• 9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Essence adalah produk skincare penting untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Produk ini populer di kalangan wanita karena dapat mencegah berbagai masalah kulit seperti kulit kering dan keriput. Banyak produk essence yang ditujukan untuk kulit kering dan berminyak, tetapi bagaimana dengan kulit kombinasi?


Nah, kami telah menyiapkan sembilan rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi beserta cara memilihnya. Ada produk keluaran merek-merek ternama, seperti Etude, Laneige, hingga The Body Shop. Bandingkanlah harga dan manfaatnya, lalu temukan produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui akun Instagram dan YouTube.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih essence untuk kulit kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Artinya, beberapa area kulit akan terasa berminyak, sedangkan di area lainnya cenderung kering. Dengan demikian, sulit memutuskan apakah essence tipe penyegar atau tipe pelembap yang harus dipilih. Untuk itu, kami akan menjelaskan poin yang harus diperhatikan dalam memilih essence untuk kulit kombinasi. Yuk, simak infonya!

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang cukup tinggi

Orang-orang dengan kulit kombinasi cenderung memilih essence tipe penyegar untuk mengurangi kilap pada T-zone. Namun, essence dengan kandungan pelembap tetap dianjurkan meski ada bagian wajah yang berminyak.


Untuk diketahui, penyebab kulit kombinasi di antaranya adalah stres dan hormon yang tidak seimbang. Akan tetapi, kurangnya kelembapan juga dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak karena kulit akan memproduksi lebih banyak sebum. Jika hal ini tidak segera ditangani, kulit akan jadi makin berminyak.


Walaupun sebagian orang cenderung ingin membersihkan bagian yang berminyak, sangat penting untuk tidak menghilangkan kelembapan pada kulit Anda. Karena itu, Anda memerlukan essence dengan kandungan pelembap agar kulit wajah selalu terjaga kelembapannya.


Akan tetapi, berhati-hatilah jika Anda menggunakan essence dengan kandungan pelembap yang tinggi di area yang berminyak. Anda sebaiknya mengaplikasikannya secara tipis saja demi mencegah kulit makin berminyak.

Pilih produk dengan kandungan iritan yang rendah

Pilih produk dengan kandungan iritan yang rendah

Kulit kombinasi umumnya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Ketika keseimbangan hormon terganggu, kulit akan menjadi lebih sensitif dan responsif terhadap iritan.


Iritan ini dapat mengiritasi kulit sehingga kulit akan memproduksi sebum berlebih sebagai upaya untuk mengurangi kerusakan. Mungkin inilah yang menyebabkan bagian tertentu pada kulit kombinasi menjadi berminyak. 


Meski tidak memiliki alergi atau penyakit kulit lainnya, sebisa mungkin hindari essence yang mengandung bahan pemicu iritasi. Usahakan untuk memilih essence dengan kandungan bahan-bahan yang alami.

Pilih produk dengan penetrasi tinggi

Pilih produk dengan penetrasi tinggi

Banyak yang mengatakan bahwa essence sebaiknya digunakan dalam jumlah banyak untuk sekali pakai. Namun, dibandingkan memakai essence berharga murah dalam jumlah banyak, kami sarankan Anda memilih essence dengan kemampuan penetrasi yang tinggi. 


Essence yang banyak mengandung air akan lebih mudah diserap karena kulit memiliki sistem penyerapan yang sangat aktif terhadap cairan. Hal ini tentu menguntungkan meski harganya cenderung lebih mahal.


Tidak peduli seberapa banyak essence yang digunakan, jika formulanya tidak dapat menembus kulit, manfaatnya tak akan terasa. Beberapa orang mengatakan bahwa essence berharga mahal tidak ekonomis. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Jika essence tersebut memiliki kemampuan penetrasi tinggi, kulit Anda akan merasakan hasilnya cukup dengan sedikit penggunaan saja.


Harga yang mahal memang bukanlah jaminan bahwa produk tersebut berkualitas. Untuk itu, sebaiknya tetap fokuskan pilihan pada produk yang kemampuan penetrasinya tinggi.

9 Rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk essence terbaik untuk kulit kombinasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

9

Paragon Technology and InnovationWardah White Secret Pure Treatment Essence

Mulai dari Rp 49.500,00

Berat bersih30 ml, 50 ml, 100 ml
KandunganAqua, niacinamide, methyl gluceth-20, dipropylene glycol, phenoxyethanol, glycerin, butylene glycol, allantoin, propanediol, disodium EDTA, citric acid, dan lain-lain
Negara produsenIndonesia
8

BentonBenton Fermentation Essence

Mulai dari Rp 199.000,00

Berat bersih100 ml
KandunganGalactomyces ferment filtrate, aqua, butylene glycol, pentylene glycol, glycerin, bifida ferment lysate, ceramide NP, Althaea rosea root extract, Aloe barbadensis leaf extract, betaine, panthenol, allantoin, dan lain-lain
Negara produsenKorea
7

MISSHATime Revolution The First Treatment Essence – Intensive Moist

Mulai dari Rp 859.000,00

Berat bersih150 ml
KandunganSaccharomyces ferment filtrate, bigida ferment lysate, niacinamide, Ulmus davidiana root extract, Amaranthus caudatus seed extract, Pirper methysticum leaf/root/stem extract, Beta vulgaris root extract, Phellodendron amurense bark extract, Cassia alata leaf extract, hydrogenated lecithin, pentylene glycol, butylene glycol, dan lain-lain
Negara produsenKorea
6

COSRXAdvanced Snail 96 Mucin Power Essence

CXPFF0501

Mulai dari Rp 265.000,00

Berat bersih100 ml
KandunganSnail secretion filtrate, betaine, butylene glycol, 1,2-hexanediol, sodium polyacrylate, phenoxyethanol, sodium hyaluronate, allantoin, sthyl hexanediol, carbomer, panthenol, dan arginine
Negara produsenKorea
5

Procter & GambleSK-II Facial Treatment Essence

Mulai dari Rp 650.000,00

Berat bersih75 ml
KandunganGalactomyces ferment filtrate (PITERA™), butylene glycol, pentylene glycol, water, sodium benzoate, methylparaben, dan sorbic acid
Negara produsenJepang
4

AmorepacificLaneige Water Bank Essence_EX

Mulai dari Rp 420.000,00

Berat bersih60 ml
KandunganButylene glycol, glycereth-26, hydrogenated poly [C6-14 Olefin], dimethicone, Limnanthes alba seed oil, trisiloxane, Chenopodium quinoa seed extract, ascorbyl glucoside, Salix alba bark extract, Tillandsia usneoides extract, Ceratonia siliqua fruit extract, isopropyl palmitate, Chondrus crispus, dan lain-lain
Negara produsenKorea
3

ETUDE CorporationETUDE HOUSE Moistfull Collagen Essence

Mulai dari Rp 299.000,00

Berat bersih80 ml
KandunganHydrolyzed collagen, propanediol, butylene glycol, glycerin, dimethicone, glyceryl polymethacrylate, hydroxyethyl acrylate, alcohol, acrylates, hydrogenated lecithin, dan lain-lain
Negara produsenKorea
2

InnisfreeGreen Tea Seed Essence-In-Lotion

Mulai dari Rp 334.000,00

Berat bersih100 ml
KandunganButylene glycol, propanediol, glycerin, hexyldecyl myristoyl methylaminopropionate, ydrogenated poly(C6-14 olefin), shea butter, Camellia sinensis leaf extract, Camellia sinensis seed oil, glyceryl caprylate, panthenol, 1,2-hexanediol, dan lain-lain
Negara produsenKorea
1

Neogen GlobalNeogen Dermalogy Real Ferment Micro Essence

Mulai dari Rp 725.000,00

Berat bersih150 ml
KandunganBifida ferment lysate, saccharomyces ferment filtrate, Betula alba juice, sake, aspergillus ferment, glycerin, dipropylene glycol, methyl gluceth-20, Camellia sinensis leaf extract, lactobacillus, caprylyl glycol, trideceth-10, 1,2-hexanediol, tropolone, allantoin, butylene glycol, Coptis japonica extract, dan lain-lain
Negara produsenKorea

Tabel perbandingan produk essence terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
Neogen Global Neogen Dermalogy Real Ferment Micro Essence 1

Neogen Global

2
Innisfree Green Tea Seed Essence-In-Lotion 1

Innisfree

3
ETUDE Corporation ETUDE HOUSE Moistfull Collagen Essence 1

ETUDE Corporation

4
Amorepacific Laneige Water Bank Essence_EX 1

Amorepacific

5
 Procter & Gamble SK-II Facial Treatment Essence 1

Procter & Gamble

6
COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 1

COSRX

7
MISSHA Time Revolution The First Treatment Essence – Intensive Moist 1

MISSHA

8
Benton Benton Fermentation Essence 1

Benton

9
Paragon Technology and Innovation Wardah White Secret Pure Treatment Essence 1

Paragon Technology and Innovation

Nama produk

Neogen Dermalogy Real Ferment Micro Essence

Green Tea Seed Essence-In-Lotion

ETUDE HOUSE Moistfull Collagen Essence

Laneige Water Bank Essence_EX

SK-II Facial Treatment Essence

Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Time Revolution The First Treatment Essence – Intensive Moist

Benton Fermentation Essence

Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Keunggulan

Kulit menjadi lembap, sehat, cerah, dan glowing seketika!

Manfaat enam belas macam asam amino untuk kulit Anda!

Kandungan supercollagen water dan white lupin membuat kulit terasa lebih kenyal

Memperbaiki kerusakan kulit dengan bahan alami

Kulit sebening kristal berkat PITERA™ yang kaya akan asam amino dan vitamin

Melembapkan dan menenangkan kulit yang berjerawat

Melembapkan kulit kombinasi yang sangat kering

Mengurangi kerutan pada kulit kombinasi dan sensitif

Mengembalikan cerahnya kulit wajah Anda sekaligus menguncinya

Harga mulai dariRp 725.000,00Rp 334.000,00Rp 299.000,00Rp 420.000,00Rp 650.000,00Rp 265.000,00Rp 859.000,00Rp 199.000,00Rp 49.500,00
Berat bersih150 ml100 ml80 ml60 ml75 ml100 ml150 ml100 ml30 ml, 50 ml, 100 ml
KandunganBifida ferment lysate, saccharomyces ferment filtrate, Betula alba juice, sake, aspergillus ferment, glycerin, dipropylene glycol, methyl gluceth-20, Camellia sinensis leaf extract, lactobacillus, caprylyl glycol, trideceth-10, 1,2-hexanediol, tropolone, allantoin, butylene glycol, Coptis japonica extract, dan lain-lainButylene glycol, propanediol, glycerin, hexyldecyl myristoyl methylaminopropionate, ydrogenated poly(C6-14 olefin), shea butter, Camellia sinensis leaf extract, Camellia sinensis seed oil, glyceryl caprylate, panthenol, 1,2-hexanediol, dan lain-lainHydrolyzed collagen, propanediol, butylene glycol, glycerin, dimethicone, glyceryl polymethacrylate, hydroxyethyl acrylate, alcohol, acrylates, hydrogenated lecithin, dan lain-lainButylene glycol, glycereth-26, hydrogenated poly [C6-14 Olefin], dimethicone, Limnanthes alba seed oil, trisiloxane, Chenopodium quinoa seed extract, ascorbyl glucoside, Salix alba bark extract, Tillandsia usneoides extract, Ceratonia siliqua fruit extract, isopropyl palmitate, Chondrus crispus, dan lain-lainGalactomyces ferment filtrate (PITERA™), butylene glycol, pentylene glycol, water, sodium benzoate, methylparaben, dan sorbic acidSnail secretion filtrate, betaine, butylene glycol, 1,2-hexanediol, sodium polyacrylate, phenoxyethanol, sodium hyaluronate, allantoin, sthyl hexanediol, carbomer, panthenol, dan arginineSaccharomyces ferment filtrate, bigida ferment lysate, niacinamide, Ulmus davidiana root extract, Amaranthus caudatus seed extract, Pirper methysticum leaf/root/stem extract, Beta vulgaris root extract, Phellodendron amurense bark extract, Cassia alata leaf extract, hydrogenated lecithin, pentylene glycol, butylene glycol, dan lain-lainGalactomyces ferment filtrate, aqua, butylene glycol, pentylene glycol, glycerin, bifida ferment lysate, ceramide NP, Althaea rosea root extract, Aloe barbadensis leaf extract, betaine, panthenol, allantoin, dan lain-lainAqua, niacinamide, methyl gluceth-20, dipropylene glycol, phenoxyethanol, glycerin, butylene glycol, allantoin, propanediol, disodium EDTA, citric acid, dan lain-lain
Negara produsenKoreaKoreaKoreaKoreaJepangKoreaKoreaKoreaIndonesia
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar essence terbaik untuk kulit kombinasi

Pertanyaan umum seputar essence terbaik untuk kulit kombinasi

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar essence terbaik untuk kulit kombinasi. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai essence untuk kulit kombinasi, simak jawabannya di bawah ini.

Kandungan skincare apa yang cocok untuk kulit kombinasi?

Kulit kombinasi cocok dengan kandungan pelembap tipe humektan seperti asam hialuronat. Selain itu, bahan pencerah dan pendukung regenerasi kulit seperti AHA dan BHA juga bermanfaat.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Apabila kondisi kulit Anda ekstrem kering dan berminyak, sebaiknya gunakan skincare yang berbeda di kedua area tersebut. Namun, kulit kombinasi biasanya cenderung condong ke salah satu jenis kulit, misalnya kulit kombinasi cenderung berminyak. Untuk kulit seperti ini, gunakan skincare untuk kulit berminyak sembari tetap mengaplikasikan pelembap ekstra apabila area lainnya terasa kering.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kulit kombinasi di sini

Untuk meningkatkan efek yang diberikan oleh essence, penting juga bagi Anda untuk menggunakan produk perawatan lainnya. Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi, Anda dapat menyimak rekomendasi produk lainnya dari kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi produk essence untuk kulit kombinasi yang telah kami susun. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari? Jangan lupa untuk memilih essence yang rendah iritan, ya. Pastikan juga produk pilihan Anda mudah diserap kulit wajah. 


Gunakanlah poin-poin memilih di atas sebelum Anda menjatuhkan pilihan dan temukan essence yang tepat untuk kulit kombinasi Anda. Sampai bertemu di artikel lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  •  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beranjak remaja, beberapa masalah kulit bisa muncul, mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kering atau berminyak. Masalah ini bisa memengaruhi rasa percaya diri remaja. Untuk itu, perawatan kulit dapat dilakukan, salah satunya dengan menggunakan serum.Pemilihan serum wajah untuk remaja perlu dilakukan dengan cermat karena kulitnya biasanya rentan iritasi. Kami akan membahas cara memilih serum khusus untuk remaja. Kami juga merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah, Scarlett Whitening, dan Garnier. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori