• 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan ketika cuaca sedang panas. Sayangnya, Anda tidak selalu dapat pergi ke laut atau ke kolam renang bersama anak-anak. Meski begitu, semua tetap bisa bermain air dengan gembira di rumah menggunakan kolam renang berbahan vinil.


Namun, tunda membeli kolam renang anak sebelum membaca poin-poin pemilihan dalam artikel ini. Lebih menariknya, akan ada rekomendasi produk-produk terbaik yang nantinya bisa Anda pertimbangkan, misalnya merek Intex dan Bestway. Wah, anak-anak pasti gembira memiliki kolam renang vinil untuk digunakan saat cuaca panas!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Mei 2020
  • 10.750 Views
Daftar isi

Cara memilih kolam renang vinil

Awalnya, kolam renang vinil yang umum digunakan di rumah hanya berbentuk lingkaran. Kini, tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan memilih kolam renang anak berbahan vinil?

Pilih ukuran sesuai luas lokasi penempatan

Pemasangan kolam renang vinil pasti membutuhkan banyak ruang. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu lokasi pemasangan baru pilih produk dengan ukuran yang sesuai. Pastikan Anda mengetahui ukuran maksimum kolam renang yang cocok dengan luas lokasi pemasangan sebelum membeli, ya! 

Ukuran kecil: Hindari menempel pada dinding dan pastikan keamanannya

Ukuran kecil: Hindari menempel pada dinding dan pastikan keamanannya

Bila hendak memasang kolam renang vinil di balkon, pastikan Anda mengetahui luas balkon dengan tepat. Produk yang besarnya sedikit melebihi luas ruangan akan menyebabkan kolam menempel pada dinding. Gesekan antara dinding dengan kolam renang bisa membuat kolam renang sobek atau berlubang. Sebaiknya pilih produk dengan ukuran lebih kecil agar tidak mudah sobek dan awet.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keamanan saat digunakan. Permainan seluncuran yang tersedia pada beberapa produk bisa berbahaya jika kolam dipasang di beranda lantai atas. Jadi, untuk pemasangan di beranda, sebaiknya pertimbangkan tinggi pagar pengaman dan tinggi kolam yang aman saat digunakan.

Ukuran besar: Pilih yang kuat dan cek lubang udaranya

Ukuran besar: Pilih yang kuat dan cek lubang udaranya

Bagi Anda yang memilih kolam renang vinil berukuran besar, sebaiknya pilih produk yang memiliki dua kompartemen. Dua kompartemen ini membuat produk lebih awet, beberapa bahkan kuat menahan bobot orang dewasa. Pastikan untuk memilih produk yang kuat mengingat banyaknya air yang akan diisi ke dalam kolam renang besar ini.


Satu hal lagi, menyiapkan kolam renang besar dengan dua kompartemen bukanlah hal mudah. Anda memerlukan pompa elektrik untuk mengisi dan mengeluarkan udara. Hanya saja, terkadang ukuran lubang udara di kolam tidak sesuai dengan ukuran nozzle pompa. Anda perlu memeriksa bagian tersebut sebelum membeli produk yang Anda inginkan.

Poin penting yang perlu diperhatikan pada kolam renang anak

Simak beberapa tips memilih kolam renang anak yang aman dan menyenangkan di bawah ini. Hal berikut penting diperhatikan khususnya bagi Anda yang memiliki anak kecil.

Perhatikan batas usia yang sudah ditentukan

Perhatikan batas usia yang sudah ditentukan

Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, Anda perlu memperhatikan kedalaman kolam yang hendak dibeli. Kolam yang dalam akan menyulitkan anak untuk keluar masuk tanpa bantuan orang tua. Untuk itu, kolam dangkal lebih direkomendasikan agar anak mudah menggunakan kolam serta menghindari risiko tenggelam. Cek batas usia pengguna kepada produsen atau penjual sebelum membeli agar mendapatkan produk yang tepat.

Pilih kolam renang dengan alas empuk dan aman

Pilih kolam renang dengan alas empuk dan aman

Kolam renang dengan alas berbahan vinil cenderung licin dan berpotensi membuat anak terjatuh. Hal ini berbahaya terutama jika Anda memasang kolam di balkon atau garasi rumah. Produk dengan bagian alas yang empuk sangat direkomendasikan untuk menghindari anak-anak terluka saat jatuh. 


Hanya saja, produk seperti itu membutuhkan waktu pemasangan lebih lama karena alasnya juga harus dipompa. Meski begitu, produk ini layak dipertimbangkan karena lebih aman digunakan. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan karpet sebagai alas bila tidak menginginkan produk dengan alas yang harus dipompa.


Ada seluncuran dan air mancur? Cek cara pasang dan pembersihannya

Ada seluncuran dan air mancur? Cek cara pasang dan pembersihannya

Beberapa kolam renang anak dilengkapi dengan fungsi permainan seperti seluncuran dan air mancur. Hal tersebut memang membuat kegiatan berenang menjadi lebih asyik. Akan tetapi, proses pemasangan dan pembersihan kolam pun akan menjadi lebih sulit.


Merupakan suatu tantangan tersendiri bagi orang tua untuk menyiapkan dan membereskan kolam renang demikian. Tentunya tidak baik juga bila Anda membeli produk yang sulit untuk dipasang oleh Anda sendiri. Jadi, pertimbangkan baik-baik kesulitan yang mungkin Anda alami sebelum memilih produk yang diinginkan anak.

Pilih yang dilengkapi saluran pembuangan air, terutama untuk kolam berukuran besar

Pilih yang dilengkapi saluran pembuangan air, terutama untuk kolam berukuran besar

Ada pekerjaan besar yang menunggu Anda setelah selesai berenang. Ya, Anda masih harus menguras air di kolam renang. Untuk kolam renang kecil, Anda bisa langsung membalikkan kolam untuk membuang airnya. Sayangnya, tidak demikian dengan kolam berukuran besar. Jika kolam besar belum perlu dibersihkan, sebaiknya tidak perlu mengempiskan kolam tiap kali Anda menguras.


Pada kondisi tersebut, akan sangat memudahkan bila kolam memiliki saluran pembuangan air di bagian bawah atau samping. Saluran pembuangan akan membuat proses pengurasan dan pengeringan menjadi lebih mudah serta terjaga kebersihannya. Jadi, untuk kolam renang berukuran besar dan dalam, kami rekomendasikan produk yang memiliki saluran pembuangan.


Selanjutnya, perhatikan juga letak saluran pembuangan di kolam. Apabila terletak di bagian bawah, Anda harus mengangkat kolam renang hingga posisi tertentu agar air dapat mengalir keluar. Untuk itu, pilihlah produk dengan saluran pembuangan yang mudah digunakan. Anda dapat membaca keterangan produk dan ulasan pembeli sebagai bahan pertimbangan.

10 Rekomendasi kolam renang anak terbaik

Di bawah ini, kami akan memberi rekomendasi kolam renang vinil terbaik bagi anak. Pilihlah yang paling disukai oleh Anda dan anak dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang telah kami ulas di atas.

10
Ukuran86 cm x 86 cm x 25 cm
Target usia0-3 tahun
Saluran pembuanganTidak tersedia
Aksesori tambahanRepair patch
9
Ukuran122 cm x 25 cm (kondisi kempes)
Target usia2 tahun ke atas
Saluran pembuanganTidak tersedia
Aksesori tambahanPelampung tiup, bola tiup
8
Ukuran203 cm x 165 cm x 73 cm
Target usia2 tahun ke atas
Saluran pembuanganTidak tersedia
Aksesori tambahanRepair patch, seluncuran
7

BestwayKolam Renang Blue Rectangular Family Pool

54009

Rp 447.500,00

Ukuran305 cm x 183 cm x 56 cm
Target usia3 tahun ke atas
Saluran pembuanganTersedia
Aksesori tambahanRepair patch
6
Ukuran86 cm x 25 cm
Target usia1-3 tahun
Saluran pembuanganTidak tersedia
Aksesori tambahanTidak ada
5
Ukuran239 cm x 206 cm x 86 cm
Target usia3 tahun ke atas
Saluran pembuanganTersedia
Aksesori tambahanSeluncuran, water sprayer, cincin tiup, ikan tiup, repair patch
4
Ukuran366 cm x 76 cm
Target usiaTidak disebutkan
Saluran pembuanganTersedia
Aksesori tambahanFilter pump, repair patch
3
Ukuran157 cm x 157 cm x 122 cm
Target usia3 bulan ke atas
Saluran pembuanganTidak tersedia
Aksesori tambahanKanopi, repair patch
2
Ukuran244 cm x 76 cm
Target usia6 tahun ke atas
Saluran pembuanganTersedia
Aksesori tambahanFilter pump
1
Ukuran122 cm x 122 cm x 30,5 cm
Target usia2 tahun ke atas
Saluran pembuanganTidak tersedia
Aksesori tambahanRepair patch

Tabel perbandingan produk kolam renang anak terbaik

Gambar produk
1
Bestway My First Frame Pool 1

Bestway

2
Intex Easy Set Pool  1

Intex

3
Intex Sun Shade Pool 1

Intex

4
Bestway Steel Pro MAX 1

Bestway

5
Bestway Fantastic Aquarium Play Pool 1

Bestway

6
Intex Sunset Glow Baby Pool  1

Intex

7
Bestway Kolam Renang Blue Rectangular Family Pool 1

Bestway

8
Bestway Viking Pool 1

Bestway

9
Intex Just So Fruity Pool Set 1

Intex

10
Bestway Kolam Renang Bayi 1

Bestway

Nama produk

My First Frame Pool

Easy Set Pool

Sun Shade Pool

Steel Pro MAX

Fantastic Aquarium Play Pool

Sunset Glow Baby Pool

Kolam Renang Blue Rectangular Family Pool

Viking Pool

Just So Fruity Pool Set

Kolam Renang Bayi

KeunggulanKolam renang multifungsi, g...Ring di bagian atas kolam e...Berenang ketika matahari be...Lebih praktis karena tidak ...Banyak mainannya, jadi maki...Bermain air sambil belajar ...Semua anggota keluarga bisa...Simpel, aman, dan tetap seruMotif buah yang menyegarkan...Ukurannya compact, bisa mua...
HargaRp 637.500,00Rp 1.335.200,00Rp 380.000,00Rp 2.242.000,00Rp 557.000,00Rp 70.000,00Rp 447.500,00Rp 345.000,00Rp 149.000,00Rp 175.000,00
Ukuran122 cm x 122 cm x 30,5 cm244 cm x 76 cm157 cm x 157 cm x 122 cm366 cm x 76 cm239 cm x 206 cm x 86 cm86 cm x 25 cm305 cm x 183 cm x 56 cm203 cm x 165 cm x 73 cm122 cm x 25 cm (kondisi kempes)86 cm x 86 cm x 25 cm
Target usia2 tahun ke atas6 tahun ke atas3 bulan ke atasTidak disebutkan3 tahun ke atas1-3 tahun3 tahun ke atas2 tahun ke atas2 tahun ke atas0-3 tahun
Saluran pembuanganTidak tersediaTersediaTidak tersediaTersediaTersediaTidak tersediaTersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak tersedia
Aksesori tambahanRepair patchFilter pumpKanopi, repair patchFilter pump, repair patchSeluncuran, water sprayer, cincin tiup, ikan tiup, repair patchTidak adaRepair patchRepair patch, seluncuranPelampung tiup, bola tiupRepair patch
Tautan produk

Pastikan udara hanya terisi 80%-90% saat memompa

Pastikan udara hanya terisi 80%-90% saat memompa

Dengan pompa, udara dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kolam vinil. Namun, volume udara yang ideal untuk keamanan dan kenyamanan adalah sekitar 80% hingga 90% saja. Hal ini bertujuan memberi ruang untuk udara memuai, khususnya bila kolam langsung terkena sinar matahari. Kolam bisa sobek jika sebelumnya dipompa hingga penuh.


Di samping itu, kolam yang diisi udara penuh akan mudah rusak atau sobek jika tergesek lantai atau mainan. Bahkan, lubang kecil sekalipun dapat mengakibatkan air dan udara mengalir ke luar. Untuk itu, pompa udara secukupnya dan berikan sedikit ruang agar kolam renang Anda dapat bertahan lama.

Baca juga rekomendasi karpet puzzle di sini

Untuk kolam renang yang alasnya tidak bisa diisi angin, lebih baik Anda mengalasi kolam renang tersebut dengan karpet. Agar praktis dipindah-pindah dan mudah dibersihkan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan karpet puzzle saja. Silakan baca lebih jauh pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Memasang dan membereskan kolam renang vinil memang cukup melelahkan. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar ketika melihat anak-anak bermain dengan gembira.


Jadi, jangan ragu untuk menyediakan kolam renang vinil sebagai sarana bermain anak di rumah. Terakhir, silakan gunakan artikel ini sebagai referensi saat ingin membeli kolam renang anak, ya!


Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    257.824 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    115.521 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    138.276 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    83.379 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    86.115 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    75.333 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Celana toilet training adalah salah satu item penting dalam proses toilet training pada anak. Di pasaran, tersedia beragam jenis celana dengan berbagai kelebihannya, bahannya pun berbeda-beda. Dengan banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin menjadi kebingungan dalam memilih produk.Kali ini, kami akan membantu Anda dalam memilih dengan memaparkan cara memilih celana toilet training. Tentu saja produk rekomendasi terbaik seperti dari CuddleMe, Mom&Bab, dan Klodiz juga akan kami berikan. Yuk, baca artikel ini sampai habis!
    Ibu & anak
    1.689 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori