10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

Ada begitu banyak jenis deterjen di pasaran, yang sering membuat kita bingung untuk memilih mana yang terbaik. Deterjen cair, deterjen bubuk, dan deterjen untuk tujuan tertentu, kali ini kami akan membahasnya satu persatu. Karena akhir-akhir ini ada banyak produk pewangi deterjen yang memiliki aroma yang harum, serta produk yang mengandung bahan organik yang aman bagi kulit sensitif dan kulit bayi, maka kita harus teliti sebelum membeli.

Dari banyaknya deterjen tersebut, kali ini kami akan membahasnya satu persatu. Silahkan pilih berdasarkan kualitas dan keunggulan masing-masing!

Daftar isi

Cara Memilih Deterjen Pakaian

Cara memilih deterjen yang baik dari banyaknya jenis detergen yang ada adalah dengan memilih deterjen yang memiliki kemampuan membersihkan yang kuat dan mengandung bahan unggulan. Jika Anda memahami keunggulan dari deterjen tersebut, maka Anda dapat menentukan deterjen mana yang pas untuk pakaian Anda.

Jenis-jenis deterjen

Apakah Anda termasuk orang yang membeli deterjen karena deterjen tersebut dijual dengan harga diskon, atau karena memiliki aroma yang wangi? Tentu saja hal tersebut tidak salah. Namun, karena setiap jenis deterjen memiliki daya mencuci yang berbeda, pilihlah jenis deterjen yang tidak merusak pakaian Anda.

Daya pembersih yang tinggi dan alkalinitas rendah

Daya pembersih yang tinggi dan alkalinitas rendah

Deterjen yang paling pas untuk membersihkan noda di pakaian adalah jenis deterjen bubuk. Deterjen ini memiliki sifat netral dan alkali. Semakin tinggi alkalinitasnya, maka kotoran pun semakin mudah jatuh. Jika dibandingkan dengan deterjen cair, deterjen bubuk memiliki alkalinitas yang lebih rendah, harganya pun lebih murah, dan mampu membersihkan pakaian dengan bahan yang sering kita pakai seperti katun dan polyester. Deterjen bubuk adalah deterjen yang paling banyak dipakai oleh para ibu rumah tangga.

Meskipun akhir-akhir ini banyak orang yang beralih menggunakan deterjen cair daripada deterjen bubuk karena sifatnya yang mudah meleleh dan menyatu dengan air pada suhu rendah, tetapi untuk membersihkan noda dan bintik bekas makanan, akan lebih mudah jika Anda menggunakan deterjen bubuk.

Deterjen netral yang bisa membersihkan tanpa merusak pakaian

Deterjen netral yang bisa membersihkan tanpa merusak pakaian

Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan deterjen cair daripada deterjen bubuk. Karena kebanyakan deterjen cair bertipe netral, jika dibandingkan dengan deterjen bubuk,  deterjen cair memiliki daya membersihkan yang lebih rendah. Selain itu, karena deterjen netral juga dipakai sebagai sabun cuci piring, jika dibandingkan dengan deterjen yang mengandung alkalinitas rendah, deterjen netral akan lebih aman di kulit dan tidak membuat warna pakaian luntur.

Untuk jenis deterjen netral, karena deterjen ini juga mengandung bahan lain yang memiliki daya pembersih yang tinggi, Anda tidak perlu khawatir terhadap noda dan kotoran. Anda juga tidak perlu membilasnya hingga berkali-kali, sehingga hemat air dan lebih ramah lingkungan.

Deterjen untuk pakaian khusus

Deterjen untuk pakaian khusus

Kini, sudah banyak bermunculan deterjen yang dibuat khusus untuk pakaian yang berbahan halus. Karena pakaian yang biasa dicuci di laundry & dry cleaning juga bisa lakukan di rumah, bukankah lebih hemat bila Anda cuci sendiri secara terpisah?

Karena deterjen ini tidak memiliki daya pembersih yang tinggi, untuk pakaian yang sangat kotor maupun pakaian yang berubah bentuk karena disimpan dalam waktu yang lama, Anda  bisa membawanya ke laundry & dry cleaning. Namun untuk pemakaian dan pencucian normal, Anda dapat mencucinya dengan deterjen khusus.

Deterjen untuk membersihkan area tertentu

Deterjen untuk membersihkan area tertentu

Apakah Anda pernah mendengar deterjen khusus yang mampu membersihkan area tertentu seperti kerah dan lengan? Deterjen jenis ini ada yang berbentuk stick, lengket seperti lem, dan ada pula yang berbentuk spray, yang memiliki karakter detergensi yang tinggi.

Oleskan sedikit ke bagian yang terkena noda sebelum dicuci, sangat efektif untuk noda berminyak maupun noda membandel lainnya. Selain itu, deterjen ini juga dapat dipakai untuk membersihkan noda darah maupun bekas makanan lainnya, sangat praktis dan mempermudah proses pencucian.

Cek kandungan bahannya

Di dalam deterjen, tidak hanya mengandung bahan yang dapat membersihkan kotoran, namun juga mengandung bahan lainnya seperti pemutih maupun bahan yang mampu melembutkan pakaian. Karena ada beberapa bahan yang tidak cocok dengan jenis pakaian tertentu, maka dari itu periksalah terlebih dahulu bahan dan efek apa yang dapat dihasilkan dari deterjen tersebut.

Pemutih

Pemutih

Ada dua jenis  pemutih yaitu pemutih yang mengandung klorin dan pemutih yang mengandung oksigen, yang dapat membersihkan kotoran dan noda yang tidak dapat dilakukan oleh deterjen biasa.

Pemutih yang mengandung klorin memiliki kemampuan memutihkan yang kuat, sehingga Anda harus berhati-hati terhadap pakaian berwarna Anda agar tidak mengalami kepudaran warna. Pemutih yang mengandung oksigen memiliki kemampuan membersihkan tidak sekuat pemutih klorin, sehingga aman dipakai untuk pakaian berwarna. Bau dari pemutih yang mengandung klorin tidaklah menyengat, sehingga lebih nyaman dipakai.

Deterjen yang mengandung pemutih tidak hanya memiliki fungsi untuk menghilangkan kuman, menghilangkan bau, dan memutihkan pakaian, namun juga dapat melindungi mesin cuci Anda dari kuman yang sering menempel pada bak mesin cuci.

Enzim

Enzim

Enzim adalah zat penting dalam kehidupan kita, namun enzim yang dipakai pada deterjen adalah enzim yang memecah protein, lemak, karbohidrat, dan enzim pengurai serat.  Enzim dalam deterjen pakaian sangatlah berguna, karena enzim dapat membantu menghilangkan noda minyak dan darah, noda bekas makanan, serta dapat melepas kotoran yang meresap ke dalam serat pakaian.

Karena enzim bekerja dengan efektif pada suhu 37 derajat, untuk hasil maksimal, rendam pakaian Anda dalam air hangat selama 30 menit – 1 jam sebelum proses pencucian.

Mencerahkan

Mencerahkan

Untuk memutihkan pakaian, tidak hanya dibutuhkan bahan pemutih, namun juga bahan yang mampu mencerahkan. Bahan pemutih menghancurkan pigmen untuk membuatnya berwarna putih, sedangkan bahan pencerah dapat menipu mata dengan membuat pakaian tersebut nampak putih. Sama seperti cara mata manusia melihat sinar matahari, agar nampak putih dan tidak nampak kuning di mata, membuatnya nampak putih bersinar merupakan kelebihan dari bahan pencerah.

Namun, karena bahan pencerah dapat hilang ketika dicuci, saat Anda membawanya ke laundry & dry cleaning, ada kemungkinan warna pakaian Anda akan berubah saat diambil. Selain itu, karena dapat memudarkan warna putih, jangan gantung pakaian Anda di bawah matahari langsung. Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan deterjen yang mengandung pencerah untuk pakaian berwarna pastel, karena dapat membuatnya nampak pudar.

Pelembut

Pelembut

Deterjen yang dapat dipakai untuk mencuci dan melembut memang cukup populer, namun masih banyak juga orang yang menggunakan pelembut secara terpisah untuk memberikan aroma wangi pada pakaian. Fungsi utama dari pelembut adalah untuk melembutkan pakaian, agar pakaian nyaman disentuh dan dipakai. Jika Anda menggunakan deterjen yang juga mengandung pelembut, Anda akan lebih menghemat waktu, uang, dan lebih ekonomis.

Karena setelah proses mencuci, pakaian akan dibilas, kelembutan yang dihasilkan akan berbeda dengan kelembutan asli sebelum dibilas, sehingga hasil akhirnya sedikit kurang memuaskan. Karena akhir-akhir ini banyak dijual pelembut dengan berbagai macam aroma, Anda dapat memilih aroma yang paling pas untuk Anda.

10  Rekomendasi deterjen pakaian

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan deterjen pakaian yang pas untuk Anda. Dari mulai deterjen bubuk hingga deterjen cair, deterjen yang mengandung aroma yang wangi maupun deterjen tanpa aroma, semuanya sudah kami rangkum ke dalam 10 jenis pilihan. Pilihlah berdasarkan karakter dan kelebihan masing-masing deterjen tersebut!

10. Wings So Klin Deterjen Cair Konsentrat

10. Wings So Klin Deterjen Cair Konsentrat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 18.300

Formula anti bau

Produk terbaru dari So Klin ini merupakan deterjen cair yang mampu membersihkan noda dengan ampuh. Formula terbarunya yaitu Clean and Soft, mampu membersihkan pakaian lebih cepat, mengharumkan, dan melembutkan.

Kelebihan lain dari deterjen ini adalah kandungan anti bakterinya yang mampu menghilangkan bau pada pakaian meskipun direndam dalam waktu lama. Selain itu, deterjen ini juga mengandung aroma parfum istimewa, sehingga menjaga pakaian Anda tetap wangi sepanjang hari. Cocok untuk Anda yang ingin menjaga agar pakaian Anda tidak bau, dan wangi setelah dicuci.

9. Wings Daia Deterjen Putih

9. Daia Deterjen Putih

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.900

Lembut di tangan

Jika Anda sering mengeluh karena tangan menjadi kasar sesudah mencuci pakaian, deterjen ini bisa menjawab keluhan Anda. Mengandung formula yang lembut di tangan, serta memiliki aroma yang harum.

Daia Deterjen Putih sudah terbukti efektif mengangkat dan menghilangkan noda pada pakaian. Selain itu, karena deterjen ini juga mengandung bahan pemutih, Anda tak perlu khawatir pakaian Anda berubah menjadi kekuningan. Kelebihan lain dari deterjen ini adalah  mengandung L.A.S (Linear Alkylbenzene sulfonate) yang mudah terurai dalam air sehingga ramah lingkungan.

8. Kao Attack Easy Deterjen Cair

8. Attack Easy Deterjen Cair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.500

Bersih kilat dengan satu kali kucek

Dengan teknologi kekuatan 10 tangan, deterjen ini mampu membersihkan segala jenis kotoran hanya dengan sekali kucek dan sekali bilas. Lembut di tangan, dan memiliki wangi yang begitu semerbak.

Bahannya mampu meresap dengan sempurna ke dalam serat pakaian, sehingga menjaga pakaian tetap wangi sepanjang hari. Untuk noda membandel, Anda juga dapat mengaplikasikannya dengan cara mengoleskannya langsung sebelum proses pencucian. Deterjen ini memberikan perawatan yang menyeluruh pada pakaian Anda.

7. Wings So Klin Smart Color

7. Wings So Klin Smart Color

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 17.000

Mengangkat kotoran hingga ke serat pakaian

Diformulasikan dengan teknologi Oxyclean dan agen antibakteri, deterjen ini mampu membersihkan pakaian hingga ke serat kain. Dengan tekstur yang lebih pekat dari deterjen biasa, deterjen ini mampu mengangkat kotoran secara tuntas, dan membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada pakaian. Pakaian Anda akan tetap harum dan segar sepanjang hari.

Deterjen ini juga disertai dengan teknologi penguat warna, sehingga baju Anda akan selalu cerah seperti baru. Tidak hanya untuk pakaian berwarna saja, So Klin Pouch Color juga bisa dipakai untuk membersihkan pakaian putih. Pilihan yang pas untuk Anda yang bajunya berwarna-warni ceria.

6. Wings Daia Softener Pink

6. Wings Daia Softener Pink

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 30.500

Licin dan lembut di tangan, ringan pula di kantong

Daia Softener Pink adalah deterjen sekaligus pelembut dalam satu kemasan yang memudahkan Anda dalam mencuci. Dengan busa melimpah, membuat pakaian Anda licin sehingga mudah dikucek. Anda juga tidak perlu menggunakan pelembut lain karena hanya dengan satu deterjen ini sudah mampu membuat pakaian Anda lembut dan halus.

Dengan wangi alami, deterjen ini membuat pakaian Anda harum dengan aroma yang begitu menyegarkan. Dapat dipakai untuk pakaian berwarna-warni maupun yang berwarna putih. Harganya yang ekonomis membantu Anda dalam menghemat pengeluaran.

5. Pigeon Baby Laundry

5. Pigeon Baby Laundry

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Aman dan lembut untuk kulit sensitif

Bayi memiliki kulit yang tipis dan sensitif. Agar bayi Anda tetap merasa nyaman dengan pakaian yang dipakai, maka Anda memerlukan deterjen yang dapat merawat pakaian bayi Anda agar tetap lembut dan halus. Deterjen ini juga cocok untuk orang dewasa yang kulitnya sensitif, karena formulasinya lembut sehingga tidak akan menimbulkan reaksi pada kulit.

Detergen khusus bayi dari Pigeon ini mengandung bahan antibakteri dan bisa dipakai untuk mesin cuci maupun dengan tangan. Deterjen ini mampu membersihkan noda dengan baik, dan tidak mengandung bahan pemutih, sehingga aman untuk pakaian bayi Anda.

4. Prowash Deterjen Bubuk

4. Prowash Deterjen Bubuk

Lihat produk ini di Lazada

Harga 72.000

Membuat pakaian semakin cemerlang

Jika Anda mencari deterjen untuk mesin cuci yang memiliki kekuatan ampuh dalam membersihkan noda sekaligus menjaga warna pakaian Anda tetap cemerlang, maka deterjen dari Prowash inilah jawabannya.

Dengan Nano Kleen Technology yang menggabungkan Ionic Tech, Prowash langsung bereaksi untuk membersihkan noda membandel. Glow Formula-nya dapat menjaga pakaian Anda agar tetap cemerlang. Deterjen ini meresap dengan baik ke dalam serat pakaian, membuat pakaian Anda selalu harum dan lembut.

3. Kao Attack Jaz 1

3. Kao Attack Jaz 1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 36.900

Deterjen dan pelembut dalam satu kemasan

Keunggulan utama dari deterjen ini adalah kemampuannya membersihkan kotoran membandel hingga ke serat pakaian tanpa merusak warna pakaian Anda. Dengan kandungan khusus perontok super, deterjen ini ampuh bekerja meluruhkan kotoran dari saat pertama kali proses perendaman.

Berperan sebagai deterjen sekaligus pelembut, Attack JAz 1 membuat pakaian Anda selalu lembut dan menjaga warna pakaian Anda tetap pada aslinya. Selain itu, deterjen ini juga mampu membuat pakaian Anda licin ketika disetrika. Aman, dan ramah lingkungan. Deterjen yang sangat pas untuk keluarga Anda!

2. Wings So Klin Bio Matic

2. Wings So Klin Bio Matic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.010

Formula khusus untuk mesin cuci bukaan atas

Dengan bahan aktif penghilang noda, deterjen ini efektif mengangkat dan membersihkan noda pada pakaian hingga bersih menyeluruh. Formula uniknya mampu mengangkat kotoran hingga ke serat pakaian tanpa mengangkat warnanya.

Selain itu, deterjen ini juga mampu menjaga warna pakaian Anda tetap bersih dan cerah, sehingga selalu nampak seperti baru. Rasakan kesegaran pakaian sepanjang hari dengan So Klin Bio Matic!

1. Unilever Rinso Anti Noda

1. Unilever Rinso Anti Noda

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 34.500

Kristal x-biru aktif menghilangkan noda

Rinso Anti Noda adalah deterjen yang mampu mencuci sendiri, karena mengandung kristal x-biru. Formulanya begitu cepat mengangkat noda dan kotoran membandel sejak awal perendaman. Inilah deterjen untuk Anda yang ingin agar proses pencucian dapat segera selesai.

Deterjen ini bisa melembutkan pakaian dan memberikan wangi yang tahan lama. Memudahkan Anda saat mencuci, dan melicinkan pakaian saat disetrika. Formulanya juga mampu membuat pakaian Anda wangi tahan lama, tidak bau meski direndam dalam waktu lama.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan di atas? Anda pasti sudah semakin paham deterjen mana yang paling pas untuk Anda. Karena deterjen bubuk maupun deterjen cair memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing, pilihlah sesuai dengan karakter dan jenis pakaian yang Anda kenakan. Jangan sampai salah pilih ya.