• 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pernahkah Anda merasa baju tetap bau bahkan setelah dicuci dengan menggunakan mesin cuci? Bisa jadi ini menandakan adanya tumpukan kotoran atau bakteri pada drum mesin cuci Anda! Untuk mengatasi hal itu, saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai produk pembersih mesin cuci dengan keunggulannya masing-masing.

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih produk yang tepat untuk mesin cuci Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa contoh produk yang direkomendasikan, serta menjelaskan cara menggunakannya pada mesin cuci top loading, front loading, maupun tipe dua tabung. Rawatlah mesin cuci Anda agar senantiasa bersih setiap saat!
  • Pembaharuan terakhir: 14 Mei 2020
  • 18.836 Views
Daftar isi

Cara memilih pembersih mesin cuci

Mari kita periksa dengan saksama beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih produk yang cocok sesuai dengan kondisi mesin cuci yang Anda gunakan.

Periksa apakah kompatibel dengan mesin cuci Anda

Periksa apakah kompatibel dengan mesin cuci Anda
Secara garis besar, mesin cuci dibagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe dua tabung, top-loading, dan front-loading. Pembersih mesin cuci biasanya hanya dapat digunakan secara terbatas pada jenis mesin cuci tertentu. Jadi, silakan periksa tipe mesin cuci Anda dan pilihlah produk pembersih yang sesuai.
Bahkan untuk produk pembersih yang kompatibel dengan semua tipe mesin cuci sekalipun, penggunaannya akan berbeda untuk masing-masing tipe mesin cuci. Jika Anda melakukan kesalahan dalam menggunakannya, mesin cuci bisa rusak atau produk pembersih mungkin akan luber keluar. Jadi, pastikan untuk mematuhi aturan penggunaannya.

Pilih yang sesuai dengan frekuensi pembersihan

Poin selanjutnya dalam memilih produk pembersih mesin cuci adalah memilih sesuai frekuensi pembersihan. Silakan pilih produk yang paling sesuai dengan kebiasaan Anda membersihkan mesin cuci.

Produk berbasis klorin untuk pembersihan setiap 1 – 2 bulan

Produk berbasis klorin untuk pembersihan setiap 1 – 2 bulan
Pembersih mesin cuci berbahan dasar klorin memiliki efek sterilisasi yang tinggi dan merupakan jenis yang bagus untuk mengangkat dan melarutkan kotoran. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang frekuensi pembersihannya setiap 1 – 2 bulan sekali untuk menjaga agar mesin cuci tetap bersih. Tipe ini akan menekan pertumbuhan bakteri sehingga Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya bau dari pakaian yang dijemur di dalam ruangan, misalnya ketika musim hujan.
Namun, bau kaporit seperti bau pada kolam renang pasti muncul dari penggunaan pembersih jenis ini. Jika Anda ingin sering membersihkan mesin cuci tanpa khawatir tentang bau sebaiknya pilih pembersih yang menggunakan bahan dasar cangkang kerang daripada klorin. Meski produk semacam ini tidak memiliki efek secara langsung, Anda dapat membersihkan mesin cuci setiap hari dan dapat digunakan dengan sangat mudah.

Produk berbasis oksigen untuk pembersihan setiap 6 bulan

Produk berbasis oksigen untuk pembersihan setiap 6 bulan
Untuk mesin cuci dengan kotoran yang sudah menumpuk, gunakanlah produk pembersih yang berbasis oksigen. Tipe ini mampu mengendurkan kotoran karena memiliki sifat alkali dan meluruhkan kotoran yang lepas tersebut dengan kemampuannya menghasilkan busa. Dengan begitu, noda yang lengket dapat dihilangkan secara tuntas. Produk tipe ini sangat efektif untuk Anda yang membersihkan mesin cuci sekitar enam bulan sekali. Karena hampir tidak mengeluarkan bau seperti produk yang berbasis klorin, tipe ini cocok untuk Anda yang ingin bebas menggunakannya tanpa mengkhawatirkan timbulnya bau.

Untuk kotoran membandel, pilih yang bisa direndam

Untuk kotoran membandel, pilih yang bisa direndam
Jika Anda memiliki cukup banyak waktu, silakan pilih pembersih yang dapat didiamkan dan direndam saat pemakaiannya. Bahan-bahan dari pembersih ini akan tersebar di seluruh mesin cuci sehingga efektif untuk menghilangkan kotoran yang tidak dapat dibersihkan dengan mudah.
Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan mesin cuci, pilihlah produk yang tidak perlu direndam atau yang tidak memakan banyak waktu untuk menggunakannya. Produk jenis ini biasanya memiliki tingkat detergensi yang tinggi sehingga berisiko merusak mesin cuci jika direndam dalam waktu lama.

10 Rekomendasi pembersih mesin cuci terbaik

Setelah memahami cara memilih pembersih mesin cuci, sekarang kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi produk yang dipilih berdasarkan pertimbangan cost & performance-nya. Dapatkan produk terbaik untuk mesin cuci Anda!
10
9
8

Mr. StrongWashing Machine Cleaner

Rp 75.000,00

7
6

PROTEK Process Pembersih Mesin Cuci

Rp 57.000,00

5

Dr. BeckmannService-It Washing Machine Cleaner

Rp 285.000,00

4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pembersih mesin cuci terbaik

Gambar produk
1
Glisten Washer Magic 1

Glisten

2
Tide Washing Machine Cleaner 1

Tide

3
Putto Houzz Washing Machine Cleaner 1

Putto Houzz

4
Weiman Washing Machine Cleaner 1

Weiman

5
Dr. Beckmann Service-It Washing Machine Cleaner 1

Dr. Beckmann

6
PROTEK  Process Pembersih Mesin Cuci 1

PROTEK

7
Klin’s Washing Machine Flush 1

Klin’s

8
Mr. Strong Washing Machine Cleaner 1

Mr. Strong

9
Forti Chemical Washer Cleaner 1

Forti Chemical

10
Matrix Washing Cleaner 1

Matrix

Nama produk

Washer Magic

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Service-It Washing Machine Cleaner

Process Pembersih Mesin Cuci

Washing Machine Flush

Washing Machine Cleaner

Washer Cleaner

Washing Cleaner

KeunggulanProduk serbaguna dengan ser...Menghilangkan bau tak sedap...Kandungan bahan-bahan aktif...Teknologi spray-and-go yang...Meningkatkan kinerja dan me...Mampu merawat komponen mesi...Kandungan bahan 99,9% antib...Membersihkan dan mencegah p...Menghilangkan kerak yang me...Produk mungil yang mampu me...
HargaRp 79.900,00Rp 225.000,00Rp 57.000,00Rp 265.000,00Rp 285.000,00Rp 57.000,00Rp 90.000,00Rp 75.000,00Rp 59.000,00Rp 55.000,00
Tautan produk

Tip cara menggunakan pembersih mesin cuci

Selain menjelaskan beberapa poin dalam cara memilih produk, kami juga akan membagi beberapa tip untuk menggunakan pembersih mesin cuci agar mampu bekerja dengan lebih efektif.

Untuk kotoran membandel, gabungkan pemakaian produk berbasis oksigen dan klorin

Untuk kotoran membandel, gabungkan pemakaian produk berbasis oksigen dan klorin
Untuk Anda yang sudah bertahun-tahun tidak membersihkan mesin cuci dan ingin membersihkannya sekaligus, dianjurkan untuk menggunakan pembersih tipe oksigen kemudian dilanjutkan dengan penggunaan pembersih tipe klorin.
Dengan memanfaatkan perbedaan efek dari masing-masing jenis, Anda akan mendapatkan mesin cuci yang mengkilap dengan terlebih dahulu melepaskan kotoran besar menggunakan pembersih tipe oksigen, kemudian mensterilkan mesin cuci dari sisa noda dengan produk tipe klorin. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bercampurnya pembersih tipe oksigen dengan tipe klorin bisa menimbulkan gas klorin yang berbahaya. Jadi, pastikan Anda selalu memperhatikan urutan penggunaannya.

Cuci bersih juga jaring filter pada mesin cuci

Cuci bersih juga jaring filter pada mesin cuci
Saat Anda membersihkan mesin cuci, ada baiknya untuk sekaligus membersihkan jaring filter di dalamnya. Karena kotoran juga melekat pada jaring filter, biarkan jaring ini ikut terendam saat Anda menggunakan pembersih mesin cuci agar kotoran pada bagian ini mudah terkelupas dan ikut tercuci.

Kesimpulan

Kotoran atau bakteri yang menumpuk bisa menurunkan kinerja mesin cuci dan menimbulkan risiko menempelnya kotoran pada pakaian yang dicuci. Untuk mengatasi hal itu, bersihkanlah mesin cuci secara teratur dengan produk khusus untuk pembersih mesin cuci.
Bagaimana pendapat Anda mengenai kali ini? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih pembersih mesin cuci yang paling tepat untuk hasil cucian yang lebih bersih dan bebas dari bau!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    148.185 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    193.613 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    43.108 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat dapur yang sering digunakan saat memasak adalah pisau dapur. Ada beberapa jenis pisau seperti pisau santoku, pisau daging, pisau sashimi, dan pisau petty. Beberapa merek terkenal yang menjual pisau dapur adalah Jamie Oliver, Scanpan, dan Victorinox. Bahannya pun beragam, mulai dari stainless steel, keramik, hingga pisau dari baja.Banyaknya variasi produk membuat Anda bingung dalam memilih pisau dapur. Oleh karena itu, kami akan membahas dengan detail tentang pisau dapur mulai dari jenisnya, bahan pembuatnya, hingga cara merawatnya. Selain itu, kami akan merekomendasikan juga produk pisau dapur terbaik untuk Anda. Ayo baca sampai habis!
    Kebutuhan rumah tangga
    22.303 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    32.360 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    37.216 Views
  • 10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2020)
    Kasur yang dilapisi seprai yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Bahan yang lembut, serta motif yang indah dan sesuai dengan interior kamar diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda sudah siap beraktivitas dengan lebih semangat.Terdapat beberapa merek seprai yang ada di pasaran, seperti My Love, Kintakun, California, dan lain-lain. Setiap merek menawarkan kelebihannya masing-masing. Di artikel ini, kami akan memberi rekomendasi seprai terbaik yang bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya. Mari kita mulai!
    Kebutuhan rumah tangga
    185 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori