10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Baby car seat diperlukan ketika mengajak buah hati Anda yang berusia 0 hingga sekitar 1 tahun untuk bepergian dengan mobil. Namun, dengan begitu banyaknya variasi dari berbagai merk, seperti Cocolatte, Nuna, Maxi-Cosi, dan sebagainya, mungkin Anda akan kesulitan untuk menentukan pilihan.

Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih baby car seat sekaligus merekomendasikan produk yang bagus untuk buah hati Anda. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi untuk memilih baby car seat yang nyaman untuk bayi Anda.

Daftar isi

Cara memilih baby car seat

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih baby car seat. Namun, sebelum itu, perhatikan hal-hal berikut demi menjaga keselamatan dan kenyamanan bayi Anda yang berusia 0 hingga sekitar 1 tahun ketika berkendara dengan mobil.

Pilihlah produk yang berstandar keamanan

Jika Anda hendak memilih sebuah baby car seat untuk bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar 1 tahun, hal yang terpenting adalah keamanan produk tersebut untuk si bayi. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan hal-hal berikut ini!

Standar keamanan Eropa dengan tanda “E” pada label

Standar keamanan Eropa dengan tanda "E" pada label

Salah satu standar keamanan yang telah diakui oleh negara-negara di dunia untuk baby car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan Eropa ditandai dengan tanda huruf “E” pada label baby car seat tersebut. Ada juga standar yang lain, seperti ECE R44/04 dari Eropa dan FMVSS (Federal Motor Vehicle Safety Standards) No. 213 dari Amerika Serikat, tetapi produk berstandar FMVSS lebih jarang ditemukan di Indonesia.

Bila hendak membeli baby car seat, sebisa mungkin pastikan bahwa produk tersebut telah memiliki salah satu standar di atas.

Periksa kembali faktor keamanannya walau telah memenuhi standar keamanan

Periksa kembali faktor keamanannya walau telah memenuhi standar keamanan

Baby car seat yang telah dilengkapi label “E” atau standar keamanan lainnya memang terjamin kualitasnya, tetapi performa dari tiap produsen memiliki hasil yang cukup bervariasi.

Sebagian baby car seat memiliki perlindungan yang dapat menahan efek kejut dari samping. Ada pula yang telah dirancang untuk melindungi kepala sang bayi dengan bantalan peredam guncangan pada bagian sandaran kepala. Karena itu, periksalah dengan cermat mengenai adanya fungsi tersebut ketika Anda memilih baby car seat untuk bayi.

Pilihlah metode pemasangan baby car seat yang menunjang keamanan

Pilihlah metode pemasangan baby car seat yang menunjang keamanan

Berdasarkan pemasangannya, baby car seat dapat dibagi menjadi 3 tipe. Tipe pertama adalah produk yang dapat dengan mudah dipasangkan dengan bantuan sabuk pengaman. Tipe kedua adalah produk yang dipasangkan menggunakan konektor dengan memasukkannya ke sebuah logam khusus yang disebut ISOFIX. Lalu, tipe ketiga adalah produk yang dipasangkan langsung pada ISOFIX.

Memasangkan baby car seat dengan sabuk pengaman ternyata cukup sulit, bahkan dilaporkan bahwa 55% di antara pengguna memasangnya secara tidak tepat. Jika Anda berencana membeli baby car seat, akan lebih aman jika Anda memilih baby car seat yang dilengkapi ISOFIX.

Walau demikian, ISOFIX tidak dapat dipasang jika mobil yang Anda gunakan tidak menunjang penggunaan ISOFIX. Sebagian besar seri mobil terbaru biasanya telah dilengkapi fitur ini, tetapi ada baiknya Anda memeriksanya kembali.

Pilihlah tipe baby car seat sesuai dengan kebutuhan

Berdasarkan penggunaannya, baby car seat terbagi dalam 2 tipe, yaitu produk yang khusus untuk dipasangkan di mobil dan produk yang juga dapat dipasangkan ke kereta dorong bayi (travel system). Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe baby car seat tersebut. Untuk itu, pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe khusus untuk di mobil yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama

Tipe khusus untuk di mobil yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama

Baby car seat yang khusus digunakan untuk di mobil saja biasanya lebih praktis karena selalu dalam kondisi terpasang di mobil. Sekali terpasang dengan baik, kemungkinan salah pasang selanjutnya yang dikarenakan sabuk pengaman terlalu kencang atau longgar akan berkurang.

Sebagai tambahan, banyak kursi yang mempunyai dua fungsi untuk bayi dan anak-anak dengan menyesuaikan arah hadap kursi, kemiringan, dan ukurannya. Ketika bayi Anda bertumbuh besar, Anda cukup memutar arah, kemiringan, dan menyesuaikan ukurannya dengan tubuh buah hati Anda. Secara umum, banyak produk yang dapat digunakan untuk anak berusia 0-4 tahun. Jadi, kursi bayi ini cocok bagi Anda yang berencana membelinya untuk jangka waktu lama.

Tipe travel system yang praktis dan mudah digunakan

Tipe travel system yang praktis dan mudah digunakan

Ketika berkendara dengan bayi, umumnya mereka tertidur di tengah perjalanan. Anda pun tentunya tidak ingin bayi Anda terbangun atau harus sengaja membangunkannya ketika Anda memindahkannya dari mobil setiba di tempat tujuan. Hal ini bisa merusak suasana hati bayi dan membuatnya rewel.

Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan baby car seat dengan travel system. Tipe ini dapat digunakan sebagai baby car seat sekaligus baby seat pada kereta dorong bayi. Dengan begitu, Anda dapat memindahkan baby car seat sekaligus dengan bayi Anda untuk langsung ditempatkan di kereta dorong. Anda pun dapat menggunakannya sebagai buaian atau ranjang sementara ketika hanya digunakan di dalam rumah.

Namun, baby car seat seperti ini hanya bisa digunakan untuk jangka waktu pendek, yaitu sekitar satu setengah tahun atau mungkin hanya dalam beberapa bulan karena bayi akan bertumbuh besar. Jika Anda berencana membeli baby car seat dengan travel system, pastikan Anda membeli kursi mobil untuk anak setelahnya.

Pastikan baby car seat dapat dipasang dengan baik di dalam mobil

Pastikan baby car seat dapat dipasang dengan baik di dalam mobil

Walau baby car seat dapat digunakan hampir di semua jenis mobil, tidak ada salahnya memeriksa kembali kesesuaian baby car seat yang hendak Anda beli dengan mobil Anda. Umumnya baby car seat cocok digunakan dengan sabuk pengaman 3 titik. Namun, sebagian produk mungkin tidak dapat dipasangkan dengan sabuk 2 titik yang biasa terpasang di kursi belakang bagian tengah.

Selain itu, ada pula baby car seat yang hanya dapat dipasang dengan menggunakan ISOFIX atau telah dirancang khusus untuk dapat diletakkan begitu saja di dalam mobil Anda. Hal ini mengakibatkan terbatasnya pilihan baby car seat yang cocok dengan model mobil Anda. Jadi, periksalah dengan cermat sebelum Anda membelinya.

10 Rekomendasi baby car seat

Setelah mengetahui cara memilih baby car seat, saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi baby car seat terbaik. Semoga Anda dapat menemukan produk yang paling cocok untuk buah hati Anda!

10. Babydoes Car Seat CH426

10. Babydoes Car Seat CH426

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 469.900

Ukurannya lebar, buah hati berbadan montok pun tetap bebas bergerak

Memiliki buah hati yang gemuk tentu seringkali membuat Anda gemas dengan pipi, tangan, dan kakinya yang chubby. Namun, dengan ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan bayi seumurannya, Anda mungkin kesulitan dalam menemukan barang-barang berukuran cocok serta tidak membuat bayi Anda merasa terbatasi.

Karena itu, produk yang dapat dipasang dengan seat belt ini cocok bagi Anda yang memiliki buah hati bertubuh montok dengan ukurannya yang cukup lebar, yaitu 46 cm. Bayi Anda pun bisa tidur dengan lebih nyaman dalam perjalanan. Anda juga tidak perlu khawatir ia kepanasan karena produk tipe travel system ini dilengkapi kanopi.

9. Cocolatte CS 888 E

9. Cocolatte CS 888 E

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.400.000

Kenyamanan berbaring dan berkendara yang lebih untuk si kecil

Produk yang dilengkapi pengaturan untuk 3 posisi penyesuaian untuk berbaring dan 5 point safety harness ini cocok bagi Anda yang ingin memberikan kenyamanan lebih untuk buah hati Anda selama perjalanan. Produk ini juga dapat digunakan mulai dari newborn baby hingga bobotnya mencapai 25 kg atau sekitar usia 3 tahun.

Selain itu, produk yang telah memenuhi standar ECE R44/04 ini juga memiliki desain ergonomis yang nyaman untuk buah hati Anda. Produk tipe khusus di mobil ini pun tersedia dalam berbagai varian warna yang netral yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Produk ini juga cukup praktis karena mudah dipasangkan dengan seat belt.

8. Joie Meet Every Stage™ FX

8. Joie Meet Every Stage™ FX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.515.000

Dapat digunakan oleh newborn baby hingga anak-anak!

Bagi Anda yang sedang mencari poduk baby car seat yang dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama dan terjamin aman, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Produk tipe khusus di mobil yang telah memiliki standar ECE R44 ini dapat digunakan dengan 6 posisi duduk yang berbeda serta 10 posisi ketinggian headrest.

Pada setiap pengaturan ketinggian, bagian sayap sampingnya akan otomatis menyesuaikan sehingga tetap nyaman digunakan seiring pertumbuhan anak Anda dari lahir sampai umur 12 tahun. Dengan produk ini, Anda tidak perlu membeli kursi baru hingga beberapa tahun ke depan. Selain itu, produk ini dapat dipasang menggunakan seat belt. Praktis!

7. Sparco Baby Car Seat

7. Sparco Baby Car Seat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.761.200

Interior mobil semakin keren dengan baby car seat yang sporty

Bagi Anda yang menyukai gaya sporty, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan dominasi warna hitam dan aksen biru muda, kursi ini memberikan tampilan yang segar. Produk tipe travel system ini pun nyaman digunakan oleh bayi Anda karena dilengkapi pad busa lembut dan shoulder strap-nya yang didesain mengikuti bentuk tubuh si kecil.

Baby car seat ini pun dilengkapi kanopi yang mudah dibuka-tutup untuk melindungi bayi Anda dari terik matahari. Dengan pegangan yang kokoh, Anda akan lebih mudah untuk memindahkan bayi Anda. Produk dengan standar ECE R44/04 ini pun dapat dipasangkan dengan ISOFIX. Selamat menikmati perjalanan yang aman dan menyenangkan bersama bayi Anda!

6. Joie Meet Gemm™

6. Joie Meet Gemm™

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.180.900

Teman setia yang antirepot untuk setiap perjalanan Anda

Bagi Anda yang sering bepergian, kini Anda tidak perlu repot lagi untuk mengajak buah hati Anda turut dalam perjalanan dengan produk ini. Joie Meet Gemm memiliki desain yang minimalis dan ringkas.  Bentuknya yang kokoh, akan aman menjadi teman setia dalam perjalanan Anda dengan buah hati Anda yang baru lahir hingga bobotnya mencapai 13 kg.

Dengan berat 3 kg, produk tipe travel system ini mudah dipindahkan ke kereta dorong yang sesuai dengan produk ini. Ukurannya 44 x 36  x 69 cm, produk ini cukup pas digunakan hampir di semua jenis mobil termasuk city car. Kursi dengan standar ECE R44/04 ini pun dapat dipasangkan dengan seat belt yang ada atau Joie ClickFIT base.

5. Graco Contender 65

5. Graco Contender 65

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.795.000

Dengan cup holders, botol minum bayi Anda tetap dalam jangkauan

Buah hati Anda sering merasa haus di perjalanan? Jika demikian, produk yang dilengkapi cup holders ini cocok untuknya. Dengan cup holders di bagian tangan kanan, anak Anda akan mudah mengambil botol minumnya sendiri dikala haus. Produk ini pun dapat dirubah untuk 2 posisi berbaring dan 8 posisi tambahan kepala untuk anak diatas 2 tahun.

Dengan warna abunya ini, produk tipe khusus untuk di mobil ini pun tidak mudah terlihat kotor. Produk ini pun dapat digunakan untuk bayi baru lahir sampai umur 3 tahun. Produk yang telah lolos standar keamanan FMVSS ini juga dapat dipasang dengan mudah menggunakan seat belt dan lebih fleksibel karena dapat digunakan hampir di semua jenis mobil.

4. Nuna Pipa Lite with Base Fog Car Seat

4. Nuna Pipa Lite with Base Fog Car Seat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.999.888

Paling ringan di kelasnya, lengkap dengan perlindungan sempurna

Dengan berat 2,3 kg ketika kanopi dan insert belum terpasang, produk dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki baby car seat dengan mobilitas yang tidak menyusahkan. Produk tipe travel system ini diklaim merupakan baby car seat paling ringan di kelasnya yang dapat digunakan untuk newborn baby hingga bayi mencapai bobot 13 kg.

Anda pun dapat dengan mudah memindahkan bayi Anda dan produk ini hanya menggunakan satu tangan saja. Selain itu, bayi Anda juga aman terlindung dari sengatan matahari karena produk ini dilengkapi kanopi berlapisan UPF (ultraviolet protection factor) 50+. Produk berstandar FMVSS inipun mudah dipasangkan dengan seat belt atau ISOFIX base.

3. Aprica Fladea Grow HiDX

3. Aprica Fladea Grow HiDX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500.000

Dengan kemiringan hingga 170º, bayi dapat tidur dengan lebih nyaman

Umumnya, baby car seat didesain dengan mengutamakan keamanan saja. Namun, tidak demikian dengan produk berikut. Newborn baby Anda dipastikan dapat berbaring dengan nyaman seperti saat berbaring di ranjangnya sendiri karena produk ini dapat diatur kemiringannya hingga 170º. Bayi Anda pun dapat berbaring dengan posisinya yang alami.

Apabila hawa sedang panas dan bayi Anda mudah berkeringat, produk tipe travel system ini dapat membantu Anda. Produk ini dilengkapi thermo medical system yang dapat digunakan untuk mengatur suhu kursi sehingga tetap sejuk dan kering. Produk yang dapat dipasangkan dengan ISOFIX ini juga didukung oleh standar keamanan ECE R44/04.

2. Britax Römer First Class Plus

2. Britax Römer First Class Plus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 4.000.000

Harness system dengan bunyi “klik” saat terpasang benar

Bila Anda sering merasa ragu mengenai pemasangan sabuk pengaman pada anak Anda, produk tipe khusus untuk di mobil ini dapat menjadi solusi yang tepat. Dengan harness system yang akan berbunyi “klik” pada saat strapnya sudah terpasang pada posisi yang pas, Anda dapat memastikan anak Anda sudah terlindungi dengan sempurna.

Cover produk ini telah dirancang dengan bahan berkualitas, mudah dibongkar-pasang, dan dapat dicuci dengan mesin cuci pada suhu 30ºC. Dengan standar keamanan ECE R44/04, produk ini pun dapat dipasangkan dengan seat belt yang terdapat pada mobil Anda. Sebuah pilihan tepat untuk keamanan dan kenyamanan buah hati Anda.

1. Maxi-Cosi CabrioFix Safe Comfortable Infant Carrier

1. Maxi-Cosi CabrioFix Safe Comfortable Infant Carrier

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.999.000

Travel system super nyaman dengan varian warna yang trendy

Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan super untuk bayi Anda, produk ini akan berikan jawabannya. Dengan bahan nyaman dan ekstra busa yang empuk, bayi Anda dapat segera terlelap dalam baby car seat tipe travel system ini. Side protection system-nya juga menambah keamanan bayi saat mobil melaju di jalanan yang tidak rata.

Produk berstandar ECE R44/04 ini juga tersedia dalam berbagai varian warna menarik yang dapat Anda pilih sesuai warna mobil Anda agar terlihat lebih matching. Anda pun dapat memasangkan produk ini dengan seat belt atau ISOFIX. Desainnya yang trendy ini juga membuat Anda dapat tetap tampil gaya selagi bepergian dengan buah hati tercinta.

Kesimpulan

Kali ini kami telah memilihkan 10 rekomendasi baby car seat yang nyaman untuk digunakan oleh bayi Anda. Dengan adanya baby car seat, perjalanan bermobil Anda tentu akan lebih menyenangkan karena Anda tak perlu lagi merisaukan keamanan sang buah hati. Anda pun dapat berkonsentrasi menyetir atau melihat-lihat pemandangan bersama sang buah hati.

Jika bayi Anda tertidur, ia dapat menikmati tidur yang nyenyak dalam baby car seat-nya yang nyaman. Baik tipe khusus untuk di mobil maupun travel system, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah produk yang paling tepat untuk Anda dan selamat berkendara aman dan nyaman dengan bayi Anda!