10 Rekomendasi Powder Foundations Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Foundation Bubuk (Terbaru Tahun 2017)

Powder foundation lebih mudah digunakan untuk touch up ketimbang foundation cair. Selain itu, sudah banyak produk powder foundation yang dilengkapi kandungan pelembap untuk mencegah wajah kulit kering. Oleh karena kepraktisannya, powder foundation memiliki jumlah penggemar yang tidak sedikit.

Berbagai produsen kecantikan berlomba untuk mengeluarkan produk terbaiknya, misalnya L’Oreal, Chanel, dan Make Over. Bingung pilih yang mana? Kami akan membantu dengan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik beserta cara memilihnya untuk memudahkan Anda!

Daftar isi

Apa itu powder foundation?

Apa itu powder foundation?

Powder foundation adalah jenis foundation bertekstur bubuk yang dikemas dalam bentuk compact. Oleh karena bisa dibawa ke mana pun, powder foundation akan memudahkan Anda ketika touch up.

Sebagian besar produk powder foundation memberikan hasil akhir riasan yang matte. Daya coverage-nya terbilang bagus dan dapat membuat warna kulit tampak merata. Powder foundation direkomendasikan untuk Anda yang sering bermasalah dengan wajah yang terlihat mengilap akibat minyak.

Cara memilih powder foundation 

Ada dua poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih powder foundation yang akan kami jelaskan berikut ini. Simak dengan baik, ya!

Pilih warna foundation yang mendekati tone kulit

Pilih warna foundation yang mendekati tone kulit

Memilih warna yang mendekati warna kulit adalah poin terpenting ketika memilih foundation, tidak hanya powder foundation. Jangan mencoba warna foundation dengan mengoleskannya ke punggung tangan. Hal ini karena bisa saja warna tangan Anda lebih terang atau lebih gelap daripada warna kulit wajah.

Cobalah foundation di area rahang dan pilih warna yang mendekati warna kulit area tersebut. Untuk kulit dengan warm undertone, warna beige atau yellow adalah warna aman. Jika Anda memiliki cool undertone, warna ivory atau pink lebih cocok digunakan. Namun, cara terbaik tentunya adalah mencobanya langsung di kulit Anda!

Sesuaikan kandungan serta efek yang diberikan dengan jenis kulit

Mengetahui efek suatu kandungan terhadap kulit Anda juga penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah produk dengan kandungan atau karakteristik yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Powder foundation paling cocok untuk kulit normal, kulit kombinasi, dan berminyak

Powder foundation paling cocok untuk kulit normal, kulit kombinasi, dan berminyak

Sebenarnya, powder foundation lebih cocok digunakan pada kulit normal, kombinasi, dan kulit berminyak yang mudah mengilap. Powder foundation dapat menyerap kelebihan sebum pada kulit sehingga kilap di wajah pun menjadi berkurang. Untuk kulit kombinasi, cobalah padukan powder foundation dan foundation cair. Hasilnya, kulit Anda akan terlihat lebih cantik!

Untuk kulit kering, pilih produk dengan kandungan pelembap

Untuk kulit kering, pilih produk dengan kandungan pelembap

Powder foundation memiliki kandungan minyak yang sangat sedikit, serta mampu menyerap kelebihan sebum pada wajah. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, hal ini dapat membuat kulit Anda terasa semakin kering jika menggunakannya. Oleh karena itu, pilihlah powder foundation yang mengandung pelembap.

Sebenarnya, jenis foundation yang paling pas digunakan oleh si kulit kering adalah foundation cair atau krim. Jika kulit Anda kering, tetapi ingin menggunakan powder foundation, gunakan produk yang mengandung pelembap. Kandungan pelembap seperti kolagen, squalane, atau ceramide mampu mengatasi kulit kering.

10 Rekomendasi powder foundations terbaik

Berikut ini produk rekomendasi powder foundation terbaik pilihan kami yang bisa Anda jadikan referensi. Sebelum memutuskan, pastikan Anda telah membaca ulasan tentang cara memilih produk di atas supaya Anda tidak salah pilih. Selamat berburu!

10. Mizzu Lit From Within Powder Foundation

10. Mizzu Lit From Within Powder Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 57.000

Produk dengan harga terjangkau serta mengandung antioksidan

Mizzu Lit From Within Powder Foundation memiliki tekstur powder yang sangat ringan, lembut, dan mudah dibaurkan. Anda akan mendapatkan hasil natural matte dengan daya coverage yang buildable. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan antioksidan untuk menjaga kulit Anda dari radikal bebas.

Kemasannya yang eye catching telah dilengkapi dengan kaca serta spons yang memudahkan Anda ketika touch up. Semua varian warna yang ditawarkan pun cocok untuk kulit wanita Indonesia. Harganya yang terjangkau membuat powder foundation buatan lokal ini cocok untuk para remaja yang sedang belajar make up!

Kandungan pelembap Tidak ada
Varian warna 4 varian (10 watt, 20 watt, 30 watt, 40 watt)
Coverage Buildable

9. L’Oreal Paris True Match Mineral Powder Foundation

9. L'Oreal Paris True Match Mineral Powder Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 228.000

Mengandung mineral alami dan antikilap hingga 12 jam!

Ingin powder foundation yang mengandung mineral? Produk inilah jawabannya! L’Oreal Paris True Match Mineral Powder Foundation mengandung mineral alami. Ditambah lagi kandungan SPF 19 mampu menjaga kulit Anda dari sengatan matahari. Ditambah dengan formula antikilap hingga 12 jam, cocok untuk Anda yang aktif di luar rumah!

Powder foundation ini memiliki coverage yang tinggi sehingga Anda akan mendapatkan kulit yang super mulus, halus, dan segar. Meski dapat menutupi dengan baik, produk ini tetap terasa ringan di wajah dan tidak menimbulkan komedo. Anda tentu bisa membawanya ke mana pun dan kapan pun karena produk ini dilengkapi dengan brush.

Kandungan pelembap Aloe barbadensis leaf juice
Varian warna 4 varian (nude beige, buff beige, natural beige, soft ivory)
Coverage Tinggi

8. Milani Even-Touch Powder Foundation

8. Milani Even-Touch Powder Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 132.000

Dapat digunakan juga sebagai setting powder, sangat praktis!

Produk vegan ini mampu menutupi kekurangan wajah Anda dengan cukup baik dengan daya coverage-nya yang medium. Wajah juga tidak akan terasa berat maupun cakey! Oleh karena memiliki pigmentasi yang bagus, Anda tidak perlu mengusapkannya berkali-kali di kulit wajah.

Milani Even-Touch Powder Foundation menyediakan spons di kompartemen yang berbeda dengan powder-nya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir spons akan terjatuh ketika Anda membuka kemasan. Selain sebagai foundation, produk ini juga bisa Anda jadikan sebagai setting powder, lho. Tepat untuk Anda yang mencari foundation dari segi kepraktisannya.

Kandungan pelembap Tidak ada
Varian warna 7 varian (shell, fresco, natural, creamy cocoa, warm toffee, creamy beige, golden beige)
Coverage Medium to full

7. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation

7. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 148.500

Memberikan hasil yang tampak lebih menyatu dengan kulit

Berkat microfine color-rich pigment technology, produk dari Make Over ini mampu menempel di wajah hingga 10 jam. Apalagi, produk ini juga akan memberikan Anda soft matte finish yang tampak menyatu dengan kulit. Hal tersebut bisa diwujudkan berkat kandungan formula fade-resistant yang dimilikinya.

Anda tidak perlu takut dengan sinar matahari karena produk ini mengandung SPF 15 dengan PA++ yang cukup untuk sehari-hari. Garis halus di wajah juga akan tersamarkan dengan kandungan soft focus agent-nya. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang menginginkan kulit wajah flawless, halus, dan ter-cover sempurna!

Kandungan pelembap Licorice root extract, tocopherol
Varian warna 8 varian (marble, pink ivory, warm ivory, natural beige, honey beige, coral sand, warm sand, rich cocoa)
Coverage Medium to full (buildable)

6. MAC Studio Fix Powder Plus Foundation

6. MAC Studio Fix Powder Plus Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 450.000

Tersedia dalam 53 varian untuk semua warna kulit!

Produk ini hadir dengan pilihan warna yang sangat bervariasi, yakni 53 varian. Buat Anda yang suka bereksperimen, Anda bisa memilih sesuai mood atau tone kulit Anda. Teksturnya yang lembut memungkinkan wajah Anda bernapas dengan baik walaupun produk ini memberikan medium to full coverage.

MAC Studio Fix Powder Plus Foundation dapat menyamarkan pori-pori, mengontrol minyak dan kilap wajah. Selain itu, produk ini juga tidak membuat wajah menjadi kering. Oleh karena produk ini photo-friendly, Anda tentu tidak perlu cemas wajah terlihat mengilap ketika difoto! Cocok untuk Anda yang suka berfoto dan akan melakukan pemotretan.

Kandungan pelembap Tidak ada
Varian warna 53 varian
Coverage Medium to full

5. Laura Mercier Smooth Finish Foundation Powder

5. Laura Mercier Smooth Finish Foundation Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 750.000

Produk water resistant yang dapat digunakan oleh si kulit kering dan sensitif

Produk dari high-end brand Laura Mercier ini dapat digunakan dengan dua cara. Anda bisa menggunakan spons kering untuk hasil yang sheer dengan radiant finish. Di sisi lain, Anda bisa menggunakan spons lembap untuk full coverage dengan matte finish. Powder foundation ini akan menutupi pori-pori dengan baik dan membuat kulit wajah lebih lembut.

Produk ini dibuat dengan kandungan bebas minyak, bebas pewangi, serta non-comedogenic sehingga aman untuk kulit sensitif. Kulit kering pun bisa memakainya karena powder foundation ini mengandung pelembap. Ditambah dengan formula tahan air, produk ini cocok untuk Anda yang aktif seharian.

Kandungan pelembap Soybean glycerides, shea butter
Varian warna 20 varian
Coverage Sheer to full (buildable)

4. Make Up For Ever Pro Finish Multi-Use Powder Foundation

4. Make Up For Ever Pro Finish Multi-Use Powder Foundation

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 576.000

Memberikan hasil sempurna layaknya riasan profesional

Seperti produk dari Laura Mercier, produk ini dapat diaplikasikan menggunakan spons basah maupun kering dengan coverage yang buildable. Jika Anda ingin sheer semi matte finish, gunakan spons lembap. Apabila butuh full coverage dengan matte finish, sapukan dengan spons kering.

Dibuat dengan formula yang ringan dan tahan lama, powder foundation ini tidak chalky dan mudah dibaurkan. Hasilnya juga terlihat profesional. Kulit Anda kering? Tidak masalah! Produk ini dapat melembapkan wajah Anda dengan kandungan pelembapnya yang tinggi. Jika Anda memiliki kulit kering dan kombinasi, produk satu ini layak dicoba.

Kandungan pelembap Ximenia americana seed oil, Aloe barbadensis leaf juice powder, sodium hyaluronate
Varian warna 25 varian
Coverage Sheer to full (buildable)

3. Chanel Perfection Lumière Extrême

3. Chanel Perfection Lumière Extrême

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 876.000

Memberi efek glowing matte pada wajah dan tahan dalam kondisi apapun

Jika Anda tidak menyukai wajah yang tampak dead matte, Anda bisa mencoba powder foundation ini. Produk dari Chanel ini mampu memberikan tampilan matte, tetapi tetap terlihat berkilau. Powder foundation ini dapat bertahan seharian dalam kondisi apapun, bahkan di cuaca yang panas dan lembap!

SPF 25 dengan PA+++ yang ditawarkan menambah nilai plus produk ini karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Produk ini mengklaim dapat memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan pori-pori, dan kekurangan wajah. Gunakan powder foundation ini hanya dengan spons kering, ya.

Kandungan pelembap Tocopherol acetate, lysine
Varian warna 12 varian
Coverage buildable

2. Kryolan Dual Finish

2. Kryolan Dual Finish

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 300.000

Mudah dibersihkan hanya dengan sabun dan air

Powder foundation yang diformulasikan untuk kulit berminyak ini bisa diaplikasikan dalam kondisi basah atau kering. Ketika digunakan dengan spons kering, produk ini dapat memberikan efek shading pada kulit wajah. Jika Anda menginginkan coverage dan intensitas warna yang lebih, basahi spons dengan air sebelum mengusapkannya di wajah.

Tekstur powder-nya yang menyerupai krim sangat ringan dan membuat wajah terasa halus dan lembut. Meski memberikan coverage yang baik, produk ini mudah dihapus dengan sabun dan air. Jadi, sisa produk tidak akan menumpuk di kulit. Apabila Anda ingin powder foundation yang mudah dibersihkan, Kryolan Dual Finish bisa menjadi pilihan.

Kandungan pelembap Tocopherol
Varian warna 31 varian
Coverage Medium to full

1. Naturactor Powder Foundation

1. Naturactor Powder Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 235.000

All in one! Foundation sekaligus primer, concealer, dan finisher!

Naturactor Powder Foundation adalah produk all in one yang tidak hanya berfungsi sebagai foundation, tetapi juga bisa digunakan sebagai primer, concealer, dan finisher! Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan kulit flawless dengan coverage sempurna untuk menutupi kekurangan wajah Anda.

Powder foundation ini mampu membuat kulit berminyak Anda sehalus porselen dengan matte finish yang cantik. Tidak hanya kulit berminyak, kulit sensitif pun bisa memakainya dengan aman karena produk ini hypoallergenic. Dilengkapi dengan vitamin E, jojoba oil, dan squalane, kelembapan kulit Anda akan selalu terjaga.

Kandungan pelembap Jojoba oil, squalene, vitamin E
Varian warna 5 varian (230 very light shade, 240 light shade, 243 medium shade, 250 medium shade, 252 dark shade)
Coverage Full

Cara menggunakan powder foundation yang efektif

Cara penggunaan yang tepat perlu dilakukan untuk menonjolkan efek yang diberikan oleh powder foundation. Kami akan mengulas poin-poin apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang natural. Cobalah lakukan dan rasakan hasilnya!

Atur hasil riasan Anda dengan membedakan penggunaan spons dan brush

Atur hasil riasan Anda dengan membedakan penggunaan spons dan brush

Saat mengaplikasikan powder foundation, penggunaan spons dan brush juga akan memberikan hasil akhir riasan yang berbeda. Penggunaan spons akan menghasilkan wajah yang ter-cover dengan baik. Di sisi lain, penggunaan brush mampu memberikan hasil riasan yang lebih natural dan wajah yang terlihat lebih bening. Anda bisa menggunakan keduanya bergantian sesuai kemauan Anda.

Jika menggunakan spons, bubuhkan powder foundation sebesar sepertiga lebar spons untuk hasil yang pas. Untuk penggunaan brush, putar-putarkan brush di punggung tangan setelah mengambil produk untuk membuang sisa powder. Pastikan Anda melakukannya supaya hasilnya terlihat merata.

Sebisa mungkin hindari menumpuk powder foundation setelah membaurkannya karena akan mengakibatkan crack di wajah. Jadi, usahakan ambil dalam jumlah yang pas, ya!

Sebagai langkah awal, baurkan produk dari tengah wajah ke arah luar

Sebagai langkah awal, baurkan produk dari tengah wajah ke arah luar

Pertama-tama, Anda bisa mengaplikasikan powder foundation urut dari pipi, dahi, hidung, dan dagu. Sambil membaurkannya di area tersebut, Anda bisa menambahkan produk di area lain yang masih belum ter-cover.

Baurkan powder foundation dari tengah wajah ke arah luar karena area tersebut membutuhkan produk paling banyak. Selain itu, dengan cara tersebut Anda dapat membuat wajah terlihat lebih berdimensi dengan mudah.

Oleh karena riasan di area mata mudah hilang, area mata menjadi area terakhir ketika membaurkan powder foundation. Untuk area mata, cukup gunakan powder foundation yang tersisa pada spons atau brush.

Sebagai finishing, baurkan produk di area rahang agar warna terlihat alami

Sebagai finishing, baurkan produk di area rahang agar warna terlihat alami

Langkah terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah membaurkan powder foundation di area rahang. Jika tidak dilakukan, warna wajah dan leher akan berbeda dan menyebabkan riasan tampak tidak alami.

Ketika menggunakan spons, gunakan bagian spons yang bersih dari sisa powder foundation. Jika memakai brush, bersihkan terlebih dahulu sisa powder foundation yang menempel pada brush. Dari arah rahang, baurkan produk ke arah tulang leher. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan warna leher dan wajah yang menyatu sehingga tampak alami.

Baca juga rekomendasi produk foundations untuk berbagai jenis kulit di sini!

Berikut ini artikel mengenai rekomendasi produk foundation yang sesuai dengan masing-masing jenis kulit. Menyesuaikan foundation dengan jenis kulit akan menghasilkan makeup yang tidak mudah luntur, lho! Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Powder foundation adalah jenis foundation bertekstur bubuk yang dikemas dalam bentuk compact dan mudah dibawa kemana saja. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, pilihlah warna yang mendekati warna kulit Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan kandungan serta efek yang diberikan produk dengan jenis kulit.

Jika ingin kulit ter-cover dengan baik, gunakan spons. Namun, jika ingin riasan yang natural, penggunaan brush bisa membantu. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat untuk Anda!