• 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Baby car seat diperlukan ketika mengajak buah hati Anda yang masih bayi untuk bepergian dengan mobil. Saat ini, banyak merek baby car seat yang beredar, seperti Nuna, Joie, Chicco, dan sebagainya. Hal ini mungkin membuat Anda kesulitan dalam menentukan produk yang pas untuk bayi Anda.  

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih baby car seat. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang terbaik untuk buah hati Anda. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan simak terus sampai akhir, ya!  
  • Pembaharuan terakhir: 25 Februari 2021
  • 27.278 Views
Daftar isi

Manfaat menggunakan baby car seat

Manfaat menggunakan baby car seat

Sebelum berusia enam tahun, anak-anak masih disarankan untuk menggunakan car seat tambahan selama berada di dalam mobil. Hal ini bertujuan untuk membuat anak nyaman sekaligus menjamin keselamatannya selama dalam perjalanan. Di luar sana terdapat berbagai jenis car seat yang telah disesuaikan dengan usia ataupun berat badan sang anak. 


Nah, artikel ini akan membahas tentang car seat yang dapat digunakan oleh bayi sejak masih baru lahir. Baby car seat umumnya dipasang menghadap belakang dan memiliki sandaran yang dapat dibaringkan hingga 45 derajat. Meskipun dapat dimiringkan untuk posisi berbaring, baby car seat berbeda dengan tempat tidur biasa. 


Baby car seat memiliki bantalan khusus sebagai peredam kejut apabila terjadi kecelakaan selama perjalanan. Jadi, bayi Anda akan aman dan lebih terlindungi. Anda mungkin merasa tidak nyaman menggunakan baby car seat. Namun, pemasangan baby car seat sangat diperlukan sebagai antisipasi apabila terjadi kecelakaan saat berada di perjalanan. 

Cara memilih baby car seat

Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi produk baby car seat. Namun, sebelum itu, perhatikan hal-hal berikut ini demi menjaga keselamatan dan kenyamanan bayi Anda.

Pilihlah produk yang berstandar keamanan

Hal yang terpenting ketika memilih baby car seat ialah faktor keamanan produk tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

Memiliki standar keamanan dengan tanda "E" pada label

Memiliki standar keamanan dengan tanda "E" pada label

Salah satu standar keamanan yang telah diakui oleh negara-negara di dunia untuk baby car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan Eropa ditandai dengan huruf “E” pada label baby car seat tersebut. Label ini menunjukkan bahwa produknya telah lolos sertifikasi standar keamanan Eropa. 


Standar tersebut adalah ECE R44/04 dan ECE R129 sebagai standar yang lebih tinggi. ECE R129 ini juga biasa disebut i-Size. Produk dengan label "E" merupakan produk yang telah teruji keamanannya. 


Namun, jika Anda sangat mengutamakan standar keamanan suatu produk, pilihlah produk dengan sertifikasi R129 atau i-Size. Produk dengan standar keamanan ini terbukti sudah lolos uji standar keamanan paling terkini.


Pada dasarnya, produk-produk yang dijual sudah pasti aman untuk digunakan oleh bayi Anda. Akan tetapi, sebisa mungkin pastikan bahwa produk yang akan Anda beli memiliki salah satu standar keamanan di atas.

Periksa juga faktor keamanan produk berdasarkan produsennya

Selain untuk memenuhi standar keamanan yang diakui dunia, para produsen juga berupaya membuat produknya menjadi lebih aman. Hal ini juga dapat Anda jadikan sebagai poin pertimbangan sebelum memilih produk. 

Melindungi bayi dari benturan samping dengan kedalaman kursi yang mumpuni

Melindungi bayi dari benturan samping dengan kedalaman kursi yang mumpuni
Salah satu poin lolos uji standar keamanan R129 atau i-Size adalah proteksi samping yang maksimal. Oleh karena itu, beberapa produsen membuat desain kedalaman kursi yang mumpuni untuk menahan benturan samping. 

Hal yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat keamanan produk adalah dengan memperhatikan kedalaman bagian kepalanya. Banyak produsen yang awalnya berstandar R44 memodifikasi desainnya untuk memenuhi standar R129. 

Tipenya dapat disesuaikan dengan usia bayi

Tipenya dapat disesuaikan dengan usia bayi

Pada dasarnya, baby seat car memang dipakai hingga bayi berusia satu tahun. Namun, produknya dapat dibagi lagi ke dalam tiga tipe berdasarkan usia pemakainya.


  • R44/grup 0

Tipe ini tidak memiliki ketentuan panjang maksimal, tetapi dapat digunakan bayi dengan berat maksimal 12 kg. Para produsen mengeklaim jenis ini dapat digunakan untuk bayi hingga berusia 12 bulan. Namun, hal ini tidak dapat menjadi acuan mengingat pertumbuhan fisik bayi yang berbeda-beda. Bisa jadi, tipe ini hanya dapat dipakai hingga bayi berusia sampai sembilan bulan saja.


  • R44/grup 0+

Sama seperti tipe R44/grup 0 di atas, tipe ini tidak memiliki ketentuan panjang maksimal. Sedangkan ketentuan untuk berat maksimal tipe ini adalah 13 kg. Tipe ini dapat digunakan hingga bayi berusia 15 atau 18 bulan tergantung pada produsennya. 


Meskipun begitu, pada kenyataannya, ukuran produk tiap produsen tidak jauh berbeda satu sama lain. Jika ukuran fisik bayi termasuk besar, tipe ini dapat digunakan hingga bayi Anda berusia sekitar satu tahun. Namun, jika bayi Anda tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakannya hingga bayi berusia sekitar satu setengah tahun.


  • R129 (i-Size)

Tidak seperti kedua tipe di atas, tipe ini memiliki ketentuan panjang seat yaitu 85 cm. Tipe ini memiliki seat yang sedikit lebih panjang daripada R44/grup 0+. Ketentuan berat maksimal tipe ini adalah 13 kg. Selain ketentuan panjang seat, tidak ada yang berbeda dengan tipe R44/grup 0+.


Ada baiknya Anda juga menyiapkan car seat saat bayi Anda sudah menginjak usia di atas satu tahun. Secara umum, banyak produk yang dapat digunakan untuk anak usia 1–4 tahun. Ada juga produk yang bisa digunakan untuk bayi dan anak usia 0–4 tahun. Kursi bayi ini cocok bagi Anda yang berencana memakainya untuk jangka waktu lama.

Memiliki jumlah harness yang sesuai

Memiliki jumlah harness yang sesuai

Umumnya, produk baby car seat dilengkapi dengan tiga harness. Harness merupakan tali atau sabuk pengaman yang dipasang pada bahu dan sela paha bayi. Jumlah ini sebenarnya sudah cukup aman dan dapat menghemat waktu pasang. 


Namun, ada juga produk berspesifikasi tinggi yang memiliki lima harness agar lebih aman. Anda dapat memasangkan harness tersebut pada bahu, pinggang, dan sela paha bayi. Pastikan Anda mempertimbangkan poin ini sebelum membeli produk.

Pilihlah berdasarkan metode pemasangannya

Pilihlah berdasarkan metode pemasangannya
Berdasarkan pemasangannya, baby car seat dapat dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah produk yang dapat dengan mudah dipasangkan dengan bantuan sabuk pengaman. Tipe kedua adalah produk yang dipasangkan menggunakan konektor originalnya. 

Cara pemakaian baby car seat yang benar ialah menidurkan bayi pada seat sebelum memasukkannya ke mobil. Setelah itu, Anda dapat memindahkan seat beserta bayi Anda ke mobil dan memasangnya pada kursi mobil. Produk ini tidak seperti kursi anak yang dapat dipasang terlebih dahulu sebelum anak masuk mobil. Anda harus selalu memasang dan melepasnya setiap kali akan masuk atau keluar dari mobil.


Akan tetapi, memasangkan baby car seat dengan sabuk pengaman ternyata cukup sulit. Dilaporkan bahwa 55% di antara pengguna memasangnya secara tidak tepat. Karena itu, kami sarankan Anda untuk memilih baby car seat yang dilengkapi dengan konektor untuk memudahkan pemasangan.


Biasanya, konektor seat sudah termasuk dalam satu paket saat Anda membeli produknya. Namun, ada juga produk yang menjual konektornya secara terpisah. Sebagian produk dilengkapi konektor yang dapat dipasang dengan memasukkannya ke sebuah logam khusus yang disebut ISOFIX. 


Walaupun demikian, ISOFIX tidak dapat dipasang jika mobil yang Anda gunakan tidak menunjang penggunaan ISOFIX. Sebagian besar seri mobil terbaru biasanya telah dilengkapi fitur ini, tetapi ada baiknya Anda memeriksanya kembali.

Pilihlah tipe produk yang juga bisa dipasang di stroller

Pilihlah tipe produk yang juga bisa dipasang di stroller

Tipe travel system merupakan tipe yang memungkinkan Anda untuk memasang seat di kereta dorong bayi atau stroller. Jadi, Anda dapat memindah-mindahkannya dengan mudah dan leluasa. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda saat harus memindahkan bayi dari mobil ke stroller. Anda jadi tidak perlu khawatir buah hati akan terbangun saat dipindahkan.


Namun, tidak semua stroller dapat dipasangi baby car seat. Sebagai solusinya, Anda bisa membeli produk dari produsen yang sama. Anda bisa membeli dari produsen yang berbeda jika produk tersebut mendukung tipe travel system


Sebelum membeli, cari tahu terlebih dahulu apakah baby car seat tersebut merupakan tipe travel system atau bukan. Kemudian, periksa juga merek stroller yang kompatibel dengan baby car seat tersebut. Mungkin saja Anda perlu konektor khusus yang harus dibeli secara terpisah.

Pastikan produk dapat dipasang dengan baik di dalam mobil

Pastikan produk dapat dipasang dengan baik di dalam mobil
Baby car seat memang dapat digunakan hampir di semua jenis mobil. Namun, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali kesesuaian baby car seat tersebut dengan mobil Anda. Umumnya, baby car seat cocok digunakan dengan sabuk pengaman tiga titik. 

Namun, sebagian besar mobil keluaran lama memiliki sabuk pengaman pendek sehingga kemungkinan tidak cocok dengan produk yang ada. Beberapa produk mungkin tidak dapat dipasangkan dengan sabuk dua titik yang biasa terpasang di kursi belakang bagian tengahnya.


Kemudian, jika Anda ingin menggunakan ISOFIX seperti penjelasan di atas, periksa juga kesesuaiannya dengan model mobil Anda. Baby car seat yang dapat dipasang menggunakan ISOFIX membuat pilihan produk yang cocok menjadi terbatas. Jadi, periksalah dengan cermat sebelum membeli.

Periksa adanya fungsi pendukung lain

Setiap produk memiliki fungsi pendukung yang berbeda-beda tergantung pada produsennya. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi pendukung lain yang dapat berguna bagi Anda dan bayi.

Posisi headrest dan sabuk bahu disesuaikan dengan sistem one touch

Posisi headrest dan sabuk bahu disesuaikan dengan sistem one touch

Produk dengan fungsi ini sudah didesain sesuai dengan standar keamanan terbaru. Produk ini memiliki headrest atau sandaran kepala dan sabuk bahu yang dapat diatur hanya dengan sekali sentuh. Pertumbuhan bayi sangat cepat dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Karena itu, fungsi ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan baby car seat dengan kondisi fisik bayi. 

Adanya fungsi pengaturan harness

Adanya fungsi pengaturan harness

Terkadang, saat Anda menidurkan bayi di car seat, posisi harness berada di bawah bayi. Hal ini membuat Anda harus menarik harness dari samping sebelum memasangkannya. Untuk menghindari hal tersebut, ada produk yang harness pada kedua bahunya dapat diangkat dengan halus oleh pegas. 


Dengan fungsi ini, buckle-nya akan mengarah ke depan secara otomatis ketika akan dipasang atau dilepas. Fungsi ini akan memudahkan Anda selama menggunakan baby car seat

Desain yang nyaman bagi bayi baru lahir

Desain yang nyaman bagi bayi baru lahir

Baby car seat merupakan kursi yang dipasang dengan kemiringan hingga 45 derajat. Sebenarnya, posisi ini tidak mudah bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, terdapat beberapa produk yang memberikan bantalan untuk menyangga bagian bawah pantat bayi. 


Dengan begitu, bayi yang baru lahir pun akan tetap nyaman saat berada di kursi. Pada produk berspesifikasi tinggi, seat pada bagian bawah pantat bayi juga dapat dinaikkan. Biasanya, seat pada produk tersebut terbuat dari resin lunak yang tetap empuk dan nyaman bagi bayi.

Adanya fungsi reclining pada base

Adanya fungsi reclining pada base

Pemasangan base juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika pemasangan base tidak benar, posisi base akan miring. Bayi Anda pun tidak akan mendapatkan posisi yang nyaman di atas car seat. Produsen yang fokus terhadap hal ini akan mendesain produknya dengan pengatur posisi otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan posisi yang membuat si kecil tidak nyaman.

10 Rekomendasi baby car seat terbaik

Setelah mengetahui cara memilih baby car seat, saatnya kami memperkenalkan sepuluh produk terbaiknya. Semoga Anda dapat menemukan produk yang paling cocok untuk buah hati Anda!

10
Standar keamananTidak disebutkan
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaDapat berputar 360°
Target usiaTidak disebutkan (maksimal 36 kg)
9
Standar keamananUN R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian tiga titik, linear side-impact protection (L.S.P. System)
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaTravel system, XXL canopy
Target usia0–18 bulan (berat maksimal 13 kg)
8
Standar keamananFMVSS 213
Performa penunjang keamananTru-Safe® side impact protection (EPS)
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaOne-pull front harness adjuster
Target usiaTidak disebutkan (maksimal 18 kg)
7
Standar keamananTidak disebutkan
Performa penunjang keamananTidak disebutkan
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaTravel system, kanopi
Target usia0–12 bulan
6
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, busa pelindung pada bagian kepala hingga badan, pelindung samping dari kepala hingga pinggul
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaDual lock-off, kemudahan pengaturan dengan warna
Target usia0–4 tahun (maksimal 18 kg)
5
Standar keamananTidak disebutkan
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, proteksi samping maksimal
Metode pemasanganISOFIX dan seat belt
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaTravel system, removable UPF 50+ canopy, aeroflex foam
Target usiaTidak disebutkan
4

GracoExtend2Fit® Convertible Car Seat

Mulai dari Rp 1.850.000,00

Standar keamananFMVSS 213
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, Push-button InRight latch system
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaExtention panel pada bagian kaki, pengaturan harness dan tinggi headrest yang mudah, level indikator pemasangan car seat, cup holder
Target usiaTidak disebutkan (maksimal 20 kg)
3
Standar keamananECE R129 (i-size)
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, kedalaman kursi yang aman, proteksi samping, maksimal
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaQuick-remove cover, multi-recline, CLICK & SAFE® audible harness system, performance chest pads
Target usia0–4 tahun (maksimal 18 kg)
2
Standar keamananECE R44/04, Taiwan CNS safety standards
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, adjustable seat depth, adjustable headrest height
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaTravel system, one touch harness adjustable system, thermo medical system
Target usia0–12 bulan (maksimal 18 kg)
1
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, guard surround safety
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
Fungsi lainnyaPengatur ketinggian headrest, kantong di bagian samping
Target usia0–12 tahun

Tabel perbandingan produk baby car seat terbaik

Gambar produk
1
Joie Every Stage™ FX 1

Joie

2
Aprica Fladea Grow HiDX 1

Aprica

3
Britax Römer First Class Plus 1

Britax Römer

4
Graco Extend2Fit® Convertible Car Seat 1

Graco

5
Nuna pipa lite 1

Nuna

6
Joie Tilt™ 1

Joie

7
Chicco Keyfit 30 Moonstone – USA 1

Chicco

8
Combi Coccoro 1

Combi

9
Gb Idan 1

Gb

10
Babydoes Carseat  1

Babydoes

Nama produk

Every Stage™ FX

Fladea Grow HiDX

First Class Plus

Extend2Fit® Convertible Car Seat

pipa lite

Tilt™

Keyfit 30 Moonstone – USA

Coccoro

Idan

Carseat

Keunggulan

Dapat digunakan oleh newborn baby hingga anak-anak!

Dengan kemiringan hingga 170 derajat, bayi dapat tidur dengan lebih nyaman

Harness system mengeluarkan bunyi klik saat terpasang dengan benar

Dengan adanya cup holder, botol minum tetap dalam jangkauan anak

Car seat ringan penunjang mobilitas yang tinggi bersama bayi Anda

Bantalan ekstra pada harness bahu yang makin menyamankan anak Anda

Ukuran mungil dengan perlindungan maksimal

Desain ringkas, dapat dipasang hingga tiga seat car dalam satu mobil!

Desain elegan dengan varian warna yang trendi

Dapat diputar hingga 360 derajat untuk memudahkan Anda menidurkan bayi

Harga mulai dariRp 2.500.000,00Rp 6.254.000,00Rp 5.299.000,00Rp 1.850.000,00Rp 2.250.000,00Rp 1.499.000,00Rp 2.699.000,00Rp 2.750.000,00Rp 1.700.000,00Rp 1.499.000,00
Standar keamananECE R44/04ECE R44/04, Taiwan CNS safety standardsECE R129 (i-size)FMVSS 213Tidak disebutkanECE R44/04Tidak disebutkanFMVSS 213UN R44/04Tidak disebutkan
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, guard surround safetyPenguncian lima titik, adjustable seat depth, adjustable headrest heightPenguncian lima titik, kedalaman kursi yang aman, proteksi samping, maksimalPenguncian lima titik, Push-button InRight latch systemPenguncian lima titik, proteksi samping maksimalPenguncian lima titik, busa pelindung pada bagian kepala hingga badan, pelindung samping dari kepala hingga pinggulTidak disebutkanTru-Safe® side impact protection (EPS)Penguncian tiga titik, linear side-impact protection (L.S.P. System) Penguncian lima titik
Metode pemasanganISOFIXISOFIXISOFIXSeat beltISOFIX dan seat beltSeat beltSeat beltSeat beltISOFIXISOFIX
Fungsi utamaBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seat
Fungsi lainnyaPengatur ketinggian headrest, kantong di bagian sampingTravel system, one touch harness adjustable system, thermo medical systemQuick-remove cover, multi-recline, CLICK & SAFE® audible harness system, performance chest padsExtention panel pada bagian kaki, pengaturan harness dan tinggi headrest yang mudah, level indikator pemasangan car seat, cup holderTravel system, removable UPF 50+ canopy, aeroflex foam Dual lock-off, kemudahan pengaturan dengan warnaTravel system, kanopiOne-pull front harness adjusterTravel system, XXL canopy Dapat berputar 360°
Target usia0–12 tahun0–12 bulan (maksimal 18 kg)0–4 tahun (maksimal 18 kg)Tidak disebutkan (maksimal 20 kg)Tidak disebutkan0–4 tahun (maksimal 18 kg)0–12 bulanTidak disebutkan (maksimal 18 kg)0–18 bulan (berat maksimal 13 kg)Tidak disebutkan (maksimal 36 kg)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain baby car seat, tentu banyak keperluan lain yang harus dipersiapkan saat akan bepergian bersama bayi. Untuk itu, kami telah mengulas artikel mengenai keperluan bayi lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui pembahasannya lebih lanjut!

Kesimpulan

Dengan adanya baby car seat, perjalanan Anda bersama sang buah hati tentu akan lebih menyenangkan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan buah hati. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda dalam menentukan baby car seat yang sesuai kebutuhan Anda. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman bersama si kecil, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    289.386 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    277.191 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    135.459 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    213.792 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    62.280 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa bayi mengalami ruam popok di area pinggul, selangkangan, dan lingkar pinggang. Iritasi tersebut disebabkan oleh zat amonia pada air seni. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa bintik-bintik merah, eksem, bahkan luka. Sayangnya, banyak orang yang salah menduga dan menganggapnya sebagai atopi atau biang keringat.Terdapat berbagai salep untuk mengatasi ruam popok. Ada yang berfungsi sebagai pelembap, ada juga yang merupakan obat nonsteroid. Kami akan mengulas berbagai aspek penting dari salep ruam popok, lalu merekomendasikan produk terbaik dari merek Cussons, Zwitsal, Pigeon, dan Sebamed. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    117.660 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Bouncer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby bouncer saat ini telah menjadi salah satu alat yang dibutuhkan oleh para orang tua yang baru memiliki bayi. Baby bouncer digunakan sebagai tempat untuk meletakkan bayi ketika ingin bermain atau tidur siang. Harga baby bouncer di pasaran cukup bervariasi tergantung merek dan fungsi yang ditawarkan. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih baby bouncer yang baik. Produk-produk terbaik rekomendasi kami seperti merek SugarBaby, Joie, atau Nuna akan kami ulas untuk Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    54.467 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori