10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkah Anda merasa baju tetap bau bahkan setelah dicuci dengan menggunakan mesin cuci? Bisa jadi ini menandakan adanya tumpukan kotoran atau bakteri pada drum mesin cuci Anda! Untuk mengatasi hal itu, saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai produk pembersih mesin cuci dengan keunggulannya masing-masing.

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih produk yang tepat untuk mesin cuci Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa contoh produk yang direkomendasikan, serta menjelaskan cara menggunakannya pada mesin cuci top loading, front loading, maupun tipe dua tabung. Rawatlah mesin cuci Anda agar senantiasa bersih setiap saat!

Daftar isi

Cara memilih pembersih mesin cuci

Mari kita periksa dengan saksama beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih produk yang cocok sesuai dengan kondisi mesin cuci yang Anda gunakan.

Periksa apakah kompatibel dengan mesin cuci Anda

Periksa apakah kompatibel dengan mesin cuci Anda

Secara garis besar, mesin cuci dibagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe dua tabung, top-loading, dan front-loading. Pembersih mesin cuci biasanya hanya dapat digunakan secara terbatas pada jenis mesin cuci tertentu. Jadi, silakan periksa tipe mesin cuci Anda dan pilihlah produk pembersih yang sesuai.

Bahkan untuk produk pembersih yang kompatibel dengan semua tipe mesin cuci sekalipun, penggunaannya akan berbeda untuk masing-masing tipe mesin cuci. Jika Anda melakukan kesalahan dalam menggunakannya, mesin cuci bisa rusak atau produk pembersih mungkin akan luber keluar. Jadi, pastikan untuk mematuhi aturan penggunaannya.

Pilih yang sesuai dengan frekuensi pembersihan

Poin selanjutnya dalam memilih produk pembersih mesin cuci adalah memilih sesuai frekuensi pembersihan. Silakan pilih produk yang paling sesuai dengan kebiasaan Anda membersihkan mesin cuci.

Produk berbasis klorin untuk pembersihan setiap 1 – 2 bulan

Produk berbasis klorin untuk pembersihan setiap 1 - 2 bulan

Pembersih mesin cuci berbahan dasar klorin memiliki efek sterilisasi yang tinggi dan merupakan jenis yang bagus untuk mengangkat dan melarutkan kotoran. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang frekuensi pembersihannya setiap 1 – 2 bulan sekali untuk menjaga agar mesin cuci tetap bersih. Tipe ini akan menekan pertumbuhan bakteri sehingga Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya bau dari pakaian yang dijemur di dalam ruangan, misalnya ketika musim hujan.

Namun, bau kaporit seperti bau pada kolam renang pasti muncul dari penggunaan pembersih jenis ini. Jika Anda ingin sering membersihkan mesin cuci tanpa khawatir tentang bau sebaiknya pilih pembersih yang menggunakan bahan dasar cangkang kerang daripada klorin. Meski produk semacam ini tidak memiliki efek secara langsung, Anda dapat membersihkan mesin cuci setiap hari dan dapat digunakan dengan sangat mudah.

Produk berbasis oksigen untuk pembersihan setiap 6 bulan

Produk berbasis oksigen untuk pembersihan setiap 6 bulan

Untuk mesin cuci dengan kotoran yang sudah menumpuk, gunakanlah produk pembersih yang berbasis oksigen. Tipe ini mampu mengendurkan kotoran karena memiliki sifat alkali dan meluruhkan kotoran yang lepas tersebut dengan kemampuannya menghasilkan busa. Dengan begitu, noda yang lengket dapat dihilangkan secara tuntas. Produk tipe ini sangat efektif untuk Anda yang membersihkan mesin cuci sekitar enam bulan sekali. Karena hampir tidak mengeluarkan bau seperti produk yang berbasis klorin, tipe ini cocok untuk Anda yang ingin bebas menggunakannya tanpa mengkhawatirkan timbulnya bau.

Untuk kotoran membandel, pilih yang bisa direndam

Untuk kotoran membandel, pilih yang bisa direndam

Jika Anda memiliki cukup banyak waktu, silakan pilih pembersih yang dapat didiamkan dan direndam saat pemakaiannya. Bahan-bahan dari pembersih ini akan tersebar di seluruh mesin cuci sehingga efektif untuk menghilangkan kotoran yang tidak dapat dibersihkan dengan mudah.

Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan mesin cuci, pilihlah produk yang tidak perlu direndam atau yang tidak memakan banyak waktu untuk menggunakannya. Produk jenis ini biasanya memiliki tingkat detergensi yang tinggi sehingga berisiko merusak mesin cuci jika direndam dalam waktu lama.

10 Rekomendasi pembersih mesin cuci terbaik

Setelah memahami cara memilih pembersih mesin cuci, sekarang kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi produk yang dipilih berdasarkan pertimbangan cost & performance-nya. Dapatkan produk terbaik untuk mesin cuci Anda!

10. Matrix Washing Cleaner

10. Matrix Washing Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Produk mungil yang mampu membersihkan plak membandel

Matrix Washing Cleaner merupakan produk yang dapat digunakan baik untuk mesin cuci dengan tipe front-loading dan top-loading. Dengan menggunakan pembersih ini secara teratur setiap sebulan sekali, mesin cuci Anda akan terlihat lebih bersih dan terawat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Meski berukuran mungil, pembersih mesin cuci ini efektif untuk membersihkan kotoran dan plak membandel yang menempel pada bagian dalam mesin cuci. Penggunaannya pun sangat mudah karena Anda hanya perlu menggunakannya seperti ketika mencuci baju dengan detergen biasa.

9. Forti Chemical Washer Cleaner

9. Forti Chemical Washer Cleaner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Menghilangkan kerak yang menempel dan menyumbat pada mesin cuci

Jika merasa air pembuangan dari mesin cuci Anda sering tersumbat dan muncul bau tidak sedap, Forti Chemical Washer Cleaner bisa menjadi solusi yang tepat! Pembersih mesin cuci ini mengandung bahan aktif yang mampu menghilangkan kerak yang sering menempel dan menyumbat pada mesin cuci.

Dengan membersihkan mesin cuci setiap 2 minggu sekali menggunakan produk ini, Anda akan terbebas dari risiko menumpuknya kotoran dan sisa detergen yang dapat menyebabkan gatal dan alergi jika menempel pada pakaian. Penggunaan produk ini secara teratur juga dapat memperpanjang masa pakai mesin cuci karena mesin cuci menjadi lebih terawat.

8. Mr. Strong Washing Machine Cleaner

8. Mr. Strong Washing Machine Cleaner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Membersihkan dan mencegah penumpukan kotoran lebih lanjut

Salah satu produk yang dapat digunakan untuk semua jenis mesin cuci adalah Mr. Strong Washing Machine Cleaner. Produk ini mengandung bahan-bahan yang dapat digunakan secara teratur untuk memastikan kinerja mesin cuci Anda tetap terjaga. Selain itu, formula anti-bacterial di dalamnya memungkinkan produk ini juga mampu mencegah terjadinya penumpukan kotoran lebih lanjut di dalam mesin cuci.

Jika mesin cuci Anda sudah lama tidak dibersihkan dan kotoran membandel sudah menempel dengan kuat, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena dapat direndam selama 2 hingga 3 jam saat pemakaiannya. Dengan begitu, Anda bisa membersihkan komponen-komponen mesin cuci secara menyeluruh hingga ke bagian yang sulit dijangkau!

7. Klin’s Washing Machine Flush

7. Klin's Washing Machine Flush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 77.000

Kandungan bahan 99,9% antibakteri untuk pembersihan lebih maksimal!

Bagi Anda yang memiliki mesin cuci dengan tipe top-loading, Klin’s Washing Machine Flush merupakan pembersih yang tepat untuk dijadikan pilihan! Produk ini mampu membersihkan kotoran dan jamur yang tersembunyi di sela-sela drum dan bagian lainnya yang sulit dijangkau pada mesin cuci Anda.

Pembersih ini mengandung bahan 99,9% anti-bacterial sehingga sangat ampuh menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap. Produk yang disarankan untuk digunakan setiap tiga bulan sekali ini bekerja dengan melarutkan residu detergen dan kotoran sehingga mampu meningkatkan kinerja mesin cuci.

6. PROTEK Process

6. PROTEK Process

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.000

Mampu merawat komponen mesin cuci agar terhindar dari karat

Jika Anda memiliki usaha laundry, bagaimana jika Anda mencoba pembersih mesin cuci dari PROTEK yang mampu mengatasi kotoran dan kerak yang mengendap pada mesin cuci dalam waktu lama ini? Selain mampu membersihkan kotoran yang menempel, produk ini juga diformulasikan mampu menjaga agar mesin cuci tidak mudah berkarat sehingga sangat cocok untuk perawatan.

Dengan bentuk liquid, tanpa aroma, dan warnanya yang bening, pembersih mesin cuci ini mudah digunakan dan juga efektif dalam menghilangkan bau tak sedap pada rongga-rongga mesin cuci. Anda juga bisa menghemat biaya lebih banyak karena kemasan 1 liter produk ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Sangat ekonomis, bukan?

5. Dr. Beckmann Service-It Washing Machine Cleaner

5. Dr. Beckmann Service-It Washing Machine Cleaner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 211.000

Meningkatkan kinerja dan mencegah kerusakan mesin cuci

Bahan aktif karbon yang terkandung di dalam Dr. Beckmann Service-It Washing Machine Cleaner berfungsi seperti magnet yang menyerap kotoran dan residu yang merupakan penyebab utama bau pada mesin cuci. Penggunaan teratur produk ini juga mampu membersihkan endapan kapur pada elemen mesin cuci untuk meningkatkan kinerja sekaligus mencegah terjadinya kerusakan.

Anda dapat menggunakan produk ini pada semua bagian mesin cuci mulai dari karet segel, selang air, laci detergen, dan tentu saja bagian drumnya. Sangat praktis untuk Anda yang tidak mau repot menggunakan berbagai jenis pembersih berbeda untuk masing-masing pemakaian. Untuk hasil maksimal, gunakan produk ini dengan mendiamkannya selama 30 menit pada suhu 60°C.

4. Weiman Washing Machine Cleaner

4. Weiman Washing Machine Cleaner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Teknologi spray-and-go yang ringkas dan praktis!

Jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk membersihkan mesin cuci, Weiman Washing Machine Cleaner merupakan produk yang paling tepat. Dengan teknologi spray-and-go yang diterapkan pada produk ini, Anda hanya perlu menyemprotkannya pada mesin cuci tanpa perlu melalui siklus pencucian apalagi perendaman!

Meski tanpa siklus pencucian, produk yang memiliki aroma herbal ini efektif menghilangkan bau tidak sedap pada mesin cuci tanpa merubah warna maupun merusak pakaian. Pembersih yang dapat menghilangkan residu ini dapat digunakan pada semua jenis mesin cuci dan menjangkau semua bagian bahkan yang sulit terjangkau sekalipun.

3. Putto Houzz Washing Machine Cleaner

3. Putto Houzz Washing Machine Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Kandungan bahan-bahan aktif yang efektif membunuh bakteri

Putto Houzz Washing Machine Cleaner mengandung bahan-bahan aktif seperti asam karbonat dan karbon aktif yang efektif untuk menghilangkan jamur dan bakteri pada mesin cuci tipe top-loading dan front-loading. Produk ini juga mampu menghilangkan bau sehingga pakaian menjadi lebih segar dan bersih.

Bagi Anda yang hanya memiliki waktu untuk membersihkan mesin cuci setiap 2-3 bulan sekali, produk ini merupakan pilihan yang tepat! Karena adanya kandungan asam pada produk ini, disarankan untuk tidak menggunakannya lebih dari 2 jam dan sebaiknya kenakan sarung tangan sebelum pemakaian.

2. Tide Washing Machine Cleaner

2. Tide Washing Machine Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 320.600

Menghilangkan bau tak sedap dan meninggalkan aroma segar

Pembersih mesin cuci Tide Washing Machine Cleaner ini dirancang untuk melarutkan tumpukan kotoran dari mesin cuci secara efektif. Bagi Anda yang mementingkan aroma pada hasil cucian, produk ini sangat cocok dijadikan pilihan karena dilengkapi formula yang ampuh mengangkat penyebab aroma tak sedap kemudian meninggalkan aroma yang segar pada mesin cuci Anda.

Anda dapat menggunakan pembersih ini untuk jenis mesin cuci tipe front-loading maupun top-loading. Dengan menggunakan pembersih ini secara teratur, segala jenis residu tanah, detergen, dan mineral yang telah menumpuk seiring waktu pada mesin cuci dapat dihilangkan hingga ke bagian paling dalam.

1. Glisten Washer Magic

1. Glisten Washer Magic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Produk serbaguna dengan sertifikasi keamanan internasional

Glisten Washer Magic merupakan pembersih mesin cuci serba guna yang mampu membersihkan, menghilangkan bau tak sedap, dan memperpanjang masa pakai mesin cuci. Produk ini bekerja dengan menghilangkan endapan kotoran yang menjadi penyebab bau dan mengurangi penumpukan mineral abrasif yang dapat merusak pakaian.

Formula cairnya tidak meninggalkan residu dan mampu menjangkau bagian mesin cuci yang tersembunyi dan sulit dibersihkan. Produk ini menggunakan bahan-bahan alami dan telah mendapatkan sertifikasi keamanan dari EPA. Bagi Anda yang ingin membersihkan mesin cuci secara rutin, produk yang tidak mengandung pemutih dan bahan kimia berbahaya ini bisa menjadi pilihan.

Tip cara menggunakan pembersih mesin cuci

Selain menjelaskan beberapa poin dalam cara memilih produk, kami juga akan membagi beberapa tip untuk menggunakan pembersih mesin cuci agar mampu bekerja dengan lebih efektif.

Untuk kotoran membandel, gabungkan pemakaian produk berbasis oksigen dan klorin

Untuk kotoran membandel, gabungkan pemakaian produk berbasis oksigen dan klorin

Untuk Anda yang sudah bertahun-tahun tidak membersihkan mesin cuci dan ingin membersihkannya sekaligus, dianjurkan untuk menggunakan pembersih tipe oksigen kemudian dilanjutkan dengan penggunaan pembersih tipe klorin.

Dengan memanfaatkan perbedaan efek dari masing-masing jenis, Anda akan mendapatkan mesin cuci yang mengkilap dengan terlebih dahulu melepaskan kotoran besar menggunakan pembersih tipe oksigen, kemudian mensterilkan mesin cuci dari sisa noda dengan produk tipe klorin. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bercampurnya pembersih tipe oksigen dengan tipe klorin bisa menimbulkan gas klorin yang berbahaya. Jadi, pastikan Anda selalu memperhatikan urutan penggunaannya.

Cuci bersih juga jaring filter pada mesin cuci

Cuci bersih juga jaring filter pada mesin cuci

Saat Anda membersihkan mesin cuci, ada baiknya untuk sekaligus membersihkan jaring filter di dalamnya. Karena kotoran juga melekat pada jaring filter, biarkan jaring ini ikut terendam saat Anda menggunakan pembersih mesin cuci agar kotoran pada bagian ini mudah terkelupas dan ikut tercuci.

Kesimpulan

Kotoran atau bakteri yang menumpuk bisa menurunkan kinerja mesin cuci dan menimbulkan risiko menempelnya kotoran pada pakaian yang dicuci. Untuk mengatasi hal itu, bersihkanlah mesin cuci secara teratur dengan produk khusus untuk pembersih mesin cuci.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kali ini? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih pembersih mesin cuci yang paling tepat untuk hasil cucian yang lebih bersih dan bebas dari bau!