10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Acne patch atau plester jerawat merupakan produk pengempis jerawat yang dipopulerkan oleh berbagai merek kosmetik dari Korea, seperti COSRX, Missha, dan The Face Shop. Di Indonesia sendiri, pengguna produk solusi masalah kulit ini semakin banyak karena keefektifannya dalam memberantas jerawat.

Bila Anda juga tertarik untuk mencoba khasiatnya, Anda perlu mengetahui berbagai informasi tentang acne patch agar dapat memilih produk yang sesuai, seperti informasi cara memilih acne patch di bawah ini. Tak lupa, kami juga telah mempersiapkan 10 rekomendasi produk acne patch yang bagus untuk  Anda pilih!

Daftar isi

Cara memilih acne patch

Kini, telah banyak orang yang tertarik menggunakan acne patch, khususnya orang-orang yang sering berjerawat. Barangkali, Anda pun salah satunya. Namun, produk mana yang paling cocok untuk Anda? Untuk mengetahui cara memilih produk yang tepat, bacalah informasi di bawah ini!

Pilih berdasarkan tipe acne patch

Secara garis besar, terdapat 2 tipe acne patch. Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini. Pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda!

Tipe acne care dengan kandungan bahan aktif

Tipe acne care dengan kandungan bahan aktif

Tipe ini mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengempiskan jerawat. Anda dapat menggunakan acne patch tipe ini sekaligus untuk menggantikan acne cream atau essence Anda.

Tipe protection dengan kemampuan menyerap sekresi jerawat

Tipe protection dengan kemampuan menyerap sekresi jerawat

Tipe berikutnya merupakan acne patch yang tidak mengandung bahan-bahan aktif untuk mengempiskan jerawat. Meskipun begitu, acne patch tipe ini dapat menghindarkan jerawat dari kekeringan, kontaminasi bakteri, dan faktor lainnya yang akan memperparah kondisi jerawat. Tipe ini pun dapat menyerap sekresi jerawat, seperti nanah. Tipe ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering tidak sengaja menyentuh jerawat.

Cek kandungan bahan aktifnya bila Anda memilih tipe acne care

Tipe acne care telah diformulasikan dengan bahan-bahan tertentu yang diharapkan memiliki efek bakterisida atau melawan bakteri penyebab jerawat. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh kandungan yang seringkali digunakan dalam acne patch tipe acne care.

Isopropyl methylphenol untuk efek bakterisida

Isopropyl methylphenol untuk efek bakterisida

Isopropyl methylphenol merupakan kandungan yang memiliki efek bakterisida tinggi. Zat ini tidak hanya digunakan pada acne patch saja, tetapi juga pada produk perawatan jerawat lainnya. Kandungan ini pun tidak akan mengiritasi kulit. Jadi, sangat aman digunakan bahkan untuk jenis kulit sensitif sekalipun.

Salicylic acid, untuk mengatasi pori-pori tersumbat

Salicylic acid, untuk mengatasi pori-pori tersumbat

Salicylic acid juga merupakan bahan yang sering digunakan pada produk perawatan jerawat. Kandungan ini berfungsi sebagai peeling untuk mengangkat lapisan keratin yang telah mati. Untuk itu, produk acne patch berkandungan salicylic acid sangat direkomendasikan bagi kulit yang seringkali memiliki masalah pori-pori tersumbat. Menggunakan acne patch yang memiliki kandungan salicylic acid pada bagian wajah yang rentan berjerawat juga merupakan langkah efektif untuk mencegah munculnya jerawat.

Kandungan tea tree dan lavender oil yang memberikan manfaat lebih

Kandungan tea tree dan lavender oil yang memberikan manfaat lebih

Tea tree oil dan lavender oil merupakan essential oil yang memiliki fungsi sebagai bakterisidal, juga banyak digunakan pada produk-produk perawatan jerawat. Anda dapat memilih acne patch yang memiliki kandungan tersebut bila menginginkan produk dengan bahan-bahan alami yang lebih ramah di kulit.

Pilih berdasarkan ukuran dan warna

Pilih berdasarkan ukuran dan warna

Acne patch tersedia dalam berbagai warna, seperti warna transparan yang nyaris tak terlihat, warna mint, merah muda, atau cokelat yang mirip dengan warna kulit, dan lain sebagainya. Namun, acne patch umumnya digunakan menjelang tidur sehingga sebenarnya Anda tak perlu ambil pusing mengenai warnanya. Bila Anda ingin menggunakannya saat beraktivitas di siang hari, lebih baik gunakan warna yang tampak menyatu dengan warna kulit Anda, seperti warna transparan.

Acne patch juga tersedia dalam berbagai ukuran. Bahkan ada pula produk yang memiliki ukuran berbeda dalam 1 setnya. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilih daya rekat produk yang sesuai dengan waktu penggunaan

Pilih daya rekat produk yang sesuai dengan waktu penggunaan

Daya rekat (adhesi) pada acne patch berbeda-beda tergantung pada produknya. Jika kulit Anda tergolong rapuh atau Anda ingin menggunakannya hanya pada saat tidur, lebih baik pilihlah produk dengan daya rekat yang relatif lemah. Sebaliknya, bila Anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu lama, seperti penggunaan untuk beraktivitas di luar ruangan, pilihlah produk berdaya rekat tinggi. Lebih baik lagi, bila Anda memilih acne patch yang tahan air dan tahan keringat.

10 Rekomendasi acne patch terbaik

Setelah mengetahui sedikit banyak tentang acne patch, kini waktunya Anda menemukan produk yang paling tepat untuk kulit berjerawat Anda. Di bawah ini berjajar 10 rekomendasi produk acne patch terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Nexcare Acne Cover “Ladies Pack” (Obat Jerawat)

10. Nexcare Acne Cover "Ladies Pack" (Obat Jerawat)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Blibli

Harga : Rp 41.500

Kurangi infeksi akibat kontaminasi udara atau sentuhan tangan

Sering kali tidak sengaja menyentuh jerawat Anda? Lebih baik lindungi jerawat Anda dengan acne patch bertipe protection ini agar jerawat terlindungi dari kontaminasi udara atau bahkan sentuhan tangan Anda sendiri. Dengan begitu, jerawat tidak akan semakin parah. Selain itu, infeksi jerawat pun dapat diminimalisir.

Acne patch ini berbahan dasar air dan tanpa kandungan bahan kimia sehingga tidak menimbulkan breakout atau membuat jerawat semakin parah. Mampu kempiskan jerawat dalam waktu 8 jam, produk berwarna cokelat kulit yang transparan ini pun hadir dalam 2 ukuran, yaitu berdiameter 8 mm dan 12 mm.

9. COSRX Acne Pimple Master Patch

9. COSRX Acne Pimple Master Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 36.856

Tanpa parfum, lebih aman untuk kulit sensitif

Biasanya, kulit yang berjerawat akan menjadi sangat rentan terhadap bahan kimia yang tidak begitu diperlukan, seperti parfum. Namun, tenang saja, Anda yang berkulit sensitif sekalipun dapat menggunakan acne patch bertipe protection dari COSRX ini karena produk berwarna transparan dan tipis ini tidak memiliki kandungan parfum.

Acne patch dari merek yang sedang naik daun ini yang berisi 24 lembar patch dengan 3 diameter berbeda, yaitu 12 mm, 10 mm, dan 7 mm. Selain melindungi area kulit berjerawat, produk berdaya rekat cukup kuat dan aman dipakai saat mandi ini pun dapat mengempiskan jerawat kistik atau jerawat bernanah dengan lebih cepat.

8. OXY Anti-Bacterial Acne Patch

8. OXY Anti-Bacterial Acne Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 76.000

Antibakteri plus serap sebum berlebih untuk cegah jerawat semakin parah

Jerawat biasanya muncul karena terdapat bakteri yang masuk ke pori-pori wajah. Agar jerawat tidak semakin parah, Anda dapat mengandalkan produk ini. Acne patch yang bertipe protection ini ampuh mencegah bakteri masuk ke dalam kulit di sekitar jerawat Anda. Daya rekat kuatnya memberikan perlindungan maksimal selama 8 jam.

Selain itu, produk yang transparan dan super tipis dengan ketebalan hanya 0,3 cm ini pun mampu menyerap sebum berlebih. Cocok untuk Anda pemilik kulit cenderung berminyak. Dengan kelembapan kulit yang pas, jerawat pun tak akan beranak-pinak. Memiliki 3 ukuran, 0,8 cm, 1 cm, dan 1,2 cm, produk pun dapat digunakan sesuai kebutuhan.

7. G9Skin AC+ Solution Acne Clear Spot Patch

7. G9Skin AC+ Solution Acne Clear Spot Patch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 127.200

Patch begitu tipis, tidak terasa risih ketika dipakai

Mencari acne patch yang tipis agar tidak terasa risih saat dipakai? Sepertinya produk dari Korea G9skin ini tepat jadi pilihan. Dengan warna transparan dan ketebalan sekitar 0,2 mm saja, produk ini terasa menyatu dengan kulit. Produk berdiameter 12 mm dengan isi 60 lembar patch ini pun nyaman digunakan sehari-hari.

Dengan daya rekatnya yang sangat kuat dan waterproof, acne patch tipe protection ini dapat juga digunakan saat Anda mandi. Memiliki sertifikat Sanitary Aid Patch dari KFDA (Korean Food and Drugs Administration), Anda pun tak perlu ragu lagi menggunakannya. Jerawat pun bisa cepat sembuh dengan produk yang terjamin kualitasnya.

6. The Face Shop Clean Face Spot Clear Intensive Patch

6. The Face Shop Clean Face Spot Clear Intensive Patch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.890

Kurangi kemerahan pada jerawat, wajah pun tampak lebih mulus

Memiliki jerawat yang memerah memang mengganggu penampilan Anda, terutama saat ber-make up. Untuk itu, Anda perlu menggunakan acne patch bertipe acne care dari The Face Shop ini untuk meredakan kemerahannya. Mengandung tea tree oil, produk ini mampu mengurangi kemerahan jerawat dalam waktu pemakaian 8 hingga 12 jam.

Produk ini berisi 10 lembar patch dengan 2 ukuran yang berbeda, yaitu 10 mm dan 12 mm. Daya rekatnya sangat kuat sehingga cukup nyaman digunakan saat berkegiatan sehari-hari. Namun, Anda juga dapat menggunakannya saat tidur agar jerawat mengecil keesokan harinya. Sembuhkan jerawat Anda kapan pun dan di mana pun Anda mau!

5. Missha Speedy Solution Anti Trouble Patch

5. Missha Speedy Solution Anti Trouble Patch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Jerawat mereda tanpa tinggalkan iritasi dan luka bekas jerawat

Satu hal yang menjadi masalah setelah jerawat muncul adalah bekas jerawat yang sulit hilang. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh polusi eksternal yang kemudian memicu iritasi. Namun, tak perlu lagi khawatir dengan masalah tersebut karena clear acne patch dari Missha ini akan menjaga jerawat Anda tetap aman dari iritasi.

Mengandung salicylic acid dan tea tree oil, acne patch bertipe acne care yang dapat digunakan sebelum makeup ini ampuh meringankan peradangan kulit dengan cepat. Berisi patch berukuran 12 mm dan 15 mm, jerawat tak hanya cepat mengempis, tetapi juga tak tinggalkan bekas. Pas untuk Anda yang ingin mempertahankan kulit mulus Anda.

4. Etude House Acne Clean Up Spot Patch

4. Etude House Acne Clean Up Spot Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.000

Tak hanya musnahkan jerawat, tetapi juga noda bekas jerawat

Acne patch tipe acne care yang satu ini tidak hanya berguna untuk mengempiskan jerawat saja. Produk berwarna transparan ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, yaitu mencerahkan noda bekas jerawat. Hal ini berkat kandungan salicylic acid, tea tree oil, dan madecassoside alami yang ada di dalamnya.

Perpaduan ketiga bahan tersebut juga mampu merawat serta menyembuhkan kulit yang berjerawat. Dalam sekali pemakaian saja jerawat pun akan mengecil. Acne patch yang berdaya rekat tinggi dan berdiameter 10 mm ini pun efektif menenangkan peradangan pada kulit sehingga kemerahan akibat jerawat yang membengkak dapat dikurangi.

3. A’Pieu Nonco Tea Tree Spot Patch

3. A'Pieu Nonco Tea Tree Spot Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Kulit semakin sehat dengan acne patch yang melembapkan

Tak perlu lagi kesal dengan jerawat yang memerah karena A’Pieu mampu mengatasinya. Kandungan tea tree oil dan salicylic acid-nya mampu meredakan jerawat meradang plus mengurangi kemungkinan rusaknya kulit akibat jerawat. Selain itu, acne patch transparan ini berdaya rekat cukup kuat, tetapi tidak menyakitkan saat dilepaskan.

Mengandung hyaluronic acid, produk bertipe acne care ini pun mampu melembapkan area kulit yang berjerawat sehingga kulit Anda tidak akan kering setelah sembuh dari jerawat. Kulit Anda malah akan lebih sehat pasca berjerawat. Produk berukuran 13 mm dan 11 mm ini tentu akan cocok untuk Anda yang begitu memperhatikan kesehatan kulit.

2. Derma Angel Acne Patch Mix Pack (Day & Night)

2. Derma Angel Acne Patch Mix Pack (Day & Night)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.000

Lindungi jerawat seharian, dengan patch yang sesuai kebutuhan

Produk ini berisi 2 jenis acne patch, yaitu day patch dan night patch. Day patch yang sangat tipis dan dapat ditempel setelah makeup, pas untuk penggunaan pada pagi hari. Sedangkan night patch yang bertekstur lebih tebal pas untuk penggunaan pada malam hari. Melindungi jerawat dari pagi hingga malam lebih praktis dengan produk ini.

Produknya pun mampu menyerap nanah dan membantu melindungi kulit dari sinar UV. Dengan begini, pigmentasi akibat jerawat pun akan berkurang. Acne patch transparan ini berdaya rekat cukup kuat sehingga tidak mudah mengelupas saat digunakan. Meskipun begitu, kulit Anda pun akan tetap dapat bernapas berkat fitur breathable-nya.

1. Innisfree Bija Trouble Spot Clear

1. Innisfree Bija Trouble Spot Clear

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Jerawat lebih cepat kering berkat stik ber-essence

Acne patch yang satu ini lain dari yang lain. Produknya dilengkapi dengan stick yang berisi cairan essence untuk dioleskan pada area kulit berjerawat sebelum patch ditempelkan. Essence tersebut mengandung bija oil (sejenis tumbuh pinus) dan AHA (alpha hydroxy acid) yang efektif membantu merawat area kulit berjerawat.

Duet 2 jenis perawatan kulit berjerawat ini menambah keefektifannya karena jerawat pun menjadi lebih cepat kering. Untuk hasil optimal, gunakan patch bertipe acne care ini pada malam hari agar jerawat mereda keesokan harinya. Bagi Anda yang tak punya waktu untuk berurusan dengan jerawat, produk ini bisa menjadi solusi tepat.

Cara menggunakan acne patch dengan benar

Cara menggunakan acne patch dengan benar

Sebelum menggunakan acne patch, pastikan kulit Anda telah bersih dan dalam keadaan kering. Jika masih terdapat air atau kulit dalam keadaan terlalu lembap, acne patch akan mudah terkelupas. Untuk itu, mempersiapkan kulit sebelum menempelkan acne patch adalah hal penting. Selesai penggunaan, pastikan Anda mengangkatnya dengan hati-hati dan selembut mungkin agar kulit Anda tidak tergores atau ikut terangkat.

Acne patch merupakan produk perawatan jerawat sekali pakai yang dapat digunakan dalam waktu lama, yaitu 8 hingga 10 jam. Setelah itu, Anda perlu menggantinya dengan acne patch yang baru bila memang diperlukan. Jangan biarkan acne patch menempel terlalu lama apalagi selama berhari-hari karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Manfaat acne patch tentu akan lebih optimal bila Anda menggunakannya dengan cara yang benar.

Kesimpulan

Acne patch telah menjadi salah satu alternatif perawatan jerawat bagi banyak orang. Selain lebih praktis, acne patch juga dinilai lebih efektif dalam mengempiskan jerawat. Produknya pun semakin beragam dilihat dari sisi manfaat, warna, dan ukuran. Anda pasti akan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah membaca informasi yang telah kami paparkan di atas, tentunya Anda akan menjadi lebih mudah dalam memilih acne patch yang sesuai dengan kondisi kulit dan jerawat Anda. Semakin mudah lagi karena kami pun telah memberikan 10 rekomendasi produknya untuk Anda. Setelah membeli, pasanglah acne patch dengan benar agar hasilnya optimal, ya!