10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2018)

Pelampung renang untuk anak merupakan perlengkapan yang wajib dibawa saat mengajak buah hati pergi ke kolam renang atau ke pantai. Ada berbagai tipe pelampung untuk anak, mulai dari pelampung biasa yang berbentuk donat, pelampung yang dipasangkan di kedua lengan, hingga pelampung dengan dua lubang tempat kaki yang memungkinkan anak bisa duduk.

Banyaknya jenis pelampung renang di pasaran membuat orang tua bingung, pelampung manakah yang terbaik? Pada artikel ini kami akan memperkenalkan berbagai jenis pelampung anak yang aman untuk dipakai bermain di air atau belajar berenang. Kami juga akan memberikan saran bagaimana cara memilih pelampung anak berdasarkan usia mereka. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pelampung renang terbaik untuk anak berdasarkan umur

Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis pelampung renang untuk anak berdasarkan bentuk dan cara pemakaiannya? Tiap-tiap pelampung juga memiliki fitur yang berbeda serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara memilih pelampung terbaik untuk anak berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut. Selamat membaca!

Pilihlah pelampung tipe U untuk bayi usia 6 bulan

Secara bentuk, pelampung tipe U hampir sama dengan pelampung donat atau pelampung tipe O. Hanya saja jika pelampung tipe donat berbentuk bulat sempurna, pelampung tipe U memiliki sisi yang terbuka sehingga terasa pas menempel di tubuh. Jika Anda memilih ukuran yang tepat, Anda tidak perlu khawatir bayi Anda akan lepas dari pelampung dan jatuh.

Pilihlah ukuran pelampung yang tepat

Pilihlah ukuran pelampung yang tepat

Jika Anda ingin membeli pelampung tipe U, ukuran adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Untuk mencegah pelampung terlepas, pilihlah ukuran yang pas dengan tubuh bayi. Beri jarak 5 cm di sekitar lingkar dada dan pelampung supaya bayi lebih nyaman dan tidak merasa sesak. Oya, lubang pelampung yang berbentuk oval akan terasa lebih pas di tubuh anak dibandingkan dengan yang berbentuk bulat.

Pilih pelampung yang dilengkapi sabuk supaya lebih aman

Pilih pelampung yang dilengkapi sabuk supaya lebih aman

Satu-satunya hal yang menimbulkan kekhawatiran dari pelampung tipe U adalah adanya celah terbuka di bagian belakang yang bisa menyebabkan anak terlepas dari pelampung. Namun, jika ada sabuk pengaman di bagian yang terbuka tersebut, tak ada lagi yang perlu Anda khawatirkan. Bayi bisa berenang dengan aman, pikiran Anda pun jauh lebih tenang.

Pilihlah pelampung lengan (arm ring) untuk anak usia 18 bulan

Arm ring atau pelampung lengan merupakan pelampung yang dipasangkan di kedua lengan. Keuntungan menggunakan pelampung jenis ini adalah anak dapat mengapung dan bergerak dengan lebih bebas tanpa takut terbalik dari pelampung. Pelampung tipe ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang bermaksud melatih bayi berenang dan bukan sekadar bermain air. Pelampung ini memungkinkan anak menggerakkan kaki dan tangan dengan bebas dibandingkan pelampung jenis lain.

Ukuran pelampung bisa diatur sendiri menggunakan udara

Ukuran pelampung bisa diatur sendiri menggunakan udara

Sesuai dengan namanya, arm ring, pelampung ini diletakkan di lengan yang dekat dengan bahu. Jika letaknya terlalu turun, wajah anak bisa tenggelam. Jadi, pilihlah ukuran yang pas dengan lingkar lengan anak.

Cara lain untuk mendapatkan arm ring yang cocok adalah dengan mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam pelampung. Saat pelampung sudah melekat di lengan dan tidak merosot, berarti udara sudah cukup. Karena itu, Anda tak perlu khawatir meski pelampung yang dibeli sedikit kebesaran. Pelampung tersebut bisa digunakan hingga anak beranjak besar dan tugas Anda hanyalah mengatur tekanan udara di dalam pelampung.

Pilihlah pelampung dengan lubang kaki (foot putting type) untuk anak usia 1 – 3 tahun

Pelampung dengan dua lubang tempat kaki di bagian bawah merupakan tipe pelampung yang populer untuk anak-anak. Struktur pelampung tipe ini memungkinkan anak-anak bisa duduk di atas pelampung dan bergerak dengan nyaman. Pelampung tipe ini juga membuat tubuh anak tidak akan lepas dari pelampung.

Namun, karena kaki sudah masuk ke dalam lubang yang tersedia, anak-anak akan sulit membebaskan diri saat keseimbangannya goyah dan pelampung terbalik. Sebenarnya hal ini tidak masalah jika Anda selalu mendampingi buah hati Anda. Saat hal buruk terjadi, Anda bisa menyelamatkan anak Anda dengan cepat.

Dibandingkan pelampung jenis lainnya, pelampung ini adalah yang paling stabil. Pelampung ini sebaiknya digunakan di kolam yang tenang. Kami tidak merekomendasikan Anda menggunakan pelampung ini saat berenang di laut dengan gelombang dan angin yang kencang. Hal itu bisa membalikkan pelampung dengan mudah.

Pegang setirnya dan seimbangkan diri

Pegang setirnya dan seimbangkan diri

Pada pelampung dengan lubang kaki, biasanya di bagian depan terdapat handle atau pegangan yang bentuknya macam-macam, mulai dari setir mobil hingga kepala hewan. Saat sudah memegang handle tersebut, anak bisa mengatur keseimbangan pelampung dengan mudah, orang tua pun jadi lebih mudah dalam mengarahkan.

Pelampung tipe O untuk anak usia 3 tahun ke atas

Pelampung yang paling umum dan paling mudah dijumpai adalah pelampung tipe O atau donat. Anda tinggal memasukkan tubuh anak ke dalam lubang pelampung dan mereka akan mengapung. Meskipun pelampung ini bisa digunakan dengan mudah tanpa bantuan orang tua, untuk balita yang belum mahir dan belum terlatih, mereka akan cukup sulit menemukan keseimbangan. Adakalanya tubuh bisa merosot dan jatuh dari pelampung. Jika Anda memilih pelampung tipe O, Anda bisa mengombinasikannya dengan memakaikan pelampung lengan.

Pilihlah ukuran yang pas dengan tubuh anak

Pilihlah ukuran yang pas dengan tubuh anak

Saat memilih pelampung tipe O, hal utama yang harus diperhatikan adalah soal ukuran. Jika diameter lubang pelampung terlalu kecil, pelampung akan terasa sesak dan sulit digunakan. Namun, jika diameter terlalu besar, tubuh anak jadi mudah merosot dan lepas dari pelampung. Demi kemananan dan kenyamanan, pilihlah pelampung yang ukurannya pas dengan tubuh anak. Di bawah ini adalah panduan memilih pelampung berdasarkan usia dan lingkar dada anak. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda.

Usia 3 – 4 tahun : ukuran 45 – 50 cm, lingkar dada sekitar 54 cm
Usia 5 tahun: ukuran 50 – 55 cm, lingkar dada sekitar 56 cm
Usia 6 tahun: ukuran 55 – 60 cm, lingkar dada sekitar 58 cm
Usia 7 tahun: ukuran 60 – 65 cm, lingkar dada sekitar 60 cm

Pilihlah yang dilengkapi dengan tali

Pilihlah yang dilengkapi dengan tali

Supaya anak bisa memegang dan mengendalikan pelampung dengan mudah, lebih aman jika Anda memilih pelampung yang dilengkapi dengan tali. Tidak hanya mudah untuk anak, tali ini juga mempermudah orang tua atau para penjaga untuk menarik pelampung.

Pilihlah pelampung yang memiliki sertifikat keamananan standar SNI

Pilihlah pelampung yang memiliki sertifikat keamananan standar SNI

Meski sama-sama digunakan bermain oleh anak, pelampung jelas beda dengan mainan anak pada umumnya. Sangatlah penting untuk memilih pelampung dengan tingkat keamananan tinggi bahkan saat digunakan oleh bayi.

Untuk itu, pastikan Anda memilih pelampung yang memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia). Logo ini menandakan bahwa produk yang Anda beli sudah melalui rangkaian metode pengujian baik dari segi bentuk, kekuatan, dan tahan api. Hal ini menjadikan pelampung tersebut aman untuk digunakan sesuai dengan usia yang tertera di dalam wadah. Jika membeli produk impor, pastikan juga produk tersebut memiliki logo kemanan dari negara masing-masing seperti ST untuk produk dari Jepang, CE untuk produk Eropa, dan ASTM untuk produk Amerika.

10 Rekomendasi pelampung renang terbaik untuk anak berdasarkan umur

Setelah membaca jenis-jenis pelampung dan bagaimana cara memilihnya, kini saatnya Anda menentukan pelampung seperti apa yang cocok untuk buah hati Anda. Berikut kami berikan 10 rekomendasi pelampung renang terbaik untuk anak dalam bentuk peringkat.

10. Bestway 91043 Disney Princess Swim Ring

10. Bestway 91043 Disney Princess Swim Ring

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Pelampung untuk putri Anda yang menggemari serial Disney

Apakah buah hati Anda gemar menonton para princess yang ada dalam film-film Disney? Jika iya, maka ini adalah pelampung yang tepat untuk mereka. Berwarna merah muda lengkap dengan gambar princess di film animasi Disney, putri Anda pasti akan gembira saat berenang menggunakan pelampung ini.

Pelampung donat yang terbuat dari material PVC berkualias ini ditujukan untuk anak berusia 3 – 6 tahun. Pelampung ini mudah dipakai sendiri oleh anak tanpa perlu bantuan orang tua. Meski begitu, Anda harus tetap mengawasi anak yang sedang berenang, ya! Jangan tinggalkan mereka di kolam sendirian!

9. Intime Baby Swim Neck Ring

9. Intime Baby Swim Neck Ring

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Pelampung leher yang membuat aktivitas mandi bayi semakin menyenangkan

Sebelum membawa bayi ke kolam renang, waktu terbaik untuk mengajarkan anak supaya tidak takut terhadap air adalah saat mandi. Dengan memakaikan neck ring ini, aktivitas mandi bayi di kolam portabel atau ember besar akan semakin menyenangkan. Orang tua tidak perlu khawatir bayi akan tenggelam karena pelampung ini menjaga kepala bayi tetap di permukaan air.

Anda tidak usah takut bawah leher bayi akan tercekik atau merasa kesakitan. Tenang saja, pelampung ini memiliki 2 lapis kantong udara yang aman untuk bayi serta terbuat dari material PVC yang nyaman di kulit. Di bagian ujung terdapat sabuk pengunci yang menjaga pelampung tetap melekat di kepala anak. Pelampung ini bisa digunakan anak hingga usia 18 bulan.

8. INTEX Stingray Baby Float

8. INTEX Stingray Baby Float

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 83.000

Dilengkapi kanopi yang menjaga anak dari sengatan sinar mentari

Tidak seperti pelampung pada umumnya, pelampung yang satu ini dilengkapi kanopi sehingga anak akan terlindungi dari sengatan sinar matahari. Pelampung berbentuk ikan pari ini cocok digunakan saat bermain air di kolam renang outdoor atau di pantai. Pelampung ini ditujukan untuk anak berusia 1 hingga 2 tahun.

Supaya anak merasa lebih nyaman dan tidak mudah lepas dari pelampung, di bagian bawah terdapat lubang untuk kaki. Anak pun bisa duduk nyaman sambil berpegangan pada handle yang ada di bagian depan. Catatan penting yang harus diperhatikan orang tua adalah jangan sekali-kali meninggalkan anak sendirian saat sedang berenang di kolam menggunakan pelampung ini.

7. INTEX Animal Split Ring

7. INTEX Animal Split Ring

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Pelampung berbentuk hewan lucu, semua anak juga mau

Pinguin, katak, bebek, siapa yang tak mau berenang bersama hewan-hewan lucu ini? Dengan pelampung berbentuk hewan, anak-anak yang malas masuk ke dalam air pasti akan betah berlama-lama di kolam. Pelampung ini dilengkapi dengan kepala hewan yang bisa dijadikan pegangan oleh anak sehingga keseimbangan mereka akan terjaga. Hal ini juga membuat pelampung tidak mudah terbalik.

Terbuat dari material PVC yang berkualitas, pelampung ini bisa digunakan oleh anak usia 3 hingga 6 tahun. Pilihan warna yang cerah dan bentuknya yang unik akan membuat anak Anda terlihat menonjol di tengah kolam yang luas. Untuk pelampung dengan desain yang menarik, harga pelampung INTEX ini cukup ekonomis, lho!

6. Bestway Armband Little Fish Nemo

6. Bestway Armband Little Fish Nemo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.000

Naikkan rasa percaya diri anak dengan berenang bersama Nemo

Banyak anak kecil yang takut masuk ke dalam air untuk belajar benerang. Kini, Anda bisa merayu mereka dengan memakaikan arm ring ini. Mengusung desain karakter ikan badut lucu dalam film “Finding Nemo”, pada bagian atas lengan juga terdapat pelampung berbentuk ikan. Siapa tahu setelah memakai pelampung ini anak Anda yang tadinya peragu akan menjadi lebih percaya diri karena merasa bisa berenang seperti si Nemo.

Pelampung lengan ini diperuntukkan bagi anak usia 3 – 6 tahun. Dengan menggunakan pelampung ini, ruang gerak anak akan lebih leluasa. Orang tua pun bisa mengajari anak berenang dengan lebih mudah. Pelampung merek Bestway ini sudah melewati tahapan quality control yang ketat sehingga keamanannya dijamin.

5. INTEX My Baby Float

5. INTEX My Baby Float

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Dilengkapi penyangga kepala, belajar renang pertama kali pun lebih aman

Untuk Anda yang bingung mencari pelampung yang tepat bagi bayi yang hendak masuk kolam renang pertama kalinya, produk INTEX ini kami sarankan. Berbentuk dua ring, pelampung berwarna kuning cerah ini memang didesain untuk anak usia 1 hingga 2 tahun yang baru belajar berenang pertama kali.

Pelampung ini akan menjaga bayi Anda tetap aman karena dilengkapi dengan lubang kaki yang bentuknya menyerupai celana. Anak pun bisa duduk dengan nyaman. Sebagai tambahan, pada bagian belakang terdapat sandaran kepala yang menjaga posisi anak tidak mudah terjengkang.

4. Baby Swimtrainer Classic

4. Baby Swimtrainer Classic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.500

Tali di pundak membuat pelampung tak akan terlepas

Satu hal yang sering dirisaukan orang tua saat membiarkan anaknya berenang mengenakan pelampung adalah kemungkinan pelampung terlepas dari tubuh anak. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda mengenakan swimtrainer ini pada buah hati ini. Pelampung ini memiliki tali di pundak yang menjaga anak supaya tetap berada pada posisinya.

Tali di pundak ini terhubung dengan pengaman di bagian dada dan belakang, sepintas mirip dengan memakai jaket pelampung tapi posisinya terbalik. Dengan mengenakan pelampung ini, anak Anda bisa menggerakkan seluruh bagian tubuhnya dengan bebas tanpa takut pelampung akan terbalik. Pelampung yang mampu menopang anak berbobot 6 – 18 kg ini cocok untuk anak-anak yang sangat aktif di air.

3. Baby Boat Sea-700

3. Baby Boat Sea-700

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 43.500

Ciptakan pengalaman berenang yang seru dengan sensasi menyetir kendaraan di kolam

Jagoan Anda suka bermain mobil-mobilan dan sering membayangkan menyetir sebuah mobil? Kini wujudkan imajinasi anak Anda dengan membelikannya pelampung renang yang dilengkapi dengan setir. Dengan menggunakan pelampung ini, anak Anda bisa merasakan sensasi menyetir kendaraan dari dalam kolam.

Selain kemudi yang bisa diputar dan berfungsi sebagai pegangan, di bagian belakang terdapat bantalan untuk menyadarkan kepala. Lubang kaki yang ada di bagian bawah akan membuat anak Anda duduk nyaman sambil menggerakkan kaki mereka supaya si mobil air bisa bergerak. Pelampung ini direkomendasikan untuk anak usia 3 tahun ke atas.

2. INTEX Aqua Vest

2. INTEX Aqua Vest

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 112.500

Perpaduan arm ring dan neck ring yang akan menjaga buah hati Anda tetap di permukaan

Untuk anak usia 3 tahun ke atas yang ingin belajar berenang, INTEX Aqua Vest ini adalah pilihan yang bagus. Pelampung ini memiliki keamanan ganda sebab memadukan pelampung lengan dan leher. Selain itu, ada juga bantalan di bagian dada yang membuat anak tetap mengambang di permukaan.

Dengan menggunakan pelampung ini, anak Anda bisa lebih bebas menggerakkan tangan dan kakinya sesuai dengan gaya renang yang dipelajari. Anda pun tak usah khawatir putra-putri Anda akan tenggelam. Pelampung yang sudah melewati beragam uji standar internasional untuk kelayakan dan kemananan pemakaian ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

1. Fisher-Price Baby & Baby Me Splash Float

1. Fisher-Price Baby & Baby Me Splash Float

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Pelampung combo untuk kesenangan dan keamanan berlipat ganda

Inilah pelampung yang didesain khusus untuk orang tua yang ingin selalu menjaga buah hatinya dan bersenang-senang bersama. Pada bagian kecil yang dipakai oleh anak terdapat lubang kaki serta sandaran kepala yang membuat balita Anda merasa nyaman. Tambahan handle yang berisikan ring warna-warni dan bola kecil tentu saja membuat anak tidak mudah bosan.

Saat menggunakan pelampung combo ini, Anda bisa melakukan eye contact dengan buah hati Anda. Si kecil yang mulanya takut dengan air pun pastinya akan menjadi lebih rileks karena tahu bahwa dia didampingi oleh orang tuanya. Dengan menggunakan pelampung ini, Anda bisa mengontrol penuh keseimbangan pelampung dan menjaga buah hati Anda dari kemungkinan tenggelam.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas dan rekomendasi yang kami berikan, apakah Anda sudah menemukan pelampung renang untuk anak yang selama ini dicari? Jika sudah, kini saatnya Anda pergi ke kolam renang atau ke pantai dan bersenang-senang dengan buah hati Anda.

Satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Memakaikan pelampung ke anak bukan berarti anak sudah aman dan tidak mungkin tenggelam. Sebagai orang tua, Anda harus tetap mengawasi dan memperhatikan anak Anda. Pelampung hanyalah alat untuk membantu anak belajar berenang. Orang tua tetap memegang kunci utama keselamatan anak saat bermain air.