10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Konstipasi atau yang umum dikenal dengan sembelit adalah kondisi ketidakteraturan dalam buang air besar. Umumnya penderita sembelit hanya buang air besar 2-3 kali dalam seminggu, sedangkan kondisi normal adalah setiap hari sekali. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan.

Untuk itu, kami memberikan informasi mengenai sembelit dan cara memilih obat sembelit yang paling tepat sesuai dengan gejalanya. Setelah itu kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih obat sembelit.

Daftar isi

Cara memilih obat sembelit

Saat Anda pergi ke apotek, Anda akan ditawarkan beberapa produk obat sembelit dengan berbagai variasi khasiat dan harga. Jika Anda sudah lebih mengenal apa itu sembelit, maka Anda akan dapat memilih obat yang ditawarkan dengan lebih baik. Mari simak penjelasan kami berikut ini mengenai cara memilih obat sembelit.

Pilih obat yang paling sesuai dengan gejala yang Anda rasakan

Penyebab terjadinya sembelit bermacam-macam dan berbeda di setiap orang. Bahkan kelelahan juga bisa mengakibatkan sembelit. Selain itu, ketika Anda sedang sakit perut juga bisa mempengaruhi kondisi usus dan gerakan usus. Penyakit di dalam usus ini dipengaruhi oleh bahan-bahan aktif dan makanan yang Anda konsumsi.

Kami akan menyarankan beberapa jenis obat untuk mengatasi masalah pencernaan Anda sesuai dengan gejalanya, mulai dari sembelit, diare, sakit perut akut ataupun gejala lainnya. Kondisi lingkungan pencernaan juga perlu diperhatikan agar obat dapat bekerja lebih efektif dalam mengatasi penyakit di usus. Meskipun Anda sudah mempunyai obat andalan untuk sembelit dan hasilnya bagus, ada baiknya Anda memilih obat yang sesuai dengan gejala penderita.

Untuk Anda yang rentan terhadap sembelit, jaga kesehatan usus Anda dengan rutin mengonsumsi obat atau vitamin yang mengandung bakteri baik

Untuk Anda yang rentan terhadap sembelit, jaga kesehatan usus Anda dengan rutin mengonsumsi obat atau vitamin yang mengandung bakteri baik

Sebagai tindakan pencegahan terhadap sembelit dan penyakit usus lainnya, penting untuk Anda merawat usus secara teratur. Caranya adalah mengonsumsi obat atau minuman yang mengandung bakteri baik seperti Bifidus atau Bacillus secara teratur. Bisa juga dengan mengonsumsi vitamin yang baik untuk kondisi usus. Harapannya adalah bakteri baik di dalam usus meningkat dan pergerakkan usus tidak terganggu sehingga tidak terjadi sembelit.

Obat atau minuman tersebut tidak langsung mengobati sembelit, tetapi dapat menjaga kesehatan usus dalam jangka panjang. Jika Anda mengalami sembelit dan ingin mengobatinya langsung, Anda harus langsung minum obat yang khusus mengatasi sembelit, misalnya Dulcolax atau Microlax.

Sebagian orang mengonsumsi magnesium oksida secara teratur dan menjadi kebiasaan baru. Efeknya tidak langsung dirasakan, tetapi jenis ini bisa diminum secara terus menerus.

Untuk Anda yang sering mengalami diare, rawat kondisi usus dengan larutan yang mengandung banyak bakteri baik

Untuk Anda yang sering mengalami diare, rawat kondisi usus dengan larutan yang mengandung banyak bakteri baik

Bagi Anda yang sering mengalami diare, sebaiknya mulai memperbaiki kondisi lingkungan usus Anda dengan cara meminum larutan yang menyehatkan usus secara teratur, misalnya Yakult. Untuk memperbaiki kondisi lingkungan usus, beberapa peran bakteri baik sangat dibutuhkan, misalnya dari Bifidus.

Pada kasus diare akut, tidak cukup dengan mengonsumsi larutan yang menyehatkan usus. Bahkan dalam kasus keracunan makanan atau kasus lain yang cukup parah, sebaiknya Anda menghubungi dokter spesialis untuk mengetahui kondisi pencernaan Anda dan diberikan obat yang tepat. Larutan yang menyehatkan kondisi lingkungan usus hanya untuk perawatan usus dalam jangka panjang, bukan untuk mengobati.

Untuk Anda yang lambat mencerna makanan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung yeast atau nourishing tonic

Untuk Anda yang lambat mencerna makanan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung yeast atau nourishing tonic

Dyspepsia adalah penyakit yang menyerang usus sebagai indikasi abnormalitas pada saluran pencernaan. Tidak hanya pada usus, gejala sakitnya juga terasa di kerongkongan dan perut. Gejalanya antara lain heartburn, mudah kenyang, sendawa atau perut terasa kembung. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi yeast yang bisa membantu kerja lambung dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan nourishing tonic yang mengandung bahan aktif bergizi bagi perut.

Perbaikan gangguan pencernaan bisa memperbaiki pergerakkan usus dan kondisi perut menjadi lebih nyaman. Untuk Anda yang sering kehilangan nafsu makan tetapi perut keroncongan, Anda harus memperbaiki kondisi pencernaan Anda terlebih dahulu. Tak jarang, meskipun Anda hanya makan sedikit, tetapi perut Anda terasa sangat sakit akibat dyspepsia ini. Anda harus mencoba obat-obat tersebut untuk memperbaiki gangguan pencernaan yang terjadi.

Untuk Anda yang mengalami perut penuh sesak akibat gas, sebaiknya konsumsi antifoaming agent di saluran usus

Untuk Anda yang mengalami perut penuh sesak akibat gas, sebaiknya konsumsi antifoaming agent di saluran usus

Jika Anda merasa perut Anda penuh sesak akibat gas, tetapi Anda merasa lapar, Anda perlu mengonsumsi antifoaming agent di saluran usus. Obat untuk menghilangkan gas di usus sudah dijual komersial, salah satunya mengandung dimethylpolysiloxane.

Dimethylpolysiloxane merupakan komponen yang mampu mengurangi tegangan permukaan dan menghancurkan gas di dalam saluran pencernaan. Ketika gas menurun, Anda merasa perut Anda lebih lega dan nyaman.

Pilih berdasarkan kemudahan meminum obatnya

Umumnya obat sembelit berbentuk tablet. Bagi Anda yang kurang bisa meminum obat, sebaiknya Anda minum obat dengan bantuan air atau pisang. Anda juga bisa mengonsumsi obat tersebut satu per satu.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah dosis sekali minum. Terkadang ada yang 10 tablet sekali minum, atau ketika kondisi pencernaan sedang tidak enak, Anda bisa meminumnya 3 tablet sekaligus.

Tablet yang bisa dikunyah, praktis dikonsumsi saat sedang bekerja

Tablet yang bisa dikunyah, praktis dikonsumsi saat sedang bekerja

Kondisi pencernaan Anda juga dipengaruhi oleh kondisi mental Anda saat itu. Ada banyak kasus dimana ketika Anda tegang saat bekerja, nervous, atau menghadapi momen penting, kondisi perut Anda mendadak sakit. Buat perut Anda senyaman mungkin dengan mengonsumsi obat yang bisa dikunyah.

Ada obat untuk pencernaan yang bisa dikunyah atau hanya perlu diletakkan di lidah, obat tersebut bisa meleleh dengan sendirinya bahkan tanpa bantuan air dari luar. Dengan mengonsumsi obat seperti ini, kondisi usus sekaligus mental Anda terasa membaik. Ketika Anda mengonsumsi obat ini, Anda akan merasakannya di mulut, rasa manis dari obatnya akan memperbaiki kondisi usus dan mental Anda.

Jika Anda mengonsumsi rutin setiap harinya, perhatikan juga harga obatnya

Jika Anda mengonsumsi rutin setiap harinya, perhatikan juga harga obatnya

Jika Anda ingin mengonsumsi obat atau suplemen yang dapat memperbaiki kondisi usus secara rutin, Anda perlu menghitung biayanya. Pilihlah obat yang berkualitas baik tetapi tidak membebani pengeluaran Anda. Obat yang berisi ratusan tablet per botol mungkin bisa Anda pertimbangkan karena pastinya lebih hemat.

Anda perlu menimbang-nimbang mana yang lebih baik, pergi ke rumah sakit ketika kondisi usus memburuk dan membayar biaya besar atau mengonsumsi obat dengan biaya yang kecil tetapi rutin setiap harinya. Perhitungan ini akan memperbaiki pengeluaran rumah tangga Anda. Sebenarnya suplemen atau minuman yang mengandung bakteri baik seperti lactobacillus bisa Anda temukan dengan harga yang sangat terjangkau.

10 Rekomendasi obat sembelit terbaik

Berikut ini kami informasikan produk-produk terbaik untuk mengatasi sembelit berdasarkan khasiat, bentuk, dan harganya. Simak ya!

10. Binasyifa Bersih Usus

10. Binasyifa Bersih Usus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.500

BAB lancar, penyakit-penyakit di usus besar jauh!

Obat Bersih Usus dibuat dari campuran bahan-bahan alami seperti ekstrak mengkudu, daun ungu, bawang merah, dan jati. Khasiat obat ini khusus membersihkan usus besar Anda sehingga pencernaan lebih lancar dan sembelit teratasi dengan baik. Obat ini cocok untuk Anda yang ingin mengonsumsi obat pelancar pencernaan secara rutin.

Efeknya ketika Anda mengonsumsi secara rutin adalah usus Anda menjadi lebih bersih dan lebih sehat sehingga penyakit-penyakit seperti kanker bisa terhindarkan. Dari segi harga juga cukup ekonomis untuk dikonsumsi secara teratur. Jaga kesehatan keluarga Anda dengan mengonsumsi Bersih Usus secara rutin!

9. Madu Anak Syifa Kids Mbelit

9. Madu Anak Syifa Kids Mbelit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 29.000

Obat sembelit madu murni dengan rasa yang disukai anak-anak

Terkadang anak-anak kecil masih susah minum obat karena belum bisa minum tablet atau obat berbentuk sirup cair rasanya kurang disukai anak-anak. Syifa Kids Mbelit merupakan obat sembelit untuk anak dengan bahan alami madu murni dengan campuran ekstrak herbal. Karena komposisi terbesarnya adalah madu, rasanya sangat disukai anak-anak sehingga Anda bisa memberi obat ke anak dengan lebih mudah.

Obat ini juga dibuat tanpa bahan pengawet dan tanpa bahan perasa sehingga tidak ada efek samping berbahaya bagi anak Anda. Harganya juga terbilang cukup ekonomis dengan khasiat yang mampu mengobati kesulitan BAB pada anak. Anak susah minum obat saat susah BAB? Syifa Kids Mbelit solusinya!

8. HPAI Siena

8. HPAI Siena

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.900

Gerak peristaltik usus meningkat dengan mengonsumsi ekstrak daun siena, BAB lancar!

Ekstrak daun siena atau casia angustifolia folium sudah terkenal sejak lama bisa melancarkan pencernaan dan peredaran darah dan membuang racun dalam tubuh. Kini esktrak daun siena dijadikan obat sembelit yang dapat merangsang gerak peristaltik usus menjadi lebih cepat. Hasilnya feses lebih cepat sampai ke usus besar dan masih lunak sehingga tidak terjadi konstipasi.

Obat ini cocok untuk Anda yang ingin mengembalikan kebugaran tubuh setelah mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat. Efeknya bisa Anda rasakan 10-12 jam setelah pemakaian. Jika dikonsumsi secara teratur, Siena bisa membantu Anda melangsingkan tubuh juga lho!

7. Herbal Indo Utama Daun Ungu

7. Herbal Indo Utama Daun Ungu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

100% herbal untuk mengatasi ambeien dan sembelit

Sembelit yang berkelanjutan bisa mengakibatkan permasalahan lain yakni wasir atau ambeien yang kemungkinan besar harus dioperasi. Dengan ekstrak daun ungu yang mengandung bahan-bahan metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, dan saponin bisa mengatasi sembelit dan mengecilkan wasir tanpa perlu operasi.

Produk ini cocok untuk Anda yang mengalami sembelit kronis dan mempunyai risiko terkena wasir. Konsumsi per hari disarankan 3 kali dengan catatan harus mengonsumsi banyak air putih sehingga pengobatannya lebih efektif. Tenang saja, karena terbuat dari bahan herbal, tidak ada efek samping jika digunakan jangka panjang!

6. Green World Koloklin Capsule

6. Green World Koloklin Capsule

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 196.000

Campuran 4 bahan herbal alami yang ampuh dalam mendetoksifikasi usus

Koloklin Capsule terbuat dari bahan-bahan herbal yakni ekstrak lotus leaf, polygonum multiflorum, biji cassiae, dan lidah buaya. Karena terbuat dari bahan-bahan herbal, produk ini lebih aman dikonsumsi dalam jangka panjang untuk menjaga kesehatan usus Anda dan melancarkan BAB.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mendetoksifikasi usus karena kotoran-kotoran yang menumpuk di usus bisa mengakibatkan penyakit di kemudian hari. Selain itu, bisa digunakan juga untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan usus. Satu boks Koloklin Capsule berisi 60 kapsul sehingga bisa Anda gunakan selama kurang lebih satu bulan.

5. Boehringer Ingelheim Dulcolactol Syrup

5. Boehringer Ingelheim Dulcolactol Syrup

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 67.100

Mengandung zat aktif laktulosa untuk menormalkan kondisi pencernaan

Untuk Anda yang mengalami sembelit kronis sebaiknya mencari obat yang tidak hanya mengatasi masalah pada saat itu, tetapi obat yang dapat menormalkan kembali kondisi pencernaan. Dulcolactol adalah obat berbentuk sirup yang cocok untuk mengobati sembelit kronis.

Dulcolactol mengandung zat aktif laktulosa yang dapat diubah menjadi asam-asam organik ketika sampai di usus. Dengan begitu suasana usus menjadi lebih asam sehingga bisa melunakkan feses. Hasilnya feses bisa lebih mudah keluar. Efek Dulcolactol baru akan terasa 48 jam setelah pemakaian untuk mendapatkan saluran pencernaan yang kembali normal.

4. Pharos Microlax OTC

4. Pharos Microlax OTC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.400

Mengatasi sembelit dengan tube berisi gel yang mudah diaplikasikan

Produk dengan kemasan tube ini berisi gel yang mengandung bahan aktif Na-Lauryl sulphoacetate dan PEG yang ampuh untuk mengatasi sembelit pada anak-anak hingga orang dewasa. Cara pemakaiannya adalah dengan memasukkan tube tersebut ke area anus lalu gel di dalamnya diinjeksikan ke dalam anus.

Microlax diciptakan untuk mengatasi orang-orang dengan keterbatasan gerak dan hanya di tempat tidur saja, misalnya bayi atau orang tua yang sedang sakit. Untuk kondisi seperti itu, meminum obat sembelit berbentuk kaplet atau kapsul pasti akan sulit. Sedangkan Microlax Gel, hanya dengan menginjeksikan gel sebanyak 5 ml ke anus sudah bisa melancarkan pencernaan.

3. Boehringer Ingelheim Laxadine

3. Boehringer Ingelheim Laxadine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.350

Melancarkan dan melembutkan feses dengan bahan parafin cair

Laxadine merupakan obat pencahar dengan cara kerja merangsang gerakan usus serta menghambat penyerapan air pada feses. Hasilnya feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Bahan aktif yang dikandung dalam Laxadine berupa parafin cair, phenolphtalein dan gliserin. Obat ini berupa sirup sehingga tidak menyulitkan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Obat ini cocok digunakan untuk membilas usus sebelum dan sesudah operasi dilakukan. Selain untuk kebutuhan operasi, Laxadine juga dijual bebas di pasaran untuk Anda yang ingin mengatasi sembelit. Namun disarankan untuk tidak menggunakannya terus menerus karena bisa menimbulkan efek samping yakni tubuh kekurangan cairan.

2. Thermolyte Maximus

2. Thermolyte Maximus

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.500

Paket komplit melancarkan sembelit sekaligus obat pelangsing tubuh

Anda terlihat buncit padahal tidak banyak makan? Bisa saja itu karena sembelit. Thermolyte Maximus adalah obat kapsul dietary herbal yang mengandung psyllium husk, dan ekstrak senna. Kedua bahan tersebut merupakan bahan alami yang kaya akan serat sehingga berguna mengatasi sembelit sekaligus sebagai obat diet alami untuk melangsingkan tubuh.

Cara kerjanya dengan melunakkan feses sehingga lebih mudah keluar dan mengikat kolesterol serta lemak, kemudian dikeluarkan dalam bentuk feses. Tak hanya itu, produk ini juga menghambat penyerapan karbohidrat sehingga nafsu makan Anda berkurang. Ingin pencernaan lancar dan tubuh kembali ideal? Produk ini cocok untuk Anda.

1. Boehringer Ingelheim Dulcolax Bisacodyl Tablets

1. Boehringer Ingelheim Dulcolax Bisacodyl Tablets

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

Kemasan tablet mudah ditelan dan sudah terbukti ampuh selama 60 tahun mengatasi sembelit!

Salah satu obat sembelit yang sudah terkenal di pasar Indonesia adalah Dulcolax Bisacodyl. Obat ini mengandung bahan aktif bisacodyl yang bekerja sebagai stimulan laxative, yakni merangsang pergerakan otot usus untuk mengeluarkan feses sehingga BAB lebih lancar. Dikemas dalam bentuk coated-tablets yang sangat mudah ditelan sehingga memudahkan saat dikonsumsi.

Keunggulan produk ini bisa diprediksi kapan khasiat obat bekerja sehingga Anda lebih bisa mengatur jam konsumsi obat yang tepat, yakni 6-8 jam setelah pemakaian. Hasilnya Anda pun lebih nyaman tidak terganggu saat tidur malam akibat mendadak ingin BAB dan kondisi pencernaan lebih lancar. Cocok untuk Anda yang mencari obat sembelit yang sudah terpercaya kualitasnya selama puluhan tahun!

Kesimpulan

Anda sudah membaca sampai tuntas artikel mengenai obat sembelit, bagaimana pendapat Anda? Intinya kondisi saluran pencernaan harus dijaga agar selalu bersih dan sehat. Karena makanan yang kita makan bisa menumpuk menjadi kotoran yang bisa mengakibatkan penyakit berbahaya.

Pilih obat sembelit sesuai kebutuhan, bahan alami yang terkandung dan harganya ya! BAB lancar, usus senantiasa sehat!