• 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bolpoin Terbaik untuk Buku Catatan (Terbaru Tahun 2020)

Anda sedang mencari bolpoin untuk melengkapi buku catatan yang Anda miliki? Ada banyak sekali bolpoin yang bisa dipilih, mulai dari yang menggunakan bermacam tinta seperti minyak dan frixion, serta yang ukuran dan cara penggunaannya berbeda. Salah satu poin penting untuk dipertimbangkan adalah kenyamanan saat menggunakannya.


Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih bolpoin yang cocok untuk buku catatan Anda. Beberapa merek terkenal, seperti Faber-Castell, Pilot, dan Zebra juga akan kami rekomendasikan, lho! Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis dan dapatkan bolpoin yang paling pas untuk Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 26 Juni 2020
  • 6.964 Views
Daftar isi

Cara memilih bolpoin untuk buku catatan

Bolpoin adalah salah alat tulis yang mungkin Anda gunakan setiap hari, apalagi jika Anda termasuk orang yang rajin menulis di buku catatan. Efisiensi dan kenyamanan saat menggunakannya adalah faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih bolpoin. Di bawah ini, kami akan membahas lebih lanjut cara memilih bolpoin yang tepat.

Periksalah jenis tinta yang digunakan

Ada tiga jenis tinta yang lazim digunakan untuk bolpoin, yaitu tinta berbasis minyak, tinta gel, dan tinta cair. Tinta minyak dan gel lebih direkomendasikan untuk buku catatan. Kedua jenis tinta ini bisa memberikan hasil tulisan yang mulus dan tidak mudah menembus kertas.

Tinta minyak: Tidak mudah kotor dan luntur

Tinta minyak: Tidak mudah kotor dan luntur

Bolpoin dengan tinta minyak sangat bisa diandalkan untuk buku catatan Anda. Tinta ini ideal untuk menulis di kertas tipis karena tidak mudah melebar dan mengotori kertas. Tinta minyak juga mengering dengan cepat sehingga Anda tidak perlu khawatir tintanya menempel ke halaman lainnya saat langsung menutup buku.


Selain itu, tinta minyak tidak mudah pudar dalam jangka waktu yang lama. Tulisan Anda tidak akan terhapus meski kertas terkena air. Jika Anda ingin menuliskan dokumen penting yang akan digunakan dalam waktu yang lama, menggunakan tinta minyak adalah solusi yang paling aman.

Tinta gel dan frixion: Gabungan keunggulan tinta minyak dan tinta cair

Tinta gel dan frixion: Gabungan keunggulan tinta minyak dan tinta cair

Bolpoin dengan tinta gel juga direkomendasikan untuk buku catatan. Tinta jenis ini memiliki karakteristik seperti gabungan dari tinta minyak dan tinta cair. Tinta gel tahan terhadap air seperti tinta minyak, tetapi memiliki efek berair dan halus seperti tinta cair. Dari segi penggunaannya juga cukup mudah karena tintanya mengalir dengan lancar. Sayangnya, tintanya jadi lebih cepat habis.


Selain tinta gel, minyak, dan tinta cair, baru-baru ini tinta frixion juga sangat populer. Tinta frixion memungkinkan Anda untuk menghapus tulisan yang telah dibuat. Anda tidak perlu khawatir saat terjadi kesalahan menulis. Anda bisa menghapus tulisan yang keliru dan menulis kembali dengan nyaman. Namun, Anda perlu berhati-hati karena tintanya dapat menghilang ketika terkena panas.

Sesuaikanlah tip size dengan ukuran huruf dan buku catatan

Sesuaikanlah tip size dengan ukuran huruf dan buku catatan

Kami menganjurkan Anda untuk memilih tip size bolpoin yang sesuai dengan tulisan dan buku catatan Anda. Bagian ujung pada bolpoin ini umumnya berukuran 0,2 mm hingga 0,7 mm. Bolpoin dengan tip size lebih dari 0,5 mm tidak disarankan untuk menulis di space kertas yang kecil.


Tip size yang kurang dari 0,5 mm sangat cocok untuk membuat tulisan dalam ukuran kecil, misalnya di buku dengan kotak-kotak yang kecil. Anda bisa menggunakannya untuk mengisi buku agenda bulanan atau menulis huruf yang rumit seperti huruf Jepang. Sebaliknya, bila Anda menginginkan tulisan yang lebih tebal, gunakanlah tip size yang lebih besar, yakni lebih dari 0,7 mm.

Gunakanlah bolpoin multicolor untuk membedakan penggunaan warna

Gunakanlah bolpoin multicolor untuk membedakan penggunaan warna

Jika Anda membutuhkan banyak warna tinta untuk menandai catatan atau agenda penting, Anda bisa menggunakan bolpoin multicolor. Anda dapat menggunakan warna tinta yang berbeda, seperti merah atau biru, tanpa perlu mengganti-ganti bolpoin. Dengan bolpoin ini, Anda bisa lebih bebas membuat kode warna di catatan sesuai kebutuhan. Selain itu, tersedia juga bolpoin multicolor yang dilengkapi dengan penghapus. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi membawa banyak alat tulis.

Perhatikanlah cara menutup bolpoin

Terdapat beberapa jenis cara menutup bolpoin, yaitu knock down dan twist. Kami akan memperkenalkan kepada Anda apa saja perbedaan kedua jenis tersebut.

Tipe knock down: Dapat mengeluarkan tip dengan cepat

Tipe knock down: Dapat mengeluarkan tip dengan cepat

Pada bolpoin tipe knock down, Anda tinggal menekan bagian belakang bolpoin dengan satu tangan untuk mengeluarkan atau memasukkan tip-nya. Jenis ini sangat mudah digunakan, bahkan ketika Anda sedang terburu-buru. Anda bisa memilih jenis bolpoin ini jika ingin menulis dengan lebih cepat dan nyaman.

Knock down samping: Mudah digunakan untuk bolpoin multicolor

Knock down samping: Mudah digunakan untuk bolpoin multicolor

Jika Anda ingin menggunakan bolpoin multicolor, sebaiknya pilih bolpoin dengan knock down samping. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat mengeluarkan warna yang akan digunakan. Perlu diingat bahwa makin banyak warna dalam satu bolpoin, makin tebal poros bolpoinnya. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan bolpoin dengan 3 sampai 4 warna untuk buku catatan.

Tipe twist: Menjaga tip tetap tertutup

Tipe twist: Menjaga tip tetap tertutup

Bolpoin jenis twist, atau yang bagian bodinya bisa diputar, cenderung lebih aman untuk menutup tip bolpoin. Tip tidak akan keluar akibat benturan apa pun karena cara mengeluarkannya adalah dengan memutar bagian bodinya. Dengan begitu, tip bisa tertutup dengan sempurna dan tetap aman meski diletakkan di tas ataupun saku. Anda tidak perlu khawatir tintanya bocor dan mengotori tas atau saku.

Tipe penutup: Memberikan kesan profesional dan berkelas

Tipe penutup: Memberikan kesan profesional dan berkelas

Bagi Anda yang ingin kondisi bolpoin lebih terjaga dan awet, pilihlah produk yang dilengkapi tutup terpisah. Tutup bolpoin akan melindungi tip sehingga tidak terkena benturan. Tintanya pun tidak mudah kering. Bolpoin dengan penutup juga bisa memberikan kesan profesional dan berkelas saat dibawa ke pertemuan bisnis. Sayangnya, bolpoin semacam ini kurang cocok jika Anda butuh menulis segera karena tutupnya harus dibuka terlebih dahulu.

Sesuaikanlah panjang bolpoin dengan ukuran buku catatan

Sesuaikanlah panjang bolpoin dengan ukuran buku catatan

Pilihlah bolpoin yang sesuai dengan ukuran buku catatan. Bolpoin untuk buku catatan umumnya memiliki ukuran yang lebih pendek dari bolpoin biasa. Anda bisa memilih bolpoin dengan ukuran panjang antara 10 hingga 13 cm.


Jika ukuran buku catatan Anda adalah 13 x 16 cm, bolpoin dengan panjang 10 cm akan tampak sempurna. Untuk buku berukuran B6 atau A5 yang lebih besar, Anda bisa menggunakan bolpoin berukuran 13 cm.

Pilihlah bolpoin berdiameter sekitar 10 mm atau dilengkapi klip untuk kenyamanan menulis

Pilihlah bolpoin berdiameter sekitar 10 mm atau dilengkapi klip untuk kenyamanan menulis

Sebagian besar bolpoin untuk buku catatan berdiameter antara 10-13 mm. Bolpoin berdiameter 10 mm adalah ukuran yang paling ideal untuk disimpan atau dikeluarkan dari saku buku catatan. Meski bolpoin tipis banyak tersedia, memeriksa diameter tetap dianjurkan jika Anda ingin menyimpannya dalam saku buku catatan.


Jika Anda memiliki ukuran tangan besar, Anda mungkin tidak akan cocok menggunakan bolpoin tipis. Bolpoin tipis akan menyulitkan Anda untuk menulis huruf dengan jelas. Selain itu, kami juga merekomendasikan bolpoin yang dilengkapi dengan klip jika Anda sangat sering menulis. Anda bisa menggunakan klip tersebut untuk menyelipkan bolpoin pada sampul buku catatan.

Perhatikanlah material bodi bolpoin

Perhatikanlah material bodi bolpoin

Ada berbagai jenis material badan bolpoin yang bisa Anda pilih. Bahan yang paling banyak digunakan adalah resin sintetis seperti plastik. Keunggulan bolpoin dari plastik adalah material ini ringan dan tahan lama. Selain itu, variasi warna yang ditawarkan pun sangat beragam. Selain plastik, ada juga resin yang berkualitas tinggi yang sering digunakan pada bolpoin mahal. Resin jenis ini akan terlihat mengilat dan cantik.


Bolpoin yang terbuat dari material logam memiliki bobot yang berat sehingga Anda bisa menulis dengan stabil. Jika Anda memilih bolpoin dari kayu, bolpoin tidak akan terasa licin di tangan. Selain itu, bolpoin kayu akan menambah kesan aesthetic. Pilihlah bolpoin yang seimbang dengan material dan kesan buku catatan Anda secara keseluruhan.

Pertimbangkan juga merek bolpoin terkenal

Pertimbangkan juga merek bolpoin terkenal

Di antara merek bolpoin yang cukup terkenal adalah Pilot, Zebra, dan Mitsubishi Pencil. Jika Anda tidak memiliki merek favorit, Anda bisa membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan setiap merek. Pilot memiliki seri bolpoin dengan tinta frixion yang dapat dihapus. Zebra dikenal dengan bolpoinnya yang tipis dan multifungsi. Sementara itu, seri Jetstream Mitsubisi populer karena sangat mudah saat digunakan.


Jika Anda mencari bolpoin yang mewah dan tahan lama, Anda bisa melirik Parker dan Montblanc. Bolpoin dari kedua merek tersebut sangat profesional dan cocok dibawa saat Anda menghadiri pertemuan bisnis. Anda juga bisa memilih bolpoin tersebut jika Anda senang mengoleksi bolpoin. 

10 Rekomendasi bolpoin terbaik untuk buku catatan

Selain mengulas faktor-faktor yang dapat dipertimbangkan untuk memilih bolpoin, kami akan memaparkan sepuluh produk bolpoin terbaik. Semua produk memiliki keunggulan masing-masing. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10

Faber-Castell Ball Pen Stylus Neo Slim Black Matt, Chrome

Rp 340.000,00

Jenis tintaGel
Warna tintaHitam
DiameterTidak disebutkan
Material bodiStainless steel
Tip sizeTidak disebutkan
PenutupTwist
Klip
9
Jenis tintaGel
Warna tintaHitam, merah, biru
DiameterTidak disebutkan
Material bodiPlastik
Tip size0,4 mm dan 0,5 mm
PenutupKnock down
Klip
8
Jenis tintaSemi-gel
Warna tintaHitam, biru, merah, hijau
DiameterTidak disebutkan
Material bodiPlastik
Tip Size0,7 mm
PenutupKnock down samping
Klip
7
Jenis tintaFrixion
Warna tinta13 varian warna
Diameter Tidak disebutkan
Material bodiPlastik
Tip size0,38 mm
PenutupKnock down samping
KlipX
6
Jenis tintaTidak disebutkan
Warna tintaHitam
Diameter1 cm
Material bodiAluminium
Tip sizeTidak disebutkan
PenutupTutup terpisah
Klip
5
Jenis tintaGel
Warna tintaTidak disebutkan
Diameter 12 mm
Material bodiPlastik dan silikon (grip)
Tip size0,7 mm
PenutupKnock down
Klip
4
Jenis tintaFrixion
Warna tintaHitam, biru
DiameterTidak disebutkan
Material bodiPlastik
Tip size0,7 mm dan 1,0 mm
PenutupKnock down
Klip
3
Jenis tintaMinyak
Warna tintaHitam, biru, merah, hijau
Diameter14,2 mm
Material bodiPlastik
Tip size0,5 mm
PenutupKnock down samping
KlipX
2
Jenis tintaGel
Warna tintaTersedia dalam 56 varian warna
DiameterTidak disebutkan
Material bodiBahan daur ulang
Tip size0,5 mm - 1,0 mm
PenutupKnock down
Klip
1
Jenis tintaTidak disebutkan
Warna tintaBiru
Diameter Tidak disebutkan
Material bodiPlastik
Tip size0,5 mm
PenutupKnock down
Klip

Tabel perbandingan produk bolpoin terbaik untuk buku catatan

Gambar produk
1
Mitsubishi Pencil UNI-Ball Jetstream 101 1

Mitsubishi Pencil

2
Zebra Sarasa Clip  1

Zebra

3
Pilot Dr Grip 4+1 1

Pilot

4
Zebra Jimnie Retractable 1

Zebra

5
Mitsubishi Pencil Uni Alpha Gel 1

Mitsubishi Pencil

6
Pen Exclusive Pena Premium 5 in 1 Laser Pointer 1

Pen Exclusive

7
Pilot Frixion Slim 1

Pilot

8
Zebra Multifunction Pen  1

Zebra

9
Zebra Sarasa Mark On Gel Pen 1

Zebra

10
Faber-Castell  Ball Pen Stylus Neo Slim Black Matt, Chrome 1

Faber-Castell

Nama produk

UNI-Ball Jetstream 101

Sarasa Clip

Dr Grip 4+1

Jimnie Retractable

Uni Alpha Gel

Pena Premium 5 in 1 Laser Pointer

Frixion Slim

Multifunction Pen

Sarasa Mark On Gel Pen

Ball Pen Stylus Neo Slim Black Matt, Chrome

Keunggulan

Teknologi tinta mutakhir, cegah tulisan menjadi kuning

Hias bullet journal Anda dengan bolpoin ramah lingkungan

Empat bolpoin dan satu pensil dalam satu genggaman

Tak perlu takut kehabisan tinta!

Nyaman menulis dalam waktu yang lama

Bolpoin serbaguna dengan lima fungsi untuk berbagai kegiatan

Tinta bisa dihapus, tulisan mudah dikoreksi

Satu bolpoin, empat warna sekaligus!

Goresan tetap solid meski ditimpa highlighter

Bisa untuk buku catatan sekaligus perangkat elektronik

HargaRp 17.000,00Rp 13.024,00Rp 118.902,00Rp 7.200,00Rp 82.000,00Rp 20.000,00Rp 15.773,00Rp 8.500,00Rp 13.400,00Rp 340.000,00
Jenis tintaTidak disebutkanGelMinyakFrixionGelTidak disebutkanFrixionSemi-gelGelGel
Warna tintaBiruTersedia dalam 56 varian warnaHitam, biru, merah, hijauHitam, biruTidak disebutkanHitam13 varian warnaHitam, biru, merah, hijauHitam, merah, biruHitam
Diameter Tidak disebutkanTidak disebutkan14,2 mmTidak disebutkan12 mm1 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Material bodiPlastikBahan daur ulangPlastikPlastikPlastik dan silikon (grip)AluminiumPlastikPlastikPlastikStainless steel
Tip size0,5 mm0,5 mm - 1,0 mm0,5 mm0,7 mm dan 1,0 mm0,7 mmTidak disebutkan0,38 mm0,7 mm0,4 mm dan 0,5 mmTidak disebutkan
PenutupKnock downKnock downKnock down sampingKnock downKnock downTutup terpisahKnock down sampingKnock down sampingKnock downTwist
KlipXX
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat tulis lainnya di sini

Ada banyak jenis alat tulis terbaik lainnya yang bisa Anda coba untuk melengkapi buku catatan Anda. Tentunya, kami akan tetap membantu Anda menemukan produk yang terbaik. Jangan lewatkan artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Memilih bolpoin tampaknya mudah. Namun, banyaknya jenis produk yang tersedia dan spesifikasi yang beragam mengakibatkan perlunya pertimbangan dalam memilih bolpoin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai kegiatan menulis jadi terhambat karena Anda memilih bolpoin yang tidak nyaman digunakan.


Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Anda menemukan bolpoin yang tepat. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan produk-produk yang telah kami rekomendasikan di atas sebagai acuan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    184.339 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    2.636 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Sejumlah produsen buku catatan ternama, seperti Kenko, Kiky, dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, ukuran garis, dan motif sampul yang beragam.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    36.911 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Buku & alat tulis
    43.870 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jika dilihat, hampir semua produk pensil warna memang terlihat sama. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang tepat. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Buku & alat tulis
    57.622 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves dan Canson pun memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam pula.Pilihlah produk sketchbook yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menjalankan hobi maupun pekekerjaan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pada artikel berikut ini. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    42.414 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Tahukah Anda bahwa membacakan buku cerita untuk bayi memiliki banyak manfaat? Beberapa manfaatnya adalah membentuk bonding atau ikatan antara anak dan orang tua serta menstimulasi kerja otak si kecil. Bahkan, membacakan cerita juga bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Bagi Anda yang sedang mencari buku cerita untuk bayi, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih buku cerita untuk bayi. Setelah itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Beberapa produk yang dapat Anda jumpai ialah dari Gramedia, BOOKaBOOK, dan Ladybird. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    85 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori