10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Acne patch atau sering disebut plester jerawat adalah produk perawatan jerawat yang populer di Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, pengguna acne patch ini semakin banyak karena terbukti efektif mengatasi jerawat. Bahan aktif di dalamnya mampu melindungi area kulit yang berjerawat serta mempercepat proses penyembuhannya.

Berbagai merek terkenal, seperti COSRX, The Face Shop, dan Missha telah mengeluarkan produk acne patch andalan yang layak dicoba. Kami akan membantu Anda dalam memilihnya dengan memberi rekomendasi produk beserta cara memilih yang tepat. Mari simak artikelnya sampai habis untuk mengetahui acne patch lebih jelas lagi.

Daftar isi

Cara memilih acne patch

Di Indonesia, kini telah banyak orang yang tertarik menggunakan acne patch untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Mungkin saja Anda salah satunya. Sebelum memutuskan produk yang akan dibeli, sebaiknya periksa terlebih dahulu poin-poin berikut ini!

Pilih berdasarkan tipe acne patch-nya

Secara garis besar, terdapat dua tipe acne patch, yaitu tipe acne care dan tipe protection. Pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini.

Tipe acne care yang mengandung bahan aktif

Tipe acne care yang mengandung bahan aktif

Tipe ini mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengempiskan jerawat hanya dengan menempelkannya. Jika Anda ingin menggunakan acne patch sebagai pengganti krim jerawat dan essence, pilihlah tipe acne care ini.

Tipe protection yang mampu menyerap sekresi jerawat

Tipe protection yang mampu menyerap sekresi jerawat

Tipe berikutnya adalah acne patch tanpa kandungan bahan-bahan aktif acne care dan hanya berperan sebagai plester penutup. Tipe ini dapat melindungi jerawat dari kekeringan, kontaminasi bakteri, dan faktor eksternal lain yang bisa memperparah kondisi jerawat. Ada juga beberapa produk yang dapat menyerap sekresi jerawat, misalnya nanah. Tipe ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering tidak sengaja menyentuh jerawat.

Periksa kandungan bahan aktifnya ketika memilih tipe acne care

Acne patch tipe acne care biasanya diformulasikan dengan kandungan tertentu yang memiliki fungsi bakterisida. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa contoh kandungan yang sering digunakan dalam tipe acne care.

Isopropyl methylphenol : Memiliki efek bakterisida

Isopropyl methylphenol : Memiliki efek bakterisida

Isopropyl methylphenol (IPMP) merupakan kandungan yang memiliki efek bakterisida tinggi. Kandungan ini sudah sering dipakai sebagai bahan utama produk perawatan jerawat, seperti sabun muka. IPMP tidak mengiritasi kulit sehingga aman digunakan untuk kulit kering atau kulit sensitif sekalipun.

Namun, penggunaan IPMP untuk acne patch masih jarang ditemukan pada produk yang beredar di Indonesia. Selain IPMP, bahan yang memiliki efek bakterisida tinggi adalah chlorhexidine diacetate. Pilihlah produk-produk yang mengandung bahan yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Salicylic acid : Memberi efek peeling dan antibakteri

Salicylic acid : Memberi efek peeling dan antibakteri

Salicylic acid juga merupakan kandungan yang sering digunakan pada produk perawatan jerawat. Kandungan ini biasanya digunakan untuk mengangkat lapisan keratin yang telah mati.

Produk acne patch yang mengandung salicylic acid sangat direkomendasikan bagi kulit yang memiliki masalah pori-pori tersumbat. Acne patch tipe ini juga efektif digunakan sebagai tindakan awal untuk mengatasi jerawat-jerawat yang belum muncul ke permukaan.

Tea tree dan lavender oil : Bahan alami dengan efek bakterisida

Tea tree dan lavender oil : Bahan alami dengan efek bakterisida

Tea tree dan lavender oil merupakan essential oils yang mampu membasmi bakteri. Kedua bahan ini banyak digunakan pada produk perawatan jerawat. Jika Anda menginginkan produk yang berbahan alami dan ramah di kulit, acne patch dengan kandungan tea tree atau lavender oil adalah pilihan tepat.

Pilih berdasarkan ukuran dan warna

Pilih berdasarkan ukuran dan warna

Acne patch tersedia dalam berbagai varian warna. Misalnya yang transparan dan tidak terlalu mencolok atau warna yang mirip dengan warna kulit seperti beige. Sebenarnya, Anda tidak perlu memikirkan warna jika hanya menggunakannya saat tidur. Namun, jika Anda menggunakannya untuk beraktivitas di siang hari, pilihlah acne patch dengan warna yang tidak mencolok.

Acne patch juga tersedia dalam berbagai ukuran. Bahkan ada pula produk yang menawarkan ukuran berbeda dalam satu set. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan Anda, yakni ukuran jerawat atau pun areanya.

Sesuaikan daya rekat produk dengan waktu penggunaan

Sesuaikan daya rekat produk dengan waktu penggunaan

Daya rekat pada acne patch berbeda-beda tergantung pada produknya. Jika kulit Anda tergolong sensitif atau Anda ingin menggunakannya hanya saat tidur, pilihlah produk yang daya rekatnya relatif rendah. Sebaliknya, pilihlah produk berdaya rekat tinggi jika Anda ingin beraktivitas di luar rumah dalam jangka waktu lama. Lebih baik lagi bila Anda memilih acne patch yang tahan air dan tahan keringat.

10 Rekomendasi acne patch terbaik

Sekarang kami akan memberikan rekomendasi produk acne patch terbaik yang telah kami pilih. Setiap produk memiliki kelebihannya masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Sebelum membeli, jangan lupa memastikan efek dan manfaat yang tercantum di kemasan, ya!

10. 3M Nexcare Acne Cover “Ladies Pack”

10. 3M Nexcare Acne Cover "Ladies Pack"

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini Shopee

Harga : Rp 34.000

Lebih aman dan menenangkan tanpa kandungan bahan kimia

Acne patch ini terbuat dari bahan non-chemical hydrocolloid dressing yang berbahan dasar air. Karena bebas bahan kimia, produk ini dijamin aman dan tidak mengakibatkan breakout. Sangat layak dicoba untuk Anda yang mengutamakan keamanan produk. Cairan dalam jerawat dapat diserap oleh produk ini selama 8 jam sehingga mempercepat penyembuhannya.

Tipe Protection
Kandungan acne care ×
Warna Transparan
Isi 18 buah
Ukuran 8 mm, 12 mm

9. Oxy Anti-Bacterial Acne Patch

9. Oxy Anti-Bacterial Acne Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 60.000

Serap minyak berlebih dan singkirkan bakteri pengganggu

Acne patch dari Oxy ini ampuh mencegah bakteri masuk ke dalam kulit di sekitar jerawat Anda. Dengan formula yang waterproof dan sweatproof, Anda tidak perlu cemas menggunakannya ketika beraktivitas seharian. Jerawat juga akan terlindung dari dampak paparan sinar UV karena produk ini menawarkan fungsi UV protection.

Produk ini memiliki ketebalan 0,03 cm sehingga tidak terlihat mencolok dan tidak akan mengganggu penampilan Anda. Meskipun tipis, produk ini mampu menyerap sebum dengan baik. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak.

Tipe Protection
Kandungan acne care Chlorhexidine diacetate
Warna Transparan
Isi 26 buah
Ukuran 8 mm, 10 mm, 12 mm

8. Missha Speedy Solution Anti Trouble Patch

8. Missha Speedy Solution Anti Trouble Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 22.000

Lama menempelnya, cepat hilang jerawatnya!

Produk ini mengandung salicylic acid dan tea tree oil yang dapat membunuh bakteri serta meringankan radang pada jerawat. Kandungan grape seed extract-nya akan membantu mengurangi iritasi sehingga jerawat akan sembuh lebih cepat. Produk tepat untuk Anda ingin segera menuntaskan masalah jerawat di wajah.

Missha Speedy Solution Anti Trouble Patch sebaiknya digunakan sebelum tidur. Tempelkan produk berdiameter 12 mm dan 15 mm ini setelah mencuci muka dan memakai toner. Anda bisa menggunakan acne patch ini untuk 8 hingga 12 jam pada malam hari sehingga lebih hemat.

Tipe Acne care
Kandungan acne care Salicylic acid, tea tree oil, grape seed extract
Warna Transparan
Isi 12 buah
Ukuran 12 mm, 15 mm

7. Innisfree Bija Trouble Spot Clear

7. Innisfree Bija Trouble Spot Clear

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Jerawat lebih cepat kering berkat stick ajaibnya

Acne patch dari Innisfree ini beda dari yang lain. Produknya dilengkapi dengan stick yang berisi cairan essence untuk dioleskan pada area kulit berjerawat sebelum patch ditempelkan. Essence tersebut mengandung bija oil dan AHA (α-Hydroxy acid) yang terbukti dapat membantu merawat area kulit berjerawat.

