10 Rekomendasi Toaster Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Toaster Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang terbiasa sarapan roti tawar, memiliki toaster di rumah akan sangat menguntungkan. Alat pemanggang roti ini menjadikan roti lebih crunchy dan semakin lezat untuk disantap. Saat ini pun fungsinya tidak hanya untuk memanggang roti karena banyak pula fitur berguna lain yang telah ditambahkan.

Di artikel ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk toaster terbaik dari berbagai merek dan produsen terpercaya, seperti Sharp, Philips, hingga Electrolux. Namun sebelumnya, agar tak salah memilih, Anda perlu tahu informasi lebih lanjut tentang toaster dan cara memilihnya, yang akan kami bahas di bawah ini.

Daftar isi

Cara memilih toaster

Saat ini, berbagai tipe toaster sudah semakin banyak beredar di pasaran. Masih bingung toaster mana yang harus Anda pilih? Informasi di bawah ini akan membantu Anda untuk memutuskan pilihan Anda.

Pilih tipe toaster yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih tipe toaster yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih toaster adalah tipenya. Toaster yang paling umum saat ini adalah oven toaster. Bentuknya mirip seperti oven, menyerupai kubus atau balok dengan pintu di bagian depannya. Bagian pemanggangnya menggunakan komponen dan prinsip kerja yang mirip dengan heater. Tipe ini tidak hanya berguna untuk memanggang roti saja, tetapi dapat pula memanggang makanan lain seperti gratin dan pizza. Bahkan, pada produk-produk terkini, diselipkan juga fitur untuk memanaskan makanan yang sudah dingin, layaknya microwave.

Tipe lainnya adalah toaster tipe pop up. Tipe yang tergolong klasik ini dapat memanggang roti secara vertikal. Toaster tipe pop up memang lebih ringkas dan tidak membutuhkan ruang yang banyak dengan harga yang relatif lebih murah. Dapat dikatakan pula bahwa tipe ini sangat populer di kalangan konsumen yang tinggal sendirian. Apakah Anda berpikir tipe ini hanya dapat memanggang roti tawar saja? Tentu tidak! Saat ini telah banyak toaster tipe pop up yang juga dapat memanggang roti jenis lain, seperti bagel, croissant, dan berbagai makanan lainnya.

Berbagai bentuk dan model toaster telah berkembang sedemikian rupa mengikuti keinginan pasar. Toaster pilihan Anda tak harus memiliki semua fitur terkini, melainkan harus sesuai dengan gaya hidup Anda. Pilihlah toaster dengan fitur yang sekiranya akan paling sering Anda gunakan.

Ketahui dan pilihlah tipe pemanas yang digunakan

Selain dilihat dari cara pengoperasiannya, toaster juga terbagi menjadi beberapa tipe berdasarkan pemanasnya. Simak informasi di bawah ini untuk lebih lengkapnya!

Tipe pemanas listrik yang lebih terjangkau

Tipe pemanas listrik yang lebih terjangkau

Tipe pemanas yang disebut juga dengan electrothermal heater ini umum digunakan pada toaster bertipe oven toaster. Dilapisi dengan quartz, pemanas tipe ini dapat memanaskan makanan mulai dari permukaannya. Tipe pemanas ini pun biasanya berharga terjangkau dan sangat mudah diproduksi secara massal. Banyak merek menggunakan tipe pemanas standar ini sehingga Anda dapat dengan mudah memilihnya.

Tipe far infrared yang memanaskan dengan merata

Tipe far infrared yang memanaskan dengan merata

Far infrared heater merupakan sistem pemanas terkini yang umum ditanamkan pada toaster keluaran terbaru. Dengan menggunakan toaster bertipe far infrared, makanan yang dipanggang akan matang hingga ke bagian dalam dengan permukaan yang renyah.
Sebagai tambahan, terdapat berbagai tipe pemanas infrared, seperti far red graphite, far infrared, near infrared, dan lainnya. Meskipun suatu produk sama-sama menggunakan sistem pemanas infrared, tipenya dapat berbeda-beda tergantung model dan produsennya. Dibandingkan dengan tipe pemanas listrik, tipe far infrared memang lebih mahal. Namun, hal tersebut setimpal dengan kelebihan yang ditawarkan.

Tipe superheated steam yang memanfaatkan tenaga uap air

Tipe superheated steam yang memanfaatkan tenaga uap air

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki inovasi terdepan dalam produk elektronik rumah tangga. Di Jepang, teknologi high temperature steam heating sedang naik daun. Teknologi tersebut juga diterapkan pada toaster dengan tipe pemanas superheated steam. Tipe superheated steam ini cukup unik karena untuk mengoperasikannya Anda akan membutuhkan sedikit air. Air ini diperlukan agar energi panas dari steam atau uap air dapat terbentuk. Energi panas tersebut mampu menghasilkan tekstur hasil panggangan yang crispy diluar dan empuk di dalam. Tipe ini sangat cocok untuk memanggang roti atau bahkan memanaskan ulang roti sebelum dikonsumsi. Roti yang Anda konsumsi akan selalu terasa seperti roti yang baru matang, fresh from the oven!

Produk bertipe ini memang belum terlalu populer di Indonesia sehingga sulit ditemukan di pasaran. Namun, produk dengan pemanas tipe ini telah disebut-sebut sebagai the next generation toaster. Teknologi pemanas tersebut pun telah diadopsi oleh berbagai produsen alat elektronik rumah tangga ternama.

Tipe pemanas konveksi yang hasilkan suhu stabil

Tipe pemanas konveksi yang hasilkan suhu stabil

Terdapat pula toaster yang menggunakan tipe pemanas konveksi. Pemanas ini bekerja dengan memanfaatkan heater atau pemanas dan kipas bersirkulasi secara bersamaan. Teknologi konveksi sendiri memiliki arti yang sama dengan arti konveksi, yaitu menghangatkan makanan dengan pemanas. Dalam waktu yang sama, kipas sirkulasi berperan untuk menjaga suhu tetap stabil dan meratakan suhu di dalam toaster.

Seperti halnya tipe superheated steam, produk bertipe pemanas konveksi pun belum banyak ditemukan di pasaran. Namun, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui informasi menarik ini.

Periksa pula spesifikasi teknologi pemanasnya

Periksa pula spesifikasi teknologi pemanasnya

Tidak hanya tipe pemanasnya saja yang perlu disoroti, spesifikasi dari teknologi pemanas juga perlu diperhatikan. Contohnya, fitur dimple processing yang menghasilkan banyak refleksi panas pada bagian dalam toaster. Panas pun dapat menyebar secara menyeluruh sehingga proses pemanggangan lebih merata. Kaca biasanya digunakan sebagai material dari pintu oven toaster, tetapi kaca cermin juga menjadi pilihan. Selain tampilan toaster menjadi modern, bahan kaca juga mendukung fitur dimple processing sehingga hasil panggangan akan jauh lebih baik.

Teknologi pemanas juga memengaruhi efisiensi waktu pemanggangan dan suhu yang diperlukan. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui dengan jelas spesifikasi teknologi pemanas pada toaster pilihan Anda.

Sesuaikan ukuran produk dengan space yang Anda miliki

Sesuaikan ukuran produk dengan space yang Anda miliki

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran toaster. Bila Anda memiliki dapur yang luas, toaster dengan ukuran sebesar apapun mungkin tidak menjadi masalah. Akan tetapi, bila dapur Anda tidak terlalu besar, ukuran toaster akan menjadi pertimbangan yang sangat penting.

Toaster merupakan alat pemanggang yang membutuhkan daya listrik untuk bekerja sehingga Anda perlu meletakkannya di tempat yang dekat dengan sumber listrik. Bila Anda memiliki space yang cukup lebar, Anda dapat memilih oven toaster karena tentu Anda tidak akan kesulitan dalam membuka dan menutupnya. Bila sekiranya space yang tersedia tidak terlalu lebar, Anda dapat memilih pop up toaster. Pastikan terdapat cukup ruang pada bagian atas pop up toaster sehingga roti dapat keluar tanpa tersendat.

Bila Anda memilih pop up toaster, perhatikan pula bobotnya. Bila beratnya cukup ringan, Anda tentu tak akan kesulitan memindahkan tempatnya sesuai dengan kebutuhan.

Periksa besar daya listriknya ketika beroperasi

Periksa besar daya listrik ketika beroperasi

Daya listrik toaster biasanya cukup besar. Untuk itu, penting untuk mengetahuinya sebelum membeli produk toaster tertentu. Sebagai informasi, pop up toaster biasanya memiliki daya konsumsi listrik sebanyak 500 hingga 800 watt. Sedangkan oven toaster memiliki daya konsumsi listrik sekitar 1000 watt.

Bila ingin menggunakan toaster hanya untuk memanggang roti saja, toaster dengan konsumsi daya listrik ≤800 watt saja sudah cukup. Namun, bila Anda ingin menyingkat waktu proses pemanggangan, akan lebih baik memilih produk yang berdaya listrik cukup besar.

Anda juga perlu pertimbangan matang saat memilih toaster yang suhunya tidak dapat disesuaikan. Semakin tinggi suhu, maka semakin tinggi pula daya listrik yang dibutuhkan. Bisa jadi listrik akan padam bila toaster tersebut digunakan bersamaan dengan alat elektronik berdaya listrik tinggi lainnya. Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui daya konsumsi listrik dan pilihan pengaturan suhu yang dimiliki produk.

Periksa kapasitas toaster untuk 1 kali proses pemanggangan

Periksa kapasitas toaster untuk 1 kali proses pemanggangan

Penting juga untuk memeriksa kapasitas toaster untuk mengetahui banyaknya roti yang dapat Anda panggang dalam 1 kali pemanggangan. Bila Anda tinggal sendiri atau berdua, toaster dengan kapasitas 2 roti barangkali lebih cocok. Anda dapat memilih toaster berkapasitas 4 roti bila Anda tinggal bersama keluarga atau membutuhkan lebih banyak roti untuk dijadikan bekal.

Ada pula manfaat lain dari toaster berukuran besar khususnya oven toaster adalah ukuran pemanggang yang tentu juga besar. Anda pun dapat memanaskan berbagai makanan lain, seperti pizza yang berukuran cukup besar. Pada intinya, sesuaikan kapasitas toaster dengan jumlah anggota keluarga dan gaya hidup Anda.

Periksa pula fitur tambahan lainnya

Periksa pula fitur tambahan lainnya

Model oven toaster terkini telah disuguhkan dengan high-performance cooking mode yang membuat kegiatan memanggang jadi lebih mudah. Sebagian toaster telah menggunakan microcomputer function yang mampu menyesuaikan waktu pemanggangan dengan makanan yang dipanggang. Terdapat pula toaster yang dilengkapi auto menu untuk menyesuaikan suhu dengan makanan yang dipanggang. Anda juga dapat menemukan fitur auto warming function yang bahkan dapat digunakan untuk memanaskan makanan, seperti gorengan. Selain itu, pada sebagian toaster juga terdapat fitur dry function yang dapat memberikan tekstur renyah pada makanan. Tidak semua toaster memiliki fitur-fitur tersebut. Jadi, pastikan Anda mengecek spesifikasi toaster pilihan Anda dengan cermat.

Kebutuhan setiap orang akan toaster tentu berbeda-beda. Akan tetapi, bila toaster pilihan Anda memiliki performa yang tinggi, Anda pun akan semakin dimudahkan dalam kegiatan masak-memasak.

Lebih baik pilih toaster yang mudah dibersihkan

Lebih baik pilih toaster yang mudah dibersihkan

Tidak kalah penting, Anda perlu memeriksa kemudahan toaster untuk dibersihkan. Banyak produk yang telah memiliki tray yang mudah dilepas sehingga Anda dapat dengan mudah membuang remahan roti dan menjaga toaster selalu bersih. Tray yang dapat dilepas pun akan memudahkan proses pencucian sehingga Anda akan semakin nyaman menggunakan toaster Anda.

Selain tray, pastikan juga bagian dalam toaster mudah dibersihkan. Toaster yang jarang dibersihkan akan terlalu banyak menampung sisa-sisa atau remahan makanan di dalamnya. Hal tersebut dapat memicu kerusakan. Untuk itu, poin ini tak boleh dilewatkan.

Pilih desain produk yang paling Anda suka

Pilih desain produk yang paling Anda suka

Penting juga untuk memilih desain toaster yang paling Anda sukai karena benda tersebut merupakan perkakas rumah tangga dan Anda akan melihatnya setiap hari di dapur. Tren desain toaster saat ini adalah sederhana dan minimalis. Desain tersebut sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kesan tidak ribet dan modern.

Anda dapat memilih toaster dengan warna merah atau hijau untuk memperindah dapur Anda yang berwarna monoton. Saat ini, beberapa merek juga telah menjual toaster dengan warna berani yang dapat Anda pilih. Memiliki toaster dengan desain dan warna favorit Anda dapat membuat kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan. Selain memilih toaster sesuai dengan kebutuhan, pilihlah toaster sesuai dengan selera Anda.

10 Rekomendasi toaster terbaik

Setelah memahami berbagai cara dalam memilih toaster, kini saatnya Anda memilih produk toaster unggulan yang akan kami paparkan di bawah ini. Anda dapat menemukan toaster dengan model pop up maupun oven dari berbagai merek ternama. Selamat memilih!

10. Oxone Oven Toaster OX-828

10. Oxone Oven Toaster OX-828

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 455.000

Oven toaster sederhana untuk Anda yang tidak suka ribet

Oven toaster dengan satu tingkat tray di dalamnya ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau tinggal bersama keluarga kecil Anda. Dengan kapasitas sekitar 12 liter, produk ini tentu sudah cukup memenuhi porsi roti panggang untuk Anda dan keluarga. Konsumsi daya listrik produk berpemanas electrothermal heater ini pun cukup rendah, yaitu hanya 500 watt.

Untuk Anda yang tidak suka ribet, Anda tak akan direpotkan oleh produk ini karena materialnya terbuat dari kaca yang mudah dibersihkan. Apalagi, crumb tray-nya dapat dilepas sehingga sisa roti dapat lebih mudah dibuang. Untuk ukuran sebuah oven toaster, produk ini terbilang mini. Dapur yang tak terlalu luas pun tak akan menghambat penggunaannya.

9. Miyako Oven Toaster – OT-106

9. Miyako Oven Toaster - OT-106

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 300.000

Ukurannya ramping, tak bikin sesak dapur Anda

Memiliki dapur kecil bukan menjadi halangan untuk memiliki oven toaster bila Anda memilih produk dari Miyako yang satu ini! Dengan dimensi 33,7 x 24,7 x 25,7 cm, meja dapur Anda tak akan terasa penuh sesak. Desainnya sederhana menjadikan pengoperasiannya lebih mudah dipahami, bahkan oleh Anda yang belum pernah menggunakan toaster sebelumnya.

Tidak hanya ukuran mini yang menjadi poin plusnya, tetapi juga pintu kaca transparannya. Anda yang belum terbiasa menggunakan toaster pun dapat lega karena bisa melihat langsung proses pemanggangan roti. Tak perlu takut gosong, ya! Dengan daya listrik 860 watt, toaster berkapasitas 6 liter ini muat untuk memanggang hingga 4 lembar roti tawar.

8. Zojirushi Electric Oven Toaster ET-REQ75 (SP)

8. Zojirushi Electric Oven Toaster ET-REQ75 (SP)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 898.800

Pintu depan dapat dilepas, makin mudah dibersihkan

Seringkali malas membersihkan oven toaster karena ribet? Kini, kami jamin Anda tak akan lagi merasakan kerepotan tersebut karena oven toaster dari Zojirushi ini memiliki pintu yang dapat dilepas. Membersihkan bagian dalam toaster pun lebih mudah dan optimal. Dengan gridiron yang juga dapat dilepas, bagian dalam toaster juga dapat dibersihkan menyeluruh.

Ukuran interior yang cukup besar, yaitu sekitar 25 cm, memungkinkan Anda untuk memanaskan pizza berukuran sedang. Muat hingga 4 roti dalam sekali panggang, toaster berdaya listrik 850 watt ini juga dilengkapi timer hingga 15 menit. Mudah dibersihkan dan dirawat, Anda pun tak akan merasa sayang atau segan untuk menggunakannya setiap hari!

7. IDEALIFE  IL – 400 Toaster Oven

7. IDEALIFE  IL – 400 Toaster Oven

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Dilengkapi dengan side handles yang memudahkan mobilitas

Ingin memiliki oven toaster bermobilitas baik? Sepertinya produk ini yang wajib Anda pilih. Pada bagian kanan dan kirinya terdapat side handles yang mempermudah Anda untuk memindahkannya. Ditambah lagi, bobotnya cukup ringan, yaitu 3 kg sehingga Anda tidak akan merasa berat saat memindahkannya. Muat 2 lembar roti tawar sekali panggang, pas untuk 1 porsi sarapan.

Selain ringan, daya listriknya pun cukup rendah, yaitu 600 watt. Anda pun dapat memanggang 2 jenis penganan yang berbeda sekaligus karena oven toaster ini memiliki 2 tingkat tray. Mode pemanggangan pun dapat dipisah, yaitu dengan memanggang tray bagian atas atau bawah secara terpisah maupun secara bersamaan. Lebih praktis, Anda pun tak perlu kerja 2 kali!

6. Philips Daily Collection Toaster HD4825/02

6. Philips Daily Collection Toaster HD4825/02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 323.000

Platform pemanas lebih luas untuk tingkat kematangan lebih merata

Tak perlu takut roti gosong sebagian bila memanggang roti dengan produk dari Philips ini. Platform pemanasnya lebih luas sehingga kematangan roti dapat lebih merata. Roti pun terpanggang dan matang dengan sempurna. Pop up toaster ini pun dapat memanggang 2 lembar roti sekaligus secara bersamaan, dengan pilihan tingkat kematangan hingga mencapai 7 level.

Berukuran ringkas dengan dimensi 26,5 x 15,7 x 13 cm, produk yang trendi dengan kombinasi warna perak dan putih ini tak akan membuat dapur Anda penuh sesak. Ditambah crumb tray-nya yang dapat dilepas dan tempat khusus untuk menyimpan kabel, produk ini terlihat makin tertata. Berdaya listrik 800 watt, produk ini siap menyajikan roti panggang lezat untuk Anda.

5. SEVERIN Automatic Long Slot Toaster AT 9732

5. SEVERIN Automatic Long Slot Toaster AT 9732

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.490.000

Desain warna yang berani, buat nuansa dapur semakin ceria

Pilih saja pop up toaster dari SEVERIN bila ingin menghiasi dapur dengan perabot warna-warni! Dengan warna ungu tua dan glossy finishing, dapur Anda terlihat semakin ceria dihiasi produk berdaya listrik 1000 watt ini. Berdimensi 12,5 x 37 x 18,4 cm dengan model slot memanjang dan berkapasitas 2 roti, produk ini semakin cocok berada di dapur mini Anda.

Tidak hanya modelnya saja yang mencuri perhatian, fiturnya pun tak kalah menarik. Anda dapat menikmati fitur-fitur dari pop up toaster seperti defrost, reheat, bahkan mid-cycle cancel. Selain itu, terdapat pula fitur automatic switch-off yang memungkinkan mesin mati secara otomatis bila platform pemanggang tersumbat oleh roti. Cantik dan serbabisa, ya?

4. Russell Hobbs Legacy Toaster Stainless Steel 21290-56

4. Russell Hobbs Legacy Toaster Stainless Steel 21290-56

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.199.200

Dengan rak tambahan, siap panaskan berbagai jenis makanan

Sering tidak menghabiskan makanan dan malas menyantapnya karena sudah tidak hangat lagi? Jangan dulu dibuang karena Russell Hobbs pop up toaster ini siap menghangatkannya. Dilengkapi dengan bun warmer pada bagian atasnya, Anda dapat memanaskan makanan dengan produk ini. 2 slot dengan lebar 3 cm-nya membuat jenis roti berukuran tebal pun muat di dalamnya.

Dengan tombol pengatur tingkat kematangan hingga 6 level dan penggunaan daya maksimal 1300 watt, tak perlu khawatir makanan Anda gosong. Tombol reheat atau pemanasnya pun tidak membuat roti Anda menjadi gosong meski dipanaskan. Ditambah lagi, ada fitur cancel yang dapat membatalkan proses pemanggangan bila Anda merasa roti sudah cukup matang.

3. Tefal Toast Nʼ Egg TT5500

3. Tefal Toast Nʼ Egg TT5500

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 885.000

Paket lengkap sarapan dari toaster pop up dengan pemasak telur!

Pop up toaster satu ini memang sangat praktis untuk mempersiapkan sarapan, khususnya bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu di pagi hari. Dilengkapi dengan egg cooker, Anda dapat memanggang 2 roti sekaligus memasak telur dengan daya maksimal 1200 watt. Bahkan, Anda juga dapat memasak pelengkap roti lainnya, seperti sosis maupun daging.

Produk ini juga dilengkapi dengan meat warmer pada bagian bawah egg cooker-nya. Meat warmer ini dapat memanaskan makanan yang sudah dingin agar kembali lezat untuk disantap. Tak perlu takut makanan gosong dengan fitur mid-cycle cancel untuk membatalkan pemanggangan. Sekadar saran, siapkanlah space yang cukup luas untuk menaruh alat pemanggang ini, ya!

2. DeLonghi Icona Vintage CTOV 4003.GR

2. DeLonghi Icona Vintage CTOV 4003.GR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.000.800

Tipe pop up dengan kapasitas layaknya oven toaster

Toaster tipe pop up dari DeLonghi ini dapat menjadi jawaban untuk Anda yang menginginkan pop up toaster dengan kapasitas layaknya oven toaster, yaitu mencapai 4 slot pemanggang. Desainnya yang classic dan vintage pun menjadi nilai plus produk ini. Dengan dimensi 30 x34 x 20,5 cm, produk ini pun tak akan menyita banyak space di meja dapur Anda.

Bagi Anda yang menyukai roti bagel, Anda pasti suka dengan produk ini karena dilengkapi dengan tombol khusus roti bagel. Dilengkapi dengan 2 panel terpisah, Anda dapat menggunakan masing-masing 2 slotnya untuk memanggang roti dengan hasil kematangan berbeda. Berdaya listrik 1800 watt, pastikan daya listrik di rumah Anda cukup ideal untuk produk ini, ya!

1. KitchenAid® Pro Line® Series 2-Slice Automatic Toaster

1. KitchenAid ® Pro Line® Series 2-Slice Automatic Toaster

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini Tokopedia

Harga : Rp 6.499.000

Toaster super canggih dan pintar dengan desain yang mewah

Ketika Anda menaruh roti pada slotnya, slot akan bergerak turun dan memposisikan diri di tengah. Hasilnya, pemanggangan pun berlangsung sempurna. Setelah roti matang, slot akan otomatis terangkat. Hebatnya lagi, bila roti tak diambil selama 45 detik, slot akan memanaskan roti kembali selama 3 menit. Roti panggang Anda pun dapat selalu tersaji hangat!

Memiliki desain mewah, pop up toaster dengan 7 level tingkat kematangan ini akan memperindah dapur Anda. Glossy finishing dari toaster berkapasitas 2 roti dan berdaya listrik 900 watt ini membuat Anda semakin menantikan saat-saat menikmati roti panggang. Bila Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya memilih toaster pintar berdimensi 18 x 34,8 x 22,6 cm ini.

Kesimpulan

Secara garis besar, toaster terbagi dalam 2 tipe, yaitu pop up toaster dan oven toaster. Umumnya, oven toaster memiliki bentuk yang lebih besar dengan konsumsi daya listrik relatif tinggi. Sedangkan, pop up toaster memiliki bentuk lebih ramping dengan konsumsi daya listrik relatif rendah.

Kami telah memberikan 10 rekomendasi toaster terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Apapun pilihan toaster Anda, pastikan produk tersebut memiliki fitur yang akan berguna dalam keseharian Anda. Memilih toaster dengan desain dan warna kesukaan Anda pun akan mengoptimalkan tingkat kepuasan Anda. Jadi, jangan salah pilih!