10 Rekomendasi Box Tempat Tidur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Box Tempat Tidur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu perlengkapan bayi yang penting adalah box bayi. Terdapat berbagai model baik yang berukuran kecil untuk bayi baru lahir maupun yang besar. Ada yang portabel, dan ada yang multifungsi. Dengan banyaknya ragam yang dijual di pasaran, tentu Anda bingung memilihnya. Berbagai macam merek seperti Graco, Joie, Ikea, mengeluarkan produk box bayi dengan desain dan fungsi yang menarik.

Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan beberapa box tempat tidur bayi yang direkomendasikan dan populer pada saat ini. Selain itu, kami juga akan menjelaskan poin cara memilih untuk Anda yang masih bingung harus mencari box bayi seperti apa. Tentu Anda menginginkan box bayi yang awet dan cocok dengan ruang gerak Anda dan si kecil. Yuk, kita simak artikel lengkapnya!

Daftar isi

Cara memilih box tempat tidur bayi terbaik

Dalam memilih box tempat tidur bayi, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal demi kenyamanan dan keamanan bayi Anda. Box bayi dengan ukuran yang tepat serta dilengkapi dengan beberapa tambahan fungsi akan semakin menjamin keamanan tersebut. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih box tempat tidur bayi.

Pilihlah yang memenuhi standar keamanan nasional

Pilihlah yang memenuhi standar keamanan nasional

Untuk bayi kesayangan Anda, mari kita pilih tempat tidur bayi yang telah memenuhi standar keamanan. Tempat tidur bayi yang Anda pilih harus yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Pemerintah, melalui Badan Standarisasi Nasional (BSN), telah menetapkan standar produk box bayi.

Berdasarkan SNI, box bayi yang terbuat dari kayu harus memiliki persyaratan antara lain, tinggi tempat tidur atau alas tempat tidur minimal 40 cm dari permukaan lantai. Serta memiliki ukuran panjang minimal 100 cm dan lebar 65 cm. Posisi tempat tidur tidak goyang apabila diletakkan pada permukaan datar. Dengan jarak kisi-kisi maksimal 85 cm dan tidak tajam.

Bila Anda membeli box bayi dari pengrajin kayu, ada baiknya Anda memperhatikan detail ini dengan seksama agar keamanan dan kenyamanan bayi Anda tetap terjaga. Pada produk dari luar negeri, kemungkinan besar telah dibuat berdasarkan standar keamanan negara itu, seperti memiliki tanda “PSC” dan “SG” dalam produk Jepang. Pastikan untuk memeriksa standar keamanan yang tertera pada produk.

Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan besar ruangan Anda

Pilihlah yang ukurannya sesuai dengan besar ruangan Anda

Ukuran tempat tidur yang umum adalah 120×70 cm untuk ukuran reguler, dan 90×60 cm untuk ukuran mini. Namun, yang paling penting untuk Anda pertimbangkan adalah pilihlah ukuran yang pas untuk diletakkan di tempat yang Anda inginkan. Supaya efektif penggunaannya, sisakan ruang untuk Anda beraktivitas di sekelilingnya.

Waktu pemakaian box bayi rata-rata adalah sekitar 24 bulan. Namun, pada box bayi berukuran mini tentu bayi Anda akan kesulitan untuk membalikkan badan saat usianya sudah lewat dari 4 bulan sehingga waktu penggunaan box bayi ukuran mini tentu lebih singkat. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika mencari box bayi yang cocok untuk Anda.

Pilihlah box tempat tidur yang mudah diatur

Meskipun bayi Anda tidak akan sulit untuk tidur pada box bayi apapun yang Anda pilih, tetapi penting juga bagi Anda sebagai orangtua dapat memilih box bayi yang mudah Anda atur dan gunakan agar tidak menambah beban pekerjaan Anda ketika mengurus si buah hati. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan poin-poin berikut ini.

Pilih yang memiliki roda agar dapat bergerak di sekeliling ruangan dengan bebas

Pilih yang memiliki roda agar dapat bergerak di sekeliling ruangan dengan bebas

Tanpa perlu membuat bayi Anda terbangun, tempat tidur yang dilengkapi dengan roda memudahkan Anda untuk memindahkannya di dalam rumah dengan lebih bebas. Aktivitas orang tua sering berubah-ubah, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga saat makan siang, lalu bersiap-siap untuk tidur di kamar tidur pada malam hari.

Jika Anda memilih box tempat tidur bayi dengan roda, Anda dapat memindahkan tempat tidur bayi Anda ke tempat yang bisa dijangkau. Jika Anda meletakkan tempat tidur di tempat Anda melakukan aktivitas sehari-hari, Anda dapat segera menanggapi ketika bayi Anda tiba-tiba menangis. Anda juga dapat memeriksa keadaan bayi Anda dengan lebih mudah.

Pilih yang pagarnya dapat dibuka ke berbagai arah agar mudah saat mengganti popok

Pilih yang pagarnya dapat dibuka ke berbagai arah agar mudah saat mengganti popok

Pada beberapa tempat tidur bayi, pagar dapat dibuka atau ditutup di beberapa posisi. Jika Anda dapat membukanya sampai bawah maka akan sangat mudah digunakan saat Anda mengganti popok si kecil.

Ketika bayi Anda tertidur menggunakan tali gendongan atau semacamnya, tergantung dari bagaimana posisi Anda ketika menggendongnya, mungkin terasa sulit untuk meletakkan bayi Anda ke dalam box tempat tidur. Namun, jika pagar dapat dibuka dari beberapa tempat, tentu Anda akan lebih mudah untuk meletakkan bayi Anda pada tempat tidur tanpa khawatir membangunkannya.

Pilih yang tingginya dapat disesuaikan agar tidak membebani pinggang Anda, bagus juga untuk tidur bersama bayi

Pilih yang tingginya dapat disesuaikan agar tidak membebani pinggang Anda, bagus juga untuk tidur bersama bayi

Ketika Anda harus sering mengganti popok pada tempat tidur bayi, hal tersebut akan sedikit membebani pinggang Anda. Untuk hal tersebut, tempat tidur yang dapat diatur ketinggiannya akan sangat berguna. Aturlah posisi tempat tidur menjadi lebih tinggi untuk mengurangi beban pada pinggang Anda saat merawat bayi di tempat tidur.

Pada saat bayi Anda mulai berguling, turunkan posisi tempat tidur sehingga bayi tidak akan terjatuh tanpa sengaja. Jika Anda memiliki tempat tidur yang dapat diatur lebih dekat dengan lantai, akan lebih mudah digunakan saat bayi Anda mulai berdiri. Selain itu, jika Anda memilih tempat tidur bayi yang dapat diatur pada ketinggian yang sama dengan tempat tidur Anda, itu akan sangat membantu Anda ketika ingin tidur bersama bayi Anda.

Pilihlah yang dapat digunakan lebih dari satu fungsi, seperti menjadi baby circle

Pilihlah yang dapat digunakan lebih dari satu fungsi, seperti menjadi baby circle

Karena bayi tumbuh dengan cepat, penting untuk memiliki barang yang dapat digunakan terus-menerus. Terdapat box bayi yang dapat digunakan sebagai baby circle atau tempat bermain bayi hanya dengan melepaskan bagian lantainya, atau menjadi rak dan tempat penyimpanan dengan menata ulang komponennya. Bila Anda menginginkan produk yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya pilih yang dapat digunakan selain menjadi tempat tidur saja.

Pilihlah yang dapat dilipat agar mudah untuk dibawa dan disimpan

Pilihlah yang dapat dilipat agar mudah untuk dibawa dan disimpan

Bukan hanya tipe yang dibongkar, ada juga tipe box yang bisa dilipat. Sangat mudah untuk menyimpannya karena bagian-bagiannya tidak akan berantakan seperti tipe yang dibongkar. Jika Anda mempertimbangkan untuk melahirkan dua atau tiga bayi, tipe seperti ini bagus karena dapat disimpan sampai anak berikutnya lahir. Tipe ini juga mudah untuk dibawa dan nyaman untuk bepergian atau pindahan.

10 Rekomendasi box tempat tidur bayi terbaik

Berikut 10 rekomendasi box tempat tidur bayi terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan model, fitur, dan harga. Pilihlah box tempat tidur bayi yang dapat membantu aktivitas Anda bersama si kecil dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Cocolatte Deluxe CL 502

10. Cocolatte Deluxe CL 502

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 975.000

Box bayi ekonomis dengan fitur lengkap!

Untuk Anda yang menginginkan tempat tidur bayi dengan fitur yang cukup lengkap tetapi tidak mengeluarkan banyak biaya, box bayi ini merupakan pilihan yang sempurna. Sudah dilengkapi dengan meja untuk ganti popok dan kelambu, Anda tidak perlu lagi membeli kebutuhan ini secara terpisah. Bahkan sudah terdapat musik dan getar juga, lho! Bayi Anda tidak akan mudah terbangun saat tertidur di box bayi ini.

Dengan desain yang simpel dan stylish, box bayi ini didukung juga oleh kerangka aluminium yang kuat. Sisi-sisi yang terbuka pada keempat sisinya akan membuat bayi Anda tidur dengan nyaman. Udara masih bisa lewat dengan mudah dan Anda dapat melihat bayi Anda dengan jelas melalui jaring jalanya.

9. Baby Does Bravada 1740

9. Baby Does Bravada 1740

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.035.000

Box bayi dengan 2 buah roda yang bisa dikunci, praktis dan aman!

Box bayi ini bisa sekaligus menjadi tempat bermain si kecil yang nyaman di rumah. Produk ini sudah dilengkapi dengan mainan untuk sarana bermain bayi Anda, serta tempat tidur yang bisa bergetar agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak. Bayi Anda pun akan mendapatkan kenyamanan saat bermain maupun saat tidur.

Saat si kecil mulai aktif bergerak, tentu Anda khawatir box bayi akan berubah posisi sendiri sehingga akan membahayakan si kecil. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi karena roda pada box bayi ini dapat dikunci sehingga bayi Anda dapat bermain dengan aman. Anda pun dapat melanjutkan aktivitas Anda dengan lebih tenang.

8. Hakari TTBA 066

8. Hakari TTBA 066

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.815.000

Kisi-kisi dapat diturunkan dengan satu tangan, meletakkan bayi menjadi lebih mudah!

Jika Anda sering menidurkan bayi Anda dengan kain gendongan, meletakkan bayi Anda pada tempat tidurnya tanpa membangunkan bayi Anda tentu akan terasa sulit karena Anda harus memindahkan bayi dengan hati-hati. Belum lagi saat pagar pengaman menghalangi dan sulit dibuka. Dengan box bayi ini, Anda akan lebih mudah saat meletakkan bayi karena kisi-kisi pengamannya dapat dibuka hanya dengan menggunakan satu tangan.

Dilengkapi dasar tempat tidur yang dapat diatur ketinggiannya, semakin memudahkan Anda saat meletakkan bayi Anda pada tempat tidurnya tanpa perlu mencederai pinggang Anda. Dibuat dari kayu ramin yang kuat dan cat yang teruji bebas dari racun sehingga aman digunakan si kecil untuk tidur dan bermain di dalamnya.

7. Pliko Masterpiece 1289 XLR

7. Pliko Masterpiece 1289 XLR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.320.000

Bayi tidur lebih nyenyak dengan kaki box bayi yang bisa diubah seperti kursi ayun

Seringkali saat bayi Anda sudah tertidur pulas pada box bayi, bisa tiba-tiba saja terbangun lagi. Tentu akan sangat repot menggendong bayi dari box bayi dan menidurkannya kembali. Dengan box bayi ini, Anda dapat mengatur kaki ayun yang sudah ada pada keranjang bayi ini sehingga dasar keranjang akan terangkat dan bisa Anda ayun-ayunkan ke kiri dan ke kanan seperti kursi ayun. Anda dapat menidurkan si kecil tanpa perlu mengangkatnya dari box bayi.

Dilengkapi dengan musik dan getaran, menambah kenyamanan tidur bayi Anda sehingga tidak mudah terbangun akibat suara berisik dari luar. Box bayi ini juga mudah dilipat karena mempunyai fitur tombol lipat yang hanya perlu Anda tekan untuk menutup playard ini.

6. Nuna Sena Aire

6. Nuna Sena Aire Suited Edition

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.899.000

Dengan ventilasi 360 derajat, aliran udara mengalir dengan baik dan segar!

Beberapa box bayi dengan jala seperti ini tidak mengaliri udara dengan baik sehingga kurang nyaman untuk bayi Anda tidur dalam jangka waktu yang lama. Namun, tidak begitu dengan produk ini. Box bayi ini memiliki desain cerdas dan canggih sehingga dapat mengalirkan udara dengan baik dari setiap sudut, setiap sisi jala, lantai, dan kasur.

Ventilasi pada bagian kasurnya juga didesain dengan baik sehingga akan mengusir suhu panas maupun kelembapan. Tempat tidur bayi Anda akan selalu terasa segar dan jauh dari jamur. Dengan kasur super nyaman dan tepian yang empuk, dijamin bayi Anda akan tidur dengan nyenyak di dalam box ini. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan produk modern dengan kualitas tinggi.

5. Babyminds Elle Baby Box

5. Babyminds Elle Baby Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.390.000

Box bayi dengan pengaturan ketinggian 3 tingkat, memudahkan Anda yang ingin tidur bersama bayi Anda!

Untuk Anda yang baru saja menjadi ibu, tentu Anda ingin selalu tidur berdekatan dengan bayi Anda agar bisa mengecek keadaannya setiap saat. Box bayi ini ideal untuk Anda karena bisa diatur sampai 3 tingkat ketinggian sehingga dapat Anda sejajarkan dengan tempat tidur dewasa, dan dirapatkan saat Anda ingin tidur bersama bayi Anda. Produk ini juga sudah dilengkapi tiang kelambu yang kokoh sehingga bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.

Box bayi yang terbuat dari kayu solid mahogani ini sangat kuat dan dapat menopang berat badan bayi hingga 40 kg sehingga dapat Anda gunakan hingga bayi Anda berusia 3 tahun. Standar keamanannya pun baik karena memiliki jarak kisi-kisi 6 cm dengan tebal kayu minimal 2,5 cm sehingga kepala bayi Anda tidak akan terjepit pada pagar.

4. Graco Pack n Play Contour Electra

4. Graco Pack n Play Contour Electra

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500.000

Praktis dan bayi tidur lebih nyaman dengan fitur getaran yang dapat diatur

Untuk Anda yang menginginkan box bayi yang praktis digunakan, box bayi ini bisa Anda pertimbangkan. Box bayi ini sangat cepat dan mudah untuk dilipat seperti payung dan mudah dipasang kembali. Meja ganti popoknya pun bisa dilepas pasang dan dilipat dengan mudah. Memiliki stabilitas sempurna karena didukung oleh 7 buah kaki, tetapi mudah juga untuk dipindah-pindahkan karena dilengkapi dengan roda pada salah satu sisinya.

Cukup lengkap karena sudah dilengkapi dengan mainan gantung, lampu malam, musik, dan fitur getar. Fitur getarannya pun istimewa karena dapat diatur dengan 2 kecepatan getaran. Kasur bayi Anda dapat bergetar dengan kecepatan yang sangat lembut sehingga akan menenangkan bayi Anda dengan sangat nyaman.

3. Joie Excursion Change & Bounce

3. Joie Excursion Change & Bounce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.000.000

Box bayi multifungsi, solusi sempurna untuk di rumah maupun saat liburan

Anda menginginkan produk cerdas yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tidur saja? Box bayi ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Produk ini sudah dilengkapi dengan kursi bermain yang terpasang pada box yang bisa digunakan untuk bayi bermain. Selain itu, produk ini juga bisa Anda ubah fungsinya menjadi bouncer, yang bisa Anda pindahkan kemana saja hanya dengan memasang kaki pada kursinya. Bahkan bouncer ini juga sudah dilengkapi dengan fitur getar!

Melepas dan memasangnya kembali pun sangat mudah dan aman dengan teknologi secure-click. Box bayi ini dapat dilipat dengan mudah dan kompak sehingga mudah untuk Anda bawa saat liburan. Saat bayi Anda ingin bermain di luar box, cukup lepaskan kursi bermain, ubah menjadi bouncer, lalu letakkan di lantai. Sangat multifungsi!

2. IKEA Solgul Ranjang Bayi

2. IKEA Solgul Ranjang Bayi 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.299.000

Box bayi yang cantik dengan standar keamanan ekstra

Box bayi ini memiliki desain tradisional ala Eropa yang cantik dan simpel. Dilapisi dengan cat akrilik berwarna putih sehingga cocok diletakkan pada ruangan bayi dengan warna cat dinding apapun. Mudah dipadu padankan juga dengan bermacam-macam motif seprai dan aksesori bayi. Dasar ranjang memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara sehingga memberi bayi Anda suasana tidur yang menyenangkan.

Box bayi ini benar-benar memperhatikan standar keamanannya. Semua permukaan ranjang bayi ini tidak mengandung zat beracun, setiap tepi dan sudut dibuat membulat sehingga tidak ada sisi yang tajam. Mengantongi sertifikasi keamanan standar Eropa EN dan Jepang CPSA, Anda tak perlu ragu lagi dengan kualitas dan keamanan produk ini.

1. Babybelle Winney Crib

1. Babybelle Winney Crib

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.063.200

Ingin box bayi yang dapat digunakan hingga remaja? Bisa, kok!

Bila selama ini Anda ragu untuk membeli box bayi karena tidak dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, box bayi ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Box bayi ini bisa Anda ubah ukurannya sehingga dapat digunakan sampai bayi Anda dewasa. Hanya cukup menambahkan alat konversi dan melepaskan pagarnya maka box bayi ini dapat dipakai sebagai kasur dewasa hingga usia 17 tahun! Menarik, bukan?!

Dengan desain klasik elegan dan 3 pilihan warna natural, box bayi ini terbuat dari kayu mahogani yang kuat, tahan lama, dan teruji bebas racun sehingga aman untuk bayi Anda. Posisi kasur juga dapat disesuaikan menjadi 3 tingkat ketinggian dan berukuran sangat besar sehingga bisa mengikuti perkembangan bayi Anda hingga remaja.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan box tempat tidur bayi yang menarik hati dan cocok untuk kebutuhan Anda? Karena ukuran dan fungsinya juga beragam sesuai dengan masing-masing produk, bayangkanlah dengan seksama kehidupan Anda dengan bayi Anda nantinya dan pilih yang dapat digunakan dengan maksimal sesuai kebutuhan Anda di rumah. Semoga artikel dari kami dapat membantu Anda.