1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2023)

Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memberikan pelampung yang bagus demi keselamatan anak.

Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih pelampung renang terbaik sesuai dengan usia anak. Kami juga akan membagikan rekomendasi pelampung yang aman untuk bayi, anak umur 1 tahun, 2 tahun, dan usia lainnya. Merek-mereknya pun beragam, seperti Kiddie Splash dan Intex. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih pelampung renang untuk anak berdasarkan umur

Saat mendengar kata pelampung, mungkin yang ada di benak Anda adalah pelampung yang berbentuk lingkaran. Tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis pelampung anak berdasarkan bentuk dan target usianya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

① Pilih pelampung yang sesuai usia anak

Beda usia anak, beda pula jenis pelampung yang dikenakan. Hal ini karena tiap jenis pelampung sudah disuaikan dengan berat badan dan ukuran tubuh anak berdasarkan umurnya. Berikut beberapa jenis pelampung yang aman sesuai usia anak.

Swim seat, untuk bayi usia 0,5–1 tahun

Swim seat, untuk bayi usia 0,5–1 tahun

Tipe swim seat memiliki dua lubang tempat memasukkan kaki anak saat duduk di atasnya. Pelampung ini sangat populer karena memiliki banyak model, misalnya kendaraan dan hewan. Tipe ini cocok digunakan dalam kondisi air yang stabil, seperti di kolam renang yang tenang.


Kekurangannya adalah anak tidak bisa leluasa bergerak dan sulit untuk membebaskan diri saat pelampung terbalik. Karena itu, sebaiknya pelampung ini digunakan di dalam pengawasan orang dewasa. Hindari juga pemakaian swim seat di air yang bergelombang, seperti laut.


Selain itu, pelampung jenis neck ring perlu dihindari untuk bayi usia ini. Food and Drug Administration (FDA) sudah menyatakan larangan menggunakan pelampung leher. Pelampung ini dinilai berbahaya karena berisiko menyebabkan kematian dan cedera pada leher bayi. Keamanan dan efektivitas pelampung tiup ini juga belum ditetapkan. 

Body ring, untuk anak usia 1–2 tahun

Body ring, untuk anak usia 1–2 tahun

Body ring berbentuk menyerupai lingkaran, tetapi disebut sebagai pelampung tipe U karena memiliki sisi yang terbuka. Berbeda dengan pelampung berbentuk lingkaran atau huruf O, body ring umumnya memiliki diameter yang lebih kecil. Hal ini agar pelampung bisa menjaga tubuh anak dengan erat di dalam air.


Karena dipasang di dada, ukurlah lingkar dada anak terlebih dahulu sebelum memilih pelampung ini. Pilihlah produk dengan diameter yang lebih besar sekitar 5 cm dari lingkar dada anak. Dengan begitu, anak tidak merasa sesak saat memakainya.


Pastikan juga safety belt pelampung tidak mudah lepas meski anak banyak bergerak di dalam kolam. Safety belt yang terpasang kuat akan mengurangi risiko anak jatuh merosot ke dalam kolam. Jangan sampai anak Anda jadi takut berenang di kolam karena pelampung yang kurang aman.

Swim wings, untuk anak usia 2–6 tahun

Swim wings, untuk anak usia 2–6 tahun

Swim wings atau armbands adalah pelampung yang dipasang pada kedua lengan. Tipe ini cocok dipakai saat si kecil belajar berenang. Pelampung ini akan membuat anak lebih bebas bergerak dan dapat melakukan gerakan berputar dengan mudah. 


Saat memakaikannya pada anak, posisikan pelampung ini tepat di lengan bagian mendekati bahu. Apabila pelampung diposisikan terlalu rendah, wajah anak dapat tenggelam di bawah permukaan air.


Tiuplah pelampung ini sambil menyesuaikan ukurannya dengan lingkar lengan anak Anda. Apabila pelampung melekat dengan sempurna dan tidak melorot saat dipasang, artinya kapasitas udaranya cukup. Karena kapasitas udaranya dapat diatur, Anda tidak perlu khawatir jika ukuran pelampung sedikit kebesaran.

Swim ring, untuk anak usia 3 tahun ke atas

Swim ring, untuk anak usia 3 tahun ke atas

Pelampung berbentuk huruf O atau swim ring adalah pelampung yang umum dan sering ditemui di pasaran. Pelampung ini tidak direkomendasikan untuk bayi dan anak berusia toddler atau 3 tahun ke bawah. Tipe ini juga sering disebut dengan ban pelampung.


Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, perhatikan kembali ukuran diameter lubang pelampung. Diameter lubang yang terlalu kecil dapat menyebabkan sesak dan ketidaknyamanan pada anak. Sebaliknya, tubuh anak berisiko merosot dan lepas dari pelampung jika diameternya terlalu besar.

Berikut adalah panduan ukuran pelampung berdasarkan usia dan lingkar dada anak. Demi keamanan dan kenyamanan, pilihlah yang sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda.

  • Usia 3–4 tahun: Ukuran 45–50 cm, lingkar dada sekitar 54 cm
  • Usia 5 tahun: Ukuran 50–55 cm, lingkar dada sekitar 56 cm
  • Usia 6 tahun: Ukuran 55–60 cm, lingkar dada sekitar 58 cm
  • Usia 7 tahun: Ukuran 60–65 cm, lingkar dada sekitar 60 cm

② Perhatikan bahan yang digunakan pelampung

Perhatikan bahan yang digunakan pelampung

Bahan merupakan salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih pelampung renang untuk anak. Berikut beberapa jenis bahan pelapis pelampung renang yang banyak digunakan di pasaran beserta karakteristiknya.


  • PVC: Berdaya tahan tinggi, tahan api, cuaca, dan sinar UV, tidak dapat menghantarkan listrik, serta sangat elastis
  • Kulit sintetis: Kuat, lentur, dan tidak mudah robek
  • Plastik ABS: Berbobot sangat ringan serta harganya ramah di kantong
  • Nylon: Tahan terhadap panas, tidak mudah robek, ringan, dan elastis

③ Perkenalkan jaket pelampung saat beraktivitas outdoor untuk anak usia 1 tahun ke atas

Perkenalkan jaket pelampung saat beraktivitas outdoor untuk anak usia 1 tahun ke atas

Jika Anda berkesempatan untuk memperkenalkan aktivitas bermain air di alam pada anak, Anda akan membutuhkan jaket pelampung. Jaket pelampung atau dikenal dengan life vest merupakan pilihan tepat untuk penggunaan di laut, sungai, ataupun danau


Pasangkanlah jaket pelampung pada anak saat naik speed boat untuk menuju pulau atau bermain di tepi laut. Jaket pelampung sudah dapat digunakan oleh anak berusia 1 tahun hingga 6 tahun. Ukuran sabuk pengaman pelampung ini umumnya bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh anak. Dengan begitu, jaket pelampung dapat digunakan anak Anda dalam jangka waktu lama.

10 Rekomendasi pelampung renang terbaik untuk anak berdasarkan umur

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelampung renang terbaik untuk anak berdasarkan umur yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Intex

My Baby Float

Intex My Baby Float 1枚目

Pelampung dengan dua cincin untuk stabilitas dalam air

2

Bestway

Pelampung Renang Anak

Bestway Pelampung Renang Anak 1枚目

Harganya ekonomis, motifnya pun menarik

3

Intex

Kiddie Float

Intex Kiddie Float  1枚目

Desain kendaraan membuat baby boy Anda tampil keren

4

Kiddie Splash

Puddle Jumper

Kiddie Splash Puddle Jumper 1枚目

Kualitasnya sudah diakui sampai luar negeri

5

Kiddie Splash

Arm Floats

Kiddie Splash Arm Floats 1枚目

Bisa dipakai untuk anak hingga usia 10 tahun

6

Lee Vierra

Swimming Arm Band

Lee Vierra Swimming Arm Band 1枚目

Desainnya supercute, memberikan kesan manis di lengan anak

7

Speeds

EVA Foam Jacket Life

Speeds EVA Foam Jacket Life 1枚目

Bagian dada terlihat menggemaskan dengan desain 3D

8

Doctor Dolphin

Inflatable Armpit Ring

Doctor Dolphin Inflatable Armpit Ring 1枚目

Ada bola kerincing untuk menstimulasi pendengaran anak

9

Miniso

Fruit Swim Ring

Miniso Fruit Swim Ring 1枚目

Unik, bentuknya persis seperti buah alpukat dan nanas!

10

Gee Kingdom

Mikoko Swim Seat Ring

Gee Kingdom Mikoko Swim Seat Ring 1枚目

Pelampung swim seat yang masih pas untuk anak 7 tahun

Perincian produk
Close
No.1

IntexMy Baby Float59574

Mulai dari Rp109.900,00

Pelampung dengan dua cincin untuk stabilitas dalam air

Kelebihan:

  • Didesain dengan dua cincin untuk menjaga stabilitas di dalam air

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi tali pengaman, kurang aman bagi bayi yang aktif

Produk Intex ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari rekomendasi pelampung bayi 6 bulan. Ukuran kursinya didesain agar cocok digunakan dengan popok berenang. Produk ini dilengkapi sandaran kepala serta lubang untuk kaki menyerupai popok dan celana renang anak.


Apabila anak Anda sudah bisa duduk dengan posisi sempurna, produk ini akan terasa nyaman bagi si kecil. Dengan outer ring dan internal ring, pelampung yang aman untuk bayi ini memiliki keseimbangan yang maksimal. Anda dapat mencobanya untuk memperkenalkan bayi pada air.

No.2

BestwayPelampung Renang Anak36013

Mulai dari Rp17.500,00

Harganya ekonomis, motifnya pun menarik

Kelebihan:

  • Harganya masih terjangkau untuk dibeli dalam jumlah banyak

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan penutup anginnya mudah terbuka

Bila Anda mencari pelampung renang anak yang ekonomis, kami merekomendasikan produk ini. Pelampung ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bahkan bisa membeli beberapa produk sekaligus sebagai cadangan jika ada yang rusak nantinya. Meski harganya murah, produk ini menggunakan bahan PVC yang kuat dan tahan lama. Tambahan lagi, motifnya tampak berbeda dari produk yang lain.

No.3

IntexKiddie Float 59586

Mulai dari Rp109.900,00

Desain kendaraan membuat baby boy Anda tampil keren

Kelebihan:

  • Tersedia pilihan desain yang bisa disesuaikan dengan preferensi anak

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi tali untuk menarik swim seat


Swim seat ini kami rekomendasikan sebagai pelampung untuk anak 1 tahun yang baru pertama kali ke kolam renang. Pelampung renang anak 1 tahun ini berbeda dari pelampung yang umumnya bermotif ikan atau binatang.


Produk ini tersedia dalam lima pilihan desain, yaitu construction truck, army plane, bulldozer, police car, dan fire engine. Anak Anda bisa merasakan sensasi bermain air sambil duduk di kendaraan favoritnya.

No.4

Kiddie SplashPuddle Jumper

Mulai dari Rp329.000,00

Kualitasnya sudah diakui sampai luar negeri

Kelebihan:

  • Tidak perlu ditiup, bisa langsung digunakan
  • Cepat kering dan tidak berbau
  • Dilengkapi pengaman bertipe triple lock di dua titik berbeda

Kekurangan:

  • Membuat setengah badan anak mengapung, kurang cocok untuk yang ingin cepat mahir renang

Kualitas jaket pelampung ini sudah tidak diragukan lagi. Produk ini sudah mengantongi sertifikat keamanan dari AS dan British, di antaranya ANSI, ASTM, dan BSI. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan pelampung renang anak 2 tahun dengan kualitas internasional.


Bagian dalam pelampung anak 2 tahun ini menggunakan bahan busa sehingga Anda tidak perlu repot memompanya. Meski begitu, produk ini cepat kering dan tidak mudah berbau dalam kondisi basah.

No.5

Kiddie SplashArm Floats

Mulai dari Rp150.000,00

Bisa dipakai untuk anak hingga usia 10 tahun

Kelebihan:

  • Dibuat dari kulit sintetis yang aman dan tidak menyebabkan kulit anak lecet
  • Tidak perlu ditiup, bisa langsung digunakan

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi pengait untuk menyesuaikan bentuk lengan anak

Tidak hanya pelampung tipe swim ring, Anda juga bisa memberikan produk ini pada anak yang sudah besar. Kiddie Splash Arm Floats pas dikenakan anak yang ingin bebas bergerak saat belajar berenang. Pelampung anak 5 tahun ini pun bisa dipakai si kecil hingga usia 10 tahun, lho. Selain itu, pelampung renang anak ini berisi busa yang tidak akan berbau atau kempis.

No.6

Lee VierraSwimming Arm Band

Mulai dari Rp89.900,00

Desainnya supercute, memberikan kesan manis di lengan anak

Kelebihan:

  • Desain menarik, cocok untuk anak perempuan ataupun laki-laki
  • Mudah dipompa dan dikempiskan

Kekurangan:

  • Aksesorinya mungkin kurang cocok untuk anak yang sudah besar

Produk ini cocok dipakai sebagai swim wings pertama untuk anak Anda. Didesain dengan bentuk kerang, mermaid, dan lumba-lumba, produk ini terlihat sangat cute. Perpaduan desain dan warna-warna pastel pun menambah kesan manis pelampung renang anak ini.


Selain itu, harga pelampung renang anak 6 tahun ini terjangkau untuk pelampung swim wings dengan desain yang berbeda. Tentunya anak Anda akan makin percaya diri saat mengenakannya di kolam renang!

No.7

SpeedsEVA Foam Jacket LifeLX 020-15

Mulai dari Rp115.000,00

Bagian dada terlihat menggemaskan dengan desain 3D

Kelebihan:

  • Tersedia pilihan motif yang bisa dipilih anak perempuan ataupun laki-laki

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran sehingga berisiko kebesaran atau kekecilan di badan anak

Produk Speeds ini terlihat begitu menggemaskan dengan desain 3D atau timbul di bagian depan. Dengan motif binatang yang lucu, kami yakin anak Anda tidak akan menolak untuk memakai jaket pelampung ini.


Bagian dalam produk ini diberi busa EVA dengan daya apung yang tinggi serta kuat. Apabila Anda menginginkan jaket pelampung untuk si kecil, pilihlah produk ini. Pelampung renang anak 3 tahun ini bisa dikenakan si kecil hingga usia 6 tahun, lho.

No.8

Doctor DolphinInflatable Armpit Ring

Mulai dari Rp193.000,00

Ada bola kerincing untuk menstimulasi pendengaran anak

Kelebihan:

  • Bagian lingkar dalam pelampung didesain dengan sambungan hemming sehingga aman untuk kulit anak

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi tali pengaman di bagian bawah

Keunikan desain produk ini yaitu memiliki celah di bagian depan yang memudahkan tubuh anak masuk di dalamnya. Bagian tersebut juga dilengkapi klip pengaman di sisi atas dan bawah agar dapat mengunci lebih pasti.


Selain itu, pelampung renang anak ini dilengkapi bola kerincing yang berfungsi menstimulasi pendengaran si kecil. Jadi, pertimbangkan produk ini jika Anda ingin pelampung bayi 1 tahun yang multifungsi.

No.9

Unik, bentuknya persis seperti buah alpukat dan nanas!

Kelebihan:

  • Bagian yang menonjol bisa digunakan untuk memegangi pelampung

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan produk berukuran cukup besar, berisiko merosot untuk anak yang lingkar dadanya terlalu kecil

Produk ini ditujukan sebagai pelampung anak 3 tahun ke atas yang sudah mulai menguasai menggunakan pelampung renang. Produk ini terlihat begitu unik karena didesain seperti buah asli. Anda dapat memilih pelampung bentuk alpukat atau nanas sesuai preferensi anak. Pelampung renang anak dari Miniso ini juga diklaim menggunakan bahan berkualitas tinggi.

No.10

Gee KingdomMikoko Swim Seat Ring3122

Mulai dari Rp128.500,00

Pelampung swim seat yang masih pas untuk anak 7 tahun

Kelebihan:

  • Dilengkapi tali untuk menarik anak saat bermain di air

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan motif, mungkin kurang cocok untuk anak laki-laki yang sudah besar

Jika umumnya pelampung tipe swim seat digunakan untuk bayi, berbeda dengan produk ini. Pelampung anak 1 tahun ini bisa digunakan untuk si kecil hingga usia 7 tahun, lho. Produk ini merupakan alternatif yang tepat untuk anak-anak yang belum terbiasa atau belum mahir menggunakan pelampung tipe lain. 


Di samping itu, pelampung renang anak 7 tahun ini didesain begitu menarik. Bentuknya seperti mobil, lengkap dengan setir. Dengan warna dan motifnya yang lucu, produk ini pasti akan mudah membuat anak-anak perempuan tertarik.

Baca juga rekomendasi perlengkapan renang lainnya untuk anak di sini

Selain pelampung renang, kami juga telah mengulas tentang ban renang, kolam renang, dan baju renang anak. Silakan baca ulasan selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Di artikel ini kami telah memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung sesuai dengan usia anak. Semua pelampung umumnya berfungsi sebagai pengaman saat renang. Pemakaian pelampung juga ideal digunakan saat belajar berenang.

Namun, pelampung tidak menjamin anak tidak akan tenggelam. Kehadiran orang dewasa tetap penting untuk mengawasi dan memperhatikan setiap gerak anak. Pilihlah produk yang sesuai untuk anak dan jangan lepaskan pandangan Anda dari si kecil, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer