• 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!

Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Rahma Evasari
  • Pembaharuan terakhir: 01 September 2021
  • 295.653 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Dokter Rahma Evasari menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis kulit dan kelamin di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi.


Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kemang, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock untuk kulit berjerawat

Ada banyak sekali pilihan sunscreen saat ini, tetapi sunscreen apa yang cocok untuk kulit berjerawat? Berikut ini, kami punya lima poin penting cara memilih sunscreen untuk wajah berjerawat.

Kenali jenis-jenis sunscreen

Apakah Anda masih kebingungan mengenai apa saja jenis sunscreen? Anda sedang membaca artikel yang tepat! Kami akan menjabarkan tiga jenis sunscreen, seperti chemical sunscreen, physical sunscreen, dan hybrid sunscreen. Meski fungsinya sama, ada perbedaan yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memilihnya.

Chemical Sunscreen, tekstur ringan tanpa white cast

Chemical sunscreen atau organic sunscreen adalah sunscreen dengan konsistensi cair yang mudah menyerap di kulit. Jenis sunscreen ini cocok untuk pemilik kulit kombinasi cenderung berminyak.


  • Cara kerja

Chemical sunscreen bekerja 15–30 menit setelah diaplikasikan. Chemical sunscreen bersifat UV absorbing, yaitu menyerap dan menguraikan sinar UV untuk kemudian dilepaskan melalui kulit. Sunscreen ini berfungsi sebagai penyaring sinar UV agar tidak mencapai ke lapisan kulit yang lebih dalam.


  • Kandungan dalam chemical sunscreen

- Oxybenzone

- Octisalate

- Octocrylene

- Ehylhexyl

- Methyl methacrylate crosspolymer

- Butylene glyco

- Aminobenzoic acid

- Avobenzone

- Cinoxate

- Dioxybenzone, dll.


  • Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan chemical sunscreen adalah teksturnya ringan dan tidak menimbulkan white cast atau efek keputihan pada kulit. Teksturnya cepat meresap sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari maupun tampilan makeup Anda. 


Kekurangan dari chemical sunscreen adalah formulanya lebih rentan menyumbat pori sehingga berisiko menyebabkan masalah kulit, seperti jerawatan. Chemical sunscreen tidak dapat menghalangi sinar UV 100% sehingga kulit masih berisiko terbakar, kering, dan kusam. 


Namun, dengan perkembangan dunia per-skincare-an saat ini, beberapa chemical sunscreen diformulakan agar bersahabat dengan kulit berjerawat. Contohnya saja chemical sunscreen merek N'Pure yang menambahkan Centela asiatica dalam produknya sehingga aman untuk kulit berjerawat.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Sebagian orang merasa jerawatnya bertambah banyak dengan penggunaan tabir surya. Untuk itu, pilihlah tabir surya yang seminimal mungkin mengiritasi kulit.


Tabir surya chemical biasanya dikenal juga sebagai tabir surya organik. Tabir surya chemical bekerja dengan menyerap energi sinar ultraviolet di permukaan kulit. Kebanyakan tabir surya chemical memiliki potensi lebih besar untuk mengiritasi kulit dibanding tabir surya fisik. Namun, hal ini tetap bergantung kepada formulasi masing-masing produk.

Physical Sunscreen, dianjurkan untuk kulit sensitif

Physical sunscreen atau yang sering disebut mineral sunscreen adalah sunscreen dengan tekstur yang lebih tebal. Sunscreen jenis ini kerap direkomendasikan untuk pemilik kulit kering, sensitif, dan berjerawat. 


  • Cara kerja

Physical sunscreen dapat bekerja langsung setelah diaplikasikan. Physical sunscreen bersifat UV reflector, yaitu memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini akan membentuk lapisan di atas permukaan kulit dan menghalangi sinar UV agar tidak menembus kulit.


  • Kandungan dalam physical sunscreen

- Titanium dioxide

- Zinc dioxide


  • Kelebihan dan kekurangan 

Kelebihan physical sunscreen adalah tidak diserap kulit, tidak menyumbat pori-pori, dan memiliki risiko iritasi yang rendah. Physical sunscreen memberikan perlindungan lebih kuat dibanding chemical sunscreen. Physical sunscreen lebih cocok untuk kulit berjerawat, lebih aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak. 


Kekurangan physical sunscreen ada pada teksturnya yang padat, kental, dan cenderung lengket di kulit. Penggunaan physical sunscreen juga menimbulkan white cast pada kulit sehingga dirasa kurang nyaman dan merubah tampilan makeup.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Saat ini terdapat 16 filter ultraviolet yang terdaftar di FDA. Filter tersebut terdiri atas 14 filter organik (chemical) dan 2 filter non-organik (physical). Dua filter physical tersebut adalah zinc oxide dan titanium oxide.


Tabir surya fisik bekerja dengan memantulkan dan memendarkan sinar ultraviolet. Terkadang pemakaian tabir surya fisik membuat timbulnya white cast yang kurang disukai.

Hybrid Sunscreen, perpaduan manfaat physical dan chemical sunscreen

Jenis sunscreen ini merupakan inovasi terbaru dalam sunscreen yang merupakan penggabungan dari chemical dan physical sunscreen. Hybrid sunscreen memungkinkan Anda untuk merasakan kelebihan chemical dan physical sunscreen. Sunscreen ini cocok untuk semua jenis kulit bahkan untuk kulit sensitif.


  • Cara kerja

Hybrid sunscreen memiliki cara kerja yang sama dengan chemical dan physical sunscreen. Sunscreen ini bersifat UV reflector sekaligus UV absorber sehingga memiliki perlindungan yang lebih efektif. 


  • Kandungan dalam hybrid sunscreen

Memiliki kesamaan dengan bahan chemical dan physical sunscreen.


  • Kelebihan

Hybrid sunscreen memiliki tekstur yang ringan seperti chemical sunscreen, tetapi memiliki perlindungan seperti physical sunscreen. Perlindungan yang diberikan hybrid sunscreen lebih baik dibandingkan chemical dan physical sunscreen. Hybrid sunscreen juga tidak akan meninggalkan white cast.

Gunakan tingkat SPF yang sesuai kebutuhan

Gunakan tingkat SPF yang sesuai kebutuhan

Cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat berikutnya adalah dengan memilih tingkat SPF yang sesuai kebutuhan. Ada banyak tingkat SPF yang tersedia, mulai dari SPF 15 hingga SPF 50.


  • SPF 30 

Mengutip American Academy of Dermatology Association, SPF 30 merupakan tingkat perlindungan minimal yang dianjurkan. SPF 30 sudah cukup untuk Anda yang sering beraktivitas di dalam ruangan dan penggunaan sehari-hari. SPF 30 disinyalir dapat melindungi kulit hingga 97% paparan sinar UVB.


  • SPF 50

SPF 50 mampu memberikan perlindungan yang lebih tinggi. Tingkat perlindungan ini dianjurkan bagi Anda yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan. SPF 50 dapat melindungi kulit dari 98% paparan sinar UVB.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Pilihlah tabir surya yang berspektrum luas, artinya memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet A dan B. Faktor perlindungan terhadap sinar UV A ditandai dengan PA, sedangkan perlindungan UV B ditunjukkan dengan SPF. Saat memilih tabir surya, pilihlah yang memiliki nilai PA minimal ++ dan SPF minimal 30.

Cek komposisi yang aman untuk kulit sensitif

Cek komposisi yang aman untuk kulit sensitif

Selanjutnya adalah cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif dan berjerawat. Saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat dan sensitif yang tepat, cermatilah komposisi dan label yang tertera.


Sunscreen untuk kulit sensitif sebaiknya memiliki komposisi natural atau bebas dari zat aditif yang rentan memicu iritasi. Sunscreen tanpa alkohol disarankan untuk pemilik kulit sensitif. Berhati-hatilah pula terhadap kandungan bahan pengawet, mineral oil, surfaktan, paraben, parfum, ataupun bahan iritan lainnya. 


Pastikan sunscreen Anda memiliki label hypoallergenic atau cocok untuk kulit sensitif. Kemudian, sebisa mungkin pilihlah sunscreen yang mengandung pelembap, ya.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat dan sensitif, hindari tabir surya dengan kandungan zat aktif oxybenzone dan PABA. Kedua zat aktif ini cenderung akan mengiritasi kulit. Bahan tambahan lain seperti parfum, pengawet, dan pewarna juga berpotensi mengiritasi kulit Anda. Bila terjadi iritasi, hentikan pemakaian produk dan konsultasikan ke dokter Anda.


Bila kulit Anda sangat-sangat sensitif, pilihlah tabir surya fisik yang mengandung titanium oxide dan/atau zinc oxide sebagai zat aktif. Kedua zat ini lebih tidak mengiritasi kulit dibandingkan bahan lainnya.

Perhatikan poin penting berikut agar jerawat tidak makin parah

Masih ragu untuk menggunakan sunscreen? Tiga poin di bawah ini akan membantu Anda memilih sunscreen untuk kulit berjerawat agar tidak makin parah.

Tekstur ringan, mengurangi risiko iritasi

Sunscreen memiliki berbagai jenis tekstur, di antaranya krim, lotion, dan gel. Nah, sunscreen untuk kulit berjerawat sebaiknya memiliki tekstur ringan seperti lotion dan gel.


Sunscreen dengan tekstur semacam ini dapat diaplikasikan dengan mudah dan meminimalisasi iritasi pada jerawat Anda. Jika Anda tengah bermasalah dengan jerawat meradang, oleskan sunscreen dengan lembut, ya. 

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, sangat penting untuk mencari tabir surya yang cepat menyerap dan ringan. Tabir surya berbentuk sheer lotion atau cair sangatlah ringan di kulit. Bila jenis ini tetap terasa berat di kulit Anda yang berminyak, tabir surya berbentuk gel juga bisa dipertimbangkan. 


Tabir surya berbentuk spray yang mudah digunakan juga mulai muncul di pasaran. Jenis spray praktis dipakai terutama untuk pengaplikasian ulang tabir surya. Pastikan Anda menyemprotkan tabir surya spray secara merata agar tidak ada bagian kulit yang terlewat. 

Oil-free, mengurangi produksi minyak pada wajah

Oil-free, mengurangi produksi minyak pada wajah

Bakteri penyebab jerawat tumbuh subur saat kulit memproduksi sebum berlebih. Bila Anda menggunakan sunscreen yang berminyak, maka dapat memicu kemunculan jerawat baru.


Oleh karenanya, saat mencari sunscreen untuk kulit berjerawat dan berminyak, Anda disarankan untuk memilih produk yang oil-free. Sunscreen tipe ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga mengurangi risiko munculnya jerawat baru.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, sebaiknya pilihlah produk berbasis air atau berbentuk gel. Selain itu, carilah produk dengan keterangan oil-free untuk mencegah rasa lengket akibat interaksi dari produk dan sebum alami Anda.

Noncomedogenic, menjaga agar pori-pori tidak tersumbat

Noncomedogenic, menjaga agar pori-pori tidak tersumbat

Saat memilih sunscreen, penting bagi Anda untuk menggunakan sunscreen noncomedogenic. Formula noncomedogenic dinilai lebih ramah untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. Hal ini dikarenakan formula sunscreen noncomedogenic tidak menyumbat pori-pori sehingga mampu mencegah terbentuknya komedo dan jerawat baru.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Produk dengan label non-comedogenic menunjukkan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori. Tersumbatnya pori wajah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam pembentukan jerawat atau komedo. 

Carilah sunscreen yang mudah dibersihkan

Carilah sunscreen yang mudah dibersihkan

Selain menemukan sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat, Anda juga perlu memilih sunscreen yang mudah dibersihkan. Mengapa hal ini penting?


Takaran pemakaian sunscreen disarankan sebanyak dua ruas jari, lalu perlu diulang setiap 2–4 jam sekali. Terdengar sangat banyak, bukan? Oleh karena itu, sunscreen yang bagus haruslah mudah dibersihkan agar tidak meninggalkan residu. Selain itu, membersihkan wajah dengan gosokan yang kuat dikhawatirkan akan memicu iritasi. 


Sebisa mungkin, hindari sunscreen dengan klaim waterproof atau water-resistant jika Anda tidak benar-benar memerlukannya. Sunscreen tersebut tidak mudah luruh ketika terkena air, kecuali jika Anda menggunakan cleanser tambahan. 

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Sisa produk perawatan kulit, makeup, serta keringat dan minyak yang bercampur setelah beraktivitas seharian akan membuat sumbatan pada kelenjar minyak. Hal ini berpotensi menimbulkan jerawat baru. 


Pastikan Anda selalu mengaplikasikan produk perawatan pada kulit wajah yang bersih. Gunakan produk pembersih wajah yang dapat mengangkat seluruh produk di kulit Anda secara saksama. Sebelum mengaplikasikan ulang tabir surya Anda tiap 2–3 jam, ada baiknya apabila wajah dibersihkan dahulu sampai tuntas.

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock terbaik untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami punya sepuluh rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat. Temukan juga review sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat terbaik di bawah ini, ya!


Disclaimer: Produk-produk berikut merupakan hasil rekomendasi mybest dan bukan dr. Rahma Evasari.

10
Jenis sunscreenPhysical sunscreen
UV ProtectionSPF 35/PA +++
Aman untuk kulit sensitif -
Ukuran30 ml
9

AXIS-YComplete No-Stress Physical Sunscreen

Mulai dari Rp 259.000,00

Jenis sunscreenPhysical sunscreen
UV ProtectionSPF 50+/PA ++++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Berbahan natural dan mengandung anti-inflamasi)
Ukuran10 ml dan 50 ml
8

Maharis BeautyVotre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++

Mulai dari Rp 265.000,00

Jenis sunscreenHybrid sunscreen
UV ProtectionSPF 50/PA ++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Bisa digunakan untuk semua jenis kulit)
Ukuran30 ml
7
Jenis sunscreenHybrid sunscreen (dominan chemical)
UV Protection SPF 50/PA ++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Bebas paraben dan silikon)
Ukuran20 ml
6

L’Oréal UV Defender Matte & Fresh

Mulai dari Rp 105.900,00

Jenis sunscreenHybrid sunscreen (dominan chemical)
UV ProtectionSPF 50+/PA ++++
Aman untuk kulit sensitif -
Ukuran15 ml dan 50 ml
5

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA ++++

Mulai dari Rp 55.000,00

Jenis sunscreenChemical sunscreen
UV ProtectionSPF 50/PA ++++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (bebas alkohol, paraben, dan sulfate)
Ukuran30 ml
4

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 144.000,00

Jenis sunscreenChemical sunscreen
UV ProtectionSPF 50/PA ++++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Bebas pewarna dan melewati allergy tested)
Ukuran90 ml
3
Jenis sunscreenHybrid sunscreen (dominan physical)
UV ProtectionSPF 50+/PA +++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Bebas alkohol, sulfat, pewarna, dan parfum)
Ukuran40 g
2

Avoskin The Great Shield Sunscreen

Mulai dari Rp 55.000,00

Jenis sunscreenPhysical sunscreen
UV ProtectionSPF 50/PA ++++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Hypoallergenic, bebas paraben, dan pewangi)
Ukuran5 ml dan 30 ml
1
Jenis sunscreenChemical sunscreen
UV ProtectionSPF 50/PA ++++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Bebas paraben, SLS, mineral oi, alkohol, silikon, dan pewangi)
Ukuran35 ml

Tabel perbandingan produk sunscreen/ sunblock terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
N'Pure Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++ 1

N'Pure

2
Avoskin  The Great Shield Sunscreen 1

Avoskin

3
Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk 1

Rohto

4
Kao Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++ 1

Kao

5
Wardah  UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA ++++ 1

Wardah

6
L’Oréal  UV Defender Matte & Fresh 1

L’Oréal

7
Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++ 1

Lacoco

8
Maharis Beauty Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++ 1

Maharis Beauty

9
AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen 1

AXIS-Y

10
Rohto Acnes UV Tint 1

Rohto

Nama produk

Cica Beat The Sun SPF 50 PA ++++

The Great Shield Sunscreen

Skin Aqua UV Moisture Milk

Biore UV Aqua Rich Watery Gel SPF 50+ PA++++

UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA ++++

UV Defender Matte & Fresh

Daily UV Counter SPF 50 PA++

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++

Complete No-Stress Physical Sunscreen

Acnes UV Tint

Keunggulan

Bahan natural yang aman bagi kulit sensitif dan ibu hamil

Perlindungan kulit berjerawat yang aman untuk kulit sensitif

Satu sunscreen dengan banyak manfaat!

Sunscreen waterproof yang ringan seperti air

Maksimal lindungi kulit dari sinar UV dan blue light

Formula yang melembapkan dan bebas kilap seharian!

Memberi perlindungan sekaligus mencerahkan wajah

Sunscreen noncomedogenic dengan manfaat mencerahkan

Sunscreen dengan enam bahan aktif untuk menenangkan kulit

Perlindungan yang komplet plus mampu atasi masalah jerawat

Harga mulai dariRp 149.000,00Rp 55.000,00Rp 48.000,00Rp 144.000,00Rp 55.000,00Rp 105.900,00Rp 150.000,00Rp 265.000,00Rp 259.000,00Rp 31.700,00
Jenis sunscreenChemical sunscreenPhysical sunscreenHybrid sunscreen (dominan physical)Chemical sunscreenChemical sunscreenHybrid sunscreen (dominan chemical)Hybrid sunscreen (dominan chemical)Hybrid sunscreenPhysical sunscreenPhysical sunscreen
UV ProtectionSPF 50/PA ++++SPF 50/PA ++++SPF 50+/PA +++SPF 50/PA ++++SPF 50/PA ++++SPF 50+/PA ++++ SPF 50/PA ++SPF 50/PA ++SPF 50+/PA ++++SPF 35/PA +++
Aman untuk kulit sensitif ✓ (Bebas paraben, SLS, mineral oi, alkohol, silikon, dan pewangi)✓ (Hypoallergenic, bebas paraben, dan pewangi)✓ (Bebas alkohol, sulfat, pewarna, dan parfum)✓ (Bebas pewarna dan melewati allergy tested)✓ (bebas alkohol, paraben, dan sulfate)-✓ (Bebas paraben dan silikon)✓ (Bisa digunakan untuk semua jenis kulit)✓ (Berbahan natural dan mengandung anti-inflamasi)-
Ukuran35 ml5 ml dan 30 ml40 g90 ml30 ml15 ml dan 50 ml20 ml30 ml10 ml dan 50 ml30 ml
Tautan produk

Perlukah memakai sunscreen saat berada di dalam ruangan?

Perlukah memakai sunscreen saat berada di dalam ruangan?

Seharian berada di dalam ruangan, masih perlu sunscreen tidak, ya? Jawabannya, iya. Meski di dalam ruangan, Anda tetap wajib menggunakan sunscreen. Sinar matahari bisa menembus jendela Anda. Selama Anda tidak memerlukan bantuan cahaya lampu, itu berarti sinar UV masih bisa mengenai kulit Anda.


Menurut Skin Cancer Foundation, sinar matahari mengandung dua macam sinar UV, yaitu UVA dan UVB. UVA memiliki gelombang panjang yang berefek pada penuaan dini. Sementara UVB merupakan gelombang pendek yang memicu penyakit kanker kulit.


Maka dari itu, penggunaan sunscreen tidak boleh diremehkan. Pemakaian sunscreen secara rutin telah terbukti memberikan dampak positif pada kulit, seperti yang dilansir oleh ACP Journal.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Gunakanlah tabir surya selalu sebagai langkah terakhir dalam tahapan perawatan kulit harian Anda sebelum menggunakan makeup. Walaupun cuaca sedang mendung, dingin, ataupun dalam kondisi indoor, sinar ultraviolet tetap akan masuk melalui celah jendela dan pintu.


Ingatlah, tabir surya merupakan produk antiaging yang amat efektif dan memiliki harga terjangkau. Perhitungkanlah pemakaian sunscreen secara teratur sebagai investasi jangka panjang untuk kulit Anda.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Rahma Evasari SpDV

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Rahma Evasari SpDV

Bila Anda tidak ingin menggunakan terlalu banyak produk perawatan wajah harian, pelembap berkandungan tabir surya dapat menjadi pilihan. Jangan lupa pakai dengan jumlah cukup, sekitar dua jari (telunjuk dan tengah) untuk seluruh wajah dan leher. Ulangi pemakaian tiap 3–4 jam sekali. Ulangi pemakaian lebih sering bila Anda beraktivitas di luar ruangan atau sering berkeringat.

Baca juga rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat lainnya di sini

Selain sunscreen untuk kulit berjerawat, kami masih punya beragam ulasan menarik lainnya. Di bawah ini, kami telah merangkum ulasan skincare kulit berjerawat untuk membantu masalah Anda. Langsung klik link berikut, ya!

Kesimpulan

Masalah jerawat bukan alasan untuk melewatkan penggunaan sunscreen. Saat ini, kulit Anda justru membutuhkan perlindungan ekstra. Memakai sunscreen untuk kulit berjerawat tidak hanya melindungi, tetapi juga membantu mengurangi risiko yang lebih parah.


Untuk menemukan sunscreen yang bagus untuk kulit berjerawat, gunakan tips yang telah kami rangkum. Temukan sunscreen terbaik dari seller tepercaya yang sudah kami sajikan, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    994.747 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    569.231 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    755.105 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    191.345 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    109.281 Views
  • 10 Rekomendasi Produk The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Produk skincare dari The Ordinary sudah dikenal secara global dan banyak yang sudah merasakan kualitas produknya. Jika Anda tertarik mencoba, ada baiknya Anda membaca artikel ini. Kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi sepuluh produk terbaiknya.Beberapa produk yang populer, seperti Niacinamide 10% + Zinc 1%, Hyaluronic Acid 2% + B5, dan Salicylic Acid 2% Solution dapat Anda temukan di sini. Karena itu, Anda yang sedang bingung dengan masalah bekas jerawat, flek hitam, dan kulit kering jangan sampai melewatkannya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    3.262 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori