10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

Essence adalah produk skin care penting untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Demi mencegah berbagai masalah kulit, banyak orang yang masih mencari produk terbaik untuk digunakan saat pagi maupun malam hari. Banyak essence yang dibuat khusus untuk kulit kering dan berminyak, tetapi bagaimana dengan kulit kombinasi?

Untuk membantu Anda, kami akan memberi sepuluh rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi beserta cara memilihnya. Mulai dari Etude, Laneige, hingga The Body Shop memiliki produk unggulan masing-masing dengan berbagai kelebihannya. Silakan bandingkan harga serta manfaatnya dan temukan produk terbaik untuk kulit Anda.

Daftar isi

Cara memilih essence untuk kulit kombinasi

Untuk mendapatkan kulit yang mulus, essence penting untuk digunakan setiap hari. Namun, orang yang memiliki kulit kombinasi, yaitu berminyak di daerah T-zone tetapi kering di bagian wajah lain, tentu pernah merasa bingung dalam memilih produk yang tepat. Harus memilih yang menyegarkan atau melembapkan?

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih essence untuk kulit kombinasi. Jika Anda sudah memahaminya, memilih produk tidak akan lagi terasa membingungkan!

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi

Orang-orang yang memiliki jenis kulit kombinasi cenderung memilih essence dengan efek menyegarkan dalam upaya merawat T-zone yang terlihat mengilap. Namun sesungguhnya, menggunakan essence dengan kandungan pelembap tetap dianjurkan meskipun ada bagian wajah yang berminyak.

Penyebab kulit kombinasi sangat beragam, di antaranya adalah stres dan hormon yang tidak seimbang. Akan tetapi, kurangnya kelembapan di kulit wajah dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi berminyak. Jika kulit Anda tidak memiliki kelembapan yang cukup, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum yang akan menyebabkan produksi minyak menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, jika Anda memberikan kelembapan lebih di bagian yang kurang lembap, keseimbangan kandungan air di kulit akan tetap terjaga sehingga kelebihan sebum tidak perlu diproduksi. Anda mungkin berpikir bahwa Anda perlu memberi kesegaran pada bagian wajah yang berminyak. Namun, lebih baik lagi jika Anda memberi kelembapan yang dibutuhkan kulit secara keseluruhan dengan tepat.

Pilih produk dengan kandungan stimulan yang rendah

Pilih produk dengan kandungan stimulan yang rendah

Salah satu penyebab kulit kombinasi adalah ketidakseimbangan hormon. Ketika keseimbangan kulit terganggu, kulit menjadi lebih sensitif dan responsif terhadap stimulan.

Ketika menerima stimulan, kulit akan memproduksi sebum berlebih sebagai upaya mengurangi kerusakan. Mungkin inilah yang menyebabkan bagian tertentu pada kulit kombinasi menjadi berminyak. Meskipun kulit Anda tidak memiliki alergi atau penyakit kulit, sebisa mungkin pilihlah essence dengan bahan pemicu iritasi seminimal mungkin. Akan lebih baik apabila Anda memilih essence dengan kandungan bahan alami.

Pilih produk dengan penetrasi tinggi

Pilih produk dengan penetrasi tinggi

Banyak yang mengatakan bahwa essence sebaiknya digunakan dalam jumlah banyak dalam sekali pakai. Namun, daripada menggunakan produk yang murah hingga kapas basah kuyup, sebaiknya Anda memilih essence dengan kemampuan penetrasi yang tinggi meski harganya cenderung lebih mahal.

Tidak peduli seberapa banyak essence yang digunakan, jika formulanya tidak dapat menembus kulit tetap saja tidak ada artinya. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa essence berharga mahal tidak ekonomis, tetapi produk dengan kemampuan penetrasi tinggi akan memberikan hasil yang optimal meski digunakan dalam jumlah sedikit. Tentu saja bukan berarti produk dengan harga tinggi dijamin bagus, tetapi mari prioritaskan produk yang kemampuan penetrasinya tinggi.

10 Rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi

Seperti yang sudah kami janjikan, kami akan memberikan rekomendasi produk essence terbaik untuk kulit kombinasi. Oleh karena akan digunakan setiap hari, pilihlah essence yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan keunggulan yang ditawarkan.

10. Wardah White Secret Pure Treatment Essence

10. Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 99.900

Mengembalikan cerahnya kulit wajah Anda sekaligus menguncinya

Wardah menawarkan essence dengan efek boosting yang akan membantu mengembalikan cahaya di kulit wajah Anda yang terganggu akibat perubahan cuaca dan polusi. Dengan formula puressential skin solution dengan kandungan edelweiss extract, essence ini akan mengunci cahaya di kulit wajah Anda.

Di sisi lain, kombinasi antara silver vine extract, niacinamide, dan skin awakening system di dalamnya berfungsi menjaga kelembapan kulit agar selalu terasa segar. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kombinasi yang kusam karena sering terkena debu dan polusi, kami rekomendasikan essence ini untuk Anda.

Berat bersih 100 ml
Kandungan pelembap Glycereth-26, methyl gluceth-20, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate
Kandungan stimulan Fragrance

9. The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Essence Lotion

9. The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Essence Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 160.300

Dilengkapi dengan antioksidan, dan mampu melembapkan hingga 48 jam

Jika Anda termasuk wanita aktif yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk merawat kulit, tentu Anda ingin essence yang cepat meresap. The Body Shop Vitamin E Essence Lotion adalah salah satunya. Produk ini bertekstur losion yang ringan, cepat menembus kulit, dan tidak meninggalkan rasa lengket.

Setelah menggunakan essence ini, kulit Anda akan terasa lembap hingga 48 jam! Dengan penggunaan rutin, kulit akan terasa lebih lembut, halus, dan kenyal. Formulanya yang ringan tidak menyebabkan kulit berminyak dan nyaman saat digunakan. Oleh karena mengandung antioksidan, produk ini juga mampu menangkal radikal bebas, lho!

Berat bersih 160 ml
Kandungan pelembap Glycerin, sodium hyaluronate, caprylyl glycol, Aloe barbadensis leaf juice powder 
Kandungan stimulan Tidak ada

8. Benton Fermentation Essence

8. Benton Fermentation Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 150.000

Mengurangi kerutan si kulit kombinasi dan sensitif

Mengombinasikan manfaat dari Galactomyces ferment filtrate, Bifida ferment lysate, sh-oligopeptide-1, dan ceramides, essence ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang halus dan terlihat muda. Kandungan ceramide NP akan melindungi, mempertahankan kelembapan, dan menjaga kelenturan kulit dengan komponennya yang mirip lipid pada kulit.

Nutrisinya akan memberi perhatian pada perawatan pori-pori dan perbaikan kulit. Dengan pemakaian teratur, kerutan di wajah akan berkurang dan kulit pun akan terasa kencang! Bagi si kulit kombinasi yang sensitif dan ingin mencegah penuaan dini pada kulit, essence ini bisa menjadi jawabannya.

Berat bersih 100 ml
Kandungan pelembap Galactomyces ferment filtrate, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, Aloe barbadensis leaf extract, betaine 
Kandungan stimulan Tidak ada

7. Missha Time Revolution The First Treatment Essence – Intensive Moist

7. Missha Time Revolution The First Treatment Essence - Intensive Moist

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 299.000

Melembapkan kulit kombinasi yang super kering

Anda memiliki masalah kulit kombinasi yang super kering di bagian wajah tertentu? Coba gunakan produk dari Korea Selatan ini. Essence ini dapat meningkatkan kelembapan kulit Anda secara maksimal hingga ke lapisan dalam kulit berkat kandungan fermentasi ion.

Oleh karena terhidrasi dari dalam, tekstur kulit pun membaik dan sel kulit mati akan hilang sehingga wajah Anda yang tadinya kusam bisa kembali cerah. Kulit juga akan selalu ternutrisi karena adanya ekstrak fermentasi ragi di dalamnya. Anda bisa menggunakannya dengan kapas atau langsung dengan tangan untuk kelembapan optimal.

Berat bersih 150 ml
Kandungan pelembap Saccharomyces ferment filtrate, glycerin, polyquaternium-51
Kandungan stimulan Tidak ada

6. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

6. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 155.000

Melembapkan dan menenangkan kulit yang berjerawat

Terbuat dari 96% lendir siput, COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence dapat melindungi kulit dari kehilangan kelembapan serta mengembalikan vitalitas kulit Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi kering berjerawat karena essence ini juga mengandung allantoin sebagai antiinflamasi.

Oleh karena teksturnya yang kental dan lengket, Anda perlu menunggu beberapa saat sebelum produk benar-benar terserap. Jika digunakan secara rutin, wajah akan kembali elastis, terhidrasi dengan baik, dan terhindar dari kerusakan. Siap mendapatkan kulit yang glowing? Gunakan produk ini!

Berat bersih 100 ml
Kandungan pelembap Betaine, butylene glycol, sodium hyaluronate 
Kandungan stimulan Tidak ada

5. SK-II Facial Treatment Essence

5. SK-II Facial Treatment Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 635.000

Kandungan PITERA™  yang kaya akan asam amino dan vitamin membuat kulit sebening kristal

Produk yang telah beberapa kali berhasil memenangkan penghargaan sebagai essence terbaik ini memiliki manfaat yang sangat bagus. SK-II mengusung PITERA™  sebagai kandungan utamanya, yaitu bahan alami yang kaya dengan asam amino, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kulit kombinasi Anda.

Walaupun teksturnya watery dan super ringan, Anda akan kaget dengan kemampuannya menembus kulit serta kelembapannya. Gunakan dua kali sehari dan rasakan kulit yang lembap, ternutrisi, dan lebih cerah. Bagus untuk Anda yang berkulit kering dan kusam. Mendapatkan kulit yang sebening kristal tidak akan terasa sulit dengan produk ini!

Berat bersih 75 ml
Kandungan pelembap Galactomyces ferment filtrate, butylene glycol 
Kandungan stimulan Methylparaben

4. Laneige Water Bank Essence_EX

4. Laneige Water Bank Essence_EX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 385.000

Memperbaiki kerusakan kulit dengan bahan alami

Manfaat Tillandsia yang kaya akan betaine menjadi salah satu kandungan dalam essence ini yang berfungsi mempertahankan keseimbangan kelembapan pada kulit wajah. Dibuat dari bahan-bahan alami, Laneige Water Bank Essence_EX akan menjaga kelembapan kulit hingga 24 jam dan meningkatkan tekstur kulit.

Essence ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi normal to dry. Selain itu, kandungan hydro ion mineral water membuat essence ini dapat meresap hingga lapisan terdalam sehingga proses perbaikan kerusakan kulit menjadi lebih efektif. Perpaduan semua bahan akan membuat kulit terlihat lebih halus dan sehat!

Berat bersih 60 ml
Kandungan pelembap Glycerin, butylene glycol, glycereth-26, betaine, propylene glycol 
Kandungan stimulan Fragrance

3. Etude House Moistfull Collagen Essence

3. Etude House Moistfull Collagen Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Kandungan super collagen water dan baobab oil membuat kulit terasa lebih kenyal

Partikel kecil dari super collagen water dan baobab oil di dalam essence ini akan memberi kelembapan pada kulit wajah Anda sepanjang hari dan memperbaiki teksturnya. Setelah menggunakan produk ini, kulit Anda akan terasa lebih kenyal dari biasanya.

Dikarenakan berbahan dasar air, essence ini mudah menyerap di kulit wajah dan tidak membutuhkan waktu lama. Tidak ada rasa lengket yang tertinggal setelah menggunakan produk ini. Bagi Anda yang mencari essence dengan efek mengenyalkan kulit, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda.

Berat bersih 80 ml
Kandungan pelembap Hydrolyzed collagen, butylene glycol, betaine, Adansonia digitata fruit extract, glycerin, bis-peg-18 methyl ether dimethyl silane, phytantriol 
Kandungan stimulan Fragrance

2. Innisfree Green Tea Seed Essence-In-Lotion

2. Innisfree Green Tea Seed Essence-In-Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 291.600

Formula serum dalam lotion untuk kulit yang terhidrasi, kenyal, dan sehat

Produk dari Innisfree ini adalah essence dengan formula serum yang diperkaya dengan 16 macam asam amino untuk menutrisi kulit lebih baik dibandingkan dengan green tea pada umumnya. Kandungan beauty green tea dalam formulanya akan membuka kembali jalur air pada kulit wajah yang dehidrasi agar kulit selalu bersih dan lembap.

Essence ini juga dilengkapi teknologi dual-moisture-rising yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit. Produk ini cocok untuk Anda yang mengharapkan kulit yang selalu lembap karena formula long-lasting hydration akan membuat kulit tampak dewy, kenyal, dan terlihat lebih sehat.

Berat bersih 100 ml
Kandungan pelembap Butylene glycol, glycerin, Camellia sinensis leaf extract, Camellia sinensis seed oil 
Kandungan stimulan Tidak ada

1. Neogen Real Ferment Micro Essence

1. Neogen Real Ferment Micro Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 650.000

Kulit menjadi lembap, sehat, cerah, dan glowing seketika!

Produk yang termasuk hydrating essence ini mengandung natural fermented water yang akan membuat kulit Anda lembap, mencerahkan, dan tampak dewy seketika! Lebih dari 93% kandungannya adalah bahan yang difermentasi dengan alami sehingga kelembapan dan kecerahan instan mudah didapat.

Teksturnya yang seperti air memudahkannya untuk diserap ke dalam kulit tanpa membuat kulit terasa lengket. Sangat pas untuk kulit kombinasi dry to oily Anda! Produk ini dapat membantu skin care yang akan Anda gunakan selanjutnya terserap dengan baik dan maksimal. Hasilnya, kulit menjadi sehat, kenyal, dan tentu saja, glowing!

Berat bersih 150 ml
Kandungan pelembap Saccharomyces ferment filtrate, glycerin, methyl gluceth-20, betaine, Camellia sinensis leaf extract, trehalose, caprylyl glycol, butylene glycol, calcium PCA, sodium hyaluronate, glutamic acid, histidine 
Kandungan stimulan Phenoxyethanol (fragrance)

Baca juga rekomendasi sabun muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi di sini!

Untuk meningkatkan efek yang diberikan oleh essence, penting juga bagi Anda untuk menggunakan produk cuci muka yang tepat. Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi, gunakan juga sabun muka batangan yang cocok untuk jenis Anda. Silakan buka tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk essence yang kami rekomendasikan di atas? Apakah Anda sudah menetapkan pilihan? Jangan lupa untuk memilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi. Meski Anda tidak memiliki alergi, menggunakan essence dengan kandungan yang tidak memacu iritasi lebih baik.

Supaya memberikan hasil optimal, pilihlah produk dengan penetrasi tinggi. Temukan essence yang tepat untuk kulit kombinasi Anda, dan dapatkan kulit yang mulus dan selalu ternutrisi! Selamat mencari!