• 10 Rekomendasi Ballpoint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Ballpoint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Ballpoint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Ballpoint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Ballpoint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Ballpoint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda sedang mencari ballpoint untuk melengkapi buku catatan yang Anda miliki? Ada banyak sekali ballpoint yang bisa dipilih. Anda dapat menemukan produk yang menggunakan bermacam tinta seperti tinta minyak dan tinta gel. Kemudian, ada juga ballpoint yang ukuran dan cara penggunaannya berbeda. Nah, salah satu poin penting untuk dipertimbangkan adalah kenyamanan saat menggunakannya.


Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih ballpoint yang bagus. Beberapa merek bolpoin terbaik, seperti Faber-Castell, Joyko dan PARKER juga akan kami rekomendasikan. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Juli 2022
Daftar isi

Apa itu ballpoint?

Jika dilihat secara sekilas, bolpoin mirip dengan jenis pulpen pada umumnya. Meskipun fungsinya sama, ternyata bentuk dan desainnya berbeda, lho. Perbedaannya terletak pada bentuk ujung pulpen yang tak sama.


Bolpoin adalah alat tulis yang memiliki bola besi bulat atau tumpul di bagian ujungnya. Tintanya pun ada yang bisa diisi ulang dan ada yang tidak. Tak hanya itu, saat ini cukup banyak bolpoin yang dapat dihapus. Warna tinta yang ditawarkan juga cukup beragam. Anda pun bisa menggunakannya untuk menulis catatan, laporan, ataupun tanda tangan. Tinggal pilih saja bolpoin yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara memilih ballpoint

Bolpoin merupakan salah satu alat tulis yang mungkin Anda gunakan setiap hari. Efisiensi dan kenyamanan saat menggunakannya adalah faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih bolpoin. Di bawah ini, kami akan membahas lebih lanjut cara memilih bolpoin yang tepat.

Periksalah jenis tinta yang digunakan

Ada dua jenis tinta yang banyak digunakan untuk bolpoin, yaitu tinta berbasis minyak dan tinta gelLalu, apa saja karakteristik dari tiap-tiap jenis tinta tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Tinta minyak: Tidak mudah kotor dan luntur

Tinta minyak: Tidak mudah kotor dan luntur

Bolpoin dengan tinta minyak sangat bisa diandalkan untuk menulis di kertas tipis. Alasannya karena jenis ini tidak mudah melebar dan mengotori kertas. Tinta minyak juga mampu mengering dengan cepat. Alhasil, Anda tidak perlu khawatir tintanya menempel ke halaman lainnya saat langsung menutup buku.


Selain itu, tinta minyak tidak mudah pudar dalam jangka waktu yang lama. Tulisan Anda tidak akan terhapus meski kertas terkena air. Anda ingin menuliskan dokumen penting yang akan digunakan dalam waktu yang lama? Produk dengan tinta minyak adalah solusi yang paling aman.

Tinta gel: Gabungan keunggulan tinta minyak dan tinta cair

Tinta gel: Gabungan keunggulan tinta minyak dan tinta cair

Tinta jenis ini memiliki karakteristik seperti gabungan dari tinta minyak dan tinta cair. Tinta gel tahan terhadap air seperti tinta minyak, tetapi memiliki efek berair dan halus seperti tinta cair. Dari segi penggunaannya juga cukup mudah karena tintanya mengalir dengan lancar. Sayangnya, tinta jadi lebih cepat habis.


Baru-baru ini tinta berbasis gel yang dapat dihapus juga sangat populer. Tinta ini memungkinkan Anda untuk menghapus tulisan yang telah dibuat. Anda tidak perlu khawatir saat terjadi kesalahan menulis. Anda bisa menghapus tulisan yang keliru dan menulis kembali dengan nyaman. Namun, Anda perlu berhati-hati karena tintanya dapat menghilang ketika terkena panas.

Pastikan memilih tip size yang sesuai dengan kebutuhan

Pastikan memilih tip size yang sesuai dengan kebutuhan

Selanjutnya, Anda juga perlu memilih tip size bolpoin yang sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, bagian ujung bolpoin memiliki ukuran sekitar 0,3 mm hingga 1,0 mm. Nah, agar tulisan Anda makin rapi dan indah, kami akan memberikan gambaran tip size yang bisa Anda pilih.


  • Tip size kurang dari 0,5 mm sangat cocok untuk membuat tulisan berukuran kecil.

  • Tip size sekitar 0,5–0,7 mm lebih cocok dipakai untuk menulis sehari-hari, seperti catatan sekolah atau untuk urusan pekerjaan.

  • Tip size lebih dari 0,7 mm ideal untuk menulis huruf yang tebal, seperti tanda tangan atau catatan penting.

Pilih warna tinta yang pas

Saat ini, warna tinta bolpoin di pasaran sangat beragam, mulai dari warna gelap hingga warna yang mencolok. Tentunya, pemilihan warna tinta bisa Anda sesuaikan dengan tujuan menulis.

Jika ingin memakai bolpoin untuk menghias catatan agar makin apik, pilihlah warna yang cerah, seperti oranye atau pink. Sementara itu, pilihlah warna tinta yang netral, seperti hitam dan biru, apabila Anda memakainya untuk bekerja atau sekolah.

Ketahui jenis-jenis ballpoint berdasarkan cara menutupnya

Selain itu, terdapat tiga jenis bolpoin berdasarkan cara menutupnya, yaitu knock down, twist, dan jenis yang menggunakan penutup. Kami akan memperkenalkan kepada Anda perbedaan dari ketiganya.

Tipe knock down: Dapat mengeluarkan tip dengan cepat

Tipe knock down: Dapat mengeluarkan tip dengan cepat

Pada bolpoin tipe ini Anda tinggal menekan bagian belakang bolpoin dengan satu tangan untuk mengeluarkan atau memasukkan tip-nya. Tipe knock down ini sangat mudah digunakan, bahkan ketika Anda sedang terburu-buru. Nah, Anda bisa memilih jenis bolpoin ini jika ingin menulis dengan lebih cepat dan nyaman.

Tipe twist: Menjaga tip tetap tertutup

Tipe twist: Menjaga tip tetap tertutup

Bolpoin jenis twist yang bagian bodinya bisa diputar, cenderung lebih aman untuk menutup tip bolpoin. Tip tidak akan keluar akibat benturan apa pun karena cara mengeluarkannya adalah dengan memutar bagian bodi. Alhasil, tip bisa tertutup sempurna, Anda pun tidak perlu khawatir tintanya bocor dan mengotori tas atau saku.

Tipe berpenutup: Memberikan kesan profesional dan berkelas

Tipe berpenutup: Memberikan kesan profesional dan berkelas

Bagi Anda yang ingin kondisi bolpoin lebih terjaga dan awet, pilihlah produk yang dilengkapi tutup terpisah. Tutup bolpoin akan melindungi tip sehingga tidak terkena benturan. Selain itu, tintanya pun tidak mudah mengering.


Bolpoin dengan penutup juga bisa memberikan kesan profesional dan berkelas saat dibawa ke pertemuan bisnis. Sayangnya, bolpoin semacam ini kurang praktis karena tutupnya harus dibuka terlebih dahulu.

Pertimbangkan ballpoint berdiameter ±10 mm atau dilengkapi klip untuk kenyamanan menulis

Pertimbangkan ballpoint berdiameter ±10 mm atau dilengkapi klip untuk kenyamanan menulis

Sebagian besar bolpoin berdiameter antara 10–13 mm. Bolpoin berdiameter 10 mm adalah ukuran yang paling ideal untuk disimpan atau dikeluarkan dari saku buku. Meski bolpoin tipis banyak tersedia, memeriksa diameter tetap dianjurkan jika Anda ingin menyimpannya dalam saku buku. Sayangnya, informasi mengenai diameter bolpoin masih cukup minim.


Selain itu, kami juga merekomendasikan bolpoin yang dilengkapi dengan klip jika Anda sangat sering menulis. Anda bisa menggunakan klip tersebut untuk menyelipkan bolpoin pada sampul buku.

Cek material bodi ballpoint

Cek material bodi ballpoint

Ada berbagai jenis material badan bolpoin yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, bahan yang paling populer untuk membuat bodi bolpoin adalah plastik dan logam. Mari baca poin singkat di bawah ini untuk mengetahui karateristiknya.


  • Plastik

Keunggulan bolpoin dari plastik adalah materialnya ringan dan tahan lama. Selain itu, variasi warna yang ditawarkan juga sangat beragam. Anda pun jadi lebih leluasa memilih warna yang disukai.


  • Logam

Bolpoin berbahan logam memiliki bobot yang berat sehingga Anda bisa menulis dengan stabil. Salah satu jenis logam yang sering digunakan adalah stainless steel. Jika terkena percikan air, bahan ini tidak akan mudah berkarat.

10 Rekomendasi ballpoint terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk ballpoint terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 16 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Mitsubishi Pencil UNI-Ball Jetstream 101 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa PARKER Jotter Ballpoint Pen memiliki angka penjualan tertinggi.

10

Faber-CastellBall Pen Stylus Neo Slim Black Matt, Chrome

342310

Mulai dari Rp 454.100,00

Jenis tintaCair
Warna tintaHitam
Material bodiStainless steel
Tip sizeTidak disebutkan
Cara menutup tipTwist
Klip✔️
9
Jenis tintaTidak disebutkan
Warna tintaHitam dan merah
Material bodiMetal
Tip size0,5 mm
Cara menutup tipKnock down
Klip✔️
8
Jenis tintaGel
Warna tintaHitam, merah, biru
Material bodiPlastik
Tip size0,4 mm dan 0,5 mm
Cara menutup tipKnock down
Klip✔️
7

UniballBoxy Waterproof-Fadeproof Pen

UB-105

Mulai dari Rp 13.000,00

Jenis tintaTidak disebutkan
Warna tintaHitam, biru, merah
Material bodiTidak disebutkan
Tip size0,5 mm
Cara menutup tipMenggunakan penutup
Klip✔️
6
Jenis tintaMinyak
Warna tintaHitam, biru
Material bodiPlastik
Tip size0,7 mm dan 1,0 mm
Cara menutup tipKnock down
Klip✔️
5
Jenis tintaTidak disebutkan
Warna tintaHitam
Material bodiTidak disebutkan
Tip sizeTidak disebutkan
Cara menutup tipTwist
Klip✔️
4
Jenis tintaSemigel
Warna tintaHitam, merah, biru
Material bodiTidak disebutkan
Tip size0,7 mm
Cara menutup tipKnock down
Klip✔️
3
Jenis tintaTidak disebutkan
Warna tintaHitam
Material bodiTidak disebutkan
Tip size0,7 mm
Cara menutup tipMenggunakan penutup
Klipx
2
Jenis tintaGel
Warna tinta20 varian warna
Material bodiPlastik
Tip size0,38 mm
Cara menutup tipKnock down (samping)
Klipx
1

PARKERJotter Ballpoint Pen

2068358

Mulai dari Rp 125.000,00

Jenis tintaGel
Warna tintaBiru
Material bodiStainless steel
Tip sizeTidak disebutkan
Cara menutup tipKnock down
Klip✔️

Tabel perbandingan produk ballpoint terbaik

Gambar produk
1
PARKER Jotter Ballpoint Pen 1

PARKER

2
Pilot FriXion Slim 1

Pilot

3
FASTER Ballpoint C-8000 12 Pcs 1

FASTER

4
SNOWMAN Ball Pen V-5 1

SNOWMAN

5
Joyko Pointer  1

Joyko

6
Zebra Jimnie Retractable 1

Zebra

7
Uniball Boxy Waterproof-Fadeproof Pen 1

Uniball

8
Zebra Sarasa Mark On Gel Pen 1

Zebra

9
STANDARD Pen Frontline 3-in-1 1

STANDARD

10
Faber-Castell Ball Pen Stylus Neo Slim Black Matt, Chrome 1

Faber-Castell

Nama produk

Jotter Ballpoint Pen

FriXion Slim

Ballpoint C-8000 12 Pcs

Ball Pen V-5

Pointer

Jimnie Retractable

Boxy Waterproof-Fadeproof Pen

Sarasa Mark On Gel Pen

Pen Frontline 3-in-1

Ball Pen Stylus Neo Slim Black Matt, Chrome

Keunggulan

Packaging-nya eksklusif, gratis gravir nama pula

Tinta bisa dihapus, tulisan mudah dikoreksi

Dapatkan satu lusin ballpoint dengan harga ekonomis

Grip-nya bikin nyaman menulis dalam waktu lama

Bolpoin serbaguna dengan empat fungsi sekaligus

Tak perlu takut kehabisan tinta lagi!

Menggunakan pigment ink, cegah tulisan menjadi kuning

Goresan tetap solid dan aesthetic meski ditimpa highlighter

Ballpoint dan pensil dalam satu genggaman

Bisa untuk buku catatan sekaligus perangkat elektronik

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 22.100,00Rp 20.000,00Rp 3.025,00Rp 30.000,00Rp 8.000,00Rp 13.000,00Rp 25.300,00Rp 60.000,00Rp 454.100,00
Jenis tintaGelGelTidak disebutkanSemigelTidak disebutkanMinyakTidak disebutkanGelTidak disebutkanCair
Warna tintaBiru20 varian warnaHitamHitam, merah, biruHitamHitam, biruHitam, biru, merahHitam, merah, biruHitam dan merahHitam
Material bodiStainless steelPlastikTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPlastikTidak disebutkanPlastikMetalStainless steel
Tip sizeTidak disebutkan0,38 mm0,7 mm0,7 mmTidak disebutkan0,7 mm dan 1,0 mm0,5 mm0,4 mm dan 0,5 mm0,5 mmTidak disebutkan
Cara menutup tipKnock downKnock down (samping)Menggunakan penutupKnock downTwistKnock downMenggunakan penutupKnock downKnock downTwist
Klip✔️xx✔️✔️✔️✔️✔️✔️✔️
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat tulis lainnya di sini

Ada banyak jenis alat tulis lainnya yang bisa Anda coba untuk keperluan sekolah atau bekerja. Ada pulpen fountain, pensil mekanik, dan buku agenda. Langsung saja klik tautan di bawah ini untuk membaca rekomendasi produk-produk terbaiknya.

Kesimpulan

Memilih bolpoin tampaknya mudah. Namun, banyaknya jenis produk yang tersedia dan spesifikasi yang beragam mengakibatkan perlunya pertimbangan dalam memilih bolpoin yang pas. Jangan sampai kegiatan menulis jadi terhambat karena Anda memilih bolpoin yang tidak nyaman digunakan.


Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Anda menemukan bolpoin yang tepat. Untuk memudahkan Anda, gunakanlah produk-produk yang telah kami rekomendasikan di atas sebagai acuan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen menjadi salah satu alat tulis yang wajib dimiliki oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Ada banyak jenis pulpen dengan beragam variasi tinta, model, dan juga keunggulan. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen terbaik untuk berbagai kebutuhan.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi merek pulpen yang bagus untuk Anda. Anda dapat menemukan produk dari ZEBRA, Faber-Castell, juga Parker dalam rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukan pulpen terbaik!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel adalah alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen yang Bisa Dihapus Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen yang Bisa Dihapus Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin catatan lebih rapi tanpa coretan, tetapi tak suka menyerut pensil? Mengapa tidak mencoba pulpen yang bisa dihapus? Tinta erasable pen dapat dihapus dengan panas dari gesekan, lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah menulis. Namun, ada banyak ragam produknya di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Tenang saja, kali ini kami akan berbagi rekomendasi pulpen yang bisa dihapus dari berbagai merek terbaik. Anda bisa menemukan pulpen yang bagus, seperti Pilot Frixion dan Joyko Shokyo. Sebelumnya, kami akan mengulas tips memilihnya untuk Anda. Selamat menyimak!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Correction tape, disebut juga tipe x kertas atau stipo kertas, berguna untuk menghapus tulisan dan cetakan yang salah. Ada berbagai merek correction tape yang dapat Anda temukan, seperti Tombow, Faber-Castell, Debozz, dan Joyko. Setiap merek tentunya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing.Namun, Anda mungkin kebingungan memilih produk yang sesuai. Karena itu, kami ingin menjelaskan beberapa cara memilih yang harus diperhatikan sebelum membeli. Kami juga akan mencantumkan beberapa rekomendasi produk untuk membantu Anda menemukan correction tape yang bagus. Simak tips-tips di bawah ini sampai tuntas, ya!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Papan Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Papan Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Papan tulis sering kali Anda temui di berbagai tempat, baik di sekolah maupun di kantor. Papan tulis akan membantu Anda menyampaikan materi untuk banyak orang. Meski sudah ada proyektor, fungsi papan tulis tetap tak tergantikan. Anda dapat menemukan papan tulis kaca, whiteboard, dan papan tulis hitam.Sebenarnya, papan tulis dapat Anda gunakan di mana saja, termasuk di rumah dan outdoor. Kali ini kami akan memberikan tips memilih papan tulis yang bagus. Simak juga rekomendasi papan tulis terbaik dari merek Joyko hingga Deli dalam berbagai kisaran harga serta ukuran. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Penggaris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meski penggaris online dan aplikasi penggaris di HP sudah marak, penggaris yang bagus masih banyak dicari. Bukan hanya arsitek atau pekerja bidang teknik sipil, penggaris banyak dipakai dalam keseharian. Karena itu, penggaris siku, penggaris besi, penggaris busur, dan sebagainya, sebaiknya tersedia di meja kerja Anda.Selain penggaris 30 cm, macam-macam penggaris dijual di pasaran, baik dari berbagai variasi ukuran, bentuk, maupun bahan. Kali ini, kami akan membahas tips memilih penggaris dan rekomendasi produk-produk penggaris terbaik untuk Anda. Merek berkualitas, seperti Joyko, Maped, Butterfly, dan lainnya pun akan turut diulas.
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori