1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lip Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Masker bibir atau lip mask memiliki manfaat untuk merawat bibir dalam waktu singkat. Penggunaan lip mask dapat mengatasi berbagai permasalahan bibir kering. Anda juga dapat menggunakan lip mask untuk memerahkan dan mencerahkan bibir hitam. Ragam masker bibir pun makin banyak bermunculan, mulai dari lip patch hingga lip sleeping mask.


Nah, kali ini kami akan membahas tips memilih masker bibir terbaik beserta sepuluh produk rekomendasinya. Merek lip mask yang bagus dan terbukti aman, seperti LANEIGE, Bioaqua, Focallure, hingga Emina ada dalam daftar rekomendasi kami. Penasaran? Yuk, disimak!

Diperbaharui 09-22-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih lip mask

Lip mask atau masker bibir dapat membuat bibir Anda sehat ternutrisi. Bahkan, lip mask juga dapat mengembalikan warna bibir alami jika dipakai secara rutin. Ketahui tips memilih masker bibir yang tepat dengan membaca poin-poin di bawah ini.

① Ketahui berbagai jenis lip mask

Berbagai jenis lip mask beredar di pasaran dengan keunggulannya masing-masing. Kami akan menjelaskan secara detail tentang perbedaan dan keunggulan setiap jenis lip mask.

Lip sleeping mask: Mengembalikan kesehatan bibir saat tidur

Lip sleeping mask: Mengembalikan kesehatan bibir saat tidur
Sumber: laneige.com

Lip sleeping mask termasuk terobosan terbaru dalam bidang masker bibir. Jenis ini disukai karena penggunaannya mudah dan antiribet. Anda tinggal mengoleskannya pada bibir sebelum tidur tanpa perlu dibilas. Selama Anda tidur, nutrisi dan kandungan bahan dari lip sleeping mask akan meresap ke bibir Anda. Hasilnya, bibir akan tampak lebih sehat dan terasa lembap pada pagi hari.

Instant lip mask: Multifungsi dan dapat diaplikasikan kapan saja

Saat Anda ingin berias, Anda dapat menggunakan instant lip mask untuk mencegah bibir kering. Masker bibir ini memiliki tekstur gel, krim, atau wax yang dikemas dalam kemasan tube dan jar. Beberapa produk juga bisa memberikan warna bibir yang memukau secara instan seperti menggunakan lip tint atau tinted lip balm.


Tipe ini umumnya menawarkan fungsi 2-in-1 atau 3-in-1 yang bisa digunakan sebagai lip scrublip balm, dan sleeping mask. Periksalah kembali instruksi pemakaian dari setiap produk, ya.

Patch dan sheet: Praktis digunakan dengan cara ditempelkan

Patch dan sheet: Praktis digunakan dengan cara ditempelkan
Jika Anda ingin melembapkan dan mengencangkan bibir, kami menyarankan lip mask jenis patch dan sheet. Kedua masker bibir ini termasuk mudah digunakan. Setelah melakukan pembersihan bibir, Anda cukup menempelkannya di area bibir. Setelahnya, diamkan selama 5–30 menit, lalu kelupas atau angkat perlahan.

  • Tipe patch 

Lip mask tipe patch adalah masker bibir yang banyak ditemukan di pasaran. Bentuknya unik menyerupai bibir pada umumnya. Teksturnya berupa jeli yang kenyal sehingga dapat mengikuti kontur bibir Anda dan melekat erat. Apabila Anda menggunakannya setelah mandi, masker bibir ini dapat melancarkan peredaran darah, lho.


  • Tipe sheet

Sebagaimana tipe patch, tipe sheet berbentuk lembaran dan diaplikasikan dengan cara ditempelkan ke bibir. Perbedaannya terletak pada bahan. Patch berbahan jeli, sedangkan sheet berbahan paper mask atau cotton mask. Anda yang sering menggunakan face sheet mask tentu familier dengan bentuknya. Lip sheet mask hadir dengan ukuran kecil yang hanya seluas area bibir. 


Baik lip mask jenis patch maupun sheet umumnya kaya akan bahan kecantikan dan pelembap. Tak heran jika jenis ini cocok untuk mengatasi berbagai permasalahan bibir.

Tint: Memberikan warna bibir secara instan, tidak perlu lagi pakai lipstik

Tint: Memberikan warna bibir secara instan, tidak perlu lagi pakai lipstik

Sesuai dengan namanya, masker bibir berjenis tint dapat digunakan sebagai pewarna bibir. Jenis ini memungkinkan kandungan pigmentasi warnanya meresap langsung ke lapisan epitel bibir sehingga dapat menyebar lebih baik. Alhasil, bibir Anda bisa memiliki warna yang indah dalam waktu lama.


Cara pemakaiannya adalah dioleskan langsung ke bibir, lalu diamkan selama sepuluh menit hingga permukaannya mengering. Setelahnya, kelupas perlahan dari bagian tepi hingga terangkat seluruhnya. Masker ini cocok untuk Anda yang tidak punya waktu untuk touch up. Sayangnya, masker bibir ini masih sulit ditemukan di e-commerce Indonesia.

② Perhatikan kandungan pelembap di dalam lip mask

Perhatikan kandungan pelembap di dalam lip mask
Periksalah kandungan di dalam lip mask, terutama bahan pelembapnya. Bahan-bahan pelembap mampu mengatasi bibir kering dan menghaluskan teksturnya. Beberapa bahan pelembap yang sering ditemukan pada masker bibir adalah sebagai berikut.

  • Hyaluronic acid
  • Ceramide
  • Squalane
  • Shea butter
  • Natural oils, seperti olive oil, jojoba oil, dan sebagainya
  • Glycerin
  • Aloe vera
  • Vitamin E
  • Kolagen
  • Madu 

Kandungan tinggi pelembap, seperti ceramide dan hyaluronic acid, efektif melembapkan, melindungi, sekaligus mencegah bibir kering. Apabila Anda mendambakan bibir yang lembut dan sehat, pastikan keberadaan bahan-bahan tersebut, ya.

③ Pertimbangkan aroma favorit untuk efek relaksasi

Pertimbangkan aroma favorit untuk efek relaksasi
Jika Anda ingin memanfaatkan waktu bersantai untuk merawat bibir, pilihlah aroma masker yang Anda sukai. Berbagai macam aroma dapat Anda temukan, mulai dari buah-buahan, floral, hingga cokelat. Dengan memilih aroma masker bibir yang disukai, Anda bisa merasakan efek relaksasi yang lebih maksimal.

10 Rekomendasi lip mask terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip mask terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Madame Gie

Sweet Lip Mask

Madame Gie Sweet Lip Mask 1枚目

Dapat berfungsi sebagai lip scrub dan memerahkan bibir secara instan!

2

barenbliss

Butter Rush Vitamin Lip Mask

barenbliss Butter Rush Vitamin Lip Mask 1枚目

Kaya vitamin dengan tekstur buttery

3

Bioaqua

Cherry Collagen Moisturizing Essence Lip Mask

Bioaqua Cherry Collagen Moisturizing Essence Lip Mask 1枚目

Bentuk kemasannya unik untuk dijadikan kado

4

Emina

Lip Mask

Emina Lip Mask 1枚目

Lip sleeping mask andalan para remaja, bisa mencerahkan bibir gelap!

5

Focallure

Forever Young Vitamin E Cherry Lip Mask

Focallure Forever Young Vitamin E Cherry Lip Mask 1枚目

Bibir plumpy bak buah ceri berkat kandungan hyaluronic acid dan vitamin

6

Lanbena

Nourishing Lip Mask

Lanbena Nourishing Lip Mask 1枚目

Lip mask sekaligus lip balm, intens menutrisi

7

LANEIGE

Lip Sleeping Mask

LANEIGE Lip Sleeping Mask 1枚目

Lip mask Korea viral yang ampuh melembapkan sepanjang hari, pilihan aromanya beragam!

8

Marshwillow

Fix Up Lip Mask

Marshwillow Fix Up Lip Mask 1枚目

Dapat digunakan dengan tiga cara

9

Felinz

Bio-Cellulose Lip Mask

Felinz  Bio-Cellulose Lip Mask 1枚目

Membantu menenangkan iritasi dan lecet pada bibir

10

Mireya

Advanced Care Lip Mask

Mireya Advanced Care Lip Mask 1枚目

Samarkan tanda-tanda penuaan pada area bibir dengan lip mask yang mengandung retinol

Perincian produk
Close
No.1

Madame GieSweet Lip Mask

Mulai dari Rp30.000,00

Dapat berfungsi sebagai lip scrub dan memerahkan bibir secara instan!

Kelebihan:

  • Multifungsi sebagai lip scrub
  • Tekstur gel yang ringan dan mudah dioleskan
  • Mencerahkan bibir kusam dan dapat mengembalikan warna alami bibir

Kekurangan:

  • Butiran scrub mungkin kurang cocok untuk kulit bibir yang sensitif
  • Tekstur sedikit lengket

Penggunaan lip scrub sebelum lip mask pun sering disarankan untuk memaksimalkan eksfolisasi dan penyerapan produk. Nah, Madame Gie membuat inovasi produk lip mask yang dapat berfungsi sebagai lip scrub. Teksturnya berupa gel dengan butiran scrub.


Anda tinggal mengoleskan lip mask ini dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati. Diamkan selama 5–10 menit, lalu bersihkan dengan air atau tisu. Hasilnya, bibir langsung mulus dan berwarna pink cerah. Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat bibir pasti akan sangat puas dengan produk ini.

No.2

barenblissButter Rush Vitamin Lip Mask

Mulai dari Rp35.000,00

Kaya vitamin dengan tekstur buttery

Kelebihan:
  • Membantu memperkuat skin barrier kulit untuk bibir sehat dan kenyal
  • Meredakan bibir kering dan pecah-pecah
  • Teksturnya seperti balm yang meleleh saat digosok, sangat nyaman dipakai

Kekurangan:
  • Baunya kurang enak menurut beberapa pengguna

Untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah, pertimbangkan memilih masker bibir dari BNB. Perpaduan bahan natural oils, vitamin E, bisabolol, dan ekstrak tanaman di dalamnya efektif meredakan bibir yang superkering. Di samping itu, tekstur krimnya unik dan dapat meleleh seperti butter saat digosokkan ke kulit.

No.3

BioaquaCherry Collagen Moisturizing Essence Lip Mask

Mulai dari Rp69.999,00

Bentuk kemasannya unik untuk dijadikan kado

Kelebihan:
  • Kemasan yang unik dan higienis
  • Menyamarkan garis-haris halus akibat bibir kering
  • Mencerahkan bagian bibir yang gelap akibat penggunaan lipstik jangka panjang

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna melaporkan kemasan yang mudah bocor


Lip mask dari Bioaqua ini memiliki kemasan berbentuk bibir yang unik. Apabila Anda berencana menghadiahi rekan wanita, masker bibir ini layak untuk dipertimbangkan. Kemasan tersebut juga dilengkapi dengan spatula dan desain kedap udara supaya kandungan di dalam lip mask tetap awet.


Masker bibir ini mengandung aroma ceri yang menyegarkan sehingga pasti dapat meningkatkan suasana hati. Terlebih lagi, kadar pelembapnya tinggi berkat keberadaan kolagen dan sodium hyaluronate. Kedua bahan tersebut mudah meresap sehingga dapat menutrisi bibir kering secara cepat.

No.4

Lip sleeping mask andalan para remaja, bisa mencerahkan bibir gelap!

Kelebihan:

  • Menurut review banyak pengguna, lip mask mampu mengatasi masalah bibir hitam dan bibir kering
  • Menjaga bibir tetap terhidrasi dan menyehatkan bibir
  • Teksturnya ringan dan mudah dioleskan

Kekurangan:

  • Jika tidak cocok dengan kandungannya, lip mask bisa menyebabkan bibir kering dan perih untuk sebagian orang

Merek lokal Emina memang populer dan direkomendasikan untuk para remaja. Masker bibir ini memanfaatkan shea butter untuk memberi kelembapan mendalam bagi kulit. Produk ini bahkan diperkaya dengan tujuh minyak nabati. Beberapa di antaranya adalah jojoba oil, avocado oil, soybean oil, dan macadamia oil. Setelah memakai lip mask ini semalaman, bibir lebih kenyal, sehat, dan cerah merona!

No.5

FocallureForever Young Vitamin E Cherry Lip Mask

Mulai dari Rp120.000,00

Bibir plumpy bak buah ceri berkat kandungan hyaluronic acid dan vitamin

Kelebihan:
  • Memudarkan garis-garis halus dan merontokkan sel kulit mati di bibir
  • Memberikan efek bibir plumpy

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, masker bibir tidak terlalu basah dan kurang bisa menempel dalam waktu lama

Masker bibir Focallure memanfaatkan kandungan carrageenan dan pelembap terbaik hyaluronic acid untuk mencegah hilangnya kelembapan alami dari bibir. Untuk menutrisi, masker bibir ini juga diperkaya dengan vitamin E dan kolagen. Bibir Anda pun akan terlihat montok berisi seperti buah ceri. Jika Anda ingin mendapatkan efek bibir yang plumpy secara instan, produk ini bisa dicoba.

No.6

LanbenaNourishing Lip Mask

Mulai dari Rp59.800,00

Lip mask sekaligus lip balm, intens menutrisi

Kelebihan:

  • Fungsi 2-in-1 sebagai lip balm
  • Ada tiga varian dengan aroma dan keunggulan masing-masing

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, isi terlalu sedikit
  • Kurang efektif dalam mencerahkan bibir yang sangat gelap

Penggunaan lip balm disarankan setelah Anda menggunakan lip mask untuk mengunci kelembapan. Jika tidak ingin repot, Anda bisa menyingkat step perawatan bibir ini dengan menggunakan masker bibir Lanbena. Produk ini sudah memiliki kandungan lip balm sekaligus lip mask yang menutrisi sekaligus melembapkan.


Lanbena juga menawarkan tiga varian dengan keunggulan yang berbeda. Ada Coconut yang ampuh melembapkan. Rose dapat mencerahkan bibir dengan warna pink alami. Sementara itu, Aloe mampu memperbaiki tekstur bibir sekaligus melembapkan. Untuk memaksimalkan perawatan, gunakanlah Lanbena Sugar Scrub sebelum lip mask.

No.7

LANEIGELip Sleeping Mask

Mulai dari Rp290.000,00

Lip mask Korea viral yang ampuh melembapkan sepanjang hari, pilihan aromanya beragam!

Kelebihan:
  • Lembut mengangkat sel kulit mati selama tidur
  • Membuat bibir terasa halus dan elastis
  • Banyak varian aroma

Kekurangan:

  • Harga kemasan full size tergolong mahal
  • Menurut beberapa pengguna, produk kurang efektif mencerahkan bibir gelap

LANEIGE Lip Sleeping Mask difavoritkan oleh banyak orang, termasuk beauty vlogger. Masker ini mengandung perpaduan ekstrak buah berry yang kaya vitamin C dan antioksidan. Kedua bahan tersebut merawat kulit bibir yang rusak akibat paparan sinar matahari. Bibir juga menjadi lebih mulus berkat coffee seed extract yang merontokkan sel kulit mati selama Anda tidur.


Soal kelembapan, Anda tak perlu khawatir! Lip sleeping mask ini memanfaatkan perpaduan glycerin, shea butter, dan hyaluronic acid mineral. Bibir Anda dijamin lebih kenyal serta lembap seharian jika malamnya menggunakan masker bibir Korea ini.

No.8

MarshwillowFix Up Lip Mask

Mulai dari Rp33.000,00

Dapat digunakan dengan tiga cara

Kelebihan:
  • Multifungsi dapat digunakan pada siang dan malam hari
  • Dilengkapi dengan spatula sehingga lebih higienis
  • Tekstur balm yang meleleh

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi detail mengenai kandungannya

Kebanyakan lip sleeping mask memang ampuh melembapkan, tetapi butuh didiamkan semalaman. Di sisi lain, Anda mungkin membutuhkan masker yang dapat dipakai sebelum makeup. Jika demikian, pilihlah produk dari brand milik aktris muda Natasha Wilona ini. Lip mask ini dapat digunakan sebagai sleeping mask, masker bibir sebelum makeup, dan lip balm. Anda pun bisa lebih berhemat, ya.

No.9

Felinz Bio-Cellulose Lip Mask

Mulai dari Rp25.000,00

Membantu menenangkan iritasi dan lecet pada bibir

Kelebihan: 
  • Mengenyalkan kulit bibir dan melindungi elastisitas kulit bibir
  • Diklaim mampu mengatasi bibir hitam
  • Membantu mengangkat sel kulit mati

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa kesulitan memakainya 
  • Ada pengguna merasakan bibir yang makin kering apabila terlalu lama memakai sheet

Saat bibir mulai tampak kering dan pecah-pecah, terkadang secara tak sadar Anda mengelupasnya dengan paksa. Apabila Anda memiliki kebiasaan seperti ini, aplikasikan Felinz Lip Mask pada bibir. Produk ini mengandung Aloe vera dan chamomile extract yang ampuh menenangkan sekaligus bekerja sebagai antibakteri pada bibir. Hasilnya, bibir Anda akan terhindar dari lecet, perih, dan berdarah.

No.10

MireyaAdvanced Care Lip Mask

Mulai dari Rp45.000,00

Samarkan tanda-tanda penuaan pada area bibir dengan lip mask yang mengandung retinol

Kelebihan:
  • Mengandung bahan anti-aging dan antioksidan yang membantu regenerasi sel kulit bibir
  • Membuat area bibir kenyal dan kencang
  • Mengobati bibir kering dan pecah-pecah

Kekurangan:

  • Isi kurang banyak dan cepat habis menurut beberapa pengguna

Seiring bertambahnya usia, perubahan tidak hanya terjadi pada wajah dan tubuh. Bibir pun akan menunjukkan perubahan, lho. Jika Anda sedang berada pada fase ini, Mireya Advanced Care Lip Mask bisa dipertimbangkan.


Adanya kandungan retinol dan celligent membuatnya ampuh dalam hal menyamarkan kerutan bibir. Tidak hanya itu, area di sekitar bibir (garis senyum) juga dapat disamarkan. Anda bisa mengandalkan masker bibir ini untuk mengatasi masalah bibir keriput, pecah-pecah, serta mengembalikan warna bibir yang pudar.

Tips memakai lip mask yang benar

Tips memakai lip mask yang benar

Supaya mendapatkan manfaat maksimal dari masker bibir, Anda perlu memakainya dengan cara yang benar. Tentu Anda tidak ingin khasiat yang terkandung dalam lip mask terbuang begitu saja, bukan? Oleh karena itu, kami akan menjelaskan langkah-langkah penggunaan masker bibir.


  1. Bersihkan bibir terlebih dahulu. Sebisa mungkin gunakan lip scrub agar kulit kering, kotoran, dan sisa makeup terangkat dengan sempurna.
  2. Setelah dibersihkan dan bibir dikeringkan, aplikasikan masker.
  3. Tunggu selama 15–20 menit agar kandungan bahan dalam masker bibir meresap dengan maksimal.
  4. Anda juga bisa memijat bibir sembari menunggu untuk membantu proses penyerapan bahan kandungan.
  5. Setelah waktu tunggu selesai, angkat sisa masker.

Pemakaian masker secara rutin dengan benar merupakan kunci dalam mendapatkan bibir sehat. Seperti penggunaan masker wajah, pemakaian masker bibir juga disarankan setidaknya dua kali per minggu.

Baca juga rekomendasi produk perawatan bibir lainnya di sini

Untuk mendapatkan bibir yang sehat dan senantiasa merona, tentunya penggunaan masker bibir saja tidak cukup. Anda perlu menambahkan lip scrub, lip balm, dan serum bibir ke dalam rangkaian perawatan bibir. Jika Anda masih bingung dengan manfaat tiap-tiap produk, kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setiap orang memiliki masalah bibir yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda memilih masker bibir yang sesuai dengan kebutuhan bibir Anda. Menggunakan masker bibir secara teratur dan berkala akan menjaga kelembapan bibir sepanjang waktu. Dengan demikian, bibir Anda akan tampak lebih sehat dan merona indah.


Bagaimana pendapat Anda tentang artikel masker bibir kami kali ini? Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih masker terbaik untuk menjaga kesehatan bibir. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer