10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2018)

Kulit berjerawat memerlukan sunblock khusus agar jerawat tidak semakin membandel atau bertambah parah. Sekarang ini telah banyak sunblock yang tepat digunakan pada kulit berjerawat. Berbagai merek terkenal, seperti Neutrogena, La Roche-Posay, dan Avene telah menyediakan varian khusus yang ramah bagi kulit berjerawat Anda.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi sunblock terbaik untuk kulit berjerawat. Namun, sebelum itu ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu informasi mengenai sunblock untuk kulit berjerawat yang akan dibahas di bawah ini. Pahamilah dengan baik agar tidak salah pilih, ya!

Daftar isi

Cara memilih sunblock untuk kulit berjerawat

Ketika memilih sunblock untuk kulit berjerawat, hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang ramah kulit dan dapat mencegah jerawat muncul kembali. Dengan begitu, kondisi kulit tak akan memburuk dan tetap terlindungi dari sinar UV (ultraviolet).

Pilihlah produk dengan bahan yang ramah di kulit

Hal pertama dan yang paling penting adalah memilih produk yang ramah di kulit. Kulit yang berjerawat biasanya lebih sensitif dari kulit normal sehingga kandungan dalam produk harus sangat diperhatikan.

Lebih baik pilih non-chemical sunblock tanpa UV absorber

Lebih baik pilih non-chemical sunblock tanpa UV absorber

Terdapat agen UV absorber dan UV reflector sebagai bahan yang dapat mencegah sunburn atau terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari. UV absorber dapat dengan kuat menangkal sinar UV, tetapi umumnya juga menjadi iritan bagi kulit. Sedangkan agen UV reflector memiliki efek perlindungan terhadap UV yang tak terlalu kuat, tetapi memiliki tingkat iritan yang sangat rendah sehingga lebih cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Sebagai panduan saat memilih, lebih baik pastikan bahwa produk yang Anda pilih merupakan jenis non-chemical sunblock atau disertai dengan UV reflector agent.

Sayangnya, sunblock UV reflector masih jarang ditemukan di Indonesia. Namun, Anda tak perlu khawatir, beberapa produk UV absorber yang tersedia pun aman digunakan pada kulit berjerawat. Bahkan, terdapat produk bertipe UV absorber yang khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat sehingga tidak akan menyebabkan wajah Anda mengalami breakout.

Lebih tepat, pilihlah produk ber-SPF 20 hingga 30 dan PA hingga ++

Lebih tepat, pilihlah produk ber-SPF 20 hingga 30 dan PA hingga ++

Semakin tinggi SPF dan PA, maka semakin tinggi pula tingkat iritan sebuah sunblock pada kulit. Untuk itu, pilihlah sunblock ber-SPF 20 hingga 30 dan PA hingga ++ saja karena tingkat iritannya relatif kecil. Anda pun dapat menggunakannya tanpa khawatir jerawat akan semakin memburuk. Karakteristik ini sangat tepat untuk penggunaan sehari-hari sunblock sebagai pelindung kulit dari sinar UV.

Produk organik atau sunblock bayi untuk kulit sensitif yang berjerawat

Produk organik atau sunblock bayi untuk kulit sensitif yang berjerawat

Bagi Anda yang rentan mengalami kulit kasar ataupun jerawat, produk organik atau sunblock untuk bayi juga disarankan. Biasanya, produk organik bebas dari bahan aditif yang tidak diperlukan. Produknya pun lebih rendah iritan dibandingkan dengan sunblock biasa.

Bahan pengawet, mineral oil, surfaktan, maupun bahan tambahan lain juga tidak digunakan dalam pembuatan produk organik sehingga akan cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Pastikan Anda memilik produk dengan spesifikasi tersebut bila Anda memiliki kulit sensitif yang berjerawat.

Pilihlah produk yang bertekstur ringan agar tidak memperparah jerawat

Pilihlah produk yang bertekstur ringan agar tidak memperparah jerawat

Sunblock memiliki berbagai jenis tekstur, seperti krim, lotion, gel, dan sebagainya. Namun, tekstur yang paling direkomendasikan untuk kulit berjerawat adalah tekstur encer, seperti lotion dan milky. Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah dan lembut sehingga tidak memicu iritasi pada jerawat. Sedikit tips untuk pengaplikasian pada jerawat yang meradang, Anda dapat mengaplikasikannya dengan lembut dan perlahan menggunakan ujung jari.

Bila Anda terlanjur memilih produk bertekstur krim, Anda dapat memadukannya dengan face lotion atau produk perawatan wajah lain yang bertekstur milky untuk mengencerkannya. Dengan begitu, produk akan lebih mudah diaplikasikan.

Pilihlah yang mudah dibersihkan tanpa menggunakan cleansing

Pilihlah yang mudah dibersihkan tanpa menggunakan cleansing

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam merawat kulit berjerawat adalah dengan tidak meninggalkan sunblock terlalu lama melekat pada kulit. Meskipun Anda menggunakan produk yang rendah iritan, produk tersebut akan berpengaruh negatif bila terlalu lama melekat pada kulit.

Tidak hanya itu, proses pembersihan pun tak boleh luput dari perhatian. Membersihkan sisa produk dari kulit dengan gosokkan yang terlalu kuat pun akan membuat kulit iritasi. Untuk itu, sebaiknya pilihlah produk yang mudah dibersihan bahkan tanpa harus menggunakan cleansing.

Sebisa mungkin, hindari juga produk berfitur waterproof , meskipun akibatnya Anda harus mengulang pengaplikasian sunblock setiap beberapa jam. Perlu Anda ketahui, produk waterproof tidak akan mudah luruh kecuali bila Anda menggunakan cleansing untuk membersihkannya. Agar lebih aman, pilihlah produk yang mudah dibersihkan meski hanya menggunakan sabun wajah biasa.

Lebih aman, pilihlah produk berketerangan “tidak menimbulkan jerawat”

Disamping memilih produk yang rendah iritan, Anda pun perlu memilih produk yang memiliki keterangan tidak menimbulkan breakout atau setidaknya tidak memperparah jerawat.

Pilihlah produk yang oil free agar jerawat tidak bertambah parah

Pilihlah produk yang oil free agar jerawat tidak bertambah parah

Bakteri penyebab jerawat akan semakin subur dengan adanya sebum berlebih di kulit. Selain sebum alami kulit, kandungan minyak pada sunblock pun dapat memicu pembentukan jerawat. Lebih baik, pilihlah produk yang oil free. Oil free sunblock tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak akan memperparah jerawat di kulit Anda.

Saat ini pun cukup banyak oil free sunblock yang dapat Anda temukan di pasaran. Bila tidak dapat menemukan produk oil free yang tepat untuk Anda, Anda dapat memilih produk dengan kandungan minyak minimum.

Pilihlah produk non-comedogenic untuk mencegah pembentukan jerawat

Pilihlah produk non-comedogenic untuk mencegah pembentukan jerawat

Sebagian produk sunblock memiliki formula non-comedogenic. Formula tersebut mampu mencegah terjadinya komedo yang merupakan tahap awal dari jerawat. Hal tersebut juga dapat Anda jadikan standar dalam memilih sunblock untuk kulit berjerawat.

Meskipun produk telah berlabel non-comedogenic, bukan berarti jerawat akan benar-benar hilang atau tidak akan muncul kembali bila Anda menggunakannya. Produk non-comedogenic bekerja dengan menghambat pembentukan jerawat. Sementara itu, jerawat dapat terjadi karena berbagai faktor. Memilih produk perawatan kulit yang tepat hanya salah satu cara untuk mencegah bertambah parahnya jerawat Anda.

10 Rekomendasi sunblock terbaik untuk kulit berjerawat

Berikutnya kami akan memaparkan 10 produk sunblock terbaik yang pantas kami rekomendasikan untuk kulit berjerawat Anda. Pilihlah produk yang paling tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda, ya!

10. Rohto Acnes UV Tint

10. Rohto Acnes UV Tint

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 46.530

Lengkap dengan vitamin yang menutrisi untuk kulit semakin sehat

Tak perlu ragu lagi gunakan sunblock ber-SPF 30 PA++ dari Acnes ini untuk kulit berjerawat Anda. Acnes, merek ternama dari Rohto ini memang dikhususkan untuk merawat kulit yang rentan berjerawat, tidak terkecuali produk sunblock­-nya yang bertekstur milky ini. Bila Anda mencari sunblock khusus jerawat yang ramah dikantong, produk ini sangat tepat untuk Anda pilih!

Meski terjangkau, kualitas produk yang menyerap minyak ini tidak boleh diragukan. Memiliki kandungan vitamin B6, E, dan turunan vitamin C, non-chemical sunblock dengan UV reflector agent ini mampu menutrisi kulit serta menjadikannya semakin sehat. Kandungan tersebut pun mampu melawan bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat tak semakin parah.

9. Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel

9. Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 45.900

Tekstur gel-nya ringan dan tidak menyumbat pori-pori

Memiliki kulit berjerawat memang sudah seharusnya menghindari produk yang dapat menyumbat pori-pori, begitu juga dengan sunblock. Anda dapat memilih Skin Aqua UV Moisture Gel yang cocok untuk kulit berjerawat ini karena tekstur gel-nya yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Berkat teksturnya pula, Anda tak perlu bersusah-payah saat membersihkannya.

Anda pun akan mendapatkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB dengan kandungan SPF 30 PA++ produk ini. Chemical sunblock dengan UV absorber agent ini pun mampu melembapkan berkat adanya kandungan hyaluronic acid dan kolagen di dalamnya. Cocok untuk Anda yang tak hanya ingin kulit terlindungi, tetapi juga effortless dalam membersihkannya.

8. Etude House Sunprise Mild Perfect Relief SPF 30/PA++

8. Etude House Sunprise Mild Perfect Relief SPF 30/PA++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini Tokopedia

Harga : Rp 119.310

Atasi kulit kusam dengan memberikan efek cerah seketika

Salah satu keluhan para pengguna sunblock adalah kulit menjadi kusam setelah pemakaian. Saatnya ganti sunblock Anda dengan Etude House Sunprise Perfect Relief SPF 30 PA++! Tidak hanya melindungi dari sinar UV, tetapi juga mampu memberikan efek cerah instan yang natural. Masalah kulit berjerawat dan kusam Anda pun bisa tamat dengan produk ini.

Selain mengatasi kulit kusam, produk ini juga cocok untuk kulit berjerawat yang cenderung kering. Tekstur krimnya lembut, tetapi tak terlampau pekat sehingga efektif melembapkan kulit Anda. Mengandung titanium dioxide dan zinc oxide, non-chemical sunblock dengan UV reflector agent ini pun aman digunakan untuk kulit berjerawat tanpa harus mengalami iritasi.

7. Clinique City Block™ Sheer Oil-Free Daily Face Protector Broad Spectrum SPF 25

7. Clinique City Block™ Sheer Oil-Free Daily Face Protector Broad Spectrum SPF 25

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 390.000

Produk 2-in-1, dapat juga digunakan sebagai makeup primer!

Dapatkan fungsi ganda, yaitu sebagai sunblock dan primer dengan sunblock dari Clinique ini. Cocok untuk Anda menginginkan perlindungan dalam kepraktisan. Bertekstur krim ringan, produk ini pun dapat digunakan pada area mata. Anda yang berkulit sensitif juga dapat menggunakan non-chemical sunblock dengan UV reflector agent ini tanpa khawatir akan iritasi.

Sunblock berkandungan titanium dioxide dan zinc oxide ini juga termasuk dalam tipe oil free yang mampu menyerap minyak berlebih. Nyaman untuk digunakan sehari-hari, wajah Anda pun bebas kilau karena sebum. Mengandung SPF 25 lengkap dengan broad spectrum, kulit berjerawat Anda pun akan terlindung dari sinar UVA/UVB sehingga jerawat tak semakin parah.

6. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

6. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 297.000

Perlindugan UV menyeluruh yang juga bantu mencegah jerawat

Ingin menghambat timbulnya jerawat di wajah? Sepertinya produk bertekstur milky yang sekaligus cegah timbulnya noda bekas jerawat inilah yang Anda butuhkan. Dengan SPF 30 dan UVA 15, produk dari Bioderma ini mampu memberikan perlindungan optimum dari sinar UV. Dengan high photoprotection, kulit pun terlindung dari sinar UV secara optimal.

Formula Fluidactive yang terkandung di dalamnya pun membuat chemical sunblock dengan UV absorber agent ini dapat mencegah jerawat yang akan kembali muncul ke permukaan kulit. Antikilapnya membuat produk ini semakin nyaman digunakan pada kulit yang berminyak. Ditambah dengan efek matte, tampilan kulit Anda pun akan semakin oke.

5. Neutrogena® Ultra Sheer® Clear Face Lotion SPF30 88mL

5. Neutrogena Clear Face Break-Out Free Liquid Lotion Sunscreen Broad Spectrum SPF 30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Formula super ringan yang mencegah breakout

Tak perlu lagi khawatir wajah breakout bila Anda menggunakan sunblock dari Neutrogena ini. Dengan formula non-comedogenic-nya, pori-pori kulit tidak akan tersumbat dan jerawat baru tidak akan mudah terbentuk. Formulanya yang super ringan tak lengket di kulit dan membuat kulit Anda tetap bebas bernafas, tetapi optimal terlindungi dari efek negatif sinar matahari.

Tidak hanya itu, finish dari produk bertekstur liquid lotion ini pun tidak mengkilap. Bagi Anda yang juga memiliki keluhan kulit berminyak, sepertinya produk ber-SPF 30 dan broad spectrum ini merupakan solusi yang tepat. Chemical sunblock dengan UV absorber agent ini juga termasuk oil free sehingga tidak menambah subur jerawat di kulit wajah Anda.

4. Cetaphil® PRO Oil Absorbing Moisturizer SPF 30

4. Cetaphil® PRO Oil Absorbing Moisturizer SPF 30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 220.000

Menyeimbangkan kadar air dan minyak, kulit terjaga kelembapannya

Betapa pentingnya memperhatikan keseimbangan kadar minyak di wajah. Hal tersebut penting karena jerawat dapat muncul bila kadar minyak terlalu banyak. Sunblock dari Cetaphil yang satu ini dapat membantu Anda. Bertekstur lotion ringan dengan hasil akhir matte, produk ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat cenderung berminyak.

Meski memiliki formula oil absorbing yang baik,chemical sunblock dengan UV absorber agent ini tidak akan membuat kulit menjadi kering. Justru, sunblock sekaligus moisturizer yang memiliki SPF 30 broad spectrum ini mampu melembapkan kulit. Berformula filter sunblock dengan konsentrasi rendah, produk ini rendah iritan biarpun tergolong UV absorber.

3. La Roche-Posay Anthelios AC SPF 30 Matte Fluid Anti Shine

3. La Roche-Posay Anthelios AC SPF 30 Matte Fluid Anti Shine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 425.000

Wajah bebas kilap dengan 2 aksi serap sebum

Kepercayaan diri terancam karena wajah berminyak? Produk bertekstur lotion ini patut Anda coba! Dengan formula double anti-shine action, produk ini cepat menyeimbangkan jumlah sebum dengan menyerap sebum berlebih. Wajah bebas kilap dan jerawat pun tak kembali muncul dengan produk non-comedogenic-nya yang tak akan menyumbat pori-pori ini.

Tentunya, non-chemical sunblock dengan UV reflector ini handal melindungi kulit Anda dari sinar UV dengan SPF 30 broad spectrum-nya. Dengan formula bebas parfum dan paraben, Anda juga tak perlu khawatir akan terjadinya iritasi. Telah diuji di bawah pengawasan para ahli kulit, produk berkandungan antioksidan ini juga sangat cocok bagi kulit sensitif.

2. Drunk Elephant Umbra Sheer™ Physical Daily Defense SPF 30

2. Drunk Elephant Umbra Sheer™ Physical Daily Defense SPF 30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 769.000

Kaya antioksidan yang melindungi dari bahaya radikal bebas

Produk Drunk Elephant ini cocok untuk Anda yang menginginkan kulit terlindung dari radikal bebas. Diperkaya dengan grape juice extract dan sunflower shoot extract membuat non-chemical sunblock ini juga membuat kulit lebih sehat serta tampak lebih muda. Bertekstur soft cream dan berkandungan UV reflector agent, produk ini pun tetap nyaman di kulit.

Produk ini bebas parfum dan essential oil sehingga tak memicu iritasi. Begitu cocok untuk wajah berjerawat, bahkan yang disertai kulit sensitif sekalipun. Ber-SPF 30 broad spectrum, produk berformula ringan ini semakin optimal melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan review konsumen yang memuaskan, produk ini semakin meyakinkan untuk dicoba.

1. EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46

1. EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Bantu tenangkan kulit berjerawat untuk hasil yang lebih bersih dan halus

Bagi kulit berjerawat, memilih sunblock yang tidak memicu munculnya jerawat akan memberikan keuntungan tersendiri. Namun, dengan non-chemical sunblock beragen UV reflector dari EltaMD ini, Anda akan mendapatkan manfaat lebih dari itu. Formulanya juga mampu membantu tenangkan kulit berjerawat sehingga kulit tampak lebih bersih dan halus.

Meski memiliki SPF yang bisa dibilang tinggi, yaitu SPF 46 broad spectrum, Anda tak perlu khawatir karena produk bertekstur creamy, tetapi ringan ini rendah iritasi. Cocok bagi Anda penyuka kegiatan outdoor atau cenderung banyak beraktivitas di luar ruangan. Tergolong oil free, produk ini nyaman digunakan sekaligus tidak menyebabkan breakout.

Tahukah Anda bila perlindungan sunblock tetap diperlukan bahkan saat hari hujan?

Tahukah Anda bila perlindungan sunblock tetap diperlukan bahkan saat hari hujan?

Matahari memancarkan sinarnya sepanjang tahun, bahkan saat musim penghujan. Untuk kulit berjerawat, sinar matahari merupakan musuh karena sinar UV mampu menyuburkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, noda bekas jerawat pun akan semakin menghitam bila terus terpapar sinar matahari. Untuk itu, tetap lindungi kulit Anda sepanjang tahun dengan sunblock, termasuk pada saat musim penghujan.

Sebagai tambahan, perlindungan menyeluruh memang penting, tetapi sunblock yang masih tersisa di kulit akan menjadi masalah bila tidak dibersihkan dengan sempurna. Setelah berkegiatan di luar, sebaiknya segera bersihkan sunblock agar jerawat Anda tidak semakin parah.

Kesimpulan

Memilih sunblock untuk kulit berjerawat tidak boleh asal agar jerawat tidak semakin parah. Pilihlah produk bertekstur ringan dan oil free bila kulit wajah Anda juga termasuk tipe berminyak. Produk dengan label organik dan non-comedogenic juga akan memberikan perlindungan serta perawatan lebih pada kulit berjerawat Anda.

Selain memberikan tips, kami pun telah memberikan jajaran rekomendasi produk sunblock terbaik untuk kulit berjerawat. Agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari sekaligus sebagai pencegahan breakout pada kulit berjerawat, Anda harus jeli dalam memilih sunblock. Untuk itu, jangan sampai salah pilih, ya!