Duet dua jenis kandungan acne care ini efektif untuk membuat jerawat lebih cepat kering. Solusi tepat untuk Anda yang ingin jerawat segera kering dan area di sekitar jerawatnya cepat pulih. Untuk hasil optimal, segera ganti patch dengan yang baru ketika patch berubah warna menjadi putih. Ingat, stick-nya juga sekali pakai, ya!

Tipe Acne care
Kandungan acne care Salicylic acid, bija oil, AHA, Centella asiatica extract
Warna Beige
Isi 24 buah
Ukuran Tidak ada keterangan

6. Derma Angel Acne Patch

6. Derma Angel Acne Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 66.000

Melindungi siang malam, tetapi tidak terlihat

Produk ini berisi dua jenis acne patch, yaitu day patch dan night patch dengan ukuran yang sangat tipis, yakni 0,01 cm. Dengan ukuran setipis itu, acne patch ini hampir tidak terlihat ketika dipakai. Namun, soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda ingin merawat kulit yang berjerawat dengan lebih intens siang dan malam, cobalah produk ini.

Acne patch ini juga mampu menyerap nanah dan sebum dengan formula yang waterproof. Anda juga tidak perlu khawatir produk mudah terlepas karena Derma Angel Acne Patch memiliki daya rekat yang kuat. Meskipun daya rekatnya kuat, sirkulasi udara pada pori-pori kulit Anda masih berjalan dengan baik berkat fitur breathable-nya.

Tipe Protection
Kandungan acne care ×
Warna Transparan
Isi 18 buah (kemasan day & night)
Ukuran Tidak ada keterangan

5. COSRX Acne Pimple Master Patch

5. COSRX Acne Pimple Master Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 30.500

Nanah dan sebum hilang tanpa membuat kulit kering!

Acne patch yang memenangkan Acne Awards Teen Vogue 2017 ini efektif menyerap nanah dan sebum di area yang berjerawat. Bagusnya lagi tanpa menyebabkan kulit kering dan menimbulkan bekas jerawat. Patut dicoba oleh Anda yang tidak ingin memiliki bekas jerawat kering.

Produk ini akan melindungi jerawat supaya tidak semakin parah dan menjaga kelembapannya agar tidak breakout. COSRX Acne Pimple Master Patch berisi 24 lembar patch memiliki daya rekat yang cukup kuat. Aman dipakai saat mandi serta mampu mengempiskan jerawat bernanah dengan lebih cepat.

Tipe Protection
Kandungan acne care ×
Warna Transparan
Isi 24 buah
Ukuran 7 mm, 10 mm, 12 mm

4. Nutri Sains Nourish Acne Plast

4. Nutri Sains Nourish Acne Plast

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 15.600

Tak hanya wajah, jerawat di punggung dan dada pun bisa diatasi!

Meskipun dari Indonesia, Nourish Acne Plast menggunakan Korean technology pada produknya. Produk yang terbuat dari hydrocolloid berpori ini mampu menyamarkan jerawat serta menyerap sekresinya. Produk ini juga mengeklaim bisa mengatasi jerawat selain di area wajah. Bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat di tubuh, seperti punggung dan dada, produk ini bisa jadi solusinya.

Tipe Protection
Kandungan acne care ×
Warna Transparan
Isi 12 buah
Ukuran Tidak ada keterangan

3. Nacific Clear Spot Patch

3. Nacific Clear Spot Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 35.000

Tidak nampak seperti sedang berjerawat

Acne patch dari Nacific ini mampu menyamarkan jerawat dan akan tampak menyatu alami dengan kulit, bahkan Anda tidak butuh concealer lagi! Anda bisa menggunakannya pada siang hari ketika beraktivitas sehari-hari, seperti di kantor atau lainnya. Karena dapat melindungi dengan baik dan terhindar dari kontaminasi bakteri, jerawat juga lebih cepat kempis.

Penggunaannya sangat mudah dan terhindar dari kontaminasi dari luar saat pemakaian karena produk ini menggunakan half cut method. Untuk Anda yang ingin menyamarkan jerawat dengan sempurna, produk ini adalah pilihan yang tepat!

Tipe Protection
Kandungan acne care ×
Warna Transparan
Isi 18 buah
Ukuran 10 mm, 12 mm

2. Some By Mi Clear Spot Patch

2. Some By Mi Clear Spot Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 30.480

Memberikan perawatan intensif pada jerawat dengan berbagai bahan aktif

Some By Mi, merek dari Korea Selatan ini terkenal akan produk-produknya yang cruelty-free. Acne patch buatannya ini tidak hanya berfungsi melindungi, tetapi juga membuat jerawat sembuh lebih cepat. Meski Anda menggunakan makeup, produk ini akan melindungi jerawat supaya tidak semakin parah.

Kombinasi berbagai kandungan aktif, seperti lavender, salicylic acid, dan tea tree oil di dalamnya akan menenangkan dan memberikan perawatan intensif pada jerawat. Selain itu, area yang berjerawat juga tidak akan memburuk dan tercegah dari infeksi. Acne patch yang tahan air ini juga tersedia dalam dua pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan jerawat di wajah.

Tipe Acne care
Kandungan acne care Lavender, salicylic acid, eucalyptus oil, tea tree oil, peppermint
Warna Transparan
Isi 18 buah
Ukuran 10 mm, 12 mm

1. Etude House AC Clean Up Spot Patch

1. Etude House AC Clean Up Spot Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 17.400

Jerawat dan noda bekas jerawat sama-sama hilang!

Acne patch satu ini tidak hanya berguna untuk mengempiskan jerawat saja lewat kandungan salicylic acid dan tea tree oil-nya. Namun, produk ini juga mempercepat proses penyembuhan serta mengurangi bekas luka berkat kandungan madecassoside-nya. Untuk Anda yang ingin aksi lengkap dalam melawan jerawat, produk ini bisa diandalkan.

Perpaduan ketiga bahan tersebut akan membuat jerawat mengecil hanya dalam sekali pemakaian! Acne patch yang berdaya rekat tinggi ini pun efektif menenangkan peradangan pada kulit. Dengan begitu, kemerahan akibat jerawat yang membengkak dapat dikurangi.

Tipe Acne care
Kandungan acne care Salicylic acid, tea tree oil, madecassoside
Warna Transparan
Isi 12 buah
Ukuran 10 mm, 13 mm

Cara menggunakan acne patch

Cara menggunakan acne patch

Sebelum menggunakan acne patch, pastikan kulit Anda telah dibersihkan dan dalam keadaan kering. Jika masih terdapat air atau kulit dalam keadaan terlalu lembap, acne patch akan mudah terkelupas. Untuk itu, mengeringkan kulit sebelum menempelkan acne patch adalah langkah yang penting. Setelah selesai digunakan, lepaskan dengan hati-hati dan selembut mungkin agar kulit Anda tidak tergores atau ikut terangkat.

Acne patch merupakan produk perawatan jerawat sekali pakai yang dapat digunakan dalam waktu 8 hingga 10 jam. Setelah itu, Anda perlu menggantinya dengan acne patch yang baru bila memang diperlukan. Jangan biarkan acne patch menempel terlalu lama apalagi selama berhari-hari karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Manfaat acne patch tentu akan lebih optimal bila Anda menggunakannya dengan cara yang benar.

Baca juga berbagai produk untuk kulit berjerawat di sini!

Di artikel ini, kami telah memperkenalkan kepada Anda tentang acne patch yang ditempelkan langsung pada jerawat. Jika jerawat Anda cukup parah atau ingin lebih serius dalam mencegah jerawat, Anda perlu melakukan proses perawatan lainnya. Pada tautan di bawah ini, kami mengulas berbagai produk untuk kulit berjerawat yang efektif dalam mencegah jerawat. Silakan baca artikelnya di sini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel kali ini? Apakah sudah mendapat produk yang paling pas untuk Anda? Pilihlah acne patch berdasarkan tipenya, baik acne care atau tipe protection sesuai dengan masalah jerawat yang ingin diatasi. Jangan lupa cek juga kandungan bahan aktifnya, ya!

Selain itu, memilih acne patch berdasarkan ukuran dan warna juga tidak bisa disepelekan. Gunakan acne patch dengan benar supaya Anda mendapatkan hasil yang optimal!