mybest
Kamera DSLR

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Kamera DSLR
  4. 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik [Ditinjau oleh Photographer]
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik  [Ditinjau oleh Photographer] 1
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik  [Ditinjau oleh Photographer] 2
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik  [Ditinjau oleh Photographer] 3
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik  [Ditinjau oleh Photographer] 4
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik  [Ditinjau oleh Photographer] 5

10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik [Ditinjau oleh Photographer]

Kamera digital single-lens reflex (DSLR) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga jadi lebih berkesan. Namun, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih tinggi harganya dibandingkan kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga pasti membingungkan Anda.

Dari banyaknya kamera DSLR terbaik di pasaran, merek Canon memiliki popularitas tinggi. Ini sangat wajar mengingat tipenya yang bagus, mulai dari entry level hingga profesional. Nah, kami akan menjelaskan cara memilih kamera Canon terbaik dan memberi rekomendasi kamera DSLR Canon terbaik. Tidak lupa, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.

Diperbaharui 20/12/2023
Beawiharta
Pakar
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Beawiharta adalah seorang freelance photographer yang menyenangi fotografi dan sering berbagi cerita lewat foto-fotonya. Belajar fotografi pada era film seluloid, ia kemudian memulai kariernya sebagai fotografer komersial. Dengan pengalamannya menjadi wartawan foto selama 25 tahun untuk kawasan Asia, Beawiharta pernah memakai Nikon, Canon, dan Fujifilm mirrorless yang kini menjadi favoritnya. Beawiharta selalu menyukai foto dokumenter yang bercerita tentang orang-orang yang dijumpainya di mana pun.

Profil Beawiharta
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kamera DSLR Canon

Sekarang kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih kamera DSLR Canon. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan saat memilih produk. Yuk, simak selengkapnya!
1

Pilih berdasarkan level atau skill dalam menggunakan kamera

Kamera DSLR memiliki fitur yang lebih banyak jika dibandingkan kamera digital biasa. Karena itu, salah satu poin terpenting dalam memilih kamera DSLR adalah menyesuaikan dengan level dan skill yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menguasainya.
Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Sebagai sebuah pabrikan besar dan sudah ada sejak lama, Canon merupakan merek kamera dengan popularitas yang terbesar di dunia. Merek kamera yang lahir dan tumbuh di Jepang ini sekarang memiliki lebih dari 25 jenis kamera DSLR. Ya, jumlah yang tidak sedikit.

Lalu, manakah yang tergolong sebagai kamera DSLR Canon terbaik? Saya sudah mencoba lebih dari 20 jenis kamera Canon. Kali ini saya akan membaginya dalam tiga kelompok, yaitu kelompok profesional, kelompok hobi berat fotografi, dan kelompok pemula.

Canon seri Kiss, entry level untuk beginner

Canon seri Kiss, entry level untuk beginner

Bagi Anda yang berencana membeli kamera DSLR untuk pertama kali, Anda bisa mencoba Canon seri EOS Kiss. Di Indonesia sendiri, seri EOS Kiss ini dipasarkan dengan nama lain tanpa embel-embel Kiss. Seri kamera ini memiliki berbagai fitur yang bisa menghasilkan foto cantik secara otomatis sehingga tidak menyulitkan para pemula.


Selain itu, seri EOS Kiss juga populer karena bobotnya yang ringan. Sebagai perbandingan, kamera level menengah EOS 5D Mark IV memiliki bobot ±890 gram. Sementara itu, EOS Kiss X9 atau EOS 200D hanya berbobot setengahnya, yakni sekitar 405–410 gram. Berhubung cukup ringan dan mudah digunakan, seri ini sangat cocok untuk pemula.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kelompok pemula adalah kelompok yang baru belajar memotret. Kelompok yang baru mengenal fotografi ini biasanya akan memilih kamera dengan harga di bawah sepuluh juta rupiah. Dengan begitu, mereka tidak akan menghabiskan banyak dana jika kemudian tidak meneruskan hobinya ini.


Sebaliknya, jika ingin serius, mereka biasanya akan menaikkan kemampuan kameranya dengan membeli kamera yang lebih bagus. Kelompok ini rata-rata akan memilih Canon EOS 800D dan Canon EOS 200D.

EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II, intermediate level untuk camera enthusiast

EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II, intermediate level untuk camera enthusiast
Model yang paling populer untuk level menengah adalah EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II. Seri ini direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan kualitas gambar dan sering memotret objek bergerak. Jika Anda suka merekam video, seri ini juga sangat cocok untuk Anda.

Kamera-kamera pada level ini ditandai dengan kualitas gambar yang lebih unggul dibandingkan kamera untuk level pemula. Hal tersebut dimungkinkan karena sebagian besar bersensor full frame dan fitur autofokusnya juga sangat baik.


Selain itu, kamera di level ini juga dilengkapi fitur soft shutter. Fitur tersebut memungkinkan kamera tidak menimbulkan suara untuk sekali bidik ataupun saat melakukan continuous shoot. Pengoperasian yang mudah juga merupakan nilai tambahnya.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kelompok yang kedua adalah kelompok hobi berat fotografi. Biasanya mereka memilih Canon EOS 5D Mark IV, Canon EOS 6D Mark III, Canon EOS 7D Mark II, atau Canon EOS 80D.

EOS-1D X Mark II, expert level untuk fotografer profesional

EOS-1D X Mark II, expert level untuk fotografer profesional
Bagi para fotografer andal, model profesional seperti EOS-1D X Mark II inilah pilihannya. Model kamera Canon ini dirancang untuk memberikan kualitas gambar terbaik dan kecepatan kinerja tingkat tinggi.

Seri ini dilengkapi dengan Dual DIGIC 6, sensor full frame, serta continuous shoot hingga 14 fps (frame per second). Kombinasi ketiganya memungkinkan Anda untuk menangkap pesona objek yang sedang bergerak secara maksimal. Tentu saja model ini juga sangat direkomendasikan untuk pengambilan video atau gambar pada malam hari.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kelompok profesional adalah kelompok yang menghasilkan uang dari kameranya. Kelompok ini rata-rata akan memilih kamera Canon satu digit yang terbagus saat ini. Pilihan kameranya biasanya adalah Canon EOS-1D X Mark II, Canon EOS 5DS R, dan Canon EOS 5D Mark IV.


Jadi, sebelum memilih kamera, kalian harus tahu kalian dari kelompok mana. Dari situ kalian bisa memilih salah satu kamera yang terbaik berdasarkan kelompok tersebut.

2

Sesuaikan dengan scene dan tujuan pemotretan

Penting pula untuk memilih kamera berdasarkan tujuan pemotretannya. Pilihlah kamera yang fiturnya sesuai dengan objek dan scene yang sering Anda ambil.

Kecepatan autofokus tinggi, untuk memotret objek yang bergerak cepat

Kecepatan autofokus tinggi, untuk memotret objek yang bergerak cepat

Anda ingin memotret objek yang bergerak cepat, seperti pesawat terbang, kereta api, mobil, burung, dan sebagainya? Pilihlah kamera yang memiliki kecepatan autofokus tinggi. Berhubung objek bergerak sulit untuk didekati, sebaiknya pilihlah model kamera dengan akurasi fokus tinggi.


Anda juga dapat mengambil foto berkualitas tinggi menggunakan kamera bersensor full frame dengan jumlah continuous shoot tinggi. Kami merekomendasikan EOS 5D Mark IV, EOS 6D Mark II, dan EOS 90D. Sementara itu, untuk kamera dengan sensor Advanced Photo System type–C (APS-C), EOS 200D bisa menjadi pilihan.

EOS Scene Detection System, untuk memotret anak atau hewan peliharaan

EOS Scene Detection System, untuk memotret anak atau hewan peliharaan
Kamera yang dilengkapi monitor LCD Vari-angle sangat tepat digunakan untuk mengabadikan pertumbuhan anak Anda. EOS Kiss X9/EOS 200D, EOS 6D Mark II, dan EOS 77D termasuk di antara seri yang kami rekomendasikan. Model-model tersebut sudah dilengkapi dengan sistem analisis EOS Scene Detection System sehingga sempurna untuk digunakan merekam video si kecil.

Sistem ini menganalisis adegan pengambilan gambar berdasarkan tingkat kecerahan, pergerakan, kontras, dan jarak objek, lalu memfokuskannya dengan cepat. Model dalam kategori ini juga direkomendasikan untuk memotret atau merekam hewan peliharaan yang pergerakannya tidak bisa diprediksi.

LCD Vari-angle, memudahkan untuk memotret masakan dan bunga

LCD Vari-angle, memudahkan untuk memotret masakan dan bunga
Untuk memotret bunga dan makanan, kami merekomendasikan DSLR Canon yang mengadopsi monitor liquid crystal display (LCD) Vari-angle. Pada dasarnya, banyak model lain yang juga cocok untuk memotret objek-objek semacam ini.

Namun, dengan adanya Vari-angle, Anda bisa menikmati pengambilan gambar dari segala sudut. Rekomendasi terbaiknya adalah EOS 6D Mark II dan EOS Kiss X9/EOS 200D.

Sensitivitas ISO tinggi dan image stabilization, untuk pemotretan pada malam hari

Sensitivitas ISO tinggi dan image stabilization, untuk pemotretan pada malam hari

Jika Anda ingin memotret pemandangan malam, pilih model kamera dengan jangkauan ISO (sensitivitas terhadap cahaya) yang luas. Makin tinggi nilai ISO, makin tinggi pula sensitivitas kamera terhadap cahaya. Dengan ISO yang tinggi, Anda bisa memotret scene yang gelap menjadi tampak cantik pada tiap sudutnya.


Saat memotret pemandangan malam dengan DSLR, hasil foto Anda kemungkinan besar akan goyang kecuali menggunakan tripod. Oleh sebab itu, kamera yang dilengkapi fitur pengoreksi atau image stabilization akan sempurna untuk Anda. Kami merekomendasikan EOS 5D Mark IV untuk hal tersebut.

Dual pixel CMOS AF, untuk pengambilan video

Dual pixel CMOS AF, untuk pengambilan video
Apakah Anda sering merekam video? Bila ya, kami merekomendasikan model yang memiliki fitur untuk menangkap objek dengan cepat dan menyesuaikan fokus secara kontinu. Model terbaik adalah EOS 6D Mark II atau EOS 250D yang dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Model ini menawarkan fitur-fitur hebat, salah satunya time-lapse 4K.
3

Pertimbangkan kamera dengan lensa kit untuk pemula

Pertimbangkan kamera dengan lensa kit untuk pemula
Kamera DSLR entry level dan menengah biasanya dijual dengan 3 set pilihan. Pilihan tersebut yaitu bodi kamera saja, plus lensa kit, atau double zoom kit. Double zoom kit yang terdiri dari dua lensa zoom dengan rentang berbeda memang tergolong smart deal. Sayangnya, di Indonesia jarang yang menjual paket semacam ini.

Namun, kamera dengan lensa kit standar juga sudah sangat praktis bagi Anda yang pemula. Ini lebih menguntungkan daripada membeli kamera dan lensa secara terpisah. Menukar lensa merupakan sensasi seru dari menggunakan kamera DSLR. Para camera enthusiast atau fotografer profesional biasanya sudah memiliki gaya memotret sendiri sehingga memiliki beberapa jenis lensa.


Namun, para pemula cenderung masih kesulitan memahami jenis lensa yang harus digunakan selain lensa standar. Adanya lensa kit, setidaknya para pemula dapat mengambil foto yang tidak bisa diperoleh dari smartphone atau kamera digital biasa.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kamera DSLR Canon Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kamera DSLR Canon terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 20 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran sensor
Jumlah piksel
Resolusi video
Sensitivitas ISO
Titik autofokus
Shutter speed
Lensa kit
Level yang disarankan
Sistem koneksi
Fitur Wi-Fi
Continuous shoot
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambar
Dimensi
Bobot
Waterproof
1

Canon

EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS)1300D

Canon  EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS) 1

Rp3.599.000

Agak Murah

Salah satu yang termurah di kelasnya, ideal untuk belajar fotografi

APS-C

18 MP

FHD (1.920 x 1.080)

6400

9 titik

30-1/4000 detik

Beginner

Wi-Fi, NFC

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm

485 gram

2

Canon

EOS 700D700D

Canon  EOS 700D 1

Rp3.199.000

Agak Murah

Kamera terbaik untuk foto sekaligus membuat vlog

APS-C CMOS

18 MP

FHD (1.920 x 1.080)

12800

9 titik

30-1/4000 detik

Beginner

Tidak diketahui

Tidak diketahui

(Built-in)

13,3 cm x 9,9 cm x 7,8 cm

580 gram

3

Canon

EOS 750D750D

Canon EOS 750D 1

Rp5.599.900

Menengah

Hasilkan foto dan video berkualitas dalam sekali jepret

APS-C

24 MP

FHD (1.920 x 1.080)

25600

9 titik

30-1/4000 detik

Beginner

USB, Wi-Fi, NFC

Tidak diketahui

Tidak diketahui

13,1 cm x 10 cm x 7,7 cm

555 g

4

Canon

DSLR Camera EOS 80D80D

Canon DSLR Camera EOS 80D 1

Rp9.800.000

Agak Mahal

Kamera ideal untuk penggemar street photography

APS-C

24 MP

FHD (1.920 x 1.080)

100-16000 (dapat ditingkatkan hingga 25600)

Auto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)

30-1/8000 detik

Intermediate

USB, Wi-Fi, NFC

(7 fps)

(Built-in)

13,9 cm x 10,5 cm x 7,8 cm

730 gram

5

Canon

EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III)3000D

Canon EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 1

Rp7.299.000

Menengah

Baterainya tahan lama, pas untuk pemula yang suka bepergian

APS-C

18 MP

FHD (1.920 x 1.080)

100-6400 (dapat ditingkatkan hingga 12800)

Auto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)

30-1/4000 detik

Beginner

Wi-Fi

(3 fps)

(Built-in)

12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm

389 gram

6

Canon

EOS 4000D

Canon EOS 4000D 1

Rp2.409.000

Lebih Murah

Kamera DSLR ekonomis dengan fitur yang mumpuni

APS-C

18 MP

FHD (1.920 x 1.080)

12800

9 titik

30-1/4000 detik

Beginner

USB, Wi-Fi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm

436 gram

7

Canon

EOS 200D Kit (EF-S 18-55mm f/4-5.6 IS STM)200D

Canon  EOS 200D Kit (EF-S 18-55mm f/4-5.6 IS STM) 1

Rp6.275.000

Menengah

Kamera entry-level yang penuh fitur ala profesional

APS-C

24 MP

FHD (1.920 x 1.080)

25.600

9 titik

30-1/4000 detik

Beginner

USB, Wi-Fi, Bluetooth, NFC

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12,2 cm x 9,2 cm x 6,9 cm

456 g

8

Canon

EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM)6D Mark II

Canon EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 1

Rp45.600.500

Lebih Mahal

Kamera DSLR full frame ringkas dengan berbagai fitur canggih

Full-frame

26 MP

FHD (1.920 x 1.080)

102400

9 titik

30-1/4000 detik

Intermediate

USB

Tidak diketahui

Tidak diketahui

14,4 cm x 110 cm x 7,4 cm

1.560 g

9

Canon

EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II)1500D

Canon EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 1

Rp8.199.000

Menengah

Kamera entry-level tercanggih di kelasnya

APS-C

24 MP

FHD (1.920 x 1.080)

100-6400 (dapat ditingkatkan hingga 12800)

Auto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)

30-1/4000 detik

Beginner

USB, Wi-Fi, NFC

(3 fps)

(Built-in)

12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm

427 gram

10

Canon

EOS 250D Kit (EF-S 18–55mm III)250D

Canon EOS 250D Kit (EF-S 18–55mm III) 1

Rp8.150.000

Menengah

Bodinya kecil dan ringan, ringkas dibawa traveling

APS-C

24 MP

4K (3.840 x 2.160)

100-25600 (approx 51200)

Auto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)

30-1/4000 detik

Beginner

USB, Wi-Fi

(5 fps)

(Built-in)

12,2 cm x 9,2 cm x 6,9 cm

449 gram

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Canon EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS)1300D

EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS) 1
Sumber: canon-europe.com
Harga referensi
Rp3.599.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp3.599.000
Agak Murah

Salah satu yang termurah di kelasnya, ideal untuk belajar fotografi

Dengan harga yang termasuk salah satu yang termurah di antara DSLR Canon lain, kamera ini memiliki sejumlah fitur yang mudah digunakan. Salah satunya adalah Scene Intelligent Auto yang memungkinkan kamera menyesuaikan pengaturan secara otomatis mengikuti kondisi pemotretan. Dengan begitu, Anda yang baru mulai belajar fotografi pun tidak akan kesulitan menggunakannya.


Tidak hanya itu, Canon EOS 1300D juga sudah dilengkapi lensa kit 18-55 mm. Jadi, Anda tidak perlu repot memilih dan membeli lensa lagi. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dan NFC untuk langsung mengirim hasil foto ke ponsel atau laptop Anda.

Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel18 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO6400
Titik autofokus9 titik
Shutter speed30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiWi-Fi, NFC
Fitur Wi-Fi
Continuous shootTidak diketahui
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambarTidak diketahui
Dimensi12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm
Bobot485 gram
Waterproof
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Canon EOS 700D700D

Harga referensi
Rp3.199.000
Agak Murah

Kamera terbaik untuk foto sekaligus membuat vlog

Canon EOS 700D adalah pilihan ideal untuk Anda yang menginginkan kamera DSLR andal dan serbaguna. Ditenagai sensor 18 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 5, kamera ini memberikan kualitas gambar yang tajam dan detail. Dengan sistem fokus 9 titik yang sangat responsif, pemotretan objek bergerak menjadi lebih mudah dan akurat.

 

Layar sentuh Clear View II yang dapat diputar memberikan fleksibilitas maksimal dalam pengambilan gambar dan merekam video. Ditambah dengan fungsi perekaman video Full HD 1080p, produk ini cocok untuk Anda yang ingin mulai membuat vlog.
Ukuran sensorAPS-C CMOS
Jumlah piksel18 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO12800
Titik autofokus9 titik
Shutter speed 30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiTidak diketahui
Fitur Wi-Fi
Continuous shootTidak diketahui
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambar(Built-in)
Dimensi13,3 cm x 9,9 cm x 7,8 cm
Bobot580 gram
Waterproof
View all
No.3

CanonEOS 750D750D

Harga referensi
Rp5.599.900
Menengah

Hasilkan foto dan video berkualitas dalam sekali jepret

Dengan Canon EOS 750D, mengambil gambar berkualitas jadi terasa mudah. Tanpa perlu memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni, Anda sudah bisa memotret atau membuat video dengan jernih dan minim noise. Semua ini berkat fitur Scene Intelligent Auto yang langsung menentukan pengaturan terbaik untuk Anda di berbagai situasi.

Panel LCD-nya dapat diputar dan sudah touch screen, Anda jadi mudah mengambil gambar dalam berbagai angle. Lebih asyik lagi, hasil foto dan video bisa langsung dibagikan ke ponsel Anda melalui konektivitas Wi-Fi dan NFC.
Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel24 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO25600
Titik autofokus9 titik
Shutter speed 30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiUSB, Wi-Fi, NFC
Fitur Wi-Fi
Continuous shootTidak diketahui
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambarTidak diketahui
Dimensi13,1 cm x 10 cm x 7,7 cm
Bobot555 g
Waterproof
View all
No.4

CanonDSLR Camera EOS 80D80D

Harga referensi
Rp9.800.000
Agak Mahal

Kamera ideal untuk penggemar street photography

Canon EOS seri 80D adalah kamera kelas menengah yang dirancang untuk pengguna semi-pro atau profesional. Kamera ini memiliki fitur unggulan Dual Pixel AF yang memungkinkan autofocus dapat berjalan dengan cepat. Hasilnya, Anda bisa membidik momen-momen menarik di jalanan atau di perayaan khusus dengan hasil gambar yang tajam.

 

Para street photographer juga merekomendasikan kamera ini karena dilengkapi dengan layar monokrom tambahan. Layar tersebut berfungsi untuk menampilkan berbagai pengaturan kamera. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot mengintip LCD. Dengan bantuan layar tambahan, baterai jadi lebih awet. Kegiatan berburu foto di jalanan pun jadi lebih menyenangkan.
Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel24 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO100-16000 (dapat ditingkatkan hingga 25600)
Titik autofokusAuto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)
Shutter speed 30-1/8000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanIntermediate
Sistem koneksiUSB, Wi-Fi, NFC
Fitur Wi-Fi
Continuous shoot(7 fps)
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambar(Built-in)
Dimensi 13,9 cm x 10,5 cm x 7,8 cm
Bobot730 gram
Waterproof
View all
No.5

CanonEOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III)3000D

EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 1
Sumber: id.canon
EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 2
Sumber: id.canon
EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 3
Sumber: id.canon
EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 4
Sumber: id.canon
EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 5
Sumber: id.canon
Harga referensi
Rp7.299.000
Menengah

Baterainya tahan lama, pas untuk pemula yang suka bepergian

Para pemula bisa menggunakan EOS 3000D untuk belajar teknik menggunakan kamera DSLR yang baik. Kamera ini memiliki prosesor gambar DIGIC 4+ dan sensor 18 megapiksel sehingga kualitas gambarnya tajam meski di kondisi minim cahaya.


Canon 3000D ideal untuk dibawa bepergian karena bobotnya ringan, hanya sekitar 436 g (termasuk lensa). Selain itu, baterainya juga tahan lama dan dapat diisi ulang. Hasil fotonya pun dapat dengan mudah dibagikan ke ponsel melalui Wi-Fi sehingga membuat pengalaman fotografi Anda jadi lebih menyenangkan.

Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel18 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO100-6400 (dapat ditingkatkan hingga 12800)
Titik autofokusAuto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)
Shutter speed30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiWi-Fi
Fitur Wi-Fi
Continuous shoot(3 fps)
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambar(Built-in)
Dimensi12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm
Bobot389 gram
Waterproof
View all
No.6

CanonEOS 4000D

Harga referensi
Rp2.409.000
Lebih Murah

Kamera DSLR ekonomis dengan fitur yang mumpuni

Ingin punya kamera DSLR, tetapi dana terbatas? Canon EOS 4000D bisa menjadi pilihan. Dengan harga di bawah 3 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan kamera sekaligus lensa kitnya. Walau ekonomis, kamera ini memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk kebutuhan standar Anda. 


Dengan fitur Scene Intelligent Auto, Anda sudah bisa menangkap momen seru tanpa harus direpotkan dengan berbagai pengaturan manual. Kamera ini juga memiliki berbagai filter lucu, seperti fish-eye, efek miniatur, dan masih banyak lagi. Karena itu, kamera ini cocok untuk anak muda yang senang bereksplorasi.

Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel18 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO12800
Titik autofokus9 titik
Shutter speed30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiUSB, Wi-Fi
Fitur Wi-Fi
Continuous shootTidak diketahui
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambarTidak diketahui
Dimensi12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm
Bobot436 gram
Waterproof
View all
No.7

Canon EOS 200D Kit (EF-S 18-55mm f/4-5.6 IS STM)200D

Harga referensi
Rp6.275.000
Menengah

Kamera entry-level yang penuh fitur ala profesional

Jika Anda seorang pemula di dunia fotografi dan memiliki budget lebih, Canon 200D adalah pilihan yang tepat. Dengan kamera ini, Anda tidak perlu bingung menyesuaikan pengaturan karena tersedia banyak pilihan mode untuk menghasilkan foto ala profesional. Anda akan menemukan mode makanan, mode malam, dan lainnya.

Meski ditujukan untuk entry-level, kamera ini dilengkapi fitur canggih layaknya kamera profesional, misalnya pengambilan video HDR. Dual Pixel CMOS AF dan LCD Vari-Angle juga memudahkan Anda dalam mengambil foto maupun video yang ciamik. Abadikan setiap momen Anda seperti seorang fotografer profesional dengan kamera canggih ini.
Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel24 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO25.600
Titik autofokus9 titik
Shutter speed 30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiUSB, Wi-Fi, Bluetooth, NFC
Fitur Wi-Fi
Continuous shootTidak diketahui
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambarTidak diketahui
Dimensi12,2 cm x 9,2 cm x 6,9 cm
Bobot456 g
Waterproof
View all
No.8

CanonEOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM)6D Mark II

EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 1
Sumber: id.canon
EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 2
Sumber: id.canon
EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 3
Sumber: id.canon
EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 4
Sumber: id.canon
EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 5
Sumber: id.canon
Harga referensi
Rp45.600.500
Lebih Mahal

Kamera DSLR full frame ringkas dengan berbagai fitur canggih

EOS 6D Mark II merupakan kamera Canon DSLR full frame dengan teknologi tinggi. Kamera ini juga mampu menghasilkan foto dengan gradasi warna yang kaya pada kondisi apa pun. Keberadaan touch screen LCD Vari-angle pada kamera juga membuat pengoperasian menjadi mudah karena dapat disesuaikan untuk mengambil foto dan video.


Di antara kamera DSLR full frame sejenis, produk ini termasuk yang memiliki bodi ringan dan ringkas. Lebih canggihnya lagi, terdapat sistem stabilisasi gambar untuk meredam guncangan ketika merekam dengan genggaman tangan. Jadi, bila Anda mencari kamera DSLR yang menawarkan berbagai fitur canggih dan mudah dioperasikan, pilihlah kamera EOS 6D Mark II.

Ukuran sensorFull-frame
Jumlah piksel26 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO102400
Titik autofokus9 titik
Shutter speed30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanIntermediate
Sistem koneksiUSB
Fitur Wi-Fi
Continuous shootTidak diketahui
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambarTidak diketahui
Dimensi14,4 cm x 110 cm x 7,4 cm
Bobot1.560 g
Waterproof
View all
No.9

CanonEOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II)1500D

EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 1
Sumber: id.canon
EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 2
Sumber: id.canon
EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 3
Sumber: id.canon
EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 4
Sumber: id.canon
EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 5
Sumber: id.canon
Harga referensi
Rp8.199.000
Menengah

Kamera entry-level tercanggih di kelasnya

Walaupun dirancang untuk pemula, Canon EOS 1500D memiliki fitur yang tidak sembarangan. Terdapat sensor CMOS APS-C 24 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 4+ yang mampu menghasilkan gambar superjernih. Rentang ISO-nya pun tinggi, yaitu mencapai 12800 sehingga gambar minim noise walau pencahayaan minim.

Lebih canggih lagi, kamera ini dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan NFC yang memudahkan Anda memindahkan file gambar. Bahkan, Anda bisa melakukan kendali jarak jauh dengan mengunduh aplikasi resmi Canon di ponsel. Semua kelebihan itu membuat produk ini unggul di jajaran kamera entry-level.
Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel24 MP
Resolusi videoFHD (1.920 x 1.080)
Sensitivitas ISO100-6400 (dapat ditingkatkan hingga 12800)
Titik autofokusAuto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)
Shutter speed30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiUSB, Wi-Fi, NFC
Fitur Wi-Fi
Continuous shoot(3 fps)
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambar(Built-in)
Dimensi12,9 cm x 10,1 cm x 7,7 cm
Bobot427 gram
Waterproof
View all
No.10

CanonEOS 250D Kit (EF-S 18–55mm III)250D

Harga referensi
Rp8.150.000
Menengah

Bodinya kecil dan ringan, ringkas dibawa traveling

EOS 250D bisa dibilang kamera DSLR dengan bodi terkecil yang dimiliki Canon. Dimensinya hanya sekitar 122 mm x 92 mm sehingga lebih compact dibawa travelingWalaupun mini, performanya maksimal. Kamera ini memiliki sensor 24 megapiksel dengan prosesor DIGIC 8 untuk memastikan hasil memukau di setiap jepretannya.


Bodinya juga nyaman digenggam dan stabil saat dioperasikan. Bagian handling-nya pun dilapisi karet untuk menahan tangan supaya tidak licin. Konektivitasnya sudah canggih karena bisa langsung mengirimkan gambar ke ponsel menggunakan Wi-Fi. Jika Anda ingin traveling dengan membawa kamera canggih, produk ini adalah pilihan yang tepat.

Ukuran sensorAPS-C
Jumlah piksel24 MP
Resolusi video4K (3.840 x 2.160)
Sensitivitas ISO100-25600 (approx 51200)
Titik autofokusAuto-select AF (AF-A), Single AF (AF-S), Continuous AF (AF-C), Manual Focus (MF)
Shutter speed30-1/4000 detik
Lensa kit
Level yang disarankanBeginner
Sistem koneksiUSB, Wi-Fi
Fitur Wi-Fi
Continuous shoot(5 fps)
Lensa tambahan
Touchscreen
Stabilisasi gambar(Built-in)
Dimensi12,2 cm x 9,2 cm x 6,9 cm
Bobot449 gram
Waterproof
View all

Gunakan sample image dari website Canon sebagai referensi

Gunakan sample image dari website Canon sebagai referensi

Sebagai tahap awal saat belajar menggunakan kamera DSLR, Anda bisa meniru sample image di situs web global Canon. Di setiap laman model kamera, terdapat sampel foto dengan berbagai pengaturan auto dan manual. Anda bisa mencoba menerapkan pengaturan tersebut.


Cobalah ikuti pengaturan besar aperture, shutter speed, dan pengaturan lainnya dari foto yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil foto dengan suasana yang sama seperti pada sampel. Sambil meniru pengaturan dari berbagai sample image tersebut, nikmatilah momen membuat karya foto favorit Anda!

5 Rekomendasi Kamera DSLR Canon terbaik

No. 1: Canon EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS)1300D

No. 2: Canon EOS 700D700D

No. 3: CanonEOS 750D750D

No. 4: CanonDSLR Camera EOS 80D80D

No. 5: CanonEOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III)3000D

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Kamera DSLR
  4. 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik [Ditinjau oleh Photographer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.