1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Kamera DSLR
  6. >
  7. 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023)

Kamera digital single-lens reflex (DSLR) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga jadi lebih berkesan. Namun, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih tinggi harganya dibandingkan kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga pasti membingungkan Anda.

Dari banyaknya kamera DSLR terbaik di pasaran, merek Canon memiliki popularitas tinggi. Ini sangat wajar mengingat tipenya yang bagus, mulai dari entry level hingga profesional. Nah, kami akan menjelaskan cara memilih kamera Canon terbaik dan memberi rekomendasi kamera DSLR Canon terbaik. Tidak lupa, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.

Diperbaharui 12-26-2022
Pakar
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Beawiharta adalah seorang freelance photographer yang menyenangi fotografi dan sering berbagi cerita lewat foto-fotonya. Belajar fotografi pada era film seluloid, ia kemudian memulai kariernya sebagai fotografer komersial. Dengan pengalamannya menjadi wartawan foto selama 25 tahun untuk kawasan Asia, Beawiharta pernah memakai Nikon, Canon, dan Fujifilm mirrorless yang kini menjadi favoritnya. Beawiharta selalu menyukai foto dokumenter yang bercerita tentang orang-orang yang dijumpainya di mana pun.

Profil Beawiharta
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kamera DSLR Canon

Sekarang kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih kamera DSLR Canon. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan saat memilih produk. Yuk, simak selengkapnya!

① Pilih berdasarkan level atau skill dalam menggunakan kamera

Kamera DSLR memiliki fitur yang lebih banyak jika dibandingkan kamera digital biasa. Karena itu, salah satu poin terpenting dalam memilih kamera DSLR adalah menyesuaikan dengan level dan skill yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menguasainya.
Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Sebagai sebuah pabrikan besar dan sudah ada sejak lama, Canon merupakan merek kamera dengan popularitas yang terbesar di dunia. Merek kamera yang lahir dan tumbuh di Jepang ini sekarang memiliki lebih dari 25 jenis kamera DSLR. Ya, jumlah yang tidak sedikit.

Lalu, manakah yang tergolong sebagai kamera DSLR Canon terbaik? Saya sudah mencoba lebih dari 20 jenis kamera Canon. Kali ini saya akan membaginya dalam tiga kelompok, yaitu kelompok profesional, kelompok hobi berat fotografi, dan kelompok pemula.

Canon seri Kiss, entry level untuk beginner

Canon seri Kiss, entry level untuk beginner

Bagi Anda yang berencana membeli kamera DSLR untuk pertama kali, Anda bisa mencoba Canon seri EOS Kiss. Di Indonesia sendiri, seri EOS Kiss ini dipasarkan dengan nama lain tanpa embel-embel Kiss. Seri kamera ini memiliki berbagai fitur yang bisa menghasilkan foto cantik secara otomatis sehingga tidak menyulitkan para pemula.


Selain itu, seri EOS Kiss juga populer karena bobotnya yang ringan. Sebagai perbandingan, kamera level menengah EOS 5D Mark IV memiliki bobot ±890 gram. Sementara itu, EOS Kiss X9 atau EOS 200D hanya berbobot setengahnya, yakni sekitar 405–410 gram. Berhubung cukup ringan dan mudah digunakan, seri ini sangat cocok untuk pemula.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kelompok pemula adalah kelompok yang baru belajar memotret. Kelompok yang baru mengenal fotografi ini biasanya akan memilih kamera dengan harga di bawah sepuluh juta rupiah. Dengan begitu, mereka tidak akan menghabiskan banyak dana jika kemudian tidak meneruskan hobinya ini.


Sebaliknya, jika ingin serius, mereka biasanya akan menaikkan kemampuan kameranya dengan membeli kamera yang lebih bagus. Kelompok ini rata-rata akan memilih Canon EOS 800D dan Canon EOS 200D.

EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II, intermediate level untuk camera enthusiast

EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II, intermediate level untuk camera enthusiast
Model yang paling populer untuk level menengah adalah EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II. Seri ini direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan kualitas gambar dan sering memotret objek bergerak. Jika Anda suka merekam video, seri ini juga sangat cocok untuk Anda.

Kamera-kamera pada level ini ditandai dengan kualitas gambar yang lebih unggul dibandingkan kamera untuk level pemula. Hal tersebut dimungkinkan karena sebagian besar bersensor full frame dan fitur autofokusnya juga sangat baik.


Selain itu, kamera di level ini juga dilengkapi fitur soft shutter. Fitur tersebut memungkinkan kamera tidak menimbulkan suara untuk sekali bidik ataupun saat melakukan continuous shoot. Pengoperasian yang mudah juga merupakan nilai tambahnya.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kelompok yang kedua adalah kelompok hobi berat fotografi. Biasanya mereka memilih Canon EOS 5D Mark IV, Canon EOS 6D Mark III, Canon EOS 7D Mark II, atau Canon EOS 80D.

EOS-1D X Mark II, expert level untuk fotografer profesional

EOS-1D X Mark II, expert level untuk fotografer profesional
Bagi para fotografer andal, model profesional seperti EOS-1D X Mark II inilah pilihannya. Model kamera Canon ini dirancang untuk memberikan kualitas gambar terbaik dan kecepatan kinerja tingkat tinggi.

Seri ini dilengkapi dengan Dual DIGIC 6, sensor full frame, serta continuous shoot hingga 14 fps (frame per second). Kombinasi ketiganya memungkinkan Anda untuk menangkap pesona objek yang sedang bergerak secara maksimal. Tentu saja model ini juga sangat direkomendasikan untuk pengambilan video atau gambar pada malam hari.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kelompok profesional adalah kelompok yang menghasilkan uang dari kameranya. Kelompok ini rata-rata akan memilih kamera Canon satu digit yang terbagus saat ini. Pilihan kameranya biasanya adalah Canon EOS-1D X Mark II, Canon EOS 5DS R, dan Canon EOS 5D Mark IV.


Jadi, sebelum memilih kamera, kalian harus tahu kalian dari kelompok mana. Dari situ kalian bisa memilih salah satu kamera yang terbaik berdasarkan kelompok tersebut.

② Sesuaikan dengan scene dan tujuan pemotretan

Penting pula untuk memilih kamera berdasarkan tujuan pemotretannya. Pilihlah kamera yang fiturnya sesuai dengan objek dan scene yang sering Anda ambil.

Kecepatan autofokus tinggi, untuk memotret objek yang bergerak cepat

Kecepatan autofokus tinggi, untuk memotret objek yang bergerak cepat

Anda ingin memotret objek yang bergerak cepat, seperti pesawat terbang, kereta api, mobil, burung, dan sebagainya? Pilihlah kamera yang memiliki kecepatan autofokus tinggi. Berhubung objek bergerak sulit untuk didekati, sebaiknya pilihlah model kamera dengan akurasi fokus tinggi.


Anda juga dapat mengambil foto berkualitas tinggi menggunakan kamera bersensor full frame dengan jumlah continuous shoot tinggi. Kami merekomendasikan EOS 5D Mark IV, EOS 6D Mark II, dan EOS 90D. Sementara itu, untuk kamera dengan sensor Advanced Photo System type–C (APS-C), EOS 200D bisa menjadi pilihan.

EOS Scene Detection System, untuk memotret anak atau hewan peliharaan

EOS Scene Detection System, untuk memotret anak atau hewan peliharaan
Kamera yang dilengkapi monitor LCD Vari-angle sangat tepat digunakan untuk mengabadikan pertumbuhan anak Anda. EOS Kiss X9/EOS 200D, EOS 6D Mark II, dan EOS 77D termasuk di antara seri yang kami rekomendasikan. Model-model tersebut sudah dilengkapi dengan sistem analisis EOS Scene Detection System sehingga sempurna untuk digunakan merekam video si kecil.

Sistem ini menganalisis adegan pengambilan gambar berdasarkan tingkat kecerahan, pergerakan, kontras, dan jarak objek, lalu memfokuskannya dengan cepat. Model dalam kategori ini juga direkomendasikan untuk memotret atau merekam hewan peliharaan yang pergerakannya tidak bisa diprediksi.

LCD Vari-angle, memudahkan untuk memotret masakan dan bunga

LCD Vari-angle, memudahkan untuk memotret masakan dan bunga
Untuk memotret bunga dan makanan, kami merekomendasikan DSLR Canon yang mengadopsi monitor liquid crystal display (LCD) Vari-angle. Pada dasarnya, banyak model lain yang juga cocok untuk memotret objek-objek semacam ini.

Namun, dengan adanya Vari-angle, Anda bisa menikmati pengambilan gambar dari segala sudut. Rekomendasi terbaiknya adalah EOS 6D Mark II dan EOS Kiss X9/EOS 200D.

Sensitivitas ISO tinggi dan image stabilization, untuk pemotretan pada malam hari

Sensitivitas ISO tinggi dan image stabilization, untuk pemotretan pada malam hari

Jika Anda ingin memotret pemandangan malam, pilih model kamera dengan jangkauan ISO (sensitivitas terhadap cahaya) yang luas. Makin tinggi nilai ISO, makin tinggi pula sensitivitas kamera terhadap cahaya. Dengan ISO yang tinggi, Anda bisa memotret scene yang gelap menjadi tampak cantik pada tiap sudutnya.


Saat memotret pemandangan malam dengan DSLR, hasil foto Anda kemungkinan besar akan goyang kecuali menggunakan tripod. Oleh sebab itu, kamera yang dilengkapi fitur pengoreksi atau image stabilization akan sempurna untuk Anda. Kami merekomendasikan EOS 5D Mark IV untuk hal tersebut.

Dual pixel CMOS AF, untuk pengambilan video

Dual pixel CMOS AF, untuk pengambilan video
Apakah Anda sering merekam video? Bila ya, kami merekomendasikan model yang memiliki fitur untuk menangkap objek dengan cepat dan menyesuaikan fokus secara kontinu. Model terbaik adalah EOS 6D Mark II atau EOS 250D yang dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Model ini menawarkan fitur-fitur hebat, salah satunya time-lapse 4K.

③ Pertimbangkan kamera dengan lensa kit untuk pemula

Pertimbangkan kamera dengan lensa kit untuk pemula
Kamera DSLR entry level dan menengah biasanya dijual dengan 3 set pilihan. Pilihan tersebut yaitu bodi kamera saja, plus lensa kit, atau double zoom kit. Double zoom kit yang terdiri dari dua lensa zoom dengan rentang berbeda memang tergolong smart deal. Sayangnya, di Indonesia jarang yang menjual paket semacam ini.

Namun, kamera dengan lensa kit standar juga sudah sangat praktis bagi Anda yang pemula. Ini lebih menguntungkan daripada membeli kamera dan lensa secara terpisah. Menukar lensa merupakan sensasi seru dari menggunakan kamera DSLR. Para camera enthusiast atau fotografer profesional biasanya sudah memiliki gaya memotret sendiri sehingga memiliki beberapa jenis lensa.


Namun, para pemula cenderung masih kesulitan memahami jenis lensa yang harus digunakan selain lensa standar. Adanya lensa kit, setidaknya para pemula dapat mengambil foto yang tidak bisa diperoleh dari smartphone atau kamera digital biasa.

10 Rekomendasi kamera DSLR Canon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera DSLR Canon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Beawiharta.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Canon

EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS)

Canon  EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS) 1枚目

Paling murah di kelasnya, ideal untuk belajar fotografi

2

Canon

EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II)

Canon EOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II) 1枚目

Easy to use berkat user interface teranyar & panduan

3

Canon

EOS 250D Kit (EF-S 18–55mm III)

Canon EOS 250D Kit (EF-S 18–55mm III) 1枚目

Bodinya compact, ringkas dibawa traveling

4

Canon

EOS 200D Kit (EF-S 18-55mm f/4-5.6 IS STM)

Canon  EOS 200D Kit (EF-S 18-55mm f/4-5.6 IS STM) 1枚目

Kamera entry level yang penuh fitur ala profesional

5

Canon

EOS 90D (Bodi)

Canon  EOS 90D (Bodi) 1枚目

Cepat membidik, andalan fotografer sport

6

Canon

EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III)

Canon EOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III) 1枚目

Kamera DSLR klasik, tetapi hasil fotonya ciamik

7

Canon

EOS 6D Mark II (Bodi)

Canon  EOS 6D Mark II (Bodi) 1枚目

Mendukung kreativitas Anda dengan berbagai pilihan image ratio

8

Canon

EOS 6D Mark II Kit (EF 24–105mm f/4L IS II USM)

Canon EOS 6D Mark II Kit (EF 24–105mm f/4L IS II USM) 1枚目

Performa autofokus unggulan untuk Anda yang lincah

9

Canon

EOS 5D Mark IV Kit (EF 24–105 IS II USM)

Canon  EOS 5D Mark IV Kit (EF 24–105 IS II USM) 1枚目

Dapatkan foto langit malam yang cantik dengan kamera ini

10

Canon

EOS 77D Kit (EF-S 18–135mm IS USM)

Canon  EOS 77D Kit (EF-S 18–135mm IS USM) 1枚目

Dial ganda dan panel tambahan, middle range rasa profesional

Perincian produk
Close
No.1

Canon EOS 1300D Kit (EF-S 18–55mm f/3.5–5.6 IS)

Mulai dari Rp3.000.000,00

Paling murah di kelasnya, ideal untuk belajar fotografi

Kelebihan:

  • Fitur food mode-nya membuat foto makanan terlihat lebih menarik
  • Resolusi layar LCD tinggi, jumlah pikselnya mencapai 920.000 titik

Kekurangan:

  • Semua tombol didesain rata dengan bodi sehingga kurang nyaman saat ditekan

Dengan harga paling murah di antara DSLR Canon lain, kamera ini memiliki sejumlah fitur yang mudah digunakan. Salah satunya adalah Scene Intelligent Auto yang memungkinkan kamera menyesuaikan pengaturan secara otomatis mengikuti kondisi pemotretan. Dengan begitu, Anda yang baru mulai belajar fotografi pun tidak akan kesulitan menggunakannya.

No.2

CanonEOS 1500D Kit (EF-S 18–55 IS II)

Mulai dari Rp9.601.500,00

Easy to use berkat user interface teranyar & panduan

Kelebihan:
  • Mendukung kreativitas mengambil foto karena dilengkapi creative filter dan preset gambar

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi layar flip dan touchscreen

EOS 1500D adalah kamera yang ditujukan untuk pemula. Kamera ini memiliki user interface terbaru dalam mode Guide yang dilengkapi penjelasan untuk menambah wawasan Anda tentang pengaturan kamera. Seri ini pastinya cocok dijadikan partner bagi Anda yang masih belajar mengoperasikan kamera.


Bila membidik menggunakan view finder, kinerja autofocus kamera ini bagus dengan menggunakan sembilan titik fokus. Namun, untuk live view, kinerja autofocus akan lebih maksimal pada benda diam. Kualitas foto juga tidak perlu diragukan dengan adanya Dual Pixel CMOS APS-C dan DIGIC 4.
No.3

CanonEOS 250D Kit (EF-S 18–55mm III)

Mulai dari Rp7.426.000,00

Bodinya compact, ringkas dibawa traveling

Kelebihan:

  • Sudah tersedia port microphone eksternal
  • Jika membidik menggunakan view finder, baterai bisa awet hingga 1000 jepretan

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan frekuensi ukuran saat merekam sehingga tampilan sudut lebar video akan terpotong

EOS 250D bisa dibilang kamera DSLR dengan bodi kecil yang dimiliki Canon. Dimensinya hanya sekitar 122 mm x 92 mm sehingga lebih compact dibawa traveling. Meskipun begitu, kamera ini tetap nyaman digenggam dan stabil saat dioperasikan. Bagian handling-nya pun dilapisi karet untuk menahan tangan supaya tidak licin. Pas sekali dibawa berpetualang, bukan?

No.4

Canon EOS 200D Kit (EF-S 18-55mm f/4-5.6 IS STM)

Mulai dari Rp15.417.900,00

Kamera entry level yang penuh fitur ala profesional

Kelebihan:
  • Dilengkapi Movie Digital IS yang memungkinkan kamera tetap stabil untuk merekam gambar meskipun tanpa tripod
  • Lensa cepat menangkap fokus meskipun dalam kondisi bergerak

Kekurangan:

  • Continuos shot tergolong rendah, hanya 5 fps

EOS 200D juga dikenal dengan nama Kiss X9. Kamera ini cocok untuk Anda yang baru memasuki dunia fotografi. Anda tak perlu bingung menyesuaikan pengaturan karena di dalamnya tersedia banyak pilihan mode untuk menghasilkan foto ala profesional. Anda akan menemukan mode makanan, mode malam, dan lainnya.


Meski ditujukan untuk entry level, kamera ini dilengkapi fitur canggih layaknya kamera profesional, misalnya pengambilan video HDR. Dual Pixel CMOS AF dan LCD Vari-angle juga membantu Anda memfokuskan serta menangkap objek gambar dengan mudah. Seri ini adalah pilihan tepat untuk mengabadikan kegiatan Anda sehari-hari.
No.5

Canon EOS 90D (Bodi)

Mulai dari Rp17.050.000,00

Cepat membidik, andalan fotografer sport

Kelebihan:
  • Tersedia port microphone eksternal dan headphone
  • Resolusi besar dan tajam sehingga hasil fotonya maksimal

Kekurangan:

  • Tidak tersedia koneksi NFC
  • Tidak tersedia image stabilization

Ini adalah rekomendasi kamera middle range untuk Anda yang profesinya membidik objek bergerak, seperti sport atau hewan-hewan liar (wildlife). Shutter speed yang mencapai 1/8000 detik serta continuous speed 10 fps akan menjamin ketepatan dan ketajaman foto Anda.


Selain itu, sistem Dual Pixel CMOS AF-nya juga ikut menunjang kualitas video terbaik. Didukung lagi dengan resolusi foto yang besar yaitu 32,5 MP, kamera ini bisa menghasilkan foto yang tajam. Dipadukan dengan prosesor DIGIC 8 Image Processor, proses mendeteksi subjek bisa lebih cepat dan hasilnya tentu maksimal.

No.6

CanonEOS 3000D Kit (EF-S 18–55 III)

Mulai dari Rp6.482.400,00

Kamera DSLR klasik, tetapi hasil fotonya ciamik

Kelebihan:

  • Baterai awet bisa digunakan hingga 500 jepretan foto
  • Bentuknya ringkas, cocok dibawa traveling

Kekurangan:

  • Tidak tersedia layar flip dan microphone port

Para pemula bisa menggunakan EOS 3000D untuk belajar teknik menggunakan kamera DSLR. Meskipun release beberapa tahun lalu, kamera ini mengusung desain EOS yang klasik sehingga bisa memberi pengalaman menggunakan DSLR autentik.


Sekalipun terlihat klasik, jangan remehkan kemampuan dan fitur-fiturnya. Didukung dengan ISO speed yang bisa diperluas hingga 12800, kamera ini bisa menangkap gambar bagus dan minim noise. Mode preset dan filter creative-nya pun ada banyak yang bisa di-explore.

No.7

Canon EOS 6D Mark II (Bodi)

Mulai dari Rp31.290.900,00

Mendukung kreativitas Anda dengan berbagai pilihan image ratio

Kelebihan:
  • Dilengkapi prosesor DIGIC 7 sehingga bisa menangkap foto dengan baik menggunakan ISO tinggi pada kondisi minim cahaya
  • Tersedia banyak pilihan profesional feature yang bisa dieksplor
  • Dual LCD, yaitu LCD utama untuk melihat gambar dan LCD pendukung melihat setting foto

Kekurangan:

  • Kurang kokoh terutama pada bagian dial jika terlalu sering digunakan
  • Tidak dilengkapi internal flash

Sensitivitas ISO EOS 6D Mark II bisa dinaikkan hingga 102400 untuk membantu Anda menangkap gambar pada kondisi minim pencahayaan. Karena itu, kamera ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang mengincar foto pada malam hari.


Berkat sensor CMOS full frame yang dimilikinya, kualitas dan detail gambar Anda akan tetap jelas dan jernih. Hal menarik lainnya adalah adanya berbagai pilihan image ratio. Selain ratio 3:2, ada juga pilihan 1:1, 4:3, dan 16:9. Jadi, semua kebutuhan kreativitas fotografi Anda akan terpenuhi.

No.8

CanonEOS 6D Mark II Kit (EF 24–105mm f/4L IS II USM)

Mulai dari Rp48.606.900,00

Performa autofokus unggulan untuk Anda yang lincah

Kelebihan:
  • Layar LCD bisa dilipat dan diputar saat memotret sudut yang sulit

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat

EOS 6D Mark II adalah kamera full frame pertama dengan monitor LCD Vari-angle yang bisa diputar ke berbagai arah. Jadi, Anda bisa mengambil foto dari atas, bawah, atau sudut mana pun. Kelebihan ini cocok untuk Anda yang senang mencoba berbagai angle memotret.


Dipadukan dengan sistem Dual Pixel CMOS AF, kamera ini memudahkan Anda mengambil foto melalui sistem autofokus yang bereaksi cepat. Selain itu, produk ini juga memiliki sistem stabilisasi gambar 5-poros. Fitur ini tentunya cocok untuk menangkap gambar objek foto bergerak!
No.9

Canon EOS 5D Mark IV Kit (EF 24–105 IS II USM)

Mulai dari Rp72.638.400,00

Dapatkan foto langit malam yang cantik dengan kamera ini

Kelebihan:
  • Mampu merekam video dengan resolusi 4K atau Ultra HD
  • Terdapat port untuk memasang microphone eksternal

Kekurangan:

  • Layar LCD tidak bisa di-flip

Kamera EOS 5D Mark IV adalah kamera favorit para astrofotografi. Kecepatan ISO-nya tinggi dan bebas noise. Jadi, Anda bisa menangkap indahnya langit malam dan gemerlapnya bintang dengan kualitas foto nan tinggi. Tak perlu lagi mengaktifkan fitur Long Exposure Noise Reduction karena noise-nya bisa ditekan, bahkan saat memotret pada siang hari.

No.10

Canon EOS 77D Kit (EF-S 18–135mm IS USM)

Mulai dari Rp12.400.000,00

Dial ganda dan panel tambahan, middle range rasa profesional

Kelebihan:
  • Autofocus cepat terutama jika membidik dengan viewfinder optik
  • Fitur auto white balance bisa menangkap gambar dengan akurat dan natural

Kekurangan:

  • Kapasitas baterai 1040 mAh, jika digunakan memotret dengan fitur live view hanya bisa menjepret 250–300 kali

EOS 77D/EOS 9000D memiliki spesifikasi yang sama dengan seri EOS 800D/Kiss X9i. Namun, EOS 77D dilengkapi dengan pengaturan dial ganda dan panel layar di bagian kanan atas. Panel tersebut berfungsi menginformasikan pengaturan layaknya DSLR profesional. Seri ini tentunya bisa menjadi pilihan bagi camera enthusiast yang ingin menjajaki level profesional.


Kamera ini juga cocok digunakan untuk mempelajari pembuatan video. DIGIC 7-nya berperan penting mengurangi noise dan goyangan kamera sehingga hasil foto dan video makin optimal. Jiwa kreatif Anda juga tak akan terbatas berkat berbagai pilihan mode pengambilan video yang dihadirkan, seperti time-lapse dan HDR.

Gunakan sample image dari website Canon sebagai referensi

Gunakan sample image dari website Canon sebagai referensi

Sebagai tahap awal saat belajar menggunakan kamera DSLR, Anda bisa meniru sample image di situs web global Canon. Di setiap laman model kamera, terdapat sampel foto dengan berbagai pengaturan auto dan manual. Anda bisa mencoba menerapkan pengaturan tersebut.


Cobalah ikuti pengaturan besar aperture, shutter speed, dan pengaturan lainnya dari foto yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil foto dengan suasana yang sama seperti pada sampel. Sambil meniru pengaturan dari berbagai sample image tersebut, nikmatilah momen membuat karya foto favorit Anda!

Baca juga rekomendasi kamera beserta perlengkapan lainnya di sini

Selain kamera DSLR Canon, ada beberapa jenis kamera lainnya yang menarik untuk dimiliki, seperti DSLR full frame atau mirrorless. Anda juga bisa melengkapi kamera yang telah dimiliki dengan lensa tambahan sesuai kebutuhan. Baca artikelnya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Nah, kami telah memberitahukan cara memilih kamera DSLR Canon dan memberi rekomendasi kamera Canon DSLR terbaik. Bagaimana menurut Anda? Bukankah mengejutkan mengetahui banyaknya pilihan fitur yang tersedia? Namun, tak perlu khawatir karena pengoperasiannya akan terasa lebih mudah jika Anda sudah terbiasa.


Hasil foto kamera DSLR memang memiliki keindahan dan ketajaman yang belum bisa ditandingi oleh kamera digital atau smartphone. Nikmati dan abadikan momen hidup Anda dengan kamera DSLR favorit!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer