• 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan ketika cuaca sedang panas. Sayangnya, Anda tidak selalu dapat pergi ke laut atau ke kolam renang bersama anak-anak. Meski begitu, semua tetap bisa bermain air dengan gembira di rumah menggunakan kolam renang inflatable.


Namun, tunda dahulu membeli kolam renang anak sebelum membaca poin-poin pemilihan dalam artikel ini. Lebih menariknya, akan ada rekomendasi merek kolam renang anak yang bagus dan produknya bisa dipertimbangkan, seperti Intex dan Bestway. Wah, anak-anak pasti gembira memiliki kolam renang inflatable untuk digunakan saat cuaca panas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 September 2022
Daftar isi

Cara memilih kolam renang anak

Awalnya, kolam renang anak yang umum digunakan di rumah hanya berbentuk lingkaran. Kini, kolam renang anak tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih kolam renang anak? Mari simak penjelasan dari kami.

Sesuaikan ukuran kolam renang dengan lokasi penempatan

Sesuaikan ukuran kolam renang dengan lokasi penempatan

Pemasangan kolam renang anak pasti membutuhkan banyak ruang. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu lokasi pemasangan, setelah itu pilih produk dengan ukuran yang sesuai. Pastikan bahwa Anda memilih ukuran kolam renang portable yang pas dengan luas lokasi pemasangan. 


Sebaiknya, pilihlah kolam renang yang ukurannya lebih kecil dari luas lokasi penempatan. Hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan pada dinding kolam renang yang akan membuat kolam renang menjadi rusak atau sobek. 

Perhatikan batas usia yang ditentukan

Perhatikan batas usia yang ditentukan

Jika anak Anda masih kecil, Anda perlu memperhatikan kedalaman kolam yang hendak dibeli. Kolam yang dalam akan menyulitkan anak untuk keluar masuk tanpa bantuan orang tua. 


Untuk itu, kolam dangkal lebih direkomendasikan agar anak mudah menggunakan kolam serta menghindari risiko tenggelam. Cek batas usia pengguna kepada penjual sebelum membeli agar mendapatkan produk yang tepat.

Pilih kolam renang berdasarkan bahan pembuatnya

Pilih kolam renang berdasarkan bahan pembuatnya

Faktor lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah bahan pembuatnya. Mayoritas produk kolam renang anak yang tersedia di pasaran terbuat dari polyvinyl chloride (PVC). Para produsen juga kerap menyebutnya vinyl


Bahan lain yang kerap digunakan untuk membuat kolam renang anak adalah polyester mesh. Bahan polyester mesh kerap digunakan sebagai tambahan untuk PVC supaya lebih awet dan kuat. Namun, bahan ini jarang ditemukan di online shop.


Anda juga perlu menghindari bahan yang bisa menyebabkan alergi, beracun, atau berbahaya jika terkena kulit. Sebaiknya, Anda memilih produk yang secara jelas dinyatakan aman untuk kulit.

Cek cara pemasangannya

Cek cara pemasangannya

Kolam renang portable adalah kolam yang bisa ditempatkan di mana saja. Cara pemasangan atau set up setiap produk kolam renang anak bisa berbeda-beda. Ada yang perlu dipompa dan ada juga yang tidak. Berikut ini adalah penjelasan kedua tipe kolam renang tersebut


  • Kolam renang yang perlu dipompa biasanya lebih empuk dan aman untuk anak-anak, terlebih jika alasnya bisa dipompa. Selain itu, bagian pinggirnya bisa dipakai untuk bersandar. Kolam renang yang empuk dapat meminimalkan risiko cedera apabila anak tergelincir saat bermain. Namun, set up kolam renang tipe ini akan memakan waktu yang relatif lebih lama.

  • Sementara itu, kolam renang yang tidak perlu dipompa biasanya disertai tiang penyangga. Kolam renang tipe ini lebih ringkas dan tidak perlu waktu lama untuk set up. Namun, biasanya struktur dan bahan tipe kolam renang ini lebih tipis. Dengan demikian, Anda perlu mengawasi dengan ketat agar anak Anda tidak tergelincir dan jatuh saat bermain. 

Pertimbangkan fungsi tambahan lainnya

Beberapa produk kolam renang anak hadir dengan fungsi tambahan, seperti seluncuran, air mancur, atau saluran pembuangan air. Setiap fungsi tambahannya dapat memberikan manfaat yang berbeda-beda. Simak dulu penjelasannya, ya!

Seluncuran dan air mancur: Menambah keseruan

Seluncuran dan air mancur: Menambah keseruan

Beberapa kolam renang anak dilengkapi dengan fungsi permainan, seperti seluncuran dan air mancur. Hal tersebut membuat kegiatan berenang menjadi lebih asyik. Akan tetapi, proses pemasangan dan pembersihan kolam pun menjadi lebih sulit.


Merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Anda untuk menyiapkan dan membereskan kolam renang ini. Tentunya kurang praktis bila Anda membeli produk yang sulit untuk dipasang. Jadi, pertimbangkan baik-baik kesulitan yang mungkin Anda alami sebelum memilih produk kolam renang anak.

Saluran pembuangan air: Memudahkan pembersihan, terutama kolam besar

Saluran pembuangan air: Memudahkan pembersihan, terutama kolam besar

Ada pekerjaan besar yang menunggu Anda setelah selesai berenang. Ya, Anda masih harus menguras air di kolam renang. Untuk kolam renang kecil, Anda bisa langsung membalikkan kolam untuk membuang airnya. Sayangnya, tidak demikian dengan kolam berukuran besar. 


Jika kolam belum perlu dibersihkan, sebaiknya Anda tidak perlu mengempiskan kolam tiap kali mengurasnya. Untuk mempermudah proses pengeringan dan pengurasan kolam, pilih produk yang memiliki saluran pembuangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait hal ini. 


  • Saluran pembuangan akan membuat proses pengurasan dan pengeringan menjadi lebih mudah serta terjaga kebersihannya.

  • Perhatikan juga posisi saluran pembuangannya. Apabila terletak di bagian bawah, Anda harus mengangkat kolam renang hingga posisi tertentu agar air dapat mengalir keluar. Untuk itu, pilihlah produk dengan saluran pembuangan yang mudah digunakan.

10 Rekomendasi kolam renang anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kolam renang anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 20 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Bestway My First Frame Pool 56217 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bestway Blue Rectangular Pool 54009 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Bestway Blue Rectangular Pool 1

Bestway

2
Intex Sunset Glow Baby Pool  1

Intex

3
Bestway Fantastic Aquarium Play Pool 1

Bestway

4
Intex Kolam Renang Bear 3 Ring Baby 1

Intex

5
Bestway Kolam Renang Anak 1

Bestway

6
Honey Boo Kolam Renang Anak Portable 1

Honey Boo

7
Bestway Steel Pro Rectangular Pool Set 1

Bestway

8
Intex Pinapple Pool Set 1

Intex

9
Intex Candy Zone Play Center 1

Intex

10
Intex Jungle Adventure Play Center 1

Intex

Nama produk

Blue Rectangular Pool

Sunset Glow Baby Pool

Fantastic Aquarium Play Pool

Kolam Renang Bear 3 Ring Baby

Kolam Renang Anak

Kolam Renang Anak Portable

Steel Pro Rectangular Pool Set

Pinapple Pool Set

Candy Zone Play Center

Jungle Adventure Play Center

Keunggulan

Semua anggota keluarga bisa bermain air bersama

Bermain air sambil belajar warna bersama buah hati

Banyak mainannya, jadi makin seru!

Ukurannya compact, mudah disimpan dan dibawa bepergian

Lebih praktis karena tidak perlu dipompa

Bagian dasar kolam bergelembung, meminimalkan risiko tergelincir

Berenang bersama keluarga lebih nyaman dengan adanya filter pump

Tak perlu takut tenggelam, ada pelampung yang bisa menyelamatkan

Habiskan waktu bermain di candy zone yang seru

Desain yang playful, bisa digunakan di indoor atau outdoor

Harga mulai dariRp 510.000,00Rp 145.900,00Rp 435.000,00Rp 139.900,00Rp 100.000,00Rp 400.000,00Rp 1.550.000,00Rp 319.900,00Rp 2.199.900,00Rp 2.294.800,00
Ukuran305 cm x 183 cm x 56 cm86 cm x 25 cm239 cm x 206 cm x 86 cm61 cm x 22 cm 122 cm x 25 cm150 cm x 110 cm x 50 cm300 cm x 201 cm x 66 cm132 cm x 28 cm295 cm x 191 cm x 130 cm257 cm x 216 cm x 84 cm
Target usia3 tahun ke atas1-3 tahun3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas2 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas
BahanPVCVinyl VinylVinylVinylTidak disebutkanPVCVinylVinylTidak disebutkan
Cara pemasanganDipompa bagian pinggirnyaDipompa bagian pinggir dan alasnyaDipompa bagian pinggirnyaDipompa bagian alas dan pinggirnyaTidak perlu dipompaDipompa bagian pinggir dan alasDirakit bagian framenyaDipompa bagian pinggirnyaDipompaDipompa
Saluran pembuangan×××××Tidak disebutkan
Aksesori tambahanRepair patchTidak adaSeluncuran, water sprayer, cincin tiup, ikan tiup, repair patchTidak adaRepair patchTidak adaFilter pump, repair kitRepair patch, bola, pelampungRepair patch, seluncuran, penyemprot air, lollipop, bolaSeluncuran, air mancur, boneka binatang, pompa
Tautan produk
10

IntexJungle Adventure Play Center

57161

Mulai dari Rp 2.294.800,00

Ukuran257 cm x 216 cm x 84 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanTidak disebutkan
Cara pemasanganDipompa
Saluran pembuanganTidak disebutkan
Aksesori tambahanSeluncuran, air mancur, boneka binatang, pompa
9

IntexCandy Zone Play Center

57149

Mulai dari Rp 2.199.900,00

Ukuran295 cm x 191 cm x 130 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanVinyl
Cara pemasanganDipompa
Saluran pembuangan
Aksesori tambahanRepair patch, seluncuran, penyemprot air, lollipop, bola
8
Ukuran132 cm x 28 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanVinyl
Cara pemasanganDipompa bagian pinggirnya
Saluran pembuangan×
Aksesori tambahanRepair patch, bola, pelampung
7

BestwaySteel Pro Rectangular Pool Set

Mulai dari Rp 1.550.000,00

Ukuran300 cm x 201 cm x 66 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanPVC
Cara pemasanganDirakit bagian framenya
Saluran pembuangan
Aksesori tambahanFilter pump, repair kit
6

Honey BooKolam Renang Anak Portable

Mulai dari Rp 400.000,00

Ukuran150 cm x 110 cm x 50 cm
Target usia2 tahun ke atas
BahanTidak disebutkan
Cara pemasanganDipompa bagian pinggir dan alas
Saluran pembuangan×
Aksesori tambahanTidak ada
5
Ukuran122 cm x 25 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanVinyl
Cara pemasanganTidak perlu dipompa
Saluran pembuangan×
Aksesori tambahanRepair patch
4

IntexKolam Renang Bear 3 Ring Baby

57106

Mulai dari Rp 139.900,00

Ukuran61 cm x 22 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanVinyl
Cara pemasanganDipompa bagian alas dan pinggirnya
Saluran pembuangan×
Aksesori tambahanTidak ada
3

BestwayFantastic Aquarium Play Pool

53052

Mulai dari Rp 435.000,00

Ukuran239 cm x 206 cm x 86 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanVinyl
Cara pemasanganDipompa bagian pinggirnya
Saluran pembuangan
Aksesori tambahanSeluncuran, water sprayer, cincin tiup, ikan tiup, repair patch
2

IntexSunset Glow Baby Pool

58924

Mulai dari Rp 145.900,00

Ukuran86 cm x 25 cm
Target usia1-3 tahun
BahanVinyl
Cara pemasanganDipompa bagian pinggir dan alasnya
Saluran pembuangan×
Aksesori tambahanTidak ada
1

BestwayBlue Rectangular Pool

54009

Mulai dari Rp 510.000,00

Ukuran305 cm x 183 cm x 56 cm
Target usia3 tahun ke atas
BahanPVC
Cara pemasanganDipompa bagian pinggirnya
Saluran pembuangan
Aksesori tambahanRepair patch

Pastikan udara hanya terisi 80% hingga 90% saat memompa

Pastikan udara hanya terisi 80% hingga 90% saat memompa

Dengan pompa, udara dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kolam portable. Volume udara yang ideal untuk keamanan dan kenyamanan adalah sekitar 80% hingga 90% saja. Hal ini bertujuan memberi ruang untuk udara memuai, khususnya bila kolam langsung terkena sinar matahari. Kolam gampang sobek jika sebelumnya dipompa hingga penuh.


Di samping itu, kolam yang diisi udara penuh akan mudah rusak atau sobek jika tergesek lantai atau mainan. Bahkan, lubang kecil sekalipun dapat mengakibatkan air dan udara mengalir ke luar. Untuk itu, pompa udara secukupnya dan berikan sedikit ruang agar kolam renang Anda dapat bertahan lama.

Baca juga rekomendasi karpet puzzle di sini

Untuk kolam renang yang alasnya tidak bisa diisi angin, lebih baik Anda mengalasi kolam renang tersebut dengan karpet. Agar praktis dipindah-pindah dan mudah dibersihkan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan karpet puzzle saja. Silakan baca lebih jauh pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Memasang dan membereskan kolam renang portable memang cukup melelahkan serta menghabiskan waktu. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar ketika melihat anak-anak bermain dengan gembira.


Jadi, jangan ragu untuk menyediakan kolam renang portable sebagai sarana bermain anak di rumah. Terakhir, silakan gunakan artikel ini sebagai referensi saat ingin membeli kolam renang anak, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Anak Anda tidak hanya bermain, tetapi juga bisa belajar mengenal huruf, angka, dan bentuk dengan mainan edukasi. Produknya juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berkonsentrasi. Tak jarang jika mainan ini digunakan sebagai materi pembelajaran di PAUD, TK, dan SD.Kali ini kami akan memberikan tips memilih mainan edukasi terbaik untuk anak usia 4, 5, dan 6 tahun. Tentu saja produknya bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Kami juga akan berbagi dan mengulas rekomendasi produknya, lho. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus pembahasannya!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2022)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memberikan pelampung yang bagus demi keselamatan anak. Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih pelampung renang terbaik sesuai dengan usia anak. Kami juga akan membagikan rekomendasi pelampung yang aman untuk bayi, anak umur 1 tahun, 2 tahun, dan usia lainnya. Merek-mereknya pun beragam, seperti Kiddie Splash dan Intex. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Anak akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai dengan usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia tersebut, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan yang edukatif. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan yang bagus dari berbagai merek, seperti Playgro dan Satu Keluarga. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia.
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi anak laki-laki, mainan adalah hal tak terpisahkan yang bisa memberikan kesenangan sekaligus mengembangkan imajinasi. Ada begitu banyak mainan untuk laki-laki, mulai dari mainan robot, kendaraan, hingga mainan tembak-tembakan. Semuanya terlihat sangat menarik untuk dimiliki.Kabar baiknya, dalam artikel ini Anda akan menemukan tips memilih mainan anak laki-laki. Daftar rekomendasi mainan terbaik untuk anak laki-laki pun akan Anda temukan sehingga memilih produk yang bagus jadi makin mudah! Mainan keren merek Hasbro, ELC, dan sebagainya bisa Anda belikan untuk anak Anda. Yuk, langsung simak selengkapnya!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain menyenangkan untuk dimainkan, mainan lilin atau disebut juga dengan plastisin ternyata berguna untuk menstimulasi kecerdasan. Mengenal bentuk, warna, bahkan mengembangkan imajinasi, semua dapat dilakukan melalui mainan ini. Namun, banyaknya jenis mainan lilin di pasaran mungkin akan membuat Anda kesulitan memilih yang tepat.Tidak perlu bingung karena sekarang kami akan menjelaskan cara memilih mainan lilin yang bagus. Ada rekomendasi mainan lilin terbaik keluaran merek BOWA, Play-Doh, dan Wimpy Craftstore juga, lho! Jangan sampai ketinggalan informasinya dan temukan mainan lilin yang cocok untuk si kecil!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori