10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda penggemar masakan Asia, Anda tentu tidak asing dengan penggunaan minyak wijen dalam setiap hidangannya, bukan? Dalam beberapa tahun terakhir, minyak wijen dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan sehingga jumlah penggunanya semakin meningkat.

Saat ini tersedia berbagai jenis minyak wijen dengan harga yang bervariasi di pasaran. Akan tetapi, tahukah Anda mana yang harus dipilih? Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih minyak wijen yang paling tepat dan merekomendasikan merek-merek minyak wijen yang dapat menjadi referensi Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu minyak wijen?

Sesuai namanya, minyak wijen adalah minyak yang dibuat dengan mengolah biji wijen, misalnya lewat cara memeras dengan memberikan tekanan. Minyak ini pada awalnya diperkenalkan sebagai minyak goreng atau untuk menambahkan aroma pada masakan. Namun, selain dapat dikonsumsi, minyak ini juga dapat digunakan sebagai minyak pijat atau sebagai masker rambut.

Karakteristik yang paling mencolok dari minyak wijen adalah aromanya yang kuat untuk berbagai jenis hidangan. Fakta bahwa minyak wijen memiliki manfaat kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak lain semakin menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, semakin banyak rumah tangga yang menggunakan minyak wijen dalam masakan.

Khasiat minyak wijen

Khasiat minyak wijen

Minyak wijen mengandung asam linoleat dan asam linolenat yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mencegah obesitas dan arteriosklerosis. Kandungan vitamin E dan sesamin di dalamnya, yang memiliki efek antioksidan yang kuat, efektif untuk menjaga agar tetap awet muda. Selain itu, terdapat juga zat kaya nutrisi seperti selenium yang disebut-sebut mampu menekan pembentukan oksigen radikal sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker.

Dengan nutrisi yang berlimpah, minyak wijen tidak hanya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, tetapi juga efektif untuk mengatasi mabuk dan mencegah stres. Untuk Anda yang memiliki orientasi terhadap kesehatan yang tinggi, minyak wijen dapat dikatakan sebagai minyak yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Cara memilih minyak wijen

Negara asal utama penghasil wijen yang digunakan untuk minyak wijen adalah Afrika dan Asia Tenggara. Kali ini, kami akan fokus pada proses manufaktur dalam memperkenalkan cara pemilihan minyak wijen.

Pilih berdasarkan tipenya

Minyak wijen diklasifikasikan menjadi tiga tipe sesuai dengan proses manufakturnya. Kami akan membahasnya satu per satu beserta cara penggunaan terbaiknya.

Minyak wijen panggang

Minyak wijen panggang

Minyak wijen panggang menggunakan biji wijen sebagai bahan baku yang kemudian dipanggang pada suhu tinggi dan memiliki ciri khas warna coklat gelap. Biji wijen dipanggang secara deep-roast sehingga warnanya semakin kental dan aromanya semakin kuat. Minyak wijen jenis ini sangat ideal untuk masakan Cina dan Korea, atau untuk memberi rasa kencang pada hidangan.

Karena aromanya yang kuat, selain sangat cocok untuk bumbu masakan, minyak jenis ini juga bisa dengan mudah dituangkan langsung sebagai saus pada tahu dan lainnya, seperti kedelai fermentasi natto. Sebagian besar minyak wijen yang Anda temui di pasaran kemungkinan adalah tipe minyak wijen panggang ini.

Minyak wijen panggang suhu rendah

Minyak wijen panggang suhu rendah

Minyak wijen panggang suhu rendah memiliki warna yang lebih terang dan transparan dibandingkan minyak wijen panggang karena pemanggangan biji wijen dilakukan pada suhu yang lebih rendah. Pemanggangan pada suhu rendah mampu mempertahankan aroma asli wijen yang kuat sehingga minyak tipe ini memiliki ciri khas aroma yang segar seperti aroma kacang.

Meskipun rasanya ringan, aroma wijennya yang kuat menjadikan tipe ini dapat digunakan seperti minyak zaitun untuk dressing, bumbu rendaman masakan, atau untuk berbagai hidangan Barat lainnya. Proses pemanggangann minyak ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada minyak wijen panggang sehingga harganya cenderung sedikit lebih tinggi. Namun, minyak wijen ini sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk segala jenis hidangan.

Minyak wijen Taihaku

Minyak wijen Taihaku

Minyak wijen Taihaku adalah minyak wijen yang tidak menjalani proses pemanggangan, tetapi dibuat dengan cara diperas dan diekstrak biji wijennya. Karena menggunakan wijen mentah, warnanya lebih transparan dan aroma serta rasanya tidak terlalu tajam. Minyak wijen jenis ini memiliki rasa yang lebih segar dan hampir tidak mengeluarkan aroma sehingga dapat digunakan untuk hidangan biasa seperti ketika Anda menggunakan minyak sayur.

Minyak ini juga sangat aman untuk digunakan sebagai minyak pijat atau minyak untuk berkumur. Dapat dikatakan minyak tipe ini adalah minyak wijen yang sempurna bagi mereka yang mementingkan keamanan makanan. Di antara berbagai produk yang diberi label “minyak wijen Taihaku”, ada beberapa yang menjalani proses pemanggangan. Jadi, silakan periksa secara saksama ketika Anda ingin membelinya.

Pilih metode pemerasan

Pilih metode pemerasan

Metode produksi minyak wijen dibagi menjadi “metode pemerasan” dan “metode ekstraksi”. Metode pemerasan adalah cara yang sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengekstraksi minyak dengan memberikan tekanan pada wijen. Sedangkan metode ekstraksi menggunakan zat kimia yang disebut hexane yang bekerja dengan melarutkan dan mengeluarkan minyak yang terkandung di dalam biji wijen. Hexane akan menguap jika dipanaskan sehingga tidak berbahaya. Akan tetapi, jika Anda ingin menikmati rasa atau aroma asli dari wijen, sebaiknya Anda memilih produk yang diproduksi dengan metode pemerasan.

Selain itu, ada juga metode manufaktur yang disebut “ball squeezing”, yaitu memeras minyak secara perlahan menggunakan batu granit bulat. Namun, proses ini hanya mampu menghasilkan minyak wijen dalam jumlah yang sangat kecil dalam satu proses produksi sehingga harganya sangat mahal. Anda tidak perlu memilih minyak wijen tipe ini kecuali jika Anda benar-benar ingin menggunakan minyak wijen dengan kualitas terbaik.

10 Rekomendasi minyak wijen terbaik

Setelah memahami manfaat dan cara pemilihan minyak wijen, sekarang kami akan merekomendasikan 10 produk yang dapat Anda jadikan referensi. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Lee Kum Kee Pure Sesame Oil

10. Lee Kum Kee Pure Sesame Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.750

Penguat cita rasa semua jenis hidangan Anda

Jika Anda ingin memperkuat cita rasa pada hidangan secara keseluruhan, Lee Kum Kee Pure Sesame Oil bisa menjadi pilihan! Minyak wijen asal Cina ini terbuat dari biji wijen terbaik yang melalui proses pemanggangan secara hati-hati untuk mempertahankan rasa dan aroma khasnya.

Anda dapat menggunakan minyak wijen ini dengan menuangkan beberapa tetes pada makanan atau menggunakannya sebagai bagian dari bumbu rendaman masakan. Bagi Anda yang vegetarian atau vegan, Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan produk ini karena minyak ini merupakan 100% minyak wijen murni.

9. Green Tosca Sesame Oil

9. Green Tosca Sesame Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 349.900

Minyak wijen dengan berbagai manfaat kesehatan

Green Tosca Sesame Oil hanya menggunakan biji wijen dengan kualitas terbaik yang diproses dengan metode cold-pressed yang mampu mempertahankan kandungan zat baik biji wijen. Minyak wijen ini mengandung vitamin E yang dapat menekan tekanan darah, kalsium untuk mencegah osteoporosis dan migrain, serta zinc untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Minyak wijen ini sangat cocok untuk digunakan pada berbagai resep masakan Asia, terutama untuk menggoreng, finishing pada hidangan, bumbu rendaman, bahkan untuk sup karena mampu memperkaya rasa. Minyak dengan kualitas premium ini merupakan minyak extra virgin sehingga memiliki aroma dan rasa yang kuat.

8. Radiant Organic Toasted Sesame Oil

8. Radiant Organic Toasted Sesame Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Memperkaya rasa masakan cukup dengan beberapa tetes saja!

Penggunaan biji wijen utuh yang dipanggang kemudian diekstraksi dengan metode cold-pressed menjadikan Radiant Organic Toasted Sesame Oil memiliki aroma yang harum dan kaya akan rasa. Produk ini tidak menggunakan pelarut kimia, bahan aditif, maupun pengawet dalam pemrosesannya sehingga sangat aman digunakan.

Cukup dengan penggunaan beberapa tetes saja, minyak wijen ini mampu memperkaya rasa pada segala jenis hidangan! Produk bersertifikat OCIA (Organic Crop Improvement Association) dan kaya akan antioksidan ini sangat cocok untuk digunakan pada masakan Asia yang ditumis maupun digoreng, dijadikan saus, dressing, atau untuk marinade.

7. Organic Supply Co. Sesame Oil

7. Organic Supply Co. Sesame Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Mampu mengurangi bintik hitam dan mencegah tanda penuaan

Salah satu produk minyak wijen yang termasuk dalam cosmetic grade adalah Organic Supply Co. Sesame Oil. Minyak yang diproses dengan metode cold-pressed ini menggunakan biji wijen organik berkualitas tinggi yang telah mendapat sertifikasi dari Australian Certified Organic sehingga dijamin aman digunakan.

Produk yang 100% murni ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit normal dan kering dengan kandungan protein, mineral, dan asam linoleat yang bermanfaat bagi perawatan kulit. Anda dapat menggunakan minyak wijen ini secara teratur untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi bintik hitam, serta mengurangi tanda penuaan.

6. Now Solutions Sesame Seed Oil

6. Now Solutions Sesame Seed Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 377.730

Rawat rambut dan kulit Anda dengan produk yang satu ini!

Jika Anda mencari minyak wijen yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, Now Solutions Sesame Seed Oil merupakan pilihan yang tepat! Minyak wijen ini mengandung pelembap alami dengan kadar yang tinggi serta kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Dengan penggunaan teratur, kulit Anda akan terlihat lebih halus, cerah, dan tampak lebih muda, sedangkan rambut Anda akan lebih kuat, ber-volume, serta tampak berkilau. Produk yang memiliki sertifikasi organik dari USDA Organic dan Non-GMO yang juga halal ini diproses dengan metode expeller pressed yang aman karena tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pemerasannya.

5. Clearspring Organic Toasted Sesame Oil

5. Clearspring Organic Toasted Sesame Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 290.000

Minyak wijen murni tanpa tambahan bahan berbahaya

Kekayaan aroma dan rasa dari Clearspring Organic Toasted Sesame Oil memberikan rasa oriental yang khas pada masakan. Anda dapat menggunakan minyak wijen ini untuk segala macam hidangan, tetapi disarankan untuk menggunakannya pada suhu maksimal 180° C agar rasanya tetap terjaga.

Produk asal Inggris ini menggunakan 100% biji wijen murni yang telah mendapatkan sertifikasi organik dan diproses dengan metode pemanggangan sehingga menghasilkan aroma yang harum. Minyak wijen ini aman bagi Anda yang ingin mengonsumsinya sehari-hari karena tidak mengandung gula, garam, maupun bahan berbahaya lainnya.

4. Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil

4. Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Gabungan desain modern dan tradisional pada kemasan botolnya

Penggunaan biji wijen kualitas terbaik yang diproses secara tradisional pada Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil membuatnya memiliki rasa dan aroma yang khas. Produk asal Singapura ini dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan sebagai saus, dressing, tambahan pada makanan berkuah, rebusan, bahkan untuk menggoreng!

Minyak wijen juga bermanfaat bagi ibu yang baru saja melahirkan karena dikatakan dapat membantu mengecilkan rahim dan meningkatkan produksi air susu. Bentuk botol yang modern dan penutup yang didesain secara saksama menghasilkan tampilan yang juga memasukkan nuansa tradisional dengan tetap memperhatikan kemudahan penggunaan.

3. Olitalia Sesame Oil

3. Olitalia Sesame Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 118.500

Jaga rasa menu diet Anda dengan menggunakan produk ini

Olitalia Sesame Oil merupakan produk yang sangat pas untuk menyeimbangkan diet Anda karena kaya akan asam lemak tak jenuh yang berfungsi mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Rasa dan aroma yang khas dari minyak wijen asal Italia ini dapat menambah rasa pada masakan sehingga menu diet Anda akan terasa lebih nikmat.

Anda dapat menambahkan minyak wijen ini sebagai dressing pada salad, atau untuk memberikan sentuhan oriental pada hidangan kukus, ikan bakar, masakan yang menggunakan daging atau sayuran. Minyak wijen yang diproses dengan metode cold-pressed ini juga merupakan produk organik sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

2. Ottogi Sesame Oil

2. Ottogi Sesame Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Proses penyaringan 3 kali untuk menghasilkan produk berkualitas

Ottogi Sesame Oil merupakan 100% minyak wijen murni yang terbuat dari biji wijen utuh yang dipilih dengan saksama dan bukan dari bubuk biji wijen. Minyak wijen asal Korea ini dibuat dengan proses penyaringan hingga tiga kali sehingga minyak yang dihasilkan memiliki rasa yang manis dan aroma yang kuat.

Produk ini mengandung tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, serta karoten yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan meningkatkan sistem imun pada tubuh. Bagi Anda yang ingin mencoba minyak wijen murni dengan kualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, produk ini adalah jawabannya!

1. Kadoya Goma Abura

1. Kadoya Goma Abura

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 94.500

Anda pencinta makanan yang digoreng? Minyak wijen ini pilihan yang tepat!

Kadoya Goma Abura terbuat dari biji wijen pilihan yang menjalani proses pemanggangan dan ekstraksi dengan hati-hati untuk menghasilkan aroma dan citarasa yang murni dari minyak wijen. Anda dapat menambahkan minyak wijen ini pada berbagai hidangan seperti sup, mie, saus, hingga untuk tambahan kue. Sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Karena titik didihnya yang tinggi, minyak wijen asal Jepang ini dapat digunakan untuk menggoreng makanan seperti tempura. Kandungan asam lemak tak jenuh ganda pada produk ini membuatnya mampu melindungi jantung sehingga sangat tepat untuk Anda para pecinta makanan yang digoreng, tetapi tetap ingin memperhatikan kesehatan.

Kesimpulan

Dengan teknik pemrosesan yang berbeda, produk minyak wijen yang dihasilkan juga memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Ada baiknya memahami setiap proses produksi tersebut agar dapat memilih produk terbaik yang sesuai untuk Anda.

Setiap produk memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Jadi, Anda harus cermat dalam membaca informasi pada label yang tertera. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi dalam memilih minyak wijen yang paling pas untuk kebutuhan pemakaian Anda!