10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sedia payung sebelum hujan, sedia lampu senter sebelum lampu padam. Lampu senter sebaiknya dimiliki oleh setiap orang di rumah untuk berjaga-jaga apabila listrik tiba-tiba padam. Selain itu, lampu senter sangat dibutuhkan saat keadaan darurat dan bencana.

Lampu senter memiliki fitur dan ukuran yang berbeda-beda sehingga membuat bingung manakah yang harus dipilih. Di artikel ini kami akan memberikan referensi lampu senter dengan berbagai kekuatan cahaya, desain, harga, dan fitur untuk Anda. Perhatikan juga poin-poin cara memilih lampu senter agar sesuai kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih lampu senter

Sebelum memberikan rekomendasi produk lampu senter, bacalah petunjuk cara memilih lampu senter agar sesuai dengan yang Anda butuhkan. Apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan? Simak, yuk!

Pilih tingkat keterangan cahaya minimal 150-200 lumen

Pilih tingkat keterangan cahaya minimal 150-200 lumen

Tingkat keterangan cahaya dari senter biasanya ditunjukkan dengan lux (lx) atau lumen (lm). Lux mengacu pada pencahayaan, yaitu tingkat kecerahan suatu objek yang terkena cahaya. Meski jumlah lux dari sumber cahaya sama, tetapi jarak akan mempengaruhi tingkat kecerahan, yakni akan lebih cerah saat dekat dan terlihat lebih gelap saat jauh. Karena itu, lux tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan untuk mengetahui tingkat kecerahan cahaya.

Sebaliknya, lumen adalah satuan tingkat keterangan cahaya yang dipancarkan suatu sumber cahaya. Semakin besar angka lumen yang dihasilkan, akan semakin terang pula cahayanya. Oleh sebab itu, satuan lumen lebih disarankan untuk digunakan daripada satuan lux.

Sebagai gambaran, cahaya sebesar 50-100 lumen cukup terang untuk melihat kaki Anda, sedangkan 200 lumen dapat menerangi jarak pandang hingga 50 meter. Jika Anda menggunakan lampu senter dengan kekuatan cahaya minimal 150-200 lumen, Anda akan bisa menggunakannya dalam berbagai kondisi. Selain itu, lampu senter yang menggunakan lampu LED lebih tahan baterai dan lebih cerah daripada senter berlampu pijar meski harganya memang lebih mahal.

Periksa jenis baterai yang digunakan

Periksa jenis baterai yang digunakan

Baterai yang biasa digunakan untuk lampu senter adalah baterai sekali pakai atau baterai isi ulang. Baterai sekali pakai memang harganya lebih murah dan mudah didapat, tetapi daya tahannya lemah dan tidak bisa diisi ulang kembali. Jika Anda ingin menggunakan tipe baterai ini, sebaiknya sediakan cadangan baterai untuk berjaga-jaga pada kondisi darurat.

Sebaliknya, baterai isi ulang harganya memang lebih mahal, tetapi daya tahannya kuat dan bisa diisi kembali sehingga dapat digunakan berulang kali. Namun, baterai isi ulang tetap memiliki batas maksimal pengisian daya sehingga tidak bisa digunakan terus-menerus. Bila Anda mengutamakan kepraktisan, kami menyarankan Anda memilih baterai sekali pakai, tetapi jika Anda mengutamakan kinerja baterai, pilihlah baterai isi ulang.

Pilih pencahayaan berdasarkan situasi dan kondisi Anda

Lampu senter memiliki kekuatan cahaya dan fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum menentukan suatu produk lampu senter yang akan dibeli, pertimbangkanlah situasi dan kondisi di mana lampu senter tersebut akan digunakan. Simak penjelasan berikut ini.

Sesuaikan jarak sorot cahaya dengan penggunaan

Sesuaikan jarak sorot cahaya dengan penggunaan

Jika Anda mencari lampu senter untuk digunakan di rumah saat listrik padam, Anda tak perlu khawatir soal rentang sorot cahaya, dan Anda bisa membeli lampu senter yang mana saja. Namun, apabila Anda mencari lampu senter untuk digunakan dalam kondisi bencana atau berjalan-jalan di malam hari, pilihlah lampu senter yang memiliki rentang sorot cahaya sekitar 60 cm ke depan.

Bila Anda ingin menerangi situasi di depan Anda pada jarak yang jauh, Anda bisa memilih senter yang memiliki fungsi zoom. Saat berjalan-jalan di kegelapan, sering kali terdapat benda berbahaya yang tidak terlihat sehingga akan lebih baik jika Anda dapat mengantisipasinya. Begitu juga dengan senter yang cahayanya sempit, tentu kondisi di sisi kiri dan kanan Anda tidak dapat terlihat dengan baik. Karena itu, pilihlah lampu senter yang dapat memperpanjang rentang sorot cahaya sekitar 5 meter ke depan atau 2 meter bila cahayanya melebar ke samping.

Jenis lentera untuk menerangi sekitar, dan jenis pen light untuk cahaya terfokus

Jenis lentera untuk menerangi sekitar, dan jenis pen light untuk cahaya terfokus

Lampu senter terdiri dari dua jenis, yakni jenis lentera dan jenis pen light. Keduanya memiliki jangkauan pencahayaan yang berbeda. Lampu senter jenis lentera cocok digunakan bila Anda ingin penerangan terhadap sekitar. Meski kekuatan cahayanya tidak terlalu kuat, tetapi karena kemampuannya dalam menerangi sekitar, jenis ini cocok dipakai saat listrik padam atau pada kondisi bencana.

Sementara itu, lampu senter jenis pen light memiliki kekuatan cahaya lebih terang dan terfokus sehingga cocok digunakan saat berjalan di malam hari atau mencari sesuatu di kegelapan. Pilihlah tipe yang paling sesuai dengan kondisi Anda dari antara kedua jenis lampu senter ini.

Periksa kemudahan penggunaan berdasarkan ukuran dan tombol power-nya

Periksa kemudahan penggunaan berdasarkan ukuran dan tombol power-nya

Agar nyaman digunakan dalam keadaan darurat atau saat berjalan di malam hari, sebaiknya Anda memilih lampu senter yang ringan dan mudah digenggam dengan satu tangan. Bila Anda memilih lampu senter berukuran besar, pilihlah yang beratnya tidak melebihi 1 kg. Namun, bila Anda membutuhkan senter tipe pen light, pilihlah senter dengan bobot seringan mungkin dan mudah digenggam.

Kemudian, Anda juga harus memperhatikan kemudahan pengoperasian tombol pada senter. Periksalah apakah terdapat banyak tombol lainnya selain tombol power. Periksa juga kemudahan saat memencet tombolnya tersebut.

Periksa fungsi tambahan yang ada pada lampu senter

Selain fungsi utamanya untuk menerangi, pada sebagian produk senter juga terdapat fitur tambahan lainnya. Periksalah fitur tambahan yang terdapat pada lampu senter tersebut yang mungkin Anda butuhkan.

Fitur radio untuk update informasi saat terjadi bencana

Fitur radio untuk update informasi saat terjadi bencana

Informasi melalui radio menjadi hal penting saat terjadi bencana atau pemadaman listrik agar Anda bisa mengetahui kondisi terkini. Informasi memang bisa didapatkan melalui smartphone, tetapi saat terjadi situasi darurat, sinyal smartphone sering mengalami gangguan karena banyak orang menggunakannya dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, fitur radio pada lampu senter bisa membantu Anda untuk selalu update dengan kondisi terkini saat terjadi  bencana.

Fitur tahan air cocok digunakan untuk kegiatan outdoor

Fitur tahan air cocok digunakan untuk kegiatan outdoor

Lampu senter yang memiliki fungsi tahan air sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti camping, climbing, atau memancing di malam hari. Berhubung senter ini dapat digunakan pada kondisi hujan, Anda pun bisa tenang membawanya saat berjalan-jalan di malam hari. Tidak perlu khawatir rusak karena hujan lagi, deh!

Fitur kedip yang bisa digunakan untuk menemukan lokasi seseorang

Fitur kedip yang bisa digunakan untuk menemukan lokasi seseorang

Senter yang memiliki fungsi kedip akan membantu untuk menginformasikan lokasi Anda saat Anda tersesat atau berada dalam kondisi darurat. Tentunya cahaya yang berkedip terus-menerus akan menarik perhatian dan bisa terlihat oleh orang lain meski dari jarak yang jauh sekalipun. Fungsi ini sangat membantu ketika terjadi kondisi darurat seperti bencana atau terpisah dari rombongan.

10 Rekomendasi lampu senter terbaik

Setelah memahami poin-poin cara memilih lampu senter, kini kami akan memberikan 10 rekomendasi lampu senter terbaik untuk Anda. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Lampu Senter dengan AM/FM Radio

10. Lampu Senter dengan AM/FM Radio 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 244.000

Selalu up to date dengan radio AM/FM

Bila Anda ingin selalu mengetahui berbagai macam kabar dan berita paling aktual, produk ini adalah solusinya. Tidak hanya dilengkapi dengan radio FM, senter ini juga dilengkapi perangkat untuk menangkap sinyal AM sehingga Anda akan memperoleh semakin banyak saluran radio untuk mendapatkan berita dari berbagai sumber terpercaya.

Senter ini juga semakin fungsional karena baterainya dapat Anda isi kembali menggunakan port USB, tuas yang tersedia, atau menggunakan sinar matahari. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakan alat ini sebagai power bank, lho! Dengan ukuran 12,8 x 6 x 4 cm, Anda pun tak akan kesulitan menggenggamnya.

9. Lampu Senter LED Berbentuk Tongkat Baseball

9. Lampu Senter LED Berbentuk Tongkat Baseball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 109.000

Untuk menerangi bisa, untuk dijadikan pelindung diri juga bisa

Jika Anda suka mengoleksi benda unik, lampu senter ini akan pas untuk Anda karena bentuknya unik menyerupai tongkat baseball. Selain sebagai lampu senter, produk ini bisa digunakan untuk melindungi diri Anda dari bahaya. Bahannya terbuat dari aluminium alloy sehingga tidak mudah rusak atau patah saat terjatuh.

Kekuatan cahaya hingga 350 lumennya akan memungkinkan Anda untuk melihat di kegelapan pada jarak lebih dari 50 meter. Senter ini pun bisa menggunakan baterai sekali pakai atau baterai isi ulang yang bisa Anda sesuaikan dengan preferensi Anda. Meski ukurannya tergolong cukup besar, senter ini tetap nyaman digenggam, kok.

8. Lampu Senter Lentera

8. Lampu Senter Lentera

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.500

Makin praktis mengisi daya senter dengan adanya solar panel

Bagi Anda yang sering berkemah di gunung atau hutan, kami rekomendasikan untuk menggunakan lampu ini. Lampu jenis lentera ini bisa digantung di tenda dan dapat di-charge dengan tenaga matahari sehingga lebih praktis untuk Anda. Selain dengan daya matahari, Anda juga bisa mengisi daya lampu ini ke sumber listrik langsung.

Kekuatan cahaya lampu sebesar 300 lumen miliknya ini juga akan menerangi hingga jarak 50 meter di depan Anda. Untuk menambah fungsinya, pada senter ini terdapat port USB yang dapat Anda gunakan untuk mengisi daya smartphone Anda. Bobotnya yang hanya 250 gram juga cukup ringan untuk Anda bawa-bawa.

7. Cree Flashlight C8

7. Cree Flashlight C8

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia 

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 54.900

Nyalakan senter Anda semudah memencet retractable pen

Lampu senter ini dijual sepaket dengan baterai isi ulang 18650 dan adaptor untuk mengisi daya baterainya kembali. Kemudian, tombol power pada senter ini juga mudah digunakan karena terdapat pada bagian bawah senter dan dipencet seperti retractable pen. Sangat pas untuk Anda yang tidak menginginkan adanya banyak tombol di senter Anda.

Senter ini diklaim memiliki kekuatan cahaya hingga 3800 lumen sehingga bisa menerangi objek yang jaraknya mencapai 100 meter. Adanya mode SOS pada senter ini juga akan membuat Anda merasa lebih tenang saat bepergian bersama teman-teman Anda ke alam bebas. Untuk semakin menunjang petualangan Anda, senter ini juga sudah dibuat tahan air.

6. Lampu Senter LED Mini

6. Lampu Senter LED Mini

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Pilih mode cahaya fokus atau menyebar? Senter ini bisa keduanya!

Lampu senter ini sangat praktis dibawa ke mana-mana karena ukurannya hanya segenggam tangan. Layaknya flashdisk, Anda bisa mengisi dayanya sembari menggunakan laptop karena pengisian tenaganya didapat melalui USB charging. Walaupun ukurannya kecil, kekuatan cahayanya mencapai 2000 lumen, lho.

Produk ini akan sangat berguna saat Anda ingin mencari barang di area yang sangat gelap dan jauh karena terdapat fungsi zoom hingga 4 kali. Anda juga dapat mengubah sinarnya menjadi mode fokus atau menyebar. Tentunya senter ini akan awet dan tidak gampang rusak berkat bahannya yang terbuat dari aluminium alloy.

5. Pocketman LED Flashlight

5. Pocketman LED Flashlight

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 27.000

Desain ergonomisnya bikin senter ini makin lekat di tangan Anda

Tangan Anda sering terasa licin akibat keringat? Tenang, senter pilihan kami berikutnya memiliki desain yang ergonomis dan nyaman digenggam. Anda tidap perlu takut akan menjatuhkannya saat tangan Anda licin karena desain gerigi dan alurnya akan membuat senter ini dapat tetap melekat dengan baik di tangan Anda.

Dengan kekuatan cahaya mencapai 2000 lumen, lampu senter ini tentunya sangat mumpuni untuk Anda andalkan saat berada di luar ruangan. Ukurannya yang mini juga akan memudahkan Anda menyimpannya di kantong. Apalagi, terdapat clip tambahan sehingga Anda bisa menyematkannya di tas atau di saku Anda dengan lebih aman.

4. Lampu Senter dengan Radio dan MP3 Player

4. Lampu Senter dengan Radio dan MP3 Player

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 185.000

MP3 player-nya bikin suasana tetap asyik bahkan saat gelap!

Mampu menghasilkan cahaya sebesar 150 lumen, senter ini memudahkan Anda untuk melihat kondisi di area sekitar Anda. Dibuat menggunakan bahan aluminium, produk ini menjadi cukup ringan dan durable untuk Anda bawa ke mana pun. Selain itu, adanya radio FM juga membantu Anda mengetahui berita terbaru di tempat Anda berada.

Lalu, bila Anda ingin suasana tetap menyenangkan bahkan dalam kondisi pencahayaan kurang, senter ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Produk ini dilengkapi dengan MP3 player sehingga Anda tetap bisa menikmati berbagai lagu favorit sekalipun Anda sedang melakukan kegiatan outdoor atau mengalami pemadaman listrik.

3. Police Flashlight dengan Kompas

3. Police Flashlight dengan Kompas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 48.000

Tidak takut hilang arah lagi dengan adanya tambahan kompas

Satu lagi lampu senter yang direkomendasikan untuk Anda yang suka bertualang adalah lampu senter Police ini. Di bagian bawah senter ini terdapat kompas yang dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk memastikan arah atau ketika Anda tersesat. Lalu, senter ini juga sudah memiliki fungsi zoom dan kedip untuk membuat perjalanan Anda semakin nyaman.

Baterai pada lampu senter ini dapat Anda isi dengan mudah, cukup colokkan ke stopkontak atau bisa juga Anda isi di mobil. Anda tidak perlu membeli kabel charger lain bila hendak mengisi dayanya di mobil karena pembelian produk ini sudah sepaket dengan kabel charger yang cocok untuk penggunaan di mobil. Hemat!

2. Xiaomi Mini LED Flashlight

2. Xiaomi Mini LED Flashlight

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 297.000

11 Mode pencahayaan plus mode SOS membuatnya semakin multifungsi

Bila Anda menyukai senter berdesain minimalis, tentunya produk ini akan segera Anda sukai. Berbentuk tabung dengan kombinasi warna dominan putih dan silver pada bagian kepala, senter ini terlihat simpel sekaligus menawan. Meski begitu, bukan berarti fungsinya dapat Anda sepelekan, ya!

Lampu senter ini memiliki 11 mode nyala sinar yang dapat Anda ubah hanya dengan memutar bagian kepala senternya. Senter ini juga memiliki mode kedip untuk meminta bantuan pada kondisi darurat. Bobotnya yang hanya 103 gram juga akan membuat Anda semakin menyukai senter ramping multifungsi ini. Jadi, tunggu apalagi?

1. Avpro LED Flashlight XM-L2

1. Avpro LED Flashlight XM-L2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 125.000

Kekuatan cahayanya mencapai 8000 lumen!

Jika Anda berencana untuk berpetualang ke tempat gelap gulita seperti gua, lampu senter ini sangat pas untuk Anda karena kekuatan cahayanya mencapai 8000 lumen. Kini Anda bisa melihat objek di kegelapan dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Bahannya terbuat dari aluminium yang tahan banting sehingga tidak cepat rusak.

Sumber daya lampu senter ini adalah baterai sekali pakai atau baterai isi ulang. Terdapat lima mode penerangan, yaitu high, medium, low, strobe, dan SOS. Saat membeli lampu senter ini, Anda sudah mendapatkan satu paket dengan holder baterai sekali pakai, baterai isi ulang, slot charger, dan sarung yang terbuat dari kulit.

Cegah kebocoran baterai dengan melepasnya saat tak dipakai

Cegah kebocoran baterai dengan melepasnya saat tak dipakai

Jika Anda menggunakan baterai sekali pakai, jangan biarkan baterai terus terpasang di dalam lampu senter saat tidak digunakan. Walaupun Anda tidak menyalakan lampu senter tersebut, arus listrik tetap mengalir pada baterai yang terpasang sehingga dayanya bisa habis. Jika daya habis, baterai bisa bocor dan menimbulkan karat.

Jika sudah berkarat, bisa jadi senter Anda malah tidak dapat digunakan lagi sehingga tujuan Anda menyiapkan senter untuk berjaga-jaga pada situasi darurat pun jadi tidak tercapai. Oleh sebab itu, lepaskan baterai saat lampu senter tidak digunakan dan siapkan satu set baterai cadangan lainnya.

Berhati-hatilah dengan baterai yang mengalami kebocoran karena cairannya mengandung racun. Jika tangan Anda menyentuh cairan tersebut, segeralah cuci tangan Anda. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengganti senter Anda bila sudah berkarat akibat terkena baterai yang bocor meski senter tersebut masih dapat digunakan mengingat bahaya dari racun baterai tersebut.

Kesimpulan

Lampu senter yang beredar di pasaran lebih banyak jenis pen light daripada jenis lentera. Masing-masing senter juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, kami mengembalikan lagi kepada Anda lampu senter mana yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Kami harap artikel kali ini dapat membantu Anda memilih lampu senter yang paling cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk perhatikan penyimpanan baterai agar tidak bocor dan lampu senter Anda awet digunakan.