10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Berenang di kolam renang atau laut adalah aktivitas yang menyenangkan ketika cuaca sedang panas. Sayangnya, Anda tidak dapat selalu pergi ke laut atau kolam renang umum bersama anak-anak. Meskipun begitu, Anda dan anak tetap dapat bermain air dengan gembira di rumah dengan menggunakan kolam renang berbahan vinil.

Artikel ini akan membahas mengenai cara memilih kolam renang anak dari bahan vinil, serta rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Anak Anda pasti akan bergembira jika memiliki kolam renang vinil untuk dinikmati pada saat cuaca sedang panas. Anda dapat mengajak anak bermain bola di dalamnya, atau juga dapat digunakan untuk meletakkan sajian makanan ketika sedang ada pesta di rumah.

Daftar isi

Cara memilih kolam renang anak

Pada awalnya, kolam renang anak berbahan vinil biasanya berbentuk lingkaran. Namun, sekarang ini terdapat banyak pilihan bentuk dan ukuran. Anda dapat memilih produk yang paling menarik dan keren. Selanjutnya, kami akan mengulas berbagai aspek yang menjadi bahan pertimbangan utama dalam memilih kolam renang anak berbahan vinil. Mari kita mulai.

Pilihlah ukuran kolam renang yang sesuai dengan luas lokasi pemasangan

Penggunaan kolam renang vinil di rumah pasti akan membutuhkan banyak ruang. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda untuk terlebih dahulu memutuskan lokasi pemasangan kolam. Setelah itu, Anda dapat memilih produk dengan ukuran yang sesuai. Akan lebih baik jika Anda dapat mengira-ngira ukuran maksimum kolam renang yang cocok dengan luas lokasi pemasangan kolam.

Ukuran kecil (kurang dari 2 meter): Sebaiknya kolam tidak ditempatkan menempel dengan dinding. Perhatikan juga aspek keamanan jika hendak memasang kolam di balkon

Ukuran kecil (kurang dari 2 meter): Sebaiknya kolam tidak ditempatkan menempel dengan dinding. Perhatikan juga aspek keamanan jika hendak memasang kolam di balkon

Apabila Anda hendak memasang kolam renang vinil di beranda atau balkon, pastikan bahwa Anda mengetahui ukuran ruangan dengan tepat. Jangan membeli produk dengan ukuran yang sama persis dengan luas ruangan. Jika demikian, ada kemungkinan kolam renang akan menempel dengan dinding. Hal tersebut dapat menimbulkan gesekan antara dinding dengan kolam renang sehingga bisa saja kolam renang menjadi sobek atau berlubang. Anda sebaiknya memilih produk dengan ukuran yang lebih kecil agar tidak mudah sobek dan dapat bertahan lama.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah fitur-fitur permainan pada kolam renang. Berbagai permainan tersebut tentu dapat membuat anak-anak semakin seru bermain. Jika demikian, keamanan anak-anak akan sulit dijaga apabila Anda memasang kolam di beranda atau di lantai atas. Jadi, untuk pemasangan di beranda, Anda sebaiknya turut mempertimbangkan tinggi pagar pengaman dan tinggi lokasi pemasangan. Sangat penting untuk memilih produk yang aman digunakan.

Ukuran besar (2 meter atau lebih): Pilihlah tipe kolam yang memiliki dua lapisan sehingga lebih tahan lama. Selain itu, pastikan Anda memiliki pompa elektrik

Ukuran besar (2 meter atau lebih): Pilihlah tipe kolam yang memiliki dua lapisan sehingga lebih tahan lama. Selain itu, pastikan Anda memiliki pompa elekttrik

Bagi Anda yang lebih memilih kolam renang vinil berukuran besar, sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki dua lapisan. Dengan adanya dua lapisan, udara yang dipompa ke dalam kolam juga terpisah menjadi dua area sehingga dapat membuat produk menjadi awet dan tidak mudah bocor. Beberapa produk bahkan sangat kuat dan dapat diduduki oleh orang dewasa. Selain itu, mengingat bahwa akan ada banyak air yang diisi ke dalam kolam renang besar yang berukuran 2 meter atau lebih, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang kukuh dan stabil sehingga tidak mudah oleng ketika dipenuhi air.

Namun, mengisi udara ke dalam kolam renang besar dengan dua lapisan bukanlah hal mudah. Akan sangat menolong jika Anda menggunakan pompa elektrik. Hanya saja, terkadang ukuran lubang udara di kolam tidak sesuai dengan ukuran nozel pompa. Oleh karenanya, Anda juga perlu memeriksa bagian tersebut.

Poin penting yang perlu diperhatikan pada kolam renang anak

Sekarang, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih kolam renang anak yang aman dan menyenangkan. Anda dapat membacanya agar lebih teliti dalam memilih.

Perhatikan batas usia yang sudah ditentukan. Untuk anak kecil, pilih produk dengan kedalaman yang dangkal

Perhatikan batas usia yang sudah ditentukan. Untuk anak kecil, pilih produk dengan kedalaman yang dangkal

Tingkat kedalaman kolam juga merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Apabila Anda menggunakan kolam yang terlalu dalam, anak-anak akan sulit untuk masuk dan keluar kolam tanpa bantuan orangtua. Dengan demikian, sebaiknya Anda memilih kolam renang yang dangkal untuk digunakan oleh anak kecil. Jangan lupa untuk senantiasa memeriksa batas usia pengguna produk yang tertera di kemasan. Anda juga dapat bertanya langsung kepada penjual.

Pilihlah kolam renang dengan alas yang empuk dan aman

Pilihlah kolam renang dengan alas yang empuk dan aman

Kolam renang vinil memiliki risiko mudah licin dan menyebabkan anak tergelincir hingga jatuh. Keadaan tersebut dapat menjadi lebih berbahaya jika Anda memasangnya di lokasi yang memiliki alas keras seperti tempat parkir atau beranda. Untuk menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika Anda memiliki produk yang bagian alasnya empuk seperti bantal.

Hanya saja, produk yang seperti itu membutuhkan usaha lebih keras karena bagian alasnya juga harus dipompa. Meskipun begitu, bukankah keamanan adalah aspek yang paling penting? Jadi, pilihlah kolam renang vinil yang aman agar Anda dapat dengan tenang menyaksikan buah hati Anda bermain.

Untuk kolam renang dengan fitur perosotan dan air mancur, pertimbangkan dahulu mengenai proses memasang dan membersihkannya

Untuk kolam renang dengan fitur perosotan dan air mancur, pertimbangkan dahulu mengenai proses memasang dan membersihkannya

Beberapa produk memiliki fitur permainan seperti perosotan dan air mancur yang muncrat keluar dari kolam renang. Fitur yang demikian memang akan membuat permainan menjadi lebih asyik. Akan tetapi, penting untuk diketahui bahwa kolam renang yang dilengkapi dengan permainan biasanya lebih sulit untuk dipasang dan dirapikan kembali. Anda harus berusaha lebih keras untuk memompa angin ke dalam setiap bagian permainan, serta mengeluarkan anginnya kembali setelah selesai bermain.

Anak-anak mungkin akan bersedia untuk membantu, tetapi tentu saja Anda tetap harus mengambil bagian lebih besar dalam proses pemasangan dan pembongkaran kolam renang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya turut mempertimbangkan hal tersebut ketika anak-anak lebih memilih kolam renang yang dilengkapi dengan permainan.

Menguras kolam renang akan lebih mudah dengan keran pembuangan air di kolam, terutama untuk produk berukuran besar

Menguras kolam renang akan lebih mudah dengan keran pembuangan air di kolam, terutama untuk produk berukuran besar

Setelah selesai berenang, Anda masih harus menguras air di kolam renang. Kolam renang berukuran kecil tentu lebih mudah dikuras. Anda dapat membuang airnya secara manual. Sayangnya, tidak demikian dengan kolam yang besar. Menguras kolam renang berukuran besar akan lebih sulit dibandingkan dengan yang kecil. Anda bisa saja menguras dengan cara membiarkan air mengalir keluar ketika kolam sedang dikempiskan. Namun, pastikan bahwa Anda melakukan di tempat yang sesuai agar tidak memperlambat proses pengempisan kolam.

Sebaiknya, Anda memilih produk yang memiliki keran pembuangan air di bagian bawah atau samping kolam. Keran pembuangan akan mempermudah proses pengurasan sehingga cepat kering dan bersih. Secara khusus untuk kolam renang berukuran besar, kami sangat menyarankan Anda untuk memilih produk yang memiliki keran pembuangan.

Selanjutnya, perhatikan juga letak keran pembuangan di kolam. Apabila terletak di bagian bawah, Anda harus mengangkat kolam renang hingga posisi tertentu agar air dapat mengalir keluar. Untuk itu, pilihlah produk dengan keran pembuangan yang mudah digunakan. Anda dapat membaca keterangan produk dan review dari pembeli sebagai bahan pertimbangan.

10 Rekomendasi kolam renang anak terbaik

Di bawah ini, kami akan memberi rekomendasi kolam renang vinil terbaik bagi anak. Pilihlah yang paling disukai oleh Anda dan anak, serta pertimbangkan juga aspek-aspek yang telah kami ulas di atas. Silakan memilih produk favorit Anda.

10. Bestway Up, In & Over Baby Tub

10. Bestway Up, In & Over Baby Tub

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.900

Dengan bentuk dan ukuran yang compact, Anda tidak membutuhkan ruang besar untuk memasangnya

Bagi Anda yang memiliki ruang dengan ukuran terbatas untuk memasang kolam renang di rumah, kami merekomendasikan produk ini. Dengan bentuknya yang persegi, Anda dapat meletakkan kolam renang ini di sudut beranda atau balkon rumah. Tentunya hal tersebut akan menghemat pemakaian ruang sehingga rumah Anda tidak terasa sempit.

Produk ini memiliki tinggi 25 cm, cukup aman digunakan oleh anak Anda yang masih berusia kurang dari tiga tahun. Anak-anak akan bermain dengan riang gembira. Akan tetapi, karena ukurannya yang compact, kolam renang ini hanya cukup untuk menampung satu anak. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal tersebut.

9. Intex Stargaze Pool Set

9. Intex Stargaze Pool Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.900

Satu set produk dengan motif yang cantik

Pada saat membeli kolam renang ini, Anda juga akan mendapatkan ban renang dan bola plastik dengan motif cantik berupa gambar bintang berwarna putih, biru, dan kuning. Motif tersebut tentu akan disukai oleh anak-anak. Ditambah dengan adanya bola plastik dan ban renang, kegiatan berenang anak akan lebih menyenangkan.

Di samping itu, kolam renang ini memiliki ukuran 147 cm x 33 cm yang memadai untuk diisi oleh dua anak kecil. Oleh karenanya, Anda dapat mengundang satu anak lain untuk bermain bersama. Hal tersebut sekaligus dapat melatih kemampuan anak dalam bersosialisasi dan berbagi. Dengan demikian, anak-anak dapat bermain sekaligus mempelajari hal baru.

8. Bestway Fantastic Aquarium Play Pool

8. Bestway Fantastic Aquarium Play Pool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 404.900

Seru! Terdapat banyak mainan di kolam renang ini

Apakah Anda sedang mencari kolam renang yang dilengkapi banyak permainan seru? Produk ini dapat menjadi piliihan yang tepat bagi Anda. Dengan mengusung tema hewan bawah laut, kolam renang besar berukuran lebih dari 2 meter ini terlihat semakin menarik. Anak Anda dapat bermain dengan ikan lumba-lumba dan ikan badut. Bukan itu saja, produk ini juga dilengkapi dengan perosotan serta air mancur yang keluar dari mainan berbentuk pohon.

Selain itu, terdapat dua mainan bintang laut dengan lubang di bagian tengah. Anak Anda dapat bermain melempar bintang laut tersebut agar masuk ke dalam tentakel gurita. Kami jamin, Anak Anda tidak ingin berhenti bermain! Sayangnya, bagian alas dari produk ini tidak dapat dipompa. Anda sebaiknya menambahkan matras empuk di bawah kolam renang agar anak dapat bermain dengan lebih nyaman.

7. Bestway Deluxe Blue Rectangular Family Pool

7. Bestway Deluxe Blue Rectangular Family Pool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 365.000

Kolam renang untuk seluruh anggota keluarga

Produk ini memiliki ukuran sebesar 305 cm × 183 cm × 56 cm. Ukuran tersebut akan cukup untuk menampung dua orang dewasa dan tiga anak-anak. Anda dan suami dapat ikut bersenang-senang bersama anak-anak di dalam kolam renang. Tentu akan menjadi kesempatan yang baik untuk membangun kedekatan antar anggota keluarga.

Dengan bagian sisi kolam yang dapat dipompa, maka akan terasa nyaman ketika Anda bersandar. Akan tetapi, Anda perlu lebih berhati-hati ketika sedang bermain di kolam ini bersama dengan anak yang masih kecil. Bagian alas produk ini tidak dapat dipompa sehingga terasa keras dan akan berbahaya jika anak tergelincir hingga jatuh.

6. Bestway Steel Pro MAX Round Pool

6. Bestway Steel Pro MAX Round Pool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.749.000

Praktis tanpa perlu dipompa, serta mudah dikuras

Dengan kolam renang ini, seluruh anggota keluarga Anda dapat ikut berenang tanpa perlu repot memompa. Meskipun tidak dipompa, kolam tetap dapat berdiri kukuh berkat adanya beberapa tiang penyangga di sekeliling kolam. Anda hanya perlu menyelipkan tiang ke dalam tali pengikat yang telah disiapkan.

Bukan itu saja, kolam renang ini juga dilengkapi dengan saluran pembuangan air. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kesulitan dalam menguras kolam. Sungguh praktis dan tidak melelahkan. Di samping itu, seluruh bahan yang digunakan pada produk ini merupakan bahan yang kuat dan tahan lama, maka akan awet digunakan.

5. Intex Sunset Glow Baby Pool 58924

5. Intex Sunset Glow Baby Pool 58924

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.900

Anda dapat mengajak anak bermain air sambil belajar mengenal warna yang ada pada kolam renang

Kegiatan belajar tidak hanya dapat dilakukan dengan buku, tetapi juga dengan permainan. Kolam renang ini memiliki tiga susun ring berwarna pink, kuning, dan hijau. Bagian alasnya berwarna biru. Warna-warni tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk memperkenalkan warna kepada anak. Dengan demikian, diharapkan anak dapat mengenal warna dengan cara yang lebih menyenangkan.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai daya tahan produk ini. Ketiga ring pada kolam renang ini harus dipompa secara terpisah. Dengan demikian, kolam berukuran 86 cm x 25 cm ini tidak akan mudah robek dan bocor. Bagian alasnya pun empuk dan aman untuk anak kecil usia 1-3 tahun. Anda dapat mendampingi anak bermain dengan tenang dan senang.

4. Intex Sun Shade Pool

4. Intex Sun Shade Pool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 669.500

“Berenang ketika matahari bersinar terik? Siapa takut!”

Meskipun matahari sedang bersinar sangat terik, anak Anda tetap dapat berenang dan bermain air di kolam berukuran 1,5 meter ini. Produk ini memiliki atap yang akan melindungi anak dari sengatan sinar matahari. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir bahwa anak akan kepanasan. Anak dapat berenang dengan nyaman karena senantiasa terlindung.

Ditambah lagi, kolam renang ini memiliki motif lucu berwarna-warni. Hal tersebut akan menambah keceriaan anak. Anak Anda juga dapat mengajak satu orang teman atau saudaranya untuk berenang bersama karena ukuran kolam ini cukup untuk menampung sekitar dua orang anak. Produk ini direkomendasikan untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas.

3. Bestway Viking Play Pool

3. Bestway Perosotan Viking Play Pool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 279.000

Tetap asyik, simpel, dan Anda tidak terlalu repot untuk merapikannya kembali!

Kami menyarankan produk ini bagi Anda yang membutuhkan kolam renang berukuran 2 meter lebih dengan permainan, tetapi tidak ingin direpotkan ketika merapikan kolam. Produk ini memiliki permainan berupa perosotan serta air mancur yang keluar dari mulut hewan. Perosotan selalu dapat Anda andalkan untuk menjadi permainan yang mengasyikkan bagi anak-anak. Oleh sebab itu, anak Anda tidak akan merasa bosan dengan kolam ini.

Selanjutnya, juga terdapat cipratan air yang keluar dari mulut hewan yang menyerupai naga. Kedua permainan tersebut sudah cukup menyenangkan bagi anak-anak. Dengan demikian, tidak banyak atribut yang harus Anda rapikan, Tentu rasanya sangat meringankan. Ditambah lagi, bagian dasar kolam ini dapat dipompa sehingga cukup membal dan aman!

2. Intex Easy Set Pool 28132

2. Intex Easy Set Pool 28132

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.817.900

Besar dan mudah dipasang, tetapi tetap nyaman berkat ring empuk di bagian atas kolam

Biasanya, kolam renang yang tidak perlu dipompa akan terasa keras pada setiap sisinya. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Bagian atas kolam ini berbentuk ring yang dapat dipompa. Setelah itu, bagian lainnya tidak perlu dipompa, cukup diisi dengan air. Dengan demikian, Anda mendapat kenyamanan karena memiliki bantalan empuk di bagian atas kolam, serta mendapat kemudahan dalam memasang dan merapikan kolam.

Produk ini memiliki dimensi yang besar yaitu diameter 366 cm dan tinggi 76 cm. Dengan demikian, akan sangat cukup untuk diisi oleh seluruh anggota keluarga. Meskipun berukuran besar, kolam ini mudah dikuras karena dilengkapi dengan saluran pembuangan. Bahkan, ketika membeli produk ini, Anda juga akan mendapatkan pompa. Mudah dan menyenangkan! Anda tidak perlu repot menyiapkan hal-hal lainnya.

1. Bestway My First Frame Pool

1. Bestway My First Frame Pool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 369.000

Tidak hanya untuk berenang, Anda juga dapat memanfaatkan produk ini untuk tempat bermain anak

Untuk Anda yang menginginkan kolam renang yang akan bermanfaat untuk jangka waktu lama! Sebagai tipe kolam renang yang tidak perlu dipompa, produk ini mudah dipasang dan dirapikan. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil yang cukup untuk menampung dua orang anak. Anda dapat mengisinya dengan bola atau mainan lainnya, kemudian biarkan anak bermain di dalamnya.

Kolam renang ini juga dapat Anda gunakan untuk waktu yang lama, bahkan ketika sudah tidak lagi digunakan untuk berenang anak. Misalnya, untuk mendinginkan minuman kaleng ketika sedang mengadakan pesta kebun. Anda hanya perlu memasukkan minuman kaleng ke dalam kolam, kemudian tambahkan es batu. Contoh lainnya, Anda dapat bermain menyerok ikan dengan kolam renang ini.

Udara yang dipompa ke dalam kolam renang vinil harus memenuhi sekitar 80% hingga 90% kolam

Udara yang dipompa ke dalam kolam renang vinil harus memenuhi sekitar 80% hingga 90% kolam

Pada saat memompa kolam renang, orang-orang pada umumnya ingin memompa hingga batas maksimal kolam. Sebenarnya, volume udara yang ideal untuk dipompa ke dalam kolam adalah jika telah memenuhi sekitar 80% hingga 90% kolam. Rentang volume tersebut dapat menjaga agar kolam renang tetap aman untuk digunakan bermain, khususnya di area luar ruangan. Apabila Anda menggunakan kolam renang vinil di area yang langsung terkena sinar matahari, kolam akan memuai. Oleh karena itu, ada kemungkinan kolam akan sobek jika sebelumnya dipompa hingga terlalu gembung.

Di samping itu, kolam yang terlalu gembung juga mudah rusak dan sobek jika tergesek lantai atau mainan. Lubang kecil sekalipun akan merugikan karena dapat mengakibatkan air dan udara mengalir ke luar. Untuk itu, Anda diharapkan selalu memompa kolam secukupnya, serta berikan sedikit ruang lebih agar kolam renang Anda dapat bertahan lama.

Kesimpulan

Memasang dan memompa kolam renang vinil memang merupakan aktivitas yang cukup melelahkan, terlebih jika cuaca sedang panas. Meskipun begitu, rasa lelah Anda akan terbayar ketika melihat anak-anak bermain dengan gembira. Jadi, jangan ragu untuk menyediakan kolam renang vinil sebagai sarana bermain anak di rumah. Dengan adanya artikel ini, kami berharap dapat membantu Anda memilih kolam renang terbaik bagi anak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.