• 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Car Seat Baby Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Baby car seat diperlukan ketika mengajak buah hati Anda yang masih bayi untuk bepergian dengan mobil. Saat ini banyak merek car seat bayi yang beredar, seperti Nuna, Joie, Pliko, dan sebagainya. Hal ini mungkin membuat Anda kesulitan dalam menentukan car seat terbaik untuk bayi Anda.

 
Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih car seat baby. Simak juga komentar dari babywearing consultant & child passenger safety advocate kami, Lingga Rosalina. Kami juga akan memberikan rekomendasi car seat yang bagus untuk buah hati Anda. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lingga Rosalina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Babywearing consultant & child passenger safety advocate, Lingga Rosalina

Profil pakar: Babywearing consultant & child passenger safety advocate, Lingga Rosalina

Lingga adalah seorang konsultan menggendong (babywearing consultant) tersertifikasi dari School of Babywearing UK. Karena kepeduliannya terhadap keselamatan anak, pada 2019 Lingga mengambil pelatihan dan sertifikasi untuk menjadi child passenger safety advocate.

 
Lingga mengajar kelas dan workshop menggendong secara rutin di Bintaro, Tangerang Selatan. Bersama rekan konsultan lain, Lingga juga mendirikan komunitas Belajar Menggendong untuk mengedukasi orang tua secara online. Lingga juga bisa disapa melalui media sosialnya.

Manfaat menggunakan baby car seat

Manfaat menggunakan baby car seat

Sebelum berusia enam tahun, anak-anak masih disarankan untuk menggunakan car seat tambahan selama berada di dalam mobil. Hal ini bertujuan untuk membuat anak nyaman sekaligus menjamin keselamatannya selama dalam perjalanan. Di luar sana terdapat berbagai jenis car seat yang telah disesuaikan dengan usia ataupun berat badan sang anak. 


Nah, artikel ini akan membahas tentang car seat yang dapat digunakan oleh bayi sejak masih baru lahir. Baby car seat umumnya dipasang menghadap belakang dan memiliki sandaran yang dapat dibaringkan hingga 45 derajat. Meskipun dapat dimiringkan untuk posisi berbaring, baby car seat berbeda dengan tempat tidur biasa. 


Baby car seat memiliki bantalan khusus sebagai peredam kejut apabila terjadi kecelakaan selama perjalanan. Jadi, bayi Anda akan aman dan juga lebih terlindungi. Anda mungkin merasa repot memasang baby car seat. Namun, pemasangan baby car seat sangat diperlukan sebagai antisipasi apabila terjadi kecelakaan saat berada di perjalanan. 

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Indonesia belum memiliki peraturan mengenai pemakaian car seat untuk anak. Namun, selaku orang tua tentunya kita ingin melindungi anak-anak kita dari bahaya. Saat membawa bayi di dalam kendaraan, orang tua bisa saja berhati-hati dalam membawa kendaraan. Akan tetapi, kita tidak bisa memastikan bahwa pengendara lain juga melakukan hal yang sama. 


Kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, sangat penting untuk menempatkan bayi kita di car seat demi mengurangi risiko kematian apabila terjadi kecelakaan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baby car seat

Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi car seat bayi. Sebelum itu, perhatikan hal-hal berikut ini demi menjaga keselamatan dan kenyamanan bayi Anda.

Carilah produk yang memiliki standar keamanan

Carilah produk yang memiliki standar keamanan

Salah satu standar keamanan yang telah diakui oleh negara-negara di dunia untuk baby car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan Eropa ditandai huruf "E" di label baby car seat tersebut. Label ini menunjukkan bahwa produknya telah lolos sertifikasi standar keamanan Eropa. Standar tersebut adalah ECE R44/04 dan ECE R129 sebagai standar yang lebih tinggi. ECE R129 juga biasa disebut i-Size. 


Produk dengan label "E" merupakan produk yang telah teruji keamanannya. Namun, apabila Anda sangat mengutamakan standar keamanan suatu produk, pilihlah produk dengan sertifikasi R129 atau i-Size. Produk dengan standar keamanan ini terbukti sudah lolos uji standar keamanan paling terkini.


Pada dasarnya produk-produk yang dijual sudah pasti aman untuk digunakan oleh bayi Anda. Meskipun begitu, sebisa mungkin pastikan bahwa produk yang akan Anda beli memiliki salah satu standar keamanan di atas.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Car seat harus melalui simulasi tabrakan untuk memastikan bahwa car seat tersebut aman digunakan. ECE R129 adalah regulasi di Eropa yang diberlakukan untuk car seat dengan meningkatkan keamanan di bagian samping. Regulasi yang dikeluarkan pada Juli 2013 ini juga memungkinkan anak menghadap belakang lebih lama dan memastikan kemudahan instalasinya.

Periksa juga faktor keamanan produk berdasarkan produsennya

Selain untuk memenuhi standar keamanan yang diakui dunia, para produsen juga berupaya membuat produknya menjadi lebih aman. Hal ini juga dapat Anda jadikan sebagai poin pertimbangan sebelum beli car seat bayi.

Kedalaman kursi, dapat melindungi bayi dari benturan samping

Kedalaman kursi, dapat melindungi bayi dari benturan samping
Salah satu poin lolos uji standar keamanan R129 atau i-Size adalah proteksi samping yang maksimal. Oleh karena itu, beberapa produsen membuat desain kedalaman kursi yang mumpuni untuk menahan benturan samping. 

Hal yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat keamanan produk adalah dengan memperhatikan kedalaman bagian kepalanya. Banyak produsen yang awalnya berstandar R44 memodifikasi desainnya untuk memenuhi standar R129. 

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Untuk memenuhi standar ECE R129, car seat dites dalam simulasi tabrakan dengan tiga jenis benturan. Ketiga jenis itu yaitu benturan depan, samping, dan belakang. Selain itu, ada 32 titik sensor yang diamati. Hal ini untuk memastikan keamanan bayi di dalam car seat dari pengaruh benturan dari berbagai sisi, terutama dari samping.

Tipe car seat, dapat disesuaikan dengan usia bayi

Tipe car seat, dapat disesuaikan dengan usia bayi

Pada dasarnya baby car seat memang dipakai hingga bayi berusia satu tahun. Namun, produknya dapat dibagi lagi ke dalam tiga tipe berdasarkan usia pemakainya.


  • R44/grup 0

Tipe ini tak memiliki ketentuan panjang maksimal, tetapi dapat digunakan untuk bayi dengan berat maksimal 12 kg. Para produsen mengeklaim seat car jenis ini dapat digunakan untuk bayi hingga berusia 12 bulan. Namun, hal ini tidak dapat menjadi acuan mengingat pertumbuhan fisik bayi yang berbeda-beda. Bisa jadi tipe ini hanya dapat dipakai hingga bayi berusia sembilan bulan saja.


  • R44/grup 0+

Sama seperti tipe R44/grup 0 di atas, tipe ini tak memiliki ketentuan panjang maksimal. Sementara itu, ketentuan untuk berat maksimalnya adalah 13 kg. Tipe ini dapat digunakan hingga bayi berusia 15 atau 18 bulan tergantung pada produsennya. 


Namun, pada kenyataannya, ukuran produk tiap produsen tidak jauh berbeda satu sama lain. Jika ukuran fisik bayi termasuk besar, tipe ini dapat digunakan hingga bayi Anda berusia sekitar satu tahun. Namun, jika bayi Anda tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakannya hingga bayi berusia sekitar satu setengah tahun.


  • R129 (i-Size)

Tipe ini memiliki ketentuan panjang seat yaitu 85 cm. Tipe ini mempunyai seat yang sedikit lebih panjang daripada R44/grup 0+ dan ketentuan berat maksimalnya adalah 13 kg. Selain ketentuan panjang seat, tidak ada yang berbeda dengan tipe R44/grup 0+.


Ada baiknya Anda juga menyiapkan car seat saat bayi sudah menginjak usia di atas satu tahun. Banyak produk yang dapat digunakan anak usia 1–4 tahun. Ada juga produk yang dapat digunakan untuk bayi dan anak usia 0–4 tahun. Kursi bayi ini cocok bagi Anda yang berencana memakainya untuk jangka waktu lama.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Gunakanlah car seat yang sesuai dengan tinggi dan berat bayi Anda. Penggunaan car seat yang tidak sesuai malah akan meningkatkan risiko bila terjadi kecelakaan, bukan mengurangi risiko tersebut. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Jumlah harness, dapat menyangga anak dan mendukung keamanannya

Jumlah harness, dapat menyangga anak dan mendukung keamanannya

Harness merupakan tali atau sabuk pengaman yang dipasang pada bahu dan sela paha bayi. Produk baby car seat umumnya dilengkapi dengan tiga harness. Jumlah ini sebenarnya sudah cukup aman dan dapat menghemat waktu pasang. 


Namun, ada juga produk berspesifikasi tinggi yang memiliki lima harness agar lebih aman. Anda dapat memasangkan harness tersebut di bahu, pinggang, dan sela paha bayi. Pastikan Anda mempertimbangkan poin ini sebelum membeli produk.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Perbedaan mendasar dari 3-point harness dan 5-point harness adalah jumlah sabuk yang digunakan untuk menahan bayi berada di kursinya. Makin banyak sabuk yang terpasang, bayi akan makin aman. Sabuk ini akan mendistribusikan tekanan apabila terjadi benturan atau tabrakan.

Pilihlah berdasarkan metode pemasangannya

Pilihlah berdasarkan metode pemasangannya
Berdasarkan pemasangannya, baby car seat dapat dibagi menjadi dua. Tipe pertama adalah produk yang dapat dengan mudah dipasangkan dengan bantuan sabuk pengaman. Sementara itu, tipe kedua adalah produk yang dipasangkan menggunakan konektor original-nya. 

  • Dipasang dengan sabuk pengaman

Baby car seat yang dipasang dengan sabuk pengaman banyak ditemukan di pasaran. Namun, memasangkan baby car seat dengan sabuk pengaman ternyata cukup sulit. Dilaporkan bahwa 55% di antara pengguna memasangnya secara tidak tepat. Karena itu, ada merek baby car seat yang dilengkapi dengan panduan berwarna untuk meminimalkan kesalahan pemasangan.


  • Dipasang dengan konektor original

Untuk memudahkan Anda dan meminimalkan kesalahan, kami sarankan Anda memilih baby car seat yang sudah dilengkapi konektor. Biasanya konektor sudah termasuk dalam satu paket saat Anda membeli produknya. Namun, ada juga produk yang menjual konektornya secara terpisah.


Sebagian produk dilengkapi konektor yang dapat dipasang dengan memasukkannya ke sebuah logam khusus yang disebut ISOFIX. Sayangnya ISOFIX tidak dapat dipasang jika mobil yang Anda gunakan tidak menunjang penggunaan ISOFIX. Sebagian besar seri mobil terbaru biasanya telah dilengkapi fitur ini, tetapi ada baiknya Anda memeriksanya kembali.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Pemasangan yang tidak tepat malah akan membahayakan bayi Anda. Pemasangan car seat dengan ISOFIX akan terasa lebih mudah dan meminimalkan kesalahan dalam pemasangan. Namun, perlu dipastikan juga bahwa tipe kendaraan Anda memiliki ISOFIX di bangku baris kedua.

Pertimbangkan produk yang bisa dipasang di stroller

Pertimbangkan produk yang bisa dipasang di stroller

Tipe travel system merupakan tipe yang memungkinkan Anda untuk memasang seat di kereta dorong bayi atau stroller. Jadi, Anda bisa memindah-mindahkannya dengan mudah dan leluasa. Hal ini tentunya sangat membantu Anda saat harus memindahkan bayi dari mobil ke stroller. Anda jadi tidak perlu khawatir buah hati akan terbangun saat dipindahkan.


Sayangnya, tidak semua stroller dapat dipasangi baby car seat. Jika demikian, Anda dapat membeli produk dari produsen yang sama. Anda bisa juga membeli dari produsen yang berbeda jika produk tersebut mendukung tipe travel system


Jadi, sebelum Anda membelinya, cari tahu dahulu apakah baby car seat tersebut merupakan tipe travel system atau bukan. Periksa juga merek stroller yang kompatibel dengan baby car seat tersebut. Mungkin saja Anda perlu konektor khusus yang harus dibeli secara terpisah.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Fitur ini optional, tergantung pada kebutuhan dan kenyamanan orang tua. Pastikan Anda membaca buku manual car seat. Selanjutnya, coba terlebih dahulu memasang serta melepas car seat ke stroller tanpa bayi. Apabila sudah paham caranya, tentu akan lebih aman dan cepat untuk memasang dan melepas car seat ke stroller.

Pastikan produk dapat dipasang dengan baik di dalam mobil

Pastikan produk dapat dipasang dengan baik di dalam mobil
Baby car seat memang dapat digunakan hampir di semua jenis mobil. Namun, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali kesesuaian baby car seat tersebut dengan mobil Anda. Umumnya baby car seat cocok digunakan dengan sabuk pengaman tiga titik

Namun, sebagian besar mobil keluaran lama memiliki sabuk pengaman pendek sehingga kemungkinan tidak cocok dengan produk yang ada. Beberapa produk mungkin tidak bisa dipasangkan dengan sabuk dua titik yang biasa terpasang di kursi belakang bagian tengahnya.


Tambahan lagi, jika Anda ingin menggunakan ISOFIX seperti penjelasan di atas, periksa juga kesesuaiannya dengan model mobil Anda. Baby car seat yang dapat dipasang menggunakan ISOFIX membuat pilihan produk yang cocok menjadi terbatas. Jadi, periksalah dengan cermat sebelum membeli.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Sebelum membeli dan memasang car seat, baca kembali buku manual mobil untuk memastikan bahwa mobil dapat dipasang car seat. Pastikan mobil Anda memiliki ISOFIX atau tipe dan panjang seatbelt yang sesuai. 


Demikian juga saat memilih car seat. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu apakah car seat tersebut dapat dipasang pada mobil Anda. Anda dapat men-download buku manual car seat terlebih dahulu melalui website produsen. Dengan begitu, Anda bisa mengecek kesesuaian car seat dan mobil sebelum membeli car seat.

Periksa adanya fungsi pendukung lain

Setiap produk memiliki fungsi pendukung yang berbeda-beda tergantung produsennya. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi pendukung lain yang berguna bagi Anda dan bayi.

Posisi headrest dan sabuk bahu, dapat disesuaikan dengan sistem one touch

Posisi headrest dan sabuk bahu, dapat disesuaikan dengan sistem one touch

Produk dengan fungsi ini sudah didesain sesuai dengan standar keamanan terbaru. Produk ini memiliki headrest atau sandaran kepala dan sabuk bahu yang dapat diatur hanya dengan sekali sentuh. Pertumbuhan bayi sangat cepat dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Karena itu, fungsi ini akan memudahkan Anda menyesuaikan baby car seat dengan kondisi fisik bayi

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Setiap kali berkendara dengan bayi, jangan lupa untuk mengecek posisi headrest dan sabuk bahu. Hal ini penting karena bayi tumbuh dengan cepat sehingga kita perlu menyesuaikan tinggi headrest dan sabuk bahu. Jadi, kita bisa memastikan bayi berada pada posisi nyaman dan terlindungi dengan baik.

Pengaturan harness, untuk memudahkan menidurkan bayi

Pengaturan harness, untuk memudahkan menidurkan bayi

Terkadang saat Anda menidurkan bayi di car seat, posisi harness berada di bawah bayi. Hal ini membuat Anda harus menarik harness dari samping sebelum memasangkannya. Untuk menghindari hal tersebut, ada produk yang harness pada kedua bahunya dapat diangkat dengan halus oleh pegas


Dengan fungsi tersebut, buckle-nya akan mengarah ke depan secara otomatis ketika akan dipasang atau dilepas. Fungsi ini akan memudahkan Anda selama menggunakan baby car seat

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Fitur pengaturan harness ini tentu akan sangat memudahkan orang tua. Namun, tidak semua car seat memiliki fitur ini. Karena itu, pelajari car seat incaran Anda dengan men-download terlebih dahulu buku manual car seat melalui website produsen.

Desain produk, demi kenyamanan bayi newborn

Desain produk, demi kenyamanan bayi newborn

Baby car seat merupakan kursi yang dipasang dengan kemiringan hingga 45 derajat. Sebenarnya, posisi ini tidak mudah bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, terdapat beberapa produk yang memberikan bantalan untuk menyangga bagian bawah pantat bayi. 


Dengan begitu, bayi yang baru lahir pun akan tetap nyaman saat berada di kursi. Pada produk berspesifikasi tinggi, seat pada bagian bawah pantat bayi juga dapat dinaikkan. Biasanya seat pada produk tersebut terbuat dari resin lunak yang tetap empuk dan nyaman bagi bayi.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Pastikan orang tua membaca terlebih dahulu buku manual car seat. Dengan begitu, Anda paham kapan dan bagaimana bantalan harus dipasang, serta kapan bantalan tidak perlu dipasang pada car seat.

Mode recline, kemiringan kursi yang bisa disesuaikan dengan tahapan usia

Mode recline, kemiringan kursi yang bisa disesuaikan dengan tahapan usia

Pemasangan base juga jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika pemasangan base tidak benar, posisi base akan miring. Bayi Anda pun tidak akan mendapat posisi yang nyaman di atas car seat. Produsen yang fokus terhadap hal ini akan mendesain produknya dengan pengatur posisi otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan posisi yang membuat si kecil tidak nyaman.

Lingga Rosalina
Babywearing consultant
Lingga Rosalina

Orang tua wajib membaca terlebih dahulu buku manual car seat sebelum car seat digunakan bersama bayi. Pahami cara menaikturunkan recliner pada base car seat. Biasanya terdapat petunjuk pada base car seat tentang relasi antara usia atau berat bayi dengan tingkat kemiringan yang dibutuhkan. Petunjuk ini akan memudahkan orang tua mengatur recliner.

10 Rekomendasi car seat baby terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk car seat baby terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 19 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Joie Every Stage FX menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Babydoes Carseat CH 8735 memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lingga Rosalina

Gambar produk
1
Babydoes Carseat  1

Babydoes

2
Joie Steadi 1

Joie

3
Nuna Rava 1

Nuna

4
Pliko Car Seat 2GO 1

Pliko

5
Babyelle Spin 360  1

Babyelle

6
Coco Latte  Car Seat Evenflo Duran 1

Coco Latte

7
Graco 4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat featuring Safety Surround 1

Graco

8
Beiens Car Seat 1

Beiens

9
Maxi Cosi Car Seat Milofix 1

Maxi Cosi

10
Britax Römer First Class Plus 1

Britax Römer

Nama produk

Carseat

Steadi

Rava

Car Seat 2GO

Spin 360

Car Seat Evenflo Duran

4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat featuring Safety Surround

Car Seat

Car Seat Milofix

First Class Plus

Keunggulan

Kursi bisa berputar 360 derajat, menidurkan bayi jadi mudah

Bantalan ekstra pada harness bahu yang nyaman untuk anak

Berbahan serat alami yang aman dan nyaman untuk kulit anak

Menunjang mobilitas Anda bersama bayi

Bayi bisa tidur nyenyak dengan adanya kanopi

Dilengkapi airbag di tiap sisi kepala untuk perlindungan lebih ekstra

Terdapat cup holder, botol minum tetap dalam jangkauan anak

Dilengkapi modul antitabrakan dan dapat menyerap efek benturan

Lebar dan empuk, anak lebih betah duduk di car seat

Saat terpasang dengan benar, harness system berbunyi klik

Harga mulai dariRp 1.150.000,00Rp 1.675.000,00Rp 4.275.000,00Rp 435.000,00Rp 1.249.000,00Rp 2.599.000,00Rp 399.900,00Rp 3.299.000,00Rp 5.499.000,00Rp 3.700.000,00
Standar keamananECE R44/04ECE R44/04FAATidak disebutkanECE R44/04ECE R44/04FMVSS 213ECE R44/04FAAECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, tether, proteksi kepala dan samping maksimal (SIP)Penguncian lima titik, busa pelindung pada bagian kepala hingga badan, pelindung samping dari kepala hingga pinggulPenguncian lima titik, proteksi samping maksimal (energy absorbing foam dan SIP)Penguncian lima titik, busa pelindung pada bagian kepala hingga badanPenguncian lima titik dengan lima tingkat kekencangan, proteksi kepala dan badanPenguncian lima titik, proteksi kepala dan badanPenguncian lima titik, Push-button InRight latch systemPerlindungan delapan titik, proteksi badan dan kepalaPenguncian lima titik, proteksi kepala dan badan, tetherPenguncian lima titik, kedalaman kursi yang aman, proteksi kepala dan badan
Metode pemasanganISOFIX dan seat beltSeat beltSeat beltSeat beltISOFIXSeat beltSeat beltISOFIX dan seat beltISOFIXSeat belt
Fungsi utamaBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seatBaby car seat
FiturDapat berputar 360°, kanopi, empat mode reclineEmpat mode reclineDua posisi hadapan (rear facing dan forward facing), 10 position headrestTravel system, kanopiPengatur ketinggian headrest, empat mode recline, kanopiAirbag, tiga mode reclinePengaturan harness dan tinggi headrest yang mudah, cup holder, enam mode reclineEmpat mode reclineSatu mode recline (forward facing)Quick-remove cover, multi-recline position, CLICK & SAFE® audible harness system, performance chest pads
Target usiaMulai bayi usia 0 bulan hingga usia anak-anak (maksimal 36 kg)0–4 tahun (maksimal 18 kg)Rear facing: 0–24 bulan (2,2–22 kg)・Forward facing: mulai usia 2 tahun (11–29 kg)0–12 bulan (maksimal 13 kg)Tidak disebutkan (maksimal 36 kg)0–36 bulan (maksimal 25 kg)Tidak disebutkan (maksimal 54 kg)0–12 tahun (maksimal 36 kg)0–4 tahun (maksimal 18 kg)0–4 tahun (maksimal 18 kg)
Tautan produk
10
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, kedalaman kursi yang aman, proteksi kepala dan badan
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturQuick-remove cover, multi-recline position, CLICK & SAFE® audible harness system, performance chest pads
Target usia0–4 tahun (maksimal 18 kg)
9
Standar keamananFAA
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, proteksi kepala dan badan, tether
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
FiturSatu mode recline (forward facing)
Target usia0–4 tahun (maksimal 18 kg)
8
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPerlindungan delapan titik, proteksi badan dan kepala
Metode pemasanganISOFIX dan seat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturEmpat mode recline
Target usia0–12 tahun (maksimal 36 kg)
7

Graco4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat featuring Safety Surround

1939912

Mulai dari Rp 399.900,00

Standar keamananFMVSS 213
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, Push-button InRight latch system
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturPengaturan harness dan tinggi headrest yang mudah, cup holder, enam mode recline
Target usiaTidak disebutkan (maksimal 54 kg)
6

Coco Latte Car Seat Evenflo Duran

858

Mulai dari Rp 2.599.000,00

Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, proteksi kepala dan badan
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturAirbag, tiga mode recline
Target usia0–36 bulan (maksimal 25 kg)
5
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik dengan lima tingkat kekencangan, proteksi kepala dan badan
Metode pemasanganISOFIX
Fungsi utamaBaby car seat
FiturPengatur ketinggian headrest, empat mode recline, kanopi
Target usiaTidak disebutkan (maksimal 36 kg)
4
Standar keamananTidak disebutkan
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, busa pelindung pada bagian kepala hingga badan
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturTravel system, kanopi
Target usia0–12 bulan (maksimal 13 kg)
3
Standar keamananFAA
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, proteksi samping maksimal (energy absorbing foam dan SIP)
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturDua posisi hadapan (rear facing dan forward facing), 10 position headrest
Target usiaRear facing: 0–24 bulan (2,2–22 kg)・Forward facing: mulai usia 2 tahun (11–29 kg)
2
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, busa pelindung pada bagian kepala hingga badan, pelindung samping dari kepala hingga pinggul
Metode pemasanganSeat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturEmpat mode recline
Target usia0–4 tahun (maksimal 18 kg)
1
Standar keamananECE R44/04
Performa penunjang keamananPenguncian lima titik, tether, proteksi kepala dan samping maksimal (SIP)
Metode pemasanganISOFIX dan seat belt
Fungsi utamaBaby car seat
FiturDapat berputar 360°, kanopi, empat mode recline
Target usiaMulai bayi usia 0 bulan hingga usia anak-anak (maksimal 36 kg)

Tips dari babywearing consultant & child passenger safety advocate kami, Lingga Rosalina

Tips dari babywearing consultant & child passenger safety advocate kami, Lingga Rosalina

Saat membeli car seat secara offline, carilah toko yang memperbolehkan untuk mencoba memasang car seat di mobil Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil memiliki ruang yang cukup untuk car seat yang ingin Anda beli. Anda juga bisa memastikan car seat memang compatible dengan mobil Anda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain baby car seat, tentu banyak keperluan lain yang harus dipersiapkan saat akan bepergian bersama bayi. Untuk itu, kami telah mengulas artikel mengenai keperluan bayi lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui pembahasannya lebih lanjut!

Kesimpulan

Dengan adanya baby car seat, perjalanan Anda bersama sang buah hati tentu akan lebih menyenangkan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan buah hati. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda dalam menentukan baby car seat yang sesuai kebutuhan Anda. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman bersama si kecil, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Di pasaran terdapat berbagai produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape. Kami akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.Kami akan merekomendasikan berbagai jenis gendongan bayi, termasuk gendongan SSC terbaik, dari merek Momaz, Mooi, Timang, dan lainnya. Rekomendasi gendongan bayi newborn yang bagus juga kami berikan. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Saputangan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saputangan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Saputangan adalah salah satu benda yang sangat dibutuhkan dalam merawat bayi. Selain untuk menyeka keringat dan air liur, saputangan juga dapat digunakan saat sedang menyusui. Saputangan yang berkualitas adalah saputangan yang daya serapnya tinggi, breathable, dan lembut di kulit.Namun, saputangan memiliki variasi bahan dan ukuran yang beragam. Anda mungkin bertanya-tanya saputangan seperti apa yang sebaiknya Anda beli. Kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih saputangan bayi dan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk untuk Anda. Terdapat beberapa merek yang akan Anda temukan, di antaranya Libby Baby dan ClevaMama. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori