• 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pembersih mesin cuci mampu menghilangkan penumpukan kotoran dan bakteri yang tidak terlihat mata. Alhasil, mesin cuci Anda akan lebih bersih dan bebas bau. Ada banyak merek pembersih mesin cuci yang bagus, seperti Prokleen, Putto Houzz, Sanni, dan lainnya. Setiap pembersih mesin cuci mempunyai keunggulan masing-masing, termasuk salah satunya berfungsi sebagai anti-limescale atau antikerak.


Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi pembersih mesin cuci terbaik dalam bentuk cairan, tablet, ataupun bubuk. Selain itu, ada pula informasi pembersih yang kompatibel untuk jenis mesin cuci front loading, top loading, atau dua tabung. Disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Juli 2022
Daftar isi

Bahaya penumpukan kotoran di mesin cuci

Bahaya penumpukan kotoran di mesin cuci

Jamur merupakan penyebab utama timbulnya noda pada tabung mesin cuci. Selain itu, masih ada jenis kotoran lain yang biasanya menumpuk dan menempel pada mesin cuci. Kotoran tersebut antara lain kerak, residu detergen atau pelembut pakaian, hingga sisa-sisa kotoran pada baju.


Jika tumpukan kotoran ini dibiarkan, mesin cuci akan cepat rusak. Malahan, kotoran di mesin cuci juga berpotensi pindah ke pakaian yang dicuci. Karena itu, penting untuk membersihkan mesin cuci secara teratur.

Cara memilih pembersih mesin cuci

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memilih pembersih mesin cuci. Yuk, disimak agar Anda mendapatkan pembersih mesin cuci yang paling sesuai.

Pilih berdasarkan bentuknya

Pilih berdasarkan bentuknya

Ada tiga macam bentuk pembersih mesin cuci, yaitu bubuk, cair, dan tablet. Tiap-tiap bentuk memiliki karakter yang berbeda-beda.


  • Bubuk

Pembersih mesin cuci bentuk ini paling banyak ditemui di pasaran. Salah satu kandungan yang terdapat di dalamnya adalah oxygen bleach untuk membuat tabung mesin cuci terlihat kinclong. Namun, bentuk bubuk butuh waktu untuk bisa larut sempurna dalam air sehingga tidak menutup kemungkinan meninggalkan residu.


  • Cair

Cairan pembersih mesin cuci mudah larut dalam air. Karena itu, pembersih bentuk cairan mampu menjangkau celah-celah sempit dalam tabung dengan mudah. Untuk pembersihan maksimal, disarankan menggunakan air hangat, tetapi Anda juga bisa menggunakan air dingin.


  • Tablet

Pembersih mesin cuci bentuk tablet yang padat butuh waktu lebih lama untuk larut dalam air. Hal ini membuat proses peluruhan kerak, lumut, dan kotoran juga jadi lebih lambat. Namun, untuk penyimpanan jauh lebih aman karena tidak mudah tumpah.

Cek takaran pemakaian pembersih mesin cuci sebelum menggunakannya

Cek takaran pemakaian pembersih mesin cuci sebelum menggunakannya

Tiap-tiap produk pembersih mesin cuci biasanya menyediakan informasi mengenai takaran penggunaan. Bahkan, saat ini banyak pembersih mesin cuci yang dijual dalam kemasan sekali pakai. Jadi, bacalah petunjuk takaran sebelum Anda menggunakannya.


Perlu diingat pula, Anda sebaiknya tidak memakai satu takaran pembersih untuk beberapa kali pembersihan. Penggunaan pembersih mesin cuci yang tidak sesuai takaran sangat berbahaya. Selain itu, hal tersebut kurang efektif dalam menghilangkan kotoran dan juga bisa menyebabkan malfungsi pada mesin cuci.

Sesuaikan dengan frekuensi pembersihan Anda

Perbedaan frekuensi dalam membersihkan mesin cuci turut memengaruhi pemilihan jenis pembersihnya. Terdapat dua jenis pembersih mesin cuci berdasarkan frekuensi pembersihan Anda, yakni pembersih berbasis oksigen dan klorin.

Produk berbasis oksigen: Untuk pembersihan enam bulan sekali

Produk berbasis oksigen: Untuk pembersihan enam bulan sekali

Bagi Anda yang membersihkan tabung mesin cuci setiap enam bulan sekali, kami merekomendasikan produk pembersih berbasis oksigen. Gelembung oksigen yang dihasilkan cocok untuk menghilangkan noda tebal yang menumpuk.


Supaya hasilnya lebih efektif, Anda disarankan untuk merendam tabung dengan pembersih berbasis oksigen terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kotoran yang mengendap luruh secara maksimal. Jadi, waktu yang tepat untuk menggunakannya adalah pada malam hari, lalu membiarkannya bekerja semalaman. Barulah keesokan paginya Anda dapat memulai proses pembersihan.


Sebagai tambahan, pembersih berjenis oksigen ini juga lebih lembut bagi pakaian dan kulit. Jika Anda tinggal bersama anak kecil atau bayi, sangat disarankan memakai pembersih berbasis oksigen.

Produk berbasis klorin: Untuk pembersihan dua bulan sekali

Produk berbasis klorin: Untuk pembersihan dua bulan sekali

Pembersih mesin cuci berbasis klorin dapat mengangkat serta melarutkan noda dan kotoran yang lengket. Oleh karena itu, jenis ini cocok digunakan oleh Anda yang membersihkan mesin cuci beberapa kali dalam setahun.


Pembersih berbasis klorin juga memiliki waktu pembersihan yang lebih singkat daripada produk berbasis oksigen. Menariknya lagi, pembersih jenis klorin dapat digunakan bersamaan dengan air dingin. Jadi, Anda tak perlu repot menyiapkan air panas sebagai campuran.


Sayangnya pembersih jenis klorin bisa merusak pakaian dan kulit Anda. Karena itu, baca instruksi produk secara saksama agar Anda tidak melakukan kesalahan saat menggunakannya. Untuk meningkatkan efek pembersihan, Anda juga dapat memakai pembersih berjenis klorin setelah menggunakan pembersih berbasis oksigen.

Perhatikan kecocokannya dengan mesin cuci

Perhatikan kecocokannya dengan mesin cuci
Secara garis besar, mesin cuci dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe top loading, front loading, dan dua tabung. Penggunaan pembersih mesin cuci biasanya terbatas pada jenis mesin cuci tertentu. Namun, saat ini sudah banyak pembersih yang kompatibel untuk berbagai jenis mesin cuci.

Jadi, silakan periksa tipe mesin cuci Anda, lalu pilih pembersih yang sesuai. Jika Anda tidak menggunakan pembersih mesin cuci yang kompatibel, ada kemungkinan mesin cuci akan panas dan rusak.


Membahas soal mesin cuci, apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk mengganti mesin cuci di rumah? Jika iya, kami sudah mengulas produk mesin cuci tipe top loading dan front loading. Silakan cek artikelnya melalui tautan berikut!

Periksa kompatibilitasnya dengan jaring pembuangan kotoran di mesin cuci

Periksa kompatibilitasnya dengan jaring pembuangan kotoran di mesin cuci

Membersihkan tabung mesin cuci dengan jaring pembuangan kotoran yang terpasang akan membuat mesin cuci cepat rusak. Namun, kalau pembersih mesin cuci kompatibel dengan jaring pembuangan kotoran, hal ini akan memudahkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mengeluarkan jaring tersebut sebelum membersihkan mesin cuci.


Jadi, sebelum membeli pembersih mesin cuci, cek apakah produk tersebut kompatibel dengan jaring pembuangan kotoran mesin cuci Anda. Jika tidak kompatibel, ingatlah untuk melepaskan jaring pembuangan kotoran dari mesin cuci sebelum Anda menuangkan pembersih.

10 Rekomendasi pembersih mesin cuci terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembersih mesin cuci terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 14 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Putto Houzz Washing Machine Cleaner memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Tide Washing Machine Cleaner yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10
JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load
Bahan utamaOxygen bleach, sodium carbonate
Isi225 gr, 375 gr
Takaran1 kantong
9
JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load, dua tabung
Bahan utamaBlue magic powder, green magic powder
Isi1.000 gr
Takaran1 botol
8

Dr. BeckmannWashing Machine Care Cleaner

Mulai dari Rp 70.500,00

JenisCair
Tipe mesin cuciTop load, front load
Bahan utamaActivated carbon
Isi250 ml
Takaran50 ml
7
JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load
Bahan utamaBlue active powder
Isi500 gr
Takaran1 botol
6
JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop loading, front loading
Bahan utamaPower Clean
Isi10 sachet @ 10 gr
Takaran1 sachet
5
JenisTablet
Tipe mesin cuciTop load, front load, dua tabung
Bahan utamaTidak ada keterangan
Isi16 tablet
Takaran4 tablet
4

Brandwash Laundry MarketWashing Machine Cleaner

Mulai dari Rp 59.000,00

JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load
Bahan utamaTidak ada keterangan
Isi500 gr, 1.000 gr
Takaran1 botol
3

United Cleaning EnterpriseProkleen Washing Machine Cleaner

Mulai dari Rp 125.000,00

JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load
Bahan utamaOxygen active cleaning agent
Isi1.000 gr
Takaran1 botol
2
JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load
Bahan utamaOxygen bleach
Isi100 gr x 3 sachet
Takaran1–2 sachet
1
JenisBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load, dua tabung
Bahan utamaShea butter, avocado oil, argan oil, eucalyptus oil, retinispora, phytonicide
Isi500 gr × 2 sachet
Takaran1 sachet

Tabel perbandingan produk pembersih mesin cuci terbaik

Gambar produk
1
Putto Houzz Washing Machine Cleaner 1

Putto Houzz

2
Washing Machine Cleaner 3 in 1 1

3
United Cleaning Enterprise Prokleen Washing Machine Cleaner 1

United Cleaning Enterprise

4
Brandwash Laundry Market Washing Machine Cleaner 1

Brandwash Laundry Market

5
Daily Washing Machine Cleaner 1

Daily

6
Puro Washing Machine Cleaner 1

Puro

7
Sanni Washing Machine Cleaner 1

Sanni

8
Dr. Beckmann Washing Machine Care Cleaner  1

Dr. Beckmann

9
BKleen Klei Washing Machine Cleaner 1

BKleen

10
Tide Washing Machine Cleaner 1

Tide

Nama produk

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner 3 in 1

Prokleen Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Washing Machine Care Cleaner

Klei Washing Machine Cleaner

Washing Machine Cleaner

Keunggulan

Lebih aman dengan pembersih berbahan alami

Kekuatan 3 in 1, membersihkan, sterilisasi, dan menjaga keawetan mesin cuci

Cegah kuman dan bakteri datang kembali

Hilangkan kerak tanpa harus membongkar mesin cuci

Meluruhkan kotoran tanpa menguras isi dompet

Tangan tetap lembut berkat pembersih yang aman untuk kulit

Cegah perpindahan kuman ke pakaian

Ampuh bersihkan seluruh bagian mesin cuci

Formula double protection, jaga mesin cuci sekaligus baju

Singkirkan residu detergen sampai tuntas

Harga mulai dariRp 105.000,00Rp 99.000,00Rp 125.000,00Rp 59.000,00Rp 39.900,00Rp 90.000,00Rp 59.500,00Rp 70.500,00Rp 128.000,00Rp 150.000,00
JenisBubukBubukBubukBubukTabletBubukBubukCairBubukBubuk
Tipe mesin cuciTop load, front load, dua tabungTop load, front loadTop load, front loadTop load, front loadTop load, front load, dua tabungTop loading, front loadingTop load, front loadTop load, front loadTop load, front load, dua tabungTop load, front load
Bahan utamaShea butter, avocado oil, argan oil, eucalyptus oil, retinispora, phytonicideOxygen bleachOxygen active cleaning agentTidak ada keteranganTidak ada keteranganPower CleanBlue active powderActivated carbonBlue magic powder, green magic powderOxygen bleach, sodium carbonate
Isi500 gr × 2 sachet100 gr x 3 sachet1.000 gr500 gr, 1.000 gr16 tablet10 sachet @ 10 gr500 gr250 ml1.000 gr225 gr, 375 gr
Takaran1 sachet1–2 sachet1 botol1 botol4 tablet1 sachet1 botol 50 ml1 botol1 kantong
Tautan produk

Cara membersihkan mesin cuci

Cara membersihkan mesin cuci

Kebanyakan pembersih memiliki cara yang sama untuk membersihkan mesin cuci. Perbedaannya terletak pada waktu perendaman dan pembilasan. Lamanya waktu pembersihan tergantung pada kekuatan produk pembersih dan banyak atau tidaknya kotoran dalam mesin cuci. Berikut ini cara membersihkan mesin cuci.


  1. Kosongkan tabung dan isi dengan air kapasitas maksimal.
  2. Tuangkan pembersih mesin cuci sesuai takaran.
  3. Tambahkan 2 liter air panas untuk mempercepat proses pembersihan.
  4. Jalankan opsi wash selama sekitar 10–20 menit sesuai petunjuk produk.
  5. Rendam atau diamkan selama 1–3 jam sesuai petunjuk. Anda juga bisa merendam laci detergen.
  6. Nyalakan kembali mesin cuci dengan proses normal serta lakukan pembilasan.
  7. Bila air masih keruh, pembilasan bisa dilakukan sebanyak dua atau tiga kali.
  8. Bila ada kotoran yang tertinggal di tabung, lap menggunakan kain bersih.
  9. Lap juga saluran detergen, selang, dan tutup mesin cuci. Bila ada bagian yang sulit dijangkau, gunakan sikat kecil.

Tips mencegah penumpukan kotoran pada mesin cuci

Tips mencegah penumpukan kotoran pada mesin cuci

Setelah mesin cuci bersih, perawatan perlu dilakukan supaya kotoran tidak mudah menumpuk. Setidaknya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran pada mesin cuci. 


  • Selalu pastikan jumlah detergen dan softener sesuai dengan aturan pakai

Salah satu penyebab timbulnya kotoran pada mesin cuci adalah banyaknya residu detergen dan softener pakaian. Jadi, perhatikan takarannya sebelum dituangkan, ya!


  • Segera keluarkan pakaian selesai dicuci dan jangan menutup mesin cuci kecuali saat melakukan pencucian

Jika mesin cuci ditutup, udara akan terperangkap di dalamnya. Usahakan memberi sirkulasi udara yang baik pada mesin cuci dengan cara membukanya saat tidak digunakan.

Baca juga rekomendasi produk pembersih rumah tangga lainnya di sini

Selain membersihkan mesin cuci, Anda juga perlu rutin membersihkan bagian rumah yang lainnya. Area kamar mandi, dapur, atau ruangan lain misalnya, tidak boleh luput dibersihkan. Untuk membantu Anda deep cleaning, kami juga sudah mengulas beberapa rekomendasi produk pembersih lainnya. Jangan ragu untuk menyimaknya juga, ya!

Kesimpulan

Kotoran atau bakteri yang menumpuk bisa menurunkan kinerja mesin cuci. Hal ini juga menimbulkan risiko menempelnya kotoran pada pakaian yang dicuci. Oleh karena itu, jangan lupa bersihkan mesin cuci secara teratur dengan produk pembersih khusus.

Ada banyak pembersih mesin cuci di pasaran, sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dalam memilih pembersih mesin cuci. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Saat ini bahkan sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula antibakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merek terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan Daia.Namun, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak ulasan kami hingga tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Deterjen cair yang mudah larut dalam air membuat proses pencucian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut.Kali ini kami akan mengulas tips memilih dan merekomendasikan produk deterjen cair terbaik yang dapat dibeli secara online. Berbagai merek sabun cuci baju cair yang bagus, seperti Rinso, Attack, dan Sleek Baby, ada dalam rekomendasi kami. Ada juga produk deterjen yang wanginya tahan lama, lho! Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk, serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai pada robot vacuum cleaner. Alat ini dapat bekerja membersihkan lantai secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.Banyak merek ternama, seperti Samsung, Xiaomi, Bardi, ECOVACS, dan Kurumi, memproduksi robot pembersih lantai dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan pilihan, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih, review, serta rekomendasi robot vacuum cleaner yang bagus dari kami. 
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Lantai yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Pel Lantai yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Alat pel dapat membersihkan lantai lebih efektif dibandingkan menggunakan vacuum cleaner. Ada berbagai jenis dan ukuran alat pel lantai yang beredar di pasaran. Selain itu, terdapat pula beragam merek yang bagus, seperti BOLDe, GM Bear, hingga Scotch-Brite. Anda mungkin akan bingung saat memilihnya.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih alat pel yang ideal bagi Anda sekaligus merekomendasikan produk-produk populer. Membersihkan rumah akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika Anda memilih alat pel yang tepat. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan alat pel ideal untuk Anda.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Squeegee (Wiper Kaca) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Squeegee (Wiper Kaca) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Squeegee atau wiper kaca merupakan alat untuk menyeka kaca. Awalnya, squeegee hanya digunakan oleh kalangan profesional. Namun, kini produk ini telah lazim digunakan sebagai salah satu peralatan rumah tangga. Di pasaran terdapat squeegee keluaran berbagai merek, misalnya IKEA, Lion Star, Kleaner, dan sebagainya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi squeegee terbaik. Tidak hanya dapat digunakan untuk menyeka kaca jendela, Anda juga dapat menggunakannya di kamar mandi atau permukaan kaca lainnya. Dengan squeegee yang bagus, membersihkan butiran-butiran air pun jadi lebih mudah dan menyenangkan!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori