• 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Akhir-akhir ini, semakin banyak muncul variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi. Banyaknya varian deterjen tentunya membuat bingung dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga menyertakan tips cara memilih dan cara penggunaan deterjen yang benar agar hasil cuci lebih memuaskan.
  • Pembaharuan terakhir: 30 Januari 2020
  • 57.048 Views
Daftar isi

Cara memilih deterjen pakaian

Pemilihan deterjen harus didasari pada aspek keunggulan yang ditawarkan produk tersebut sehingga Anda dapat menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selengkapnya, simaklah penjelasan berikut ini!

Pilihlah deterjen yang sesuai dengan noda yang ingin Anda hilangkan

Hal utama yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan deterjen adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan serta kondisi bahan pakaian Anda. Bila salah memilih, bukannya menjadi bersih, serat kain malah bisa rusak.

Hilangkan noda membandel dengan deterjen beralkalinitas rendah

Hilangkan noda membandel dengan deterjen beralkalinitas rendah
Sebagian besar noda yang menempel di pakaian seperti noda minyak, tumpahan makanan, keringat serta cairan tubuh manusia yang mengandung protein, dan lain sebagainya, memiliki sifat asam. Gunakanlah deterjen beralkalinitas rendah untuk menetralisir sifat asam pada noda. Dengan begitu noda akan lebih mudah rontok.
Perkembangan teknologi dewasa ini turut memunculkan beberapa jenis produk deterjen dengan keunggulannya masing-masing. Tak hanya deterjen bubuk, kini banyak muncul varian deterjen cair yang beralkalinitas rendah. Untuk dapat memilih yang tepat, Anda perlu membaca dan mempelajari dengan baik komposisinya.

Pilihlah deterjen dengan kandungan pemutih untuk penjemuran di dalam ruangan tertutup

Pilihlah deterjen dengan kandungan pemutih untuk penjemuran di dalam ruangan tertutup
Aroma yang tidak sedap akan muncul pada pakaian yang dijemur dalam ruangan tertutup. Aroma itu timbul karena noda yang melekat kuat pada serat pakaian belum hilang sepenuhnya. Deterjen beralkalinitas lemah sebenarnya sudah cukup untuk menghilangkan noda, tetapi dalam keadaan seperti itu, pilihlah deterjen yang juga mengandung bahan pemutih atau sodium carbonate.
Bila cara ini tak berhasil, barangkali rasio cucian dan deterjen yang Anda gunakan tidak seimbang. Kemudian, tak perlu khawatir bahan pemutih pada deterjen akan merusak warna pakaian karena bahan tersebut hanya efektif memutihkan pada suhu 35°-40°C.

Gunakanlah deterjen netral atau deterjen khusus untuk menjaga tekstur bahan pakaian tertentu

Gunakanlah deterjen netral atau deterjen khusus untuk menjaga tekstur bahan pakaian tertentu
Agar tekstur bahan wol, rajut, dan sebagainya tetap terjaga, gunakanlah deterjen netral atau deterjen khusus. Bila hanya untuk sekali pencucian, menggunakan deterjen biasa pun tak masalah. Namun, sebaiknya hal itu tak dilakukan secara berkelanjutan. Deterjen netral atau khusus umumnya telah melalui serangkaian uji coba sehingga terbukti efektif membersihkan noda membandel sekaligus menjaga tekstur dan warna pakaian.

Gunakanlah deterjen cair untuk mesin cuci front loading

Gunakanlah deterjen cair untuk mesin cuci front loading
Jika Anda menggunakan mesin cuci front loading atau bukaan depan, maupun mesin cuci hemat air, gunakanlah deterjen cair. Jenis ini lebih mudah larut secara sempurna dibandingkan dengan deterjen bubuk.
Penentu kebersihan cucian bukan hanya pada deterjen, tetapi juga kekuatan air yang digunakan. Pada kedua tipe mesin cuci tersebut, air yang digunakan lebih sedikit sehingga deterjen bubuk akan cenderung mudah menempel pada pakaian. Bila dibiarkan, peran deterjen akan berbalik sebagai noda, bukan sebagai media pembersih pakaian yang efektif.

Gunakanlah deterjen bola gel yang memudahkan mencuci pakaian ditengah kesibukan Anda

Gunakanlah deterjen bola gel yang memudahkan mencuci pakaian ditengah kesibukan Anda
Jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk mencuci pakaian, gunakanlah deterjen berbentuk bola gel atau gel ball detergent. Jenis ini adalah inovasi terbaru yang praktis digunakan karena Anda tak perlu menakar deterjen sebelum mencuci.
Selain itu, deterjen seperti ini dibuat dengan formula yang efektif merontokkan kotoran serta menghilangkan aroma tidak sedap. Karena itu, deterjen ini dapat menjadi alternatif untuk menghemat waktu dan tenaga Anda. Namun, Anda harus berhati-hati dalam penyimpanannya karena bola gel ini dapat meleleh jika dietakkan di tempat yang panas.

Periksalah kecocokan kandungan deterjen dengan jenis pakaian Anda

Selain mengandung bahan pembersih noda, sebagian deterjen juga mengandung pemutih sekaligus pelembut. Pililhlah produk dengan meneliti bahan serta cara kerjanya karena tidak semua deterjen akan cocok dengan jenis bahan pakaian yang ingin Anda cuci.

Kandungan fluorescent agent yang meningkatkan fungsi pemutih dan mencerahkan warna pakaian

Kandungan fluorescent agent yang meningkatkan fungsi pemutih dan mencerahkan warna pakaian
Sejauh ini, klorin adalah bahan yang paling populer digunakan sebagai agen pemutih pakaian. Akan tetapi, tahukah Anda jika flourescent agent juga merupakan salah satu bahan campuran deterjen yang berfungsi ganda sebagai pemutih? Selain itu, bahan tersebut memiliki kemampuan menyerap radiasi ultraviolet. Dengan cara kerjanya yang dapat mengemisi radiasi menjadi sinar biru, pakaian Anda pun dapat tampak lebih cerah.
Meski begitu, penggunaannya perlu diperhatikan karena bahan ini sulit dihilangkan dari pakaian Anda. Selain itu, jangan gunakan deterjen berkandungan ini pada pakaian berwarna gelap dan pastel.

Kandungan pelembut untuk menghemat waktu dan tenaga saat mencuci

Kandungan pelembut untuk menghemat waktu dan tenaga saat mencuci
Munculnya deterjen berkandungan pelembut tentu membuat Anda lebih lega karena hasil cucian bisa lembut hanya dengan satu langkah. Selain hasil yang lebih lembut dibandingkan dengan deterjen biasa, timbulnya daya listrik statis pada kain pun bisa dicegah.
Karena tak lagi memerlukan pelembut, pengeluaran Anda pun dapat dihemat. Meski begitu, tingkat kelembutannya tentu akan berbeda bila dibandingkan dengan penggunaan produk pelembut secara terpisah.

Kandungan enzim yang bekerja hingga ke dalam serat kain untuk memecah noda

Kandungan enzim yang bekerja hingga ke dalam serat kain untuk memecah noda
Enzim yang terkandung dalam deterjen adalah enzim pemecah noda yang dapat meresap ke dalam serat pakaian. Terdapat empat jenis enzim yang umum digunakan, yaitu protease, lipase, amilase, dan selulase.
Enzim protease mampu memecah noda yang berbahan protein, seperti telur dan susu. Enzim lipase dapat memecah noda berminyak, seperti santan dan lipstik. Sementara, enzim amilase bekerja untuk memecah noda tepung, seperti kuah makanan dan pasta. Terakhir, enzim selulase bekerja untuk mencegah penumpukan noda, mengembalikan warna serat kain, dan menghilangkan noda tanah.
Enzim-enzim tersebut dapat bekerja secara efektif pada suhu 37°C. Karena itu, rendamlah pakaian Anda dalam air hangat selama 30 menit hingga 1 jam sebelum proses pencucian.

Pilihlah deterjen dengan efisiensi harga yang sesuai anggaran

Pilihlah deterjen dengan efisiensi harga yang sesuai anggaran
Karena digunakan hampir setiap hari, pilihlah deterjen berdasarkan anggaran belanja rumah tangga Anda. Berdasarkan perbandingan harga dan kuantitasnya, deterjen bubuk yang umumnya lebih ekonomis menempati urutan pertama, disusul oleh deterjen cair dan gel ball detergent.
Selain itu, Anda dapat menyiasati anggaran dengan penggunaan soda kue dan sabun cuci. Keduanya dapat digunakan sebagai substitusi deterjen khusus untuk mencuci bagian kerah atau lengan. Memang sedikit merepotkan, tetapi cara ini layak untuk Anda coba.

10 Rekomendasi deterjen pakaian terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan deterjen pakaian terbaik yang sesuai dengan berbagai macam kondisi yang telah kami jelaskan dalam ulasan di atas. Pilihlah deterjen pakaian yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10

P&G BOLD Washing Detergent Gel 3D Healing Premium Blossoms

Rp 250.000,00

JenisBola gel, netral
Isi44 buah
AromaAroma bunga premium
KandunganBahan pelembut
KegunaanUntuk pakaian berbahan katun, rami, serat sintetis
9
JenisDeterjen cair khusus, tidak diketahui
Isi500 ml
AromaSegar
KandunganBahan perawat warna dan serat kain (lauryl ether sulfate dan alkyl polyglucoside)
KegunaanKhusus untuk mencuci dan merawat batik, kebaya, hijab, sifon, kaftan, sutra, brokat, abaya, dan pakaian berbahan halus lainnya.
8
JenisDeterjen cair, alkali tinggi
Isi1.600 ml
AromaTidak diketahui
KandunganSabun murni mengandung enzim
KegunaanUntuk pencucian dengan mesin cuci, khususnya tipe front loading
7
JenisDeterjen bubuk, tidak diketahui
Isi1.800 gram
AromaSegar
KandunganAgen pemutih
KegunaanUntuk pakaian berwarna putih
6
JenisDeterjen bubuk, netral
Isi700 gr
AromaTidak diketahui
KandunganFormula yang aman untuk kulit sensitif, pH lebih rendah
KegunaanUntuk pakaian bayi maupun pakaian dewasa
5
JenisDeterjen cair konsentrat, tidak diketahui
Isi1.200 ml
AromaSegar
KandunganFormula antijamur dan antibakteri, serta pelembut
KegunaanUntuk pakaian bayi
4
JenisDeterjen bubuk, tidak diketahui
Isi1.000 gram
AromaTidak diketahui
KandunganSurfaktan anionik + non ionik 10,5%, natrium karbonat, oksigen aktif, optical brightner, softening agent
KegunaanUntuk semua jenis pakaian
3
JenisDeterjen bubuk pekat, tidak diketahui
Isi800 gram
AromaNatural floral
KandunganActive Booster Color
KegunaanSemua jenis baju berwarna
2
JenisDeterjen cair, tidak diketahui
Isi1.000 ml
AromaTidak diketahui
KandunganDeterjen konsentrat mengandung pelembut, formula antikuman dan antibau
KegunaanSemua jenis pakaian
1
JenisDeterjen bubuk, tidak diketahui
Isi800 gram
AromaOrchid & vanilla
KandunganFormula antinoda, pelembut dan pewangi pakaian
KegunaanUntuk semua jenis pakaian

Tabel perbandingan produk deterjen pakaian terbaik

Gambar produk
1
Unilever Rinso Molto Deterjen Bubuk Royal Gold 1

Unilever

2
Kao Indonesia Attack Plus Softener Liquid 1

Kao Indonesia

3
Wings So Klin Smart Color 1

Wings

4
Prometta Abadi  Prowash Concentrate Matic Detergent 1

Prometta Abadi

5
Kino Indonesia Sleek Baby Laundry Detergent 1

Kino Indonesia

6
Unilever  Rinso Gentle Deterjen Bubuk 1

Unilever

7
Wings Daia Putih 1

Wings

8
Unilever  Rinso Matic Deterjen Cair Front Loading 1

Unilever

9
Kao Indonesia Attack Batik Care 1

Kao Indonesia

10
P&G  BOLD Washing Detergent Gel 3D Healing Premium Blossoms 1

P&G

Nama produk

Rinso Molto Deterjen Bubuk Royal Gold

Attack Plus Softener Liquid

So Klin Smart Color

Prowash Concentrate Matic Detergent

Sleek Baby Laundry Detergent

Rinso Gentle Deterjen Bubuk

Daia Putih

Rinso Matic Deterjen Cair Front Loading

Attack Batik Care

BOLD Washing Detergent Gel 3D Healing Premium Blossoms

Keunggulan

Tak perlu bilas berkali-kali untuk mendapatkan hasil cuci yang bersih dan harum tahan lama

Pakaian lembut dan tidak mudah kusut, cegah bau keringat sepanjang hari!

Tidak lagi khawatir warna pakaian kesayangan akan pudar

Tetap cemerlang dan dua kali lebih bersih, meski menggunakan mesin cuci

Bebaskan pakaian bayi Anda dari segala jenis kotoran yang berbahaya untuk kulitnya

Efektif membersihkan noda, aman untuk kulit bayi dan kulit sensitif Anda

Formulanya yang lembut di tangan memutihkan pakaian dengan optimal

Noda hilang tanpa kadar busa berlebih, aman untuk daya tahan mesin cuci Anda

Pertahankan tekstur dan warna kain dengan formula pembersih yang lembut

Aroma yang bertahan lama plus pakaian mudah disetrika

HargaRp 20.000,00Rp 20.000,00Rp 21.000,00Rp 17.000,00Rp 46.900,00Rp 16.800,00Rp 37.000,00Rp 0,00Rp 25.000,00Rp 250.000,00
JenisDeterjen bubuk, tidak diketahuiDeterjen cair, tidak diketahuiDeterjen bubuk pekat, tidak diketahuiDeterjen bubuk, tidak diketahuiDeterjen cair konsentrat, tidak diketahuiDeterjen bubuk, netralDeterjen bubuk, tidak diketahuiDeterjen cair, alkali tinggiDeterjen cair khusus, tidak diketahuiBola gel, netral
Isi800 gram1.000 ml800 gram1.000 gram1.200 ml700 gr1.800 gram1.600 ml500 ml44 buah
AromaOrchid & vanillaTidak diketahuiNatural floralTidak diketahuiSegarTidak diketahuiSegarTidak diketahuiSegarAroma bunga premium
KandunganFormula antinoda, pelembut dan pewangi pakaianDeterjen konsentrat mengandung pelembut, formula antikuman dan antibauActive Booster ColorSurfaktan anionik + non ionik 10,5%, natrium karbonat, oksigen aktif, optical brightner, softening agentFormula antijamur dan antibakteri, serta pelembutFormula yang aman untuk kulit sensitif, pH lebih rendahAgen pemutihSabun murni mengandung enzimBahan perawat warna dan serat kain (lauryl ether sulfate dan alkyl polyglucoside)Bahan pelembut
KegunaanUntuk semua jenis pakaianSemua jenis pakaianSemua jenis baju berwarnaUntuk semua jenis pakaianUntuk pakaian bayiUntuk pakaian bayi maupun pakaian dewasaUntuk pakaian berwarna putihUntuk pencucian dengan mesin cuci, khususnya tipe front loadingKhusus untuk mencuci dan merawat batik, kebaya, hijab, sifon, kaftan, sutra, brokat, abaya, dan pakaian berbahan halus lainnya.Untuk pakaian berbahan katun, rami, serat sintetis
Tautan produk

Cara menggunakan deterjen pakaian dengan efektif

Hasil cuci yang kurang baik bukan seluruhnya salah deterjen Anda, tetapi barangkali cara mencuci Anda yang belum tepat. Berikut tips jitu dalam menggunakan deterjen pakaian agar hasilnya memuaskan.

Jangan terlalu mengandalkan kekuatan deterjen dalam membersihkan

Tidak semua deterjen dapat berfungsi secara maksimal seperti keunggulan yang ditawarkannya. Untuk memaksimalkan fungsinya, simaklah ulasan berikut ini.

Perhatikan kuantitas pakaian yang Anda masukkan ke dalam mesin cuci

Perhatikan kuantitas pakaian yang Anda masukkan ke dalam mesin cuci
Penyebab utama deterjen tidak berfungsi secara optimal adalah terlalu banyaknya pakaian yang Anda masukkan ke dalam mesin cuci. Kuantitas cucian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci tipe top load disarankan tidak lebih dari 70% kapasitasnya. Sedangkan untuk mesin cuci front load, masukkanlah pakaian sebanyak 30% sampai 40% saja dari kapasitas mesin cuci.
Untuk mendapatkan hasil cuci yang memuaskan, beberapa faktor memang harus diperhatikan. Faktor-faktor tersebut adalah kuantitas cucian serta ketepatan kuantitas rasio deterjen dan air. Perhatikanlah hal tersebut dan selamat mencoba!

Tingkatkan jumlah pembilasan agar pakaian lebih aman di kulit

Tingkatkan jumlah pembilasan agar pakaian lebih aman di kulit
Anda yang memiliki kulit sensitif dapat melakukan pencegahan dengan melakukan pembilasan hingga beberapa kali lebih banyak dari pencucian normal. Residu deterjen terangkat dengan sempurna, kulit Anda pun lebih aman.
Jika cara tersebut tetap tidak membuat Anda nyaman, gunakanlah deterjen khusus pakaian bayi untuk mencuci. Cara terakhir yang paling ampuh untuk merontokkan kotoran pada pakaian adalah dengan mencucinya menggunakan natrium sesquicarbonate atau sodium percarbonate.

Gunakanlah teknik penghilang kotoran yang efektif

Menggunakan deterjen yang tepat saja tidak akan efektif menghilangkan noda bila Anda tidak mengetahui teknik yang benar. Agar cucian bersih optimal, simaklah tips berikut ini.

Cucilah pakaian dengan air bersuhu 35°-40° C

Cucilah pakaian dengan air bersuhu 35°-40° C
Gunakanlah air bersuhu 35°-40° C untuk menghilangkan noda makanan berlemak yang menempel di serat pakaian Anda. Hal ini berguna untuk mempercepat dan mempermudah penguraian noda yang telah meresap dengan kuat. Selain itu, penggunaan air bersuhu 35°-40° C dalam mencuci pakaian juga dapat meningkatkan efektivitas daya pembersih deterjen.

Gunakanlah sabun cuci piring untuk menghilangkan noda berminyak

Gunakanlah sabun cuci piring untuk menghilangkan noda berminyak
Jika pakaian terkena noda makanan berminyak, cobalah menghilangkannya dengan menggunakan sabun cuci piring. Selain aman digunakan, sabun cuci piring mengandung jenis surfaktan yang dapat menghilangkan minyak dengan mudah.
Pertama, oleskan sabun cuci piring di atas noda, kemudian bilas ringan sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cara ini efektif dan efisien karena sabun cuci piring tentu selalu tersedia di rumah Anda.

Tambahkan sodium carbonate untuk meningkatkan kinerja deterjen pilihan Anda

Tambahkan sodium carbonate untuk meningkatkan kinerja deterjen pilihan Anda
Sodium carbonate yang bersifat basa ini mampu meningkatkan kinerja deterjen. Meskipun demikian, sifatnya tidak sama dengan pemutih pakaian sehingga Anda dapat mencampurkannya dengan air panas untuk mencuci. Campurkan sesendok makan sodium carbonate, maka noda darah, dahak, maupun noda makanan dapat teratasi dengan mudah.

Gunakanlah sodium percarbonate agar pakaian putih semakin putih

Gunakanlah sodium percarbonate agar pakaian putih semakin putih
Agar pakaian putih menjadi lebih putih, tambahkan sodium percarbonate dalam air deterjen Anda. Formulasinya dapat menghilangkan bakteri dan memberikan kesegaran pada cucian. Selain itu, gunakanlah dengan rasio yang tepat, yaitu 40 ml sodium percarbonate untuk 60 liter air.
Kemudian pada bilasan terakhir, tambahkanlah sekitar 10 ml citric acid untuk menetralkan basa pada cucian. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan bahan pakaian dan warna kekuningan yang timbul bila pakaian disimpan dalam waktu lama.

Solusi tepat agar kulit tangan tetap sehat meski mencuci dengan tangan

Ketika mencuci pakaian dengan tangan, gunakanlah sarung tangan karet supaya kulit tangan tetap lembut. Cara ini juga dapat digunakan sebagai pencegahan ketika Anda mencuci menggunakan deterjen dengan tingkat alkalinitas tinggi saat menghilangkan noda berlemak. Bila kulit terasa kasar setelah mencuci, jangan lupa gunakan krim tangan atau hand cream.

Baca juga rekomendasi jenis deterjen lain dan item pelengkap lainnya pasca mencuci!

Tidak ada salahnya memiliki lebih dari satu macam deterjen di rumah untuk digunakan bergantian tergantung noda dan pakaian yang dicuci. Setelah mencuci, yuk, jaga kesehatan kulit Anda dengan mengoleskan hand cream organik yang jelas aman bagi kulit. Selengkapnya, cek artikel-artikel menarik berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda semakin paham bahwa setiap deterjen memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi, pilihlah dengan cermat sesuai dengan kebutuhan Anda.
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, penggunaan deterjen pun tak boleh asal. Gunakanlah deterjen dengan takaran yang tepat agar hasil cucian memuaskan. Kami berharap salah satu deterjen yang kami rekomendasikan di atas dapat menjadi pilihan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    259.739 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    248.537 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    80.109 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, polyethylene, dan plastik. Contoh merek-merek lem plastik yang sering ditemui adalah Alteco, General Power Glue, dan Dextone. Setiap merek pun memiliki keunggulannya tersendiri.Anda mungkin akan sedikit bingung saat menentukan lem plastik mana yang sebaiknya Anda beli. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    13.309 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    53.346 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gunting Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gunting merupakan salah satu alat yang populer dan amat dibutuhkan. Ada bermacam-macam gunting di pasaran, seperti yang praktis untuk dibawa-bawa, tahan karat, berdesain unik, dan lain-lain. Oleh sebab itu, terkadang Anda bingung gunting seperti apa yang harus dipilih, bukan?Jangan khawatir dulu karena kami akan menjelaskan cara memilih gunting yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gunting terbaik dari merek ternama seperti IKEA, Joyko, atau Maped. Gunting yang kami pilih tidak hanya nyaman digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.
    Kebutuhan rumah tangga
    9.113 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori