• 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Baby Car Seat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Baby car seat diperlukan ketika mengajak buah hati Anda yang berusia 0 hingga sekitar 1 tahun untuk bepergian dengan mobil. Namun, dengan begitu banyaknya variasi dari berbagai merk, seperti Cocolatte, Nuna, Maxi-Cosi, dan sebagainya, mungkin Anda akan kesulitan untuk menentukan pilihan.

Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih baby car seat sekaligus merekomendasikan produk yang bagus untuk buah hati Anda. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi untuk memilih baby car seat yang nyaman untuk bayi Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 27 Mei 2020
  • 18.128 Views
Daftar isi

Cara memilih baby car seat

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih baby car seat. Namun, sebelum itu, perhatikan hal-hal berikut demi menjaga keselamatan dan kenyamanan bayi Anda yang berusia 0 hingga sekitar 1 tahun ketika berkendara dengan mobil.

Pilihlah produk yang berstandar keamanan

Jika Anda hendak memilih sebuah baby car seat untuk bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar 1 tahun, hal yang terpenting adalah keamanan produk tersebut untuk si bayi. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan hal-hal berikut ini!

Standar keamanan Eropa dengan tanda “E” pada label

Standar keamanan Eropa dengan tanda “E” pada label
Salah satu standar keamanan yang telah diakui oleh negara-negara di dunia untuk baby car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan Eropa ditandai dengan tanda huruf “E” pada label baby car seat tersebut. Ada juga standar yang lain, seperti ECE R44/04 dari Eropa dan FMVSS (Federal Motor Vehicle Safety Standards) No. 213 dari Amerika Serikat, tetapi produk berstandar FMVSS lebih jarang ditemukan di Indonesia.
Bila hendak membeli baby car seat, sebisa mungkin pastikan bahwa produk tersebut telah memiliki salah satu standar di atas.

Periksa kembali faktor keamanannya walau telah memenuhi standar keamanan

Periksa kembali faktor keamanannya walau telah memenuhi standar keamanan
Baby car seat yang telah dilengkapi label “E” atau standar keamanan lainnya memang terjamin kualitasnya, tetapi performa dari tiap produsen memiliki hasil yang cukup bervariasi.
Sebagian baby car seat memiliki perlindungan yang dapat menahan efek kejut dari samping. Ada pula yang telah dirancang untuk melindungi kepala sang bayi dengan bantalan peredam guncangan pada bagian sandaran kepala. Karena itu, periksalah dengan cermat mengenai adanya fungsi tersebut ketika Anda memilih baby car seat untuk bayi.

Pilihlah metode pemasangan baby car seat yang menunjang keamanan

Pilihlah metode pemasangan baby car seat yang menunjang keamanan
Berdasarkan pemasangannya, baby car seat dapat dibagi menjadi 3 tipe. Tipe pertama adalah produk yang dapat dengan mudah dipasangkan dengan bantuan sabuk pengaman. Tipe kedua adalah produk yang dipasangkan menggunakan konektor dengan memasukkannya ke sebuah logam khusus yang disebut ISOFIX. Lalu, tipe ketiga adalah produk yang dipasangkan langsung pada ISOFIX.
Memasangkan baby car seat dengan sabuk pengaman ternyata cukup sulit, bahkan dilaporkan bahwa 55% di antara pengguna memasangnya secara tidak tepat. Jika Anda berencana membeli baby car seat, akan lebih aman jika Anda memilih baby car seat yang dilengkapi ISOFIX.
Walau demikian, ISOFIX tidak dapat dipasang jika mobil yang Anda gunakan tidak menunjang penggunaan ISOFIX. Sebagian besar seri mobil terbaru biasanya telah dilengkapi fitur ini, tetapi ada baiknya Anda memeriksanya kembali.

Pilihlah tipe baby car seat sesuai dengan kebutuhan

Berdasarkan penggunaannya, baby car seat terbagi dalam 2 tipe, yaitu produk yang khusus untuk dipasangkan di mobil dan produk yang juga dapat dipasangkan ke kereta dorong bayi (travel system). Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe baby car seat tersebut. Untuk itu, pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe khusus untuk di mobil yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama

Tipe khusus untuk di mobil yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama
Baby car seat yang khusus digunakan untuk di mobil saja biasanya lebih praktis karena selalu dalam kondisi terpasang di mobil. Sekali terpasang dengan baik, kemungkinan salah pasang selanjutnya yang dikarenakan sabuk pengaman terlalu kencang atau longgar akan berkurang.
Sebagai tambahan, banyak kursi yang mempunyai dua fungsi untuk bayi dan anak-anak dengan menyesuaikan arah hadap kursi, kemiringan, dan ukurannya. Ketika bayi Anda bertumbuh besar, Anda cukup memutar arah, kemiringan, dan menyesuaikan ukurannya dengan tubuh buah hati Anda. Secara umum, banyak produk yang dapat digunakan untuk anak berusia 0-4 tahun. Jadi, kursi bayi ini cocok bagi Anda yang berencana membelinya untuk jangka waktu lama.

Tipe travel system yang praktis dan mudah digunakan

Tipe travel system yang praktis dan mudah digunakan
Ketika berkendara dengan bayi, umumnya mereka tertidur di tengah perjalanan. Anda pun tentunya tidak ingin bayi Anda terbangun atau harus sengaja membangunkannya ketika Anda memindahkannya dari mobil setiba di tempat tujuan. Hal ini bisa merusak suasana hati bayi dan membuatnya rewel.
Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan baby car seat dengan travel system. Tipe ini dapat digunakan sebagai baby car seat sekaligus baby seat pada kereta dorong bayi. Dengan begitu, Anda dapat memindahkan baby car seat sekaligus dengan bayi Anda untuk langsung ditempatkan di kereta dorong. Anda pun dapat menggunakannya sebagai buaian atau ranjang sementara ketika hanya digunakan di dalam rumah.
Namun, baby car seat seperti ini hanya bisa digunakan untuk jangka waktu pendek, yaitu sekitar satu setengah tahun atau mungkin hanya dalam beberapa bulan karena bayi akan bertumbuh besar. Jika Anda berencana membeli baby car seat dengan travel system, pastikan Anda membeli kursi mobil untuk anak setelahnya.

Pastikan baby car seat dapat dipasang dengan baik di dalam mobil

Pastikan baby car seat dapat dipasang dengan baik di dalam mobil
Walau baby car seat dapat digunakan hampir di semua jenis mobil, tidak ada salahnya memeriksa kembali kesesuaian baby car seat yang hendak Anda beli dengan mobil Anda. Umumnya baby car seat cocok digunakan dengan sabuk pengaman 3 titik. Namun, sebagian produk mungkin tidak dapat dipasangkan dengan sabuk 2 titik yang biasa terpasang di kursi belakang bagian tengah.
Selain itu, ada pula baby car seat yang hanya dapat dipasang dengan menggunakan ISOFIX atau telah dirancang khusus untuk dapat diletakkan begitu saja di dalam mobil Anda. Hal ini mengakibatkan terbatasnya pilihan baby car seat yang cocok dengan model mobil Anda. Jadi, periksalah dengan cermat sebelum Anda membelinya.

10 Rekomendasi baby car seat

Setelah mengetahui cara memilih baby car seat, saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi baby car seat terbaik. Semoga Anda dapat menemukan produk yang paling cocok untuk buah hati Anda!
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Maxi-CosiCabrioFix Safe Comfortable Infant Carrier

Rp 1.000.000,00

Tabel perbandingan produk baby car seat terbaik

Gambar produk
1
Maxi-Cosi CabrioFix Safe Comfortable Infant Carrier 1

Maxi-Cosi

2
Britax Römer First Class Plus 1

Britax Römer

3
Aprica Fladea Grow HiDX 1

Aprica

4
Nuna  Pipa Lite with Base Fog Car Seat 1

Nuna

5
Graco Contender 65 1

Graco

6
Joie Joie Meet Gemm™ 1

Joie

7
Sparco Baby Car Seat 1

Sparco

8
Joie Meet Every Stage™ FX 1

Joie

9
Cocolatte  1

10
Babydoes Car Seat  1

Babydoes

Nama produk

CabrioFix Safe Comfortable Infant Carrier

First Class Plus

Fladea Grow HiDX

Pipa Lite with Base Fog Car Seat

Contender 65

Joie Meet Gemm™

Baby Car Seat

Meet Every Stage™ FX

Cocolatte

Car Seat

Keunggulan

Travel system super nyaman dengan varian warna yang trendy

Harness system dengan bunyi “klik” saat terpasang benar

Dengan kemiringan hingga 170º, bayi dapat tidur dengan lebih nyaman

Paling ringan di kelasnya, lengkap dengan perlindungan sempurna

Dengan cup holders, botol minum bayi Anda tetap dalam jangkauan

Teman setia yang antirepot untuk setiap perjalanan Anda

Interior mobil semakin keren dengan baby car seat yang sporty

Dapat digunakan oleh newborn baby hingga anak-anak!

Kenyamanan berbaring dan berkendara yang lebih untuk si kecil

Ukurannya lebar, buah hati berbadan montok pun tetap bebas bergerak

HargaRp 1.000.000,00Rp 2.853.000,00Rp 6.254.000,00Rp 2.850.000,00Rp 1.100.000,00Rp 1.225.000,00Rp 1.779.000,00Rp 265.000,00Rp 1.400.000,00Rp 479.900,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kali ini kami telah memilihkan 10 rekomendasi baby car seat yang nyaman untuk digunakan oleh bayi Anda. Dengan adanya baby car seat, perjalanan bermobil Anda tentu akan lebih menyenangkan karena Anda tak perlu lagi merisaukan keamanan sang buah hati. Anda pun dapat berkonsentrasi menyetir atau melihat-lihat pemandangan bersama sang buah hati.
Jika bayi Anda tertidur, ia dapat menikmati tidur yang nyenyak dalam baby car seat-nya yang nyaman. Baik tipe khusus untuk di mobil maupun travel system, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah produk yang paling tepat untuk Anda dan selamat berkendara aman dan nyaman dengan bayi Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Makanan & susu bayi
    495.829 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    202.334 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    213.767 Views
  • 10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Tenang saja, kini sudah banyak produk ASI booster yang aman dan dijual di pasaran. Ibu yang baru melahirkan mungkin membutuhkan ASI booster untuk meningkatkan produksi serta kualitas ASI. Ada berbagai bentuk dan rasa produk ASI booster.Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk ASI booster sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Temukan juga berbagai produk terbaik, seperti Asifit, MamaBear, dan Herbs of Gold, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca, ya mom!
    Perlengkapan & perawatan ibu
    95.136 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Makanan & susu bayi
    156.154 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    163.459 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Bayi Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bedak Bayi Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu produk perawatan bayi yang wajib dimiliki adalah bedak. Bedak tabur merupakan salah satu jenis bedak yang banyak digunakan sejak lama. Namun, bedak tabur dinilai dapat mengganggu pernapasan bayi, khususnya jika digunakan pada wajah. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan produk yang lebih aman seperti bedak bayi cair.Dalam artikel ini, kami akan mengulas informasi mengenai bedak bayi cair terbaik. Beberapa merek terkenal seperti Zwitsal, Mitu, dan Caladine juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    160 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori