• 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Sembelit - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang memiliki masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Hal ini ditandai buang air besar (BAB) tidak lancar atau frekuensi BAB kurang dari tiga kali seminggu. Sembelit tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan.

Anda bisa menemukan beberapa merek obat sembelit, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, Anda harus memilih obat yang bagus dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, kami akan mengulas rekomendasi obat sembelit beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Simak ulasannya berikut ini!



Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat sembelit

Ada banyak produk obat sembelit dengan berbagai variasi bentuk dan khasiat yang dijual di pasaran. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak poin-poin cara memilihnya berikut ini yuk!

Pilihlah yang sesuai dengan gejala yang dialami

Penyebab terjadinya sembelit bermacam-macam dan berbeda di setiap orang. Ada yang diakibatkan oleh perubahan kondisi lingkungan, makanan yang dikonsumsi, ataupun kelelahan. Berikut ini kami paparkan cara memilih obat agar sesuai dengan gejala yang Anda alami.

Kandungan bakteri baik untuk yang rentan mengalami sembelit

Kandungan bakteri baik untuk yang rentan mengalami sembelit
Sebagai tindakan pencegahan terhadap sembelit, penting untuk Anda merawat usus secara teratur. Caranya adalah dengan mengonsumsi obat atau minuman yang mengandung bakteri baik seperti Bifidobacterium atau Bacillus subtilis secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin yang baik untuk kondisi usus. 

Jumlah bakteri baik yang meningkat dapat membantu pergerakan usus secara alami sehingga Anda tidak memerlukan obat sembelit. Obat atau minuman tersebut tidak bisa langsung mengobati sembelit, tetapi untuk menjaga kesehatan usus dalam jangka panjang. Jika Anda mengalami sembelit dan ingin segera mengobatinya, konsumsilah obat khusus sembelit seperti Dulcolax atau Microlax.

Jika disertai nyeri pada perut, hindari pencahar yang mengakibatkan kram

Jika disertai nyeri pada perut, hindari pencahar yang mengakibatkan kram

Biasanya, sembelit disertai dengan perut terasa begah atau nyeri. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan pencahar yang hendak diminum agar tidak menambah dampak buruk lainnya. Obat sembelit jenis osmotik membantu memperbanyak jumlah air dalam usus untuk melunakkan feses. Dengan begitu, feses mudah dikeluarkan dan dapat membantu meringankan efek kram atau nyeri perut.

Jika disertai asam lambung, konsumsi obat dengan magnesium hidroksida

Jika disertai asam lambung, konsumsi obat dengan magnesium hidroksida

Sebagai obat pencahar, magnesium hidroksida bekerja menarik air ke dalam usus. Pencahar tipe osmotik ini membantu pergerakan usus untuk melancarkan buang air besar (BAB). Selain itu, magnesium hidroksida juga bisa menetralkan asam lambung yang dapat menurunkan jumlah asam di perut.


Apabila Anda mengalami sembelit dan memiliki asam lambung, carilah obat dengan kandungan magnesium hidroksida. Berbeda dengan obat lain yang memberikan efek instan, obat ini nyaman untuk diminum dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai obat sakit perut, Anda bisa membacanya melalui tautan berikut.

Tentukan jenis obat yang Anda inginkan

Obat memilki berbagai bentuk dengan kegunaannya masing-masing. Berbagai pilihan bentuk obat tersebut dapat memudahkan Anda memilih cara meminum obat sesuai yang diinginkan. Berikut kami ulas jenis-jenis obat sembelit yang tersedia di pasaran.

Tablet, kapsul, dan pil: Sediaan padat yang ringkas dikonsumsi

Tablet, kapsul, dan pil: Sediaan padat yang ringkas dikonsumsi

Jenis obat-obatan padat tentu lebih sering ditemui untuk pengobatan segala penyakit, termasuk sembelit. Bentuk obat-obatan ini terdiri dari tablet, kapsul, kaplet (kapsul tablet), dan pil. Anda dapat meminum obat padat dengan berbagai cara tergantung penggunaannya. 


Ada yang dapat diminum dengan air, dilarutkan dengan air, dihisap, ataupun dikunyah. Caranya yang berbeda tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan obat. Dengan begitu, obat dapat memberikan manfaat yang lebih besar daripada efek sampingnya. 

Obat cair: Lebih mudah diminum dan cepat terserap oleh tubuh

Obat cair: Lebih mudah diminum dan cepat terserap oleh tubuh

Penggunaan obat cair bekerja lebih cepat diserap oleh tubuh ketimbang jenis obat lainnya. Hal ini karena sifat kelarutan dari obat cair mudah masuk ke dalam tubuh. Cairan dapat masuk langsung ke pembuluh darah tanpa melewati proses pencernaan terlebih dahulu.

Suppositoria atau enema: Membantu menstimulasi pencernaan melalui anus atau rektum

Suppositoria atau enema: Membantu menstimulasi pencernaan melalui anus atau rektum

Jenis obat suppositoria adalah obat padat yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui lubang anus atau kelamin. Obat ini akan hancur dan larut dalam suhu tubuh kemudian bekerja secara langsung ke arah yang dituju


Sementara itu, enema merujuk pada cairan yang terdapat di sebuah tube kecil. Cara penggunaan cairan tersebut adalah dengan dimasukkan melalui anus untuk merangsang peristaltik usus besar atau kolon. Penggunaan obat suppositoria ini memudahkan Anda yang kesulitan saat menelan obat atau mengalami kejang. Selain itu, proses penyerapan obat juga lebih cepat karena rektum kaya akan pembuluh darah.

Teh herbal atau serbuk: Dapat dinikmati dengan varian rasa yang menarik

Teh herbal atau serbuk: Dapat dinikmati dengan varian rasa yang menarik

Apabila selama ini Anda mengalami kesulitan untuk meminum obat, teh herbal atau serbuk dapat menjadi alternatif pilihan. Biasanya, teh herbal atau serbuk memiliki rasa dan aroma yang lebih enak dinikmati dibanding obat lainnya. Kandungan di dalamnya memiliki efek laksatif sehingga dapat melancarkan buang air besar (BAB). Selain itu, Anda dapat menggunakan madu untuk penambah rasa.

Ketahui klasifikasi obat pencahar dan cara kerjanya

Ketahui klasifikasi obat pencahar dan cara kerjanya
Obat sembelit memiliki berbagai cara kerja yang berbeda. Hal ini dapat disesuaikan dengan gejala sembelit yang dialami. 
  • Pencahar osmotik: Bekerja memperbanyak jumlah air menuju usus sehingga feses menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Obat pencahar yang satu ini juga membantu meringankan kram dan nyeri perut akibat sembelit. 
  • Pencahar stimulan: Bekerja menstimulasi otot-otot di saluran pencernaan untuk berkontraksi sehingga dapat mempercepat feses menuju anus. Pencahar stimulan dapat dipilih apabila kondisi sudah makin parah. Apabila Anda memiliki gejala nyeri perut, sebaiknya hindari konsumsi pencahar jenis ini.
  • Pencahar lubrikan: Bekerja menghambat penyerapan air di usus dengan merangsang gerakan peristaltik di usus besar. Pencahar ini bertujuan melicinkan lapisan dinding usus untuk melancarkan jalannya feses. 
  • Laksatif bulk: Pencahar ini mampu meningkatkan air lebih banyak di dalam tubuh agar kotoran menjadi lebih lunak. Laksatif bulk merupakan asupan serat yang biasanya berbentuk kapsul atau bubuk. Merek obat sembelit yang termasuk dalam laksatif bulk contohnya adalah Vegeta Herbal.
  • Stool-softener: Pencahar jenis ini bekerja membuat massa feses lebih lunak. Akan tetapi, stool-softener membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja, yaitu sekitar 72 jam. Oleh karena itu, pencahar ini dinilai lebih aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

10 Rekomendasi obat sembelit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat sembelit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima.

10
Isi60 butir
BentukKapsul
KomposisiDaun teratai, Aloe vera, polygonum, cassia
DosisPemakaian awal: 1 kapsul (2 kali sehari, setelah sarapan dan makan malam)・Pemakaian lanjutan: 2 kapsul (2 kali sehari, setelah sarapan dan makan malam)
Cara kerjaPencahar stimulan
9
Isi60 ml
BentukEmulsi
KomposisiPhenolphthalein, paraffinum liquidum, glycerin
DosisDewasa: 3–6 sendok takar ・Anak usia 6–12 tahun: 1/2 dosis dewasa
Cara kerjaPencahar lubrikan
8
Isi60 butir
BentukTablet
KomposisiSenna
DosisDewasa: 2–4 tablet/hari ・Anak-anak usia 6-12 tahun: 1–2 tablet/hari atau sesuai petunjuk dokter
Cara kerjaPencahar stimulan
7

Boehringer Ingelheim Dulcolactol

Mulai dari Rp 72.500,00

Isi60 ml
BentukSirup
KomposisiLaktulosa
DosisDewasa: Konstipasi ringan: 15 ml/hari; Pemeliharaan: 10 ml/hari; Konstipasi sedang: 15–30 ml/hari; Pemeliharaan: 10–15 ml/hari; Konstipasi berat: 15 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 15–25 ml/hari ・Anak 5–10 tahun: 10 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 10 ml/hari ・ Anak 1–5 tahun: 5 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 5–10 ml/hari ・Anak <1 tahun: 2,5 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 2,5–5 ml/hari
Cara kerjaPencahar osmotik
6
Isi60 butir
BentukKapsul
KomposisiEkstrak daun ungu (bahan aktif: alkoloid, saponin, tannin galat, antosianin, leukoantosianin, asam protokatekuat)
Dosis3 kapsul (3 kali sehari)
Cara kerjaTidak disebutkan
5

Ikapharmindo Putramas Lactulax® Lactulose

Mulai dari Rp 42.000,00

Isi60 ml
BentukSirup
KomposisiLactulose
DosisKonstipasi kronis (dosis awal pada 3 hari pertama): Dewasa: 15–45 ml; Anak 5–14 tahun: 15 ml; Anak 1–5 tahun: 5–10 ml; Bayi kurang dari 1 tahun: 5 ml・Pemeliharaan harian: Dewasa: 10–25 ml; Anak 5–14 tahun: 10 ml; Anak 1–5 tahun: 5–10 ml; Bayi kurang dari 1 tahun: 5 ml
Cara kerjaPencahar osmotik
4

Herbal Indo Utama Madu Herbal Anak Syifa Kids MBELIT

Mulai dari Rp 31.900,00

Isi100 ml
BentukEmulsi
KomposisiMadu murni, Nigella sativa oil, minyak zaitun, ekstrak Curcuma longa, ekstrak Curcuma rhizome, ekstrak Kaempferia galanga, ekstrak Foeniculum vulgare, ekstrak Cinnamomum burmannii
DosisUsia 6–12 bulan: 1/2 sendok teh (3 kali sehari) ・Usia 1–3 tahun: 1 sendok teh (3 kali sehari) ・Usia 3–5 tahun: 2 sendok teh (3 kali sehari) ・Usia di atas 6 tahun: 1 sendok makan (3 kali sehari)
Cara kerjaTidak disebutkan
3

Boehringer Ingelheim Dulcolax Bisacodyl 5 mg

Mulai dari Rp 9.000,00

Isi4 butir dan 10 butir
BentukTablet
KomposisiBisacodyl
DosisDewasa: 2–3 tablet/hari ・Anak 6–12 tahun: 1 tablet/hari
Cara kerjaPencahar stimulan
2

Phytochemindo ReksaMaximus Dietary Herbal

Mulai dari Rp 50.500,00

Isi30 kapsul
BentukKapsul
KomposisiPsyllium husk, ekstrak senna
DosisDewasa dan anak di atas usia 12 tahun: Mengatasi konstipasi: 2–4 kapsul/hari (diminum malam hari); Melancarkan BAB: 1–2 kapsul/hari (diminum malam hari); Menghambat penyerapan karbohidrat dan menghambat nafsu makan: 1–2 kapsul (diminum sebelum makan)
Cara kerjaLaksatif bulk
1
Isi5 ml
BentukGel
KomposisiNatrium lauryl sulfoacetate, natrium sitrat, PEG 400, sorbitol
DosisDewasa dan anak di atas 3 tahun: 1 tube sekali pakai
Cara kerjaPencahar osmotik

Tabel perbandingan produk obat sembelit terbaik

Gambar produk
1
Pharos  Microlax 1

Pharos

2
Phytochemindo Reksa Maximus Dietary Herbal 1

Phytochemindo Reksa

3
Boehringer Ingelheim  Dulcolax Bisacodyl 5 mg 1

Boehringer Ingelheim

4
Herbal Indo Utama  Madu Herbal Anak Syifa Kids MBELIT 1

Herbal Indo Utama

5
Ikapharmindo Putramas  Lactulax® Lactulose 1

Ikapharmindo Putramas

6
Herbal Indo Utama  Herba Daun Ungu 1

Herbal Indo Utama

7
Boehringer Ingelheim  Dulcolactol 1

Boehringer Ingelheim

8
Senokot Tablets with Senna 1

Senokot

9
Galenium Pharmasia  Laxadine Emulsi 1

Galenium Pharmasia

10
Green World Stockist  Koloklin Capsule 1

Green World Stockist

Nama produk

Microlax

Maximus Dietary Herbal

Dulcolax Bisacodyl 5 mg

Madu Herbal Anak Syifa Kids MBELIT

Lactulax® Lactulose

Herba Daun Ungu

Dulcolactol

Tablets with Senna

Laxadine Emulsi

Koloklin Capsule

Keunggulan

Tanpa diminum dan langsung bekerja dalam 5–15 menit!

Lancarkan buang air besar dan turunkan berat badan

Mengandung bisacodyl yang dapat mempermudah pengeluaran kotoran

Berkhasiat atasi sembelit, perut kembung, hingga memperbaiki sistem pencernaan anak

Meningkatkan kadar air dan melembutkan feses pada sembelit kronis

Produk herbal dengan kandungan 100% alami

Bisa dicampurkan pada minuman dan dikonsumsi semua rentang usia

Tunggu selama 8–12 jam setelah konsumsi dan rasakan hasilnya!

Lebih efektif mengatasi susah BAB dengan tiga bahan aktif

Mengatasi berbagai masalah usus secara alami tanpa efek samping

Harga mulai dariRp 48.000,00Rp 50.500,00Rp 9.000,00Rp 31.900,00Rp 42.000,00Rp 29.975,00Rp 72.500,00Rp 94.500,00Rp 47.500,00Rp 260.000,00
Isi5 ml30 kapsul4 butir dan 10 butir100 ml60 ml60 butir60 ml60 butir60 ml60 butir
BentukGelKapsulTabletEmulsiSirupKapsulSirupTabletEmulsiKapsul
KomposisiNatrium lauryl sulfoacetate, natrium sitrat, PEG 400, sorbitolPsyllium husk, ekstrak sennaBisacodylMadu murni, Nigella sativa oil, minyak zaitun, ekstrak Curcuma longa, ekstrak Curcuma rhizome, ekstrak Kaempferia galanga, ekstrak Foeniculum vulgare, ekstrak Cinnamomum burmanniiLactuloseEkstrak daun ungu (bahan aktif: alkoloid, saponin, tannin galat, antosianin, leukoantosianin, asam protokatekuat)LaktulosaSennaPhenolphthalein, paraffinum liquidum, glycerinDaun teratai, Aloe vera, polygonum, cassia
DosisDewasa dan anak di atas 3 tahun: 1 tube sekali pakaiDewasa dan anak di atas usia 12 tahun: Mengatasi konstipasi: 2–4 kapsul/hari (diminum malam hari); Melancarkan BAB: 1–2 kapsul/hari (diminum malam hari); Menghambat penyerapan karbohidrat dan menghambat nafsu makan: 1–2 kapsul (diminum sebelum makan)Dewasa: 2–3 tablet/hari ・Anak 6–12 tahun: 1 tablet/hariUsia 6–12 bulan: 1/2 sendok teh (3 kali sehari) ・Usia 1–3 tahun: 1 sendok teh (3 kali sehari) ・Usia 3–5 tahun: 2 sendok teh (3 kali sehari) ・Usia di atas 6 tahun: 1 sendok makan (3 kali sehari)Konstipasi kronis (dosis awal pada 3 hari pertama): Dewasa: 15–45 ml; Anak 5–14 tahun: 15 ml; Anak 1–5 tahun: 5–10 ml; Bayi kurang dari 1 tahun: 5 ml・Pemeliharaan harian: Dewasa: 10–25 ml; Anak 5–14 tahun: 10 ml; Anak 1–5 tahun: 5–10 ml; Bayi kurang dari 1 tahun: 5 ml3 kapsul (3 kali sehari)Dewasa: Konstipasi ringan: 15 ml/hari; Pemeliharaan: 10 ml/hari; Konstipasi sedang: 15–30 ml/hari; Pemeliharaan: 10–15 ml/hari; Konstipasi berat: 15 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 15–25 ml/hari ・Anak 5–10 tahun: 10 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 10 ml/hari ・ Anak 1–5 tahun: 5 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 5–10 ml/hari ・Anak <1 tahun: 2,5 ml (2 kali sehari); Pemeliharaan: 2,5–5 ml/hariDewasa: 2–4 tablet/hari ・Anak-anak usia 6-12 tahun: 1–2 tablet/hari atau sesuai petunjuk dokterDewasa: 3–6 sendok takar ・Anak usia 6–12 tahun: 1/2 dosis dewasaPemakaian awal: 1 kapsul (2 kali sehari, setelah sarapan dan makan malam)・Pemakaian lanjutan: 2 kapsul (2 kali sehari, setelah sarapan dan makan malam)
Cara kerjaPencahar osmotikLaksatif bulkPencahar stimulanTidak disebutkanPencahar osmotikTidak disebutkanPencahar osmotikPencahar stimulanPencahar lubrikanPencahar stimulan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar obat sembelit

Pertanyaan umum seputar obat sembelit

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar obat sembelit. Jika Anda masih penasaran dengan obat sembelit, simak jawabannya di bawah ini!

Buah apa yang dapat mengobati sembelit?

Jika mengalami sembelit, kami sarankan Anda untuk makan buah-buahan dengan kadar air tinggi, seperti semangka dan melon. Namun, Anda juga perlu makan makanan berserat tinggi. Hal ini disebabkan oleh serat membantu mempertahankan kadar air pada feses sehingga mudah untuk untuk dibuang.


Buah yang mengandung kalium, seperti pisang, juga bagus untuk dikonsumsi karena dapat mencegah sembelit. Elektrolit yang imbalance atau tidak seimbang dapat menyebabkan sembelit.

Apa penyebab sulit BAB?

Secara umum, penyebab konstipasi (sembelit) terbagi menjadi dua, yaitu gangguan motility (pergerakan usus dan feses) dan gangguan struktur panggul. Contoh gangguan motility:

  • Kurang asupan cairan dan serat;
  • Penyakit yang mengganggu kerja usus, seperti IBS (irritable bowel syndrome);
  • Kelainan saraf; dan
  • Gangguan psikiatri, seperti depresi.

Contoh gangguan struktur pelvis (panggul):

  • Sumbatan pada rektum (struktur di pangkal usus besar);
  • Terganggunya fungsi otot sfingter eksternal (yang berfungsi untuk menutup anus);
  • dan lain-lain.

Hal penting yang harus diketahui adalah segera ke dokter saat konstipasi dan muncul gejala-gejala berikut:

  1. Konstipasi akut atau tiba-tiba pada orang berumur lebih dari 40 tahun
  2. BAB berdarah
  3. Terasa ada massa di perut
  4. Riwayat keganasan kolorektal pada keluarga
  5. Riwayat IBD (inflammatory bowel disease) atau radang usus pada keluarga
  6. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  7. Disertai mual dan muntah yang menetap
  8. Konstipasi pertama yang perlahan-lahan menjadi buruk
  9. Anemia

Baca juga rekomendasi obat-obatan lainnya di sini

Selain masalah sembelit, banyak orang juga mengalami masalah kesehatan lainnya. Salah satu di antaranya adalah sakit mag, flu, atau nyeri otot. Anda dapat membaca rekomendasi kami dari tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Banyak faktor yang dapat mengakibatkan sembelit. Untuk itu, Anda perlu mengenali penyebabnya untuk menentukan obat yang pas sesuai kondisi Anda. Setelahnya, Anda juga perlu memperhatikan bentuk obatnya. Pilihlah yang mudah dikonsumsi oleh Anda. 


Pertimbangkan jenis obat suppositoria atau enema untuk orang tua atau wanita hamil. Untuk anak-anak, perhatikan dosis yang dianjurkan atau konsultasikan ke dokter. Selamat membaca dan memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat atau acne merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul. Selain mengganggu penampilan, acne terkadang menimbulkan rasa sakit, bahkan bekas jerawat. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan obat totol jerawat yang ampuh.Pada artikel kali ini, secara khusus kami akan membahas tentang salep jerawat, mulai dari tips memilih hingga rekomendasi produknya. Kami akan memilihkan sepuluh produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Acnes, Sebamed, Bioderma, dan Everwhite. Selain itu, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK. Mari simak sampai selesai!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori