10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2018)

Tahukah Anda bahwa jenis pena yang digunakan untuk menulis itu bermacam-macam? Hal yang membedakan bolpoin atau bolpen dari jenis pena lainnya adalah mekanisme pengeluaran tintanya. Banyak produsen alat tulis, seperti Faber Castell, Pilot, Mitsubishi, dan sebagainya, yang telah memproduksi bolpoin dengan berbagai fungsi dan keunggulan.

Meskipun banyak pilihan, pemilihan bolpoin memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk Anda yang sedang mencari bolpoin yang tepat untuk menulis di buku catatan, kami akan membantu Anda dengan mengulas poin yang perlu diperhatikan dalam memilihnya. Kami pun akan membahas 10 bolpoin terbaik versi kami.

Daftar isi

Cara memilih bolpoin untuk buku catatan

Tentunya kenyamanan menjadi faktor utama dalam memilih bolpoin, terutama bila Anda menggunakannya setiap hari. Hal ini termasuk kenyamanan ketika digunakan maupun kenyamanan saat dibawa. Berikut kami akan mengulas poin penting dalam memilihnya.

Pertimbangkan bentuk selongsong bolpoin

Selongsong bolpoin merupakan bagian yang menyelubungi isi bolpoin. Selongsong bolpoin akan mempengaruhi kenyamanan Anda menggunakan bolpoin. Setiap produsen membuat selongsong dengan bentuk dan desain yang berbeda. Walaupun desainnya menarik, sebaiknya Anda lebih memilih selongsong dari sisi kenyamanannya dalam digenggam. Selengkapnya, simak informasi berikut ini.

Pilihlah bolpoin dengan ketebalan selongsong yang nyaman digenggam

Pilihlah bolpoin dengan ketebalan selongsong yang nyaman digenggam

Banyak bolpoin yang dibuat dengan selongsong yang tebal atau tipis. Untuk buku catatan, bolpoin dengan selongsong yang tipis atau kecil memiliki nilai lebih karena dapat diselipkan di dalam buku catatan. Namun, Anda harus mempertimbangkan kenyamanannya saat digunakan untuk menulis. Bisa saja bolpoin sulit digenggam karena selongsongnya terlalu kecil. Utamakan memilih berdasarkan ukuran ketebalan yang pas dengan ukuran tangan dan genggaman demi kenyamanan Anda.

Pilihlah bolpoin dengan panjang selongsong yang nyaman dan pas dengan buku catatan

Pilihlah bolpoin dengan panjang selongsong yang nyaman dan pas dengan buku catatan

Selain ketebalan selongsong, panjang selongsong juga dapat mempengaruhi kenyamanan penggunaan. Bolpoin yang terlalu panjang tentunya lebih sulit digunakan. Pastikan panjang selongsong juga sesuai dengan ukuran tangan Anda agar lebih mudah digenggam dan digunakan. Di samping itu, Anda juga bisa mempertimbangkan panjang selongsong yang pas dengan panjang buku catatan Anda supaya bolpoin mudah diselipkan ke dalam buku catatan.

Pilihlah bolpoin dengan berat selongsong yang pas

Pilihlah bolpoin dengan berat selongsong yang pas

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah berat bolpoin. Sebagian bolpoin dibuat dengan selongsong yang berat. Anda juga pastinya sering menemukan bolpoin multifungsi dengan beberapa warna tinta dalam 1 produk. Bolpoin multifungsi ini biasanya berbobot lebih berat dibandingkan dengan bolpoin yang hanya memiliki 1 macam warna. Tentunya, semakin berat bolpoin, maka semakin cepat lelah tangan Anda ketika menggunakannya.

Pastikan Anda mengetahui perkiraan berat bolpoin yang nyaman untuk Anda gunakan. Bila memang Anda tak membutuhkan fungsi tambahan lain, bolpoin 1 warna yang hanya dapat berfungsi sebagai alat tulis lebih tepat untuk dipilih.

Pertimbangkan material selongsong bolpoin

Pertimbangkan material selongsong bolpoin

Beberapa material yang digunakan adalah resin sintetis seperti plastik, logam, dan material lain seperti kayu atau kertas. Plastik memiliki kelebihan dari bobotnya yang ringan serta tahan lama. Material logam juga memiliki kelebihan tahan lama. Selain itu, logam dapat memberikan kesan elegan dan mewah pada bolpoin. Namun, material ini memiliki kelemahan pada bobotnya yang lebih berat dibandingkan dengan plastik.

Walaupun jarang ditemui, ada beberapa bolpoin dengan selongsong berbahan kayu atau kertas. Material ini ringan dan mudah untuk diberikan desain tambahan, seperti logo atau pola tertentu sehingga tampilannya lebih menarik. Mudah untuk didaur ulang juga merupakan nilai lebih dari material kayu atau kertas. Akan tetapi, material ini kurang tahan lama dibandingkan dengan plastik atau logam.

Bolpoin dengan klip penjepit yang mudah diselipkan

Bolpoin dengan klip penjepit yang mudah diselipkan

Bolpoin yang dilengkapi dengan klip penjepit tentunya lebih mudah dibawa. Dengan adanya klip penjepit, bolpoin tidak akan mudah jatuh. Anda dapat menyelipkan dan menjepitkan bolpoin di dalam buku catatan. Jenis yang paling sering ditemukan adalah klip pegas. Klip ini mudah untuk digunakan serta memiliki daya yang kuat untuk menjepit sehingga tidak mudah lepas dan jatuh.

Memilih berdasarkan jenis bolpoin

Berdasarkan cara penggunaannya, bolpoin dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Jenis tombol atas atau knock yang mudah digunakan

Jenis tombol atas atau knock yang mudah digunakan

Bolpoin jenis ini memiliki tombol pada bagian atasnya. Penggunaannya mudah hanya dengan menekan tombol untuk mengeluarkan mata bolpoin. Anda dapat melakukannya hanya dengan 1 tangan saja. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati untuk tidak menekan tombol terlalu keras. Tekanan yang keras dapat menyebabkan tombol macet dan tersangkut.

Jenis tombol samping atau side knock untuk bolpoin dengan berbagai warna

Jenis tombol samping atau side knock untuk bolpoin dengan berbagai warna

Mirip dengan jenis tombol atas, bolpoin ini dilengkapi dengan tombol untuk mengeluarkan atau memasukkan mata bolpoin. Bedanya, tombol terletak pada bagian samping selongsong. Umumnya, bolpoin jenis tombol atas hanya untuk bolpoin 1 warna, sedangkan bolpoin jenis tombol samping untuk bolpoin dengan lebih dari 1 warna. Pada bolpoin lebih dari 1 warna, masing-masing tombol akan berwarna senada dengan warna tintanya.

Jenis pendulum dengan 2 tombol berbeda yang antimacet

Jenis pendulum dengan 2 tombol berbeda yang antimacet

Bolpoin jenis pendulum memiliki 2 cara berbeda untuk mengeluarkan dan memasukkan mata bolpoin. Bolpoin ini memiliki tombol pada bagian atas untuk mengeluarkan mata bolpoin. Tombol pada bagian samping selongsong dapat digunakan untuk memasukkan kembali mata bolpoin. Karena menggunakan 2 tombol, bolpoin jadi lebih tidak mudah tersangkut atau macet.

Jenis dengan tutup yang mencegah tinta tidak cepat kering

Jenis dengan tutup yang mencegah tinta tidak cepat kering

Berbeda dengan jenis lainnya, bolpoin jenis ini memiliki bagian terpisah, yaitu penutupnya. Bagian penutup ini akan melindungi mata bolpoin sehingga tintanya tidak cepat kering.

Jenis putar untuk Anda yang sering kehilangan tutup bolpoin

 Jenis putar untuk Anda yang sering kehilangan tutup bolpoin

Bila Anda sering kehilangan bagian penutup, sebaiknya Anda menggunakan bolpoin jenis knock atau bolpon jenis putar ini. Badan selongsong bolpoin dapat diputar untuk mengeluarkan dan memasukkan kembali mata bolpoin.

Memilih berdasarkan jenis tinta

Secara umum, ada 3 jenis tinta yang digunakan, yaitu tinta gel, aqueous ink, dan tinta berbahan dasar minyak. Untuk mencegah tinta berantakan atau meluber, pastikan pemilihan tinta sesuai dengan jenis kertas yang Anda gunakan.

3 jenis tinta yang umum digunakan sebagai alat tulis

3 jenis tinta yang umum digunakan sebagai alat tulis

Tinta jenis aqueous merupakan salah satu jenis tinta yang kurang cocok digunakan untuk menulis pada kertas buku catatan. Tinta ini berbahan dasar air yang biasanya tahan lama dan tidak cepat habis. Kelebihan lain dari tinta ini adalah memudahkan menulis dengan lancar dan dapat menonjolkan goresan warna yang dihasilkan. Namun, tinta ini tidak bersifat tahan air sehingga mudah luntur atau pudar. Dibandingkan dengan tinta aqueous, tinta berbahan dasar minyak lebih unggul karena tidak mudah luntur atau pudar.

Jenis tinta lainnya adalah tinta gel yang memiliki kelebihan dari 2 jenis tinta lainnya. Kelebihan tersebut adalah mudah digunakan dan tahan air. Hanya saja tinta gel lebih cepat habis dibandingkan dengan tinta aqueous.

Bila Anda ingin catatan yang Anda tulis tahan lama, tidak disarankan menggunakan tinta jenis aqueous atau tinta yang dapat dihapus. Tinta berbahan dasar minyak dapat menjadi solusi yang tepat.

Jenis tinta yang cocok untuk kertas buku catatan

Jenis tinta yang cocok untuk kertas buku catatan

Walaupun lebih lancar dan nyaman digunakan, kekurangan dari tinta berbahan dasar air, yaitu mudah pudar dan meluber menjadikannya kurang cocok untuk menulis di buku catatan. Apalagi biasanya buku catatan langsung ditutup setelah menulis. Walaupun goresan warnanya kurang menonjol, tinta yang mudah kering, seperti tinta berbahan dasar minyak lebih diunggulkan. Apalagi jenis tinta ini juga tidak mudah membuat tulisan Anda tembus ke halaman kertas berikutnya.

Memilih berdasarkan ukuran mata bolpoin

Memilih berdasarkan ukuran mata bolpoin

Sama seperti tinta, ukuran dari mata bolpoin dapat menentukan kenyamanan menulis dan juga goresan yang dihasilkan. Mata bolpoin dengan ukuran 0,3 sampai 0,5 mm akan lebih mudah dipakai menulis pada kertas bergaris atau untuk membuat goresan tipis karena matanya yang kecil. Bila Anda menginginkan goresan yang lebih tebal, Anda dapat menggunakan mata yang lebih besar, yaitu lebih dari 0,5 mm.

Agar Anda menjatuhkan pilihan yang tepat, tidak ada salahnya kalau Anda mencari informasi melalui review konsumen atau pengguna lain sebelum memilih bolpoin. Bila membelinya di toko konvensional, umumnya Anda juga diperbolehkan mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan bolpoin nyaman dan mudah untuk Anda gunakan.

10 Rekomendasi bolpoin terbaik untuk buku catatan

Selain mengulas faktor-faktor yang dapat dipertimbangkan untuk memilih bolpoin, kami akan memaparkan 10 produk bolpoin terbaik. Semua produk memiliki keunggulan masing-masing. Tugas Anda hanyalah mencari yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Faber-Castell NEO Slim Ball Pen With Stylus Stainless Steel, Shiny

10. Faber-Castell NEO Slim Ball Pen With Stylus Stainless Steel, Shiny

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Bisa untuk buku catatan sekaligus perangkat elektronik

Selain buku catatan, perangkat elektronik, seperti laptop atau tablet kini sudah umum digunakan juga untuk menyimpan catatan informasi atau data. Produk dari Faber-Castell ini akan berguna untuk Anda yang tidak hanya mencatat di buku catatan, tetapi juga perangkat elektronik berlayar sentuh karena bolpoin ini juga dapat berfungsi sebagai stylus.

Bolpoin ini tetap dapat menghasilkan goresan yang nyata tanpa tersendat dengan tinta berbasis gel. Selain nyaman digunakan, goresannya pun lebih tahan lama. Bolpoin Faber-Castell ini memiliki selongsong berbahan stainless steel dengan pengait pegas. Karena ukurannya ramping, diselipkan pada buku catatan tak akan membuatnya terlihat bulky.

9. Parker Jotter Stainless Steel Retractable Ballpoint Pen with Chrome Trim Medium Point

9. Parker Jotter Stainless Steel Retractable Ballpoint Pen with Chrome Trim Medium Point

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 153.000

Hadiah yang elegan untuk orang yang spesial

Apakah Anda ingin mencari hadiah bolpoin untuk orang yang spesial? Bila ya, Anda bisa menjadikan bolpoin dari Parker ini sebagai pilihan. Bolpoin Parker Jotter memiliki desain yang elegan dengan selongsong stainless steel. Di samping itu, bolpoin ini dilengkapi juga dengan kotak yang menjadikannya sangat pas untuk diberikan sebagai hadiah.

Memiliki mata yang berukuran medium, bolpoin ini menghasilkan goresan cukup tebal. Untuk mengeluarkan mata bolpoin, Anda hanya perlu menekan tombol pada bagian atasnya. Bolpoin ini juga dilengkapi dengan klip penjepit. Selain berguna untuk menjepitkan bolpoin pada buku catatan, klip ini juga memiliki desain cantik yang menambah keunikan bolpoin.

8. Zebra Multifunction Pen A4C

8. Zebra Multifunction Pen A4C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.000

Tak perlu gonta-ganti bolpoin untuk menulis dengan warna tinta berbeda

Bolpoin tombol samping dari Zebra A4C memiliki 4 warna sekaligus, yaitu biru, hitam, hijau, dan merah. Maka dari itu, bolpoin ini wajib dimiliki oleh Anda yang sering menulis menggunakan bolpoin dengan warna berbeda. Tak perlu lagi gonta-ganti bolpoin karena semua warna yang Anda butuhkan sudah tersedia dalam 1 produk, bolpoin A4C ini.

Bolpoin bermata ukuran 0,7 mm ini menggunakan teknologi tinta semi gel yang memiliki keunggulan tinta berbasis air dan minyak. Dengan keunggulan tinta ditambah selongsong plastiknya yang ringan, Anda dapat menulis lancar dan nyaman. Klip penjepit yang terbuat dari logam tidak mudah patah. Jepit berkali-kali pun tak masalah.

7. Pilot Frixion Slim

7. Pilot Frixion Slim

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Mengoreksi tulisan lebih rapi dengan tinta yang dapat dihapus

Pernahkah Anda merasa terganggu karena buku catatan Anda tidak rapi akibat banyaknya koreksi dengan cairan penghapus? Belum lagi, Anda harus menunggu hingga cairan penghapus kering sebelum menulis ulang di atasnya. Dengan tinta yang dapat dihapus menggunakan penghapus pada pangkal bolpoin, produk ini akan membuat catatan Anda lebih rapi.

Dengan selongsong plastik, bolpoin ramping ini difungsikan dengan cara menekan tombol sampingnya. Mata bolpoinnya yang kecil, yaitu 0,38 mm dapat menghasilkan goresan tipis yang terlihat rajin. Tinta bolpoin berbasis gel dan merupakan tinta khusus yang sensitif terhadap suhu sehingga dapat dihapus dengan bersih. Apakah Anda tertarik mencobanya?

6. Ballpoint 5 in 1

6. Ballpoint 5 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Bolpoin serbaguna dengan 5 fungsi untuk berbagai kegiatan

Produk ini akan menarik perhatian Anda, terutama bila Anda sering memberikan presentasi saat rapat, mengajar, maupun ketika menunjuk sesuatu dari jarak jauh. Berbeda dari bolpoin lainnya, bolpoin ini memiliki 5 fungsi sekaligus. Anda dapat memanfaatkan 2 fungsi pointer, laser, dan antena untuk membantu Anda memberikan presentasi.

Agar fungsi bolpoinnya tetap baik, bagian mata pena dilengkapi dengan penutup. Hal ini membuat tinta tetap terjaga dan tidak cepat kering. Dengan klip, Anda dapat menjepitkannya pada buku catatan sehingga bolpoin tidak mudah hilang. Selongsong aluminiumnya pun lebih awet, tetapi ringan. Anda tidak akan merasa terbebani ketika harus mengantonginya.

5. Zebra Jimnie Retractable

5. Zebra Jimnie Retractable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500

Tak takut cepat kehabisan tinta dengan tinta berbasis minyak yang awet!

Kami merekomendasikan bolpoin Zebra Jimnie untuk Anda yang sangat sering menggunakan bolpoin. Memiliki mata bolpoin medium, bolpoin knock ini menggunakan teknologi tinta berbasis minyak. Hasilnya, selain tidak mudah luntur, tinta bolpoin dengan comfort grip ini pun cenderung lebih awet dan tidak cepat habis tintanya.

Bentuk selongsong bolpoin yang besar akan memudahkan Anda untuk menggenggam bolpoin. Apalagi material selongsong yang berupa plastik ringan. Anda bisa memanfaatkan bagian selongsong yang tembus pandang untuk memantau sisa tinta yang tersedia. Tak ada lagi lupa mengganti bolpoin yang kehabisan tinta saat menulis catatan.

4. Faber-Castell Ballpen Speedx 1.0 mm

4. Faber-Castell Ballpen Speedx 1.0mm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.500

Menulis catatan lebih cepat tanpa tersendat

Faber-Castell selalu memastikan produknya memiliki keunggulan. Salah satu produk Faber-Castell ini memiliki selongsong plastik yang dilengkapi dengan bantalan karet untuk genggaman yang lebih nyaman. Kenyamanan yang juga ditunjang dengan teknologi tinta ciamik. Tintanya dirancang agar lebih lancar digunakan untuk menulis tanpa tersendat.

Melihat keunggulannya, tentunya bolpoin dari Faber-Castell ini akan membantu Anda yang ingin menulis dengan cepat. Selain tintanya yang lebih lancar, bolpoin Speedx juga dilengkapi dengan penutup yang menjaga tinta tidak kering dan macet. Dengan ukuran matanya yang besar, goresan yang dihasilkan jelas meskipun Anda menulis dengan cepat.

3. Pilot Dr Grip 4+1

3. Pilot Dr Grip 4+1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.415

Kebutuhan menulis terlengkapi dengan bolpoin sekaligus pensil

Produk ini merupakan bolpoin yang dapat diandalkan bagi Anda yang tidak ingin repot membawa banyak alat tulis. Selain berfungsi sebagai bolpoin, Anda juga bisa menggunakanya sebagai pensil mekanik. Dengan menekan tombol pada bagian samping, Anda bisa mengganti fungsi dari bolpoin ini. Kebutuhan alat tulis Anda pun terlengkapi dengan 1 produk.

Pilot Dr Grip 4+1 ini menggunakan tinta berbahan dasar minyak dengan bagian mata bolpoin memiliki ukuran 0,5 mm. Bila tintanya habis, Anda hanya perlu membeli isi ulangnya saja. Tanpa klip penjepit, selongsong bolpoin berlapis karet di ujungnya ini memiliki ukuran yang cukup besar untuk menyesuaikan dengan genggaman Anda.

2. Faber-Castell Ballpen GRIP XP5 0,5

2. Faber-Castell Ballpen GRIP XP5 0,5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.700

Nyaman digunakan dengan harga yang terjangkau

Produk lainnya yang kami rekomendasikan adalah Faber-Castell Ballpen GRIP XP5. Dari namanya saja, Anda tentunya sudah dapat menebak keunggulan produk ini. Bolpoin berukuran 0,5 mm ini memiliki selongsong plastik yang berbentuk segitiga. Bentuknya menyesuaikan dengan genggaman tangan ketika menulis. Akibatnya, bolpoin lebih nyaman digunakan.

Di samping bentuk selongsong, bolpoin knock ini juga dilengkapi dengan bantalan karet yang menambah kenyamanan. Nah, untuk masalah tinta, Anda akan terpuaskan dengan kualitas tinta yang cepat kering dan tahan air. Apabila Anda menginginkan produk terjangkau dengan kualitas dan kenyamanan tak mengecewakan, bolpoin inilah jawabannya.

1. Mitsubishi UNI-Ball Jetstream SXN-101FL-05

1. Mitsubishi UNI-Ball Jetstream SXN-101FL-05

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.900

Teknologi tinta untuk goresan lebih awet dalam jangka waktu lama

Akibat sudah lama disimpan, biasanya tulisan pada buku catatan lama menjadi pudar dan sulit dibaca. Hal ini tentunya akan menyulitkan ketika Anda ingin membaca informasi lama yang telah ditulis. Dengan terobosan teknologi tintanya, bolpoin knock atas Mitsubishi UNI-Ball ini wajib Anda miliki terutama bila Anda menginginkan tulisan Anda tahan lama.

Yang membuat tinta bolpoin dengan ukuran 0,5 mm ini istimewa adalah sifatnya yang tahan cahaya, air, alkohol, asam klorida, maupun amonium hidroksida. Dengan begitu, tinta akan lebih awet dan tidak cepat pudar. Selongsong plastiknya yang ramping dan disertai dengan klip tersedia dalam beberapa warna pastel cantik yang membuatnya tampil menarik.

Kesimpulan

Memilih bolpoin tampaknya mudah. Namun, banyaknya jenis bolpoin yang tersedia dan spesifikasi yang beragam mengakibatkan perlunya pertimbangan dalam memilih bolpoin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai kegiatan mencatat menjadi terhambat karena Anda tidak sengaja memilih bolpoin yang tidak nyaman digunakan.

Jajaran produk yang kami rekomendasikan pun memiliki keunggulannya masing-masing, baik dari fungsi, harga, jenis tinta, maupun kenyamanan. Anda tinggal memilih produk dengan spesifikasi yang tepat untuk Anda. Kami harap tips dari kami dapat membantu Anda menemukan gambaran sekaligus produk yang tepat untuk Anda gunakan.