkan peredaran darah, menghalau gelombang radiasi, dan mencegah stretch marks

10 Rekomendasi korset hamil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk korset hamil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sorex

Maternity Corset Support Belt Corset Hamil

Sorex Maternity Corset Support Belt Corset Hamil  1枚目

Dapat menahan goncangan, ideal dipakai saat bepergian

2

Mama's Choice

Pregnancy Belt

Mama's Choice Pregnancy Belt 1枚目

Bantu mempertahankan postur tubuh seiring bertambahnya usia kehamilan

3

Wimiu

Maternity Belt Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil

Wimiu Maternity Belt Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil 1枚目

Bebas pegal-pegal dengan korset yang mampu menahan beban dua kali lebih efektif

4

Scelta

Maternity Belt Corset Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil Korset

Scelta Maternity Belt Corset Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil Korset  1枚目

Tidak mudah lepas berkat empat perekat velcro yang kuat

5

Solania

Stagen Lilit

Solania Stagen Lilit 1枚目

Korset hamil model stagen yang cocok untuk wanita hamil trimester pertama

6

Mooimom

Korset Hamil - Bamboo Maternity Support Belt Sabuk Penyangga Perut Hamil

Mooimom Korset Hamil - Bamboo Maternity Support Belt Sabuk Penyangga Perut Hamil 1枚目

Teknologi Far-Infrared yang mampu lancarkan peredaran darah

7

Lydyly

Legging Hamil

Lydyly Legging Hamil 1枚目

Korset celana yang mampu buat tubuh tampak lebih ramping

8

Cipta Baru Bratama

Tally Korset Penyangga Perut

Cipta Baru Bratama Tally Korset Penyangga Perut 1枚目

Bahan lembut, nyaman, dan tidak gatal untuk kulit sensitif

9

Belly Bandit

Belly Boost™ Pregnancy Support Wrap

Belly Bandit Belly Boost™ Pregnancy Support Wrap 1枚目

Bahan WonderWeave™ yang bantu kurangi stretch marks dan menenangkan kulit

10

BENTE by Mutter

Korset Anti Radiasi Belly Protector

BENTE by Mutter Korset Anti Radiasi Belly Protector 1枚目

Janin makin aman dengan korset antiradiasi

Perincian produk
Close
No.1

SorexMaternity Corset Support Belt Corset Hamil 4427

Mulai dari Rp63.000,00

Dapat menahan goncangan, ideal dipakai saat bepergian

Sorex Maternity Corset Support Belt dapat menahan goncangan saat Anda melakukan aktivitas. Korset hamil ini akan berguna terutama saat Anda menaiki kendaraan bermotor, pesawat, bus, dan sebagainya. Produk ini ideal untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi saat hamil.


Bahannya halus dan mampu menyerap keringat dengan mudah. Tekanan pada pinggang Anda juga akan berkurang. Jadi, Anda bisa lebih nyaman saat beraktivitas. Tak hanya saat bepergian, produk ini juga cocok Anda gunakan saat beraktivitas di dalam ruangan.

No.2

Mama's ChoicePregnancy Belt

Mulai dari Rp279.000,00

Bantu mempertahankan postur tubuh seiring bertambahnya usia kehamilan

Seiring bertambahnya usia kehamilan, postur tubuh Anda akan mengalami perubahan. Sebagai contoh, tubuh Anda akan makin condong ke belakang karena menahan beban perut yang makin membesar. Lambat laun, hal tersebut dapat membuat Anda sering mengalami pegal-pegal pada area punggung. 


Untuk itu, Mama's Choice memiliki produk yang dapat membantu Anda menangani masalah ini. Pregnancy Belt ini diklaim mampu mempertahankan postur tubuh ibu hamil dan mengurangi rasa nyeri dibagian punggung. Dengan menggunakan produk ini, diharapkan tubuh Anda akan kembali ke bentuk sediakala.

No.3

WimiuMaternity Belt Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil0910

Mulai dari Rp299.000,00

Bebas pegal-pegal dengan korset yang mampu menahan beban dua kali lebih efektif

Bagi Anda yang mulai terbebani oleh perut yang kian membesar, gunakanlah maternity belt dari Wimiu ini. Produk ini didesain dengan tali belakang yang menyilang. Berkat hal tersebut, korset ini dua kali lebih efektif menahan beban di area perut dan pinggang. 


Anda pun bisa terbebas dari tubuh pegal-pegal akibat beban perut yang berat. Korset penyangga kehamilan ini juga mampu melindungi dan menjaga kenyamanan posisi janin dari sudut 360 derajat.

No.4

SceltaMaternity Belt Corset Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil Korset SCE 343

Mulai dari Rp65.000,00

Tidak mudah lepas berkat empat perekat velcro yang kuat

Beberapa korset tipe ikat pinggang memiliki kelemahan, yakni perekatnya mudah lepas. Jika Anda pernah mengalaminya, berpindahlah pada produk yang dirancang oleh Scelta ini. Korset hamil ini dibekali empat perekat velcro superkuat yang menjaganya tetap kencang dan tidak mudah lepas. Anda bisa aktif bergerak tanpa khawatir tali perekatnya lepas dan mengganggu aktivitas Anda.

No.5

Korset hamil model stagen yang cocok untuk wanita hamil trimester pertama

Stagen Lilit Solania ini bisa digunakan untuk mengecilkan perut setelah Anda melahirkan. Namun, produk ini juga dapat digunakan oleh ibu hamil yang memasuki trimester pertama kehamilan. Panjangnya yang hanya 4 meter membuat Anda tak perlu melilitnya berkali-kali.


Anda pun tidak akan merasakan korset yang tebal dan mengganggu penampilan. Meski begitu, hindari memakainya terlalu kencang karena khawatir mengganggu kesehatan janin Anda.

No.6

MooimomKorset Hamil - Bamboo Maternity Support Belt Sabuk Penyangga Perut HamilC98803Z

Mulai dari Rp499.000,00

Teknologi Far-Infrared yang mampu lancarkan peredaran darah

Jarang bergerak dapat membuat peredaran darah Anda menjadi kurang lancar. Hal itu bisa memicu tubuh mudah terserang penyakit serta terjadinya pembengkakan di bagian tertentu. Kabar baiknya, korset hamil Mooimom ini dilengkapi teknologi Far-Infrared yang mampu melancarkan peredaran darah.


Produk ini juga terbuat dari kain serat bambu yang dipercaya efektif mencegah timbulnya bau dan bakteri. Jika Anda mudah berkeringat, jangan ragu untuk menjatuhkan pilihan pada maternity belt ini. Produk ini juga bersifat 2-in-1, dapat digunakan mulai dari awal kehamilan hingga setelah melahirkan.

No.7

LydylyLegging HamilCR LH321

Mulai dari Rp85.000,00

Korset celana yang mampu buat tubuh tampak lebih ramping

Legging Hamil Lydyly ini hadir dalam enam pilihan warna yang akan membuat penampilan Anda makin stylish. Celana yang didesain model slim ini juga dapat menciptakan ilusi kaki yang jenjang dan tubuh lebih ramping. 


Bahannya yang lembut dan tebal mampu menopang perut Anda dengan baik. Meski begitu, celananya tetap terasa sejuk saat digunakan. Jika Anda mencari korset hamil yang praktis, fungsional, sekaligus stylish, produk inilah jawabannya!

No.8

Cipta Baru BratamaTally Korset Penyangga PerutSTA 589

Mulai dari Rp85.000,00

Bahan lembut, nyaman, dan tidak gatal untuk kulit sensitif

Korset ini memiliki ukuran lebih lebar dibandingkan korset hamil tipe serupa. Bisa dikatakan korset ini juga merupakan korset hamil tipe semi tabung. Dengan menggunakan korset ini, setengah bagian dari perut Anda akan tertutupi. 


Untuk durasi penggunaan dalam waktu lama, korset ini juga sangat nyaman. Bahannya lembut dan tidak akan menyebabkan gatal pada area yang tertutupi. Anda yang memiliki kulit sensitif patut mempertimbangkan produk yang satu ini.

No.9

Belly BanditBelly Boost™ Pregnancy Support Wrap

Mulai dari Rp399.900,00

Bahan WonderWeave™ yang bantu kurangi stretch marks dan menenangkan kulit

Supaya tidak terjadi stretch marks pada perut, banyak ibu hamil yang mengoleskan krim khusus pada perutnya. Ketika sedang menggunakan korset, terkadang krim malah menempel pada korset. Untuk pengguna krim khusus yang perlu dioleskan ke perut, kami merekomendasikan Anda memilih produk ini. 


Terbuat dari bahan WonderWeave™, korset ini menjaga krim yang dioleskan di perut agar terserap baik oleh kulit. Bahan tersebut juga dapat menenangkan kulit  kering dan gatal yang sering dialami oleh ibu hamil. Baiknya lagi, korset hamil ini terbuat dari bahan yang elastis dan akan mengikuti perkembangan kehamilan Anda.

No.10

BENTE by MutterKorset Anti Radiasi Belly Protector

Mulai dari Rp750.000,00

Janin makin aman dengan korset antiradiasi

Untuk para working mom yang masih harus terus bekerja saat hamil, korset berikut ini adalah pilihan tepat. Produk ini dibuat menggunakan bahan yang mampu melindungi perut dan janin Anda dari radiasi gelombang elektromagnetik. 


Anda pun bisa bekerja menggunakan ponsel, laptop, serta komputer dengan aman dan nyaman. Menariknya lagi, produk ini juga dilengkapi tali adjustable yang membuatnya bisa disesuaikan dengan ukuran perut Anda.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan ibu hamil lainnya di sini

Selain korset, kami juga menyediakan rekomendasi dan review produk perlengkapan ibu hamil lainnya. Melalui tautan di bawah ini, Anda bisa menemukan produk ibu hamil, seperti leggings, piyama, serta bra. Pastikan Anda memilih produk yang tepat supaya masa kehamilan Anda makin menyenangkan.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dan rekomendasi produk dari kami, semoga Anda bisa menemukan korset hamil yang sesuai. Sebenarnya, korset hamil bukanlah barang wajib yang harus Anda gunakan saat hamil.

Namun, jika Anda sering mengalami nyeri atau pegal pada bagian bahu, pinggul, dan paha, Anda sebaiknya menggunakan korset hamil. Dengan korset hamil, perut Anda juga bisa mendapatkan kehangatan. Carilah korset hamil yang cocok dan nikmati masa kehamilan Anda dengan lebih nyaman.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer