1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Powder foundation (bedak foundation) adalah salah satu complexion yang banyak disukai saat ini. Umumnya, powder foundation memiliki hasil akhir matte. Namun, saat ini sudah banyak powder foundation yang dilengkapi moisturizer agar kulit wajah tidak kering.


Banyak brand kecantikan mengeluarkan bedak foundation yang bagus, seperti Maybelline, Revlon, dan Y.O.U. Beauty product lokal, seperti Wardah, Make Over, dan ESQA juga tak ketinggalan. K ali ini, kami akan me-review produk powder foundation terbaik beserta tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 08-10-2022
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu bedak foundation?

Apa itu bedak foundation?
Seperti namanya, bedak foundation atau powder foundation adalah foundation bertekstur bubuk atau padat layaknya sebuah bedak. Bedak plus foundation ini memiliki kandungan minyak lebih sedikit dibandingkan foundation cair. Kebanyakan bedak foundation memiliki hasil smooth matte finish, tetapi baru-baru ini hadir pula produk dengan hasil glowing.

Ada dua tipe powder foundation, yaitu tipe pressed powder dan tipe loose powder. Hal yang membedakan keduanya adalah wujud dan hasil akhir riasan. 


  • Pressed powder foundation

Tipe pressed powder berwujud padat. Kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda yang ingin mendapatkan makeup yang flawless. Tipe ini biasanya menggunakan kemasan compact yang dilengkapi cermin dan puff sehingga mudah dibawa-bawa.


  • Loose powder foundation

Tipe loose powder berwujud bubuk sehingga menghasilkan riasan yang natural dan ringan. Umumnya, tipe loose powder diaplikasikan menggunakan brush sehingga agak repot untuk digunakan saat touch up di luar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bedak foundation

Ada empat hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih powder foundation. Berikut ini, akan kami jelaskan poin-poin tersebut. Simak dengan baik, ya!

① Sesuaikan dengan jenis kulit dan hasil akhir riasan

Powder foundation diciptakan bukan hanya untuk kulit berminyak. Beberapa produk powder foundation dirancang tidak cakey dan bersahabat untuk kulit kering. Jadi, pastikan untuk memilih produk dengan tekstur yang sesuai dengan tipe kulit dan hasil makeup yang Anda inginkan.

Matte, direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak

Matte, direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak

Bagi jenis kulit berminyak yang cenderung cepat mengilap, kami merekomendasikan produk dengan finish yang matte. Powder foundation dengan hasil matte biasanya memiliki coverage sedang hingga tinggi (medium to full coverage)


Namun, karena daya tutupnya yang cenderung tinggi, makeup wajah ini terasa agak berat di wajah. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak inovasi produk powder foundation yang matte, tetapi formulasinya ringan dan breathable.

Velvet, untuk hasil akhir yang lebih glowing

Velvet, untuk hasil akhir yang lebih glowing

Bagi pemilik kulit kering, mungkin Anda khawatir bedak foundation akan cakey dan tampak dead matte di kulit. Jika Anda kurang suka powder foundation yang terlalu matte, Anda bisa memilih produk dengan hasil akhir velvet atau satin. Bedak foundation dengan finishing ini akan memberikan efek kilau atau glowing di wajah Anda

② Pilih yang tahan keringat dan dapat mengontrol sebum

Pilih yang tahan keringat dan dapat mengontrol sebum

Saat hari sedang terik, wajah akan mulai berkeringat dan mengeluarkan sebum. Hal tersebut membuat makeup menjadi luntur. Anda pasti tidak ingin makeup Anda luntur saat sedang meeting atau beraktivitas di luar, kan? 


Skincare sebelum mengaplikasikan makeup memang penting. Namun, tidak ada salahnya Anda menghindari kejadian tersebut dengan memilih foundation yang tahan keringat dan dapat mengontrol sebum

③ Cek kecocokan warna kulit dan foundation

Cek kecocokan warna kulit dan foundation
Memilih warna yang mendekati warna kulit adalah poin penting ketika memilih foundation, tidak hanya powder foundation. Jika warnanya terlalu terang, foundation akan membuat wajah Anda terlalu putih. Namun, jika warnanya terlalu gelap, wajah Anda akan terlihat kusam. Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa warna foundation terlebih dahulu saat Anda membeli di toko secara langsung.

