1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Baby car seat diperlukan ketika mengajak buah hati Anda yang masih bayi untuk bepergian dengan mobil. Saat ini banyak merek car seat bayi yang beredar, seperti Nuna, Joie, Pliko, dan sebagainya. Hal ini mungkin membuat Anda kesulitan dalam menentukan car seat terbaik untuk bayi Anda.

 
Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih car seat baby. Simak juga komentar dari babywearing consultant & child passenger safety advocate kami, Lingga Rosalina. Kami juga akan memberikan rekomendasi car seat yang bagus untuk buah hati Anda. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 09-22-2022
Pakar
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Lingga adalah seorang konsultan menggendong (babywearing consultant) tersertifikasi dari School of Babywearing UK. Karena kepeduliannya terhadap keselamatan anak, pada 2019 Lingga mengambil pelatihan dan sertifikasi untuk menjadi child passenger safety advocate. Lingga mengajar kelas dan workshop menggendong secara rutin di Bintaro, Tangerang Selatan. Bersama rekan konsultan lain, Lingga juga mendirikan komunitas Belajar Menggendong untuk mengedukasi orang tua secara online. Lingga juga bisa disapa melalui media sosialnya.

Profil Lingga Rosalina
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat menggunakan baby car seat

Manfaat menggunakan baby car seat

Sebelum berusia enam tahun, anak-anak masih disarankan untuk menggunakan car seat tambahan selama berada di dalam mobil. Hal ini bertujuan untuk membuat anak nyaman sekaligus menjamin keselamatannya selama dalam perjalanan. Di luar sana terdapat berbagai jenis car seat yang telah disesuaikan dengan usia ataupun berat badan sang anak. 


Nah, artikel ini akan membahas tentang car seat yang dapat digunakan oleh bayi sejak masih baru lahir. Baby car seat umumnya dipasang menghadap belakang dan memiliki sandaran yang dapat dibaringkan hingga 45 derajat. Meskipun dapat dimiringkan untuk posisi berbaring, baby car seat berbeda dengan tempat tidur biasa. 


Baby car seat memiliki bantalan khusus sebagai peredam kejut apabila terjadi kecelakaan selama perjalanan. Jadi, bayi Anda akan aman dan juga lebih terlindungi. Anda mungkin merasa repot memasang baby car seat. Namun, pemasangan baby car seat sangat diperlukan sebagai antisipasi apabila terjadi kecelakaan saat berada di perjalanan. 

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Indonesia belum memiliki peraturan mengenai pemakaian car seat untuk anak. Namun, selaku orang tua tentunya kita ingin melindungi anak-anak kita dari bahaya. Saat membawa bayi di dalam kendaraan, orang tua bisa saja berhati-hati dalam membawa kendaraan. Akan tetapi, kita tidak bisa memastikan bahwa pengendara lain juga melakukan hal yang sama. 


Kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, sangat penting untuk menempatkan bayi kita di car seat demi mengurangi risiko kematian apabila terjadi kecelakaan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baby car seat

Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi car seat bayi. Sebelum itu, perhatikan hal-hal berikut ini demi menjaga keselamatan dan kenyamanan bayi Anda.

① Carilah produk yang memiliki standar keamanan

Carilah produk yang memiliki standar keamanan

Salah satu standar keamanan yang telah diakui oleh negara-negara di dunia untuk baby car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan Eropa ditandai huruf "E" di label baby car seat tersebut. Label ini menunjukkan bahwa produknya telah lolos sertifikasi standar keamanan Eropa. Standar tersebut adalah ECE R44/04 dan ECE R129 sebagai standar yang lebih tinggi. ECE R129 juga biasa disebut i-Size. 


Produk dengan label "E" merupakan produk yang telah teruji keamanannya. Namun, apabila Anda sangat mengutamakan standar keamanan suatu produk, pilihlah produk dengan sertifikasi R129 atau i-Size. Produk dengan standar keamanan ini terbukti sudah lolos uji standar keamanan paling terkini.


Pada dasarnya produk-produk yang dijual sudah pasti aman untuk digunakan oleh bayi Anda. Meskipun begitu, sebisa mungkin pastikan bahwa produk yang akan Anda beli memiliki salah satu standar keamanan di atas.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Car seat harus melalui simulasi tabrakan untuk memastikan bahwa car seat tersebut aman digunakan. ECE R129 adalah regulasi di Eropa yang diberlakukan untuk car seat dengan meningkatkan keamanan di bagian samping. Regulasi yang dikeluarkan pada Juli 2013 ini juga memungkinkan anak menghadap belakang lebih lama dan memastikan kemudahan instalasinya.

② Periksa juga faktor keamanan produk berdasarkan produsennya

Selain untuk memenuhi standar keamanan yang diakui dunia, para produsen juga berupaya membuat produknya menjadi lebih aman. Hal ini juga dapat Anda jadikan sebagai poin pertimbangan sebelum beli car seat bayi.

Kedalaman kursi, dapat melindungi bayi dari benturan samping

Kedalaman kursi, dapat melindungi bayi dari benturan samping
Salah satu poin lolos uji standar keamanan R129 atau i-Size adalah proteksi samping yang maksimal. Oleh karena itu, beberapa produsen membuat desain kedalaman kursi yang mumpuni untuk menahan benturan samping. 

Hal yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat keamanan produk adalah dengan memperhatikan kedalaman bagian kepalanya. Banyak produsen yang awalnya berstandar R44 memodifikasi desainnya untuk memenuhi standar R129. 

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Untuk memenuhi standar ECE R129, car seat dites dalam simulasi tabrakan dengan tiga jenis benturan. Ketiga jenis itu yaitu benturan depan, samping, dan belakang. Selain itu, ada 32 titik sensor yang diamati. Hal ini untuk memastikan keamanan bayi di dalam car seat dari pengaruh benturan dari berbagai sisi, terutama dari samping.

Tipe car seat, dapat disesuaikan dengan usia bayi

Tipe car seat, dapat disesuaikan dengan usia bayi

Pada dasarnya baby car seat memang dipakai hingga bayi berusia satu tahun. Namun, produknya dapat dibagi lagi ke dalam tiga tipe berdasarkan usia pemakainya.


  • R44/grup 0

Tipe ini tak memiliki ketentuan panjang maksimal, tetapi dapat digunakan untuk bayi dengan berat maksimal 12 kg. Para produsen mengeklaim seat car jenis ini dapat digunakan untuk bayi hingga berusia 12 bulan. Namun, hal ini tidak dapat menjadi acuan mengingat pertumbuhan fisik bayi yang berbeda-beda. Bisa jadi tipe ini hanya dapat dipakai hingga bayi berusia sembilan bulan saja.


  • R44/grup 0+

Sama seperti tipe R44/grup 0 di atas, tipe ini tak memiliki ketentuan panjang maksimal. Sementara itu, ketentuan untuk berat maksimalnya adalah 13 kg. Tipe ini dapat digunakan hingga bayi berusia 15 atau 18 bulan tergantung pada produsennya. 


Namun, pada kenyataannya, ukuran produk tiap produsen tidak jauh berbeda satu sama lain. Jika ukuran fisik bayi termasuk besar, tipe ini dapat digunakan hingga bayi Anda berusia sekitar satu tahun. Namun, jika bayi Anda tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakannya hingga bayi berusia sekitar satu setengah tahun.


  • R129 (i-Size)

Tipe ini memiliki ketentuan panjang seat yaitu 85 cm. Tipe ini mempunyai seat yang sedikit lebih panjang daripada R44/grup 0+ dan ketentuan berat maksimalnya adalah 13 kg. Selain ketentuan panjang seat, tidak ada yang berbeda dengan tipe R44/grup 0+.


Ada baiknya Anda juga menyiapkan car seat saat bayi sudah menginjak usia di atas satu tahun. Banyak produk yang dapat digunakan anak usia 1–4 tahun. Ada juga produk yang dapat digunakan untuk bayi dan anak usia 0–4 tahun. Kursi bayi ini cocok bagi Anda yang berencana memakainya untuk jangka waktu lama.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Gunakanlah car seat yang sesuai dengan tinggi dan berat bayi Anda. Penggunaan car seat yang tidak sesuai malah akan meningkatkan risiko bila terjadi kecelakaan, bukan mengurangi risiko tersebut. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Jumlah harness, dapat menyangga anak dan mendukung keamanannya

Jumlah harness, dapat menyangga anak dan mendukung keamanannya

Harness merupakan tali atau sabuk pengaman yang dipasang pada bahu dan sela paha bayi. Produk baby car seat umumnya dilengkapi dengan tiga harness. Jumlah ini sebenarnya sudah cukup aman dan dapat menghemat waktu pasang. 


Namun, ada juga produk berspesifikasi tinggi yang memiliki lima harness agar lebih aman. Anda dapat memasangkan harness tersebut di bahu, pinggang, dan sela paha bayi. Pastikan Anda mempertimbangkan poin ini sebelum membeli produk.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Perbedaan mendasar dari 3-point harness dan 5-point harness adalah jumlah sabuk yang digunakan untuk menahan bayi berada di kursinya. Makin banyak sabuk yang terpasang, bayi akan makin aman. Sabuk ini akan mendistribusikan tekanan apabila terjadi benturan atau tabrakan.

③ Pilihlah berdasarkan metode pemasangannya

Pilihlah berdasarkan metode pemasangannya
Berdasarkan pemasangannya, baby car seat dapat dibagi menjadi dua. Tipe pertama adalah produk yang dapat dengan mudah dipasangkan dengan bantuan sabuk pengaman. Sementara itu, tipe kedua adalah produk yang dipasangkan menggunakan konektor original-nya. 

  • Dipasang dengan sabuk pengaman

Baby car seat yang dipasang dengan sabuk pengaman banyak ditemukan di pasaran. Namun, memasangkan baby car seat dengan sabuk pengaman ternyata cukup sulit. Dilaporkan bahwa 55% di antara pengguna memasangnya secara tidak tepat. Karena itu, ada merek baby car seat yang dilengkapi dengan panduan berwarna untuk meminimalkan kesalahan pemasangan.


  • Dipasang dengan konektor original

Untuk memudahkan Anda dan meminimalkan kesalahan, kami sarankan Anda memilih baby car seat yang sudah dilengkapi konektor. Biasanya konektor sudah termasuk dalam satu paket saat Anda membeli produknya. Namun, ada juga produk yang menjual konektornya secara terpisah.


Sebagian produk dilengkapi konektor yang dapat dipasang dengan memasukkannya ke sebuah logam khusus yang disebut ISOFIX. Sayangnya ISOFIX tidak dapat dipasang jika mobil yang Anda gunakan tidak menunjang penggunaan ISOFIX. Sebagian besar seri mobil terbaru biasanya telah dilengkapi fitur ini, tetapi ada baiknya Anda memeriksanya kembali.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Pemasangan yang tidak tepat malah akan membahayakan bayi Anda. Pemasangan car seat dengan ISOFIX akan terasa lebih mudah dan meminimalkan kesalahan dalam pemasangan. Namun, perlu dipastikan juga bahwa tipe kendaraan Anda memiliki ISOFIX di bangku baris kedua.

④ Pertimbangkan produk yang bisa dipasang di stroller

Pertimbangkan produk yang bisa dipasang di stroller

Tipe travel system merupakan tipe yang memungkinkan Anda untuk memasang seat di kereta dorong bayi atau stroller. Jadi, Anda bisa memindah-mindahkannya dengan mudah dan leluasa. Hal ini tentunya sangat membantu Anda saat harus memindahkan bayi dari mobil ke stroller. Anda jadi tidak perlu khawatir buah hati akan terbangun saat dipindahkan.


Sayangnya, tidak semua stroller dapat dipasangi baby car seat. Jika demikian, Anda dapat membeli produk dari produsen yang sama. Anda bisa juga membeli dari produsen yang berbeda jika produk tersebut mendukung tipe travel system


Jadi, sebelum Anda membelinya, cari tahu dahulu apakah baby car seat tersebut merupakan tipe travel system atau bukan. Periksa juga merek stroller yang kompatibel dengan baby car seat tersebut. Mungkin saja Anda perlu konektor khusus yang harus dibeli secara terpisah.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Fitur ini optional, tergantung pada kebutuhan dan kenyamanan orang tua. Pastikan Anda membaca buku manual car seat. Selanjutnya, coba terlebih dahulu memasang serta melepas car seat ke stroller tanpa bayi. Apabila sudah paham caranya, tentu akan lebih aman dan cepat untuk memasang dan melepas car seat ke stroller.

⑤ Pastikan produk dapat dipasang dengan baik di dalam mobil

Pastikan produk dapat dipasang dengan baik di dalam mobil
Baby car seat memang dapat digunakan hampir di semua jenis mobil. Namun, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali kesesuaian baby car seat tersebut dengan mobil Anda. Umumnya baby car seat cocok digunakan dengan sabuk pengaman tiga titik

Namun, sebagian besar mobil keluaran lama memiliki sabuk pengaman pendek sehingga kemungkinan tidak cocok dengan produk yang ada. Beberapa produk mungkin tidak bisa dipasangkan dengan sabuk dua titik yang biasa terpasang di kursi belakang bagian tengahnya.


Tambahan lagi, jika Anda ingin menggunakan ISOFIX seperti penjelasan di atas, periksa juga kesesuaiannya dengan model mobil Anda. Baby car seat yang dapat dipasang menggunakan ISOFIX membuat pilihan produk yang cocok menjadi terbatas. Jadi, periksalah dengan cermat sebelum membeli.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Sebelum membeli dan memasang car seat, baca kembali buku manual mobil untuk memastikan bahwa mobil dapat dipasang car seat. Pastikan mobil Anda memiliki ISOFIX atau tipe dan panjang seatbelt yang sesuai. 


Demikian juga saat memilih car seat. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu apakah car seat tersebut dapat dipasang pada mobil Anda. Anda dapat men-download buku manual car seat terlebih dahulu melalui website produsen. Dengan begitu, Anda bisa mengecek kesesuaian car seat dan mobil sebelum membeli car seat.

⑥ Periksa adanya fungsi pendukung lain

Setiap produk memiliki fungsi pendukung yang berbeda-beda tergantung produsennya. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi pendukung lain yang berguna bagi Anda dan bayi.

Posisi headrest dan sabuk bahu, dapat disesuaikan dengan sistem one touch

Posisi headrest dan sabuk bahu, dapat disesuaikan dengan sistem one touch

Produk dengan fungsi ini sudah didesain sesuai dengan standar keamanan terbaru. Produk ini memiliki headrest atau sandaran kepala dan sabuk bahu yang dapat diatur hanya dengan sekali sentuh. Pertumbuhan bayi sangat cepat dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Karena itu, fungsi ini akan memudahkan Anda menyesuaikan baby car seat dengan kondisi fisik bayi

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Setiap kali berkendara dengan bayi, jangan lupa untuk mengecek posisi headrest dan sabuk bahu. Hal ini penting karena bayi tumbuh dengan cepat sehingga kita perlu menyesuaikan tinggi headrest dan sabuk bahu. Jadi, kita bisa memastikan bayi berada pada posisi nyaman dan terlindungi dengan baik.

Pengaturan harness, untuk memudahkan menidurkan bayi

Pengaturan harness, untuk memudahkan menidurkan bayi

Terkadang saat Anda menidurkan bayi di car seat, posisi harness berada di bawah bayi. Hal ini membuat Anda harus menarik harness dari samping sebelum memasangkannya. Untuk menghindari hal tersebut, ada produk yang harness pada kedua bahunya dapat diangkat dengan halus oleh pegas


Dengan fungsi tersebut, buckle-nya akan mengarah ke depan secara otomatis ketika akan dipasang atau dilepas. Fungsi ini akan memudahkan Anda selama menggunakan baby car seat

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Fitur pengaturan harness ini tentu akan sangat memudahkan orang tua. Namun, tidak semua car seat memiliki fitur ini. Karena itu, pelajari car seat incaran Anda dengan men-download terlebih dahulu buku manual car seat melalui website produsen.

Desain produk, demi kenyamanan bayi newborn

Desain produk, demi kenyamanan bayi newborn

Baby car seat merupakan kursi yang dipasang dengan kemiringan hingga 45 derajat. Sebenarnya, posisi ini tidak mudah bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, terdapat beberapa produk yang memberikan bantalan untuk menyangga bagian bawah pantat bayi. 


Dengan begitu, bayi yang baru lahir pun akan tetap nyaman saat berada di kursi. Pada produk berspesifikasi tinggi, seat pada bagian bawah pantat bayi juga dapat dinaikkan. Biasanya seat pada produk tersebut terbuat dari resin lunak yang tetap empuk dan nyaman bagi bayi.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Pastikan orang tua membaca terlebih dahulu buku manual car seat. Dengan begitu, Anda paham kapan dan bagaimana bantalan harus dipasang, serta kapan bantalan tidak perlu dipasang pada car seat.

Mode recline, kemiringan kursi yang bisa disesuaikan dengan tahapan usia

Mode recline, kemiringan kursi yang bisa disesuaikan dengan tahapan usia

Pemasangan base juga jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika pemasangan base tidak benar, posisi base akan miring. Bayi Anda pun tidak akan mendapat posisi yang nyaman di atas car seat. Produsen yang fokus terhadap hal ini akan mendesain produknya dengan pengatur posisi otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan posisi yang membuat si kecil tidak nyaman.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Orang tua wajib membaca terlebih dahulu buku manual car seat sebelum car seat digunakan bersama bayi. Pahami cara menaikturunkan recliner pada base car seat. Biasanya terdapat petunjuk pada base car seat tentang relasi antara usia atau berat bayi dengan tingkat kemiringan yang dibutuhkan. Petunjuk ini akan memudahkan orang tua mengatur recliner.

10 Rekomendasi car seat baby terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk car seat baby terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lingga Rosalina
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Babydoes

Carseat

Babydoes Carseat  1枚目

Kursi bisa berputar 360 derajat, menidurkan bayi jadi mudah

2

Joie

Steadi

Joie Steadi 1枚目

Bantalan ekstra pada harness bahu yang nyaman untuk anak

3

Nuna

Rava

Nuna Rava 1枚目

Berbahan serat alami yang aman dan nyaman untuk kulit anak

4

Pliko

Car Seat 2GO

Pliko Car Seat 2GO 1枚目

Menunjang mobilitas Anda bersama bayi

5

Babyelle

Spin 360

Babyelle Spin 360  1枚目

Bayi bisa tidur nyenyak dengan adanya kanopi

6

Coco Latte

Car Seat Evenflo Duran

Coco Latte  Car Seat Evenflo Duran 1枚目

Dilengkapi airbag di tiap sisi kepala untuk perlindungan lebih ekstra

7

Graco

4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat featuring Safety Surround

Graco 4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat featuring Safety Surround 1枚目

Terdapat cup holder, botol minum tetap dalam jangkauan anak

8

Beiens

Car Seat

Beiens Car Seat 1枚目

Dilengkapi modul antitabrakan dan dapat menyerap efek benturan

9

Maxi Cosi

Car Seat Milofix

Maxi Cosi Car Seat Milofix 1枚目

Lebar dan empuk, anak lebih betah duduk di car seat

10

Britax Römer

First Class Plus

Britax Römer First Class Plus 1枚目

Saat terpasang dengan benar, harness system berbunyi klik

Perincian produk
Close
No.1

BabydoesCarseat CH 8735

Mulai dari Rp1.150.000,00

Kursi bisa berputar 360 derajat, menidurkan bayi jadi mudah

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk bayi baru lahir hingga anak-anak
  • Sabuk pengaman lengkap 

Kekurangan:

  • Beratnya 19,7 kg sehingga agak repot jika harus dipindah-pindah

Produk keluaran Babydoes ini dapat diputar hingga 360 derajat ke segala arah. Fungsi ini akan membuat setiap kegiatan Anda dan anak menjadi lebih mudah. Terbuat dari bahan yang halus, bayi Anda akan tetap nyaman selama perjalanan.


Selain itu, produk ini juga memiliki bantalan dan alas tambahan agar terasa lebih empuk. Produk ini cocok untuk Anda yang mendambakan kepraktisan dalam pemakaian baby car seat.

No.2

Bantalan ekstra pada harness bahu yang nyaman untuk anak

Kelebihan:

  • Tinggi car seat dan sandaran kepala mudah diatur dengan satu tangan untuk menyesuaikan pertumbuhan anak
  • Bantalan lembut di kulit bayi dan bisa dicuci

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan hingga usia anak 4 tahun

Baby car seat keluaran Joie ini memiliki harness bahu dengan bantalan ekstra untuk menjaga posisi bayi. Berbeda dengan produk lain, harness produk ini mencengkeram dengan lembut, tetapi tetap stabil. Dengan adanya bantalan ini, si kecil bisa selalu duduk dengan posisi yang baik di atas baby car seat. Produk ini merupakan pilihan yang pas untuk anak Anda yang sulit duduk diam selama perjalanan.

No.3

Berbahan serat alami yang aman dan nyaman untuk kulit anak

Kelebihan:

  • Indikator sabuk berwarna untuk meminimalkan kesalahan pemasangan
  • Diproduksi tanpa bahan kimia tambahan yang bersifat racun

Kekurangan:

  • Tidak bisa diputar 360 derajat

Bila bayi Anda memiliki kulit sensitif, bahan kain dudukan car seat haruslah diperhatikan. Carilah bahan yang lembut dan tidak membuat kulit gatal atau iritasi, contohnya produk dari Nuna ini. Produk ini terbuat dari serat alami, campuran bambu, dan poliester. 


Serat dari bambu ini teksturnya superlembut, antibakteri, hipoalergenik, dan ramah lingkungan. Kulit bayi akan lebih aman saat menyentuhnya. Tak hanya itu saja, bahan kain ini juga membuat bayi lebih nyaman. Bayi akan merasa lebih sejuk saat cuaca panas dan lebih hangat saat cuaca dingin.

No.4

PlikoCar Seat 2GOPK-02B

Mulai dari Rp435.000,00

Menunjang mobilitas Anda bersama bayi

Kelebihan:

  • Bisa difungsikan sebagai baby car seat sekaligus baby carrier
  • Terdapat pegangan dan kanopi yang bisa diatur posisinya

Kekurangan:

  • Bobotnya mencapai 8 kg

Mobilitas yang tinggi bersama bayi terkadang membuat Anda harus sering memasang, mengangkat, dan melepas baby car seat. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan dalam mengangkat bayi dan memindahkannya ke car seat, gunakan saja produk ini.


Pliko tidak hanya bisa digunakan sebagai baby car seat, tetapi juga baby carrier. Bagian pegangan tangan bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat pula kanopi yang bisa dibuka dan ditutup. Cocok dimiliki oleh Anda yang memiliki mobilitas tinggi tetapi mencari kepraktisan.

No.5

BabyelleSpin 360 BE-832BC

Mulai dari Rp1.249.000,00

Bayi bisa tidur nyenyak dengan adanya kanopi

Kelebihan:

  • Dapat diputar 360 derajat
  • Kanopi bisa dilepas dan dipasang
  • Headrest bisa disesuaikan tingginya

Kekurangan:

  • Busa lembut, tetapi agak tipis

Bepergian siang hari mungkin kurang nyaman untuk bayi karena posisi mereka berbaring mungkin menatap sinar matahari di luar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, car seat dari Babyelle ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


Bagian kepalanya dilengkapi kanopi yang bisa dipasang ataupun dilepas sesuai kebutuhan. Dengan demikian, bayi Anda bisa tidur dengan nyenyak dan tenang tanpa terganggu sinar matahari.

No.6

Coco Latte Car Seat Evenflo Duran858

Mulai dari Rp2.599.000,00

Dilengkapi airbag di tiap sisi kepala untuk perlindungan lebih ekstra

Kelebihan:

  • Memiliki airbag di sisi kepala sehingga kepala tidak terlalu jatuh ke samping saat anak tertidur

Kekurangan:

  • Hanya memiliki tiga mode recline


Selain dilengkapi harness untuk mengunci tubuh bayi, car seat satu ini juga dilengkapi airbag di setiap sisi kepala bayi. Fungsinya untuk melindungi kepala bayi bila terjadi benturan keras. Dengan ada perlindungan ganda ini, keselamatan bayi akan lebih terjaga. Anda pun jadi lebih nyaman serta aman membawa bayi bepergian.

No.7

Graco4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat featuring Safety Surround1939912

Mulai dari Rp399.900,00

Terdapat cup holder, botol minum tetap dalam jangkauan anak

Kelebihan:

  • Bisa digunakan oleh bayi newborn hingga usia toddler
  • Memiliki enam mode recline untuk kenyamanan bayi

Kekurangan:

  • Cup holder mungkin tidak terlalu bermanfaat untuk bayi

Buah hati Anda sering merasa lapar atau haus di tengah perjalanan? Jika demikian, produk yang satu ini cocok untuknya. Produk ini dilengkapi dengan dua cup holder di bagian tangan kanan dan kiri. Dengan begitu, anak Anda yang sudah bisa makan sendiri dapat dengan mudah mengambil snack atau botol minumnya sendiri.


Terdapat extension panel guna menambah kenyamanan anak saat berada di dalam mobil. Produk ini pun dapat diubah untuk enam posisi berbaring dan sepuluh posisi tambahan kepala. Produk yang telah lolos standar keamanan FMVSS ini diklaim mampu bertahan hingga sepuluh tahun!

No.8

Dilengkapi modul antitabrakan dan dapat menyerap efek benturan

Kelebihan:

  • Memiliki empat mode recline untuk kenyamanan bayi, mulai dari 0°, 90°,180° hingga 270°

Kekurangan:

  • Hanya bisa diputar 90°

Baby car seat ini dirancang dengan model antitabrakan tiga lapisan. Pertama, lapisan pelindung untuk mengunci kepala bayi. Kedua, lapisan penyangga untuk mencegah dampak buruk saat terjadi benturan atau pengereman mendadak. Ketiga, lapisan pelindung resistan terhadap benturan yang kuat dari luar.


Bahkan pelindung kepala bagian atas dibuat dengan bahan homolog seperti helm pembalap F1. Jadi, jika terjadi benturan atau pengereman mendadak, car seat dapat menyerap gaya benturan tersebut dan melindungi kepala bayi. Nah, untuk Anda yang mengutamakan keselamatan ekstra untuk bayi, produk ini dapat dipertimbangkan.

No.9

Maxi CosiCar Seat Milofix

Mulai dari Rp5.499.000,00

Lebar dan empuk, anak lebih betah duduk di car seat

Kelebihan:

  • Posisi headrest bisa diatur hingga tujuh macam ketinggian

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu mode recline

Salah satu alasan anak tidak betah duduk di car seat adalah kursinya sempit dan tidak nyaman. Jika demikian, Anda bisa memilih car seat Maxi Cosi ini. Kursinya lebar dan bantalannya empuk. Buah hati Anda pun bisa duduk tenang sambil bermain dan menikmati perjalanan. Jadi, si kecil akan lebih betah dan tidak rewel ketika menempuh perjalanan jauh sekalipun.

No.10

Britax RömerFirst Class Plus

Mulai dari Rp3.700.000,00

Saat terpasang dengan benar, harness system berbunyi klik

Kelebihan:
  • Memiliki banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan hingga berat 18 kg 

Jika Anda sering merasa ragu mengenai pemasangan sabuk pengaman pada anak Anda, produk ini dapat menjadi solusinya. Produk ini memiliki harness system yang akan berbunyi “klik” saat strap-nya sudah terpasang pada posisi yang pas.


Selain itu, cover produk ini telah dirancang untuk mudah dibongkar pasang dan dapat dicuci dengan mesin cuci. Produk ini menjadi pilihan tepat untuk keamanan dan kenyamanan buah hati Anda.

Tips dari babywearing consultant & child passenger safety advocate kami, Lingga Rosalina

Tips dari babywearing consultant & child passenger safety advocate kami, Lingga Rosalina

Saat membeli car seat secara offline, carilah toko yang memperbolehkan untuk mencoba memasang car seat di mobil Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil memiliki ruang yang cukup untuk car seat yang ingin Anda beli. Anda juga bisa memastikan car seat memang compatible dengan mobil Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain baby car seat, tentu banyak keperluan lain yang harus dipersiapkan saat akan bepergian bersama bayi. Untuk itu, kami telah mengulas artikel mengenai keperluan bayi lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui pembahasannya lebih lanjut!

Kesimpulan

Dengan adanya baby car seat, perjalanan Anda bersama sang buah hati tentu akan lebih menyenangkan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan buah hati. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda dalam menentukan baby car seat yang sesuai kebutuhan Anda. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman bersama si kecil, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer