10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.

Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, artikel ini akan mengulas tentang cara memilih obat sembelit beserta cara memilihnya. Silakan simak ulasannya berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih obat sembelit

Ada banyak produk obat sembelit dengan berbagai variasi khasiat dan harga yang dijual di apotek. Jika Anda sudah mengerti cara memilih obat sembelit tentu akan mudah bagi Anda untuk menemukan produk yang tepat. Nah, simak poin-poin cara memilihnya berikut ini!

Pilihlah yang sesuai dengan gejala yang dialami

Penyebab terjadinya sembelit bermacam-macam dan berbeda di setiap orang. Ada yang diakibatkan oleh perubahan kondisi lingkungan, makanan yang dikonsumsi, ataupun kelelahan. Berikut ini akan kami paparkan bagaimana cara memilih obat yang sesuai dengan gejala yang Anda alami.

Kandungan bakteri baik untuk yang rentan mengalami sembelit

Kandungan bakteri baik untuk yang rentan mengalami sembelit

Sebagai tindakan pencegahan terhadap sembelit, penting untuk Anda merawat usus secara teratur. Caranya adalah dengan mengonsumsi obat atau minuman yang mengandung bakteri baik seperti Bifidobacterium atau Bacillus subtilis secara teratur. Bisa juga dengan mengonsumsi vitamin yang baik untuk kondisi usus. Jumlah bakteri baik yang meningkat dapat membantu pergerakan usus secara alami sehingga Anda tidak memerlukan obat sembelit.

Namun, obat atau minuman tersebut tidak bisa langsung mengobati sembelit, tetapi untuk menjaga kesehatan usus dalam jangka panjang. Jika Anda mengalami sembelit dan ingin segera mengobatinya, konsumsilah obat khusus sembelit seperti Dulcolax atau Microlax.

Akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai sering mengonsumsi obat magnesium hidroksida untuk mengatasi sembelit. Berbeda dengan obat lain yang memberikan efek instan, obat ini nyaman untuk diminum dalam jangka panjang.

Minuman yang menyehatkan usus untuk atasi diare

Minuman yang menyehatkan usus untuk atasi diare

Bagi Anda yang sering terkena diare, mulailah memperbaiki kondisi usus untuk menjaga kesehatannya. Anda bisa mengonsumsi minuman yang menyehatkan usus atau yang mengandung bakteri baik Bifidobacterium. 

Pada kasus diare akut, obat sembelit atau minuman yang menyehatkan usus tidak akan mampu mengobatinya. Jika mengalami keracunan makanan atau kasus lain yang cukup parah, sebaiknya Anda menghubungi dokter spesialis. Minuman yang menyehatkan usus hanya untuk perawatan usus dalam jangka panjang, bukan untuk mengobati.

Makanan beragi dan suplemen penambah nutrisi untuk yang rentan terhadap gangguan pencernaan

Makanan beragi dan suplemen penambah nutrisi untuk yang rentan terhadap gangguan pencernaa

Dispepsia adalah kumpulan gejala yang muncul dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas. Contoh gejalanya adalah heartburn, mudah kenyang, sering bersendawa, dan perut terasa kembung. Bagi Anda yang mengalaminya, selain obat sembelit, konsumsi juga makanan beragi agar dapat meningkatkan fungsi lambung dan nafsu makan. Lalu, Anda juga bisa menambahkan minuman atau suplemen penambah nutrisi. Dengan memulihkan sistem pencernaan, pergerakan usus pun akan membaik.

Kondisi perut akan tetap baik jika kondisi usus dan lambung Anda terjaga. Hal tersebut penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang tidak nafsu makan karena penuaan atau yang sering mengalami perut begah. Jika perut Anda sering terasa begah padahal tidak makan berlebihan, cobalah konsumsi obat gastrointestinal yang memperbaiki kondisi usus dan lambung.

Anti-foaming agent untuk atasi perut kembung

Anti-foaming agent untuk atasi perut kembung

Apabila perut Anda terasa penuh dengan gas, Anda perlu mengonsumsi obat dengan anti-foaming agent. Kandungan anti-foaming agent yang sering digunakan pada obat di pasaran adalah dimethylpolysiloxane.

Dimethylpolysiloxane adalah kandungan yang mampu menurunkan tegangan permukaan gelembung gas dan menghancurkan gas dalam saluran pencernaan. Ketika gas berkurang, perut Anda akan terasa lebih nyaman.

Pilihlah yang mudah diminum

Umumnya, obat sembelit berbentuk tablet. Bagi Anda yang kurang suka dengan pahitnya tablet, pilihlah tablet salut gula yang mampu menutupi rasa dan bau obat. Anda juga bisa memilih obat dengan jumlah yang lebih sedikit untuk sekali konsumsi.

Bayangkan saja, ada beberapa merek obat yang mengharuskan Anda mengonsumsi 10 tablet dalam sekali minum! Padahal, mengonsumsi 10 tablet sekaligus bukanlah hal yang mudah. Ketika kondisi pencernaan sedang tidak enak, Anda tentu ingin mengonsumsi obat dengan jumlah yang lebih sedikit.

Tablet kunyah untuk dikonsumsi saat bepergian

Tablet kunyah untuk dikonsumsi saat bepergian

Kondisi mental juga berpengaruh besar pada kondisi pencernaan Anda. Ada banyak yang perutnya mendadak sakit ketika merasa tegang dalam pekerjaan atau nervous saat menghadapai momen penting.

Bagi Anda yang sering mengalami hal di atas, Anda bisa memilih obat dalam bentuk tablet kunyah. Obat ini bisa langsung dikonsumsi hanya dengan mengunyahnya tanpa menggunakan air. Selain itu, tablet kunyah cenderung memiliki rasa yang manis sehingga tidak meninggalkan rasa pahit obat di mulut.

Produk yang ekonomis untuk dikonsumsi setiap hari

Produk yang ekonomis untuk dikonsumsi setiap hari

Jika Anda ingin mengonsumsi obat atau suplemen yang dapat memperbaiki kondisi usus secara rutin, Anda perlu menghitung biayanya. Pilihlah obat  yang berkapasitas besar dalam satu botol. Tentunya ini akan lebih hemat dari segi biaya dibandingkan dengan botol berkapasitas kecil dalam jumlah yang banyak.

Anda memiliki dua pilihan. Pergi ke rumah sakit ketika kondisi usus memburuk dan membayar biaya besar, atau rutin mengonsumsi obat dengan biaya yang kecil. Perhitungan ini akan memperbaiki pengeluaran rumah tangga Anda. Bahkan Anda bisa memilih mengonsumsi minuman yang mengandung bakteri asam laktat seperti Lactobacillus karena harganya lebih murah dibandingkan suplemen.

10 Rekomendasi obat sembelit terbaik

Berikut ini kami informasikan produk-produk terbaik untuk mengatasi sembelit berdasarkan khasiat, bentuk, dan harganya. Jangan lupa untuk memastikan kandungan serta khasiatnya pada abel sebelum membeli.

10. Herbal Indo Utama Herba Daun Ungu

10. Herbal Indo Utama Herba Daun Ungu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Produk herbal dengan kandungan 100% alami

Sesuai dengan namanya, obat sembelit satu ini terbuat dari tanaman herbal daun ungu yang memiliki khasiat luar biasa. Tiap kapsulnya mengandung ekstrak daun ungu sebanyak 400 mg tanpa bahan kimia.

Tidak hanya mengatasi sembelit, obat ini juga ampuh dalam meringankan gejala ambeien dan memperlancar haid. Herbal Indo Utama Herba Daun Ungu merupakan obat pencahar ringan sehingga tidak menyebabkan diare. Jadi, cocok bagi Anda yang ingin mengatasi sembelit dengan bahan herbal alami.

Isi 60 butir
Bentuk Kapsul
Komposisi Ekstrak daun ungu (bahan aktif: alkoloid, saponin, tannin galat, antosianin, leukoantosianin, asam protokatekuat)
Dosis 3 kapsul (3 kali sehari)

9. Herbal Indo Utama Madu Herbal Anak Syifa Kids MBELIT

9. Herbal Indo Utama Madu Herbal Anak Syifa Kids MBELIT

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Berkhasiat atasi sembelit, perut kembung, hingga memperbaiki sistem pencernaan anak

Obat yang berkhasiat biasanya memiliki rasa yang pahit. Namun, produk yang juga dari Herbal Indo Utama ini berbeda! Berbahan dasar madu alami, obat ini memiliki rasa yang cenderung manis sehingga akan disukai oleh anak-anak.

Obat sembelit yang memang dikhususkan untuk anak ini mengandung berbagai bahan alami yang kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, manfaatnya tidak hanya membantu mengatasi sembelit, tetapi juga memperbaiki sistem pencernaan anak. Jika anak Anda mengalami masalah buang air besar, perut kembung, mulas, dan masuk angin, coba produk ini!

Isi 100 ml
Bentuk Emulsi
Komposisi Madu murni, Nigella sativa oil, zaitun oil, ekstrak Curcuma longa, ekstrak Curcuma rhizome, ekstrak Kaempferia galanga, ekstrak Foeniculum vulgare, ekstrak Cinnamomum burmannii
Dosis Usia 6–12 bulan: 1/2 sendok teh (3 kali sehari)
Usia 1–3 tahun: 1 sendok teh (3 kali sehari)
Usia 3–5 tahun: 2 sendok teh (3 kali sehari)
Usia di atas 6 tahun: 1 sendok makan (3 kali sehari)

8. Ikapharmindo Putramas Lactulax® Lactulose

8. Ikapharmindo Putramas Lactulax® Lactulose

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 39.700

Meningkatkan kadar air dan melembutkan feses pada sembelit kronis

Kandungan utama dari obat ini adalah laktulosa, yaitu cairan gula buatan yang juga berfungsi sebagai pengasam usus besar. Kandungan ini bekerja dengan meningkatkan kadar air feses dan melembutkannya sehingga feses mudah keluar.

Selain sebagai obat sembelit, produk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi ensefalopati portal-sistemik. Bagi Anda yang mengalami sembelit kronis, cobalah mengonsumsi obat ini secara teratur. Namun, penggunaan jangka panjang bisa menimbulkan rasa haus, rasa tidak enak pada perut dan lambung, kram lembung, atau diare.

Isi 60 ml
Bentuk Sirup
Komposisi Lactulose
Dosis ・Konstipasi kronis (dosis awal pada 3 hari pertama):
Dewasa: 15–45 ml, anak 5–14 tahun: 15 ml, anak 1–5 tahun: 5–10 ml, bayi kurang dari 1 tahun: 5 ml

・Pemeliharaan harian:
Dewasa: 10–25 ml, anak 5–14 tahun: 10 ml, anak 1–5 tahun: 5–10 ml, bayi kurang dari 1 tahun 5 ml

7. Green World Stockist Koloklin Capsule

7. Green World Stockist Koloklin Capsule

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 260.000

Mengatasi berbagai masalah usus secara alami tanpa efek samping

Green World Stockist Koloklin Capsule diolah dengan teknologi bertaraf internasional dan dipasarkan ke lebih dari 20 negara. Obat ini telah teruji secara klinis dapat mengatasi berbagai masalah di usus, misalnya peradangan atau rusaknya selaput usus. Produk yang sangat disarankan untuk Anda yang mengalami peradangan atau masalah di usus.

Kandungannya sendiri terdiri dari racikan berbagai bahan alami, yaitu daun teratai, Aloe vera, Polygonum, dan Cassia. Daun teratai mampu memperkuat kinerja usus dan membersihkan usus dari toksin. Aloe vera dan Cassia dapat mengatasi peradangan dan menghalau bakteri di usus. Sementara itu, Polyganum berkhasiat untuk melembapkan usus dan mempermudah BAB.

Isi 60 butir
Bentuk Kapsul
Komposisi Daun teratai, Aloe vera, Polygonum, Cassia
Dosis Pemakaian awal (sekitar 3–5 hari): 1 kapsul (2 kali sehari, setelah sarapan dan makan malam)
Pemakaian setelah 3–5 hari konsumsi: 2 kapsul (2 kali sehari, setelah sarapan dan makan malam)

6. Senokot® Tablets with Senna

6. Senokot® Tablets with Senna

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 145.000

Tunggu selama 8 hingga 12 jam setelah konsumsi dan rasakan hasilnya!

Obat ini berbahan dasar tanaman Senna yang memberikan efek pencahar. Cara kerjanya adalah meningkatkan gerakan peristaltik dari usus besar dengan iritasi mukosa kolon. Penggunaan Senna sebagai bahan obat sembelit telah diakui oleh FDA, badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat.

Dengan Senokot® Tablets with Senna, sembelit Anda dapat teratasi hanya dalam 8 hingga 12 jam! Akan tetapi, jika produk ini tidak memberikan efek apapun dalam kurun waktu 3 hari, segera hubungi dokter Anda, ya. Selain itu, obat ini juga tidak disarankan untuk anak usia kurang dari 6 tahun.

Isi 60 butir
Bentuk Tablet
Komposisi Senna
Dosis Dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas: 2–4 tablet/hari
Anak-anak usia 6-12 tahun: 1–2 tablet/hari atau sesuai petunjuk dokter

5. Nutrindo Jaya Abadi Maximus® Herbal Formula

5. Nutrindo Jaya Abadi Maximus® Herbal Formula

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Lancarkan buang air besar dan turunkan berat badan

Produk ini adalah obat berbahan dasar herbal dengan kandungan serat larut, ekstrak Plantago ovata (psyllium husk), dan ekstrak Senna. Serat larut pada obat ini dapat memberikan rasa kenyang, menekan nafsu makan berlebih, dan membuat feses menjadi lunak.

Untuk Anda yang ingin mengobati sembelit sekaligus menurunkan berat badan, produk ini bisa dijadikan solusinya. Tidak hanya untuk diet, obat ini juga dapat mencegah penyakit strok karena dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Yakin bisa menolak berbagai khasiat yang ditawarkan?

Isi 30 kapsul
Bentuk Kapsul
Komposisi Psyllium husk, ekstrak Senna
Dosis Dewasa dan anak di atas usia 12 tahun:
Mengatasi konstipasi: 2–4 kapsul/hari (diminum malam hari)
Melancarkan BAB: 1–2 kapsul/hari (diminum malam hari)
Menghambat penyerapan karbohidrat dan menghambat nafsu makan: 1–2 kapsul (diminum sebelum makan)

4. Boehringer Ingelheim Dulcolax Bisacodyl 5 mg

4. Boehringer Ingelheim Dulcolax Bisacodyl 5 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.500

Mengandung bisacodyl yang dapat mempermudah pengeluaran kotoran

Dulcolax Bisacodyl 5 mg hadir dalam bentuk tablet salut enterik yang diformulasikan untuk tahan terhadap cairan lambung. Obat ini mengandung zat aktif bisacodyl yang berfungsi untuk merangsang pergerakan otot usus besar untuk mengeluarkan feses. Jadi, BAB pun jadi lebih lancar.

Di samping itu, keefektifan obat ini bisa Anda rasakan setelah 6–12 jam setelah pemakaian. Jadi, Anda bisa mengatur waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat ini agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Jawaban tepat bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas!

Isi 4 butir
Bentuk Tablet
Komposisi Bisacodyl
Dosis Dewasa dan anak di atas usia 12 tahun: 2–3 tablet/hari
Anak 6–12 tahun: 1 tablet/hari

3. Boehringer Ingelheim Dulcolactol

3. Boehringer Ingelheim Dulcolactol

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 63.000

Bisa dicampurkan pada minuman dan dikonsumsi semua rentang usia

Ini dia jawaban bagi Anda yang sukar menelan obat tablet! Produk ini hadir dalam bentuk sirup yang bisa dicampurkan dalam minuman, misalnya sari buah atau air. Jadi, selain memudahkan Anda dalam mengonsumsi obat, pahitnya pun tidak akan terasa.

Di samping itu, obat ini bisa dikonsumsi oleh semua rentang usia, mulai dari bayi sampai lansia. Tentu saja dosisnya berbeda di setiap tahapan usia. Karena itu, perhatikan dengan dengan saksama petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

Isi 60 ml
Bentuk Sirup
Komposisi Laktulosa
Dosis ・Dewasa:
1. Konstipasi ringan: 15 ml/hari, pemeliharaan 10 ml/hari
2. Konstipasi sedang: 15–30 ml/hari, pemeliharaan 10–15 ml/hari
3. Konstipasi berat : 15 ml (2 kali sehari), pemeliharaan 15–25 ml/hari

・ Anak 5–10 tahun : 10 ml (2 kali sehari), pemeliharaan 10 ml/hari

・ Anak 1–5 tahun : 5 ml (2 kali sehari), pemeliharaan 5–10 ml/hari

・ Anak <1 tahun : 2,5 ml (2 kali sehari), pemeliharaan 2,5–5 ml/hari

2. Galenium Pharmasia Laxadine Emulsi

2. Galenium Pharmasia Laxadine Emulsi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.050

Lebih efektif mengatasi susah BAB dengan tiga bahan aktif

Laxadine Emulsi adalah obat pencahar dengan kandungan tiga bahan aktif, yakni phenolphthalein, paraffinum liquidum dan glycerin. Ketiganya memiliki fungsi sinergis untuk menginduksi gerakan peristaltik usus, melunakkan feses, dan menambah volume feses secara sistematis.

Selain itu, Anda yang akan menjalani proses radiologi atau operasi bisa menggunakan obat ini untuk pengosongan usus. Namun, disarankan untuk tidak menggunakannya terus menerus karena bisa menimbulkan efek samping, seperti kekurangan cairan, kelemahan otot, dan kekurangan berat badan.

Isi 60 ml
Bentuk Emulsi
Komposisi Phenolphthalein, paraffinum liquidum, glycerin
Dosis Di atas 12 tahun : 3–6 sendok takar
Anak usia 6–12 tahun : 1/2 dosis dewasa
Diminum sekali sehari pada malam hari menjelang tidur

1. Pharos Microlax®

1. Pharos Microlax®

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.059

Tanpa diminum dan langsung bekerja dalam 5–15 menit!

Obat sembelit dari Pharos ini hadir dalam bentuk tube berisi gel yang dimasukkan lewat dubur. Produk ini memiliki empat kandungan bahan aktif, yakni natrium lauril sulfoasetat, natrium sitrat, PEG 400, dan sorbitol. Sangat efektif dalam mengatasi sulit buang air besar atau sembelit yang diakibatkan oleh feses yang mengeras di daerah rektum.

Microlax diciptakan untuk mengatasi sembelit pada orang-orang dengan keterbatasan gerak, misalnya wanita hamil atau orang tua. Untuk kondisi seperti itu, meminum obat sembelit berbentuk kaplet atau kapsul pasti akan sulit. Sedangkan produk ini bisa digunakan hanya dengan menginjeksikan gel ke dubur dan langsung bekerja dalam 5–15 menit.

Isi 5 ml
Bentuk Gel
Komposisi Natrium lauryl sulfoacetate, natrium sitrat, PEG 400, sorbitol
Dosis Dewasa dan anak di atas 3 tahun: 1 tube sekali pakai

Baca juga artikel obat sakit perut di sini

Selain masalah sembelit, banyak orang juga mengalami masalah perut lainnya. Salah satu di antaranya adalah sakit perut atau nyeri yang diakibatkan salah makan, stres, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda menemukan obat yang tepat sesuai gejalanya, silakan baca artikel obat sakit perut di sini.

Kesimpulan

Banyak faktor yang dapat mengakibatkan sembelit. Untuk itu Anda perlu mengenali penyebabnya untuk menentukan obat yang pas sesuai kondisi Anda. Setelahnya, Anda juga perlu memperhatikan bentuk obatnya. Pilihlah yang mudah dikonsumsi oleh Anda. Salah satunya Anda bisa memilih tablet kunyah yang praktis dikonsumsi di mana saja.

Terakhir, pilihlah obat yang ekonomis karena Anda mungkin harus mengonsumsinya secara rutin dalam jangka waktu yang panjang. Semoga lekas sembuh!