Bagaimana cara memeriksa warna foundation yang cocok dengan kulit? Caranya adalah dengan melakukan swatch pada rahang. Jangan memilih warna foundation dengan mengoleskannya ke punggung tangan. Hal ini karena bisa saja warna tangan Anda lebih terang atau lebih gelap daripada warna kulit wajah. Warna foundation yang cocok untuk Anda adalah warna yang mendekati warna kulit wajah.

④ Pertimbangkan yang mengandung SPF/PA

Pertimbangkan yang mengandung SPF/PA

Paparan sinar UV pada kulit wajah dapat menyebabkan noda hitam dan kerutan. Maka dari itu, pilihlah powder foundation yang mengandung SPF dan PA. Pilihlah kandungan SPF/PA yang kadarnya sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda


Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, pakailah SPF 30 hingga SPF 50 dengan PA+++ hingga PA++++. Untuk Anda yang menghabiskan waktu di dalam ruangan, gunakan SPF 10 hingga SPF 30 dengan PA+ sampai PA+++.

10 Rekomendasi bedak foundation terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bedak foundation terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Make Over

Powerstay Matte Powder Foundation

Make Over  Powerstay Matte Powder Foundation 1枚目

Memberikan hasil yang tampak lebih menyatu dengan kulit

2

Maybelline

Fit Me 24H Oil Control Powder Foundation

Maybelline Fit Me 24H Oil Control Powder Foundation 1枚目

Makeup nempel seharian hingga 24 jam!

3

Wardah

Lightening Powder Foundation

Wardah  Lightening Powder Foundation 1枚目

Powder foundation affordable dengan Micronized Bright Pigment

4

Wardah

Instaperfect MATTE FIT Powder Foundation

Wardah Instaperfect MATTE FIT Powder Foundation 1枚目

Wardah Instaperfect untuk tampilan wajah bebas kilap dan perfect!

5

ESQA

Flawless Powder Foundation

ESQA Flawless Powder Foundation 1枚目

Ciptakan kulit wajah mulus dan flawless dengan velvet finish

6

SOMETHINC

DNA Airbrush Breathable Powder Foundation

SOMETHINC DNA Airbrush Breathable Powder Foundation 1枚目

Wajah mulus seperti memakai filter effect Instagram!

7

Safi

Matte It Perfect Poreless Foundation Powder

Safi  Matte It Perfect Poreless Foundation Powder 1枚目

Matte finish powder foundation dengan habatusauda sebagai antioksidan

8

Y.O.U

NoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Y.O.U NoutriWear+ Silky Pressed Foundation 1枚目

Mampu mengontrol minyak tanpa membuat kulit kering

9

Mineral Botanica

Acne Care Loose Foundation

Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation 1枚目

Diformulasikan untuk kulit berjerawat dan berminyak

10

Revlon

Powdery Foundation

Revlon Powdery Foundation 1枚目

Bedak plus foundation ringan dengan tekstur yang unik

Perincian produk
Close
No.1

Make Over Powerstay Matte Powder Foundation

Mulai dari Rp192.000,00

Memberikan hasil yang tampak lebih menyatu dengan kulit

Berkat Microfine Color-Rich Pigment Technology, produk ini akan memberikan Anda soft matte finish yang tampak menyatu dengan kulit. Selain itu, formula fade-resistant yang dimilikinya membuat produk ini tahan menempel di wajah Anda hingga 12 jam.

Produk ini mengandung SPF 15 PA++ yang cukup untuk melindungi wajah dari sinar UVA/UVB sehari-hari. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan kulit wajah flawless, halus, dan ter-cover sempurna!
No.2

MaybellineFit Me 24H Oil Control Powder Foundation

Mulai dari Rp149.000,00

Makeup nempel seharian hingga 24 jam!

Jika Anda membutuhkan complexion yang awet, bedak plus foundation dari Maybelline layak dipertimbangkan. Powder foundation ini mengandung shine block oil barrier yang mampu mengontrol minyak berlebih sehingga makeup tak gampang luntur. 


Dengan hasil full coverage, tahan lama, dan dilengkapi SPF 44, produk ini dapat diandalkan untuk makeup wisuda. Dipakai untuk acara-acara penting yang membutuhkan riasan yang awet seharian juga tentu sangat cocok.

No.3

Wardah Lightening Powder Foundation

Mulai dari Rp54.000,00

Powder foundation affordable dengan Micronized Bright Pigment

Wardah Lightening Powder Foundation merupakan perpaduan bedak dan foundation bertekstur halus, lembut, dan tahan hingga 12 jam. Anda akan mendapatkan hasil natural matte dengan medium to full coverage. Selain itu, produk ini juga dilengkapi formula Micronized Bright Pigment yang mampu mencerahkan kulit wajah Anda.


Semua varian warna yang ditawarkan pun cocok untuk kulit wanita Indonesia. Harganya yang terjangkau membuat powder foundation buatan lokal ini cocok untuk para remaja yang sedang belajar makeup!
No.4

WardahInstaperfect MATTE FIT Powder Foundation

Mulai dari Rp127.500,00

Wardah Instaperfect untuk tampilan wajah bebas kilap dan perfect!

Instaperfect adalah rangkaian makeup to go versi premium dari merek Wardah. Salah satu produk dalam rangkaian ini adalah Instaperfect MATTE FIT Powder Foundation. Produk ini memiliki formula yang ringan dan tahan lama. Dengan produk ini, Anda akan mendapatkan hasil riasan sempurna dalam waktu yang singkat.


Produk ini juga mengandung formula Superfine Minerals yang dapat menyamarkan imperfection di wajah, seperti noda hitam dan garis halus. Tak hanya itu, produk ini juga akan memberikan tampilan wajah yang lembut dan bebas kilap. Produk ini sangat cocok untuk para wanita karier yang tidak punya banyak waktu untuk makeup.

No.5

ESQAFlawless Powder Foundation

Mulai dari Rp185.000,00

Ciptakan kulit wajah mulus dan flawless dengan velvet finish

ESQA menghadirkan powder foundation dengan kemasan rose gold yang elegan, menjadikan produk lokal ini tampak seperti produk high end. Jika Anda tidak menyukai hasil yang terlalu matte, produk ini dapat dijadikan pilihan. Produk ini memberikan Anda tampilan kulit wajah yang mulus dan flawless


Bedak yang mengandung foundation dilengkapi dengan aplikator spons dua sisi. Gunakan sisi micro fiber untuk medium coverage dan gunakan sisi satunya untuk makeup full coverage.

No.6

SOMETHINCDNA Airbrush Breathable Powder Foundation

Mulai dari Rp129.000,00

Wajah mulus seperti memakai filter effect Instagram!

Brand lokal yang terkenal akan produk skincare-nya ini sekarang merambah juga ke lini makeup. Menggandeng aktris Korea, Han So hee, SOMETHINC menciptakan powder foundation dengan formula ciamik. 


Produk ini diklaim bisa menutupi pori-pori dan fine lines di wajah. Selain itu, foundation ini juga transferproof, waterproof, dan sweatproof, tetapi tetap breathable dan tidak cakey. Complexion satu ini akan membuat tampilan kulit wajah Anda flawless bak sedang memakai filter effect di Instagram. 

No.7

Safi Matte It Perfect Poreless Foundation Powder

Mulai dari Rp129.000,00

Matte finish powder foundation dengan habatusauda sebagai antioksidan

Safi terkenal dengan produk-produknya yang halal, termasuk Safi Matte It Perfect Poreless Foundation Powder ini. Powder foundation merek Safi ini memberikan soft-focus effect yang menyamarkan pori-pori dan mengontrol sebum sehingga wajah Anda tetap fresh.


Powder foundation ini mengandung habatusauda serta vitamin E dari soy bean oil. Kedua kandungan tersebut berperan sebagai vitamin dan antioksidan untuk melembapkan dan merawat wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, tidak ada salahnya mencoba produk ini.

No.8

Y.O.UNoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Mulai dari Rp105.000,00

Mampu mengontrol minyak tanpa membuat kulit kering

Pressed foundation yang satu ini termasuk dalam kategori hybrid makeup. Maksudnya, produk ini bukan sekadar makeup, tetapi juga mengandung skincare untuk merawat kulit. Dua komponen skincare yang bagus untuk kulit, yakni ekstrak immortelle flower dan Centela asiatica


Bedak ini juga memiliki formula noncomedogenic, non-acnegenic, dan telah teruji secara dermatologis. Jika kulit Anda termasuk berminyak, acne prone, mudah berjerawat, atau berkomedo, powder foundation ini bisa dipertimbangkan. NoutriWear+ Silky Pressed Foundation juga diklaim mampu mengontrol minyak pada wajah selama 24 jam tanpa membuat kulit kering.

No.9

Mineral BotanicaAcne Care Loose Foundation

Mulai dari Rp77.900,00

Diformulasikan untuk kulit berjerawat dan berminyak

Mineral Botanica mengeluarkan powder foundation dalam rangkaian Acne Series-nya. Produk ini adalah powder foundation berbentuk serbuk dengan kandungan mineral di dalamnya. 


Kulit Anda berjerawat dan memiliki masalah jerawat pada wajah? Acne Care Loose Foundation bisa jadi solusi untuk Anda. Powder foundation lokal ini mengandung salicylic acid, ekstrak Adansonia digitata, dan jojoba oil. Nah, ketiga kandungan tersebut sangat bagus untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit Anda. 

No.10

RevlonPowdery FoundationSPF 15 PA++

Mulai dari Rp125.000,00

Bedak plus foundation ringan dengan tekstur yang unik

Jika Anda bosan dengan tekstur powder foundation yang itu-itu saja, produk ini boleh Anda coba. Kali ini, Revlon meluncurkan produk powder foundation, yaitu Revlon Powdery Foundation. Berbeda dengan powder foundation lain, produk ini memiliki tekstur krim yang berubah menjadi powder setelah diaplikasikan ke wajah. 


Karena tekstur uniknya, produk ini sangat ringan dan mudah diaplikasikan. Meskipun hasil akhir riasannya matte, produk ini tetap dapat melembapkan kulit wajah sehingga cocok untuk semua jenis kulit. 

Cara menggunakan bedak foundation yang efektif

Kami akan memberikan cara menggunakan powder foundation yang benar, agar Anda mendapatkan hasil yang efektif. Baca sampai akhir, ya.

Aplikasikan tipis-tipis dari bagian tengah ke area luar wajah

Aplikasikan tipis-tipis dari bagian tengah ke area luar wajah

Pertama-tama, siapkan kulit wajah Anda dengan menggunakan moisturizer, lalu gunakan base makeup. Setelah itu, aplikasikan powder foundation tipis-tipis dari tengah ke area luar wajah. Pada bagian wajah yang memiliki pori-pori besar, lakukan gerakan memutar dan tekan puff atau brush secara perlahan.


Selanjutnya, gunakan produk di area T-zone, yaitu area sekitar mata, mulut, dan hidung dengan benar. Hal ini karena area-area tersebut mudah berminyak. Jangan lupa untuk mengaplikasikan powder foundation pada bagian alis dan leher agar tidak belang.

Atur hasil riasan dengan penggunaan puff dan brush yang benar

Atur hasil riasan dengan penggunaan puff dan brush yang benar

Saat mengaplikasikan powder foundation, alat yang digunakan akan memengaruhi hasil akhir riasan. Jika Anda menggunakan brush, Anda akan mendapatkan hasil yang lembut, natural, dan terasa ringan.


Keunggulan menggunakan brush adalah produk yang dipakai dapat diaplikasikan secara merata dengan baik. Sementara itu, penggunaan puff akan menghasilkan wajah yang ter-cover dengan baik dan riasan terlihat menyatu dengan wajah


Dengan ujung puff, Anda bisa mengaplikasikan produk ke bagian lipatan, seperti hidung dan kelopak mata. Jadi, pilihlah alat makeup yang sesuai dengan hasil riasan yang Anda inginkan. 

Baca juga rekomendasi foundation lainnya di sini!

Kesimpulan

Powder foundation adalah jenis foundation bertekstur bubuk yang dikemas dalam bentuk compact dan mudah dibawa ke mana saja. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, pilihlah warna yang mendekati warna kulit Anda. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis kulit dan hasil akhir yang Anda inginkan sebelum membeli. Jika ingin kulit ter-cover dengan baik, gunakan puff. Namun, jika ingin riasan yang natural, gunakanlah brush. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat untuk Anda!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer